EV's Safety?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1532
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: EV's Safety?

Post by Pugman »

mobilover wrote: Sat May 31, 2025 6:21 Mobil cacat satu dua itu masih bisa dimaklumin. Mopang juga banyak yg cacat produksi jg kok mobilnya.

Nah kalau cacatnya massiv, harus segera direcall sebelum jatuh korban. Coba kita lihat gimana produsen mobcin handle cacat massiv, mereka akan gercep recall atau ngeles bajaj ala astra dkk.

IMO, arus mobil listrik mainstream sudah tidak bisa dibendung di kota besar. Buat yg anti EV yah siap2 waspada aja sama semua resiko yg ditakutkan. Buat yg pro EV yang enjoy aja dgn mobil masing2 mau itu mobcin atau korea. Gitu aja kok repot 😁
kayukayuthe5th wrote: Sun Jun 01, 2025 0:47
mobilover wrote: Sat May 31, 2025 6:21 Mobil cacat satu dua itu masih bisa dimaklumin. Mopang juga banyak yg cacat produksi jg kok mobilnya.

Nah kalau cacatnya massiv, harus segera direcall sebelum jatuh korban. Coba kita lihat gimana produsen mobcin handle cacat massiv, mereka akan gercep recall atau ngeles bajaj ala astra dkk.

IMO, arus mobil listrik mainstream sudah tidak bisa dibendung di kota besar. Buat yg anti EV yah siap2 waspada aja sama semua resiko yg ditakutkan. Buat yg pro EV yang enjoy aja dgn mobil masing2 mau itu mobcin atau korea. Gitu aja kok repot 😁
gwa sih gamasalah. atleast di kota besar udah gwa prediksi karena infrastruktur ma behavior-driving + rute :mky_08:

still not onto all-EV mandatory aja sih kalo gwa
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.

https://ekonomi.republika.co.id/berita/ ... i-kata-byd

Memang jadi skeptis relying safety ke perusahaan yang sedang tidak safe alias on risk.
:mky_01:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6347
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Pugman wrote: Sun Jun 01, 2025 11:19
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.

https://ekonomi.republika.co.id/berita/ ... i-kata-byd

Memang jadi skeptis relying safety ke perusahaan yang sedang tidak safe alias on risk.
:mky_01:
itu yang bocorin si lei jun sendiri aka CEO siomay mungkin dia sendiri juga cape kali awal2x kan ngaku yang jualan ev gak ada yang untung :big_bored:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1532
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: EV's Safety?

Post by Pugman »

b0ku wrote: Sun Jun 01, 2025 12:36
Pugman wrote: Sun Jun 01, 2025 11:19
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.

https://ekonomi.republika.co.id/berita/ ... i-kata-byd

Memang jadi skeptis relying safety ke perusahaan yang sedang tidak safe alias on risk.
:mky_01:
itu yang bocorin si lei jun sendiri aka CEO siomay mungkin dia sendiri juga cape kali awal2x kan ngaku yang jualan ev gak ada yang untung :big_bored:
Berita EV di China agak kebalikan dengan yang disini ya..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16731
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

marr wrote: Sat May 31, 2025 7:11 Sering bro.
Soal spooring, kmrn diceritain kalo keseringan lewat jalan jelek + hajar lubang, setirnya miring mulu

Yang soal mogok, akhirnya di tarik pake tali tambang sampe rumah. Direset trus dicharge sampe full, eh bs jalan normal lagi. Pas telfon call centernya wuling, katanya kalo bisa batrenya jangan di bawa sampe <30% wkwkwkwkwkkw

pdhl range sama batre di layar nya aja belum habis ckck kacau MID nya
nah ini yang saya very concerned soal EV om. usable range di real worldnya gak pasti. bener sih teoritikal 400km-ish, real world range 30% aja harus buru buru cari charger.

ya 20-30%, kalo range 400, 120km harus di spare buat charging. iye sih 120km buat luar kota juga jauh, tapi bener 120 ngga nanti ketemu tanjakan jadi 80km lagi. computernya kan estimate dgn asumsi kondisi mengemudinya datar.

china juga halus banget bahasanya buat hybrid. "range extender" yah bilang aja hybrid :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16731
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

b0ku wrote: Sat May 31, 2025 4:39
kemaren ada liat tuh j6 di pake offroad kolongnya pecah semua sama ke expose banget cuma sayang ilang videonya orang thailand gak lama ada berita cherry lagi kerjasama sama thailand bangun mobnas :big_slap:

sejak itu saya diem2x aja om kualitas kek gitu mendingan laku banyak biar ke expose :big_biglaugh:
udeh lah chery nya aja mau balik ke hybrid :mky_07:

yok lah biar laku banyak aja ini mobil. kan tujuan mereka jg cuma dumping barang kan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16731
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

Pugman wrote: Sun Jun 01, 2025 11:19
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.

https://ekonomi.republika.co.id/berita/ ... i-kata-byd

Memang jadi skeptis relying safety ke perusahaan yang sedang tidak safe alias on risk.
:mky_01:
saya dapet spill

bener kok, realitanya pabrikan china sendiri di sini juga udah mulai taraf saling bunuh.

isu lain juga mengenai unfair regulation di sini, itu hyundai sama wuling paling terdampak udah invest gede gedean belum berkembang udah dihajar BYD dkk.

jepang selain toyota ya udah stagnan cenderung turun.

automotive industry winter
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
madundongol1
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat May 04, 2024 2:09
Location: indonesia

Re: EV's Safety?

Post by madundongol1 »

ChZ wrote: Mon Jun 02, 2025 3:22
Pugman wrote: Sun Jun 01, 2025 11:19
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.

https://ekonomi.republika.co.id/berita/ ... i-kata-byd

Memang jadi skeptis relying safety ke perusahaan yang sedang tidak safe alias on risk.
:mky_01:
saya dapet spill

bener kok, realitanya pabrikan china sendiri di sini juga udah mulai taraf saling bunuh.

isu lain juga mengenai unfair regulation di sini, itu hyundai sama wuling paling terdampak udah invest gede gedean belum berkembang udah dihajar BYD dkk.

jepang selain toyota ya udah stagnan cenderung turun.

automotive industry winter
saya lihat mereka jualannya mirib startup semua, sayangnya barang yang dijual itu mobil yang mana harganya bukan kayak hp atau barang dibawahnya
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Mon Jun 02, 2025 3:22
Pugman wrote: Sun Jun 01, 2025 11:19
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.

https://ekonomi.republika.co.id/berita/ ... i-kata-byd

Memang jadi skeptis relying safety ke perusahaan yang sedang tidak safe alias on risk.
:mky_01:
saya dapet spill

bener kok, realitanya pabrikan china sendiri di sini juga udah mulai taraf saling bunuh.

isu lain juga mengenai unfair regulation di sini, itu hyundai sama wuling paling terdampak udah invest gede gedean belum berkembang udah dihajar BYD dkk.

jepang selain toyota ya udah stagnan cenderung turun.

automotive industry winter
ini BYD dah tutup di shandong malahan :big_bored:
https://www.reuters.com/business/media- ... 025-05-29/
madundongol1 wrote: Mon Jun 02, 2025 6:45
ChZ wrote: Mon Jun 02, 2025 3:22
Pugman wrote: Sun Jun 01, 2025 11:19
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.

https://ekonomi.republika.co.id/berita/ ... i-kata-byd

Memang jadi skeptis relying safety ke perusahaan yang sedang tidak safe alias on risk.
:mky_01:
saya dapet spill

bener kok, realitanya pabrikan china sendiri di sini juga udah mulai taraf saling bunuh.

isu lain juga mengenai unfair regulation di sini, itu hyundai sama wuling paling terdampak udah invest gede gedean belum berkembang udah dihajar BYD dkk.

jepang selain toyota ya udah stagnan cenderung turun.

automotive industry winter
saya lihat mereka jualannya mirib startup semua, sayangnya barang yang dijual itu mobil yang mana harganya bukan kayak hp atau barang dibawahnya
karena psikologis beli mobil =/ beli elktronik. elektronik 5-10 nahkan 20-30 juta rusak bisa cepet. mobil? dont think so belum lagi masalah aftersales ma issue2 lain macem recall. perlu masuk perhatian juga itu.
plus sudah kutulis berulang kali. mau sampe kapan bakar duit?
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1532
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: EV's Safety?

Post by Pugman »

kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 02, 2025 12:46
ChZ wrote: Mon Jun 02, 2025 3:22
Pugman wrote: Sun Jun 01, 2025 11:19
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.

https://ekonomi.republika.co.id/berita/ ... i-kata-byd

Memang jadi skeptis relying safety ke perusahaan yang sedang tidak safe alias on risk.
:mky_01:
saya dapet spill

bener kok, realitanya pabrikan china sendiri di sini juga udah mulai taraf saling bunuh.

isu lain juga mengenai unfair regulation di sini, itu hyundai sama wuling paling terdampak udah invest gede gedean belum berkembang udah dihajar BYD dkk.

jepang selain toyota ya udah stagnan cenderung turun.

automotive industry winter
ini BYD dah tutup di shandong malahan :big_bored:
https://www.reuters.com/business/media- ... 025-05-29/
madundongol1 wrote: Mon Jun 02, 2025 6:45
ChZ wrote: Mon Jun 02, 2025 3:22

saya dapet spill

bener kok, realitanya pabrikan china sendiri di sini juga udah mulai taraf saling bunuh.

isu lain juga mengenai unfair regulation di sini, itu hyundai sama wuling paling terdampak udah invest gede gedean belum berkembang udah dihajar BYD dkk.

jepang selain toyota ya udah stagnan cenderung turun.

automotive industry winter
saya lihat mereka jualannya mirib startup semua, sayangnya barang yang dijual itu mobil yang mana harganya bukan kayak hp atau barang dibawahnya
karena psikologis beli mobil =/ beli elktronik. elektronik 5-10 nahkan 20-30 juta rusak bisa cepet. mobil? dont think so belum lagi masalah aftersales ma issue2 lain macem recall. perlu masuk perhatian juga itu.
plus sudah kutulis berulang kali. mau sampe kapan bakar duit?
Masalah mobil kalau sering fail dan after sales-nya banyak ngeles, bikin ga mau balik lagi juga, pasti pindah brand lain.
Dulu saya sempat berfikir bahwa ICE terutama Japs car itu sangat reliable dan umurnya sangat panjang bisa 30-40 tahun, kemudian market otomotif mulai stagnan.
Maka dibuatlah kampanye EV, yang sebenarnya supaya orang tidak lagi berfikir untuk memperbaiki melainkan mengganti karena biaya repair main komponen yang tidak masuk akal.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12633
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

https://www.tokopedia.com/casspo/batera ... 8069840758
.
Screenshot_20250603_055142.jpg
.
buat prakarya molis :mky_03:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri