Btw. mobilnya karbu atau injection.ZombiEE wrote:oom...saya punya bukan ga dingin..mohon petunjuknya yah.....hellppp...
knapa asal kompresor a/c nya aktip selalu hampir mati mendadak mesinnya..(getar keras..)??
misalkan habis jalan dan berhenti di lampu merah gitu(putaran mesin menuju idle)..nah..pas berhentinya itu kompresor nya nyala..lgsg drop deh putaran mesinnya..sampai hampir keabisan napas....ada apa yah???please help...padahal idle speed nya uda saya naikkan 250 rpm dari 700 ke 950rpm sewaktu kompresor a/c non aktif...
trus napa nih kasar bgt yah suaranya skg?...dengung lagi..dengung nya paling terasa sewaktu digas pada rentang 1500rpm-2500rpm.....ganti belt tidak membantu...helep plsss...
Kemungkinan penyebabnya adalah:
1. Kerusakan iddle-up.
Iddle up pada dasarnya ada 2 macam:
a: Idlle up mekanis: biasa digunakan pada mobil karbu. Berupa vacum yang memiliki tuas yang terhubung pada mekanisme throttle(GAS istilah awamnya).Vacum berbentuk seperti piringan berongga , dimana didalamnya ada membran terbuat dari karet. membran ini bagian depan terhubung dengan tuas besi. bagian belakangnya terhubung disedot oleh intake manifold(terhubung dengan selang karet pada intake manifold/saluran isap mesin).
Selang karet ini melalui katup selenoid yang bisa membuka atau menutup sesuai dengan aliran listrik yang mengalir padanya.
Saat AC on. solenoid membuka sehingga diagragma kesedot isapan intake manifold. Akibatnya tuas menarik Throthlle , dan RPM naik.
Kerusakan pada mekanisme ini bisa terjadi pada diafragma robek, atau solenoid rusak(kabel putus).
b. Iddle-up elektronis. Harus menggunakan BOD untuk mendiagnosa keruakan sensornya.Terhubung dengan ECU. Saat ac on, ecu memerintahkan injector utk menyemprot lebih banyak bbm. Akibatnya rpm naik.
2. Kompresornya berat, bisa karena kerusakan kompresor misal bearing/piston , atau kebanyakan isi freon. Utk mesin karbu sangat terasa efeknya. RPM turun signifikan. Karena mesin terbebani oleh kompresor. C
Sedang utk mobil injection, biasanya sensor hanya melihat rpm dan pulse dari kelistrikan AC sebagai variabelnya. Saat rpm turun, ecu memerintahkan agar bbm lebih banyak.otomatis rpm kembali pada keadaan defaultnya.
Mengenai bunyi mendengunmg. bisa karena kompresor atau bearing.