Re: Serba Serbi Ban Part 4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by suketcell »

suketcell wrote: Thu Jun 20, 2024 4:14
josomba wrote: Thu Jun 20, 2024 3:48
azu wrote: Thu Jun 20, 2024 2:35 Tekanan ban di dekat pintu itu tekanan ban saat dingin. Umumnya saat ban panas karena dipakai jalan, tekanan ban itu bisa naik 2-3 psi. Makanya kalau saya isi angin di pom bensin biasanya saya naikin 2-3 psi juga karena kondisi ban juga sudah tidak dingin :mky_01: mungkin ini agak sesat sih hahaha :big_biglaugh:

Btw tadi saya baru isi nitrogen lagi untuk Conti CC6 195/65 R15 di Nav1 karena sudah mau sebulan dari terakhir isi angin, dan akhir2 kalau lihat ban terutama yg depan kok kaya yg kurang angin :mky_01:

Akhirnya tadi saya tambah angin jadi 38psi (di pengisian sebelumnya saya isi di 37psi), dengan standarnya sesuai di pintu itu 35 psi, dan pas cek tekanan sebelum pengisiannya antara 35 dan 36 psi kecuali ada satu ban belakang di 32psi.

Berarti ini ban emang keliatannya seperti agak kempes meskipun tekanan sudah sesuai, tapi pas saya isi 38psi terasa sedikit lebih keras ke bantingan suspensinya :mky_01:
Ada benernya naikin 2-3 psi dari yg tertera di pintu kalau isi di bengkel/pom bensin. Kalau yg saya perhatikan tergantung temperatur ban yg dipengaruhi dr bobot mobil, jenis ban, jarak tempuh semenjak start dr rumah ke bengkel/pom bensin.

Saya pernah experiment beberapa kali di mobil dulu (lmpv).
Kondisi pagi hari saya isi sesuai stiker di pintu 32 psi. Baru jalan 2-3 km baru naik 1 psi. Jalan 5 km naik 2 psi. Sekitar 10 km, naik 3-4psi.

Akibat racun2 dimarih, terutama mbah2 senior,
akhirnya selalu isi nitro + 3 atau +4 psi sekalian
dari stiker di pintu.
Ukurnya pas pagi2 (ban habis tidur semaleman)
Puji tuhan, selama ini ga pernah benjol,
Pake hankook, dunlop, GY,
Paling2 ya bocor, langsung tiptop (garansi lifetime) :big_exellent: ...
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

suketcell wrote: Thu Jun 20, 2024 4:14
josomba wrote: Thu Jun 20, 2024 3:48
azu wrote: Thu Jun 20, 2024 2:35 Tekanan ban di dekat pintu itu tekanan ban saat dingin. Umumnya saat ban panas karena dipakai jalan, tekanan ban itu bisa naik 2-3 psi. Makanya kalau saya isi angin di pom bensin biasanya saya naikin 2-3 psi juga karena kondisi ban juga sudah tidak dingin :mky_01: mungkin ini agak sesat sih hahaha :big_biglaugh:

Btw tadi saya baru isi nitrogen lagi untuk Conti CC6 195/65 R15 di Nav1 karena sudah mau sebulan dari terakhir isi angin, dan akhir2 kalau lihat ban terutama yg depan kok kaya yg kurang angin :mky_01:

Akhirnya tadi saya tambah angin jadi 38psi (di pengisian sebelumnya saya isi di 37psi), dengan standarnya sesuai di pintu itu 35 psi, dan pas cek tekanan sebelum pengisiannya antara 35 dan 36 psi kecuali ada satu ban belakang di 32psi.

Berarti ini ban emang keliatannya seperti agak kempes meskipun tekanan sudah sesuai, tapi pas saya isi 38psi terasa sedikit lebih keras ke bantingan suspensinya :mky_01:
Ada benernya naikin 2-3 psi dari yg tertera di pintu kalau isi di bengkel/pom bensin. Kalau yg saya perhatikan tergantung temperatur ban yg dipengaruhi dr bobot mobil, jenis ban, jarak tempuh semenjak start dr rumah ke bengkel/pom bensin.

Saya pernah experiment beberapa kali di mobil dulu (lmpv).
Kondisi pagi hari saya isi sesuai stiker di pintu 32 psi. Baru jalan 2-3 km baru naik 1 psi. Jalan 5 km naik 2 psi. Sekitar 10 km, naik 3-4psi.

Akibat racun2 dimarih, terutama mbah2 senior,
akhirnya selalu isi nitro + 3 atau +4 psi sekalian
dari stiker di pintu..
Puji tuhan, selama ini ga pernah benjol,
Pake hankook, dunlop, GY,
Paling2 ya bocor, langsung tiptop (garansi lifetime) :big_exellent: ...
lihat ban benjol itu sakitnya nusuk ke hati dan dompet mbah,

krn klo ganti, minimal sepasang kiri kanan tebal groove nya kudu sama :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by suketcell »

Suryaputra wrote: Thu Jun 20, 2024 4:19
suketcell wrote: Thu Jun 20, 2024 4:14
josomba wrote: Thu Jun 20, 2024 3:48

lihat ban benjol itu sakitnya nusuk ke hati dan dompet mbah,

krn klo ganti, minimal sepasang kiri kanan tebal groove nya kudu sama :big_biglaugh:
:big_grin: :big_grin:

Nahh, modal ga sampek goban buat cek tekanan,
minimal dah lebih aman dari resiko benjol...

:big_smoking:
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

suketcell wrote: Thu Jun 20, 2024 4:47
Suryaputra wrote: Thu Jun 20, 2024 4:19
suketcell wrote: Thu Jun 20, 2024 4:14


lihat ban benjol itu sakitnya nusuk ke hati dan dompet mbah,

krn klo ganti, minimal sepasang kiri kanan tebal groove nya kudu sama :big_biglaugh:
:big_grin: :big_grin:

Nahh, modal ga sampek goban buat cek tekanan,
minimal dah lebih aman dari resiko benjol...

:big_smoking:
iya dah kapok, tekanan di bawah rekomendasi, demi bela2in nyaman, tapi benjol.
been there done that harus ganti 2 biji :upss:

mending tekanan lebih, sidewall nya lbh firm, lbh keras, tapi awet sampai sentuh TWI :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by azu »

josomba wrote: Thu Jun 20, 2024 3:48
Ada benernya naikin 2-3 psi dari yg tertera di pintu kalau isi di bengkel/pom bensin. Kalau yg saya perhatikan tergantung temperatur ban yg dipengaruhi dr bobot mobil, jenis ban, jarak tempuh semenjak start dr rumah ke bengkel/pom bensin.

Saya pernah experiment beberapa kali di mobil dulu (lmpv).
Kondisi pagi hari saya isi sesuai stiker di pintu 32 psi. Baru jalan 2-3 km baru naik 1 psi. Jalan 5 km naik 2 psi. Sekitar 10 km, naik 3-4psi.
sebenernya saya kepikiran cara utk isi nitrogen di pom bensin/bengkel tapi pengen cold pressurenya sesuai dengan speknya tapi harus punya tire pressure gauge :mky_01:

hari sebelumnya kita isi nitrogen tapi lebihin sampai 5psi dulu. besoknya sebelum mobil jalan dan ban dalam kondisi dingin, baru kita adjust lagi tekanan angin bannya sesuai dengan cold pressure yg diinginkan. sayangnya saya udah ga punya tire pressure gauge, dulu sempet punya merk Coido tapi rusak soalnya saya taruhnya di door pocket mobil jadi sepertinya kebentur2 gitu pas mobil jalan :big_biglaugh:

Suryaputra wrote: Thu Jun 20, 2024 3:57
Nav1 body berat, tekanan ban kudu relatif tinggi, jd lbh aman.

- Mobil travel jkt bdg itu klo ngisi bisa >50 psi
- Pswt boeing 737NG, minimal tyre pressure konon >200 psi

Jd kesimpulan dari data dan fakta yg ada,
Makin berat beban mobil = tekanan ban makin tinggi dan sesuaikan spec beban maximal per ban

Emang lbg keras pasti, tapi.. Coba deh zig zag dikit.
Di situ kejawab; why tekanan ban kudu lbh tinggi dr tekanan di pinggir pintu.

Krn jalan itu kan gak cuma lurus, ada kalanya nginjek lobang, manuver darurat krn suatu hal, dsb :big_peace:
betul om, kalau lewat simpang susun tol dengan kecepatan agak tinggi bakal kerasa itu bedanya kalau tekanan ban rendah dengan tekanan ban tinggi. apalagi kalau lewat jalan berkelok-kelok di luar kota :mky_01:


saya sih sekarang lebih rajin cek tekanan angin sejak LM705 benjol di Vios bulan lalu, dan pasti saya lebihin minimal 2psi dari standar. lumayan nih kemaren benjol jadi kepaksa beli ban 2 padahal masih lumayan tebel padahal tadinya itu budget untuk kuras oli transmisi :big_cry:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

azu wrote: Thu Jun 20, 2024 7:45
josomba wrote: Thu Jun 20, 2024 3:48
Ada benernya naikin 2-3 psi dari yg tertera di pintu kalau isi di bengkel/pom bensin. Kalau yg saya perhatikan tergantung temperatur ban yg dipengaruhi dr bobot mobil, jenis ban, jarak tempuh semenjak start dr rumah ke bengkel/pom bensin.

Saya pernah experiment beberapa kali di mobil dulu (lmpv).
Kondisi pagi hari saya isi sesuai stiker di pintu 32 psi. Baru jalan 2-3 km baru naik 1 psi. Jalan 5 km naik 2 psi. Sekitar 10 km, naik 3-4psi.
sebenernya saya kepikiran cara utk isi nitrogen di pom bensin/bengkel tapi pengen cold pressurenya sesuai dengan speknya tapi harus punya tire pressure gauge :mky_01:

hari sebelumnya kita isi nitrogen tapi lebihin sampai 5psi dulu. besoknya sebelum mobil jalan dan ban dalam kondisi dingin, baru kita adjust lagi tekanan angin bannya sesuai dengan cold pressure yg diinginkan. sayangnya saya udah ga punya tire pressure gauge, dulu sempet punya merk Coido tapi rusak soalnya saya taruhnya di door pocket mobil jadi sepertinya kebentur2 gitu pas mobil jalan :big_biglaugh:

Suryaputra wrote: Thu Jun 20, 2024 3:57
Nav1 body berat, tekanan ban kudu relatif tinggi, jd lbh aman.

- Mobil travel jkt bdg itu klo ngisi bisa >50 psi
- Pswt boeing 737NG, minimal tyre pressure konon >200 psi

Jd kesimpulan dari data dan fakta yg ada,
Makin berat beban mobil = tekanan ban makin tinggi dan sesuaikan spec beban maximal per ban

Emang lbg keras pasti, tapi.. Coba deh zig zag dikit.
Di situ kejawab; why tekanan ban kudu lbh tinggi dr tekanan di pinggir pintu.

Krn jalan itu kan gak cuma lurus, ada kalanya nginjek lobang, manuver darurat krn suatu hal, dsb :big_peace:
betul om, kalau lewat simpang susun tol dengan kecepatan agak tinggi bakal kerasa itu bedanya kalau tekanan ban rendah dengan tekanan ban tinggi. apalagi kalau lewat jalan berkelok-kelok di luar kota :mky_01:


saya sih sekarang lebih rajin cek tekanan angin sejak LM705 benjol di Vios bulan lalu, dan pasti saya lebihin minimal 2psi dari standar. lumayan nih kemaren benjol jadi kepaksa beli ban 2 padahal masih lumayan tebel padahal tadinya itu budget untuk kuras oli transmisi :big_cry:
klo cek tekanan di pinggir pintunya CTR FL5

tekanan ban klo hi speed >200 kph disarankan >42 psi klo gak salah, wakakakaka.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by walid_007 »

tekanan angin tinggi2 suses bikin mobil ga nyaman n punggung pegal
sy selalu set 24-25 psi saja apapun mobilny
bodo amat ban benjol drpd pegal
tp selama ini ga benjol
cmn cepet aus sebelah
engine roaring!
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by daimler »

azu wrote: Thu Jun 20, 2024 7:45 -cut-

sebenernya saya kepikiran cara utk isi nitrogen di pom bensin/bengkel tapi pengen cold pressurenya sesuai dengan speknya tapi harus punya tire pressure gauge :mky_01:

hari sebelumnya kita isi nitrogen tapi lebihin sampai 5psi dulu. besoknya sebelum mobil jalan dan ban dalam kondisi dingin, baru kita adjust lagi tekanan angin bannya sesuai dengan cold pressure yg diinginkan. sayangnya saya udah ga punya tire pressure gauge, dulu sempet punya merk Coido tapi rusak soalnya saya taruhnya di door pocket mobil jadi sepertinya kebentur2 gitu pas mobil jalan :big_biglaugh:


pakai ini mbah, kerehore :big_grin:
https://tokopedia.link/AdjR9WZMNDb
s.PNG
ya akurasinya +1psi dari yg tertera, pernah nyocokin habis ngisi nitro di spbu psi yg tertera di meteran kompressornya sama yg kebaca di alat ini kurleb segitu bedanya. baterenya dah incl cm paling bertahan 1thn kalo sering dipake ganti aja pake merk maxell, panasonic biar ke depannya lbih awet. punya ogut jg disimpen di dlm mbl, kadang mblnya kejemur kepanasan sampe alatnya kalo dipegang jd agak lengket2 macem dashboard mbl
*bukan sales
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by suketcell »

daimler wrote: Thu Jun 20, 2024 8:47
azu wrote: Thu Jun 20, 2024 7:45 -cut-

sebenernya saya kepikiran cara utk isi nitrogen di pom bensin/bengkel tapi pengen cold pressurenya sesuai dengan speknya tapi harus punya tire pressure gauge :mky_01:

hari sebelumnya kita isi nitrogen tapi lebihin sampai 5psi dulu. besoknya sebelum mobil jalan dan ban dalam kondisi dingin, baru kita adjust lagi tekanan angin bannya sesuai dengan cold pressure yg diinginkan. sayangnya saya udah ga punya tire pressure gauge, dulu sempet punya merk Coido tapi rusak soalnya saya taruhnya di door pocket mobil jadi sepertinya kebentur2 gitu pas mobil jalan :big_biglaugh:


pakai ini mbah, kerehore :big_grin:
https://tokopedia.link/AdjR9WZMNDb
s.PNG

ya akurasinya +1psi dari yg tertera, pernah nyocokin habis ngisi nitro di spbu psi yg tertera di meteran kompressornya sama yg kebaca di alat ini kurleb segitu bedanya. baterenya dah incl cm paling bertahan 1thn kalo sering dipake ganti aja pake merk maxell, panasonic biar ke depannya lbih awet. punya ogut jg disimpen di dlm mbl, kadang mblnya kejemur kepanasan sampe alatnya kalo dipegang jd agak lengket2 macem dashboard mbl
*bukan sales
Ini yg ane pake mbah...
35rebu...
:big_blushing:
Perna pake kuning, jatoh2,
error..
:big_biglaugh:
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ilhami »

https://www.gridoto.com/read/224107897/ ... i-faktanya

kalau 3 ban rasanya ada sabotase juga ya?
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by daimler »

suketcell wrote: Thu Jun 20, 2024 9:24
Ini yg ane pake mbah...
35rebu...
:big_blushing:
Perna pake kuning, jatoh2,
error..
:big_biglaugh:
:big_biglaugh: dulu oe punya yg harganya di atas itu, tapi analog. klaim penjualnya lebih akurat dibanding yg digital margin of errornya +0.5 psi. tapi bacanya susahh :big_slap: mana kalo malem atau di tempat gelap atau pagi2 buta ngecek tekanan ban ga kliatan jarumnya, kudu bawa pakai flash hp. jdnya sekarang pakai yg digital item itu enak ada lcd nya nyala jd gampang liatnya :upss:
ilhami wrote: Thu Jun 20, 2024 14:13 https://www.gridoto.com/read/224107897/ ... i-faktanya

kalau 3 ban rasanya ada sabotase juga ya?
hmmmm bisa jg empunya mbl kurang aware kali sama tekanan ban CMIIW :big_peace:
pengakuan dosa, jaman ogut masih piyik super duper awam soal mbl ga ngerti samsek malah tekanan mbl kudu dimaintain dicek tiap 1bln ngurang brp psi dan perlu ditambah atau engga. biasanya sampe jalan bunyi gludug2 tau2 tekanannya tinggal 15an psi :big_slap: bingung sendiri pdhl ga ketojos paku, ga ada bocor, sidewall ga sobek. pas uda rada ngerti baru tau udara dlm ban sdikit2 keluar lewat pori2 karetnya jd kudu di maintain
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
anggik88
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Tue Feb 20, 2024 7:11
Location: Medan - Deli Serdang
Daily Vehicle: Vario150_R3-K14B

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by anggik88 »

ada benarnya, mau ane coba, makasi gan
azu wrote: Thu Jun 20, 2024 2:35 Tekanan ban di dekat pintu itu tekanan ban saat dingin. Umumnya saat ban panas karena dipakai jalan,...
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by FRD »

selamat siang, ooms..

mohon sarannya dong, mobil saya T31 PFL, pake ban bawaan 215/60-17 Dueler HT 697, berhubung sudah agak tipis, jadi sudah waktunya utk ganti ban meskipun produksi th 2021..

sudah ada bbrp pertimbangan, mengingat ban bawaan T31 PFL dgn uk 215/60 menurut saya terlalu tipis, makanya pengen sekalian upgrade ke 225/60 (ukuran T31 FL) atau 225/65..

nah budget saya sekitar 1-2jt maks per ban, ada bbrp kandidat sih:

1. GT Radial Savero SUV 225/60-17 dan 225/65-17
2. Dunlop LM705 225/60-17
3. Continental UC6 SUV 225/65-17
4. Michelin Primacy SUV 225/65-17
5. Dunlop Grandtrek AT5 225/65-17
6. BFGoodrich Advantage Touring 225/60-17

sengaja ga masukin Primacy 4 225/60-17 krn harganya lbh mahal drpd primacy suv :upss:

saya cari ban yg comfort, senyap, empuk, tp juga kuat, ya minimal sama kuatnya dgn Dueler HT krn utk rute sehari2 saya random, kadang jalanan mulus, kadang juga jalanan rusak berlubang, bergelombang bahkan makadam gitu..

mungkin ada oom2 di sini pernah pakai ban yg saya sebutkan di atas, sekalian minta review dan referensi toko ban yg available dgn merk, tipe, dan ukuran tsb di area Tulungagung, Kediri, Malang, Surabaya, tentunya dgn harga yg terbaik..

lebih baik lg kalo tokonya bs menyediakan ban2 tsb dgn th produksi terbaru, krn mobil sy tiap hari jalan dgn jarak tempuh 20-100kman per harinya.. jd prefer bisa dpt ban yg fresh..

tks oom :mky_02:
:big_smoking:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

FRD wrote: Fri Jun 21, 2024 5:41 selamat siang, ooms..

mohon sarannya dong, mobil saya T31 PFL, pake ban bawaan 215/60-17 Dueler HT 697, berhubung sudah agak tipis, jadi sudah waktunya utk ganti ban meskipun produksi th 2021..

sudah ada bbrp pertimbangan, mengingat ban bawaan T31 PFL dgn uk 215/60 menurut saya terlalu tipis, makanya pengen sekalian upgrade ke 225/60 (ukuran T31 FL) atau 225/65..

nah budget saya sekitar 1-2jt maks per ban, ada bbrp kandidat sih:

1. GT Radial Savero SUV 225/60-17 dan 225/65-17
2. Dunlop LM705 225/60-17
3. Continental UC6 SUV 225/65-17
4. Michelin Primacy SUV 225/65-17
5. Dunlop Grandtrek AT5 225/65-17
6. BFGoodrich Advantage Touring 225/60-17

sengaja ga masukin Primacy 4 225/60-17 krn harganya lbh mahal drpd primacy suv :upss:

saya cari ban yg comfort, senyap, empuk, tp juga kuat, ya minimal sama kuatnya dgn Dueler HT krn utk rute sehari2 saya random, kadang jalanan mulus, kadang juga jalanan rusak berlubang, bergelombang bahkan makadam gitu..

mungkin ada oom2 di sini pernah pakai ban yg saya sebutkan di atas, sekalian minta review dan referensi toko ban yg available dgn merk, tipe, dan ukuran tsb di area Tulungagung, Kediri, Malang, Surabaya, tentunya dgn harga yg terbaik..

lebih baik lg kalo tokonya bs menyediakan ban2 tsb dgn th produksi terbaru, krn mobil sy tiap hari jalan dgn jarak tempuh 20-100kman per harinya.. jd prefer bisa dpt ban yg fresh..

tks oom :mky_02:
Jangan dilebarin om, krn sdh sesuai sm velg oem size nya.
Ngerusak handling yg ada, nyamannya jg gak nambah.

Better ukuran sama, dan ambil aja LM705.
Tekanan naikin 3-4 psi dr ukuran std di samping pintu.
Imho, Utamakan safety om, lagipula xtrail udh nyaman suspensinya dan LM705 ban comfort touring.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by FRD »

Suryaputra wrote: Fri Jun 21, 2024 5:46 Jangan dilebarin om, krn sdh sesuai sm velg oem size nya.
Ngerusak handling yg ada, nyamannya jg gak nambah.

Better ukuran sama, dan ambil aja LM705.
Tekanan naikin 3-4 psi dr ukuran std di samping pintu.
Imho, Utamakan safety om, lagipula xtrail udh nyaman suspensinya dan LM705 ban comfort touring.
T31 PFL 2008-2010 itu pake 215/60 oom, nah yg FL 2011-2014 dilebarin jadi 225/60, spek velg kurang lebih sama.. makanya pengen dilebarin jadi 225 sekalian :ungg:
:big_smoking:
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ariswp »

FRD wrote: Fri Jun 21, 2024 5:41 selamat siang, ooms..

mohon sarannya dong, mobil saya T31 PFL, pake ban bawaan 215/60-17 Dueler HT 697, berhubung sudah agak tipis, jadi sudah waktunya utk ganti ban meskipun produksi th 2021..

sudah ada bbrp pertimbangan, mengingat ban bawaan T31 PFL dgn uk 215/60 menurut saya terlalu tipis, makanya pengen sekalian upgrade ke 225/60 (ukuran T31 FL) atau 225/65..

nah budget saya sekitar 1-2jt maks per ban, ada bbrp kandidat sih:

1. GT Radial Savero SUV 225/60-17 dan 225/65-17
2. Dunlop LM705 225/60-17
3. Continental UC6 SUV 225/65-17
4. Michelin Primacy SUV 225/65-17
5. Dunlop Grandtrek AT5 225/65-17
6. BFGoodrich Advantage Touring 225/60-17

sengaja ga masukin Primacy 4 225/60-17 krn harganya lbh mahal drpd primacy suv :upss:

saya cari ban yg comfort, senyap, empuk, tp juga kuat, ya minimal sama kuatnya dgn Dueler HT krn utk rute sehari2 saya random, kadang jalanan mulus, kadang juga jalanan rusak berlubang, bergelombang bahkan makadam gitu..

mungkin ada oom2 di sini pernah pakai ban yg saya sebutkan di atas, sekalian minta review dan referensi toko ban yg available dgn merk, tipe, dan ukuran tsb di area Tulungagung, Kediri, Malang, Surabaya, tentunya dgn harga yg terbaik..

lebih baik lg kalo tokonya bs menyediakan ban2 tsb dgn th produksi terbaru, krn mobil sy tiap hari jalan dgn jarak tempuh 20-100kman per harinya.. jd prefer bisa dpt ban yg fresh..

tks oom :mky_02:
Diantara opsi itu, saya prefer Conti UC6 sama BFGoodrich Adv aja mbah,
Nyaman dapet, senyap dapet, handling masih ok

Klo pertimbangan utamanya budget ya ga ada yg ngalahin GT SUV. Much better dari grandtrek buat saya
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

FRD wrote: Fri Jun 21, 2024 5:56
Suryaputra wrote: Fri Jun 21, 2024 5:46 Jangan dilebarin om, krn sdh sesuai sm velg oem size nya.
Ngerusak handling yg ada, nyamannya jg gak nambah.

Better ukuran sama, dan ambil aja LM705.
Tekanan naikin 3-4 psi dr ukuran std di samping pintu.
Imho, Utamakan safety om, lagipula xtrail udh nyaman suspensinya dan LM705 ban comfort touring.
T31 PFL 2008-2010 itu pake 215/60 oom, nah yg FL 2011-2014 dilebarin jadi 225/60, spek velg kurang lebih sama.. makanya pengen dilebarin jadi 225 sekalian :ungg:
Yakin mbah?
coba ukur lebar velgnya pas dibelah, pk penggaris :big_peace:

Krn sy prnh nyoba 2x lebarin ban malah jd ada delay handling nya.. Kapok jd ukuran std aja.

Nyaman juga gak nambah sm sekali, malah nambahin berat karet dan massa udara yg ada :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by FRD »

ariswp wrote: Fri Jun 21, 2024 6:07
Diantara opsi itu, saya prefer Conti UC6 sama BFGoodrich Adv aja mbah,
Nyaman dapet, senyap dapet, handling masih ok

Klo pertimbangan utamanya budget ya ga ada yg ngalahin GT SUV. Much better dari grandtrek buat saya
UC6 sdh pernah coba di T31 temen juga enak banget, senyap dan empuk.. cm ya gitu susah cari barangnya, sekalinya ada pasti produksi th lama.. yg fresh jarang2 ada stok..

Nah kl BFG Advan masih minim review nih, cm ada yg blg katanya ga sesenyap Primacy4, krn dari alur got ban nya jg lebih lebar dibanding Primacy4, bimbang deh..

GT Savero SUV masuk kandidat kyk LM705 krn pertimbangan mudah carinya om.. budget ga jd masalah krn sy anggarkan max 2jt per ban nya, dan kebetulan GT jd salah satu kandidat yg paling murah harganya.. dapet di 950rb utk 225/60 dan 1jt utk 225/65 nya.. krg tau kl di toko lain bs lebih murah atau tdk..
Suryaputra wrote: Fri Jun 21, 2024 6:32
Yakin mbah?
coba ukur lebar velgnya pas dibelah, pk penggaris :big_peace:

Krn sy prnh nyoba 2x lebarin ban malah jd ada delay handling nya.. Kapok jd ukuran std aja.

Nyaman juga gak nambah sm sekali, malah nambahin berat karet dan massa udara yg ada :big_biglaugh:
2022 kemarin saya pake Avanza, dari ban Dunlop SP10 185/70-14, saya ganti ke LM705 195/70-14, menurut saya handling delay juga ga signifikan bgt, malah grip rasanya jd jauh lebih membaik krn upgrade lebar ban nya.. makanya saya lebih suka lebarin ban dgn profil tinggi yg sama, misal dari 185/70 ke 195/70 gitu, bonusnya ya ban jd lebih tebel (dgn asumsi sy hrsnya lebih kuat drpd profil ban bawaan 185/70) dan fitmentnya jd lebih berisi
:big_smoking:
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by farizfsa »

FRD wrote: Fri Jun 21, 2024 5:41 selamat siang, ooms..

mohon sarannya dong, mobil saya T31 PFL, pake ban bawaan 215/60-17 Dueler HT 697, berhubung sudah agak tipis, jadi sudah waktunya utk ganti ban meskipun produksi th 2021..

sudah ada bbrp pertimbangan, mengingat ban bawaan T31 PFL dgn uk 215/60 menurut saya terlalu tipis, makanya pengen sekalian upgrade ke 225/60 (ukuran T31 FL) atau 225/65..

nah budget saya sekitar 1-2jt maks per ban, ada bbrp kandidat sih:

1. GT Radial Savero SUV 225/60-17 dan 225/65-17
2. Dunlop LM705 225/60-17
3. Continental UC6 SUV 225/65-17
4. Michelin Primacy SUV 225/65-17
5. Dunlop Grandtrek AT5 225/65-17
6. BFGoodrich Advantage Touring 225/60-17

sengaja ga masukin Primacy 4 225/60-17 krn harganya lbh mahal drpd primacy suv :upss:

saya cari ban yg comfort, senyap, empuk, tp juga kuat, ya minimal sama kuatnya dgn Dueler HT krn utk rute sehari2 saya random, kadang jalanan mulus, kadang juga jalanan rusak berlubang, bergelombang bahkan makadam gitu..

mungkin ada oom2 di sini pernah pakai ban yg saya sebutkan di atas, sekalian minta review dan referensi toko ban yg available dgn merk, tipe, dan ukuran tsb di area Tulungagung, Kediri, Malang, Surabaya, tentunya dgn harga yg terbaik..

lebih baik lg kalo tokonya bs menyediakan ban2 tsb dgn th produksi terbaru, krn mobil sy tiap hari jalan dgn jarak tempuh 20-100kman per harinya.. jd prefer bisa dpt ban yg fresh..

tks oom :mky_02:
mici primary suv aja om kalo ada budget nya
pake dunlop lm 705 sidewall kurus kurang gagah buat suv
bfg advantage touring bagus sidewallnya keras dan kotak tp blm tau review nya gimana
Conti UC6 sih oke ya tp kayanya udh ada UC7 deh

mau agak gagah bisa coba conti ccc (cross contact) lx2, saya lg pake ini oke sih

sisanya blm pernah coba.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

Yg nanya makin bingung pilih yg mana :big_biglaugh: :big_biglaugh:

ujung2nya pilih yg stok ready dan harga plg oke :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by josomba »

farizfsa wrote: Fri Jun 21, 2024 8:45
mici primary suv aja om kalo ada budget nya
pake dunlop lm 705 sidewall kurus kurang gagah buat suv
bfg advantage touring bagus sidewallnya keras dan kotak tp blm tau review nya gimana
Conti UC6 sih oke ya tp kayanya udh ada UC7 deh

mau agak gagah bisa coba conti ccc (cross contact) lx2, saya lg pake ini oke sih

sisanya blm pernah coba.
CC LX2 punya om masih made in malon atau thai? Kalau pengalaman saya yg malon setelah tahun kedua, gampang grepes/coak...
Image
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by FRD »

Suryaputra wrote: Fri Jun 21, 2024 8:52 Yg nanya makin bingung pilih yg mana :big_biglaugh: :big_biglaugh:

ujung2nya pilih yg stok ready dan harga plg oke :ngacir:
bingung sih engga om, lebih condong ke uc6 suv dan bfg advan, ya tinggal cari tokonya aja yg ready.. uc7 sayangnya gak ada uk 225/60 atau 225/65, terpaksa turun ke uc6 suv..

klo di tmpt sy tinggal (tulungagung) toko2 nyetoknya gt radial, dunlop, sama bridgestone..

otomatis kl nyari bfg / conti hrs ke luar kota, makanya minta rekomendasi toko ban area tulungagung, kediri, malang, surabaya yg ready merk, tipe, dan ukuran yg sy sebutin di atas
:big_smoking:
andrejunior
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 185
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by andrejunior »

ariswp wrote: Fri Jun 21, 2024 6:07
FRD wrote: Fri Jun 21, 2024 5:41 selamat siang, ooms..

mohon sarannya dong, mobil saya T31 PFL, pake ban bawaan 215/60-17 Dueler HT 697, berhubung sudah agak tipis, jadi sudah waktunya utk ganti ban meskipun produksi th 2021..

sudah ada bbrp pertimbangan, mengingat ban bawaan T31 PFL dgn uk 215/60 menurut saya terlalu tipis, makanya pengen sekalian upgrade ke 225/60 (ukuran T31 FL) atau 225/65..

nah budget saya sekitar 1-2jt maks per ban, ada bbrp kandidat sih:

1. GT Radial Savero SUV 225/60-17 dan 225/65-17
2. Dunlop LM705 225/60-17
3. Continental UC6 SUV 225/65-17
4. Michelin Primacy SUV 225/65-17
5. Dunlop Grandtrek AT5 225/65-17
6. BFGoodrich Advantage Touring 225/60-17

sengaja ga masukin Primacy 4 225/60-17 krn harganya lbh mahal drpd primacy suv :upss:

saya cari ban yg comfort, senyap, empuk, tp juga kuat, ya minimal sama kuatnya dgn Dueler HT krn utk rute sehari2 saya random, kadang jalanan mulus, kadang juga jalanan rusak berlubang, bergelombang bahkan makadam gitu..

mungkin ada oom2 di sini pernah pakai ban yg saya sebutkan di atas, sekalian minta review dan referensi toko ban yg available dgn merk, tipe, dan ukuran tsb di area Tulungagung, Kediri, Malang, Surabaya, tentunya dgn harga yg terbaik..

lebih baik lg kalo tokonya bs menyediakan ban2 tsb dgn th produksi terbaru, krn mobil sy tiap hari jalan dgn jarak tempuh 20-100kman per harinya.. jd prefer bisa dpt ban yg fresh..

tks oom :mky_02:
Diantara opsi itu, saya prefer Conti UC6 sama BFGoodrich Adv aja mbah,
Nyaman dapet, senyap dapet, handling masih ok

Klo pertimbangan utamanya budget ya ga ada yg ngalahin GT SUV. Much better dari grandtrek buat saya

Kalo BFG Advantage Touring VS Dunlop LM705 better mana om?
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ariswp »

andrejunior wrote: Sat Jun 22, 2024 2:00
ariswp wrote: Fri Jun 21, 2024 6:07
FRD wrote: Fri Jun 21, 2024 5:41 selamat siang, ooms..

mohon sarannya dong, mobil saya T31 PFL, pake ban bawaan 215/60-17 Dueler HT 697, berhubung sudah agak tipis, jadi sudah waktunya utk ganti ban meskipun produksi th 2021..

sudah ada bbrp pertimbangan, mengingat ban bawaan T31 PFL dgn uk 215/60 menurut saya terlalu tipis, makanya pengen sekalian upgrade ke 225/60 (ukuran T31 FL) atau 225/65..

nah budget saya sekitar 1-2jt maks per ban, ada bbrp kandidat sih:

1. GT Radial Savero SUV 225/60-17 dan 225/65-17
2. Dunlop LM705 225/60-17
3. Continental UC6 SUV 225/65-17
4. Michelin Primacy SUV 225/65-17
5. Dunlop Grandtrek AT5 225/65-17
6. BFGoodrich Advantage Touring 225/60-17

sengaja ga masukin Primacy 4 225/60-17 krn harganya lbh mahal drpd primacy suv :upss:

saya cari ban yg comfort, senyap, empuk, tp juga kuat, ya minimal sama kuatnya dgn Dueler HT krn utk rute sehari2 saya random, kadang jalanan mulus, kadang juga jalanan rusak berlubang, bergelombang bahkan makadam gitu..

mungkin ada oom2 di sini pernah pakai ban yg saya sebutkan di atas, sekalian minta review dan referensi toko ban yg available dgn merk, tipe, dan ukuran tsb di area Tulungagung, Kediri, Malang, Surabaya, tentunya dgn harga yg terbaik..

lebih baik lg kalo tokonya bs menyediakan ban2 tsb dgn th produksi terbaru, krn mobil sy tiap hari jalan dgn jarak tempuh 20-100kman per harinya.. jd prefer bisa dpt ban yg fresh..

tks oom :mky_02:
Diantara opsi itu, saya prefer Conti UC6 sama BFGoodrich Adv aja mbah,
Nyaman dapet, senyap dapet, handling masih ok

Klo pertimbangan utamanya budget ya ga ada yg ngalahin GT SUV. Much better dari grandtrek buat saya

Kalo BFG Advantage Touring VS Dunlop LM705 better mana om?
Saya pribadi BFG adv tour
Di tyre review pun juga rating dari user bagus BFG ketimbang LM705
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »



Toyo Proxes loh.
That's why naikin tekanan 3-4 psi dr tekanan std, itu sangat amat disarankan.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri