
(ask) masalah aki, alternator atau regulator.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
Nubie ikut menyimak aja 

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
Nubie jg mau dong dikasih warisan kilang minyak 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
@tepwan:
1. Kepala aki terlihat ok dari luar, tp coba cabut n bersihkan kepala akinya dg amplas alus yah....
2. relay starter.... maksud ane, relay starter tambahan..... jadi arus yg ke starter masuk ke relay baru, n relay baru kasi stroom ke starter dari aki langsung..... beberapa kasus starter di mbl kijang super n suzuki carry bisa teratasi dg penambahan rly ini. Kasusnya adalah saat distarter bunyinya cuma 'ck...ck...ck..' aja.... setelah ditambahkan rly starter, mk masalah selesai n starter jadi lbh ringan. Mudah2an di mbl nt bisa membantu dg penambahan rly tsb....
3. Nah.... nt tinggal telusuri jalur kabel tsb, siapa tau ada kabel yg terkelupas shg kena ke body atau ada hal lainnya.....
4. Panduan bongkar pasang dashboard, mungkin bro poetic lbh ahli nih..... krn pernah kejadian kepala dia nyangkut di dashboard....hahahahahah.......(jk).....
smoga bermanfaat........
1. Kepala aki terlihat ok dari luar, tp coba cabut n bersihkan kepala akinya dg amplas alus yah....
2. relay starter.... maksud ane, relay starter tambahan..... jadi arus yg ke starter masuk ke relay baru, n relay baru kasi stroom ke starter dari aki langsung..... beberapa kasus starter di mbl kijang super n suzuki carry bisa teratasi dg penambahan rly ini. Kasusnya adalah saat distarter bunyinya cuma 'ck...ck...ck..' aja.... setelah ditambahkan rly starter, mk masalah selesai n starter jadi lbh ringan. Mudah2an di mbl nt bisa membantu dg penambahan rly tsb....
3. Nah.... nt tinggal telusuri jalur kabel tsb, siapa tau ada kabel yg terkelupas shg kena ke body atau ada hal lainnya.....
4. Panduan bongkar pasang dashboard, mungkin bro poetic lbh ahli nih..... krn pernah kejadian kepala dia nyangkut di dashboard....hahahahahah.......(jk).....
smoga bermanfaat........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
klo kilang aer mau ga dy ?.....andy1800 wrote:Nubie jg mau dong dikasih warisan kilang minyak

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
apa aja lah... asal dr ko sjamsul, apa sih yg ga ane terimasjamsul wrote:klo kilang aer mau ga dy ?.....andy1800 wrote:Nubie jg mau dong dikasih warisan kilang minyak

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
andy1800 wrote:apa aja lah... asal dr ko sjamsul, apa sih yg ga ane terimasjamsul wrote:klo kilang aer mau ga dy ?.....andy1800 wrote:Nubie jg mau dong dikasih warisan kilang minyak

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
pantesan ane kok kangen ama ente, koh... ternyata pasal kepala nyangkut bawah dashboard muncul lagi...sjamsul wrote:@tepwan:
1. Kepala aki terlihat ok dari luar, tp coba cabut n bersihkan kepala akinya dg amplas alus yah....
2. relay starter.... maksud ane, relay starter tambahan..... jadi arus yg ke starter masuk ke relay baru, n relay baru kasi stroom ke starter dari aki langsung..... beberapa kasus starter di mbl kijang super n suzuki carry bisa teratasi dg penambahan rly ini. Kasusnya adalah saat distarter bunyinya cuma 'ck...ck...ck..' aja.... setelah ditambahkan rly starter, mk masalah selesai n starter jadi lbh ringan. Mudah2an di mbl nt bisa membantu dg penambahan rly tsb....
3. Nah.... nt tinggal telusuri jalur kabel tsb, siapa tau ada kabel yg terkelupas shg kena ke body atau ada hal lainnya.....
4. Panduan bongkar pasang dashboard, mungkin bro poetic lbh ahli nih..... krn pernah kejadian kepala dia nyangkut di dashboard....hahahahahah.......(jk).....
smoga bermanfaat........


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
hahahahaha........poeticmind wrote:pantesan ane kok kangen ama ente, koh... ternyata pasal kepala nyangkut bawah dashboard muncul lagi...sjamsul wrote:@tepwan:
1. Kepala aki terlihat ok dari luar, tp coba cabut n bersihkan kepala akinya dg amplas alus yah....
2. relay starter.... maksud ane, relay starter tambahan..... jadi arus yg ke starter masuk ke relay baru, n relay baru kasi stroom ke starter dari aki langsung..... beberapa kasus starter di mbl kijang super n suzuki carry bisa teratasi dg penambahan rly ini. Kasusnya adalah saat distarter bunyinya cuma 'ck...ck...ck..' aja.... setelah ditambahkan rly starter, mk masalah selesai n starter jadi lbh ringan. Mudah2an di mbl nt bisa membantu dg penambahan rly tsb....
3. Nah.... nt tinggal telusuri jalur kabel tsb, siapa tau ada kabel yg terkelupas shg kena ke body atau ada hal lainnya.....
4. Panduan bongkar pasang dashboard, mungkin bro poetic lbh ahli nih..... krn pernah kejadian kepala dia nyangkut di dashboard....hahahahahah.......(jk).....
smoga bermanfaat........

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
ok ok. marilah kita kembali ke awal pertanyaannya aja. jadi masalah ente apa sih koh sjam?sjamsul wrote:hahahahaha........poeticmind wrote:pantesan ane kok kangen ama ente, koh... ternyata pasal kepala nyangkut bawah dashboard muncul lagi...sjamsul wrote:@tepwan:
1. Kepala aki terlihat ok dari luar, tp coba cabut n bersihkan kepala akinya dg amplas alus yah....
2. relay starter.... maksud ane, relay starter tambahan..... jadi arus yg ke starter masuk ke relay baru, n relay baru kasi stroom ke starter dari aki langsung..... beberapa kasus starter di mbl kijang super n suzuki carry bisa teratasi dg penambahan rly ini. Kasusnya adalah saat distarter bunyinya cuma 'ck...ck...ck..' aja.... setelah ditambahkan rly starter, mk masalah selesai n starter jadi lbh ringan. Mudah2an di mbl nt bisa membantu dg penambahan rly tsb....
3. Nah.... nt tinggal telusuri jalur kabel tsb, siapa tau ada kabel yg terkelupas shg kena ke body atau ada hal lainnya.....
4. Panduan bongkar pasang dashboard, mungkin bro poetic lbh ahli nih..... krn pernah kejadian kepala dia nyangkut di dashboard....hahahahahah.......(jk).....
smoga bermanfaat........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
@andycengpe:
jiahhhh....... ane kaga ada masalah.... cuma kasi saran aja......
btw ini andy yg dulu dibilang alien khan ?......(sambil melirik si kopi)
jiahhhh....... ane kaga ada masalah.... cuma kasi saran aja......
btw ini andy yg dulu dibilang alien khan ?......(sambil melirik si kopi)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
siluman, koh...sjamsul wrote:@andycengpe:
jiahhhh....... ane kaga ada masalah.... cuma kasi saran aja......
btw ini andy yg dulu dibilang alien khan ?......(sambil melirik si kopi)


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
oooooo.....siluman tohhh.......(sambil manggut2, gaya spt orang bijak gituuuu.......)poeticmind wrote:siluman, koh...sjamsul wrote:@andycengpe:
jiahhhh....... ane kaga ada masalah.... cuma kasi saran aja......
btw ini andy yg dulu dibilang alien khan ?......(sambil melirik si kopi)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
dulu? dulu kapan koh?.....emangnya dulu kita dah pernah kenal gitu?poeticmind wrote:siluman, koh...sjamsul wrote:@andycengpe:
jiahhhh....... ane kaga ada masalah.... cuma kasi saran aja......
btw ini andy yg dulu dibilang alien khan ?......(sambil melirik si kopi)

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
duluuuuuuu......kenal sih kaga, cuma pernah ketemu aja..... itupun terpaksa banget.......hahahahaha.......andy1800 wrote:dulu? dulu kapan koh?.....emangnya dulu kita dah pernah kenal gitu?poeticmind wrote:siluman, koh...sjamsul wrote:@andycengpe:
jiahhhh....... ane kaga ada masalah.... cuma kasi saran aja......
btw ini andy yg dulu dibilang alien khan ?......(sambil melirik si kopi)


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
gaya nya aja udah ketauan... offline tapi bales posting... 


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
salah ndiri bukan momod....jd gak bisa lagi liat hiddenpoeticmind wrote:gaya nya aja udah ketauan... offline tapi bales posting...

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
lha ngapain liat hidden wong ente posting gitu lho....andy1800 wrote:salah ndiri bukan momod....jd gak bisa lagi liat hiddenpoeticmind wrote:gaya nya aja udah ketauan... offline tapi bales posting...


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
lha iya ya ngapain yapoeticmind wrote:lha ngapain liat hidden wong ente posting gitu lho....andy1800 wrote:salah ndiri bukan momod....jd gak bisa lagi liat hiddenpoeticmind wrote:gaya nya aja udah ketauan... offline tapi bales posting...

-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Nov 19, 2012 2:07
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
wah....udah ketemu alat yg minjem listrik.
ternyata jam digital yg make 2mA walo kontak off.. sementara di lepas dulu.
DAN...
setelah dipasang malah gak jalan tu mesin...glowplug sama sekali gak ada anget2nya..
sampe sekarang belum bisa nyala mesinnya..
ternyata jam digital yg make 2mA walo kontak off.. sementara di lepas dulu.
DAN...
setelah dipasang malah gak jalan tu mesin...glowplug sama sekali gak ada anget2nya..

sampe sekarang belum bisa nyala mesinnya..

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
wah sori gak ngikutin dr awal permasalahan. tp klo cm nyedot 2 mA mah kecil banget dong bro. jauh dr kata signifikan. minimal puluahn miliampere lah baru bs dibilang nyedot.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
o ok, udah baca.tepwan wrote:wah....udah ketemu alat yg minjem listrik.
ternyata jam digital yg make 2mA walo kontak off.. sementara di lepas dulu.
DAN...
setelah dipasang malah gak jalan tu mesin...glowplug sama sekali gak ada anget2nya..![]()
sampe sekarang belum bisa nyala mesinnya..
maksudnya, setelah dipasang tu apanya? jam digitalnya itu?
glow plug tu ga bisa dilangsungin aki kah?....sbenatar aja, skedar sampai glowing, trus distart, shg mesin bisa dinyalain.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
tggu2, ini maksudnya, ngukur arus nya gimana? pakai alat apa?tepwan wrote: pengukuran arus dan tegangan pada soket alternator
a mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai arus sekitar 8A ; kalo mesin di gas, nilai arus sekitar 25A
b mesin hidup langsam, aki dipasang, beban lampu-ac-tape, nilai arus sekitar 8A ; kalo mesin di gas, nilai arus sekitar 25A (sama spt kondisi tanpa beban).
pengukuran arus pada kutub aki (-) dan bodi.
e mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai arus sekitar 8A ; kalo mesin di gas, nilai arus sekitar 0A
f mesin hidup langsam, aki dipasang, beban lampu, nilai arus sekitar 20A ; kalo mesin di gas, nilai arus turun menjadi sekitar 0A bahkan minus semakin tinggi rpm mesin,
soalnya jd tanda tanya nih, arusnya kok bs terukur melonjak sampai 25A dr 8A....harusnya arus tu masalah beban/load, bukan sumber/source
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Nov 19, 2012 2:07
Re: (ask) masalah aki, alternator atau regulator.
iya sih bos, tapi kadung penasaran..lagian juga pengen tau bener dari mana masalah kalo pagi sulit nyala mesin..aki baru ganti bln agustus 2012.andy1800 wrote:wah sori gak ngikutin dr awal permasalahan. tp klo cm nyedot 2 mA mah kecil banget dong bro. jauh dr kata signifikan. minimal puluahn miliampere lah baru bs dibilang nyedot.
2mA memang untuk yang posisi kontak off. kalo dari peralatan lain yg terpasang (tape, ampli, power windows) kan langsung ambil dari aki tanpa acc kontak..itu bisa sampe 30 mA. sementara yg ditelusuri yg 2mA itu dan udah dapet.

rencana gitu bos, mo cari waktu lagi..andy1800 wrote:glow plug tu ga bisa dilangsungin aki kah?....sbenatar aja, skedar sampai glowing, trus distart, shg mesin bisa dinyalain.

sesuai dengan tulisan bos, dari terminal B alternator ke kabel alternator menggunakan ammeter (yg biasa dipake tukang dinamo_ sesuai gambar).andy1800 wrote:tggu2, ini maksudnya, ngukur arus nya gimana? pakai alat apa?tepwan wrote: pengukuran arus dan tegangan pada soket alternator
a mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai arus sekitar 8A ; kalo mesin di gas, nilai arus sekitar 25A
b mesin hidup langsam, aki dipasang, beban lampu-ac-tape, nilai arus sekitar 8A ; kalo mesin di gas, nilai arus sekitar 25A (sama spt kondisi tanpa beban).
pengukuran arus pada kutub aki (-) dan bodi.
e mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai arus sekitar 8A ; kalo mesin di gas, nilai arus sekitar 0A
f mesin hidup langsam, aki dipasang, beban lampu, nilai arus sekitar 20A ; kalo mesin di gas, nilai arus turun menjadi sekitar 0A bahkan minus semakin tinggi rpm mesin,
soalnya jd tanda tanya nih, arusnya kok bs terukur melonjak sampai 25A dr 8A....harusnya arus tu masalah beban/load, bukan sumber/source
nah itu dia bos, secara sederhana dengan beban yang tidak berubah seharusnya arus pun akan tetap walo digas, yang naik tegangannya..CMIIW.

kalo menurut saya, alternator bisa mengisi kalo ada perbedaan tegangan antara output alternator dan aki.
semakin tinggi putaran, tegangan yg dihasilkan alternator jg naik melebihi aki. akibatnya ada arus yg mengalir.
mohon pencerahan lagii...