seharian muter2 mencari calon dcab idaman. ke toyota g ada unit yg bisa di pegang2 diskon max 10jt sblm d tawar....yg ada hilux s-cab d4d..... timbul juga pikiran nyeleneh ambil ini kemudian sisa budget d obrak abrik d jadikan monster d4d komplit dgn rigid axle 4x4 hehehe
kemudian ke mazda juga g ada unil, malah g ada diskon sama sekali dan menurut salesnya BT50pro itu CBU JEPANG..... mikir jg gw, karna yg d oz klw g salah baca2 (atw yg ngetik salah) berasal dri thai....
ke isuzu.... nah untung ada ALLNew D-max yang di pajang...... desian wise...

salah satu dcab manis yg gw suka

fender menonjol besar yang maskulin makin nunjukin otot2nya...
*sorry potona pke henpon*
sayang yg ada hanya 2.5TD bermesin 4JK1-TC bertenaga *hanya* 109ps 285ps, di tanya yang rodeo kata salesnya baru keluar sekitar feb-march 2014 ini.... first impression.. kabinnya seadanya, hardplastic dimana-mana, g ada MID, audio single din (g gw nyalain).
ketika di nyalain mesinya, dari kabin masih kedenger suaranya, apalagi saat di gerung2... masih lebih berisik dan geter dri diesel ipah. sayang g ada unit TD jd g bisa bawa keluar ...
4JK1-TC ini menggunakan turbo berkode RHF4... tp g ada tulisan IHI.... kata SAnya ini sama dgn turbo Panther 4JA1-T .... hmmmmmmmm gmn menurut suhu-suhu? ini turbo yg suka di pke swap d4d/did bukan? intercoolernya di balik grill berukuran gedhe....
Platform I-Grip yang katanya memberikan handling dan center of gravity superior di dmax ini... dengan menyimpan powertrain n drivetrain rendah sejajar sasis.... di bagian depan keliat titik terendah mesin (karter oli) masih lebih rendah dari differentialnya sendiri... interesting... makanya dgn PD ngeklaim bisa jalan di jalur negatif hingga 49 derajat tampa takut roll over...
2nd row.. surpringsingly spacious....

jok depan uda mundur kebalakng, dengkul masih jauh dari senderan depan...

memang senderan 2ndrow masih blm serebah triton..
dengan harga 320-330jt... dpt varian 2.5ltr paling basic.
skrng lihat ke sodara klonengannya
TD Chevrolet Colorado 2.5 LT
awalnya yg ini g dimasukin kepilihan tp dpt info dri temen sedang ada diskon gede.. yauda kita datengin aja...
colorado adalah dmax twinbrother...

yg lebih dulu ada di tanah air..

dri luar parasnya berbeda dgn bowtie grill bertingkat khas chevy.. dan fender yang lebih ramping, tidak se muskular d-max.
engine duramax 2.5ltr di atas kertas jauhh lebih bertenaga.. 150ps & 350Nm...

kabin bener2 mirip dgn d-max kualitas buatanya, perbedaan ada di knop gearbox, swith 4x4, instrumen yg kini beriluminasi kebiruan, dan sudah memiliki MID lengkap..
tuas transmisi terasa lebih mantep shiftnya lebih pendek dari miliki dmax.
oks...

beruntung ada unit TD yang bisa kita cicipin

ga tanggung2 unit TDnya versi RMA yg sudah di modifikasi, dengan roll bar di luar dan di dalam kabin, bullbar, dan ban Toyo Open Country MT 275/70/r16, suspensi menurut salesnya sih tetep std.
first turn on the engine...

yup right away.. kerasa jauh lebih halus dari dmax, maupun dari ipah. clutch ringan, namun deadpedal nya ntah blm terbiasa terasa menggangu.
jalan, gear 1 langsung gas pol........... shift sampai gigi 3... hmmmmmmmm

not too special sih... <2000 rpm kosong kurang bertenaga, di atas itu baru mulai melejit kencang, hingga redline. mungkin sedikit ada di atas ipah non piggy, tp sdh pke DP n intercooler.. yaa ga terlalu banyak jg bedany. mungkin efek ban besar yg berpengaruh ketarikan. dan non VGT jd low revnya kurang nendang.
suspensi....

gejala pontang panting saat lewat jalur g rata kanan kiri minim sekali,jauh lebih rendah dari ipah std. namun saat ngehajar poldur kenceng..... serasa kaya perahu... suspensi depan mengayun hebat ntah karna keberatan bullbar, yg pasti shock kurang keras... yang blkng untung spring tidak terlalu stiff layaknya pickup,lebih soft dari triton GLX.. namun ikut mengayun juga.. jika lewat poldurnya pelan sih g terlalu masalah y..
handling g jalan jauh g bisa komentar banyak...

klw ngolong konstruknya mirip dgn d-max karna satu platform front diff dan engine sejajar. namun TC rasanya lebih rendah/nonjol yg colorado...
pindah duduk dibelakang... leafspring blkng jadi kerasa lebih keras bantingan nya.

kelegaan kabin mirip2 dgn AN d-max.
terakhir harga... VIN2012 dpt diskon gede diatas 50jt, dgn fitur yang jauh lebih baik dari dmax 2.5.... tampak jadi pilihan yg menggiurkan....
perfoma bukan yg terbringas sih namun pernah lihat d suatu majalah d rev sudah bisa masang monstermax d 2.5 duramax ini, bener bgtu om turbo? mantep g?
next tinggal ke ford..............
