Re: Serba Serbi Ban Part 4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Kikkoman
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Jun 16, 2024 4:05

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Kikkoman »

Suhu mau tanya, untuk zenix ukuran ban bawaannya enasave 215/60 R17 kebetulan saya mau ganti karena ban bawaannya benjol. Untuk alternativenya mending apa ya:

1. LM 705 ada ukuran yg sama.
2. GY ATM2 ada ukuran yg sama.
3. GY AMG adanya 215/55 atau 225/55 R17.
4. Hankook Ventus Prime 4 adanya 215/55 atau 225/55 R17.

Saya cari-cari sepertinya 215/60 R17 ini tidak banyak opsi, kalau saya ganti ukuran ke 215/55 R17 masalah ga ya apa mending ke 225/55 R17? Saya cari yg nyaman dan tidak berisik. Dan rencana saya ganti 2 ban dulu, baru 2 ban lagi menyusul.
Last edited by Kikkoman on Sun Jun 16, 2024 4:29, edited 2 times in total.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

Kikkoman wrote: Sun Jun 16, 2024 4:11 Suhu mau tanya, untuk zenix ukuran ban bawaannya enasave 215/60 R17 kebetulan saya mau ganti karena ban bawaannya benjol. Untuk alternativenya mending apa ya:

1. LM 705 ada ukuran yg sama.
2. GY ATM2 ada ukuran yg sama.
3. GY AMG adanya 215/55 atau 225/55 R17.
4. Hankook Ventus Prime 4 adanya 215/55 atau 225/55 R17.

Saya cari-cari sepertinya 215/60 R17 ini tidak banyak opsi, kalau saya ganti ukuran ke 215/55 R17 masalah ga ya apa mending ke 225/55 R17? Saya cari yg nyaman dan tidak berisik. Dan rencana saya ganti 2 ban dulu, baru 2 ban lagi menyusul.
LM705 R17, klo 2 ply sidewall sikat aja.

Pastikan tekanan ban lebihin 10% dr rekomendasi di pinggir pintu / manual book, biar aman dan ngurangin risiko benjol.
Karena klo hantam pothole tumpul, lbh nahan.

Benjol karena kurang tekanan ban dan sidewall lemah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
mboisker
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Fri Jul 12, 2019 1:06
Location: Malang
Daily Vehicle: Vario 1st Gen

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by mboisker »

Kikkoman wrote: Sun Jun 16, 2024 4:11 Suhu mau tanya, untuk zenix ukuran ban bawaannya enasave 215/60 R17 kebetulan saya mau ganti karena ban bawaannya benjol. Untuk alternativenya mending apa ya:

1. LM 705 ada ukuran yg sama.
2. GY ATM2 ada ukuran yg sama.
3. GY AMG adanya 215/55 atau 225/55 R17.
4. Hankook Ventus Prime 4 adanya 215/55 atau 225/55 R17.

Saya cari-cari sepertinya 215/60 R17 ini tidak banyak opsi, kalau saya ganti ukuran ke 215/55 R17 masalah ga ya apa mending ke 225/55 R17? Saya cari yg nyaman dan tidak berisik. Dan rencana saya ganti 2 ban dulu, baru 2 ban lagi menyusul.
Ga nyoba Bfgoodrich?
Kikkoman
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Jun 16, 2024 4:05

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Kikkoman »

Thanks hu infonya. Bfgoodrich belon pernah coba, dibanding LM 705 gimana? Kalo ga salah Bf ini juga ga ada 215/60 R17, adanya harus ke 215/55 R17. Untuk 215/60 R17 ini ga banyak opsi bannya saya cari-cari, kalo 215/55 R17 banyak sekali opsinya.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by azu »

Seingat saya LM705 untuk ring 16 keatas sidewallnya sudah 2ply semua jadi lebih aman dari benjol. Coba cek dulu aja om, kalau beneran 2ply mah ambil LM705. Kalau pengalaman saya LM705 ini empuk dan nyaman, cocok lah untuk Zenix. Kalau dibandingkan ban eco macam Enasave bakal terasa bedanya :mky_02:

Sama kalau mau ganti 2 dulu sih sepertinya mending yg ukurannya sama dengan bawaan ya om :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
hendersz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sat Jun 01, 2024 17:02

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by hendersz »

Kikkoman wrote: Sun Jun 16, 2024 4:11 Suhu mau tanya, untuk zenix ukuran ban bawaannya enasave 215/60 R17 kebetulan saya mau ganti karena ban bawaannya benjol. Untuk alternativenya mending apa ya:

1. LM 705 ada ukuran yg sama.
2. GY ATM2 ada ukuran yg sama.
3. GY AMG adanya 215/55 atau 225/55 R17.
4. Hankook Ventus Prime 4 adanya 215/55 atau 225/55 R17.

Saya cari-cari sepertinya 215/60 R17 ini tidak banyak opsi, kalau saya ganti ukuran ke 215/55 R17 masalah ga ya apa mending ke 225/55 R17? Saya cari yg nyaman dan tidak berisik. Dan rencana saya ganti 2 ban dulu, baru 2 ban lagi menyusul.
Lokasi di kota apa Om? Kalo di Jabodetabek sih banyak alternatifnya. Hasil saya ngecek di Tokopedia untuk ukuran yang sama dengan standarnya ada Bridgestone Alenza dan Dueler. Ada Michelin Primacy 4ST. Ada Falken Ziex. Ada Continental MC dan UC6. Pirelli dan Yokohama juga ada. Belum lagi merek lokal kayak GT Radial, Accelera, dan Achilles.
Kikkoman
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Jun 16, 2024 4:05

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Kikkoman »

azu wrote: Sun Jun 16, 2024 15:48 Seingat saya LM705 untuk ring 16 keatas sidewallnya sudah 2ply semua jadi lebih aman dari benjol. Coba cek dulu aja om, kalau beneran 2ply mah ambil LM705. Kalau pengalaman saya LM705 ini empuk dan nyaman, cocok lah untuk Zenix. Kalau dibandingkan ban eco macam Enasave bakal terasa bedanya :mky_02:

Sama kalau mau ganti 2 dulu sih sepertinya mending yg ukurannya sama dengan bawaan ya om :mky_01:
Iya untuk R17 sudah 2 ply saya cek, thanks kalo gitu saya coba ke LM 705 dulu yg ukuran sama.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1604
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by t105erd »

Kikkoman wrote: Sun Jun 16, 2024 4:11 Suhu mau tanya, untuk zenix ukuran ban bawaannya enasave 215/60 R17 kebetulan saya mau ganti karena ban bawaannya benjol. Untuk alternativenya mending apa ya:

1. LM 705 ada ukuran yg sama.
2. GY ATM2 ada ukuran yg sama.
3. GY AMG adanya 215/55 atau 225/55 R17.
4. Hankook Ventus Prime 4 adanya 215/55 atau 225/55 R17.

Saya cari-cari sepertinya 215/60 R17 ini tidak banyak opsi, kalau saya ganti ukuran ke 215/55 R17 masalah ga ya apa mending ke 225/55 R17? Saya cari yg nyaman dan tidak berisik. Dan rencana saya ganti 2 ban dulu, baru 2 ban lagi menyusul.
GY ATM2 aja harga masih dibawah 1jt pakai ukuran standar, jangan diganti yg lebih tipis menurut saya, kalo dibuat lebih tebal 1 step masih oke, kalo dibuat lebih lebar tapi pakai velg standar nanti profil ban jadi mbulet, kurang asik buat manuver.

*bukan sales ban
kodokbencok
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sat Mar 19, 2022 1:18

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by kodokbencok »

Malam semuanya.
Ijin share.
Setelah menyelam mengenai serba serbi ban.
Saya putuskan untuk memilih dunlop lm 705.

Impresi awal memang empuk.
Dan road noise memang jauh berkurang.
Padahal saya hanya ganti ban depan 2 kanan dan kiri.

Dari ukuran standar
205/60 R17
GT champiro eco yang sidewall nya masih 1 ply
Sudah jalan 3 tahun km di 43.000.
Tapak ban sudah mulai pecah2 kecil.
Dan kebetulan satu ada yang benjol dan satunya sudah pernah ditambal.
Makanya saya putuskan cari ban pengganti.

Naik ukuran ke
215/60 R17.
Dunlop LM705 dapat harga 1.200 plus pasang dan balancing.

Saya pakai di mobil raize.
Depan yang bisanya kelihatan kopong.
Sekaranh berisi.
Yanh belakang blm ganti.
Nunggu dana lagi kalau ada rejeki baru nambah lagi..

Sekian om.om.
Terimakasih..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

kodokbencok wrote: Mon Jun 17, 2024 14:34 Malam semuanya.
Ijin share.
Setelah menyelam mengenai serba serbi ban.
Saya putuskan untuk memilih dunlop lm 705.

Impresi awal memang empuk.
Dan road noise memang jauh berkurang.
Padahal saya hanya ganti ban depan 2 kanan dan kiri.

Dari ukuran standar
205/60 R17
GT champiro eco yang sidewall nya masih 1 ply
Sudah jalan 3 tahun km di 43.000.
Tapak ban sudah mulai pecah2 kecil.
Dan kebetulan satu ada yang benjol dan satunya sudah pernah ditambal.
Makanya saya putuskan cari ban pengganti.

Naik ukuran ke
215/60 R17.
Dunlop LM705 dapat harga 1.200 plus pasang dan balancing.

Saya pakai di mobil raize.
Depan yang bisanya kelihatan kopong.
Sekaranh berisi.
Yanh belakang blm ganti.
Nunggu dana lagi kalau ada rejeki baru nambah lagi..

Sekian om.om.
Terimakasih..
Sip
Make sure jgn kurang tekanan.
Mau brp ply, resiko benjol krn kurang tekanan, tetap bs terjadi.

Tekanan yg dipinggir pintu itu "minimal" dalam kondisi dingin.
Jadi better naikin 10% ajah.

Klo saya sih sampai 15% even waktu tu cuma pakai enasip, truly awet sampai mau gundul, tanpa benjol :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kodokbencok
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sat Mar 19, 2022 1:18

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by kodokbencok »

Suryaputra wrote: Mon Jun 17, 2024 15:20
kodokbencok wrote: Mon Jun 17, 2024 14:34 Malam semuanya.
Ijin share.
Setelah menyelam mengenai serba serbi ban.
Saya putuskan untuk memilih dunlop lm 705.

Impresi awal memang empuk.
Dan road noise memang jauh berkurang.
Padahal saya hanya ganti ban depan 2 kanan dan kiri.

Dari ukuran standar
205/60 R17
GT champiro eco yang sidewall nya masih 1 ply
Sudah jalan 3 tahun km di 43.000.
Tapak ban sudah mulai pecah2 kecil.
Dan kebetulan satu ada yang benjol dan satunya sudah pernah ditambal.
Makanya saya putuskan cari ban pengganti.

Naik ukuran ke
215/60 R17.
Dunlop LM705 dapat harga 1.200 plus pasang dan balancing.

Saya pakai di mobil raize.
Depan yang bisanya kelihatan kopong.
Sekaranh berisi.
Yanh belakang blm ganti.
Nunggu dana lagi kalau ada rejeki baru nambah lagi..

Sekian om.om.
Terimakasih..
Sip
Make sure jgn kurang tekanan.
Mau brp ply, resiko benjol krn kurang tekanan, tetap bs terjadi.

Tekanan yg dipinggir pintu itu "minimal" dalam kondisi dingin.
Jadi better naikin 10% ajah.

Klo saya sih sampai 15% even waktu tu cuma pakai enasip, truly awet sampai mau gundul, tanpa benjol :big_biglaugh:


Siap om..
Di pintu kanan tekanan standar 35 semua depan dan belakang.

Ini saya isi 34.
Memang kelihatan agak kurang angin.
Apa emang karakter LM705 seperti itu ya.

Kalau dr standar + 2 berarti 37.
Apa tidak terlalu kenceng tuh om ?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

kodokbencok wrote: Tue Jun 18, 2024 10:56
Suryaputra wrote: Mon Jun 17, 2024 15:20
kodokbencok wrote: Mon Jun 17, 2024 14:34 Malam semuanya.
Ijin share.
Setelah menyelam mengenai serba serbi ban.
Saya putuskan untuk memilih dunlop lm 705.

Impresi awal memang empuk.
Dan road noise memang jauh berkurang.
Padahal saya hanya ganti ban depan 2 kanan dan kiri.

Dari ukuran standar
205/60 R17
GT champiro eco yang sidewall nya masih 1 ply
Sudah jalan 3 tahun km di 43.000.
Tapak ban sudah mulai pecah2 kecil.
Dan kebetulan satu ada yang benjol dan satunya sudah pernah ditambal.
Makanya saya putuskan cari ban pengganti.

Naik ukuran ke
215/60 R17.
Dunlop LM705 dapat harga 1.200 plus pasang dan balancing.

Saya pakai di mobil raize.
Depan yang bisanya kelihatan kopong.
Sekaranh berisi.
Yanh belakang blm ganti.
Nunggu dana lagi kalau ada rejeki baru nambah lagi..

Sekian om.om.
Terimakasih..
Sip
Make sure jgn kurang tekanan.
Mau brp ply, resiko benjol krn kurang tekanan, tetap bs terjadi.

Tekanan yg dipinggir pintu itu "minimal" dalam kondisi dingin.
Jadi better naikin 10% ajah.

Klo saya sih sampai 15% even waktu tu cuma pakai enasip, truly awet sampai mau gundul, tanpa benjol :big_biglaugh:


Siap om..
Di pintu kanan tekanan standar 35 semua depan dan belakang.

Ini saya isi 34.
Memang kelihatan agak kurang angin.
Apa emang karakter LM705 seperti itu ya.

Kalau dr standar + 2 berarti 37.
Apa tidak terlalu kenceng tuh om ?
Kurang itu
Tekanan pinggir pintu dgn oem size itu adalah "Minimal Pressure Kondisi Dingin"

Yah coba aja 38-40 psi
Raize too soft

Klo kelebihan nguranginnya gampang,
drpd kurang tekanan :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kodokbencok
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sat Mar 19, 2022 1:18

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by kodokbencok »

Suryaputra wrote: Tue Jun 18, 2024 10:58
kodokbencok wrote: Tue Jun 18, 2024 10:56
Suryaputra wrote: Mon Jun 17, 2024 15:20

Sip
Make sure jgn kurang tekanan.
Mau brp ply, resiko benjol krn kurang tekanan, tetap bs terjadi.

Tekanan yg dipinggir pintu itu "minimal" dalam kondisi dingin.
Jadi better naikin 10% ajah.

Klo saya sih sampai 15% even waktu tu cuma pakai enasip, truly awet sampai mau gundul, tanpa benjol :big_biglaugh:


Siap om..
Di pintu kanan tekanan standar 35 semua depan dan belakang.

Ini saya isi 34.
Memang kelihatan agak kurang angin.
Apa emang karakter LM705 seperti itu ya.

Kalau dr standar + 2 berarti 37.
Apa tidak terlalu kenceng tuh om ?
Kurang itu
Tekanan pinggir pintu dgn oem size itu adalah "Minimal Pressure Kondisi Dingin"

Yah coba aja 38-40 psi
Raize too soft

Klo kelebihan nguranginnya gampang,
drpd kurang tekanan :upss:

Oke siap om..
Nnti di coba tambahin anginnya..


Makasih om..
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by MSU »

Suryaputra wrote: Tue Jun 18, 2024 10:58
kodokbencok wrote: Tue Jun 18, 2024 10:56
Suryaputra wrote: Mon Jun 17, 2024 15:20

Sip
Make sure jgn kurang tekanan.
Mau brp ply, resiko benjol krn kurang tekanan, tetap bs terjadi.

Tekanan yg dipinggir pintu itu "minimal" dalam kondisi dingin.
Jadi better naikin 10% ajah.

Klo saya sih sampai 15% even waktu tu cuma pakai enasip, truly awet sampai mau gundul, tanpa benjol :big_biglaugh:


Siap om..
Di pintu kanan tekanan standar 35 semua depan dan belakang.

Ini saya isi 34.
Memang kelihatan agak kurang angin.
Apa emang karakter LM705 seperti itu ya.

Kalau dr standar + 2 berarti 37.
Apa tidak terlalu kenceng tuh om ?
Kurang itu
Tekanan pinggir pintu dgn oem size itu adalah "Minimal Pressure Kondisi Dingin"

Yah coba aja 38-40 psi
Raize too soft

Klo kelebihan nguranginnya gampang,
drpd kurang tekanan :upss:
raize tu rasanya bukan krn tekanan ban-nya om...tp suspensinya..
diisi 1-2 orang enak tu mobil...giliran diisi 4 orang terlalu soft suspensi belakangnya
kena speed trap jg cenderung ngebuang geol kanan kiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

MSU wrote: Tue Jun 18, 2024 23:46
Suryaputra wrote: Tue Jun 18, 2024 10:58
kodokbencok wrote: Tue Jun 18, 2024 10:56



Siap om..
Di pintu kanan tekanan standar 35 semua depan dan belakang.

Ini saya isi 34.
Memang kelihatan agak kurang angin.
Apa emang karakter LM705 seperti itu ya.

Kalau dr standar + 2 berarti 37.
Apa tidak terlalu kenceng tuh om ?
Kurang itu
Tekanan pinggir pintu dgn oem size itu adalah "Minimal Pressure Kondisi Dingin"

Yah coba aja 38-40 psi
Raize too soft

Klo kelebihan nguranginnya gampang,
drpd kurang tekanan :upss:
raize tu rasanya bukan krn tekanan ban-nya om...tp suspensinya..
diisi 1-2 orang enak tu mobil...giliran diisi 4 orang terlalu soft suspensi belakangnya
kena speed trap jg cenderung ngebuang geol kanan kiri
Iya memang mbah.
Maka dr itu udh soft dikasih tekanan ban kurang, ya makin mabok :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kodokbencok
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sat Mar 19, 2022 1:18

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by kodokbencok »

Suryaputra wrote: Wed Jun 19, 2024 1:28
MSU wrote: Tue Jun 18, 2024 23:46
Suryaputra wrote: Tue Jun 18, 2024 10:58

Kurang itu
Tekanan pinggir pintu dgn oem size itu adalah "Minimal Pressure Kondisi Dingin"

Yah coba aja 38-40 psi
Raize too soft

Klo kelebihan nguranginnya gampang,
drpd kurang tekanan :upss:
raize tu rasanya bukan krn tekanan ban-nya om...tp suspensinya..
diisi 1-2 orang enak tu mobil...giliran diisi 4 orang terlalu soft suspensi belakangnya
kena speed trap jg cenderung ngebuang geol kanan kiri
Iya emang empuk om..
Kalau nikung yang agak tajem emang berasa lari2..

Biasa dipakai sendiri om.
Kadang berdua nganter istri aja.

Jarang ada penumpang belakang kecuali ada temen nebeng itupun jarang.
Hehe.

Ini tadi iseng cek bersihin rem sendiri.
Ternyata shock belakang kanan kiri ada bekas rembesan oli.
Kayaknya dah bocor.
Ntar mau nyari alternatif selain orinya.
Karna empuk banget emang..
kodokbencok
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sat Mar 19, 2022 1:18

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by kodokbencok »

Suryaputra wrote: Wed Jun 19, 2024 1:28
MSU wrote: Tue Jun 18, 2024 23:46
Suryaputra wrote: Tue Jun 18, 2024 10:58

Kurang itu
Tekanan pinggir pintu dgn oem size itu adalah "Minimal Pressure Kondisi Dingin"

Yah coba aja 38-40 psi
Raize too soft

Klo kelebihan nguranginnya gampang,
drpd kurang tekanan :upss:
raize tu rasanya bukan krn tekanan ban-nya om...tp suspensinya..
diisi 1-2 orang enak tu mobil...giliran diisi 4 orang terlalu soft suspensi belakangnya
kena speed trap jg cenderung ngebuang geol kanan kiri
Iya memang mbah.
Maka dr itu udh soft dikasih tekanan ban kurang, ya makin mabok :big_biglaugh:
Hehe jarang ada penumpang di belakang om.
Makanya ga tau pada mabok apa engga.
Ada penumpang temen nembeng paling ga jauh om..
Jadi ga berasa kali ya..
:big_grin:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

kodokbencok wrote: Wed Jun 19, 2024 9:08
Suryaputra wrote: Wed Jun 19, 2024 1:28
MSU wrote: Tue Jun 18, 2024 23:46

raize tu rasanya bukan krn tekanan ban-nya om...tp suspensinya..
diisi 1-2 orang enak tu mobil...giliran diisi 4 orang terlalu soft suspensi belakangnya
kena speed trap jg cenderung ngebuang geol kanan kiri
Iya emang empuk om..
Kalau nikung yang agak tajem emang berasa lari2..

Biasa dipakai sendiri om.
Kadang berdua nganter istri aja.

Jarang ada penumpang belakang kecuali ada temen nebeng itupun jarang.
Hehe.

Ini tadi iseng cek bersihin rem sendiri.
Ternyata shock belakang kanan kiri ada bekas rembesan oli.
Kayaknya dah bocor.
Ntar mau nyari alternatif selain orinya.
Karna empuk banget emang..
just personal opinion.

KYB Excel G
Gas Shock Abs
not too hard, not too soft.
bantingan gak mentul2.

handling improve dibanding shock std yg (pada umumnya) empuk.

dulu prnh pakai Excel-G bbrp kali, puas dibanding std oem:
- S Aerio
- H Accent
- S Swift
Sekalian ganti stopper dan dudukan karet suspensi.
Per (spring) std ajah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by MSU »

kodokbencok wrote: Wed Jun 19, 2024 9:08
Suryaputra wrote: Wed Jun 19, 2024 1:28
MSU wrote: Tue Jun 18, 2024 23:46

raize tu rasanya bukan krn tekanan ban-nya om...tp suspensinya..
diisi 1-2 orang enak tu mobil...giliran diisi 4 orang terlalu soft suspensi belakangnya
kena speed trap jg cenderung ngebuang geol kanan kiri
Iya emang empuk om..
Kalau nikung yang agak tajem emang berasa lari2..

Biasa dipakai sendiri om.
Kadang berdua nganter istri aja.

Jarang ada penumpang belakang kecuali ada temen nebeng itupun jarang.
Hehe.

Ini tadi iseng cek bersihin rem sendiri.
Ternyata shock belakang kanan kiri ada bekas rembesan oli.
Kayaknya dah bocor.
Ntar mau nyari alternatif selain orinya.
Karna empuk banget emang..
Kalo sy cek di grup fb...kl ga salah pernah disebut cocok pake sokbeker yaris bapao..cm ada baut yg perlu diganti..
Ada yg pake per jamex...tp jd rada nungging
kodokbencok
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sat Mar 19, 2022 1:18

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by kodokbencok »

Suryaputra wrote: Wed Jun 19, 2024 9:21
kodokbencok wrote: Wed Jun 19, 2024 9:08
Suryaputra wrote: Wed Jun 19, 2024 1:28
Iya emang empuk om..
Kalau nikung yang agak tajem emang berasa lari2..

Biasa dipakai sendiri om.
Kadang berdua nganter istri aja.

Jarang ada penumpang belakang kecuali ada temen nebeng itupun jarang.
Hehe.

Ini tadi iseng cek bersihin rem sendiri.
Ternyata shock belakang kanan kiri ada bekas rembesan oli.
Kayaknya dah bocor.
Ntar mau nyari alternatif selain orinya.
Karna empuk banget emang..
just personal opinion.

KYB Excel G
Gas Shock Abs
not too hard, not too soft.
bantingan gak mentul2.

handling improve dibanding shock std yg (pada umumnya) empuk.

dulu prnh pakai Excel-G bbrp kali, puas dibanding std oem:
- S Aerio
- H Accent
- S Swift
Sekalian ganti stopper dan dudukan karet suspensi.
Per (spring) std ajah.

Siap om..
Terimakasih masukkannya..
:big_exellent:
:big_deal:
kodokbencok
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sat Mar 19, 2022 1:18

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by kodokbencok »

MSU wrote: Wed Jun 19, 2024 13:22
kodokbencok wrote: Wed Jun 19, 2024 9:08
Suryaputra wrote: Wed Jun 19, 2024 1:28
Iya emang empuk om..
Kalau nikung yang agak tajem emang berasa lari2..

Biasa dipakai sendiri om.
Kadang berdua nganter istri aja.

Jarang ada penumpang belakang kecuali ada temen nebeng itupun jarang.
Hehe.

Ini tadi iseng cek bersihin rem sendiri.
Ternyata shock belakang kanan kiri ada bekas rembesan oli.
Kayaknya dah bocor.
Ntar mau nyari alternatif selain orinya.
Karna empuk banget emang..
Kalo sy cek di grup fb...kl ga salah pernah disebut cocok pake sokbeker yaris bapao..cm ada baut yg perlu diganti..
Ada yg pake per jamex...tp jd rada nungging

Iya om.
Sdh ada pakai yaris bapao.
Bautnya ganti juga om..
Nnti lagi nyari2 info mana yang cocok..

Pakai RR juga om ?
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by azu »

Tekanan ban di dekat pintu itu tekanan ban saat dingin. Umumnya saat ban panas karena dipakai jalan, tekanan ban itu bisa naik 2-3 psi. Makanya kalau saya isi angin di pom bensin biasanya saya naikin 2-3 psi juga karena kondisi ban juga sudah tidak dingin :mky_01: mungkin ini agak sesat sih hahaha :big_biglaugh:

Btw tadi saya baru isi nitrogen lagi untuk Conti CC6 195/65 R15 di Nav1 karena sudah mau sebulan dari terakhir isi angin, dan akhir2 kalau lihat ban terutama yg depan kok kaya yg kurang angin :mky_01:

Akhirnya tadi saya tambah angin jadi 38psi (di pengisian sebelumnya saya isi di 37psi), dengan standarnya sesuai di pintu itu 35 psi, dan pas cek tekanan sebelum pengisiannya antara 35 dan 36 psi kecuali ada satu ban belakang di 32psi.

Berarti ini ban emang keliatannya seperti agak kempes meskipun tekanan sudah sesuai, tapi pas saya isi 38psi terasa sedikit lebih keras ke bantingan suspensinya :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by josomba »

azu wrote: Thu Jun 20, 2024 2:35 Tekanan ban di dekat pintu itu tekanan ban saat dingin. Umumnya saat ban panas karena dipakai jalan, tekanan ban itu bisa naik 2-3 psi. Makanya kalau saya isi angin di pom bensin biasanya saya naikin 2-3 psi juga karena kondisi ban juga sudah tidak dingin :mky_01: mungkin ini agak sesat sih hahaha :big_biglaugh:

Btw tadi saya baru isi nitrogen lagi untuk Conti CC6 195/65 R15 di Nav1 karena sudah mau sebulan dari terakhir isi angin, dan akhir2 kalau lihat ban terutama yg depan kok kaya yg kurang angin :mky_01:

Akhirnya tadi saya tambah angin jadi 38psi (di pengisian sebelumnya saya isi di 37psi), dengan standarnya sesuai di pintu itu 35 psi, dan pas cek tekanan sebelum pengisiannya antara 35 dan 36 psi kecuali ada satu ban belakang di 32psi.

Berarti ini ban emang keliatannya seperti agak kempes meskipun tekanan sudah sesuai, tapi pas saya isi 38psi terasa sedikit lebih keras ke bantingan suspensinya :mky_01:
Ada benernya naikin 2-3 psi dari yg tertera di pintu kalau isi di bengkel/pom bensin. Kalau yg saya perhatikan tergantung temperatur ban yg dipengaruhi dr bobot mobil, jenis ban, jarak tempuh semenjak start dr rumah ke bengkel/pom bensin.

Saya pernah experiment beberapa kali di mobil dulu (lmpv).
Kondisi pagi hari saya isi sesuai stiker di pintu 32 psi. Baru jalan 2-3 km baru naik 1 psi. Jalan 5 km naik 2 psi. Sekitar 10 km, naik 3-4psi.
Image
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

azu wrote: Thu Jun 20, 2024 2:35 Tekanan ban di dekat pintu itu tekanan ban saat dingin. Umumnya saat ban panas karena dipakai jalan, tekanan ban itu bisa naik 2-3 psi. Makanya kalau saya isi angin di pom bensin biasanya saya naikin 2-3 psi juga karena kondisi ban juga sudah tidak dingin :mky_01: mungkin ini agak sesat sih hahaha :big_biglaugh:

Btw tadi saya baru isi nitrogen lagi untuk Conti CC6 195/65 R15 di Nav1 karena sudah mau sebulan dari terakhir isi angin, dan akhir2 kalau lihat ban terutama yg depan kok kaya yg kurang angin :mky_01:

Akhirnya tadi saya tambah angin jadi 38psi (di pengisian sebelumnya saya isi di 37psi), dengan standarnya sesuai di pintu itu 35 psi, dan pas cek tekanan sebelum pengisiannya antara 35 dan 36 psi kecuali ada satu ban belakang di 32psi.

Berarti ini ban emang keliatannya seperti agak kempes meskipun tekanan sudah sesuai, tapi pas saya isi 38psi terasa sedikit lebih keras ke bantingan suspensinya :mky_01:
Nav1 body berat, tekanan ban kudu relatif tinggi, jd lbh aman.

- Mobil travel jkt bdg itu klo ngisi bisa >50 psi
- Pswt boeing 737NG, minimal tyre pressure konon >200 psi

Jd kesimpulan dari data dan fakta yg ada,
Makin berat beban mobil = tekanan ban makin tinggi dan sesuaikan spec beban maximal per ban

Emang lbg keras pasti, tapi.. Coba deh zig zag dikit.
Di situ kejawab; why tekanan ban kudu lbh tinggi dr tekanan di pinggir pintu.

Krn jalan itu kan gak cuma lurus, ada kalanya nginjek lobang, manuver darurat krn suatu hal, dsb :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by suketcell »

josomba wrote: Thu Jun 20, 2024 3:48
azu wrote: Thu Jun 20, 2024 2:35 Tekanan ban di dekat pintu itu tekanan ban saat dingin. Umumnya saat ban panas karena dipakai jalan, tekanan ban itu bisa naik 2-3 psi. Makanya kalau saya isi angin di pom bensin biasanya saya naikin 2-3 psi juga karena kondisi ban juga sudah tidak dingin :mky_01: mungkin ini agak sesat sih hahaha :big_biglaugh:

Btw tadi saya baru isi nitrogen lagi untuk Conti CC6 195/65 R15 di Nav1 karena sudah mau sebulan dari terakhir isi angin, dan akhir2 kalau lihat ban terutama yg depan kok kaya yg kurang angin :mky_01:

Akhirnya tadi saya tambah angin jadi 38psi (di pengisian sebelumnya saya isi di 37psi), dengan standarnya sesuai di pintu itu 35 psi, dan pas cek tekanan sebelum pengisiannya antara 35 dan 36 psi kecuali ada satu ban belakang di 32psi.

Berarti ini ban emang keliatannya seperti agak kempes meskipun tekanan sudah sesuai, tapi pas saya isi 38psi terasa sedikit lebih keras ke bantingan suspensinya :mky_01:
Ada benernya naikin 2-3 psi dari yg tertera di pintu kalau isi di bengkel/pom bensin. Kalau yg saya perhatikan tergantung temperatur ban yg dipengaruhi dr bobot mobil, jenis ban, jarak tempuh semenjak start dr rumah ke bengkel/pom bensin.

Saya pernah experiment beberapa kali di mobil dulu (lmpv).
Kondisi pagi hari saya isi sesuai stiker di pintu 32 psi. Baru jalan 2-3 km baru naik 1 psi. Jalan 5 km naik 2 psi. Sekitar 10 km, naik 3-4psi.

Akibat racun2 dimarih, terutama mbah2 senior,
akhirnya selalu isi nitro + 3 atau +4 psi sekalian
dari stiker di pintu..
Puji tuhan, selama ini ga pernah benjol,
Pake hankook, dunlop, GY,
Paling2 ya bocor, langsung tiptop (garansi lifetime) :big_exellent: ...
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.