AC Mobil
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: AC Mobil
mungkin kena itu kompresornya
selama ini sering dirawat ga? filternya diganti gitu?
kalo betul kompresornya, bisa kena biaya lumayan besar tuh
coba cek garansinya, semoga masih berlaku
selama ini sering dirawat ga? filternya diganti gitu?
kalo betul kompresornya, bisa kena biaya lumayan besar tuh
coba cek garansinya, semoga masih berlaku
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Tue Dec 23, 2008 4:57
Re: AC Mobil
Bisa dipastikan itu Magnet( elektromagnet) Kompresornya. Kompresor nyala saat magnetnya on sehingga pulley kompresor terputarkan oleh belt ac. Belt Ac diputar oleh mesin.
Di magnet biasanya ada ring tipis berjumlah beberapa lembar yang berguna sbg clearance/ stelan. Saat pulley udah agak aus karena gesekan yg lama , biasanya cukup tambahkan ring itu aja.
Kalo enggak magnet tidak kuat utk menarik pulley, karena jarak clearance yg terlalu besar.
Magnet/pulley adalah bagian yg dapat dipisah dr kompresor , jadi kemungkinan meskipun kompresor diganti , magnetnya adalah bawaan dari yg lama.
Di magnet biasanya ada ring tipis berjumlah beberapa lembar yang berguna sbg clearance/ stelan. Saat pulley udah agak aus karena gesekan yg lama , biasanya cukup tambahkan ring itu aja.
Kalo enggak magnet tidak kuat utk menarik pulley, karena jarak clearance yg terlalu besar.
Magnet/pulley adalah bagian yg dapat dipisah dr kompresor , jadi kemungkinan meskipun kompresor diganti , magnetnya adalah bawaan dari yg lama.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: AC Mobil
mengamati apakah kopling kompresor bekerja atau tidak, sesungguhnya bukan hal yang sulit Buka kap mesin dan perhatikan pada sisi kompresor di mana ada terletak puly AC.karena begitu posisi AC on maka akan ada bunyi klek tandanya kopling baik dan AC bekerja.
Freon habis,atau karena ada kebocoran pada saluran kompresor.
Konpresor dapat diibaratkan dengan jantung, kalau bagian ini rusak maka tidak bakal ada udara sejuk di dalam ruang penumpang. Kalau kompresor rusak, biasanya ada gejala berupa suara kasar pada kompresor.
Bawa aja ke bengkel AC bos,,dan jangan sport jantung kalau biaya servis bikin lebih dalam merogok kocek.Makanya selelu rawat ac sebagus bagusnya.
Freon habis,atau karena ada kebocoran pada saluran kompresor.
Konpresor dapat diibaratkan dengan jantung, kalau bagian ini rusak maka tidak bakal ada udara sejuk di dalam ruang penumpang. Kalau kompresor rusak, biasanya ada gejala berupa suara kasar pada kompresor.
Bawa aja ke bengkel AC bos,,dan jangan sport jantung kalau biaya servis bikin lebih dalam merogok kocek.Makanya selelu rawat ac sebagus bagusnya.


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: AC Mobil
Sebelumnya terima kasih atas masukan sarannya, cuman setelah saya cek ke bengkel AC katanya kemungkinan masalah pada thermostatnya, untuk solusi sementara sih, ya itu saat AC tidak dingin lagi, AC saya matikan (dalam keadaan mobil hidup/berjalan), kemudian selang beberapa menit saya on kan lagi ya dingin lagi, nanti selang beberapa saat lagi tidak dingin lagi, kemudian ya itu AC saya Off lagi...dan seterusnya, bisa dibayangkan kalau perjalanan jarak jauh lumayan juga tuh on/off AC nya..hehehe...kira-kira apa bener analisa sementara diatas, rencananya mau coba pake thermostat lain dulu kalau memang pake itu bisa normal berarti emang thermostat ACnya yang dodol... soal kompresor di panding dulu, kalau memang solusi ganti thermostat masih ngadat jga baru deh servis total termasuk kompresornya... 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: AC Mobil
mansetha wrote:Sebelumnya terima kasih atas masukan sarannya, cuman setelah saya cek ke bengkel AC katanya kemungkinan masalah pada thermostatnya, untuk solusi sementara sih, ya itu saat AC tidak dingin lagi, AC saya matikan (dalam keadaan mobil hidup/berjalan), kemudian selang beberapa menit saya on kan lagi ya dingin lagi, nanti selang beberapa saat lagi tidak dingin lagi, kemudian ya itu AC saya Off lagi...dan seterusnya, bisa dibayangkan kalau perjalanan jarak jauh lumayan juga tuh on/off AC nya..hehehe...kira-kira apa bener analisa sementara diatas, rencananya mau coba pake thermostat lain dulu kalau memang pake itu bisa normal berarti emang thermostat ACnya yang dodol... soal kompresor di panding dulu, kalau memang solusi ganti thermostat masih ngadat jga baru deh servis total termasuk kompresornya...
Guna termostat adalah memutus kompresor , saat suhu kabin sudah dingin( di set pd suhu tertentu) , dan menyambung kompresor saat suhu kabin mulai panas.
Jadi utk mobil dgn kompresor dan termostat yang sehat , selalu on-off pada interval tertentu.
Bisa dilihat pada RPM mesin yang naik turun sedikit.
Kerusakan termostat cara mendeteksinya gampang.
Ciri2nya:
1.Kalo Kompresor Ac tidak bisa mati sama sekali.
Kompresor tidak off walaupun temperatur udah terlalu dingin. Akibatnya adalah evaporator membeku sehingga dari kisi ac terlihat ada hembusan seperti asap putih dan Ac tidak dingin walau kompresor ac tetap dalam kondisi menyala. Perlu dimatikan beberapa saat , sampai pembekuannya sedikit mencair , sehingga AC bisa dingin kembali.
2. Kompresor Ac sama sekali tidak bisa menyala. Biasanya karena termostat putus.
SAAT AC TIDAK DINGIN:
1.Coba lihat kompresor ac( tahu kan posisinya dimana? hehehe ) saat ac tidak dingin , nyambung atau tidak.
Atau bisa juga dilihat dari rpm mesin. Rpmnya naik seperti halnya ac nyala, atau tidak. Kalau ternyata kompresornya off( mesin seperti tidak ada beban) , bisa dipastikan magnetnya yg bermasalah.
2.Tetapi kalau ternyata AC tidak dingin, keluar asap dari kisi2 , dan kompresor tetap menyala, dapat dipastikan Termostst rusak atau setelannya terlalu maksimal( sehingga tdk bisa off).
Jangan keburu ganti termostat. Coba setel sendiri. Putar aja sedikit suhu ke kiri(berlawanan arah jam) , sehingga dinginnya tidak maksimal.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: AC Mobil
Thermostat bekerja prinsipnya kalau tidak keliru seperti ini:
Saat mesin dingin (baru dihidupkan), maka RPM akan naik (di atas 1000) agar
panas mesin mencapai suhu optimal, yaitu setengah kurang dikit.
Jika suhu sudah optimal, maka RPM akan turun perlahan (sekitar 800) tanpa beban
AC.
Nah, disini thermostat bekerja...
Katup buka/tutup akan bekerja secara otomatis untuk menjaga suhu mesin tetap
optimal sehingga mesin bekerja dengan baik di temperatur yang tepat...
Dengan kata lain katup tidak akan terbuka jika panas mesin tidak berlebihan &
mengganti cairan coolant di mesin dengan yang sudah dingin yang ada di
radiator... begitupun sebaliknya.. .
Saat mesin dingin (baru dihidupkan), maka RPM akan naik (di atas 1000) agar
panas mesin mencapai suhu optimal, yaitu setengah kurang dikit.
Jika suhu sudah optimal, maka RPM akan turun perlahan (sekitar 800) tanpa beban
AC.
Nah, disini thermostat bekerja...
Katup buka/tutup akan bekerja secara otomatis untuk menjaga suhu mesin tetap
optimal sehingga mesin bekerja dengan baik di temperatur yang tepat...
Dengan kata lain katup tidak akan terbuka jika panas mesin tidak berlebihan &
mengganti cairan coolant di mesin dengan yang sudah dingin yang ada di
radiator... begitupun sebaliknya.. .
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: AC Mobil
ane coba bantu CMIIW posisi kompressorMozawa wrote:
SAAT AC TIDAK DINGIN:
1.Coba lihat kompresor ac( tahu kan posisinya dimana? hehehe ) saat ac tidak dingin , nyambung atau tidak.
Atau bisa juga dilihat dari rpm mesin. Rpmnya naik seperti halnya ac nyala, atau tidak. Kalau ternyata kompresornya off( mesin seperti tidak ada beban) , bisa dipastikan magnetnya yg bermasalah.
2.Tetapi kalau ternyata AC tidak dingin, keluar asap dari kisi2 , dan kompresor tetap menyala, dapat dipastikan Termostst rusak atau setelannya terlalu maksimal( sehingga tdk bisa off).
Jangan keburu ganti termostat. Coba setel sendiri. Putar aja sedikit suhu ke kiri(berlawanan arah jam) , sehingga dinginnya tidak maksimal.


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: AC Mobil
Bukankah Itu Termostat Untuk Mesin,, Bukan AC...??avansa wrote:Thermostat bekerja prinsipnya kalau tidak keliru seperti ini:
Saat mesin dingin (baru dihidupkan), maka RPM akan naik (di atas 1000) agar
panas mesin mencapai suhu optimal, yaitu setengah kurang dikit.
Jika suhu sudah optimal, maka RPM akan turun perlahan (sekitar 800) tanpa beban
AC.
Nah, disini thermostat bekerja...
Katup buka/tutup akan bekerja secara otomatis untuk menjaga suhu mesin tetap
optimal sehingga mesin bekerja dengan baik di temperatur yang tepat...
Dengan kata lain katup tidak akan terbuka jika panas mesin tidak berlebihan &
mengganti cairan coolant di mesin dengan yang sudah dingin yang ada di
radiator... begitupun sebaliknya.. .
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: AC Mobil
kalo di a/c mobil, maksudnya "Thermister" kali yah...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: AC Mobil
Ini sekilas cara kerja sederhana ac.
(Not Including Expansion valve , dryer , & Pressure censor.)
Freon pada kondensor bersuhu panas, didinginkan oleh kipas( terletak di depan mobil)
Freon pada Evaporator bersuhu dingin , ditiup oleh blower shg menghasilkan udara dingin.
Termostat saat suhu kabin dingin memutus aliran positif dari aki ke kompresor.
Termostat saat suhu panas menghunbungkan positif aki ke kompresor, shg kompresor nyala.
termostat atau termister sama mungkin ya...
(Not Including Expansion valve , dryer , & Pressure censor.)
Freon pada kondensor bersuhu panas, didinginkan oleh kipas( terletak di depan mobil)
Freon pada Evaporator bersuhu dingin , ditiup oleh blower shg menghasilkan udara dingin.
Termostat saat suhu kabin dingin memutus aliran positif dari aki ke kompresor.
Termostat saat suhu panas menghunbungkan positif aki ke kompresor, shg kompresor nyala.
termostat atau termister sama mungkin ya...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: AC Mobil
UpsMozawa wrote:Bukankah Itu Termostat Untuk Mesin,, Bukan AC...??avansa wrote:Thermostat bekerja prinsipnya kalau tidak keliru seperti ini:
Saat mesin dingin (baru dihidupkan), maka RPM akan naik (di atas 1000) agar
panas mesin mencapai suhu optimal, yaitu setengah kurang dikit.
Jika suhu sudah optimal, maka RPM akan turun perlahan (sekitar 800) tanpa beban
AC.
Nah, disini thermostat bekerja...
Katup buka/tutup akan bekerja secara otomatis untuk menjaga suhu mesin tetap
optimal sehingga mesin bekerja dengan baik di temperatur yang tepat...
Dengan kata lain katup tidak akan terbuka jika panas mesin tidak berlebihan &
mengganti cairan coolant di mesin dengan yang sudah dingin yang ada di
radiator... begitupun sebaliknya.. .


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: AC Mobil
Ini benar sekali bro ..dalam benak ane thermostat satu jalur sama radiator,dan di AC istilahnya Thermister.GTR wrote:kalo di a/c mobil, maksudnya "Thermister" kali yah...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: AC Mobil
Mobil saya ANC (All New Corolla, bukan All Yu Siti
) tahun 97.
Pas saya bawa jalan2 dari Jogja ke Solo (sekitar 1.5 jam perjalanan), kebetulan sinar matahari sedang panas2nya, menembus kaca depan yang kebetulan saat itu hanya dilapisi film biasa, bukan yang semacam Solar Gard atau V-Kool.
Lama2 dinginnya AC kalah sama panasnya sinar matahari dan kemudian dari lubang AC muncul bunyi seperti orang meniup seruling.
Nah, apakah ini disebabkan oleh sinar matahari yagn terlalu banyak masuk, atau AC nya bermasalah?
Kalau jalannya kota2 sih gak bermasalah.
Kalo sekarang kaca depan sudah saya pasang Solar Gard 20%, tapi belum sempat nyoba jalan2 jarak jauh lagi.

Pas saya bawa jalan2 dari Jogja ke Solo (sekitar 1.5 jam perjalanan), kebetulan sinar matahari sedang panas2nya, menembus kaca depan yang kebetulan saat itu hanya dilapisi film biasa, bukan yang semacam Solar Gard atau V-Kool.
Lama2 dinginnya AC kalah sama panasnya sinar matahari dan kemudian dari lubang AC muncul bunyi seperti orang meniup seruling.
Nah, apakah ini disebabkan oleh sinar matahari yagn terlalu banyak masuk, atau AC nya bermasalah?
Kalau jalannya kota2 sih gak bermasalah.
Kalo sekarang kaca depan sudah saya pasang Solar Gard 20%, tapi belum sempat nyoba jalan2 jarak jauh lagi.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: AC Mobil
permasalahan AC memang beragam, cuman ujung-ujungnya.."kenapa nggak dingin"... kemarin kesal karena AC, kompressor sering nggak idup/lelet, ane jumper aja langsung tuh kompressor pake swicth+relay, jadi kompressor hidup/mati secara manual....solusi sementara sih...kayaknya ampli AC-nya perlu diganti.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: AC Mobil
oom...saya punya bukan ga dingin..mohon petunjuknya yah.....hellppp...
knapa asal kompresor a/c nya aktip selalu hampir mati mendadak mesinnya..(getar keras..)??
misalkan habis jalan dan berhenti di lampu merah gitu(putaran mesin menuju idle)..nah..pas berhentinya itu kompresor nya nyala..lgsg drop deh putaran mesinnya..sampai hampir keabisan napas....ada apa yah???please help...padahal idle speed nya uda saya naikkan 250 rpm dari 700 ke 950rpm sewaktu kompresor a/c non aktif...
trus napa nih kasar bgt yah suaranya skg?...dengung lagi..dengung nya paling terasa sewaktu digas pada rentang 1500rpm-2500rpm.....ganti belt tidak membantu...helep plsss...
knapa asal kompresor a/c nya aktip selalu hampir mati mendadak mesinnya..(getar keras..)??
misalkan habis jalan dan berhenti di lampu merah gitu(putaran mesin menuju idle)..nah..pas berhentinya itu kompresor nya nyala..lgsg drop deh putaran mesinnya..sampai hampir keabisan napas....ada apa yah???please help...padahal idle speed nya uda saya naikkan 250 rpm dari 700 ke 950rpm sewaktu kompresor a/c non aktif...
trus napa nih kasar bgt yah suaranya skg?...dengung lagi..dengung nya paling terasa sewaktu digas pada rentang 1500rpm-2500rpm.....ganti belt tidak membantu...helep plsss...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: AC Mobil
Itu tandanya udah waktunya ganti mobil baru jom....ZombiEE wrote:oom...saya punya bukan ga dingin..mohon petunjuknya yah.....hellppp...
knapa asal kompresor a/c nya aktip selalu hampir mati mendadak mesinnya..(getar keras..)??
misalkan habis jalan dan berhenti di lampu merah gitu(putaran mesin menuju idle)..nah..pas berhentinya itu kompresor nya nyala..lgsg drop deh putaran mesinnya..sampai hampir keabisan napas....ada apa yah???please help...padahal idle speed nya uda saya naikkan 250 rpm dari 700 ke 950rpm sewaktu kompresor a/c non aktif...
trus napa nih kasar bgt yah suaranya skg?...dengung lagi..dengung nya paling terasa sewaktu digas pada rentang 1500rpm-2500rpm.....ganti belt tidak membantu...helep plsss...



Ehehehe........biasanya itu dari vacum stelan angin ac bang, mungkin udah waktunya diganti kalo udah ga bisa disetel,, kalo ngga coba dinaikan stasioner rpm nya ke 11000 jadi putaran mesin tetap terjaga,, n di xtrail spertinya setelannya ga bisa dari ruang mesin harus disetel dari posisi pedal gas.......

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: AC Mobil
ooo,..jadi ada vacum setelan angin ac yah bang?emg bisa disetel?nama kerennya apa bang?hehehe..biar ane bisa beritau BeRes nya..huehuehue....
setelan idle speed nya hrs pake komputer mereka dicolokin ke OBD itu..hehehe..
ganti mbil blm sanggup bang..uhukhukhu..eniwei..thanks;)
setelan idle speed nya hrs pake komputer mereka dicolokin ke OBD itu..hehehe..
ganti mbil blm sanggup bang..uhukhukhu..eniwei..thanks;)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed May 06, 2009 2:56
Re: AC Mobil
Dengan asumsi , Fan AC tdk bermasalah dan freon Acnya tidak bocor.:artoodetoo wrote:Mobil saya ANC (All New Corolla, bukan All Yu Siti) tahun 97.
Pas saya bawa jalan2 dari Jogja ke Solo (sekitar 1.5 jam perjalanan), kebetulan sinar matahari sedang panas2nya, menembus kaca depan yang kebetulan saat itu hanya dilapisi film biasa, bukan yang semacam Solar Gard atau V-Kool.
Lama2 dinginnya AC kalah sama panasnya sinar matahari dan kemudian dari lubang AC muncul bunyi seperti orang meniup seruling.
Nah, apakah ini disebabkan oleh sinar matahari yagn terlalu banyak masuk, atau AC nya bermasalah?
Kalau jalannya kota2 sih gak bermasalah.
Kalo sekarang kaca depan sudah saya pasang Solar Gard 20%, tapi belum sempat nyoba jalan2 jarak jauh lagi.
1.Sebenarnya saat perjalanan ke luar kota , kecepatan mobil relatif lebih tinggi. Hembusan angin dari depan membantu kerja Fan Ac mendinginkan Kondensor AC. Jadi Kerja Ac juga terbantu.
2. Dengan Rpm yang relatif lebih tinggi (dibandingkan di dalam kota yg lebih macet), kompressor AC juga bekerja dengan rpm lebih tinggi. Sehingga AC lebih dingin.
Dengan kedua alasan itu seharusnya , kinerja AC lebih dingin apabila dibandingkan saat macet didalam kota. Tetapi realitanya kok justru lebih dingin saat kondisi dalam kota?????
Kemungkinan penyebabnya karena:
Setingan suhu AC/ Termostat terlalu dingin(sehingga ac tdk mati saat sudah dingin). Sehingga evaporator menjadi ES. Akibatnya hembusan angin dari dalam evaporator juga terhambat. Biasanya disertai dengan hembusan angin putih dari kisi2 AC dan ada suara seperti suling dari dalam evap AC(suara expansion valve). AC menjadi kurang dingin. Setelah dimatikan beberapa saat biasanya AC kembali normal.
Apalagi kalau terjadi saat malam hari dan dalam perjalanan keluar kota. Biasanya akan lebih parah karena evap akan lebih cepat menjadi es.
Untuk evaporator yang telah kotor oleh debu akan memperparah kerja ac. Biasanya juga disertai dengan bau kecut.
Coba kurangi setingan suhu AC, sehingga tidak terlalu maksimal.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: AC Mobil
Ada bang, ya itu udah nama yg paling kerenZombiEE wrote:ooo,..jadi ada vacum setelan angin ac yah bang?emg bisa disetel?nama kerennya apa bang?hehehe..biar ane bisa beritau BeRes nya..huehuehue....
setelan idle speed nya hrs pake komputer mereka dicolokin ke OBD itu..hehehe..
ganti mbil blm sanggup bang..uhukhukhu..eniwei..thanks;)

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: AC Mobil
hahaha..gitu yah bang...ic ic..itu setelannya dimana itu bang?vacuum angin letaknya dimana?
ngmg2...punya abang dulu suara kompresor nya itu bising ga>?
taon brp yah?setau ane tahun 2005 akhir ke atas cara kerja kompressornya laen..merk jg laen...syuusehh ...terus terang ane merasa sgt terganggu dgn getaran a la gempa itu:(:frm_bang_head: :frm_bang
_head:
ngmg2...punya abang dulu suara kompresor nya itu bising ga>?
taon brp yah?setau ane tahun 2005 akhir ke atas cara kerja kompressornya laen..merk jg laen...syuusehh ...terus terang ane merasa sgt terganggu dgn getaran a la gempa itu:(:frm_bang_head: :frm_bang
_head:

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: AC Mobil
Sepertinya om jombi sudah waktunya deh ganti Pajero SportZombiEE wrote:ooo,..jadi ada vacum setelan angin ac yah bang?emg bisa disetel?nama kerennya apa bang?hehehe..biar ane bisa beritau BeRes nya..huehuehue....
setelan idle speed nya hrs pake komputer mereka dicolokin ke OBD itu..hehehe..
ganti mbil blm sanggup bang..uhukhukhu..eniwei..thanks;)

Last edited by esh on Wed Jun 24, 2009 9:53, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: AC Mobil
cocok nih oom....tapi ane kudu mikir2 dulu gimana gantinya..hiakhiakhiak...mksdnya gimana bayarnya...hiaihiahaiesh wrote:Sepertinya om jombi cocok deh kalau ganti Pajero SportZombiEE wrote:ooo,..jadi ada vacum setelan angin ac yah bang?emg bisa disetel?nama kerennya apa bang?hehehe..biar ane bisa beritau BeRes nya..huehuehue....
setelan idle speed nya hrs pake komputer mereka dicolokin ke OBD itu..hehehe..
ganti mbil blm sanggup bang..uhukhukhu..eniwei..thanks;)

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: AC Mobil
Tuh si om mandala nggak keberatan bantuin kasih tanda jadi 100rb 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: AC Mobil
hajap lhar oom....sisanya kalo buat ane tanggung..uhukuhuk