BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by esh »

IMO, antara kedua pilihan di atas tergantung selera. Jadi paling afdol ya test drive saja dulu keduanya lalu mana yang lebih mantap di hati itulah yang dipilih.

Mengenai 250 CGI itu memang aslinya 1800 cc hanya tenaganya nggak kalau dengan cc diatasnya. Mengenai hal ini tergantung preferensi dari TS, apakah merasa rugi dengan kenyataan beli mobil cc kecil ataukah yang penting tenaganya tidak kalau serta ramah lingkungan.

Mengenai perhitungan on the road tinggal dibandingkan saja dari beberapa dealer yang ada. Kecuali kalau TS beli tunai off the road, bbn bisa diurus sendiri ke samsat atau lewat biro jasa.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by AD74YA »

Wah wah.. pak mpvlover.. sebenarnya anda itu punya pengetahuan yang luas tentang mesin.. sayang... anda kena sentil dikit udah emosian.... saya jadi malas diskusi dengan anda.. padahal tiap postingan saya selalu saya sertakan "CMIIW", kalau nggak tau artinya apa, artinya adalah "correct me if I'm wrong"
artinya saya juga mau belajar... tapi seakan2 dengan "hukum fisika" anda itu kok nggak mau untuk diajak diskusi...

memang benar, semakin banyak komponen artinya semakin kompleks dan semakin besar kemungkinan untuk breakdown, tapi hukum fisika nggak seperti aljabar pak... kita semua pasti pernah sekolah ya.. hukum fisika itu masih berkembang.. dulu hampir nggak mungkin ada bbm yang bisa menggantikan fosil.. dulu nggak mungkin bisa menggunakan hidrogen sebagai pengganti karena nggak stabil dan nggak mungkin bisa di stabilkan; TEORI nya.. Dulu juga nggak mungkin mobil berbaterai memasuki jalur produksi karena meskipun batre bisa dengan mudah dimasukkan ke mobil, tapi chemical leaking dan power loss mustahil untuk di hindari.. TEORI nya...

Lihat sekarang? Hidrogen dan Hybrids mulai menjamur.. jadi bukan hanya masuk jalur produksi.. tapi penelitian fisika juga sudah membuat lagi inovasi itu.. ini bukti fisika berkembang bung...

Begitu pula dengan teknologi mesin... Benar kata anda.. (lihat nih saya berulang kali membenarkan anda...) bahwa inline lebih stabil...tapi bukan berarti V masih ketinggalan teknologinya lho.. makanya jangan sembarangan bilang inline Selalu lebih baik... :e-naughty:
mpvlover wrote:
AD74YA wrote: Pak mpvlover juga ada sedikit miss karena Cayenne pake V6 turbo sampai sekarang (hayo pak.. kenapa nggak inline 6 cobaa?... hehehe padahal SUV lho.. harusnya butuh torsi gede kan?)



CMIIW
BACA LG BOS, GW TULIS PORSCHE GAK PAKE V6 DI 911 NYA. PORSCHE 911 LOH YG SPORTSCAR. BUKAN CAYENNE YG TRUK

mesin inline 6 itu lbh smooth drpd v6 krn secara fisika jg dr sananya sdh begitu kl v6 hrs diakali dgn ini itu yg setelah berumur komponen komponen ini mulai termkn umur sdgnkan inline 6 akan selamanya seimbang bos

skrg ada kbr jaguar sdg berusaha memesan mesin mesin dr bmw

v12 lbh halus drpd w12 krn di w12 lbh byk lg komponen komponen tambahan

makanya gak ada yg pake w12 semua jg pake v12 dr ferrari ampe rolls royce
Ckckck
Tenang dulu lah baca postingan orang.. itu sudah saya bold ya.. bahwa bukan masalah 911 nya bro.. tapi masalah kalau inline lebih besar tenaganya, kenapa justru nggak dipasang di SUV yang notabene selalu butuh ternaga besar, terutama tenaga reving bawah... => tarikan saya disini diskusi masalah reliability mesin V6 -> digunakan untuk narik bobot gede.. Tapi forget it... Feeling saya anda pasti bilang kalo cayenne dikasih L6 pasti much better.. dimana ujungnya juga ga mau diskusi..

V12 lebih smooth? Baca dimana sih? WIKIPEDIA ya?... di Wikipedia siapa sih yang nulis? Apa jabatan dia? Apa latar belakang pendidikan dia? Apa referensi dia?.. Jabarin semua dong disini....

Nah kalo saya punya sumber dari yang terpercaya bro:
http://www.not2fast.com/engine/sae1998-3036.pdf
Boleh dilihat siapa yang buat...
Dosen latar belakang teknik mesin, dan satu lagi orang mesin Ducati Motors...
dan anehnya, di makalah mereka ada tulisan gini:
not2fast wrote: Consequently, the torque output of the W12 is slightly smoother than the V12's
Mesin F1 lho ini.... mesin F1,.... Tapi ga tau deh BMW yang buat atau bukan... :e-whistle:

Nggak ada yang pake W12 gara-gara ini mesin terlalu sophisticated, terlalu mahal, kalo diproduksi juga mahal.. Ada juga di link yang saya kasih.

Jaguar minta ke BMW? siapa peduli. Jaguar cupu berarti ga mau inovasi bikin mesin.. yang diomongin masalah smoother kok jadi better engine.. nggak nyambung malah jadi meluas.
mpvlover wrote:nih bos2 gw males debat kusir liat aja daftar pemenang INTERNATIONAL ENGINE OF THE YEAR di :

http://en.wikipedia.org/wiki/Internatio ... f_the_Year

silakan lihat sendiri pemenang terbyk siapa. bmw menang 51 mesin kebanyakan mesin inline 6 mrk sementara mercedes menang 9 dan GAK ADA SATU PUN MESIN V6, msn mercy yg dpt award itu mesin v8 dan v12 mrk

buat bos bos lain yg penasaran silakan diliat dan caritau sendiri mesin mana yg terbaik dan siapa pembuat mesin terbaik di dunia

oya bos bos yg hobi mobil sport pasti tau mbl plg legendaris mclaren F1 kan, nah tebak siapa yg supply mesinnya ke mclaren !!


Siapa juga yang debat kusir?... Pak zombie aja bilang ini "diskusi sehat"... Orang saya maunya cari ilmu kok
Kalau mau sumber, saya bisa kasih lengkap dari buku kuliah saya, dari link2 yang bisa dipercaya. Tapi belum mulai sudah di 'cut' dulu.. males juga..
Hmm lagi2 wikipedia ya... Meskipun itu memang result nya, tapi saya lihat nggak ada proses seleksinya bagaimana...

Nanti seperti car of the year.. yang ternyata nominasinya sebagian diambil dari input oleh Jumlah konsumen yang nge vote mobil itu bisa masuk car of the year...

Apa engine of the year mempertimbangkan mobil yang nggak banyak laku seperti LFA, atau engine yang sudah ada tapi belum masuk jalur produksi massal?... Mesin F1 pun nggak ada disana, padahal kalo mau mesin terbaik ya tinggal lihat di F1...

Dan lagi2.. nggak nyambung dengan tarikan bahasan saya: Bahwa V6 itu sama smooth dan sama reliabel nya dengan L6.... Wajar jika L6 BMW menang lagi karena untuk produksi L6 masih mesin dia yang paling kenceng. Kembali lagi saya ungkit bahwa saya setuju V engine ga akan secepat dan bertenaga lebih besar dibanding L.

Plis dong ah jangan patokan sama wikipedia. Anak TK aja bisa nulis disitu dengan leluasa.. apalagi Fanboy-Fanboy nggak jelas asal comot konten, masukin ke wiki. Makanya, di bidang profesional saya wiki sudah dicoret untuk jadi bahan rujukan. Siapa hayo yang instansinya masih berujuk pda wikipedia? :upss:

Ya sutra lah... capek sendiri saya jadinya... mau ngajak diskusi aja ribet.

Lebih baik nggak usah dilanjutkan.

Salam. :big_peace:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
ammophobia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Mon Jul 31, 2006 10:32

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by ammophobia »

mpvlover wrote: v12 lbh halus drpd w12 krn di w12 lbh byk lg komponen komponen tambahan

makanya gak ada yg pake w12 semua jg pake v12 dr ferrari ampe rolls royce
Wah, siapa bilang ga ada yang pake W12? Pernah denger VW Phaeton W12? Audi A8 W12? Bugatti Veyron W12? Kenapa kalo W12 jelek, kok merk2 tersebut memasangkan W12 di flagshipnya? Cuma menyampaikan pendapat dari logika orang bodoh kayak saya pak, jadi jangan emosi ya :big_peace:
ammophobia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Mon Jul 31, 2006 10:32

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by ammophobia »

Wah, maaf, Bugatti Veyron ternyata W16, hehehe :big_peace:
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by mpvlover »

nih site resminya bos2 yg mau tau silakan ke http://www.ukipme.com/engineoftheyear/
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by aldy »

nambahin aja masalah besar kecil CC mesin..Sekarang jamannya mesin CC kecil power dan torsi besar (didapat pada RPM rendah) bro..Malah kalo mesin CC besar power besar itu mesin teknologi jadul.. :big_peace: :big_peace:
Kalo ga percaya coba liat aja bro VW pake TSi, mercedez benz CGI, bahkan mobil sport punya mercedez benz Mclaren cuma 3800CC, terus Nissan GTR dll.. :mrgreen:
JAdi mobil2 canggih zaman sekarang CC kecil ga selalu lemah (tergantung teknologinya)..Bahkan ane berani bertaruh MBenz CGI 250 (4 silinder 1800cc) vs Camry 2.4 (bahkan boleh dibilang setara sama camry 3.5 V6)..Jauhh bgt menang Mbenz kemana2 asal diadu dengan skill driver dan sirkuit (close track) yg sama :big_peace: :big_peace:..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by zweifellos »

buat om helm, makanya om ngelayanin orang diskusi juga tunjukkan respek (jangan suruh saya dimana ga/kurang kerespekan om ya). ada tata kramanya kalo di indonesia. ini bukan forum barat. akhirnya om sendiri yang menyerah dengan keadaan yang menurut saya om yang buat sendiri. :)

btw, disini banyak yg ngambil rujukan dari wikipedia (sah2 aja karena itulah yang paling gampang) SELAMA ga ada yang bisa bantah dengan sumber yang lebih baik. toh ini bukan bidang penelitian atau semacamnya yang butuh tingkat kepercayaan yang tinggi.

saya perhatikan di sini ada beberapa yang arrogan, sombong atau angkuh atau apalah namanya, dengan langsung memvonis orang salah dan benar padahal yang divonis itu bukan fakta alias cuman sekelas opini atau review. begitupun akan hasil-hasil test dari web lain (web cuman sekelas majalah otomotif belum level jurnal atau hasil penelitian) yang dijadikan sumber landasan memvonis opini orang, salah atau benar. malah sekarang bukan seorang (baca: satu orang saja) yang 'menyerang' bahasa (kata-kata dalam bahasa inggris, ntah penulisan abcde nya atau penggunaan katanya) lawan diskusinya dalam berdiskusi padahal kalo diperhatikan sama2 bukan orang yang bahasa ibunya bahasa inggris alias bukan bulek. ck ck ck. sante aja lah. jangan terlalu sombong.

kurang lebihnya mohon maaf. saya tak bermaksud menyerang orang, cuman mengkritik kelakuan orangnya. semua adalah teman.

silahkan dilanjutkeun.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by Xous »

Numpang ngetag y, diskusinya menarik neh. menambah pengetahuan saya sbg newbie, buat om2 yg diskusi, kalo ud cooling down, lanjut dunk. Trus TS nya jd pilih apa neh.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by AD74YA »

zweifellos wrote:buat om helm, makanya om ngelayanin orang diskusi juga tunjukkan respek (jangan suruh saya dimana ga/kurang kerespekan om ya). ada tata kramanya kalo di indonesia. ini bukan forum barat. akhirnya om sendiri yang menyerah dengan keadaan yang menurut saya om yang buat sendiri. :)

btw, disini banyak yg ngambil rujukan dari wikipedia (sah2 aja karena itulah yang paling gampang) SELAMA ga ada yang bisa bantah dengan sumber yang lebih baik. toh ini bukan bidang penelitian atau semacamnya yang butuh tingkat kepercayaan yang tinggi.

saya perhatikan di sini ada beberapa yang arrogan, sombong atau angkuh atau apalah namanya, dengan langsung memvonis orang salah dan benar padahal yang divonis itu bukan fakta alias cuman sekelas opini atau review. begitupun akan hasil-hasil test dari web lain (web cuman sekelas majalah otomotif belum level jurnal atau hasil penelitian) yang dijadikan sumber landasan memvonis opini orang, salah atau benar. malah sekarang bukan seorang (baca: satu orang saja) yang 'menyerang' bahasa (kata-kata dalam bahasa inggris, ntah penulisan abcde nya atau penggunaan katanya) lawan diskusinya dalam berdiskusi padahal kalo diperhatikan sama2 bukan orang yang bahasa ibunya bahasa inggris alias bukan bulek. ck ck ck. sante aja lah. jangan terlalu sombong.

kurang lebihnya mohon maaf. saya tak bermaksud menyerang orang, cuman mengkritik kelakuan orangnya. semua adalah teman.

silahkan dilanjutkeun.
Sorry oom fellos, sebenernya saya nggak ngerti intisari postingan oom.. :oops: tapi akan saya coba menjawab satu-satu poin yang oom tekan kan ya.
1. Tata krama. Dan bukan forum barat. Kalau boleh tau memangnya di SM ini ada aturan apa ya mengenai cara kita posting oom? :e-think: Kalau enggak, tata krama di forum Indonesia apa ya oom? Apakah setiap ingin komen kita harus ngomong punten dulu?.. Punten ya oom fellos, saya mohon pencerahan tata krama disini.. Karena seingat saya postingan saya di tret ini tidak ada yang menghina orang, atau memaki. yang paling jauh saya lakukan hanya sekedar "menyentil" saja.. apakah itu nggak boleh oom? :e-think: Basic postingan saya ada. Sumber postingan saya jelas.

2. Lho? Memangnya saya salah apa oom ngajak diskusi? Apakah oom menemukan postingan saya yang menyakiti hati? FYI, saya nggak nyerah untuk mencari tau oom, saya cuma capek saja mengisi gelas yang udah penuh untuk mengisi gelas saya yang masih kosong ini. Daripada gitu, mendingan saya baca lagi buku mengenai technical engine, dan menyimpan ilmunya untuk saya sendiri :e-dance:
afterall, saya cuma mau minta diajarin, bukan mengajarin. kalo info yang selama ini saya baca salah, mohon dikoreksi dengan basic yang kuat, sumber yang terpercaya. Begitu permohonan saya oom fellos. :frm_salut:
Coba baca lagi baik2 postingan saya oom. Yang sebelum2nya. Kalo perlu quote saja.
INSYA Allah saya bisa menjawab dengan pandangan cupu saya, dan ilmu dangkal yang saya punya, kenapa saya melakukan posting yang seperti itu :oops: .

3. Jadi mencari rujukan asal mudah ya oom?... kalo ada wikipedia kenapa cari yang lain? kalau gitu percuma dong kita belajar di seraya kalau sumbernya pun belum jelas basic nya? tolong diperjelas lagi oom. Saya suka seraya motor karena cuman ini komunitas otomotif di indonesia yang bener2 eksak masalah teknikal. kalau mau yang sekedar lounge2 saja, mungkin pergi ke forum sebelah lebih puas disana.. banyak sekali asumsi dan iklan2 sponsor disana.

4. Saya sudah bisa menjawab salah satu postingan wikipedia kan.. tapi gatau salah gatau bener :oops: menurut ilmu cupu saya sih bener.. soalnya itu salah satu jurnal mesin yang jadi rujukan saya membuat penelitian.

5. Alhamdulillah semua postingan saya disini merujuk pada buku dan jurnal yang bisa dipercaya.

6. Harusnya santai saja mau pakai bahasa apa saja oom.. Saya kurang mengerti apakah dilarang menggunakan bahasa inggris? tolong koreksi saya yaaa..... :frm_salut:

7. Kalau boleh nanya, memangnya saya yang sepenuhnya salah ya di tret ini?saya juga mohon maaf lahir batin. Nggak ada maksud apa2 lho. Khususnya di tret ini. tujuan saya adalah membahas bahwa V itu untuk kehalusan, dan reliability nya sudah dapat disetarakan dengan inline. semuanya itu karena kemajuan ilmu arsitektur mesin mobil, kepresisian produksi, dan kualitas bahan yang semakin baik setiap periode waktu.


CMIIW.

NB: kalau masalah tata krama mau dibahas dengan otoritas SM (admin dan momod2, saya bersedia saja, tolong oom fellos fasilitasi).
Last edited by AD74YA on Fri Oct 01, 2010 8:08, edited 2 times in total.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by AD74YA »

mpvlover wrote:nih site resminya bos2 yg mau tau silakan ke http://www.ukipme.com/engineoftheyear/
Terima kasih lho pak mpvlover

semakin menjelaskan saya, ternyata mesin yang dinilai bagus adalah mesin yang memang sudah dipakai sejak periode waktu. keadaan ini pasti menghambat untuk mengetes mesin yang memang susah di dapat seperti mesin koeniggsegg, atau mesin LFA, atau mesin Bugatti Veyron.

dan juga ternyata penilaian berdasarkan : fuel economy, smoothness, performance, noise and drivability.

Tidak ada kategori arsitektur mesin mobil, bahan yang digunakan, inovasi yang terkandung di dalamnya, dan hal-hal lain.
CMIIW :big_peace:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by abrof »

@bung zwei....tanpa bermaksud membela bro ad.....postingan dia walau galak....gak sampai nyerang person....jadi lanjutkan bro... (adjaya & mpvlover)
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by AD74YA »

abrof wrote:@bung zwei....tanpa bermaksud membela bro ad.....postingan dia walau galak....gak sampai nyerang person....jadi lanjutkan bro... (adjaya & mpvlover)
tengs pak abrof...

lebih baik melanjutkan ke pokok bahasan TS ya.. :big_peace:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by ZombiEE »

Semua juga teman...world peace*mcm miss world aja ane*....

Anyway, dr segi tata bahasa, ane hrs mengakui...plg kasar itu ane...walopun kdg2 mksd ane bkn demikian....cmiiw:)
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by maskopat »

duh, ane baru tahu kalo I6 (ane lebih suka pake I daripada L) lebih halus daripada V6. yang ane tahu (entah dari mana nih pengetahuannya) mesin V lebih halus karena lebih "balans" ternyata salah ye?

ngomong2 award atau best engine, ane gak setuju tuh... koq 4G63T atau 4B11T gak masuk..????
mesin canggih tuh... 200bhp untuk setiap 1L volume silinder...!!!
jadi 2000cc nya 4G63T atau 4B11T itu setara dengan mesin N/A yang 3800-4500cc.... mungkin lebih..
dan mesin ini di mobil yang diproduksi massal lho... :frm_tumbright:

mohon pencerahan dari om2 yang jagoan mesin.. :e-pray:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by Abu2 »

dah dehhh, positip tingking ajeee, satu kalimat tulisan seseorang bisa bermacam macam tafsiran yang muncul dari yang membacanya....

positip tingking aje yaaa.. kalo disingkat jadi poting...... (aawaaasss jgn salah ato membelokkan singkatannya yaaa) :e-naughty:


lanjotttttttttttt......

sekian aja posting dari [cencored].....heheheh, ane lagi demen neh ama terms [cencored]

:ngacir:
FortunerMan

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by FortunerMan »

Honda ama Toyota gontok2an nih nyari posisi no.2 - mantaps
http://en.wikipedia.org/wiki/Internatio ... f_the_Year

INTERNATIONAL ENGINE OF THE YEAR WINNERS
Make Awards Notes
BMW 51 includes BMW/PSA engines
Honda 22
Toyota 22
Volkswagen 19
Mercedes 9 includes DaimlerChrysler
Peugeot 6 includes BMW/PSA engine
Mazda 4
Audi 3
Porsche 3
Ferrari 2
Fiat 2
Subaru 2
Alfa Romeo 1
Saab 1
GM 1

2009 Winners
Best New Engine: Porsche 3.8-litre flat six DI (911)
Green Engine of the Year: Volkswagen 1.4-litre TSI Twincharger
Best Performance Engine: Mercedes-AMG 6.2-litre
Sub 1-litre: Toyota 1-litre three-cylinder
1-litre to 1.4-litre: Volkswagen 1.4-litre TSI Twincharger
1.4-litre to 1.8-litre: BMW-PSA 1.6-litre Turbo
1.8-litre to 2-litre: Audi 2-litre Turbo FSI
2-litre to 2.5-litre: Mercedes-Benz Diesel 2.1-litre
2.5-litre to 3-litre: BMW 3-litre DI Twin Turbo
3-litre to 4-litre: BMW 4-litre V8 (M3)
Above 4-litre: Mercedes-AMG 6.2-litre
International Engine of the Year 2009: Volkswagen 1.4-litre TSI Twincharger

2008 Winners
Best New Engine: BMW 2-litre Diesel Twin Turbo (123D)
Green Engine of the Year: Toyota 1.5-litre Hybrid Synergy Drive (Prius)
Best Performance Engine: Porsche 3.6-litre Turbo (911 Turbo, 911 GT2)
Sub 1-litre: Toyota 1-litre
1-litre to 1.4-litre: Volkswagen 1.4-litre TSI Twincharger
1.4-litre to 1.8-litre: BMW-PSA 1.6-litre Turbo
1.8-litre to 2-litre: Volkswagen/Audi 2-litre Turbo FSI
2-litre to 2.5-litre: Subaru 2.5-litre Turbo (Forester, Impreza, Legacy, Outback)
2.5-litre to 3-litre: BMW 3-litre Twin Turbo (135, 335, X6)
3-litre to 4-litre: BMW 4-litre V8 (M3)
Above 4-litre: BMW 5-litre V10 (M5, M6)
International Engine of the Year 2008: BMW 3-litre Twin Turbo (135, 335, X6)

2007 Winners
Best New Engine: BMW 3-litre Twin Turbo (335i)
Best Fuel Economy: Toyota 1.5-litre Hybrid Synergy Drive
Best Performance Engine: BMW 5-litre V10
Sub 1-litre: Toyota 1-litre
1-litre to 1.4-litre: Volkswagen 1.4-litre TSI Twincharger
1.4-litre to 1.8-litre: BMW-PSA 1.6-litre Turbo (MINI Cooper S, Peugeot 207)
1.8-litre to 2-litre: Volkswagen/Audi 2-litre Turbo FSI
2-litre to 2.5-litre: BMW 2.5-litre (325, 525, Z4, X3)
2.5-litre to 3-litre: BMW 3-litre Twin Turbo (335i)
3-litre to 4-litre: Porsche 3.6-litre Turbo (911 Turbo)
Above 4-litre: BMW 5-litre V10 (M5, M6)
International Engine of the Year 2007: BMW 3-litre Twin Turbo (335i)

2006 Winners
Best New Engine: Volkswagen 1.4-litre TSI Twincharger
Best Fuel Economy: Toyota 1.5-litre Hybrid Synergy Drive
Best Performance Engine: BMW 5-litre V10
Sub 1-litre: Honda 1-litre IMA
1-litre to 1.4-litre: Volkswagen 1.4-litre TSI Twincharger
1.4-litre to 1.8-litre: Toyota 1.5-litre Hybrid Synergy Drive
1.8-litre to 2-litre: Volkswagen 2-litre FSI Turbo
2-litre to 2.5-litre: Subaru 2.5-litre Turbo
2.5-litre to 3-litre: BMW 3-litre Twin Turbo Diesel
3-litre to 4-litre: BMW M 3.2-litre
Above 4-litre: BMW 5-litre V10
International Engine of the Year 2006: BMW 5-litre V10

2005 Winners
Best New Engine: BMW 5-litre V10 (M5, M6)
Best Fuel Economy: Toyota 1.5-litre Hybrid Synergy Drive (Prius)
Best Performance Engine: BMW 5-litre V10 (M5, M6)
Sub 1-litre: Honda 1-litre IMA (Insight)
1-litre to 1.4-litre: Fiat-GM 1.3-litre Diesel
1.4-litre to 1.8-litre: Toyota 1.5-litre Hybrid Synergy Drive (Prius)
1.8-litre to 2-litre: Volkswagen 2-litre FSI Turbo (Golf GTi, Audi A3, A4)
2-litre to 2.5-litre: Honda 2.2-litre Diesel (Accord, CR-V, FR-V)
2.5-litre to 3-litre: BMW 3-litre Twin-Turbo Diesel (535d)
3-litre to 4-litre: BMW 3.2-litre (M3)
Above 4-litre: BMW 5-litre V10 (M5, M6)
International Engine of the Year 2005: BMW 5-litre V10 (M5, M6)

2004 Winners
Best New Engine: Toyota Hybrid Synergy Drive
Best Fuel Economy: Toyota Hybrid Synergy Drive
Best Performance Engine: Mercedes-AMG 65 (S65, CL65)
Sub 1-litre: Honda 1-litre IMA (Insight)
1-litre to 1.4-litre: Honda 1.3-litre IMA (Civic)
1.4-litre to 1.8-litre: Toyota Hybrid Synergy Drive
1.8-litre to 2-litre: Honda 2-litre (S2000)
2-litre to 2.5-litre: BMW 2.5-litre (325i, X3, 525i Z4)
2.5-litre to 3-litre: Mazda RENESIS Rotary (RX-8)
3-litre to 4-litre: BMW 3.2-litre (M3)
Above 4-litre: Volkswagen 5-litre V10 TDi (Touareg, Phaeton)
International Engine of the Year 2004: Toyota Hybrid Synergy Drive

2003 Winners
Best New Engine: Mazda RENESIS Rotary (RX-8)
Best Fuel Economy: Honda 1.3-litre IMA (Civic)
Best Performance Engine: Mercedes-AMG 55 (CL55, E55, S55, SL55)
Sub 1-litre: Honda 1-litre IMA (Insight)
1-litre to 1.4-litre: Honda 1.3-litre IMA (Civic)
1.4-litre to 1.8-litre: MINI Supercharged 1.6-litre (Cooper S)
1.8-litre to 2-litre: Honda 2-litre (S2000)
2-litre to 2.5-litre: BMW 2.5-litre (325i, 525i, Z4)
2.5-litre to 3-litre: Mazda RENESIS Rotary (RX-8)
3-litre to 4-litre: BMW 3.2-litre (M3)
Above 4-litre: Volkswagen 5-litre V10 TDi (Touareg, Phaeton)
International Engine of the Year 2003: Mazda RENESIS Rotary (RX-8)

2002 Winners
Best New Engine: BMW 4.4-litre Valvetronic
Best Fuel Economy: Honda 1-litre IMA
Best Concept: GM AUTOnomy
Sub 1-litre: Honda 1-litre IMA
1-litre to 1.4-litre: Honda 1.3-litre IMA
1.4-litre to 1.8-litre: Toyota 1.8-litre VVTL-i 190
1.8-litre to 2-litre: Honda 2-litre (S2000)
2-litre to 2.5-litre: PSA Peugeot-Citroën 2.2-litre HDi
2.5-litre to 3-litre: BMW 3-litre
3-litre to 4-litre: BMW 3.2-litre
Above 4-litre: BMW 4.4-litre Valvetronic
International Engine of the Year 2002: BMW 4.4-litre Valvetronic

2001 Winners
Best New Engine: BMW 3.2-litre
Best Fuel Economy: Honda 1-litre IMA
Best Concept: Saab SVC
Sub 1-litre: Honda 1-litre IMA
1-litre to 1.4-litre: Volkswagen Group 1.4-litre TDi
1.4-litre to 1.8-litre: BMW 1.8-litre Valvetronic
1.8-litre to 2-litre: Honda 2-litre (S2000)
2-litre to 2.5-litre: PSA Peugeot-Citroën 2.2-litre HDi
2.5-litre to 3-litre: BMW 3-litre
3-litre to 4-litre: BMW 3.2-litre
Above 4-litre: Ferrari 5.5-litre
International Engine of the Year 2001: BMW 3.2-litre

2000 Winners
Best Eco-friendly: Toyota Hybrid Prius
Best Fuel Economy: Honda Hybrid 1-litre Insight
Best Concept: DaimlerChrysler Necar 4
Sub 1-litre: Honda Hybrid 1-litre Insight
1-litre to 1.4-litre: Toyota 1.3-litre VVTi
1.4-litre to 1.8-litre: Honda 1.8-litre (Accord)
1.8-litre to 2-litre: Honda 2-litre (S2000)
2-litre to 2.5-litre: Alfa Romeo 2.5-litre V6
2.5-litre to 3-litre: BMW 3-litre TDi
3-litre to 4-litre: BMW 4-litre V8 TDi
Above 4-litre: Ferrari 5.5-litre V12
International Engine of the Year 2000: Honda Hybrid 1-litre Insight

1999 Winners
Best Eco-friendly: Toyota Prius Hybrid
Best Fuel Economy: Volkswagen 1.2-liter TDi
Best Concept: DaimlerChrysler Necar 4
Sub 1-litre: Toyota 1-liter
1-liter to 1.4-litre: Volkswagen 1.2-liter TDi
1.4-liter to 1.8-litre: Toyota Prius Hybrid
1.8-liter to 2-litre: Volkswagen 1.9-liter 110PS TDi
2-liter to 2.5-litre: Audi 2.5-liter V6 TDi
2.5-liter to 3-litre: BMW 3-liter TDi
3-liter to 4-litre: BMW 4-liter V8 TDi
Above 4-litres: BMW 5.34-liter V12
International Engine of the Year 1999: Toyota Yaris 1-liter
2-litre to 2.5-litre: Mercedes-Benz Diesel 2.1-litre
2.5-litre to 3-litre: BMW 3-litre DI Twin Turbo
3-litre to 4-litre: BMW 4-litre V8 (M3)
Above 4-litre: Mercedes-AMG 6.2-litre
International Engine of the Year 1999: Toyota Yaris 1-liter

http://www.ukipme.com/engineoftheyear/previous04.html
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by andy1800 »

oks oks....yaudaah, ayuk2, kembali ke topik....
sambil nggu ibu Debbie nya muncul kembali...
(atau mlh jadi takut..pikirnya: "loh loh, kok jadi timbul 'keramaian' nih gara2 pertanyaan eike." ..hehee)

... kita compile2 dulu, sambil ngopi.

-------------------------------
debbie wrote:# sebenarnya lebih memilih C250 terbaru...
# tp c250 tu cuma 1.800 cc doang....bukannya 1.800 cc itu kekecilan untuk harga mobil 600jtan (dan hanya 5speed)
jadi yg ane baca dari sini adalah: sebenernya secara mobil udah cenderung pengen Merc C250.
cuma, mgkin -spt byk jg kita2 yg msh belum bisa terima dg perkembangan jaman- kita akan berpikir dan kebayang juga ketika kita berada dlm pergaulan di antara para awam, seringkali temen2 kita nanya: "eh mobil elu ini berapa cc ?"
nah, di pergaulan awam (para executive nb. terutama yg tidak muda) di luaran sana, msh bnyak banget yg msh berpegang pd rumus: ke-luxury-an sebuah mobil tu jg ditemtukan dari brp besarnya cc nya...
trus, kalau ditanya gitu, apa jadinya kalau kita jawab: "1800 cc !" ...gitu?

wah, bisa jatoh doong gengsi kita.... mobil sih udah keliatan bergengsi....tp masa' cuma 1800cc ?
bagaimanapun, gak bisa dipungkiri, kita beli mobil kan ada unsur gengsinya juga...(baca:prestise).
jadi, kebayang deh gmana reaksi teman2 kita itu, ....plg tidak, mereka bakalan mengernyitkan dahi deh....
nah, iya kalau ada kesempatan kita utk menjelaskan teknologi CGI yg diusungnya sih berarti msh ada kesempatan utk menunjukkan atau mengangkat kembali mutu kita yg sebenarnya...misalnya trus kita terangin, "oh jangan salah...meskipun ini cuma 1800cc, tapi... bla bla bla bla".... spt yg udah dg sangat gamblang dimahfumkan oleh om turboman, plus rekan2 lain itu.

nha kalau habis mengernyitkan dahi itu trus mereka berlalu begitu saja?...wah ! alamat gue bakalan jatoh PD deh...

cobak, cobak.... bagi para adik2 yg putra dari seorang executive sepuh, ...mgkin msh inget gmana susahnya menjelaskan dan meyakinkan bapak anda pas milih mobil....gimana pandangan bapak2 anda dulu ttg mobil2 cc kecil gini...
(maskoppat, hayoh, ente cerita sinih :frm_salut: )
---------------------
ah udah ah, gak jadi ajah....ternyata panjang ceritanya.... dan msh akan panjang lagi..... ngopi lagi ajah... :angel:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by maskopat »

wakz... ane bukan putra executive sepuh... dan ane gak pernah minta beliin mobil ke ortu... :big_weee:

kalo masalah cc kecil, emang kita sebagai user harus bisa jelaskan ke yang nanya. biar yang nanya juga bengong dengan dijelasin detail sampe ke teknis...

*paling yang nanya akan mikir: ini yang ditanya seorang eksekutip atau montir sih... :e-think:

............... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
compaqku
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Nov 17, 2009 8:44

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by compaqku »

waduh seru bener diskusinya... gak sekalian tambahin audi a4 1.8 TFSI hehehe... mesin canggih juga tuh...
anyway, ada yg tahu diskon bisa dikasih berapa yah antara 325i dan C250 CGI? terus STNKnya berapa yah sebulannya?
leonheart
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Fri Aug 13, 2010 12:22

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by leonheart »

AD74YA wrote:Untuk pertanyaan mengenai teknis CGI dan lain-lain pak turboman jawabannya sudah cukup mewakili..
Hansen wrote:mesin2 Gasoline generasi baru banyak yg yg berkapasitas lebih kecil tetapi output Power-nya sama spt mesin2 cc besar terdahulu, juga karakter Torsi besar @ RPM rendah
saya ingin mecoba menjawab, pada mesin C200 CGI, mesin hanya menggunakan supercharged (kompressor), daya mesin yang dihasilkan berkisar: 184 PS (135 kW; 181 hp)

sedangkan untuk varian C250 CGI selain kompressor juga diberikan turbo kit, sehingga mnghasilkan output sekitar 250 hp.

CMIIW
Nah katanya minta di correct, coba saya koreksi dikit ya. Sepengetahuan saya, C200 CGI dan C250 CGI sama pake turbochargernya (bukan kompressor seperti yang di C200k pre facelift model). Beda cuma di engine tuning aja. Mungkin ini yang buat C200 CGI lebih laku, karena basic mesinnya totally the same, cuma beda tuning aja.
Sumber saya hanya di website2 otomotif kayak topgear, oneshift, sgcarmart, website mercedes benz, dll.

bro ADJAYA gak pernah menyinggung kok, selalu berdebat dengan etika. lanjutkan bro.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by Abu2 »

setuju dgn bang Leon, lanjutkan perjuanganmu ADJAYA.... :frm_salut:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by Hansen »

nah lho...... :e-think:
Image
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by AD74YA »

leonheart wrote:
Nah katanya minta di correct, coba saya koreksi dikit ya. Sepengetahuan saya, C200 CGI dan C250 CGI sama pake turbochargernya (bukan kompressor seperti yang di C200k pre facelift model). Beda cuma di engine tuning aja. Mungkin ini yang buat C200 CGI lebih laku, karena basic mesinnya totally the same, cuma beda tuning aja.
Sumber saya hanya di website2 otomotif kayak topgear, oneshift, sgcarmart, website mercedes benz, dll.

bro ADJAYA gak pernah menyinggung kok, selalu berdebat dengan etika. lanjutkan bro.
http://www.mynrma.com.au/cps/rde/xchg/m ... -drive.htm

"The all-new C 250 CGI is powered by the same 1.8-litre turbo engine as the C 200 CGI but it is tweaked to produce 150kW of power and 310Nm of torque. The C 200 CGI has 135kW and 270Nm."


http://www.carsguide.com.au/site/news-a ... cgi_review
"Both the C200 and C250 share their turbocharged engines but the C250 gets a higher start of tune at 150kW/310Nm. The C250 adds up-scale audio system and Comand navigation, 18-inch alloys and maple interior trim."

Ya bener pak Leon ternyata.. thanks pak :thanks: saya kira masih sama dengan yang sebelumnya.. ternyata mesin nya based 1,8L cuma tuned nya beda... :upss:

Thanks juga dukungannya..
Abu2 wrote:setuju dgn bang Leon, lanjutkan perjuanganmu ADJAYA.... :frm_salut:
Hansen wrote:nah lho...... :e-think:
mending ... :ngacir: saja....

:e-whistle:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
tapegorengwedangjahe
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sat Oct 09, 2010 15:21

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by tapegorengwedangjahe »

Salam kenal para suhu semuanya,
Saya member baru, sebetulnya sudah lama selalu membuka SM utk cari referensi2 ttg otomotif. Tapi baru kali ini hendak memberanikan diri utk ikutan posting, kebetulan topic nya menarik dan relevan sekali dgn pengalaman saya.
Saya tdk punya pengetahuan mengenai teknologi mesin, tapi kebetulan memang saya baru saja membeli 325i dan tentunya sebelum itu saya membandingkan dgn Merc C250 maupun C200 sebagai kompetitor terdekat. Saya share saja pertimbangan saya, dan tentunya terserah (Ibu?) Debbie yg menentukan:

BMW 325i + points
- Karena diskon yg ditawarkan sangat menarik, jadi nya harga On the Road yg saya bayar jadi malah lebih murah dari harga yg tertera di price list Off The Road. Sementara Mercy tdk ada diskon, sehingga net2 nya harga Mercy C 250, bahkan C200 nya pun jadi jauh lebih mahal dari BMW 325i. Selisih harga on the road antara 325i dgn C250 bisa mencapai 70juta an. Belum lagi 5 tahun service inclusive nya yg membuat deal nya semakin ekonomis, sementara Mercy hanya memberikan 3 tahun. Harga2 dan biaya servis memang lbh murah mercy, namun dalam jarak yg sangat tipis saja.
- Feature2 lebih komplit. Adaptive Light, sunroof, dll dll. Juga Audio nya sudah Harmann Kardon, kita tahu sendiri agak risky untuk menginstall audio di mobil2 eropa seperti itu, khususnya juga krn mereka punya Head Unit yg spesifik yg tdk bisa begitu saja diganti dgn produk aftermarket. Sementara kualitas audio standar buat telinga saya sangat jelek (saya bukan audiophile sih, tapi cukup bawel aja soal sound quality). Sound quality dari Audio system Harmann Kardon di BMW 325i memang blm sebening system yg saya pernah pasang di mazda saya (yg total cost nya bisa lbh mahal dri harga mobilnya :frm_bang_head: - waktu itu msh muda dan msh o'on dan tdk bijak :oops: ) , tapi saya sudah test dengar, lumayan lah utk imbangin CD2 audiophile saya walaupun nantinya sih lbh banyak dipakai utk nyetel MP3 juga.
- Power BMW 325i lebih asik utk digenjot di jln tol dan trek panjang, walaupun sebetulnya akselerasi jarak dekat msh kalah tipis dr C250 krn turbo nya, namun utk akselerasi jarak panjang, 325i memiliki "nafas yg lebih panjang", artinya lbh berasa race car – namun factor ini sebetulnya tidak begitu relevan dijakarta kita lebih banyak mengemudi di “tempat parkir” daripada di jalanan.
- Yang satu ini masalah selera individu, tapi kalau buat selera saya, saya melihat kualitas interior BMW jauh lebih mencerminkan kemewahan dan sportifitas drpd interior dan dashboard C Class. Terus terang kalau tidak ada logo three point stars nya, dashboard C Class lbh menyerupai mobil jepang drpd premium brand dr Germany.

C 250 + points
- Brand Merc sudah menjadi leader, siapapun tahu Merc adalah top brand. Persepsi harga jual second yg lebih tinggi juga sudah melekat. Namun buat logika saya, sudah wajar kalau harga beli lebih mahal, mustinya harga jual second pun ya harus lebih tinggi. Dan selama ini memang harga baru Mercy selalu lbh tinggi dr BMW utk kelas yg sama.
- C Class relative lebih baru modelnya, baru sekitar 2-3 tahun, sementara 3 series sekarang (E90) sudah 5 tahunan di pasaran, artinya akan ganti model lbh dahulu drpd Mercy.
- C 250 memiliki Mileage/Fuel Consumption yg lbh panjang drpd 3 series. Saya garis bawahi lebih panjang, blm tentu lbh ekonomis. Karena sudah beberapa orang juga bilang, tehnology baru di C250 membuatnya harus menggunakan oktan 95 keatas, artinya Pertamax pun tidak cukup (CMIIW) krn hanya 92. Harus Pertamax Plus. Artinya mileage memang lbh panjang, namun harga bensin pun hrs lbh mahal. Namun buat yg sangat concern issues sustainability dan semakin menipis nya cadangan minyak bumi dunia, maka hal ini cocok dgn idealism tersebut.

Namun satu hal yang menurut saya pribadi (tentunya buat orang lain bisa berbeda), Mercedes melakukan kesalahan marketing fatal untuk image brand nya dengan menjual mobil2 nya untuk Taxi, walaupun memang hanya utk taxi premium macam silver bird. Namun buat saya, Mercedes adalah The Mercedes, tdk seharus nya menjadi taksi. Ya kalo di germany nya sendiri memang sebagian besar taksi adalah Mercedes, wong mobnas mereka hehehe. Tapi ya saya mungkin masih kuno dan traditional mindset nya, msh agak norak sih hehehe.

Pertimbangan tersebut saya buat sebalance mungkin, walaupun tentunya msh ada unsur bias dari preferensi pribadi saya. Tapi moga2 bisa jadi bahan input utk dipertimbangkan dr sudut pandang orang lain yg hasil nya tentu bisa saja berbeda dgn preferensi saya.

Moga2 bisa membantu.

Wassalam

TGWJ
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Post by andy1800 »

om TGWJ sungguh :frm_tumbleft: :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbleft: :off_good_job:
sangat diharapkan utk semakin sering menshare pengalamannya :off_ladies:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image