mohon pencerahan dari senior sekalian..
saya lagi ada masalah (sepertinya) tentang kelistrikan, puyeng juga karna banyak yg musti di cek2

1 sekitar awal agustus udah ganti aki baru, karena sebelumnya di cek bengkel katanya aki soak.
2 sebelum ganti aki tiap start pagi bisa sampe tiga kali glow-start baru nyala ni mesin. tapi abis ganti aki baru tiap pagi tok cer banget stater, sekali glow-start langsung jreng..
3 akhir2 ni baru mulai lagi om, gejala seperti nomer dua sebelum ganti aki. parahnya sampe bikin rodagila rontok akibat sering2 starter diulang2 tapi sekarang udah ganti rodagila, starter set.
4 sekarang ini gitu lagi gan udah mulai 2 smpe 3 kali glow-start baru nyala tu mesin..
apa kira2 yang bermasalah ya om, mohon pencerahan.
apakah karena aki yang sudah tidak bisa menyimpan arus, atau alternatornya bermasalah, atau ada kebocoran arus..atau hal2 lain yang membutuhkan analisis mendalam pada senior.
ni yang udah saya lakukin liburan panjang kemaren.
1 bawa ke bengkel dinamo, katanya oke semua, ganti glow plug 4 biji. bawa pulang, pagi tetep aja.
2 sekedar info ini sudah saya cek tegangan dan arus pada masing2 titik. mungkin bisa jadi pertimbangan analisa om sekalian.
pengukuran arus dan tegangan pada soket alternator
a mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai arus sekitar 8A ; kalo mesin di gas, nilai arus sekitar 25A
b mesin hidup langsam, aki dipasang, beban lampu-ac-tape, nilai arus sekitar 8A ; kalo mesin di gas, nilai arus sekitar 25A (sama spt kondisi tanpa beban).
c mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai tegangan sekitar 11,5V ; kalo mesin di gas, nilai tegangan sekitar 14,5V
d mesin hidup langsam, aki dilepas, beban lampu, kondisi redup; kalo mesin di gas kondisi semakin terang (tidak diukur arusnya)
pengukuran arus pada kutub aki (-) dan bodi.
e mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai arus sekitar 8A ; kalo mesin di gas, nilai arus sekitar 0A
f mesin hidup langsam, aki dipasang, beban lampu, nilai arus sekitar 20A ; kalo mesin di gas, nilai arus turun menjadi sekitar 0A bahkan minus semakin tinggi rpm mesin,
pengukuran tegangan pada kutub aki (+) dan kaki (-).
g mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai tegangan sekitar 11,5V ; kalo mesin di gas, nilai tegangan tetap
h mesin hidup langsam, aki dilepas, tanpa beban, nilai tegangan sekitar 11,5V ; kalo mesin di gas, nilai tegangan tetap
pengukuran tegangan pada kutub aki (+) dan ground (bodi).
i mesin hidup langsam, aki dipasang, tanpa beban, nilai tegangan sekitar 11,5V ; kalo mesin di gas, nilai tegangan sekitar 12,5V tetap walau rpm semakin tinggi
j mesin hidup langsam, aki dilepas, tanpa beban, nilai tegangan sekitar 11,5V ; kalo mesin di gas, nilai tegangan sekitar 12,5V tetap walau rpm semakin tinggi
mohon analisa dan pencerahannya..
terima kasih,
salam hormat.