[ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by asudarsono »

Oooo, emang kalau ditambah bengkel tidak resmi, emang banyak seperti Firna, Sigma, Chung, Polomas. Tapi beres cuma satu. Kita hitung beresnya aja.

Begitu juga hitungan saya di luar negeri. Kalau dik FM bersikeras, silahkan cari sendiri daftar dealernya. Kalau sulit, bisa tanya Ketua Cabang FPI, si Betterworld.

Wow, spareparts BMW mahal dong kalau seharga Subaru. Satu alasan lagi tidak beli BMW. Kemarin Peugeot gue ganti karbu, turun mesin, ganti piston dan silinder di Hatar gak habis 10 juta. Kalau di Subaru duit segitu baru dapat shockbreaker. Temen2 di Singapura sih bilangnya harga partsnya kayak Ferarri. Kalau BMW partsnya segitu ya kemahalan dong. Mungkin krn bandingnya sama parts Subaru N/A.
Ready to Race
FortunerMan

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by FortunerMan »

asudarsono wrote:Oooo, emang kalau ditambah bengkel tidak resmi, emang banyak seperti Firna, Sigma, Chung, Polomas. Tapi beres cuma satu. Kita hitung beresnya aja.

Begitu juga hitungan saya di luar negeri.
Locations within Sydney
http://www.subaru.com.au/quicklinks/fin ... -location/
Subaru Service Artarmon Artarmon
Subaru Service Blue MountainsBlue Mountains
Bill Buckle SubaruBrookvale
Subaru Service CampbelltownCampbelltown
Subaru Service Castle HillCastle Hill
Suttons Subaru Chullora
Suttons SubaruEast Sydney
Tom Kerr Auto CentreGladesville
Central Coast SubaruGosford
McGrath SubaruHoxton Park
Tynan MotorsKirrawee
Sydney City SubaruLilyfield
Subaru Lindfield Lindfield
McGrath SubaruLiverpool
Bill Buckle SubaruMona Vale
Subaru Fast Service NarellanNarellan
Denlo SubaruParramatta
Penrith SubaruPenrith
Suttons Subaru Rosebery
Subaru WaitaraWaitara

:mrgreen:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by asudarsono »

Bagus bagus, masih boleh deh lu sandang gelar ketua umum.

Nah, jelas khan tidak banyak. Sama seperti Ferrari atau merk sejenis, tentu mereka semua berhitung. Untuk apa punya banyak kalau gak perlu.

Subaru punya satu aja, kalau mau servis tinggal datang aja. Dikerjain 20 menit juga kelar. Nunggu di sofa sambil ngopi dan wifi. SAnya juga cantik, profesional dan ramah. Gak repot.

Kalau Toyota kita harus janjian dulu, dikasih nomor. Datang jam 7 pagi krn kalau telat nomor hangus. Dipanggil SA jam 8.30 ditawarin macam2. Bagus kalau selesai sebelum makan siang. Biasa jam 14 selesai. Udah gitu seminggu kemudian ditelpon, diwawancarai sampai 30 menit, kerjaan terbengkalai deh.
Ready to Race
naldo

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by naldo »

Mau service mobil terang aja harus booking atuh.

Kerjain mobilnya juga ga cuma 20 menit, gw beli kunci baru aja harus gw tinggal mobilnya.

Yah, gw sih ga tau om Asu dapet dari mana tuh info, yang pasti menurut gw sih worth beli BMW-Merc-Audi dibanding urus nih subaru. Tapi skg udah bener semua mau gw pke sampe bobrok aja.

Sama kalau pandangan saya sih, harga sparepart subaru=BMW itu subarunya yang kemahalan bukan BMWnya. Subaru kan tetep aja mobil jepang, bukan mobil german. Kalau buang duit sama mending saya naek BMW, lebih wah dimata saya.

Kalau ga ane sih mau beli Ford Falcon, australian cars that rides like a beemer with 4L engine. hohoho..

Kalau om bilang alesan ga beli BMW karena spare part doang, aduh ya udah beli mobil german harus sanggup bayar sparepart, lagian semua tergantung perawatan. Makanya kalau ga mau bayar ya beli BMW yang masih warranty. Sekarang ane juga numpak BMW om. hahahaha

Thanks
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by asudarsono »

Yah, om Naldo, kalau gak percaya datang atuh ke Motor Image Pondok Indah. Khan gampang. Apa perlu diantar?

Perkara spareparts Subaru kemahalan, ya gimana. Bukan kita yg nentuin price listnya. Kalo Om merasa berat, emang baiknya dijual itu Legacy. Daripada perawatan terbengkalai, nanti banyak yg rusak dan image Subaru jadi jelek.

Menurut saya Ford Falcon bagus2 aja, tapi saya blm pernah punya jadi komennya good luck deh.

Saya baru paham kalau ke BMW pun perlu janjian untuk servis. Kirain kayak Peugeot, bisa asal nyelonong aja. Khan BMW sama2 Peugeot di bawah Astra. Bahkan sering malam saya masukin ke Peugeot habis kerja, tinggal diserahin satpam aja. Nanti pagi2 aku ditelpon sama SAnya u administrasi.
Last edited by asudarsono on Fri Nov 26, 2010 6:38, edited 1 time in total.
Ready to Race
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by asudarsono »

PS: Mungkin itu mekanik MotorImage pada kepingin secepat tim Prodrive kali.
Ready to Race
FortunerMan

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by FortunerMan »

naldo wrote:Kerjain mobilnya juga ga cuma 20 menit, gw beli kunci baru aja harus gw tinggal mobilnya.
Namanya juga tukang ngebual bro...servis apaan cuman 20 menit :mrgreen:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by asudarsono »

Hahaha, nggak percaya dia. Hihihi, emang di Toyota kok servis sampai 3 jam? Apa yg bikin lama?
Ready to Race
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by asudarsono »

Singkatnya gini, kalau kita sendirian kerjaan akan jauh lebih lama dari kalau dibantu.

Beberapa hal, seandainya mau mempercepat kerjaan servis di bengkel Toyota :
1. Perlu peralatan yang lengkap contohnya :
1.1. lift mobil. Walau cuma servis, tapi tiap mobil perlu lift tersendiri.
1.2. alat kerja. Contohnya saya lihat alat diagnosa ECU harus diminta montir ke foreman. Ini artinya ada birokrasi yg tidak perlu. Juga ini menyebabkan montir keluyuran ke sana ke mari.
a.3. semprotan air. Tekanan terlalu rendah dan terlalu deras menyebabkan kumuh dan kotor.

2. Perlu jumlah SDM cukup.
2.1. Antrian menemui SA terlalu lama shg walau bengkel buka jam 8, pekerjaan baru mulai 8.30 paling cepat.
2.2. Montir yg menservis cuma 1 per mobil. Minimum ada 5.
2.3. Kedisiplinan. Montir hrs serius. Sering saya lihat mobil ditinggal sampai lama sekali di Toyota. Di Subaru walau kita bebas masuk bengkel, tapi jangan harap ada interaksi pelanggan-montir.
2.4. Kebersihan. Ruang kerja Toyota terlalu ribut dan panas. Ini berakibat montir berkeringat, akhirnya tidak hirau dng kotoran. Bila montir tidak hirau thd kebersihan diri sendiri, bagaimana punya semangat kerja?


3. Penunjang
3.1. Mesin boxer Subaru, di mana ada keseimbangan antara pekerjaan saat di atas lift maupun saat lift diturunkan
3.3. Tipe mesin cuma ada 3 : I4, H4 dan H6. Sehingga ritme kerja dapat dijaga.
3.4. Di MotorImage Pondok Indah masih dijaga lingkungannya. Masih ada pohon2 yg besar, yg penting agar ada keseimbangan.
Ready to Race
FortunerMan

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by FortunerMan »

naldo wrote:Mau service mobil terang aja harus booking atuh.

Kerjain mobilnya juga ga cuma 20 menit, gw beli kunci baru aja harus gw tinggal mobilnya.

Yah, gw sih ga tau om Asu dapet dari mana tuh info, yang pasti menurut gw sih worth beli BMW-Merc-Audi dibanding urus nih subaru. Tapi skg udah bener semua mau gw pke sampe bobrok aja.

Sama kalau pandangan saya sih, harga sparepart subaru=BMW itu subarunya yang kemahalan bukan BMWnya. Subaru kan tetep aja mobil jepang, bukan mobil german. Kalau buang duit sama mending saya naek BMW, lebih wah dimata saya.

Kalau ga ane sih mau beli Ford Falcon, australian cars that rides like a beemer with 4L engine. hohoho..

Kalau om bilang alesan ga beli BMW karena spare part doang, aduh ya udah beli mobil german harus sanggup bayar sparepart, lagian semua tergantung perawatan. Makanya kalau ga mau bayar ya beli BMW yang masih warranty. Sekarang ane juga numpak BMW om. hahahaha

Thanks
Ya memang bualan doang seperti biasa...servis 20 menit :mrgreen: :mrgreen: Percaya ama siapa ya - percaya ama si naldo aja ah, pemilik Subaru yg jauh lebih berpengalaman soal otomotif, dan bukan pembual.

Thanks bro naldo buat memberi info yg benar.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by asudarsono »

Hehehe, emang FM gak punya pengalaman praktis. Makanya gitu aja udah nyerah. Untung gak cerita paddock F1, ganti ban sama isi bensin gak sampai semenit. Ntar dia bilang "Pembual, mana mungkin semenit. Saya di Petronas beli minyak lama tuh".

Makanya Toyota punya bengkel yg bener dong manajemennya. Moso servis aja SOPnya 3 jam. Kayak di bengkel abal2, yg parts aja kudu lari2 ambil di Fatmawati.
Ready to Race
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by esh »

BTT, IMO melihat salah satu pertimbangan TS dalam memilih adalah resale value. Setahu saya secara resale value, ML 350 tidak lebih baik dari Airs 3.5, namun bila tetap memilih Airs 3.5 berasa nggak ganti mobil (dari sebelumnya L Premium 2.4).

Kebetulan saya juga pernah pakai L Premium 2007 hitam dan juga sudah dijual, memang berasa kurang bertenaga, terutama saat lewat cipularang arah ke Bandung.

Kalau saya pribadi pilih ML 350.
Namo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Nov 23, 2010 9:56

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by Namo »

Waduh koq jadi melenceng jauh kemana2 yah dari topik. Hehe kalau mau berdebat silahkan, tapi dengan kepala dingin ya agar situasi forum tetap menyenangkan.

Kepada bro esh terimakasih atas masukannya, saya juga berpikir begitu, saya masih buta tentang review ML 350 karena blum ada dbahas oleh ownernya langsung. Tq.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by andy1800 »

esh wrote:Kebetulan saya juga pernah pakai L Premium 2007 hitam dan juga sudah dijual, memang berasa kurang bertenaga, terutama saat lewat cipularang arah ke Bandung.
omong2, sy msh belom bisa ngebayangin sbnernya yg dmaksud kurang bertenaga tu gmana ya? ..lack nya tu terutana pd torsi rev bawah, atau power rev tinggi ?

Note: trstrg sy bukan semacam stigdjay si test driver andalan kita, yg dlm satu session aja udah bs merasakan, meraba dan menyimpulkan....sdgkan saya, wah, memerlukan skian byk sesi deh, atau bahkan tes longterm, utk bs mendptkan kesan atas sbuah mobil...bahkan tesdrive captiva yg baru bbrp mggu lalu itu pun, rasanya gmana, udah lupa lg...hehee,..apalg harrier, camry, xtrail, crv, yg gw testnya udah luama yg lalu.

Tp menilik dan menyimak ketrangan om edsh tsb, *terutama saat lwt cipularang heading bdg* <<< artinya nanjak.
Gw lsg kebayang kpd: platform dan mesin Camry 2.4 yg 'ditarik' utk menjd Harrier.
buat saya, itu menjelaskan fenomena tsb....
ya wajar saja....krn, yg mana engine camry, notabene designed (by Japanese) for sedan...jd karakteristiknya mestilah engine dg langkah pendek2 (dan biasanya dipadu dg flywheel ringan)
*tlg klo ada yg mau kasih data prbandingan teknisnay ya*

Jd, engine yg spt tsb, (bila TBW delay dibikin mdekati nol), maka naturenya mmg 'mainnya' di rev tinggi...jd, akan galak hnya bila jalan datar...tp letoy di tanjakan...krn mmg dia "have no torque", pdhl power gede, tp ya gitu: didapatnya power itu stlh di rev tinggi.

Gw kbyangnya itu mirip engine QR20DE yg dicangkokkan ke C24 serena...yg (krn TBW delay disetting mendekati nol, maka) ditoel dikit aja lsg ngacir...tp di tanjakan? boyo deh.

Note: tp kok QR25DE di xtrail, seinget gw kok mlh gak sgitunya ya karakteristik toel-an pedal gas nya ? (pdhl 2500 loh.. dibanding dg yg di C24 kan cm 2000 loh)...pd jg merasakan iya begitu kah? atau cm gw yg keliru mengingat?.... kalau iya, knp bs gitu ya ?

Jd, praduga saya, mesin2 toyota seri TR-FE, justru akan lbh memenuhi ekspektasi bung Namo...**aplg bila TBW delay nya lbh di-nol-kan (mgkin dg rekonfigur/piggyback pedal gas (?).
Krn TR-FE series, mmg didesigned/diproyeksikan utk dicangkokkan kpd kuda2 beban nya toyota...yg 2.7L, dicangkokkan ke Prado, misalnya.

mesin2 TR-FE tsb didesain karakteristiknya berkebalikan dg mesin seri apa itu td, yg di camry itu ? :mr_green: ...
Seri TR-FE, karakterisktik mekanikalnya tentulah berlangkah panjang (dan akan dipadukan dg flywheel berat) << artinya: hi torque, yg udah muncul pd rev relatif rendah (mskpun ga serendah diesel tentunya loh ya).

Itu semua td, gw fokusin sebatas pd power plant basic dulu saja loh ya.
Maksdunya.. entah jg klo faktor2 powertrain/drivetrain nya ternyata mennyumbanng andil yg signifikan (dlm ihwal lemah tenaga nya si harier tsb)....kalao itu, brarti pembahasan lain lagi deh.

Lanjut,
di sisi lain, menengok karakteristik engine yg originated dr eropa, umumnya adlh engine2 berkarakteriktik spt laiknya TR-FE tsb: yaitu langkah panjang, torque didapat di rev bwh, nafas panjang (shg ntarnya akan dipadu dg transmisi dg lbh sdikit gir).
Gw bayanginnya, spt perbndinngannya Merc OH series yg kalau di trayek puncak, jelas membanting habis si Nissan UD series..hehee

Jadi, dr generalisir yg wajar tsb, praduga gw lg, secara performansi, di luar masalah resale value dan likuiditas, nampaknya Merc ML series akan lbh memenuhi ekspektasi bung namo.

Sebuah praduga yg sebangun dg pilihannya om esh tsb, yg saya pandang pilihan yg mmg wajarlaah, klo mengemuka darinya... mengingat, karakteristik beliau mmg srgkali bukanlah org yg mempertimbangkan resale value... :no_peace!!!: :p :do not complain: haha

Wuih ternyata kok puanjang jg ya...‎​˚°ºĤǻнªнª :p Ĥǻнªнªº°˚..
Sekian dan terimakasih ...mrgreen
.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Namo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Nov 23, 2010 9:56

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by Namo »

Terima kasih bro andy1800 aka mrgreen atas komentar teknis yang sangat lengkap, tapi saya hrs jujur saya kurang mengerti ttg penjelasannya hehe, TR-FE itu mesin siapa ya? Saya dulu juga pemakai Nissan Xtrail Old Generation, ditoel sedikit aja memang langsung ngacir, tapi begitu udah 100 km/jam atau lagi di tanjakan, sdh lama sekali naiknya, memang kalau teknisnya spt yang mrgreen jelaskan, tapi kalau bahasa awamnya mungkin, mesin xtrail QR25xxx (lupa) memang didesain untuk pemakaian dalam kota. Tq.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by Abu2 »

panjang beeuhhhh :e-doh:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by andy1800 »

hohoho hehehe....
sori om namo, atas kekurang-awam an bahasa saya.

mmg itu td sebenarnya adalah pidato pembukaan utk sebuah acara, yg saya tujukan kpd para peserta sarasehan SM angkringan...hueheee.. jd bukan kpd om namo seorang siiih.

tapi tenang saja om nemo, bila nantinya ada yg memerlukan penjelasan dg bhs lbh awam, tentu saja saya, atau anggota lain genk SM angkringan itu, akan dg senang hati menjelaskan lbh byk lagi.
:off_ladies:

.
note:
mesin 1TR-FE adalh mesin innova 2 ltr
2TR-FE adlh mesin 2.7 ltr di hilux (vigo), fortuner, prado... apa lg ya.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by AD74YA »

Namo wrote: Saya sdh pernah test drive CX 9 bro, dan dibandingin harrier yang 3500cc, masih agak jauh ketinggalan yah bro CX 9 nya. Akselerasi pun terpaut hampir 1 detik, kemenangan di pihak harrier. Begitu pula dengan fuel consumption yang sangat boros (1:5) dibandingkan harrier yang mencapai 1:7-8 dalam kota, makanya saya tasa itu pengaruh dari kompresi rendah, CMIIW.
Om.. Om... Masalahnya di garasi nangkring AIRS sama CX9 FL uy...

Jadi saya tau mana yang cepat akselerasinya dan mana yang boros..
Jujur aja, masalah kemewahan, different class, Harrier saya bilang jauh diatas..
Masalahnya harrier: Mesin 3000cc V6 nya boros sekali. Sekitaran 1:5 tercatatnya. Ada juga mobil di garasi dengan mesin yang sama: Camry 3.0 '06. Masih iritan Camry sedikit, 1:6. Sedangkan CX9 juga di kisaran 1:5. Beda CC 700.... So..?
(Rute sehari-hari jakarta)

Untuk akselerasi, saya berani bilang Harrier AIRS pun nggak ada apa2nya mau dari tenaga putaran bawah sampai atas.

Kalau yang seri RX350 edisi lama maupun baru mohon maaf belum pernah coba... jadi nggak bisa compare dengan CX9, tapi agak aneh kalau RX350 bisa lebih irit di banding Harrier AIRS. Coba oom lihat di forum2 toyota, rata-rata 1:5-1:6.. Kalau di pakai di kondisi seperti jakarta, hebat sekali bisa dapat diatas itu :e-think:
(noted: kaki driver sudah terlatih)

CMIIW

Oya, silahkan juga lihat review2 mobil yang saya pernah buat, terutama Harrier dan CX9, semoga membantu..

@FM+pak sudar : Opo iki :big_slap:

Untuk seri ML sebenernya saya pernah coba... nah masalahnya sekedar coba, dan jadi penumpang lagi... jadi takut ngasih review. :upss:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by AD74YA »

andy1800 wrote:
Note: trstrg sy bukan semacam stigdjay si test driver andalan kita, yg dlm satu session aja udah bs merasakan, meraba dan menyimpulkan....
.
Baru nyadar gue ndi.. salah apaa dibawa2.... :2gunfire:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
xandra
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Nov 27, 2010 13:34
Location: Jakarta

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by xandra »

Di 0z Gw punya ML 320 - V6 - tahun 2001 di bawa nya enak , comfortable , sangat ekonomis, leather interior, cruise control, memory seat , design nya sangat bagus.

ML 350 2006 atau Harrier AIRS 3500cc 2007 .....Jawabanya....... ML 350

Cheers
leonheart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Aug 13, 2010 12:22

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by leonheart »

AD74YA wrote:
Namo wrote: Saya sdh pernah test drive CX 9 bro, dan dibandingin harrier yang 3500cc, masih agak jauh ketinggalan yah bro CX 9 nya. Akselerasi pun terpaut hampir 1 detik, kemenangan di pihak harrier. Begitu pula dengan fuel consumption yang sangat boros (1:5) dibandingkan harrier yang mencapai 1:7-8 dalam kota, makanya saya tasa itu pengaruh dari kompresi rendah, CMIIW.
Om.. Om... Masalahnya di garasi nangkring AIRS sama CX9 FL uy...

Jadi saya tau mana yang cepat akselerasinya dan mana yang boros..
Jujur aja, masalah kemewahan, different class, Harrier saya bilang jauh diatas..
Masalahnya harrier: Mesin 3000cc V6 nya boros sekali. Sekitaran 1:5 tercatatnya. Ada juga mobil di garasi dengan mesin yang sama: Camry 3.0 '06. Masih iritan Camry sedikit, 1:6. Sedangkan CX9 juga di kisaran 1:5. Beda CC 700.... So..?
(Rute sehari-hari jakarta)

Untuk akselerasi, saya berani bilang Harrier AIRS pun nggak ada apa2nya mau dari tenaga putaran bawah sampai atas.

Kalau yang seri RX350 edisi lama maupun baru mohon maaf belum pernah coba... jadi nggak bisa compare dengan CX9, tapi agak aneh kalau RX350 bisa lebih irit di banding Harrier AIRS. Coba oom lihat di forum2 toyota, rata-rata 1:5-1:6.. Kalau di pakai di kondisi seperti jakarta, hebat sekali bisa dapat diatas itu :e-think:
(noted: kaki driver sudah terlatih)

CMIIW

Oya, silahkan juga lihat review2 mobil yang saya pernah buat, terutama Harrier dan CX9, semoga membantu..

@FM+pak sudar : Opo iki :big_slap:

Untuk seri ML sebenernya saya pernah coba... nah masalahnya sekedar coba, dan jadi penumpang lagi... jadi takut ngasih review. :upss:

Suhu kita mulai angkat bicara :big_weee:

Bro masak iya lebih mewah harrier dari cx9? Really?? :roll: :roll:
Kecewa deh, padahal baca2 di review di website ausi dan spore, build quality mazda termasuk top notch untuk ukuran mobil jepang, jauh di atas toyota honda. Kayak Audi yang dipuji2 lebih 'premium' build qulity nya daripada merc and bmw.

Mungkin karena base nya harrier nih lexus ye, jadi dalemnya super premium.
leonheart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Aug 13, 2010 12:22

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by leonheart »

buat pak Namo,

ambil x5 gak bakal kecewa pak, sudah banyak yang membuktikan. very fun to drive, bertenaga, canggih (iDrive, etc), interior super premium dan designnya bagus lagi. Cuman exterior memang agak jadul ya.

Review di mana2, nih BMW x5 termasuk SUV onroad yang paling tinggi score nya. Gak akan salah pilih.
Perawatan mahal, tutup sebelah mata aja pak, setelah 2-3 tahun jual, sebelum keluar model baru nya.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by AD74YA »

leonheart wrote:
Suhu kita mulai angkat bicara :big_weee:

Bro masak iya lebih mewah harrier dari cx9? Really?? :roll: :roll:
Kecewa deh, padahal baca2 di review di website ausi dan spore, build quality mazda termasuk top notch untuk ukuran mobil jepang, jauh di atas toyota honda. Kayak Audi yang dipuji2 lebih 'premium' build qulity nya daripada merc and bmw.

Mungkin karena base nya harrier nih lexus ye, jadi dalemnya super premium.
Suhu apa ya.. suhu kompor? wakakakaka :big_weee: yang suhu itu yang sudah terlatih bawa cx7.. :e-whistle:

yah built quality CX9 sama CX7 sama aja oom... kan anda juga familiar dengan keduanya, sehingga bisa membayangkan lah...

Saya rasa mazda sengaja kurang memperhatikan detailing di kabin untuk menjaga power-to-weight ratio, jadi material yang digunakan masih based on hard plastic, hanya kualitas hard plastic nya memang tingkat tinggi.. Untuk disetarakan dengan Honda Pilot mah lewat jauh.. (ga beredar disini).. Dibanding Q7 juga setara kok (Q7 juga hard plastic). Kan MAzda buat zoom-zoom.. berat diperingan supaya tetap sangat sportif...

Berbeda dengan Harrier yang pangsa pasar aristokrat.. Kabin mesti kedap, dasbor mesti empuk, wooden panel harus mengkilap, dan lain sebagainya ..

CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by AD74YA »

leonheart wrote:buat pak Namo,

ambil x5 gak bakal kecewa pak, sudah banyak yang membuktikan. very fun to drive, bertenaga, canggih (iDrive, etc), interior super premium dan designnya bagus lagi. Cuman exterior memang agak jadul ya.

Review di mana2, nih BMW x5 termasuk SUV onroad yang paling tinggi score nya. Gak akan salah pilih.
Perawatan mahal, tutup sebelah mata aja pak, setelah 2-3 tahun jual, sebelum keluar model baru nya.
Awas pak.. Racun pak leo memang kuat... :big_weee:
:ngacir:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Namo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Nov 23, 2010 9:56

Re: [ASK] ML 350 thn 2006 atau Harrier AIRS 3500cc thn 2007

Post by Namo »

AD74YA wrote:
Namo wrote: Saya sdh pernah test drive CX 9 bro, dan dibandingin harrier yang 3500cc, masih agak jauh ketinggalan yah bro CX 9 nya. Akselerasi pun terpaut hampir 1 detik, kemenangan di pihak harrier. Begitu pula dengan fuel consumption yang sangat boros (1:5) dibandingkan harrier yang mencapai 1:7-8 dalam kota, makanya saya tasa itu pengaruh dari kompresi rendah, CMIIW.
Om.. Om... Masalahnya di garasi nangkring AIRS sama CX9 FL uy...

Jadi saya tau mana yang cepat akselerasinya dan mana yang boros..
Jujur aja, masalah kemewahan, different class, Harrier saya bilang jauh diatas..
Masalahnya harrier: Mesin 3000cc V6 nya boros sekali. Sekitaran 1:5 tercatatnya. Ada juga mobil di garasi dengan mesin yang sama: Camry 3.0 '06. Masih iritan Camry sedikit, 1:6. Sedangkan CX9 juga di kisaran 1:5. Beda CC 700.... So..?
(Rute sehari-hari jakarta)

Untuk akselerasi, saya berani bilang Harrier AIRS pun nggak ada apa2nya mau dari tenaga putaran bawah sampai atas.

Kalau yang seri RX350 edisi lama maupun baru mohon maaf belum pernah coba... jadi nggak bisa compare dengan CX9, tapi agak aneh kalau RX350 bisa lebih irit di banding Harrier AIRS. Coba oom lihat di forum2 toyota, rata-rata 1:5-1:6.. Kalau di pakai di kondisi seperti jakarta, hebat sekali bisa dapat diatas itu :e-think:
(noted: kaki driver sudah terlatih)

CMIIW

Oya, silahkan juga lihat review2 mobil yang saya pernah buat, terutama Harrier dan CX9, semoga membantu..

@FM+pak sudar : Opo iki :big_slap:

Untuk seri ML sebenernya saya pernah coba... nah masalahnya sekedar coba, dan jadi penumpang lagi... jadi takut ngasih review. :upss:
Terima kasih atas komentarnya pak AD74YA, pernah liat ini kalau ngga salah IST hitam yah platnya kayak gini di Bandung hehe. Mohon maaf sebelumnya, kalau boleh tau yang dibandingkan itu harriernya 3.0 apa yang 3.5 yah? Kalau yang 3.0 yah menurut saya juga jelas menang CX 9. Mengenai masalah FC, banyak versi yah pak, ada yg bilang segini ada yg bilang segitu, saya jadi ikut bingung, saya tanya teman ada yang bilang Harrier 3.5 irit, ada juga yang bilang boros, tapi saya sih cenderung tidak masalah krn sudah pengalaman punya mobil toyota lain bermesin 3.0 vvti. Kalau masalah suspensi dari CX 9 sendiri bagaimana pak? Waktu itu saya pernah tanya di pameran katanya air suspension gitu? Menurut dari spesifikasi sih rasanya belum ada ya. Tq.