AB1050 wrote:yang nubie tangkap dari kasus diatas, kebanyakan karena nyalain AC, makanya terpaksa mesin nyala idel entah karena macet/males keluar mobil/dll..
muncul imajinasi liar ane, seandainya mobil sama seperti bus yang pakai AC gantung yang berarti mesin penggerak AC dan roda terpisah, jadi walaupun mesin mati, tapi AC tetep bisa nyala
penjelasan teknis nya AC gantung ada dimarih :
http://buslovers.com/air-conditioner/
IMHO

mantappp
cm masalahnya klo di mobil pribadi terutama adlh space utk install mesin standalone AC gantung tsb nampaknya gak memungkinken.
selain itu tertulis di artikel tsb, spt ini:
Pada AC mobil / bus sumber penggeraknya didapat dari mesin mobil atau bus itu sendiri. Khusus pada AC bus ada pula yang menggunakan mesin penggerak yang terpisah atau biasa disebut dengan AC Gantung karena mesin penggerak biasanya digantung di bawah bus.
Namun saat ini di bus-bus keluaran terbaru sudah tidak lagi kita temui AC gantung.
==================================
AB1050 wrote:yang nubie tangkap dari kasus diatas, kebanyakan karena nyalain AC, makanya terpaksa mesin nyala idel entah karena macet/males keluar mobil/dll..
justru yg sering/biasanya potensial idle paling lama tu demi anak2 om. klo buat kita sendiri sih gak segitunya lama kali ya.
ada bbrp anak yg pulang sekolah tertidur di mobil.
ni gak hrs pulang sekolah ya, pulang maen/apalagi renang/liburan di siang hari juga...dan semacam2 itu deh....
bisa kebayang nggak tu om?
nah pdhl jika nanti sampai dirumah/tujuan trus diangkat, maka akan kebangun dan ga bisa lanjut tidur. maka lalu dibiarin tidur di mobil sebangunnya/sampai dirasa/dihitung cukup tidurnya. tidur siang anak brp jam tu kan? 1 jam, 2 jam, bisa 3 jam.