Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote:penggunaan coolant jg mempengaruhi logh.. paling nga itu yg terjadi di sedan lawas saya... kalo cuman pake air biasa doank, temperatur pas driving normal nya pas di posisi stengah... tapi gt saya pakein coolant, jarum nya selalu di posisi setengah kurang... bahkan pas ngebut skalipun cuman naek dikit banget dan masi dibawah posisi stengah...
betul, krn dg pemakaian coolant, mk titik didihnya menjadi naik tergantung dari berapa banyaknya campuran yg dipake ama spesifikasi dr coolant itu sendiri.........
DOHC wrote:penggunaan coolant jg mempengaruhi logh.. paling nga itu yg terjadi di sedan lawas saya... kalo cuman pake air biasa doank, temperatur pas driving normal nya pas di posisi stengah... tapi gt saya pakein coolant, jarum nya selalu di posisi setengah kurang... bahkan pas ngebut skalipun cuman naek dikit banget dan masi dibawah posisi stengah...
betul, krn dg pemakaian coolant, mk titik didihnya menjadi naik tergantung dari berapa banyaknya campuran yg dipake ama spesifikasi dr coolant itu sendiri.........
Bukannya paling aman pake radiator coolant semuanya, bukan pake yang masih dicampur segala?
esh wrote:
Bukannya paling aman pake radiator coolant semuanya, bukan pake yang masih dicampur segala?
klo menurut penjelasan para ahli soal coolant, yg ane pernah dikasih tau adalah ga boleh pake coolant semua..............
ane lupa alasannya, tp sebaiknya diikuti klo pake coolant maksimal adalah 50 persen dari kapasitas air di mbl yg akan diisi coolant...........
DOHC wrote:kayanya ada wabah merebak di sm, TS bsa menghilang bak ditelan bumi scara mendadak... hii... seremmm
btw, saya sigh lebi suka beli yg concentrate coolant lalu saya campurin sendiri.... yah 50 :50 lah perbandingan nya... dan blom ada masalah sigh.. so far..
hahahahaha....................
klo boleh tau merk apakah yg nt pake bro................ klo ane sih dari dulu pake prestone kemasan 1 literan...... pakenya 4 botol, jadi konsentrasinya kira2 50 persen air n 50 persen coolant........ sama spt nt.................
sorry om br OL minggu ampe senen bolak-balik bengkel... saran om sjamsul udah dicoba yg no. 1 pd saat mesin dingin air gak ngalir om, dicoba masukin air dingin ke radiator malah neken keatas CMIIW, asumsi sementara kayaknya cylinder headnya om (bener gak) ....nih mo coba dibongkar mesin....
babykoe wrote:sorry om br OL minggu ampe senen bolak-balik bengkel... saran om sjamsul udah dicoba yg no. 1 pd saat mesin dingin air gak ngalir om, dicoba masukin air dingin ke radiator malah neken keatas CMIIW, asumsi sementara kayaknya cylinder headnya om (bener gak) ....nih mo coba dibongkar mesin....
aduuhhh....... jangan bongkar mesin dulu, nt coba lepas thermostart terlebih dahulu, trus liat apakah stl dilepas, airnya mengalir dg baik apa kaga, klo ga ngalir, ada kemungkinan waterpumpnya ada kerusakan, klo mengalir dg baik, coba nt pake itu mbl apakah msh tinggi temperaturnya apa normal, nanti dari situ sedikit banyak bisa diambil kesimpulan apakah mesinnya memang perlu dibongkar apa kaga............
nambahin om jd pd saat saya coba cara no 1 tuh mesin udah gak bisa hidup om... saya coba isi radiator ama air trus sambil distater ya gitu dia neken keatas... gitu om..
hmm.... klo gitu coba dulu deh akinya dibereskan, kmd baru deh dilanjutkan pencariannya................. pencarian penyebab panasnya mesin nt...... ok.
bro sjam... ane pakenya prestone jg tuh... yg botol ijo aja... tapi nanti rencana mo coba di livina ane pake prestone yg long life tuh, yg warna cairan nya orange atau merah2 gt... kayanya lebi bagus daripada yg ijo sigh...
^^
ohhhh....... klo gitu sama dunk, tp botolnye bukan ijo, tp kuning bro....... hehehe...
Ane pernah liat di ace hw, yg long life coolant, klo ga salah bisa ampe 5 th deh........... tp terus terang anenya belon berani beli bro, krn sekali beli berasa tuh.............. kantongnye................ hehehe......
DOHC wrote:emang sigh harganya rada wahh, tapi kalo diitung2 kan lumayan tuh tahan ampe 5 tahun kaga usa utak atik radiator.. jatuh2 nya irit jg akhirnya
betul juga sih, tp dg asumsi selama 5 th ga ada kerusakan yah.......... Nah, ntar repotnya klo pas lagi ada kerusakan di selang2 atau waterpump ato yg lainnya, bukannya jadi kebuang ................ tul ga....
bro, ane pikir mungkin coolant yg mahal itu lbh cocok di mbl kelas premium deh, mengingat klo ganti air radiator khan ga terlalu gampang spt kijang ato panther. Jadi dg pake yg tahan lbh lama, dah pasti biaya yg akan dikeluarkan nantinya jadi lbh kecil.........
Tapi balik lagi sih, tergantung dari masing2, apakah mau ato kaga sekali keluarin uang yg relatip besar cuma untuk urusan radiator ajah............. hehehe...........
nah itu dia bro sjam, ane justru mo pakein tuh yg long life buat si livina ane aja, secara tuh mobil masi baru (baru 1 taun gt) dan lagi rada ribet nigh mobil kalo mo kuras nya, ga segampang panther gt... jadi skalian aja dipakein yg long life... tapi ini jg masi mikir2 lagi sigh... takutnya tuh beneran long life ga, trus bisa bertahan ampe slama itu ga umur pakai nya secara medan di indo cukup berat, macet tiap ari gt...
kalo yg panther ane mah uda kasi yg mur mer aja... sejerigen 5 liter lebih cuman 20 rebu... mo sbulan skali ganti jg ga berat di kantong...