Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Kalo dijalanan ane setubuh sama om om sesepuh diatas...
Halah.... Kamsud ane setuju...
Nah kalo di gang yg padat penduduk, biasanya kan banyak tulisan
"Hati2 banyak polisi tidur"
Itu perlu diganti
"Hati2 banyak pemuda"
Mudah2an manjur buat para alayer itu mikir 100 kali kalo mau pake knalpot rombeng berisik
Halah.... Kamsud ane setuju...
Nah kalo di gang yg padat penduduk, biasanya kan banyak tulisan
"Hati2 banyak polisi tidur"
Itu perlu diganti
"Hati2 banyak pemuda"
Mudah2an manjur buat para alayer itu mikir 100 kali kalo mau pake knalpot rombeng berisik
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
biasa nya sih klo di pemukiman padat penduduk warning nya: "ngebut benjut"



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
klu di jalan ane ga pernah terganggu dgn knalpot bising, tinggal gedein volume hu aja...
tp klu di rumah ada yg lewat depan pake knalpot alay..... rasanya pgn nyambit aja.....
tp klu di rumah ada yg lewat depan pake knalpot alay..... rasanya pgn nyambit aja.....

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
motor kacang (cc kecil) dengan suara rombeng boleh dan sah saja menurut saya, silahkan. asal knalpotnya menghadap ke muka si pengendara.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Fri Mar 08, 2013 1:40
- Location: Yogyakarta
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
sama juga kasusnya dengan HID tanpa projektor di mobil-motor dan lampu high-beam yang disalahgunakan (baca: dipanjer terus) 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Jd kembali ke pertanyaan awal, knp dibiarkan?
Jawabnya jelas n simpel: krn ini indonesia.

Jawabnya jelas n simpel: krn ini indonesia.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
ya, betul.andy1800 wrote:Jd kembali ke pertanyaan awal, knp dibiarkan?
Jawabnya jelas n simpel: krn ini indonesia.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
untuk menambah SDM om...
sapa tau 5 taun lagi bisa sekelas Akrapovic
....sapa tau loh
....eeehhh Akrapovic malah nurutin disini...rombeng" ga jelas
sapa tau 5 taun lagi bisa sekelas Akrapovic

....sapa tau loh

....eeehhh Akrapovic malah nurutin disini...rombeng" ga jelas

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Harusnya ada UU level kebisingan kendaraan + razia suara knalpot
Jadi polisi bawa SPL meter, siapa yg melebihi batas kena denda
Motor import merek mahal yg knalpotnya menggelegar ?
Hajar bleehhh......krn gak sesuai dengan UU, harus tetap kena penalti
Bagi industri knalpot ?
Justu akan membuka peluang bagi industri2 yg kreatif, dimana bisa membuat exhaust yg less restriction dan nggak berisik........bukan hal sulit, krn saya yg awam soal ini aja bisa melakukan pendekatan utk hal ini pada mobil
Jadi polisi bawa SPL meter, siapa yg melebihi batas kena denda
Motor import merek mahal yg knalpotnya menggelegar ?
Hajar bleehhh......krn gak sesuai dengan UU, harus tetap kena penalti
Bagi industri knalpot ?
Justu akan membuka peluang bagi industri2 yg kreatif, dimana bisa membuat exhaust yg less restriction dan nggak berisik........bukan hal sulit, krn saya yg awam soal ini aja bisa melakukan pendekatan utk hal ini pada mobil
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
UU level kebisingan suara sudah ada oom, kumplit. UU no 22 tahun 2009, pasal 48 ayat 3 huruf 'b', pasal 211, pasal 212. mungkin ada lagi di pasal lainnya yang luput saya baca.
yang belum ada tuh kesadaran pemilik kendaraan (ya mobil ya motor) sama razia polisi....
yang belum ada tuh kesadaran pemilik kendaraan (ya mobil ya motor) sama razia polisi....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
rumah ane di pinggir jalan besar. yg paling berasa dari knalpot macem gini memang polusi suaranya. tiap motor gini lewat dgn kecepatan tinggi (dan tentunya suara treble super bising menyakitkan telinga), pengen rasanya ane tembak tuh motor pake rpg berkali2 sampe rata tanah
kebebasan berkreasi sih boleh aja, tpi kebebasan kita berbatasan dengan hak orang lain kan.

kebebasan berkreasi sih boleh aja, tpi kebebasan kita berbatasan dengan hak orang lain kan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Apa sdh ada ambang batas dr yg dimaksud "kebisingan" tsb oom? Berapa desibel? Sy baca2 kok ga ketemu ya?marmut wrote:UU level kebisingan suara sudah ada oom, kumplit. UU no 22 tahun 2009, pasal 48 ayat 3 huruf 'b', pasal 211, pasal 212. mungkin ada lagi di pasal lainnya yang luput saya baca.
yang belum ada tuh kesadaran pemilik kendaraan (ya mobil ya motor) sama razia polisi....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
adanya di PP (peraturan pemerintah). di UU yang lama seinget saya dijelasin komplit, di UU yang baru ini urusan yg detail sepertinya dipisah masuk ke PP. saya juga lagi nyari PP mengenai UU no 22 tahun 2009 tapi belum sempet.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
jangan ditembak. kasian. mending sebar pasir di tikungan....djia wrote:rumah ane di pinggir jalan besar. yg paling berasa dari knalpot macem gini memang polusi suaranya. tiap motor gini lewat dgn kecepatan tinggi (dan tentunya suara treble super bising menyakitkan telinga), pengen rasanya ane tembak tuh motor pake rpg berkali2 sampe rata tanah![]()
kebebasan berkreasi sih boleh aja, tpi kebebasan kita berbatasan dengan hak orang lain kan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Begh... padahal ane aja ngerasanya knalpot sutandar Honda Revo 2008 akhir ane udah keras by default kalo digas. Kalo gas kalem, ya kalem.
Pengin ganti dengan punya Suprex 125 yg haluusssss gitu, tapi takut ngurangin orisinalitas nya..
*halah
Pengin ganti dengan punya Suprex 125 yg haluusssss gitu, tapi takut ngurangin orisinalitas nya..
*halah
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
doq wrote:Apa sdh ada ambang batas dr yg dimaksud "kebisingan" tsb oom? Berapa desibel? Sy baca2 kok ga ketemu ya?marmut wrote:UU level kebisingan suara sudah ada oom, kumplit. UU no 22 tahun 2009, pasal 48 ayat 3 huruf 'b', pasal 211, pasal 212. mungkin ada lagi di pasal lainnya yang luput saya baca.
yang belum ada tuh kesadaran pemilik kendaraan (ya mobil ya motor) sama razia polisi....
apa pake parameter telinga?
ah, aparat aja ada kok yg pake kenalpot sember.


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 400
- Joined: Wed Sep 18, 2013 2:26
- Location: Di atas genteng
- Daily Vehicle: CX-5
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
doq wrote:Apa sdh ada ambang batas dr yg dimaksud "kebisingan" tsb oom? Berapa desibel? Sy baca2 kok ga ketemu ya?marmut wrote:UU level kebisingan suara sudah ada oom, kumplit. UU no 22 tahun 2009, pasal 48 ayat 3 huruf 'b', pasal 211, pasal 212. mungkin ada lagi di pasal lainnya yang luput saya baca.
yang belum ada tuh kesadaran pemilik kendaraan (ya mobil ya motor) sama razia polisi....
sumber: http://oto.detik.com/read/2013/12/13/19 ... o991102638Dalam Permen LH tersebut disebutkan bahwa batas ambang kebisingan sepeda motor terdiri atas, untuk tipe 80 cc ke bawah maksimal 85 desibel (db). Lalu, tipe 80-175cc maksimal 90 db dan 175cc ke atas maksimal 90 db.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Kayaknya, ambang max 90 desibel buat motor 175 cc up keknya masih cukup akomodatif, imho....
Saat mo beli knalpot Thunderheader dulu sempat research di forum2 Harley soal desibelnya (coz mmg punya 'niat jahat' cari yg loudest..
), kondisi pabrikan knalpot Harley di angka 80 sekian - jelang 90 db.. Aftermarket variatif dr 90++ sampe menjelang 120db saat full throttle includ si Thunderheader yg memang regarded by many as the loudest pipes brand buat Harley saat ini...
Msh cukup akomodatiflah itu 90 db, uda sekeras knalpot OEM HD..
Saat mo beli knalpot Thunderheader dulu sempat research di forum2 Harley soal desibelnya (coz mmg punya 'niat jahat' cari yg loudest..

Msh cukup akomodatiflah itu 90 db, uda sekeras knalpot OEM HD..
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
85db....90db.......sekeras apa ya? Nge blank banget euy hehehe
Mesti punya db meter nih
kira2 kisaran brp ya yg murah2?
Mesti punya db meter nih

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 400
- Joined: Wed Sep 18, 2013 2:26
- Location: Di atas genteng
- Daily Vehicle: CX-5
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
pake apps yg ada di hape aja om doq.. walaupun kadang suka nggak akurat sih..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Wahhhh good idea oom.......melipir dulu deh heheeh 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
90dB+ itu suara di dalam pesawat jet..
Gw sendiri ngerasa kalau memang buat kendaraan yang di peruntukan racing, silahkan ganti dan gunakan di tempat yg semestinya, tapi jangan di geber di tempat umum, iya kalau suaranya enak, lha suaranya cempreng bikin telinga sakit..
Gw sendiri ngerasa kalau memang buat kendaraan yang di peruntukan racing, silahkan ganti dan gunakan di tempat yg semestinya, tapi jangan di geber di tempat umum, iya kalau suaranya enak, lha suaranya cempreng bikin telinga sakit..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Udh download aplikasi buat db meter........iseng tes ukur suara knalpot (silencer satria fu standar non-bobokan), diukur dr jarak 20cm dr moncong knalpot terukur 93db saat full throttle
Pas dideketin ke mesin terukur 92db full throttle
Entah akurad apa kaga dah, soale pas diukur pake aplikasi yg beda merk hasil nya "cuman" 87db di moncong knalpot
Btw standar pengukuran db meter itu diukur dr jarak brp ya?


Pas dideketin ke mesin terukur 92db full throttle



Entah akurad apa kaga dah, soale pas diukur pake aplikasi yg beda merk hasil nya "cuman" 87db di moncong knalpot

Btw standar pengukuran db meter itu diukur dr jarak brp ya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
kalau di iPhone saya sih bedanya dengan dB metter sekitar 6-8dB.. Di iPhone kenceng..
tergantung yang di ukur, kalau suara yg seperti itu biasanya 30cm-50cm dari sumber suara.. Kalau ruangan ya di setiap sudut hhe
tergantung yang di ukur, kalau suara yg seperti itu biasanya 30cm-50cm dari sumber suara.. Kalau ruangan ya di setiap sudut hhe
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
doq wrote:Udh download aplikasi buat db meter........iseng tes ukur suara knalpot (silencer satria fu standar non-bobokan), diukur dr jarak 20cm dr moncong knalpot terukur 93db saat full throttle
Kalo pake I phone ya kurang akurat. 1 db tu selisihnya cukup besar lo, soalnya db bukan penjumlahan secara linear. misal motor 80 db, terus ditambah 1 lagi motor dengan suara 80 db, hasilnya bukan 160 db,
pengukuran untuk knalpot juga harus dilakukan di tempat lapang, tidak ada tembok penghalang atau tanaman atau apapun yang bisa menyerap atau memantulkan suara, dalam radius tertentu. jarak pengukuran juga sesuai spesifikasi dbmeter yang digunakan. umumnya 50 cm dari ujung knalpot, dengan sudut 45 derajat.
sama bro, yang lebih menyakitkan, sekarang musim kampanye, hampir tiap hari ada aja motor 2 tak dengan knalpot corong (suara makin keras, hd yang ikut db contest aja mungkin kalah) yang gaspol lewat jalan. sebalnya lagi, lagi di jalan, macet kena rombongan kampanye. udah, telinga jadi sakit n budeg. kaya gitu polisi diem aja, dasar polisi br***ek.djia wrote:rumah ane di pinggir jalan besar. yg paling berasa dari knalpot macem gini memang polusi suaranya.
kalo gk pake helm ato spion, ato bonceng berempat ya resiko lebih banyak ditanggung sendiri, tapi kalo suara menggelegar, kan orang lain juga yg kena. kasihan kalo ada orang yang gendong bayi naik kendaraan. La orang dewasa aja sakit telinga, apalagi bayi?