haha... kalok mau ditest, apanjah std vs SS1 (306 std) boleeeeeh.... ketemuan di sebuah rest area di toll, lalu test, mau 400 m atau 800 m atau 1000 m .. terserah ajaaa.... kalok topspeed Apanjah 170 aja, mending jangan melawan SS1 dech... tapi kalok bisa mencapai 185kpj atau lebih, nah bakal seruuu....asudarsono wrote:Avanza mau yg 1000 cc, 1300 cc maupun 1500 cc emang kenceng2. Namanya juga mesin Daihatsu. Tapi saya kok gak yakin bisa ngalahin SS1. SS1 itu seekor 306, bos. Ada juga yg namanya bluwek, mere, greenpug. Mobilnya sih biasa saja, yg punya yg rada2 sinting.
(Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
Kagak ada yg berani ....... Lanjoet ......
Ready to Race
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
iwang wrote:jelas beda posisi extra fan di depan atau dibelakang, karena kalau di depan, saat kecepatan jalan konstan pun, aliran udara terhambat. sedang posisi kipas di belakang, berarti radiator, kondensor ac kena angin dulu..jadi lebih dingin.
mesin eropa lain yang extra fan di depan juga ada, tapi ada engine-driven fan di kompartemen mesin sehingga ruang mesin selalu dibilas dengan aliran udara dari kipas. coba aja berdiri di samping pintu depan/dekat ban depan, pasti kerasa aliran udara panas.
selain posisi extra fan, di beberapa peugeot (yang saya inget di mesin XU) juga posisi knalpot di belakang (di bawah kaca/kabin) jadi ya makin ga keruan deh. apalagi pas brenti, heat soak dari knalpot langsung ke arah kabin. mobil jepang (dan mesin TU) knalpotnya pas di blakang radiator (dan extra fan) sehingga jauh dari kabin dan terdinginkan oleh aliran udara.
ya mesin XU 9 itu aluminium, XU10 iron block. mesin2 XU disini SOHC, kecuali MI6 XU10J4 yang DOHC.
soal panas mesin sebenernya sama aja, mesin2 lean semacam honda jazz panasnya ga kira2. cuma di mobil eropa ada skala dan ukuran suhu, di mobil jepang kan cuman c sama h.
Argumen ini apa sudah ditakar scientific atau hanya ilmu kira2 Om?
Soalnya design komponen & rancang bangun aerodinamis Eropah beda ma Jepang, selalu punya pertimbangan sendiri2. Extrafan di eropah yg ditempatkan di depan juga ada pertimbangannya sendiri (biasanya ngejar efisiensi tinggi), komponen high performance & harganya mahal.
Aerodinamis Eropa juga beda dgn Jepang, misalnya kondisi jalan, flownya bisa jadi bukan tubruk depan & extrafan depan tidak menutup 100% radiator jadi flownya tidak *terhambat* seperti itu.
Di Pejot & beberapa eropah begitu Extrafan bekerja suaranya bising & air flownya luar biasa besar (high performance), jadi jangankan radiator engine & exhaust itupun kena air blownya.
Sedang di jepang yg menganut ilmu paket hemat, Extrafannya tidak pernah memiliki air flow sekencang itu.
XU10J4 itu DOHC , all iron block. Dipakai di 405STI 406
asudarsono wrote:Avanza mau yg 1000 cc, 1300 cc maupun 1500 cc emang kenceng2. Namanya juga mesin Daihatsu. Tapi saya kok gak yakin bisa ngalahin SS1. SS1 itu seekor 306, bos. Ada juga yg namanya bluwek, mere, greenpug. Mobilnya sih biasa saja, yg punya yg rada2 sinting.
Ada picnya Om? Bisa jadi warning buat driver sinting apansah yg mengemudinya ugal2an & merasa raja jalanan
JESKONENG wrote:haha... kalok mau ditest, apanjah std vs SS1 (306 std) boleeeeeh.... ketemuan di sebuah rest area di toll, lalu test, mau 400 m atau 800 m atau 1000 m .. terserah ajaaa.... kalok topspeed Apanjah 170 aja, mending jangan melawan SS1 dech... tapi kalok bisa mencapai 185kpj atau lebih, nah bakal seruuu....asudarsono wrote:Avanza mau yg 1000 cc, 1300 cc maupun 1500 cc emang kenceng2. Namanya juga mesin Daihatsu. Tapi saya kok gak yakin bisa ngalahin SS1. SS1 itu seekor 306, bos. Ada juga yg namanya bluwek, mere, greenpug. Mobilnya sih biasa saja, yg punya yg rada2 sinting.
Bicara trek panjang bukan mainan boil jepang apalagi kelas bawah gitu. Tapi di kota2 apansah beringas.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
ilmu kira2 aja om - saya cuman orang awam, tapi waktu dan pengalaman membuktikan mana desain yang kuat dan bertahan. lagi lagi argumen eropa vs jepang juga tidak scientific, sudah jadi stereotip..yang bicara adalah desain vs efesiensi, desain vs reliability dan driveability.Megalontong wrote:
Argumen ini apa sudah ditakar scientific atau hanya ilmu kira2 Om?
Soalnya design komponen & rancang bangun aerodinamis Eropah beda ma Jepang, selalu punya pertimbangan sendiri2. Extrafan di eropah yg ditempatkan di depan juga ada pertimbangannya sendiri (biasanya ngejar efisiensi tinggi), komponen high performance & harganya mahal.
Aerodinamis Eropa juga beda dgn Jepang, misalnya kondisi jalan, flownya bisa jadi bukan tubruk depan & extrafan depan tidak menutup 100% radiator jadi flownya tidak *terhambat* seperti itu.
Di Pejot & beberapa eropah begitu Extrafan bekerja suaranya bising & air flownya luar biasa besar (high performance), jadi jangankan radiator engine & exhaust itupun kena air blownya.
Sedang di jepang yg menganut ilmu paket hemat, Extrafannya tidak pernah memiliki air flow sekencang itu.
XU10J4 itu DOHC , all iron block. Dipakai di 405STI 406
.
misalnya kalaupun desain pug itu super efesien, kenapa cooling systemnya crap? kan kontradiktif.
untuk scope cooling system sih sekarang paling maju di bmw dan mercedes, kombinasi variable speed cooling fan ( di dalam), electric water pump (on demand di bmw walaupun ga terlalu reliable), hot water circulation pump (electric) di mercedes saat engine off untuk mengurangi efek heat soak, cooling system untuk minyak power steering (mercedes) dan seterusnya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
Widih ... electric water pump ya jelas aja jebol. Teknologi hari ini masih belum sampai.
Namanya mobil, yang penting pendinginannya bekerja khan? Antara satu mobil dengan mobil lain saya lihat gak terlalu berbeda, perbedaan cuma di gaya saja. Mau Peugeot yg kipasnya berisik, mau Toyota yg kipasnya lembut yg penting fungsi. Kalau mati ya pasti overheat. Gak ada mobil kipasnya mati terus masih ketawa2.
Mengapa tidak jauh beda? Karena semuanya fungsinya menjaga air pendingin sekitar 70-90C. Itu saja, gak boleh lebih gak boleh kurang. Jadi mau gimana caranya, cuma cara desain saja. Yang sering dimasalahkan, kenapa kap mesin Peugeot panas sedangkan mobil lain dingin? Lha, kira2 mau buang panas bagusnya kapnya panas dong. Saya malah heran banyak orang kasih peredam panas ..... kap kok disayang2.
Kalau Mercy punya circulation pump, Peugeot juga kipasnya akan hidup sendiri walau kunci kontak dicabut. Itu cuma cara berfikirnya saja, yang penting heat sink bisa dihilangkan. Kalau punggawa Mercy bisalah beli circulation pump, kalau pemilik Peugeot suruh ganti apa punya duit?
Kalu Jepang mana yg mikir heat sink. Mikir heat spot aja masih bingung, mesin ngelitik2 begitu. Padahal Kodok ama Citroen tahun 1930an yg gak pakai air hepi2 ketawa2 aja. Makanya di gurun pasir panas sono, lebih banyak yg dipakai mobil Eropa ama Amrik. Udah jelas bandel.
Namanya mobil, yang penting pendinginannya bekerja khan? Antara satu mobil dengan mobil lain saya lihat gak terlalu berbeda, perbedaan cuma di gaya saja. Mau Peugeot yg kipasnya berisik, mau Toyota yg kipasnya lembut yg penting fungsi. Kalau mati ya pasti overheat. Gak ada mobil kipasnya mati terus masih ketawa2.
Mengapa tidak jauh beda? Karena semuanya fungsinya menjaga air pendingin sekitar 70-90C. Itu saja, gak boleh lebih gak boleh kurang. Jadi mau gimana caranya, cuma cara desain saja. Yang sering dimasalahkan, kenapa kap mesin Peugeot panas sedangkan mobil lain dingin? Lha, kira2 mau buang panas bagusnya kapnya panas dong. Saya malah heran banyak orang kasih peredam panas ..... kap kok disayang2.
Kalau Mercy punya circulation pump, Peugeot juga kipasnya akan hidup sendiri walau kunci kontak dicabut. Itu cuma cara berfikirnya saja, yang penting heat sink bisa dihilangkan. Kalau punggawa Mercy bisalah beli circulation pump, kalau pemilik Peugeot suruh ganti apa punya duit?
Kalu Jepang mana yg mikir heat sink. Mikir heat spot aja masih bingung, mesin ngelitik2 begitu. Padahal Kodok ama Citroen tahun 1930an yg gak pakai air hepi2 ketawa2 aja. Makanya di gurun pasir panas sono, lebih banyak yg dipakai mobil Eropa ama Amrik. Udah jelas bandel.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
Seperti kata om asudarsono, yg penting kan hasilnya atau goalnya. Disini yg ane liat golnya adalah mencegah overheat, ya kan?asudarsono wrote:Kalau Mercy punya circulation pump, Peugeot juga kipasnya akan hidup sendiri walau kunci kontak dicabut. Itu cuma cara berfikirnya saja, yang penting heat sink bisa dihilangkan. Kalau punggawa Mercy bisalah beli circulation pump, kalau pemilik Peugeot suruh ganti apa punya duit?
Kalu Jepang mana yg mikir heat sink. Mikir heat spot aja masih bingung, mesin ngelitik2 begitu. Padahal Kodok ama Citroen tahun 1930an yg gak pakai air hepi2 ketawa2 aja. Makanya di gurun pasir panas sono, lebih banyak yg dipakai mobil Eropa ama Amrik. Udah jelas bandel.
Jepang mungkin "gak mikir heat sink" tapi mobilnya rata2 jarang yg overheat
Kalo Eropa udah mikir heat sink, tapi tetep aja mobilnya lebih banyak yg overheat (apalagi yg jadul2) hehehe.....
Kalo dipikir2 pake logika, ngapain ya peugeot nyalain kipas kalo mesin mobil udah mati, buang2 batere juice aja hehehe....
Kemaren pernah dikirim kerja di Qatar bbrp bulan. Kalo lagi pengen maen2 ke Dubai dan ikut rekreasi off road di the real gurun pasir (bukan jalan rayanya ya), mobil2nya fleetnya 80% keatas pake TLC VX100 atau 200 tuh

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
saya sempet ke sudan,, mobil tua nya cuman w123 / w124 sama toyota...debu, panas, dan perbengkelannya parah (karena embargo amerika).
peugeot emang bisa idup cooling fan saat mesin mati, akhirnya kabel extra fan (spakbor kiri) meleleh dan seterusnya. pada akhirnya ya terbukti, over time, desainnya ga reliable.
mercedes juga ga semua pake circulation pump, di s-class aja mulai dari w140, tapi ya berfungsi.
bmw experimen dengan full electric system, tapi ternyata ga reliable..seperti mercedes dengan SBC..over time, tidak cukup reliable.
sistem di 90an terutama di mesin memanjang selalu ada redundancy (karena ada engine driven fan) seperti merc/bmw dan kijang2an. mesin FWD transversal ya sepenuhnya bergantung ke electric fan..jaman dulu pake 2 bahkan 3 (2 belakang, satu depan).
stelah itu pake cooling fan dengan multiple stage, sekarang udah fully variable speed dan tergantung sama cooling loadnya..pake control module..
peugeot emang bisa idup cooling fan saat mesin mati, akhirnya kabel extra fan (spakbor kiri) meleleh dan seterusnya. pada akhirnya ya terbukti, over time, desainnya ga reliable.
mercedes juga ga semua pake circulation pump, di s-class aja mulai dari w140, tapi ya berfungsi.
bmw experimen dengan full electric system, tapi ternyata ga reliable..seperti mercedes dengan SBC..over time, tidak cukup reliable.
sistem di 90an terutama di mesin memanjang selalu ada redundancy (karena ada engine driven fan) seperti merc/bmw dan kijang2an. mesin FWD transversal ya sepenuhnya bergantung ke electric fan..jaman dulu pake 2 bahkan 3 (2 belakang, satu depan).
stelah itu pake cooling fan dengan multiple stage, sekarang udah fully variable speed dan tergantung sama cooling loadnya..pake control module..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
Waduh, gak mikir heatsink kok bangga. Kalau suhu udara 40C ke atas, bisa jebol tuh mesin dan kabelnya.
Iya sih, saya juga sehari2 pakai Yukon tapi kalau ke medan yg berat2 pakai Land Cruiser. Mungkin bagi orang sana Land Cruiser murah kali. Apa alasannya saya gak tahu, gak ngerti bahasa dan budaya Arab sih. Kalau di Indonesia saya prefer Ford Ranger karena murah dan bandel, walau teman2 daerah saya lihat suka Strada.
Om Iwan, kalau kabel cuma dibebani kipas meleleh, kayaknya kudu marah2 ke bengkel deh. Kipas ini khan kecil amperenya.
Iya sih, saya juga sehari2 pakai Yukon tapi kalau ke medan yg berat2 pakai Land Cruiser. Mungkin bagi orang sana Land Cruiser murah kali. Apa alasannya saya gak tahu, gak ngerti bahasa dan budaya Arab sih. Kalau di Indonesia saya prefer Ford Ranger karena murah dan bandel, walau teman2 daerah saya lihat suka Strada.
Om Iwan, kalau kabel cuma dibebani kipas meleleh, kayaknya kudu marah2 ke bengkel deh. Kipas ini khan kecil amperenya.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
soal kabel power untuk kipas di 306/405 itu sudah umum pak, karena thermal load di indonesia kan tinggi (macet, panas, lembab) jadi ya memang tu kipas idup terus. belum lagi kalo kipasnya udah rada soak, beban makin besar sehingga kabelnya kepanasan.
enak kali ya pak di amirika, mobil gede2 jalan gede2 jadi puas dah

enak kali ya pak di amirika, mobil gede2 jalan gede2 jadi puas dah


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
iwang wrote:ilmu kira2 aja om - saya cuman orang awam, tapi waktu dan pengalaman membuktikan mana desain yang kuat dan bertahan. lagi lagi argumen eropa vs jepang juga tidak scientific, sudah jadi stereotip..yang bicara adalah desain vs efesiensi, desain vs reliability dan driveability.Megalontong wrote:
Argumen ini apa sudah ditakar scientific atau hanya ilmu kira2 Om?
Soalnya design komponen & rancang bangun aerodinamis Eropah beda ma Jepang, selalu punya pertimbangan sendiri2. Extrafan di eropah yg ditempatkan di depan juga ada pertimbangannya sendiri (biasanya ngejar efisiensi tinggi), komponen high performance & harganya mahal.
Aerodinamis Eropa juga beda dgn Jepang, misalnya kondisi jalan, flownya bisa jadi bukan tubruk depan & extrafan depan tidak menutup 100% radiator jadi flownya tidak *terhambat* seperti itu.
Di Pejot & beberapa eropah begitu Extrafan bekerja suaranya bising & air flownya luar biasa besar (high performance), jadi jangankan radiator engine & exhaust itupun kena air blownya.
Sedang di jepang yg menganut ilmu paket hemat, Extrafannya tidak pernah memiliki air flow sekencang itu.
XU10J4 itu DOHC , all iron block. Dipakai di 405STI 406
.
misalnya kalaupun desain pug itu super efesien, kenapa cooling systemnya crap? kan kontradiktif.
untuk scope cooling system sih sekarang paling maju di bmw dan mercedes, kombinasi variable speed cooling fan ( di dalam), electric water pump (on demand di bmw walaupun ga terlalu reliable), hot water circulation pump (electric) di mercedes saat engine off untuk mengurangi efek heat soak, cooling system untuk minyak power steering (mercedes) dan seterusnya.
Yahh elmu kira2 dibawa kemari.
Cooling system crap? Coba ketik Peugeot blown radiator/ waterpump/expansion tank. Hasilnya ada ngga


Jangan bawa2 merk propeller dah kalau bicara Mechanical durability. Ngga etis.
Canggih ama durabel itu beda, yg saya bahas durability loh. Powersteering elektrik canggih tp durabilitas masih di Hydraulic PS.
asudarsono wrote:Widih ... electric water pump ya jelas aja jebol. Teknologi hari ini masih belum sampai.
Namanya mobil, yang penting pendinginannya bekerja khan? Antara satu mobil dengan mobil lain saya lihat gak terlalu berbeda, perbedaan cuma di gaya saja. Mau Peugeot yg kipasnya berisik, mau Toyota yg kipasnya lembut yg penting fungsi. Kalau mati ya pasti overheat. Gak ada mobil kipasnya mati terus masih ketawa2.
Mengapa tidak jauh beda? Karena semuanya fungsinya menjaga air pendingin sekitar 70-90C. Itu saja, gak boleh lebih gak boleh kurang. Jadi mau gimana caranya, cuma cara desain saja. Yang sering dimasalahkan, kenapa kap mesin Peugeot panas sedangkan mobil lain dingin? Lha, kira2 mau buang panas bagusnya kapnya panas dong. Saya malah heran banyak orang kasih peredam panas ..... kap kok disayang2.
Kalau Mercy punya circulation pump, Peugeot juga kipasnya akan hidup sendiri walau kunci kontak dicabut. Itu cuma cara berfikirnya saja, yang penting heat sink bisa dihilangkan. Kalau punggawa Mercy bisalah beli circulation pump, kalau pemilik Peugeot suruh ganti apa punya duit?
Kalu Jepang mana yg mikir heat sink. Mikir heat spot aja masih bingung, mesin ngelitik2 begitu. Padahal Kodok ama Citroen tahun 1930an yg gak pakai air hepi2 ketawa2 aja. Makanya di gurun pasir panas sono, lebih banyak yg dipakai mobil Eropa ama Amrik. Udah jelas bandel.
100% setujuhhh! Ini baru jawaban yg memiliki dasar. Maaf aja pemilik boil eropa di indonesia tu kebanyakan tidak didukung dana & pengetahuan yg pantas. Masih isi radiator pakai air PAM sesuai anjuran tukang radiator pinggiran. Tidak heran overheat karena isi radiatornya lumpur karat semua.
Jepang tuh di kondisi ekstrim banyak TKOnya, contoh aja bis malam yg pakai Jepang pada Overheat sedang yg pake Eropa

asudarsono wrote:Waduh, gak mikir heatsink kok bangga. Kalau suhu udara 40C ke atas, bisa jebol tuh mesin dan kabelnya.
Iya sih, saya juga sehari2 pakai Yukon tapi kalau ke medan yg berat2 pakai Land Cruiser. Mungkin bagi orang sana Land Cruiser murah kali. Apa alasannya saya gak tahu, gak ngerti bahasa dan budaya Arab sih. Kalau di Indonesia saya prefer Ford Ranger karena murah dan bandel, walau teman2 daerah saya lihat suka Strada.
Om Iwan, kalau kabel cuma dibebani kipas meleleh, kayaknya kudu marah2 ke bengkel deh. Kipas ini khan kecil amperenya.
Kebanyakan problem eropa itu adalah kualitas kabelnya lebih rapuh & beban yg ditanggung tinggi.
Tidak ada masalah dengan designnya.
Banyak kasus tuh : Radiator tak terawat diisi air PAM, karatan, extrafan nonstop kerja terus karena tdk sanggup mengeliminir panas akhirnya kabel meleleh. Salah design ato pemiliknya istimewa pintarnya?
Jepang awet? Kalau secanggih peugeot , mercy , bmw so pasti keawetannya juga jauh di bawah apansah & panther (diesel never dies).
Banyak di jalanan Odyssey - Alphard kena banyak trouble elektrik & mogok di jalan. Nah katanya Jepang tu tahan banting?
Jangan bandingin kecanggihan eropa vs Jepang mobil niaga macam carry karburator

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
saya sih dari pengalaman, bukan hasil searching google.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
I was being sarcasticasudarsono wrote:Waduh, gak mikir heatsink kok bangga. Kalau suhu udara 40C ke atas, bisa jebol tuh mesin dan kabelnya.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
Buset dah ngatain orang lagi, emangnya ilmu yg scientific tuh yg mana sih?Megalontong wrote:Yahh elmu kira2 dibawa kemari.iwang wrote:ilmu kira2 aja om - saya cuman orang awam, tapi waktu dan pengalaman membuktikan mana desain yang kuat dan bertahan.Megalontong wrote: Argumen ini apa sudah ditakar scientific atau hanya ilmu kira2 Om?

Yg bilang "google aja dan liat bahwa mercedes gak ada yg blown radiatornya"

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
Cuma karena liat satu dua alphard atau odyssey mogok bukan berarti mobil2 tsb gak reliableMegalontong wrote:Jepang awet? Kalau secanggih peugeot , mercy , bmw so pasti keawetannya juga jauh di bawah apansah & panther (diesel never dies).
Banyak di jalanan Odyssey - Alphard kena banyak trouble elektrik & mogok di jalan. Nah katanya Jepang tu tahan banting?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
@Risol : Hahahaha. oke
@Iwang : dulu banyak pemilik 504 dan 505 yg gak pede krn radiatornya gak pakai expansion tank. Akhirnya pada pasang yg ex-kijang. Ya kacaulah. Yang terjadi bukannya airnya bersirkulasi tapi malah muncrat2 ke luar. Akhirnya orang bilang Peugeot overheat.
Saya punya radiator Citroen BX, isinya cuma seliter air lebih sedikit. Tapi kipasnya dua besar2. Volvo kipasnya juga lebih besar lagi. Itu cuma cara berfikir saja, bukan berarti jelek.
@Iwang : dulu banyak pemilik 504 dan 505 yg gak pede krn radiatornya gak pakai expansion tank. Akhirnya pada pasang yg ex-kijang. Ya kacaulah. Yang terjadi bukannya airnya bersirkulasi tapi malah muncrat2 ke luar. Akhirnya orang bilang Peugeot overheat.
Saya punya radiator Citroen BX, isinya cuma seliter air lebih sedikit. Tapi kipasnya dua besar2. Volvo kipasnya juga lebih besar lagi. Itu cuma cara berfikir saja, bukan berarti jelek.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
Expansion tank tu yg mana sih? Msh bagian dr radiatornya atau terpisah?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
Itu, tabung plastik yg dihubungkan ama selang ke tutup radiator.
Kalau punya kijang, tambahan air dimasukkan ke situ gak usah buka2 tutup radiator.
Kalau punya kijang, tambahan air dimasukkan ke situ gak usah buka2 tutup radiator.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
Oo jd istilah yg benernya expansion tank ya? bukan tabung reservoir....scara fungsi mmg sbg ekspansi ya.... ic ic
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
lalu kenapa mobil eropa sering overheat di indonesia?Megalontong wrote:iwang wrote:jelas beda posisi extra fan di depan atau dibelakang, karena kalau di depan, saat kecepatan jalan konstan pun, aliran udara terhambat. sedang posisi kipas di belakang, berarti radiator, kondensor ac kena angin dulu..jadi lebih dingin.
mesin eropa lain yang extra fan di depan juga ada, tapi ada engine-driven fan di kompartemen mesin sehingga ruang mesin selalu dibilas dengan aliran udara dari kipas. coba aja berdiri di samping pintu depan/dekat ban depan, pasti kerasa aliran udara panas.
selain posisi extra fan, di beberapa peugeot (yang saya inget di mesin XU) juga posisi knalpot di belakang (di bawah kaca/kabin) jadi ya makin ga keruan deh. apalagi pas brenti, heat soak dari knalpot langsung ke arah kabin. mobil jepang (dan mesin TU) knalpotnya pas di blakang radiator (dan extra fan) sehingga jauh dari kabin dan terdinginkan oleh aliran udara.
ya mesin XU 9 itu aluminium, XU10 iron block. mesin2 XU disini SOHC, kecuali MI6 XU10J4 yang DOHC.
soal panas mesin sebenernya sama aja, mesin2 lean semacam honda jazz panasnya ga kira2. cuma di mobil eropa ada skala dan ukuran suhu, di mobil jepang kan cuman c sama h.
Argumen ini apa sudah ditakar scientific atau hanya ilmu kira2 Om?
Soalnya design komponen & rancang bangun aerodinamis Eropah beda ma Jepang, selalu punya pertimbangan sendiri2. Extrafan di eropah yg ditempatkan di depan juga ada pertimbangannya sendiri (biasanya ngejar efisiensi tinggi), komponen high performance & harganya mahal.
Aerodinamis Eropa juga beda dgn Jepang, misalnya kondisi jalan, flownya bisa jadi bukan tubruk depan & extrafan depan tidak menutup 100% radiator jadi flownya tidak *terhambat* seperti itu.
Di Pejot & beberapa eropah begitu Extrafan bekerja suaranya bising & air flownya luar biasa besar (high performance), jadi jangankan radiator engine & exhaust itupun kena air blownya.
Sedang di jepang yg menganut ilmu paket hemat, Extrafannya tidak pernah memiliki air flow sekencang itu.
XU10J4 itu DOHC , all iron block. Dipakai di 405STI 406

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
Kenapa mobil CBU yang masuk sini lewat IU malah jarang denger overheat. Mlah yg ATPM yg masalah.
Aneh ya....
Aneh ya....
Ready to Race
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
Risol1 wrote:Cuma karena liat satu dua alphard atau odyssey mogok bukan berarti mobil2 tsb gak reliableMegalontong wrote:Jepang awet? Kalau secanggih peugeot , mercy , bmw so pasti keawetannya juga jauh di bawah apansah & panther (diesel never dies).
Banyak di jalanan Odyssey - Alphard kena banyak trouble elektrik & mogok di jalan. Nah katanya Jepang tu tahan banting?
Mungkin salah nangkap ya, Mechanical jepang oke , elektrik oke. Tapi mulai komputer2an, juga problemnya 11-12.
maskopat wrote:lalu kenapa mobil eropa sering overheat di indonesia?Megalontong wrote:iwang wrote:jelas beda posisi extra fan di depan atau dibelakang, karena kalau di depan, saat kecepatan jalan konstan pun, aliran udara terhambat. sedang posisi kipas di belakang, berarti radiator, kondensor ac kena angin dulu..jadi lebih dingin.
mesin eropa lain yang extra fan di depan juga ada, tapi ada engine-driven fan di kompartemen mesin sehingga ruang mesin selalu dibilas dengan aliran udara dari kipas. coba aja berdiri di samping pintu depan/dekat ban depan, pasti kerasa aliran udara panas.
selain posisi extra fan, di beberapa peugeot (yang saya inget di mesin XU) juga posisi knalpot di belakang (di bawah kaca/kabin) jadi ya makin ga keruan deh. apalagi pas brenti, heat soak dari knalpot langsung ke arah kabin. mobil jepang (dan mesin TU) knalpotnya pas di blakang radiator (dan extra fan) sehingga jauh dari kabin dan terdinginkan oleh aliran udara.
ya mesin XU 9 itu aluminium, XU10 iron block. mesin2 XU disini SOHC, kecuali MI6 XU10J4 yang DOHC.
soal panas mesin sebenernya sama aja, mesin2 lean semacam honda jazz panasnya ga kira2. cuma di mobil eropa ada skala dan ukuran suhu, di mobil jepang kan cuman c sama h.
Argumen ini apa sudah ditakar scientific atau hanya ilmu kira2 Om?
Soalnya design komponen & rancang bangun aerodinamis Eropah beda ma Jepang, selalu punya pertimbangan sendiri2. Extrafan di eropah yg ditempatkan di depan juga ada pertimbangannya sendiri (biasanya ngejar efisiensi tinggi), komponen high performance & harganya mahal.
Aerodinamis Eropa juga beda dgn Jepang, misalnya kondisi jalan, flownya bisa jadi bukan tubruk depan & extrafan depan tidak menutup 100% radiator jadi flownya tidak *terhambat* seperti itu.
Di Pejot & beberapa eropah begitu Extrafan bekerja suaranya bising & air flownya luar biasa besar (high performance), jadi jangankan radiator engine & exhaust itupun kena air blownya.
Sedang di jepang yg menganut ilmu paket hemat, Extrafannya tidak pernah memiliki air flow sekencang itu.
XU10J4 itu DOHC , all iron block. Dipakai di 405STI 406
Siapa bilang Carry metromini ngga sering overheat? Terlalu mengada-ada situ.
Cuman bedanya Coolingsystem jepang lebih tahan air PAM dibanding CS eropah

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
huahahaha... carry dan metro mini jalan dalam kota dan kondisi stop n go.. beda kondisi dengan peug dan mercy...Megalontong wrote:Siapa bilang Carry metromini ngga sering overheat? Terlalu mengada-ada situ.maskopat wrote: lalu kenapa mobil eropa sering overheat di indonesia?
Cuman bedanya Coolingsystem jepang lebih tahan air PAM dibanding CS eropah

yang ane bold...


Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
Gak bisa Pat, soalnya redlinenya sampai 120C, jadi harus pakai coolant.
Kalau mobil Jepang khan redline sampai 100C saja, maka bisa pakai air PAM.
Kalau mobil Jepang khan redline sampai 100C saja, maka bisa pakai air PAM.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
panas sekali sampe 120C?asudarsono wrote:Gak bisa Pat, soalnya redlinenya sampai 120C, jadi harus pakai coolant.
Kalau mobil Jepang khan redline sampai 100C saja, maka bisa pakai air PAM.

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??
advantage jepangan yg bs minum air ledeng tsb.....mempunyai konsekuensi, performansi mesin si jepang jadinya kalah dibanding eropahan.
gitu logikanya ya?
gitu logikanya ya?