suketcell wrote: Thu Jun 20, 2024 4:14josomba wrote: Thu Jun 20, 2024 3:48Ada benernya naikin 2-3 psi dari yg tertera di pintu kalau isi di bengkel/pom bensin. Kalau yg saya perhatikan tergantung temperatur ban yg dipengaruhi dr bobot mobil, jenis ban, jarak tempuh semenjak start dr rumah ke bengkel/pom bensin.azu wrote: Thu Jun 20, 2024 2:35 Tekanan ban di dekat pintu itu tekanan ban saat dingin. Umumnya saat ban panas karena dipakai jalan, tekanan ban itu bisa naik 2-3 psi. Makanya kalau saya isi angin di pom bensin biasanya saya naikin 2-3 psi juga karena kondisi ban juga sudah tidak dinginmungkin ini agak sesat sih hahaha
Btw tadi saya baru isi nitrogen lagi untuk Conti CC6 195/65 R15 di Nav1 karena sudah mau sebulan dari terakhir isi angin, dan akhir2 kalau lihat ban terutama yg depan kok kaya yg kurang angin
Akhirnya tadi saya tambah angin jadi 38psi (di pengisian sebelumnya saya isi di 37psi), dengan standarnya sesuai di pintu itu 35 psi, dan pas cek tekanan sebelum pengisiannya antara 35 dan 36 psi kecuali ada satu ban belakang di 32psi.
Berarti ini ban emang keliatannya seperti agak kempes meskipun tekanan sudah sesuai, tapi pas saya isi 38psi terasa sedikit lebih keras ke bantingan suspensinya![]()
Saya pernah experiment beberapa kali di mobil dulu (lmpv).
Kondisi pagi hari saya isi sesuai stiker di pintu 32 psi. Baru jalan 2-3 km baru naik 1 psi. Jalan 5 km naik 2 psi. Sekitar 10 km, naik 3-4psi.
Akibat racun2 dimarih, terutama mbah2 senior,
akhirnya selalu isi nitro + 3 atau +4 psi sekalian
dari stiker di pintu.
Ukurnya pas pagi2 (ban habis tidur semaleman)
Puji tuhan, selama ini ga pernah benjol,
Pake hankook, dunlop, GY,
Paling2 ya bocor, langsung tiptop (garansi lifetime)...
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12528
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
lihat ban benjol itu sakitnya nusuk ke hati dan dompet mbah,suketcell wrote: Thu Jun 20, 2024 4:14josomba wrote: Thu Jun 20, 2024 3:48Ada benernya naikin 2-3 psi dari yg tertera di pintu kalau isi di bengkel/pom bensin. Kalau yg saya perhatikan tergantung temperatur ban yg dipengaruhi dr bobot mobil, jenis ban, jarak tempuh semenjak start dr rumah ke bengkel/pom bensin.azu wrote: Thu Jun 20, 2024 2:35 Tekanan ban di dekat pintu itu tekanan ban saat dingin. Umumnya saat ban panas karena dipakai jalan, tekanan ban itu bisa naik 2-3 psi. Makanya kalau saya isi angin di pom bensin biasanya saya naikin 2-3 psi juga karena kondisi ban juga sudah tidak dinginmungkin ini agak sesat sih hahaha
Btw tadi saya baru isi nitrogen lagi untuk Conti CC6 195/65 R15 di Nav1 karena sudah mau sebulan dari terakhir isi angin, dan akhir2 kalau lihat ban terutama yg depan kok kaya yg kurang angin
Akhirnya tadi saya tambah angin jadi 38psi (di pengisian sebelumnya saya isi di 37psi), dengan standarnya sesuai di pintu itu 35 psi, dan pas cek tekanan sebelum pengisiannya antara 35 dan 36 psi kecuali ada satu ban belakang di 32psi.
Berarti ini ban emang keliatannya seperti agak kempes meskipun tekanan sudah sesuai, tapi pas saya isi 38psi terasa sedikit lebih keras ke bantingan suspensinya![]()
Saya pernah experiment beberapa kali di mobil dulu (lmpv).
Kondisi pagi hari saya isi sesuai stiker di pintu 32 psi. Baru jalan 2-3 km baru naik 1 psi. Jalan 5 km naik 2 psi. Sekitar 10 km, naik 3-4psi.
Akibat racun2 dimarih, terutama mbah2 senior,
akhirnya selalu isi nitro + 3 atau +4 psi sekalian
dari stiker di pintu..
Puji tuhan, selama ini ga pernah benjol,
Pake hankook, dunlop, GY,
Paling2 ya bocor, langsung tiptop (garansi lifetime)...
krn klo ganti, minimal sepasang kiri kanan tebal groove nya kudu sama

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Suryaputra wrote: Thu Jun 20, 2024 4:19lihat ban benjol itu sakitnya nusuk ke hati dan dompet mbah,
krn klo ganti, minimal sepasang kiri kanan tebal groove nya kudu sama![]()


Nahh, modal ga sampek goban buat cek tekanan,
minimal dah lebih aman dari resiko benjol...

*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12528
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
iya dah kapok, tekanan di bawah rekomendasi, demi bela2in nyaman, tapi benjol.suketcell wrote: Thu Jun 20, 2024 4:47Suryaputra wrote: Thu Jun 20, 2024 4:19lihat ban benjol itu sakitnya nusuk ke hati dan dompet mbah,
krn klo ganti, minimal sepasang kiri kanan tebal groove nya kudu sama![]()
![]()
![]()
Nahh, modal ga sampek goban buat cek tekanan,
minimal dah lebih aman dari resiko benjol...
![]()
been there done that harus ganti 2 biji

mending tekanan lebih, sidewall nya lbh firm, lbh keras, tapi awet sampai sentuh TWI

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
sebenernya saya kepikiran cara utk isi nitrogen di pom bensin/bengkel tapi pengen cold pressurenya sesuai dengan speknya tapi harus punya tire pressure gaugejosomba wrote: Thu Jun 20, 2024 3:48
Ada benernya naikin 2-3 psi dari yg tertera di pintu kalau isi di bengkel/pom bensin. Kalau yg saya perhatikan tergantung temperatur ban yg dipengaruhi dr bobot mobil, jenis ban, jarak tempuh semenjak start dr rumah ke bengkel/pom bensin.
Saya pernah experiment beberapa kali di mobil dulu (lmpv).
Kondisi pagi hari saya isi sesuai stiker di pintu 32 psi. Baru jalan 2-3 km baru naik 1 psi. Jalan 5 km naik 2 psi. Sekitar 10 km, naik 3-4psi.

hari sebelumnya kita isi nitrogen tapi lebihin sampai 5psi dulu. besoknya sebelum mobil jalan dan ban dalam kondisi dingin, baru kita adjust lagi tekanan angin bannya sesuai dengan cold pressure yg diinginkan. sayangnya saya udah ga punya tire pressure gauge, dulu sempet punya merk Coido tapi rusak soalnya saya taruhnya di door pocket mobil jadi sepertinya kebentur2 gitu pas mobil jalan

betul om, kalau lewat simpang susun tol dengan kecepatan agak tinggi bakal kerasa itu bedanya kalau tekanan ban rendah dengan tekanan ban tinggi. apalagi kalau lewat jalan berkelok-kelok di luar kotaSuryaputra wrote: Thu Jun 20, 2024 3:57
Nav1 body berat, tekanan ban kudu relatif tinggi, jd lbh aman.
- Mobil travel jkt bdg itu klo ngisi bisa >50 psi
- Pswt boeing 737NG, minimal tyre pressure konon >200 psi
Jd kesimpulan dari data dan fakta yg ada,
Makin berat beban mobil = tekanan ban makin tinggi dan sesuaikan spec beban maximal per ban
Emang lbg keras pasti, tapi.. Coba deh zig zag dikit.
Di situ kejawab; why tekanan ban kudu lbh tinggi dr tekanan di pinggir pintu.
Krn jalan itu kan gak cuma lurus, ada kalanya nginjek lobang, manuver darurat krn suatu hal, dsb![]()

saya sih sekarang lebih rajin cek tekanan angin sejak LM705 benjol di Vios bulan lalu, dan pasti saya lebihin minimal 2psi dari standar. lumayan nih kemaren benjol jadi kepaksa beli ban 2 padahal masih lumayan tebel padahal tadinya itu budget untuk kuras oli transmisi

Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12528
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
klo cek tekanan di pinggir pintunya CTR FL5azu wrote: Thu Jun 20, 2024 7:45sebenernya saya kepikiran cara utk isi nitrogen di pom bensin/bengkel tapi pengen cold pressurenya sesuai dengan speknya tapi harus punya tire pressure gaugejosomba wrote: Thu Jun 20, 2024 3:48
Ada benernya naikin 2-3 psi dari yg tertera di pintu kalau isi di bengkel/pom bensin. Kalau yg saya perhatikan tergantung temperatur ban yg dipengaruhi dr bobot mobil, jenis ban, jarak tempuh semenjak start dr rumah ke bengkel/pom bensin.
Saya pernah experiment beberapa kali di mobil dulu (lmpv).
Kondisi pagi hari saya isi sesuai stiker di pintu 32 psi. Baru jalan 2-3 km baru naik 1 psi. Jalan 5 km naik 2 psi. Sekitar 10 km, naik 3-4psi.![]()
hari sebelumnya kita isi nitrogen tapi lebihin sampai 5psi dulu. besoknya sebelum mobil jalan dan ban dalam kondisi dingin, baru kita adjust lagi tekanan angin bannya sesuai dengan cold pressure yg diinginkan. sayangnya saya udah ga punya tire pressure gauge, dulu sempet punya merk Coido tapi rusak soalnya saya taruhnya di door pocket mobil jadi sepertinya kebentur2 gitu pas mobil jalan
betul om, kalau lewat simpang susun tol dengan kecepatan agak tinggi bakal kerasa itu bedanya kalau tekanan ban rendah dengan tekanan ban tinggi. apalagi kalau lewat jalan berkelok-kelok di luar kotaSuryaputra wrote: Thu Jun 20, 2024 3:57
Nav1 body berat, tekanan ban kudu relatif tinggi, jd lbh aman.
- Mobil travel jkt bdg itu klo ngisi bisa >50 psi
- Pswt boeing 737NG, minimal tyre pressure konon >200 psi
Jd kesimpulan dari data dan fakta yg ada,
Makin berat beban mobil = tekanan ban makin tinggi dan sesuaikan spec beban maximal per ban
Emang lbg keras pasti, tapi.. Coba deh zig zag dikit.
Di situ kejawab; why tekanan ban kudu lbh tinggi dr tekanan di pinggir pintu.
Krn jalan itu kan gak cuma lurus, ada kalanya nginjek lobang, manuver darurat krn suatu hal, dsb![]()
![]()
saya sih sekarang lebih rajin cek tekanan angin sejak LM705 benjol di Vios bulan lalu, dan pasti saya lebihin minimal 2psi dari standar. lumayan nih kemaren benjol jadi kepaksa beli ban 2 padahal masih lumayan tebel padahal tadinya itu budget untuk kuras oli transmisi![]()
tekanan ban klo hi speed >200 kph disarankan >42 psi klo gak salah, wakakakaka.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
tekanan angin tinggi2 suses bikin mobil ga nyaman n punggung pegal
sy selalu set 24-25 psi saja apapun mobilny
bodo amat ban benjol drpd pegal
tp selama ini ga benjol
cmn cepet aus sebelah
sy selalu set 24-25 psi saja apapun mobilny
bodo amat ban benjol drpd pegal
tp selama ini ga benjol
cmn cepet aus sebelah
engine roaring!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
pakai ini mbah, kerehoreazu wrote: Thu Jun 20, 2024 7:45 -cut-
sebenernya saya kepikiran cara utk isi nitrogen di pom bensin/bengkel tapi pengen cold pressurenya sesuai dengan speknya tapi harus punya tire pressure gauge![]()
hari sebelumnya kita isi nitrogen tapi lebihin sampai 5psi dulu. besoknya sebelum mobil jalan dan ban dalam kondisi dingin, baru kita adjust lagi tekanan angin bannya sesuai dengan cold pressure yg diinginkan. sayangnya saya udah ga punya tire pressure gauge, dulu sempet punya merk Coido tapi rusak soalnya saya taruhnya di door pocket mobil jadi sepertinya kebentur2 gitu pas mobil jalan

https://tokopedia.link/AdjR9WZMNDb ya akurasinya +1psi dari yg tertera, pernah nyocokin habis ngisi nitro di spbu psi yg tertera di meteran kompressornya sama yg kebaca di alat ini kurleb segitu bedanya. baterenya dah incl cm paling bertahan 1thn kalo sering dipake ganti aja pake merk maxell, panasonic biar ke depannya lbih awet. punya ogut jg disimpen di dlm mbl, kadang mblnya kejemur kepanasan sampe alatnya kalo dipegang jd agak lengket2 macem dashboard mbl
*bukan sales
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Ini yg ane pake mbah...daimler wrote: Thu Jun 20, 2024 8:47pakai ini mbah, kerehoreazu wrote: Thu Jun 20, 2024 7:45 -cut-
sebenernya saya kepikiran cara utk isi nitrogen di pom bensin/bengkel tapi pengen cold pressurenya sesuai dengan speknya tapi harus punya tire pressure gauge![]()
hari sebelumnya kita isi nitrogen tapi lebihin sampai 5psi dulu. besoknya sebelum mobil jalan dan ban dalam kondisi dingin, baru kita adjust lagi tekanan angin bannya sesuai dengan cold pressure yg diinginkan. sayangnya saya udah ga punya tire pressure gauge, dulu sempet punya merk Coido tapi rusak soalnya saya taruhnya di door pocket mobil jadi sepertinya kebentur2 gitu pas mobil jalan
https://tokopedia.link/AdjR9WZMNDb
s.PNG
ya akurasinya +1psi dari yg tertera, pernah nyocokin habis ngisi nitro di spbu psi yg tertera di meteran kompressornya sama yg kebaca di alat ini kurleb segitu bedanya. baterenya dah incl cm paling bertahan 1thn kalo sering dipake ganti aja pake merk maxell, panasonic biar ke depannya lbih awet. punya ogut jg disimpen di dlm mbl, kadang mblnya kejemur kepanasan sampe alatnya kalo dipegang jd agak lengket2 macem dashboard mbl
*bukan sales
35rebu...

Perna pake kuning, jatoh2,
error..

*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
suketcell wrote: Thu Jun 20, 2024 9:24
Ini yg ane pake mbah...
35rebu...
![]()
Perna pake kuning, jatoh2,
error..
![]()



hmmmm bisa jg empunya mbl kurang aware kali sama tekanan ban CMIIWilhami wrote: Thu Jun 20, 2024 14:13 https://www.gridoto.com/read/224107897/ ... i-faktanya
kalau 3 ban rasanya ada sabotase juga ya?

pengakuan dosa, jaman ogut masih piyik super duper awam soal mbl ga ngerti samsek malah tekanan mbl kudu dimaintain dicek tiap 1bln ngurang brp psi dan perlu ditambah atau engga. biasanya sampe jalan bunyi gludug2 tau2 tekanannya tinggal 15an psi

Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Tue Feb 20, 2024 7:11
- Location: Medan - Deli Serdang
- Daily Vehicle: Vario150_R3-K14B
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
ada benarnya, mau ane coba, makasi gan
azu wrote: Thu Jun 20, 2024 2:35 Tekanan ban di dekat pintu itu tekanan ban saat dingin. Umumnya saat ban panas karena dipakai jalan,...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
selamat siang, ooms..
mohon sarannya dong, mobil saya T31 PFL, pake ban bawaan 215/60-17 Dueler HT 697, berhubung sudah agak tipis, jadi sudah waktunya utk ganti ban meskipun produksi th 2021..
sudah ada bbrp pertimbangan, mengingat ban bawaan T31 PFL dgn uk 215/60 menurut saya terlalu tipis, makanya pengen sekalian upgrade ke 225/60 (ukuran T31 FL) atau 225/65..
nah budget saya sekitar 1-2jt maks per ban, ada bbrp kandidat sih:
1. GT Radial Savero SUV 225/60-17 dan 225/65-17
2. Dunlop LM705 225/60-17
3. Continental UC6 SUV 225/65-17
4. Michelin Primacy SUV 225/65-17
5. Dunlop Grandtrek AT5 225/65-17
6. BFGoodrich Advantage Touring 225/60-17
sengaja ga masukin Primacy 4 225/60-17 krn harganya lbh mahal drpd primacy suv
saya cari ban yg comfort, senyap, empuk, tp juga kuat, ya minimal sama kuatnya dgn Dueler HT krn utk rute sehari2 saya random, kadang jalanan mulus, kadang juga jalanan rusak berlubang, bergelombang bahkan makadam gitu..
mungkin ada oom2 di sini pernah pakai ban yg saya sebutkan di atas, sekalian minta review dan referensi toko ban yg available dgn merk, tipe, dan ukuran tsb di area Tulungagung, Kediri, Malang, Surabaya, tentunya dgn harga yg terbaik..
lebih baik lg kalo tokonya bs menyediakan ban2 tsb dgn th produksi terbaru, krn mobil sy tiap hari jalan dgn jarak tempuh 20-100kman per harinya.. jd prefer bisa dpt ban yg fresh..
tks oom
mohon sarannya dong, mobil saya T31 PFL, pake ban bawaan 215/60-17 Dueler HT 697, berhubung sudah agak tipis, jadi sudah waktunya utk ganti ban meskipun produksi th 2021..
sudah ada bbrp pertimbangan, mengingat ban bawaan T31 PFL dgn uk 215/60 menurut saya terlalu tipis, makanya pengen sekalian upgrade ke 225/60 (ukuran T31 FL) atau 225/65..
nah budget saya sekitar 1-2jt maks per ban, ada bbrp kandidat sih:
1. GT Radial Savero SUV 225/60-17 dan 225/65-17
2. Dunlop LM705 225/60-17
3. Continental UC6 SUV 225/65-17
4. Michelin Primacy SUV 225/65-17
5. Dunlop Grandtrek AT5 225/65-17
6. BFGoodrich Advantage Touring 225/60-17
sengaja ga masukin Primacy 4 225/60-17 krn harganya lbh mahal drpd primacy suv

saya cari ban yg comfort, senyap, empuk, tp juga kuat, ya minimal sama kuatnya dgn Dueler HT krn utk rute sehari2 saya random, kadang jalanan mulus, kadang juga jalanan rusak berlubang, bergelombang bahkan makadam gitu..
mungkin ada oom2 di sini pernah pakai ban yg saya sebutkan di atas, sekalian minta review dan referensi toko ban yg available dgn merk, tipe, dan ukuran tsb di area Tulungagung, Kediri, Malang, Surabaya, tentunya dgn harga yg terbaik..
lebih baik lg kalo tokonya bs menyediakan ban2 tsb dgn th produksi terbaru, krn mobil sy tiap hari jalan dgn jarak tempuh 20-100kman per harinya.. jd prefer bisa dpt ban yg fresh..
tks oom


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12528
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Jangan dilebarin om, krn sdh sesuai sm velg oem size nya.FRD wrote: Fri Jun 21, 2024 5:41 selamat siang, ooms..
mohon sarannya dong, mobil saya T31 PFL, pake ban bawaan 215/60-17 Dueler HT 697, berhubung sudah agak tipis, jadi sudah waktunya utk ganti ban meskipun produksi th 2021..
sudah ada bbrp pertimbangan, mengingat ban bawaan T31 PFL dgn uk 215/60 menurut saya terlalu tipis, makanya pengen sekalian upgrade ke 225/60 (ukuran T31 FL) atau 225/65..
nah budget saya sekitar 1-2jt maks per ban, ada bbrp kandidat sih:
1. GT Radial Savero SUV 225/60-17 dan 225/65-17
2. Dunlop LM705 225/60-17
3. Continental UC6 SUV 225/65-17
4. Michelin Primacy SUV 225/65-17
5. Dunlop Grandtrek AT5 225/65-17
6. BFGoodrich Advantage Touring 225/60-17
sengaja ga masukin Primacy 4 225/60-17 krn harganya lbh mahal drpd primacy suv![]()
saya cari ban yg comfort, senyap, empuk, tp juga kuat, ya minimal sama kuatnya dgn Dueler HT krn utk rute sehari2 saya random, kadang jalanan mulus, kadang juga jalanan rusak berlubang, bergelombang bahkan makadam gitu..
mungkin ada oom2 di sini pernah pakai ban yg saya sebutkan di atas, sekalian minta review dan referensi toko ban yg available dgn merk, tipe, dan ukuran tsb di area Tulungagung, Kediri, Malang, Surabaya, tentunya dgn harga yg terbaik..
lebih baik lg kalo tokonya bs menyediakan ban2 tsb dgn th produksi terbaru, krn mobil sy tiap hari jalan dgn jarak tempuh 20-100kman per harinya.. jd prefer bisa dpt ban yg fresh..
tks oom![]()
Ngerusak handling yg ada, nyamannya jg gak nambah.
Better ukuran sama, dan ambil aja LM705.
Tekanan naikin 3-4 psi dr ukuran std di samping pintu.
Imho, Utamakan safety om, lagipula xtrail udh nyaman suspensinya dan LM705 ban comfort touring.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
T31 PFL 2008-2010 itu pake 215/60 oom, nah yg FL 2011-2014 dilebarin jadi 225/60, spek velg kurang lebih sama.. makanya pengen dilebarin jadi 225 sekalianSuryaputra wrote: Fri Jun 21, 2024 5:46 Jangan dilebarin om, krn sdh sesuai sm velg oem size nya.
Ngerusak handling yg ada, nyamannya jg gak nambah.
Better ukuran sama, dan ambil aja LM705.
Tekanan naikin 3-4 psi dr ukuran std di samping pintu.
Imho, Utamakan safety om, lagipula xtrail udh nyaman suspensinya dan LM705 ban comfort touring.


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Diantara opsi itu, saya prefer Conti UC6 sama BFGoodrich Adv aja mbah,FRD wrote: Fri Jun 21, 2024 5:41 selamat siang, ooms..
mohon sarannya dong, mobil saya T31 PFL, pake ban bawaan 215/60-17 Dueler HT 697, berhubung sudah agak tipis, jadi sudah waktunya utk ganti ban meskipun produksi th 2021..
sudah ada bbrp pertimbangan, mengingat ban bawaan T31 PFL dgn uk 215/60 menurut saya terlalu tipis, makanya pengen sekalian upgrade ke 225/60 (ukuran T31 FL) atau 225/65..
nah budget saya sekitar 1-2jt maks per ban, ada bbrp kandidat sih:
1. GT Radial Savero SUV 225/60-17 dan 225/65-17
2. Dunlop LM705 225/60-17
3. Continental UC6 SUV 225/65-17
4. Michelin Primacy SUV 225/65-17
5. Dunlop Grandtrek AT5 225/65-17
6. BFGoodrich Advantage Touring 225/60-17
sengaja ga masukin Primacy 4 225/60-17 krn harganya lbh mahal drpd primacy suv![]()
saya cari ban yg comfort, senyap, empuk, tp juga kuat, ya minimal sama kuatnya dgn Dueler HT krn utk rute sehari2 saya random, kadang jalanan mulus, kadang juga jalanan rusak berlubang, bergelombang bahkan makadam gitu..
mungkin ada oom2 di sini pernah pakai ban yg saya sebutkan di atas, sekalian minta review dan referensi toko ban yg available dgn merk, tipe, dan ukuran tsb di area Tulungagung, Kediri, Malang, Surabaya, tentunya dgn harga yg terbaik..
lebih baik lg kalo tokonya bs menyediakan ban2 tsb dgn th produksi terbaru, krn mobil sy tiap hari jalan dgn jarak tempuh 20-100kman per harinya.. jd prefer bisa dpt ban yg fresh..
tks oom![]()
Nyaman dapet, senyap dapet, handling masih ok
Klo pertimbangan utamanya budget ya ga ada yg ngalahin GT SUV. Much better dari grandtrek buat saya
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12528
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Yakin mbah?FRD wrote: Fri Jun 21, 2024 5:56T31 PFL 2008-2010 itu pake 215/60 oom, nah yg FL 2011-2014 dilebarin jadi 225/60, spek velg kurang lebih sama.. makanya pengen dilebarin jadi 225 sekalianSuryaputra wrote: Fri Jun 21, 2024 5:46 Jangan dilebarin om, krn sdh sesuai sm velg oem size nya.
Ngerusak handling yg ada, nyamannya jg gak nambah.
Better ukuran sama, dan ambil aja LM705.
Tekanan naikin 3-4 psi dr ukuran std di samping pintu.
Imho, Utamakan safety om, lagipula xtrail udh nyaman suspensinya dan LM705 ban comfort touring.![]()
coba ukur lebar velgnya pas dibelah, pk penggaris

Krn sy prnh nyoba 2x lebarin ban malah jd ada delay handling nya.. Kapok jd ukuran std aja.
Nyaman juga gak nambah sm sekali, malah nambahin berat karet dan massa udara yg ada

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
UC6 sdh pernah coba di T31 temen juga enak banget, senyap dan empuk.. cm ya gitu susah cari barangnya, sekalinya ada pasti produksi th lama.. yg fresh jarang2 ada stok..ariswp wrote: Fri Jun 21, 2024 6:07
Diantara opsi itu, saya prefer Conti UC6 sama BFGoodrich Adv aja mbah,
Nyaman dapet, senyap dapet, handling masih ok
Klo pertimbangan utamanya budget ya ga ada yg ngalahin GT SUV. Much better dari grandtrek buat saya
Nah kl BFG Advan masih minim review nih, cm ada yg blg katanya ga sesenyap Primacy4, krn dari alur got ban nya jg lebih lebar dibanding Primacy4, bimbang deh..
GT Savero SUV masuk kandidat kyk LM705 krn pertimbangan mudah carinya om.. budget ga jd masalah krn sy anggarkan max 2jt per ban nya, dan kebetulan GT jd salah satu kandidat yg paling murah harganya.. dapet di 950rb utk 225/60 dan 1jt utk 225/65 nya.. krg tau kl di toko lain bs lebih murah atau tdk..
2022 kemarin saya pake Avanza, dari ban Dunlop SP10 185/70-14, saya ganti ke LM705 195/70-14, menurut saya handling delay juga ga signifikan bgt, malah grip rasanya jd jauh lebih membaik krn upgrade lebar ban nya.. makanya saya lebih suka lebarin ban dgn profil tinggi yg sama, misal dari 185/70 ke 195/70 gitu, bonusnya ya ban jd lebih tebel (dgn asumsi sy hrsnya lebih kuat drpd profil ban bawaan 185/70) dan fitmentnya jd lebih berisiSuryaputra wrote: Fri Jun 21, 2024 6:32
Yakin mbah?
coba ukur lebar velgnya pas dibelah, pk penggaris![]()
Krn sy prnh nyoba 2x lebarin ban malah jd ada delay handling nya.. Kapok jd ukuran std aja.
Nyaman juga gak nambah sm sekali, malah nambahin berat karet dan massa udara yg ada![]()

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
mici primary suv aja om kalo ada budget nyaFRD wrote: Fri Jun 21, 2024 5:41 selamat siang, ooms..
mohon sarannya dong, mobil saya T31 PFL, pake ban bawaan 215/60-17 Dueler HT 697, berhubung sudah agak tipis, jadi sudah waktunya utk ganti ban meskipun produksi th 2021..
sudah ada bbrp pertimbangan, mengingat ban bawaan T31 PFL dgn uk 215/60 menurut saya terlalu tipis, makanya pengen sekalian upgrade ke 225/60 (ukuran T31 FL) atau 225/65..
nah budget saya sekitar 1-2jt maks per ban, ada bbrp kandidat sih:
1. GT Radial Savero SUV 225/60-17 dan 225/65-17
2. Dunlop LM705 225/60-17
3. Continental UC6 SUV 225/65-17
4. Michelin Primacy SUV 225/65-17
5. Dunlop Grandtrek AT5 225/65-17
6. BFGoodrich Advantage Touring 225/60-17
sengaja ga masukin Primacy 4 225/60-17 krn harganya lbh mahal drpd primacy suv![]()
saya cari ban yg comfort, senyap, empuk, tp juga kuat, ya minimal sama kuatnya dgn Dueler HT krn utk rute sehari2 saya random, kadang jalanan mulus, kadang juga jalanan rusak berlubang, bergelombang bahkan makadam gitu..
mungkin ada oom2 di sini pernah pakai ban yg saya sebutkan di atas, sekalian minta review dan referensi toko ban yg available dgn merk, tipe, dan ukuran tsb di area Tulungagung, Kediri, Malang, Surabaya, tentunya dgn harga yg terbaik..
lebih baik lg kalo tokonya bs menyediakan ban2 tsb dgn th produksi terbaru, krn mobil sy tiap hari jalan dgn jarak tempuh 20-100kman per harinya.. jd prefer bisa dpt ban yg fresh..
tks oom![]()
pake dunlop lm 705 sidewall kurus kurang gagah buat suv
bfg advantage touring bagus sidewallnya keras dan kotak tp blm tau review nya gimana
Conti UC6 sih oke ya tp kayanya udh ada UC7 deh
mau agak gagah bisa coba conti ccc (cross contact) lx2, saya lg pake ini oke sih
sisanya blm pernah coba.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12528
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Yg nanya makin bingung pilih yg mana
ujung2nya pilih yg stok ready dan harga plg oke


ujung2nya pilih yg stok ready dan harga plg oke

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
CC LX2 punya om masih made in malon atau thai? Kalau pengalaman saya yg malon setelah tahun kedua, gampang grepes/coak...farizfsa wrote: Fri Jun 21, 2024 8:45
mici primary suv aja om kalo ada budget nya
pake dunlop lm 705 sidewall kurus kurang gagah buat suv
bfg advantage touring bagus sidewallnya keras dan kotak tp blm tau review nya gimana
Conti UC6 sih oke ya tp kayanya udh ada UC7 deh
mau agak gagah bisa coba conti ccc (cross contact) lx2, saya lg pake ini oke sih
sisanya blm pernah coba.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Serba Serbi Ban Part 4
bingung sih engga om, lebih condong ke uc6 suv dan bfg advan, ya tinggal cari tokonya aja yg ready.. uc7 sayangnya gak ada uk 225/60 atau 225/65, terpaksa turun ke uc6 suv..Suryaputra wrote: Fri Jun 21, 2024 8:52 Yg nanya makin bingung pilih yg mana![]()
![]()
ujung2nya pilih yg stok ready dan harga plg oke![]()
klo di tmpt sy tinggal (tulungagung) toko2 nyetoknya gt radial, dunlop, sama bridgestone..
otomatis kl nyari bfg / conti hrs ke luar kota, makanya minta rekomendasi toko ban area tulungagung, kediri, malang, surabaya yg ready merk, tipe, dan ukuran yg sy sebutin di atas

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 185
- Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
ariswp wrote: Fri Jun 21, 2024 6:07Diantara opsi itu, saya prefer Conti UC6 sama BFGoodrich Adv aja mbah,FRD wrote: Fri Jun 21, 2024 5:41 selamat siang, ooms..
mohon sarannya dong, mobil saya T31 PFL, pake ban bawaan 215/60-17 Dueler HT 697, berhubung sudah agak tipis, jadi sudah waktunya utk ganti ban meskipun produksi th 2021..
sudah ada bbrp pertimbangan, mengingat ban bawaan T31 PFL dgn uk 215/60 menurut saya terlalu tipis, makanya pengen sekalian upgrade ke 225/60 (ukuran T31 FL) atau 225/65..
nah budget saya sekitar 1-2jt maks per ban, ada bbrp kandidat sih:
1. GT Radial Savero SUV 225/60-17 dan 225/65-17
2. Dunlop LM705 225/60-17
3. Continental UC6 SUV 225/65-17
4. Michelin Primacy SUV 225/65-17
5. Dunlop Grandtrek AT5 225/65-17
6. BFGoodrich Advantage Touring 225/60-17
sengaja ga masukin Primacy 4 225/60-17 krn harganya lbh mahal drpd primacy suv![]()
saya cari ban yg comfort, senyap, empuk, tp juga kuat, ya minimal sama kuatnya dgn Dueler HT krn utk rute sehari2 saya random, kadang jalanan mulus, kadang juga jalanan rusak berlubang, bergelombang bahkan makadam gitu..
mungkin ada oom2 di sini pernah pakai ban yg saya sebutkan di atas, sekalian minta review dan referensi toko ban yg available dgn merk, tipe, dan ukuran tsb di area Tulungagung, Kediri, Malang, Surabaya, tentunya dgn harga yg terbaik..
lebih baik lg kalo tokonya bs menyediakan ban2 tsb dgn th produksi terbaru, krn mobil sy tiap hari jalan dgn jarak tempuh 20-100kman per harinya.. jd prefer bisa dpt ban yg fresh..
tks oom![]()
Nyaman dapet, senyap dapet, handling masih ok
Klo pertimbangan utamanya budget ya ga ada yg ngalahin GT SUV. Much better dari grandtrek buat saya
Kalo BFG Advantage Touring VS Dunlop LM705 better mana om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Saya pribadi BFG adv tourandrejunior wrote: Sat Jun 22, 2024 2:00ariswp wrote: Fri Jun 21, 2024 6:07Diantara opsi itu, saya prefer Conti UC6 sama BFGoodrich Adv aja mbah,FRD wrote: Fri Jun 21, 2024 5:41 selamat siang, ooms..
mohon sarannya dong, mobil saya T31 PFL, pake ban bawaan 215/60-17 Dueler HT 697, berhubung sudah agak tipis, jadi sudah waktunya utk ganti ban meskipun produksi th 2021..
sudah ada bbrp pertimbangan, mengingat ban bawaan T31 PFL dgn uk 215/60 menurut saya terlalu tipis, makanya pengen sekalian upgrade ke 225/60 (ukuran T31 FL) atau 225/65..
nah budget saya sekitar 1-2jt maks per ban, ada bbrp kandidat sih:
1. GT Radial Savero SUV 225/60-17 dan 225/65-17
2. Dunlop LM705 225/60-17
3. Continental UC6 SUV 225/65-17
4. Michelin Primacy SUV 225/65-17
5. Dunlop Grandtrek AT5 225/65-17
6. BFGoodrich Advantage Touring 225/60-17
sengaja ga masukin Primacy 4 225/60-17 krn harganya lbh mahal drpd primacy suv![]()
saya cari ban yg comfort, senyap, empuk, tp juga kuat, ya minimal sama kuatnya dgn Dueler HT krn utk rute sehari2 saya random, kadang jalanan mulus, kadang juga jalanan rusak berlubang, bergelombang bahkan makadam gitu..
mungkin ada oom2 di sini pernah pakai ban yg saya sebutkan di atas, sekalian minta review dan referensi toko ban yg available dgn merk, tipe, dan ukuran tsb di area Tulungagung, Kediri, Malang, Surabaya, tentunya dgn harga yg terbaik..
lebih baik lg kalo tokonya bs menyediakan ban2 tsb dgn th produksi terbaru, krn mobil sy tiap hari jalan dgn jarak tempuh 20-100kman per harinya.. jd prefer bisa dpt ban yg fresh..
tks oom![]()
Nyaman dapet, senyap dapet, handling masih ok
Klo pertimbangan utamanya budget ya ga ada yg ngalahin GT SUV. Much better dari grandtrek buat saya
Kalo BFG Advantage Touring VS Dunlop LM705 better mana om?
Di tyre review pun juga rating dari user bagus BFG ketimbang LM705
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12528
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Toyo Proxes loh.
That's why naikin tekanan 3-4 psi dr tekanan std, itu sangat amat disarankan.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri