Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
http://oto.detik.com/read/2013/07/03/20 ... -indonesia
Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia?
Jakarta - Kebiasaan pengendara bermotor di Indonesia, terutama motor, adalah sangat suka mengganti knalpot motor mereka. Padahal, itu berpengaruh negatif pada lingkungan.
Selain mengeluarkan polusi suara, penggantian knalpot dengan knalpot variasi juga bisa membuat produksi emisi jadi meningkat.
"Konsumen kita kan masih sangat suka mengganti knalpot, biar lebih oke katanya. Brung, brung, brung, hilanglah miliaran rupiah," kata Anggota Tim Transportasi, Lingkungan, dan Infrastrukstur Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Indra Chandra Setiawan.
Miliaran rupiah yang dimaksud Indra adalah miliaran rupiah yang telah dihabiskan produsen untuk melakukan penelitian agar emisi gas buang kendaraan jadi rendah.
Pada knalpot standar, biasanya pabrikan mengaplikasi katalitik konverter yang berguna untuk mereduksi produksi emisi sebuah kendaraan.
"Ini terlihat sepele, tapi sudah harus jadi isu bersama. Kita bicara bukan hanya 5-10 tahun ke depan, tapi untuk jangka panjang," lugasnya.
"Terus terang standar Euro2 di indonesia jadi Euro banci. Sudah standar bahan bakar cuma Euro2, kebiasaan yang membuat standar emisi menurun dibiarkan begitu saja tanpa ada tindakan," keluhnya.
(syu/ddn)
Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia?
Jakarta - Kebiasaan pengendara bermotor di Indonesia, terutama motor, adalah sangat suka mengganti knalpot motor mereka. Padahal, itu berpengaruh negatif pada lingkungan.
Selain mengeluarkan polusi suara, penggantian knalpot dengan knalpot variasi juga bisa membuat produksi emisi jadi meningkat.
"Konsumen kita kan masih sangat suka mengganti knalpot, biar lebih oke katanya. Brung, brung, brung, hilanglah miliaran rupiah," kata Anggota Tim Transportasi, Lingkungan, dan Infrastrukstur Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Indra Chandra Setiawan.
Miliaran rupiah yang dimaksud Indra adalah miliaran rupiah yang telah dihabiskan produsen untuk melakukan penelitian agar emisi gas buang kendaraan jadi rendah.
Pada knalpot standar, biasanya pabrikan mengaplikasi katalitik konverter yang berguna untuk mereduksi produksi emisi sebuah kendaraan.
"Ini terlihat sepele, tapi sudah harus jadi isu bersama. Kita bicara bukan hanya 5-10 tahun ke depan, tapi untuk jangka panjang," lugasnya.
"Terus terang standar Euro2 di indonesia jadi Euro banci. Sudah standar bahan bakar cuma Euro2, kebiasaan yang membuat standar emisi menurun dibiarkan begitu saja tanpa ada tindakan," keluhnya.
(syu/ddn)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Nggak semua knalpot variasi itu menghilangkan catalytic converter, yg slip on seharusnya ga pengaruh ke emisi.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Bah. Endonesah.
Emang ada aturan yg jalan? Pemerintahan IDIOT melahirkan aturan bagus ya tetep aja penerapan di lapangan jd IDIOT JUGA.
Negara tolol. Benerin dulu mental aparatnya, baru kita bs bicara ke depannya gimana. Percuma pihak produsen teriak2 selama mental aparat lbih mirip TIKUS GOT ketimbang pengayom masyarakat penegak aturan. CUIH.
Emang ada aturan yg jalan? Pemerintahan IDIOT melahirkan aturan bagus ya tetep aja penerapan di lapangan jd IDIOT JUGA.
Negara tolol. Benerin dulu mental aparatnya, baru kita bs bicara ke depannya gimana. Percuma pihak produsen teriak2 selama mental aparat lbih mirip TIKUS GOT ketimbang pengayom masyarakat penegak aturan. CUIH.
Das Beste oder nichts.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
mobil ane cc nya udah di cabut...udah terlalu banyak jelaganya... 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
menyebalkan lihat motor2 di jalanan jakarta
pake nya knalpot variasi yg bobokan suara amit2 jabang bajaj
udah gitu jumlahnya malah lebih banyak daripada yg pake knalpot standar
suara berisik larinya ga ada, motor nya maksain pula.
bukan "kecepatan suara" yg didapat, tapi "suara kecepetan" alias suara nyampe duluan daripada motornya
rasanya pengen nyambit pake tiang bendera

pake nya knalpot variasi yg bobokan suara amit2 jabang bajaj
udah gitu jumlahnya malah lebih banyak daripada yg pake knalpot standar
suara berisik larinya ga ada, motor nya maksain pula.
bukan "kecepatan suara" yg didapat, tapi "suara kecepetan" alias suara nyampe duluan daripada motornya
rasanya pengen nyambit pake tiang bendera




kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
nggak suka berisik dan arah asap nya yang mengenai wajah pemotor dibelakang nya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
ho'oh.... bener om, udah gitu motornya di modif2 maksain biar kayak moge gituilhami wrote:nggak suka berisik dan arah asap nya yang mengenai wajah pemotor dibelakang nya
padahal..... cuuuiiihhh.... malah nggilani

kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 503
- Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
yaahh baru mau pasang di mobil gw.... 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Ini bahas knalpot motor atau mobil? 

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia



dua-dua nya om momod

kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Woke deh...
Nanti dipindah ke kamar yang sesuai
Nanti dipindah ke kamar yang sesuai

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Thu Dec 13, 2012 7:27
- Location: Warehouse
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
kalo di kota ane, kalo malam dah kaya sepeda hantu aja
suaranya keras.. jd suaranya nyampe duluan pdhl motornya masi jauh
yg bikin kesel, kita cari sumber suara disebelah mana gak ketemu
lha wong lampunya pake acara dimatiin
so like a ghost.. datang tak dijemput pulang tak diantar
tau2 dah nyalip pake gaya val rossi KW10
suaranya keras.. jd suaranya nyampe duluan pdhl motornya masi jauh
yg bikin kesel, kita cari sumber suara disebelah mana gak ketemu
lha wong lampunya pake acara dimatiin


so like a ghost.. datang tak dijemput pulang tak diantar

tau2 dah nyalip pake gaya val rossi KW10
Bonera: "Cassano? He said that above Inter there's only the sky, maybe at Parma he'll find the satellites." LOL !!!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Emang yakin knalpot stabdard gak berisik? Sekarang banyak apps yg bisa buat gadget kita jadi soundmeter. Silahkan dicek aja.
Ninja baik yg 250 cc maupun 150 cc malah selling pointnya suaranya itu. Ninja 250 suaranya twin silinder, kayak moge.
Harley Davidson...... Hmmmmm apalagi.
Ninja baik yg 250 cc maupun 150 cc malah selling pointnya suaranya itu. Ninja 250 suaranya twin silinder, kayak moge.
Harley Davidson...... Hmmmmm apalagi.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Knalpot motor yg enak didenger mmg cuman yg 1 liter up... Either boxer, Vee, or parallel.. Mechanical melody


Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Harley.... Brejet2 khas Amrik....
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Ya gitulah level si Indra. Disangka sepeda motor cuma kelas 125 cc kali. Kalau knalpot abal2 bikin budek sih aku oke aja dilarang, tapi banyak knalpot yg berteknologi tinggi macam akrapovic, temogini dll. Kalau gitu Patwal digrounded semua dong, krn mereka moge "bersuara keras".
Aneh, pejabat Gaikindo kok malah mau matiin industry otomotif.
Aneh, pejabat Gaikindo kok malah mau matiin industry otomotif.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
kenapa pemilik kendaraan mengganti kenalpot nya? karena kurang puas dengan performa yg dihasilkan.
menurut saya sih sah2 aja mengganti bagian apapun dr kendaraan sendiri, dan bukan berarti menafikan hasil riset triliunan dr produsen
wong kenalpot standard khan dibuat utk kompromi antara polusi udara/suara, range tenaga yg dikeluarkan beserta konsumsi bbm yg diteguk..........walhasil pasti ada aja yg dirasa kurang.
tapi saya memang ga setuju sih sama suara kenalpot yg rombeng, maka nya sekarang utk kendaraan sendiri saya nyari nya sebisa mungkin yg mendekati suara kenalpot standard........
lumayan bikin kaget itu alay2 yg lg berasa sekenceng setan waktu saya lewatin dg suara santai

menurut saya sih sah2 aja mengganti bagian apapun dr kendaraan sendiri, dan bukan berarti menafikan hasil riset triliunan dr produsen

wong kenalpot standard khan dibuat utk kompromi antara polusi udara/suara, range tenaga yg dikeluarkan beserta konsumsi bbm yg diteguk..........walhasil pasti ada aja yg dirasa kurang.
tapi saya memang ga setuju sih sama suara kenalpot yg rombeng, maka nya sekarang utk kendaraan sendiri saya nyari nya sebisa mungkin yg mendekati suara kenalpot standard........
lumayan bikin kaget itu alay2 yg lg berasa sekenceng setan waktu saya lewatin dg suara santai


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Fri Mar 08, 2013 1:40
- Location: Yogyakarta
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
setidaknya dimulai diri sendiri saja 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
diadakan uji KIR aja dan sekaligus mengukur tingkat kebisingan suara.
kalo saya skrg lbh senang dg knalpot std yg suaranya kalem..
apalagi jika mau menyalip pengendara motor laen yg didepan saya,
dari belakang tidak terdengar suara tiba2 sudah menguntit dibelakang
surprise.....!!!!
oiya, di dalam gang kecil pun saya jd bs melaju lbh kencang
kalo saya skrg lbh senang dg knalpot std yg suaranya kalem..
apalagi jika mau menyalip pengendara motor laen yg didepan saya,
dari belakang tidak terdengar suara tiba2 sudah menguntit dibelakang

surprise.....!!!!
oiya, di dalam gang kecil pun saya jd bs melaju lbh kencang

> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Mon Oct 01, 2012 19:22
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
klo mesin udah di bore up kayaknya wajib tuh ganti pake knalpot aftermarket.
Hotwheels Collector
@kidutstuff
@kidutstuff
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
kalo yg dipermasalahkan adalah polusi suara yg dihasilkan, sangat disayangkan belum ada nya aturan baku dr pemerintah mengenai batasan suara yg dihasilkan masing2 kendaraan (e.g berapa db yg diperbolehkan).
walhasil dilapangan celah seperti ini jadi lahan tersendiri buat para petugas...........di jakarta misal nya, mau suara kenalpot serombeng apapun ga bakal kena semprit, tapi di daerah lain seperti bogor atawa bandung misalkan, asal ketauan make kenalpot non-standar aja bisa dijadiin alasan oleh petugas buat minta "uang makan siang"

padahal ga selama nya kenalpot non-standard itu bersuara rombeng
walhasil dilapangan celah seperti ini jadi lahan tersendiri buat para petugas...........di jakarta misal nya, mau suara kenalpot serombeng apapun ga bakal kena semprit, tapi di daerah lain seperti bogor atawa bandung misalkan, asal ketauan make kenalpot non-standar aja bisa dijadiin alasan oleh petugas buat minta "uang makan siang"


padahal ga selama nya kenalpot non-standard itu bersuara rombeng

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
sebenernya peraturan mengenai knalpot motor, khususnya mengenai ambang batas kebisingan, sudah ada... mazalahnya : Pulisi yg me-razzia blom punya alat decibel meter utk mengukur tingkat kebisingan knalpot yg di razzia ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
wah malah udah ada ya? hehehe baru tau malah saya...... 
hasil googling2 nemu juga nih salah satu nya:
peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup no.07/2009
"batas ambang kebisingan kendaraan bermotor terdiri atas, utk type 85cc kebawah maximal 85db, 80-175cc maximal 90db dan 175cc keatas maximal 90db"
tapiiii konon aturan tsb hanya berlaku utk kendaraan yg baru keluar pabrik....nah?
apa ada peraturan lain lagi yg membahas hal ini?

hasil googling2 nemu juga nih salah satu nya:
peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup no.07/2009
"batas ambang kebisingan kendaraan bermotor terdiri atas, utk type 85cc kebawah maximal 85db, 80-175cc maximal 90db dan 175cc keatas maximal 90db"
tapiiii konon aturan tsb hanya berlaku utk kendaraan yg baru keluar pabrik....nah?

apa ada peraturan lain lagi yg membahas hal ini?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
kayaknya ada hape / android yg bisa mengukur tingkat kebisingan dalam satuan db (decibel) ya...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Kenapa Knalpot Variasi Masih Dibiarkan di Indonesia
Banyak apps yg bisa didownload, termasuk soundmeter. Yg gratis juga banyak. Asal gadgetnya punya mikrofon, tinggal jalankan apps ini, bisa tahu knalpot mobil / motor masing2 masuk peraturan di atas nggak.
Silahkan, bagi yg berminat mengukur
Baru saja saya download, kemudian ukur :
Vespa LX 150ie 60 dB langsam, akselerasi 80 dB
Honda NSR 70 dB langsam, 90 dB akselerasi paaas
Susahnya Vespa gak punya gigi netral, jadi kudu hati2 ngukurnya.
Silahkan, bagi yg berminat mengukur
Baru saja saya download, kemudian ukur :
Vespa LX 150ie 60 dB langsam, akselerasi 80 dB
Honda NSR 70 dB langsam, 90 dB akselerasi paaas
Susahnya Vespa gak punya gigi netral, jadi kudu hati2 ngukurnya.
Ready to Race