BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Sep 27, 2010 16:34
BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
Hi..salam semua..newbie nih....akhirnya bisa ketemu forum otomotif yang bagus juga hehehe
Saya ada rencana beli BMW 325i atau MERCY C250 terbaru....tapi bingung mana yang lebih bagus..tolong dikasi masukan dong dari segi fitur dan teknologi....sebenarnya lebih memilih C250 terbaru...tapi herannya c250 seharusnya 2.500cc tetapi di brosur tertulis 1.800 cc doang....dan katanya teknologinya canggih...bukannya 1.800 cc itu kekecilan untuk harga mobil 600jtan dan hanya 5speed sedangkan bmw sudah mengusung 6speed...dan kata marketingnya mesin 250cgi 1800 cc itu juga digunakan pada e250 juga...berarti mercy turun pangkat dong...e250 tetapi hanya 1800 cc doang
Dan para senior tahukan mengapa mobil mewah (BMW MERCY) memakai harga off the road dan bagaimana perhitungan On The Roadnya...di brosur BMW 325i executive 659jt*off the road. dan Mercedes C250 CGI 669jt*off the road...dan tergiur dengan c300 709JT* Off the road soalnya benar2 dengan mesin 3000cc bukannya 1800cc lg......
Terima kasih ya.....^^
Saya ada rencana beli BMW 325i atau MERCY C250 terbaru....tapi bingung mana yang lebih bagus..tolong dikasi masukan dong dari segi fitur dan teknologi....sebenarnya lebih memilih C250 terbaru...tapi herannya c250 seharusnya 2.500cc tetapi di brosur tertulis 1.800 cc doang....dan katanya teknologinya canggih...bukannya 1.800 cc itu kekecilan untuk harga mobil 600jtan dan hanya 5speed sedangkan bmw sudah mengusung 6speed...dan kata marketingnya mesin 250cgi 1800 cc itu juga digunakan pada e250 juga...berarti mercy turun pangkat dong...e250 tetapi hanya 1800 cc doang
Dan para senior tahukan mengapa mobil mewah (BMW MERCY) memakai harga off the road dan bagaimana perhitungan On The Roadnya...di brosur BMW 325i executive 659jt*off the road. dan Mercedes C250 CGI 669jt*off the road...dan tergiur dengan c300 709JT* Off the road soalnya benar2 dengan mesin 3000cc bukannya 1800cc lg......
Terima kasih ya.....^^
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
Nuwbie coba bantu dikit :debbie wrote:Hi..salam semua..newbie nih....akhirnya bisa ketemu forum otomotif yang bagus juga hehehe
Saya ada rencana beli BMW 325i atau MERCY C250 terbaru....tapi bingung mana yang lebih bagus..tolong dikasi masukan dong dari segi fitur dan teknologi....
Preferensinya utk apa dulu ?
Comfort & Space : MB (Merc Benz)
Handling & steering serta fitur : BMW
Utk resale value : biasanya dari yg sudah2 sih MB lebih baik drpd BMW, tetapi skg ini BMW Indonesia cukup gencar yg buyback guarantee & free service, jadi ntar ditanyain aja scr detail ke salesnya.
Mengenai mesin 1800 cc di C 250 CGI :
Mesin ini menggunakan Turbocharger - Intercooler & GDI (Gasoline Direct Injection) sehingga output Torsi-nya juga besar & Torsi didapat sejak RPM rendah (since 1800 RPM kalo ga salah)
makanya MB bisa memasang badge "250" di variant tsb.
Saat ini trend mesin gasoline di Eropa memang mengejar kons BBM yg semakin irit & emisi CO2 yg semakin rendah, sementara mempertahankan tenaga mesin, maka itu mesin2 Gasoline generasi baru banyak yg yg berkapasitas lebih kecil tetapi output Power-nya sama spt mesin2 cc besar terdahulu, juga karakter Torsi besar @ RPM rendah + transmisi bergigi banyak agar mesin nggak perlu berputar ke RPM tinggi saat melaju.
Di Eropa dgn emisi CO2 yg lebih kecil maka user akan dikenakan pajak yg lebih kecil, sayangnya di Indonesia belum mengenal sistem Carbon Tax, pajak dihitung dr harga mobilnya.
Jadi utk mesin2 Gasoline konsep baru dgn GDI & Turbo, kita cukup lihat spec-nya (Power & Torsi vs RPM) walau cc-nya kecil-kecil (spt mesin2 VW TSI / TFSI)
Konsekuensi mesin GDI Turbo ini = harus menggunakan bahan bakar yg bagus, direkomendasi Oktan 95, RON 92 still acceptable, and no way for Premium / RON 88.
Utk harga OTR :
Minta diskon yg besar ama salesnya.......heheh, jualan sedan premium skg ini bukanlah hal mudah, calon pembeli benar2 raja bagi sales2 sedan MB & BMW.
Perhitungan harga Off-TR en OTR = kira2 tambah 10 - 11% (CMIIW)
CMIIW
Monggo rekan2 utk menambahkan........
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR

Nubie juga jadi ingin bertanya :
Jadi bedanya C200 CGI ama C250 CGI apa aja yah kalo sama2 1800cc ?



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
harga on theroad C 250 jd 741 jeti C 300 jd 784 jeti
plg worth C 300 bos
knp
mesin 4 silinder turbo biarpun bertenaga tp jauh lbh halus msn v6 . kl msh baru ya sama halus tp udah 50rb km ke atas beda v6 msh halusss kl 4 silinder aplg turbo ya gitu deh dia hrs pake counter balancing rotating shaft atau apa nmnya spy getarannya halus tp ini kan berarti ada tambahan mcm mcm sparepart yg nantinya hrs diganti kl jebol
buka kap mesin jg keliatan ksong kl C 300 keliatan penuh
tp kl hobi nyetir bmw 325 aja ini mesinnya bukan v tp sejajar lbh halus lg cuman mesinnya 2500 cc ya kl C 300 lbh gede 3000 cc borosnya sama aja tp tenaga enakan yg 3000
plg worth C 300 bos
knp
mesin 4 silinder turbo biarpun bertenaga tp jauh lbh halus msn v6 . kl msh baru ya sama halus tp udah 50rb km ke atas beda v6 msh halusss kl 4 silinder aplg turbo ya gitu deh dia hrs pake counter balancing rotating shaft atau apa nmnya spy getarannya halus tp ini kan berarti ada tambahan mcm mcm sparepart yg nantinya hrs diganti kl jebol
buka kap mesin jg keliatan ksong kl C 300 keliatan penuh
tp kl hobi nyetir bmw 325 aja ini mesinnya bukan v tp sejajar lbh halus lg cuman mesinnya 2500 cc ya kl C 300 lbh gede 3000 cc borosnya sama aja tp tenaga enakan yg 3000
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
Untuk pertanyaan mengenai teknis CGI dan lain-lain pak turboman jawabannya sudah cukup mewakili..
sedangkan untuk varian C250 CGI selain kompressor juga diberikan turbo kit, sehingga mnghasilkan output sekitar 250 hp.
CMIIW
saya ingin mecoba menjawab, pada mesin C200 CGI, mesin hanya menggunakan supercharged (kompressor), daya mesin yang dihasilkan berkisar: 184 PS (135 kW; 181 hp)Hansen wrote:mesin2 Gasoline generasi baru banyak yg yg berkapasitas lebih kecil tetapi output Power-nya sama spt mesin2 cc besar terdahulu, juga karakter Torsi besar @ RPM rendah
sedangkan untuk varian C250 CGI selain kompressor juga diberikan turbo kit, sehingga mnghasilkan output sekitar 250 hp.
CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
Hhmmmm...bukannya mesin konfigurasi V bakal lebih halus dr inline secara teoritis?
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
ya bener...ZombiEE wrote:Hhmmmm...bukannya mesin konfigurasi V bakal lebih halus dr inline secara teoritis?
tapi kata pak mplover mesin inline BMW lebih halus dari MB... benarkah?

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
Kalo lebih gahar iya...tp gimana pun desain shaft pendek lbh stabil dr shaft panjang?tp ane blm pernah tes drive...
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
kalo c250 ane juga belum.. 

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
Mbl diatas ane blm pnh tes semua nya....toel pun gak pnh..‎​​メίίî—メίίî—メίίî—‎​​メίίî—メίίî—メίίî—
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
ya enggak dong bos terbalik v6 ga mungkin bs sehalus inline 6 krn v6 kan ditaronya miring ada sudut brp derajat beda2 jd butuh tambahan balancing shaft. pernah gak naek mbl v6 yg balance shaftnya ini rusak ? wuh geterrrrr ada alesannya bos knp bmw begitu bangga BMW GA AKAN PERNAH BIKIN MESIN V6 bos, porsche jg ga pake v6 di 911 nyaAD74YA wrote:ya bener...ZombiEE wrote:Hhmmmm...bukannya mesin konfigurasi V bakal lebih halus dr inline secara teoritis?
tapi kata pak mplover mesin inline BMW lebih halus dari MB... benarkah?
misal ferrari atau bentley atau rolls royce v12 jg mesinnya = dua set inline 6 digabung bukan dua set mesin v6
sy ga pinter jelasin jadi baca ini aja nih bos2 :
http://en.wikipedia.org/wiki/V6_engine
"Although it is more complicated and not as smooth as the inline 6, the V6 is more compact"
http://en.wikipedia.org/wiki/V6_engine
"An inline six engine is in perfect primary and secondary mechanical balance, which can be achieved without using a balance shaft. The engine is in primary balance because the front and rear trio of cylinders are mirror images, and the pistons move in pairs. That is, piston #1 balances #6, #2 balances #5, and #3 balances #4, largely eliminating the polar rocking motion that would otherwise result. Secondary imbalance is avoided because an inline six cylinder crankshaft has six crank throws arranged in three planes offset at 120°. The result is that differences in piston speed at any given point in rotation are effectively canceled.
An inline four cylinder or V6 engine without a balance shaft will experience secondary dynamic imbalance, resulting in engine vibration. As a general rule, the forces arising from any dynamic imbalance increase as the square of the engine speed  that is, if the speed doubles, vibration will increase by a factor of four. In contrast, inline six engines have no primary or secondary imbalances, and with carefully designed crankshaft vibration dampers to absorb torsional vibration, will run more smoothly at the same crankshaft speed (rpm). This characteristic has made the inline six popular in some European sports-luxury cars, where smooth high-speed performance and good fuel economy are desirable."
http://en.wikipedia.org/wiki/V12_engine
A V12 engine is a V engine with 12 cylinders mounted on the crankcase in two banks of six cylinders, usually but not always at a 60° angle to each other, with all 12 pistons driving a common crankshaft.[1]
Since each cylinder bank is essentially a straight-6, this configuration has perfect primary and secondary balance no matter which V angle is used and therefore needs no balance shafts.
jd gitu bos2 ga nyangka di serayamotor jg msh byk org yg salah kaprah nyangka v6 lbh superior cuma krn lbh byk yg pake padahal cuma krn lbh murah biayanya aja bos
mesin inline 6 itu LEBIH SUPERIOR DARIPADA V6 ! inline itu lbh superior drpd v makanya kl mesin 4 silinder semua jg inline ga ada yg bikin V4
sdgkan ga ada yg bikin inline 8 buat mobil aplg inline 12 kepanjangan bos ga msk kap mesin
Last edited by mpvlover on Wed Sep 29, 2010 17:08, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
Icic....thanks bos atas pencerahannya:)
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
diatas mane bang?ZombiEE wrote:Mbl diatas ane blm pnh tes semua nya....toel pun gak pnh..‎​​メίίî—メίίî—メίίî—‎​​メίίî—メίίî—メίίî—
Ya ya.. ada beberapa poin sebenarnya yang bisa kita ambil:mpvlover wrote:ya enggak dong bos terbalik v6 ga mungkin bs sehalus inline 6 krn v6 kan ditaronya miring ada sudut brp derajat beda2 jd butuh tambahan balancing shaft. pernah gak naek mbl v6 yg balance shaftnya ini rusak ? wuh geterrrrr ada alesannya bos knp bmw begitu bangga BMW GA AKAN PERNAH BIKIN MESIN V6 bos, porsche jg ga pake v6 di 911 nyaAD74YA wrote:ya bener...ZombiEE wrote:Hhmmmm...bukannya mesin konfigurasi V bakal lebih halus dr inline secara teoritis?
tapi kata pak mplover mesin inline BMW lebih halus dari MB... benarkah?
1. Inline 6 (I6) memiliki torsi yang lebih besar dari V6. Tapi penggunaan I6 sangat memakan ruang mesin. Atas nama kepraktisan, maka pembuatan konfigurasi V ini yang membuat mesin V6 lebih banyak (dominan) terhadap I6. Nah sekarang coba perhatikan postingan ente mengenai I6 lebih halus dari V6.. I6 BMW vs V6 Merc. Logikanya, mau siapapun produsennya, I6 nggak akan lebih halus dari V6, ini mencakup getaran mesin, dan suara mesin. Kecuali seperti yang ente bilang, kalo balancing shaft rusak ya dadah bye bye suara halus..
2. BMW nggak pernah bikin V6 kenapa? karena mereka begitu bangganya dengan sejarah I6 mereka yang powerful dan cukup kompak. BMW pun semua desain mobilnya nggak ada yang bonnetnya pendek kan? semua pasti panjuang, sehingga BMW nggak mungkin membuat mobil kompak ber I6, sehingga larinya malah ke I4 kalau mau bikin mobil kecil.
3. BMW sendiri sebenernya penggemar konfigurasi V kok... mesin paling canggih mereka; dipake di generasi pertama Mclaren; V12 gold-plated engine. Ini merupakan pengembangan dari penggabungan dua I6 BMW. Mesin V12 biasa juga sudah dipakai di BMW 750iL.. Tapi BMW lebih senang dengan mesin V8 mereka untuk varian M nya... inipun merupakan gabungan dari 2 mesin I4 BMW... V8 ada pada varian M5 dari jaman kapan sampe Gran turismo yang terbaru ada varian pake V8... makanya BMW lengket banget dengan istilah "twin turbo", karena dibawah bonnetnya, mobil sport BMW itu terdapat 2 mesin digabungin jadi 1. Ini sebenernya untuk citra BMW yang lebih ke performa, jika disejajarkan dengan Mbenz... tapi ya.. mobil ini ga akan pernah kerasa lebih kompak.
4. Porsche.... Kayaknya udah cukup jelas kenapa gak buat mesin kofig V6... Porsche mana ada bikin mobil bukan atas nama kecepatan... Panamera sama Cayenne saja mobil sport jatuhnya..

[/quote]mpvlover wrote:jd gitu bos2 ga nyangka di serayamotor jg msh byk org yg salah kaprah nyangka v6 lbh superior cuma krn lbh byk yg pake padahal cuma krn lbh murah biayanya aja bos
mesin inline 6 itu LEBIH SUPERIOR DARIPADA V6 ! inline itu lbh superior drpd v makanya kl mesin 4 silinder semua jg inline ga ada yg bikin V4
sdgkan ga ada yg bikin inline 8 buat mobil aplg inline 12 kepanjangan bos ga msk kap mesin
jangan komen yang enggak-enggak ah.. ngapain orang membuat V4, secara inline 4 sudah sangat kompak dan murah pembuatannya. Ngapain mahal2 sih.... malah bikin ribet.
memangnya siapa yang mengatakan V6 lebih superior dibanding I6 ?

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
LOH, ente sendiri yg blg "bener" mesin v lbh halus drpd inbline secara teoretis tp kenyataannya gak begitu bosAD74YA wrote:ya bener...ZombiEE wrote:Hhmmmm...bukannya mesin konfigurasi V bakal lebih halus dr inline secara teoritis?
mercedes jg dulu bikin inline tp udah 15 taun lalu jd teknologi mesin inline mrk jelas ga semaju bmw yg ampe hr ini msh terus ngembangin inline
kl ga percaya ya bandingin aja e320 masterpis yg msh inline vs bmw 325i inline 6
inline vs V lbh halus inline ini secara hukum fisika udah pasti. inline bmw vs inline mercy ya canggihan bmw wong ampe hr ini bmw msh bikin inline.
buat TS drpd ini topik molor terus coba aja test drive semua mblnya
buat pak adit, jgn lupa pak sy malah nyaranin TS buat beli mercy C 300 loh bkn bmw tp kl dia testdrive lbh demen karakter mesin inline bmw yg power delivernya maknyuss, ya terserah dia deh
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
Yang saya katakan lebih smooth... terutama mesin V6 Benz...mpvlover wrote:LOH, ente sendiri yg blg "bener" mesin v lbh halus drpd inbline secara teoretis tp kenyataannya gak begitu bosAD74YA wrote:ya bener...ZombiEE wrote:Hhmmmm...bukannya mesin konfigurasi V bakal lebih halus dr inline secara teoritis?
mercedes jg dulu bikin inline tp udah 15 taun lalu jd teknologi mesin inline mrk jelas ga semaju bmw yg ampe hr ini msh terus ngembangin inline
kl ga percaya ya bandingin aja e320 masterpis yg msh inline vs bmw 325i inline 6
inline vs V lbh halus inline ini secara hukum fisika udah pasti. inline bmw vs inline mercy ya canggihan bmw wong ampe hr ini bmw msh bikin inline.
buat TS drpd ini topik molor terus coba aja test drive semua mblnya
buat pak adit, jgn lupa pak sy malah nyaranin TS buat beli mercy C 300 loh bkn bmw tp kl dia testdrive lbh demen karakter mesin inline bmw yg power delivernya maknyuss, ya terserah dia deh
Kalau I6 lebih efisien dan murah, benar.. tapi lebih halus.. aku rasa itu salah kaprah ya..
tapi CMIIW ya:
V6 lebih sedikit energy loss dari pada I6, karena duplicates valve gears dan camshafts menyebabkan frictional loss yang lebih kecil = mengakibatkan tarikan bawah mesin V6 lebih halus dari I6.
Konfigurasi V juga menyebabkan temperatur mesin jauh di bawah I, dimana artinya mesin lebih halus bekerja dan radiator nggak harus bekerja lebih keras dari I (less to overheat)
Ditambah lagi dengan teknologi twin cam dan VVT (variable valve timing) yang bekerja jauh lebih efisien untuk mesin V.
3 hal diatas yang membuat pergeseran keyakinan bahwa mesin V6 60 derajat sudah disetarakan dengan kehalusan mesin Inline 6.
Ditambah lagi tarikan bawah yang lebih tinggi pada V6, menyebabkan Inline 6 semakin ditinggal...
Masalah teori balancer shaft itu memang masih berlaku sampai sekarang, tapi V6 teknologi sudah maju bung.. dari ditemukan tahun 1930-1950an dimana V6 dulu dikecam gara2 kasar dan cepet breakdown (dan masih ada banyak orang tua yang terpengaruh kepercayaan ini) hingga di tahun 1980 dimana teknologi V6 sudah maju, dan sekarang inline 6 sudah banyak ditinggalkan.
Makanya mobil luxury apa yang masih pake Inline 6 dari pada v6? germany, atau malah europe ya.. yang masih setia cuma BMW doang.
Yang masih ada beberapa malah di USA, seperti Ford Falcon, dll.. wajar karena muscles bonnetnya ga ada yang kecil.
Seperti yang sudah saya tulis, BMW terlalu (baca: ter.. la.. lu..) bangga dengan sejarah I6 nya..

Oya sekedar info aja ya:
Mesin Benz V6 ga bisa disamain dengan V6 pada umumnya. dan konfig mesin benz ini yang banyak ditiru oleh produsen mobil lain, tapi karena kurang efisien (production cost), masih banyak yang pakai 60 degree...:
>mesin Mercedes "supersmooth" 2.4 sampai 3.2 liter V6, semua meliliki arsitektur sama dengan V8 (90 degree) dan masih ditambah balancer shaft.......................... Ini di klaim lebih halus dari mesin Inline 6, dan saya percaya juga dibanding inline punya BMW.
CMIIW ya
oiya Inline six sebenernya ditulis L6 bukan I6.

NB: saya kayaknya sudah pernah test drive I6 BMW punya... ya memang tenaga dan kehalusan mesinnya luar binasa..

Cuma sepertinya BMW nggak mengikuti trend "green/eco" ya.. karena masalah keborosannya masih paling gede dibanding mesin rivalnya.. (wajar sih benz nya 1800 CGI, Audi pake TSI).
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
Biar gak ambigu ya:mpvlover wrote:jd gitu bos2 ga nyangka di serayamotor jg msh byk org yg salah kaprah nyangka v6 lbh superior cuma krn lbh byk yg pake padahal cuma krn lbh murah biayanya aja bos
Superior yang saya tangkap, berarti lebih bertenaga, lebih cepat, bertorsi lebih besar.
dan itu memang benar. L6 lebih superior dari V6.
Pemilihan bahasa perlu diperbaiki ya

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
Mantap...diskusi sehat...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
@stig: itu lo...bmw sama mercy yg disebutkan ts tuh...ane toel pun kaga pernah..‎​​メίίî—メίίî—メίίî—‎​​メίίî—メίίî—メίίî—
Sekedar intermezzo...porsche setau ane tidak memakai mesin konfigurasi inline, tapi memakai boxer...dimana jg piston nya bergerak melawan arah tpi sudut nya 180 derajat:)
Ane pernah membaca dimana gitu..mesin dgn konfigurasi V akan lbh mudah mencapai redline dan bertenaga karena rotating mass nya yg kcl dibandingkan mesin inline dgn jumlah silinder sama...cmiiw:)
Mesin V4 ada kok di sepeda motor kencang2...cmiiw lagi:D
Nah...kalo superior trus ditarik korelasi antara opsi yg dikasih TS, ane bener ga tau mana lbh superior, krn ane memandang mbl itu 1 paket, bkn cmn mesin:)
Sekedar intermezzo...porsche setau ane tidak memakai mesin konfigurasi inline, tapi memakai boxer...dimana jg piston nya bergerak melawan arah tpi sudut nya 180 derajat:)
Ane pernah membaca dimana gitu..mesin dgn konfigurasi V akan lbh mudah mencapai redline dan bertenaga karena rotating mass nya yg kcl dibandingkan mesin inline dgn jumlah silinder sama...cmiiw:)
Mesin V4 ada kok di sepeda motor kencang2...cmiiw lagi:D
Nah...kalo superior trus ditarik korelasi antara opsi yg dikasih TS, ane bener ga tau mana lbh superior, krn ane memandang mbl itu 1 paket, bkn cmn mesin:)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
Dua2nya gak salah. Mesin V bisa dibikin sehalus inline. Cuma spt kata mplover, pilih yg balance secara alami dgn mesin inline atau pake Konfigurasi v tapi ada tambahan balancer dll yg sewaktu2 bisa jebol..?
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
Selain boxer, Porsche juga ada mesin 4 cyl, dan 6 cyl inlineZombiEE wrote:@stig: itu lo...bmw sama mercy yg disebutkan ts tuh...ane toel pun kaga pernah..‎​​メίίî—メίίî—メίίî—‎​​メίίî—メίίî—メίίî—
Sekedar intermezzo...porsche setau ane tidak memakai mesin konfigurasi inline, tapi memakai boxer...dimana jg piston nya bergerak melawan arah tpi sudut nya 180 derajat:)
Ane pernah membaca dimana gitu..mesin dgn konfigurasi V akan lbh mudah mencapai redline dan bertenaga karena rotating mass nya yg kcl dibandingkan mesin inline dgn jumlah silinder sama...cmiiw:)
Mesin V4 ada kok di sepeda motor kencang2...cmiiw lagi:D
Nah...kalo superior trus ditarik korelasi antara opsi yg dikasih TS, ane bener ga tau mana lbh superior, krn ane memandang mbl itu 1 paket, bkn cmn mesin:)
Pak mpvlover juga ada sedikit miss karena Cayenne pake V6 turbo sampai sekarang (hayo pak.. kenapa nggak inline 6 cobaa?... hehehe padahal SUV lho.. harusnya butuh torsi gede kan?)
Panamera juga ga inline sebenernya.

Saya koreksi lagi, balancer nggak semudah itu jebol... postingan2 disini seakan2 teknologi balancing shaft itu cepat rusak..padahal enggak.Knalpot wrote:Dua2nya gak salah. Mesin V bisa dibikin sehalus inline. Cuma spt kata mplover, pilih yg balance secara alami dgn mesin inline atau pake Konfigurasi v tapi ada tambahan balancer dll yg sewaktu2 bisa jebol..?
Dan mesin V yang terbaru sudah di klaim sama bahkan lebih halus dari inline, seperti V6 Benz.
CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Mon Jul 31, 2006 10:32
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
Kalo W12 itu berarti gabungan dari 2x V6 ya? Apakah W12 lebih halus dari V12?
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
betul.. betul.ammophobia wrote:Kalo W12 itu berarti gabungan dari 2x V6 ya? Apakah W12 lebih halus dari V12?
CMIIW ya
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
BACA LG BOS, GW TULIS PORSCHE GAK PAKE V6 DI 911 NYA. PORSCHE 911 LOH YG SPORTSCAR. BUKAN CAYENNE YG TRUKAD74YA wrote:ZombiEE wrote:
Pak mpvlover juga ada sedikit miss karena Cayenne pake V6 turbo sampai sekarang (hayo pak.. kenapa nggak inline 6 cobaa?... hehehe padahal SUV lho.. harusnya butuh torsi gede kan?)
CMIIW
mesin inline 6 itu lbh smooth drpd v6 krn secara fisika jg dr sananya sdh begitu kl v6 hrs diakali dgn ini itu yg setelah berumur komponen komponen ini mulai termkn umur sdgnkan inline 6 akan selamanya seimbang bos
skrg ada kbr jaguar sdg berusaha memesan mesin mesin dr bmw
v12 lbh halus drpd w12 krn di w12 lbh byk lg komponen komponen tambahan
makanya gak ada yg pake w12 semua jg pake v12 dr ferrari ampe rolls royce
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
nih bos2 gw males debat kusir liat aja daftar pemenang INTERNATIONAL ENGINE OF THE YEAR di :
http://en.wikipedia.org/wiki/Internatio ... f_the_Year
silakan lihat sendiri pemenang terbyk siapa. bmw menang 51 mesin kebanyakan mesin inline 6 mrk sementara mercedes menang 9 dan GAK ADA SATU PUN MESIN V6, msn mercy yg dpt award itu mesin v8 dan v12 mrk
buat bos bos lain yg penasaran silakan diliat dan caritau sendiri mesin mana yg terbaik dan siapa pembuat mesin terbaik di dunia
oya bos bos yg hobi mobil sport pasti tau mbl plg legendaris mclaren F1 kan, nah tebak siapa yg supply mesinnya ke mclaren !!
http://en.wikipedia.org/wiki/Internatio ... f_the_Year
silakan lihat sendiri pemenang terbyk siapa. bmw menang 51 mesin kebanyakan mesin inline 6 mrk sementara mercedes menang 9 dan GAK ADA SATU PUN MESIN V6, msn mercy yg dpt award itu mesin v8 dan v12 mrk
buat bos bos lain yg penasaran silakan diliat dan caritau sendiri mesin mana yg terbaik dan siapa pembuat mesin terbaik di dunia
oya bos bos yg hobi mobil sport pasti tau mbl plg legendaris mclaren F1 kan, nah tebak siapa yg supply mesinnya ke mclaren !!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: BMW 325I atau MERCEDES C 250 CGI dan Perhitungan OTR
BMW!...‎​​メίίî—メίίî—メίίî—‎​​メίίî—メίίî—メίίî— tp f1 nya mercedes, kalo ndak salah pagani pake mercy?cmiiw