Pak MS Hidayat : "Ada apa ini ?"

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by Jambangan »

VanzMatic wrote:
Jose wrote:Menurut saya penduduk jakarta "sudah percaya" pada transportasi umum, buktinya pada saat jam berangkat & pulang kerja tidak ada satupun bus, mikrolet & gerbong kereta yg kosong. :D

Lha klo yg pada punya mobil disuruh ikutan naik transportasi umum juga ya makin membludak donk. Krn sampai saat ini supply yg dilakukan pemerintah tetap blm mampu memenuhi kebutuhan yg sekarang
Sdh pernah naik kereta komuter di jepang? Klo sdh, pasti merasakan kan, bgm rasanya dipress di dlm kommuter? Tp bkn berarti ngga mencukupi kan? Krn disana kereta komuter tiba tiap 3 menit sekali saat rush hour.

So, berdesakan saat rush hour tdk hny karena masstransitnya ngga mencukupi. Tp mmg krn lonjakan arus penumpang yg menigkat drastis seketika. Apalgi, diperparah dgn minimnya supply transport dr pemerintah kita.

Imho, cmiiw..
Wah enak bgt ya om 3 menit sekali bisa dapet kereta
Di malay jg gitu. Ga perlu nunggu lama2 udh dapet monorail
Kalo disini parah deh, ane pernah nungguin busway 30 menit sekali baru dateng. Itupun ga boleh masuk lagi saking penuhnya itu bus. Akhirnya naik taksi aja 25 rebu udh nyampe kampus daripada telat kuliah
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by bisti »

LCGC..Jakarta lagi...gak boleh mobil murah lagi...karena macet lagi.....hah ...
mobil murah biar 100 juta jg lumayan buat orang daerah yg selama ini nungguin mobil seken dari jakarta...dia jg punya cita-2 beli mobil baru..gak adil dihalangi karena takut jakarta macet...lho bukan orang jakarta ini...
kalo mau bangun transportasi massal ya bangun aja..gk usah peduli mobil murah..kalo transportasi massal bagus...orang gk usah disuruh jg parkir di stasiun kok...

thailand punya insentif mobil murah juga..jadi disogok juga parpol thailand??

dah transportasi massal aja bagusin....semua pindah kok kalo bagus..
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by ilhami »

VanzMatic wrote:
Jose wrote:Menurut saya penduduk jakarta "sudah percaya" pada transportasi umum, buktinya pada saat jam berangkat & pulang kerja tidak ada satupun bus, mikrolet & gerbong kereta yg kosong. :D

Lha klo yg pada punya mobil disuruh ikutan naik transportasi umum juga ya makin membludak donk. Krn sampai saat ini supply yg dilakukan pemerintah tetap blm mampu memenuhi kebutuhan yg sekarang
Sdh pernah naik kereta komuter di jepang? Klo sdh, pasti merasakan kan, bgm rasanya dipress di dlm kommuter? Tp bkn berarti ngga mencukupi kan? Krn disana kereta komuter tiba tiap 3 menit sekali saat rush hour.

So, berdesakan saat rush hour tdk hny karena masstransitnya ngga mencukupi. Tp mmg krn lonjakan arus penumpang yg menigkat drastis seketika. Apalgi, diperparah dgn minimnya supply transport dr pemerintah kita.

Imho, cmiiw..
masalahnya adalah waktu tunggu bus dan lama perjalanan bus . Pernah nunggu busway 30 menit pada jam sibuk, trus total perjalanan 2-3 jam, karena kemacetan lalu lintas.
mobil dan motor pribadi menyumbang kemacetan lalulintas terbesar di jakarta.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by andy1800 »

^ nggak cm di indonesia sih...di semua negara mmg kendaraan pribadi adlh penyumbang kemacetan.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by VanzMatic »

andy1800 wrote:^ nggak cm di indonesia sih...di semua negara mmg kendaraan pribadi adlh penyumbang kemacetan.
Betul mbah...

Singapore saat rush hour di jalan raya..
beghh..
Nihon saat rush hour di jalan...beghhh..apalagi pake begayaan naik taksi di Tokyo? Ngga bakal balik ke endonesyah, keburu jadi gembel mendadak gegara naik taksi 1km doank...
:wkkk:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by Izark »

di KL pas rush hour juga..... ampun dijeeeeee... padahal itu bis sama kreta dah ampun2an penuhnya :mky_05:
mau nulis apa ya...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by Turboman »

Kalo ane sih
Mobil murah yah boleh2 aja, dengan catatan jika sistem MRT dan kereta AKAP udah kayak di China dahhh....

kalo mobilitas penduduk kemana mana / tempat belanja / kantor / airport / Bogor / puncak (Pegunungan MRT nya Cable car) semua udah bisa pakai kereta dengan nyaman, monggo aja mau mobil murah..........jangan lupa sertakan keharusan memiliki COE......COE nya kasih harga minimal 200 jt dan harga naik tiap 3 bulan, tanpa COE si mobil murah gak bisa dapat pelat NoPol......xixixiixixixxixi

simple2 ajah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by Turboman »

VanzMatic wrote:
andy1800 wrote:^ nggak cm di indonesia sih...di semua negara mmg kendaraan pribadi adlh penyumbang kemacetan.
Betul mbah...

Singapore saat rush hour di jalan raya..
beghh..
Nihon saat rush hour di jalan...beghhh..apalagi pake begayaan naik taksi di Tokyo? Ngga bakal balik ke endonesyah, keburu jadi gembel mendadak gegara naik taksi 1km doank...
:wkkk:
Kalo di negara maju naek MRT pas pulang kantor mayan.......bisa jepit2-an ama bening2.....kejepit rapet di tengah......wewwww........asal bukan kejepit kuli2 aja......bau keringet.....apesss dahhhh
:big_biglaugh:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ozfye
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sun Feb 17, 2013 12:03

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by ozfye »

Kalo di negara maju naek MRT pas pulang kantor mayan.......bisa jepit2-an ama bening2.....kejepit rapet di tengah......wewwww........asal bukan kejepit kuli2 aja......bau keringet.....apesss dahhhh
:big_biglaugh:[/quote]

Klu di jkt nanti,,,naek MRT bakalan gmn om? :big_peace:
SILENT RIDER
danan32
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by danan32 »

Kek nya tetep bau keringet,asem..manis..asin..tinggal bawa mangga muda bisa bikin rujak tuh.
User avatar
siputKW
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Wed Aug 08, 2012 3:52
Location: 2000, NSW

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by siputKW »

Jakarta.. Lha wong yg di jogja saja ketar ketir bakalan tambah macet, sekarang aja di beberapa titik sudah sangat sering macet, gimana nantinya klo ketambahan lcgc ini ya secara di jogja masih banyak orang "desa" #eh hehehe

Jadi terbayang melbourne, kemana2 naik tram murah yg adem enak nyaman, ada shuttle bus gratis tiap 15 menit sekali, mau cepet naik taksi jg g terlalu mahal, jalanan lengang lancar dan mobilnya banyak yg "seksi" enak dipandang tidak seperti kutu2 lcgc nanti hehehe
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by madcat015 »

Ada dua sisi pendapat trit ini yg tidak bisa diabaikan...

Siapa yg tidak ingin punya mobil demi keluarga...

Disatu sisi...

LCGC akan menyebabkan banyak tantangan di masa depan:
1. Macet
2. Subsidi BBM
3. Angka kecelakaan
Semua orang bs beli mobil, semua orang bs beli SIM (ya, beli..., bukan pengajuan), tapi ga semua orang ngerti cara bermobil yg baik di jalan...

Cmiiw :mrgreen:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by Tomiko_Van »

Solusinya sebenarnya di kebijakan Transportasi massal dahulu, kalau transportasi massal sudah bener2 bagus, baru dikeluarkan kebijakan lain untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi (misal parkir mahal, ganjil-genap, ERP, dst)

Nggak malu sama Jepang?? Negara lebih kecil dari Indonesia, penduduk sama banyaknya (di kota besar sprti tokyo, osaka), tapi penjualan mobil setiap bulan tembus maksimum 20000 unit (Toyota Prius/Honda Fit). karena disana orang punya mobil untuk weekend atau untuk istri beraktivitas, bukan untuk pergi "ngantor". Kalau ngantor ya pakai kereta/MRT. Nggak sangka pekerja disana naik kereta tapi di garasi bisa punya Alphard/Sedan besar, kalau di Indonesia mobil2 itu buat harian.
アイドリング!!!
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by Turboman »

Selain pengembangan MRT :
Utk soal kepemilikan mobil, bagaimana jika yg digencarkan adalah car Sharing program instead of car ownership

http://www.carsharing.net/what.html

taxi taxi mewah adalah hal yg bagus juga, membuat orang jadi berpikir "ngapain gw beli mobil bagus, toh tinggal telpon aja mau E Class / Vellfire lgs datang"

Jalan tol / jalan biasa ada lajur Car Pool, dimana mobil ditumpangi 4 orang / lebih ada jalur cepat / bisa masuk jalur busway misalnya
http://en.wikipedia.org/wiki/Carpool

Utk mobil pribadi :
- Pembatasan penerbitan pelat nomor (kayak di China)
- COE aka Certificate of Entitlement

Just IMO ajah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by Turboman »

Di Jepun itu yg paling populer adalah Kei Car 660 - 700 cc, konon mencapai 1/3 or konon sampe 40% dari total penjualan mobil

Nah lalu juga banyak juga trader2 / exportir mobil versi JDM yg melayani pembeli dr luar negeri utk pembelian jumlah kecil, nah mobil2-nya tercatat terjual utk dalam negeri tapi akhirnya utk dikirim ke luar negeri

Udah itu mobil2 tuwe juga dikirim ke junkyard atau dibeli ama trader buat di export ke negara lain, jadi ibarat lemari : masuk sejumlah barang baru, barang2 lama keluar

Kalo di Indo masuk sejumlah barang baru dan yg lama2 tetap ada juga......gimana lemarinya "nggak meleduk" akhirnya :wkkk:

CMIIW
Tomiko_Van wrote: Nggak malu sama Jepang?? Negara lebih kecil dari Indonesia, penduduk sama banyaknya (di kota besar sprti tokyo, osaka), tapi penjualan mobil setiap bulan tembus maksimum 20000 unit (Toyota Prius/Honda Fit). karena disana orang punya mobil untuk weekend atau untuk istri beraktivitas, bukan untuk pergi "ngantor". Kalau ngantor ya pakai kereta/MRT. Nggak sangka pekerja disana naik kereta tapi di garasi bisa punya Alphard/Sedan besar, kalau di Indonesia mobil2 itu buat harian.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by ecco »

LCGC sebenarnya ide yang tidak buruk menurut ane. Byk keluarga yang sebenarnya butuh kendaraan roda 4 murah (tapi gak obral nyawa yah) - ini yang membuat Ratan Tata bikin Nano. masalahnya di negara kita ini LCGC gak bener2 LC...bijimane mau LC kalo harganya masih deket ke cepek? trus mentri sotoy bilang buat rakyat kecil....halooooo??? rakyat kecil nyang mane? mau taroan berapa nanti yg beli itu sebenernya kebanyakan rakyat non-kecil.
Ane sih dari dulu dah yakin lobi industri otomotif itu kenceng luar binasa (lobi lho yah, gak ngomong nyogok), embel2 local content 80 sekian %, itu mah udah lah, lucu2an aja. Kalo mau bicara konten lokal, kenapa gak mobnas aja dibikin beneran, bukan model lucu2an kyk dulu yah.
Kalo emang mau pro rakyat kecil, serius dikit bikin infrastruktur. Ane pernah tinggal di negri cina 2 taon...itu keluar negri pertama dalam idup. Waktu diajak sama bos ke satu kota kecil, alamak jalan beton cing...ane tanya sama yang nyopirin: gimana critanya tempat gini jalannya bagus banget, jawabannya yang bikin kagum: kalo jalan ancur, gimana barang dari desa mau masuk ke kota...mungkin itu kebetulan aja ane di daerah selatan yang relatif rada berduit - tetep aja, mereka itu kota kecil, gak ada apa2nya sama bogor, masih byk sawah dan tambak.

BTT, menurut ane untuk nahan macet kita bisa tiru negri singa noh, gak usah jauh2...transportasi umum cakepin dulu (pakai APBN tentunya), trus cekek dah parkir, ERP, COE...sampe bener2 yang mampu dan butuh aja yang pakai mobil. kalo sekarang suruh naik angkot, terus terang aja, berapa % yang layak? ane pernah turun dari bis 213 kampung mlayu - grogol di matraman. bukan karena mau ke sana, tapi dah gak tahan empet2an dari grogol. turun sambung mikrolet ke tujuan.

ane gak keberatan berdesakan, tapi nyampenya nyang bener dong...berdesakan 30menit, masih bisa diterima...kalo udah ditumpuk kayak ikan peda trus 2-3 jam...nyang boneng. Ane blom pernah empet2an di jepun, tapi kalo sgp, HK, beijing masih pernah...tapiiiii gak pernah sampe berjam2 om...beberapa menit sampe, jadi suruh tiap hari kyk gitu mah hayo aja.
ane bisa mengerti sama TS kenapa dongkol kyk gitu...ane bukan dongkol sama LCGC-nya...tapi ama si mentri satu itu nyang sok bela rakyat kecil padahal ....gitu deh...

:big_peace:
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by Turboman »

Lobby asosiasi industri mobil dari negara "itu" sangat kuat di Indonesia......ya

Herannya kenapa yah negara "itu" bukannya melobby / mengg-gol-kan proyek2 KA, padahal mrk punya banyak jagoan di bidang tsb :
http://www.kawasakirailcar.com/home.asp
http://www.hitachi-rail.com/
http://www.toshiba.co.jp/sis/railwaysys ... highspeed/
http://www.mitsubishielectric.com/produ ... index.html

MRT bantuan dr lembaga negara "itu" ya oke lah.....

di KAI sendiri yg ada import2 kereta bekas dr sana.....mbok ya barang buat dipake kerja berat tiap hari kok pake barang bekas ya :e-think: .....harusnya "paksa" para pemain kereta dr sana utk kerjasama dgn pabrik lokal spt PT. INKA or lainnya utk join venture bikin loko dan gerbong di sini.

Berani gak Pemerintah bikin peraturan investasi :
"Setiap 5 unit LCGC yg terjual maka produsen negara itu juga harus menelurkan 1 gerbong kereta dari pabrik JV nya di Indo"

"Setiap 1 unit LCGC yg terjual maka investor dr sana harus berpartispasi mengembangkan 100 Meter rel kereta di Indonesia"

*sekedar angan2*
* Bukan ajakan Beli *
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by bisti »

saya sangat setuju transportasi massal sangat diperlukan
tapi saya sangat tidak setuju perlu pembatasan kemampuan orang membeli mobil..
hanya orang kaya yang boleh beli mobil...no..no

yang lebih adil menurut saya, berikan kebijakan harga mobil murah..
larang satu keluarga punya lebih dari satu mobil..
itu jauh lebih adil buat orang menengah ke bawah..

kalo lihat daftar kepemilikan mobil per populasi ada di web ini
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_co ... per_capita

saya masih belum ngeh...darimana asal opini bahwa Indonesia kebanyakan mobil sehingga perlu dibatasi....kasihan hak orang yang pengin punya mobil tapi belum mampu...
masak Indonesia dibawah botswana, zimbabwe, negara afrika itu...
kalo macet ya yang salah pengelola kotanya...
User avatar
Bhanaspati
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 999
Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by Bhanaspati »

bijimane pendapat SMers kalo seandainya LCGC itu tetap diadakan dengan catatan :

1. LCGC yg dijual di Indonesia diprioritaskan adalah Mobnas, merk luar silahkan masuk tapi prioritas Mobnas.
2. LCGC tidak dijual dikota besar dan kota2 dengan tingkat kemacetan yg akut (jakarta, bandung, surabaya, dll)
3. Masyarakat ibukota yg pengen beli LCGC silahkan minggat dari ibukota (sekalian mengurangi kepadatan ibukota)
4. untuk menekan harga LCGC sebaiknya bukan dengan subsidi tapi dengan kandungan lokal yg tinggi
5. semua kendaraan roda 4 termasuk LCGC wajib minum pertamax, minum premium berarti pelanggaran

jadi... masyarakat yg didaerah tetap bisa tercapai cita2nya utk punya mobil
kalo mau punya mobil & tetap hidup di ibukota harus siap keluar uang banyak, beli mobil mahal
kemacetan di ibukota diharapkan bisa berkutang, eh.... maksudnya berkurang
IMALY :big_peace:
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
User avatar
Primatech
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Thu Nov 08, 2012 7:08

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by Primatech »

ecco wrote:LCGC sebenarnya ide yang tidak buruk menurut ane. Byk keluarga yang sebenarnya butuh kendaraan roda 4 murah (tapi gak obral nyawa yah) - ini yang membuat Ratan Tata bikin Nano. masalahnya di negara kita ini LCGC gak bener2 LC...bijimane mau LC kalo harganya masih deket ke cepek? trus mentri sotoy bilang buat rakyat kecil....halooooo??? rakyat kecil nyang mane? mau taroan berapa nanti yg beli itu sebenernya kebanyakan rakyat non-kecil.
Ane sih dari dulu dah yakin lobi industri otomotif itu kenceng luar binasa (lobi lho yah, gak ngomong nyogok), embel2 local content 80 sekian %, itu mah udah lah, lucu2an aja. Kalo mau bicara konten lokal, kenapa gak mobnas aja dibikin beneran, bukan model lucu2an kyk dulu yah.
Kalo emang mau pro rakyat kecil, serius dikit bikin infrastruktur. Ane pernah tinggal di negri cina 2 taon...itu keluar negri pertama dalam idup. Waktu diajak sama bos ke satu kota kecil, alamak jalan beton cing...ane tanya sama yang nyopirin: gimana critanya tempat gini jalannya bagus banget, jawabannya yang bikin kagum: kalo jalan ancur, gimana barang dari desa mau masuk ke kota...mungkin itu kebetulan aja ane di daerah selatan yang relatif rada berduit - tetep aja, mereka itu kota kecil, gak ada apa2nya sama bogor, masih byk sawah dan tambak.

BTT, menurut ane untuk nahan macet kita bisa tiru negri singa noh, gak usah jauh2...transportasi umum cakepin dulu (pakai APBN tentunya), trus cekek dah parkir, ERP, COE...sampe bener2 yang mampu dan butuh aja yang pakai mobil. kalo sekarang suruh naik angkot, terus terang aja, berapa % yang layak? ane pernah turun dari bis 213 kampung mlayu - grogol di matraman. bukan karena mau ke sana, tapi dah gak tahan empet2an dari grogol. turun sambung mikrolet ke tujuan.

ane gak keberatan berdesakan, tapi nyampenya nyang bener dong...berdesakan 30menit, masih bisa diterima...kalo udah ditumpuk kayak ikan peda trus 2-3 jam...nyang boneng. Ane blom pernah empet2an di jepun, tapi kalo sgp, HK, beijing masih pernah...tapiiiii gak pernah sampe berjam2 om...beberapa menit sampe, jadi suruh tiap hari kyk gitu mah hayo aja.
ane bisa mengerti sama TS kenapa dongkol kyk gitu...ane bukan dongkol sama LCGC-nya...tapi ama si mentri satu itu nyang sok bela rakyat kecil padahal ....gitu deh...

:big_peace:
agan paling ngerti banget :ungg:

ane g menyorot orang g boleh punya mobil, life has its own way lah..kalo emang orang kecil kaya si menteri bilang beli mobil, alternatif mobil second yg harga jauh lebih murah dan masih layak dari lcgc itu masih banyaakkk..tapi ini bener2 ketauan upaya pengejaran pemerintah untuk either dapet insentif pajak dari bea balik nama etc etc..or ya itu, ada arus uang gelap yang masuk ke segelintir kantong2 untuk menggolkan inisiasi ini.. makanya gw rasa sebenernya g hanya jokowi yg marah, ampe dkompas juga dia bilang y udah lah masa ngajak berantem pusat,mudah2an ketemu bisa nelurkan counter attacknya dari ni kebijakan caur..
User avatar
Madtamoe
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Sep 12, 2013 12:57

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by Madtamoe »

Bhanaspati wrote:bijimane pendapat SMers kalo seandainya LCGC itu tetap diadakan dengan catatan :

1. LCGC yg dijual di Indonesia diprioritaskan adalah Mobnas, merk luar silahkan masuk tapi prioritas Mobnas.
2. LCGC tidak dijual dikota besar dan kota2 dengan tingkat kemacetan yg akut (jakarta, bandung, surabaya, dll)
3. Masyarakat ibukota yg pengen beli LCGC silahkan minggat dari ibukota (sekalian mengurangi kepadatan ibukota)
4. untuk menekan harga LCGC sebaiknya bukan dengan subsidi tapi dengan kandungan lokal yg tinggi
5. semua kendaraan roda 4 termasuk LCGC wajib minum pertamax, minum premium berarti pelanggaran

jadi... masyarakat yg didaerah tetap bisa tercapai cita2nya utk punya mobil
kalo mau punya mobil & tetap hidup di ibukota harus siap keluar uang banyak, beli mobil mahal
kemacetan di ibukota diharapkan bisa berkutang, eh.... maksudnya berkurang
IMALY :big_peace:
ente habis keseleg wangsit ya mbah?
:mky_04:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by Turboman »

Bisa juga keluar peraturan bahwa pembelian LCGC harus Cash keras dan gak bisa kredit

Udah itu gak bisa didaftarkan utk BBM subsidi jika nanti beli BBM subsidi mesti pake kartu (alatnya udah dipasang di spbu2)

Just IMO
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Bueuk_32
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2002
Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by Bueuk_32 »

Kenapa harus menumpahkan kesalahan pada mobil LCGC? Persoalan2 yg disebutkan diatas; kemacetan, subsidi bbm yg tinggi, ketidakcakapan mengemudi, ramalan mama loren akan lahirnya dul2 baru (padahal yg dipake si dul bukan mobil LCGC loh dan harganya pun berkali2 lipat harga mobil LCGC), dll udah menjadi masalah menahun jauh sebelum mobil2 LCGC ini berkeliaran di jalan.
Dan kenapa juga harus mengikuti langkah RV menumpahkan kekesalan (hanya) pada “dua korporat besar”, padahal pabrikan lain juga ikutan? Bahkan pabrikan sekelas Nissan berhasrat untuk menghidupkan lagi brand Datsun untuk memproduksi mobil2 murah. :mrgreen:

---------

Bagaimanapun pemerintah tetap punya kepentingan agar industri otomotif terus berkembang. Salah satunya ya meningkatnya volume penjualan kendaraan. Buat saya, LCGC tidak lebih dari sekedar upaya agar volume penjualan kendaraan roda 4 meningkat. Soal nantinya siapa yg beli mobil itu, pemerintah juga ga bakal peduli, meski memang ketika mobil jadi berharga murah, cakupan kelas ekonomi masyarakat yg mampu beli mobil menjadi lebih luas.
Mobil LCGC atau bukan, mobil seharga 100 jt atau 1 milyar, itu sama-sama mobil kok, sama2 menambah kepadatan jalan.

Jika mobil2 mungil (LCGC, city car, dll) harus menerima takdir dijadikan kambing hitam penyebab kemacetan di jalan perkotaan, seharusnya kita juga menyoroti masih adanya mobil2 besar yg dipakai di rute yg sama. Jika mau fair, seharusnya di jalan yg masih bisa dilalui oleh mobil kutu, mobil gajah dilarang lewat.

Btw, Kalau saya justru lebih tertarik agar harga mobil baru itu memang dibuat murah. Asyik kan kalau ipah jadi 100 jt, atau mazda6 cuma 200 jt? (hiperbol). Dengan catatan diberlakukan juga batas usia kendaraan atau harga parkir yg sangat mahal. Dan diimbangi dg transportasi massal yg aman dan nyaman. Yang butuh mobil itu kan bukan cuma orang2 berpenghasilan besar saja, tapi paling tidak, meski yg berpenghasilan pas2an jg punya mobil, mobil itu cuma dipakai untuk kondisi2 tertentu yg tidak mungkin menggunakan kendaraan umum.
Turboman wrote:Bisa juga keluar peraturan bahwa pembelian LCGC harus Cash keras dan gak bisa kredit

Udah itu gak bisa didaftarkan utk BBM subsidi jika nanti beli BBM subsidi mesti pake kartu (alatnya udah dipasang di spbu2)

Just IMO
kalo ane lebih setuju peraturan seperti itu (kalau memang peraturan seperti itu yg dipilih) diberlakukan menyeluruh di semua mobil mod, tapi secara bertahap, dan pada saat bersamaan diperbaiki jg sistem transportasi massalnya :mky_01:
"The Power of ren-Dreams"
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by Turboman »

Pro - Kontra gak ada abis2-nya...huehueheuhu

Gimana kalo mobil2 LCGC dibuat terbatas aja kayak L-FA atau Enzo F50......misal 50.000 unit only then stop, ga diproduksi lagi.......tar sekennya jadi mahal....jadi barang antiq......memberi efek psikologis ama yg punya utk jadi "garage Queen" en jaraanng dipake
:wkkk:
* Bukan ajakan Beli *
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19

Re: Bilang sama MS Hidayat, lw dibayar brapa sm pabrikan mob

Post by bisti »

kalo saya prinsipnya gampang...saya suka mengemudi...makanya sering liat dunia otomotif...saya suka smakin banyak orang bisa menikmati dunia otomotif..impianku setiap keluarga di indonesia punya satu mobil..mungkin dipakai pas weekend aj...kalo kerja pake transportasi massal aja...punya mobil jadi gk elit dong..!!?...ah kagak penting banget