Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
mobilover wrote: Sat May 31, 2025 6:21
Mobil cacat satu dua itu masih bisa dimaklumin. Mopang juga banyak yg cacat produksi jg kok mobilnya.
Nah kalau cacatnya massiv, harus segera direcall sebelum jatuh korban. Coba kita lihat gimana produsen mobcin handle cacat massiv, mereka akan gercep recall atau ngeles bajaj ala astra dkk.
IMO, arus mobil listrik mainstream sudah tidak bisa dibendung di kota besar. Buat yg anti EV yah siap2 waspada aja sama semua resiko yg ditakutkan. Buat yg pro EV yang enjoy aja dgn mobil masing2 mau itu mobcin atau korea. Gitu aja kok repot
mobilover wrote: Sat May 31, 2025 6:21
Mobil cacat satu dua itu masih bisa dimaklumin. Mopang juga banyak yg cacat produksi jg kok mobilnya.
Nah kalau cacatnya massiv, harus segera direcall sebelum jatuh korban. Coba kita lihat gimana produsen mobcin handle cacat massiv, mereka akan gercep recall atau ngeles bajaj ala astra dkk.
IMO, arus mobil listrik mainstream sudah tidak bisa dibendung di kota besar. Buat yg anti EV yah siap2 waspada aja sama semua resiko yg ditakutkan. Buat yg pro EV yang enjoy aja dgn mobil masing2 mau itu mobcin atau korea. Gitu aja kok repot
gwa sih gamasalah. atleast di kota besar udah gwa prediksi karena infrastruktur ma behavior-driving + rute
still not onto all-EV mandatory aja sih kalo gwa
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.
Pugman wrote: Sun Jun 01, 2025 11:19
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.
Pugman wrote: Sun Jun 01, 2025 11:19
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.
marr wrote: Sat May 31, 2025 7:11
Sering bro.
Soal spooring, kmrn diceritain kalo keseringan lewat jalan jelek + hajar lubang, setirnya miring mulu
Yang soal mogok, akhirnya di tarik pake tali tambang sampe rumah. Direset trus dicharge sampe full, eh bs jalan normal lagi. Pas telfon call centernya wuling, katanya kalo bisa batrenya jangan di bawa sampe <30% wkwkwkwkwkkw
pdhl range sama batre di layar nya aja belum habis ckck kacau MID nya
nah ini yang saya very concerned soal EV om. usable range di real worldnya gak pasti. bener sih teoritikal 400km-ish, real world range 30% aja harus buru buru cari charger.
ya 20-30%, kalo range 400, 120km harus di spare buat charging. iye sih 120km buat luar kota juga jauh, tapi bener 120 ngga nanti ketemu tanjakan jadi 80km lagi. computernya kan estimate dgn asumsi kondisi mengemudinya datar.
china juga halus banget bahasanya buat hybrid. "range extender" yah bilang aja hybrid
b0ku wrote: Sat May 31, 2025 4:39
kemaren ada liat tuh j6 di pake offroad kolongnya pecah semua sama ke expose banget cuma sayang ilang videonya orang thailand gak lama ada berita cherry lagi kerjasama sama thailand bangun mobnas
sejak itu saya diem2x aja om kualitas kek gitu mendingan laku banyak biar ke expose
udeh lah chery nya aja mau balik ke hybrid
yok lah biar laku banyak aja ini mobil. kan tujuan mereka jg cuma dumping barang kan.
Pugman wrote: Sun Jun 01, 2025 11:19
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.
Memang jadi skeptis relying safety ke perusahaan yang sedang tidak safe alias on risk.
saya dapet spill
bener kok, realitanya pabrikan china sendiri di sini juga udah mulai taraf saling bunuh.
isu lain juga mengenai unfair regulation di sini, itu hyundai sama wuling paling terdampak udah invest gede gedean belum berkembang udah dihajar BYD dkk.
jepang selain toyota ya udah stagnan cenderung turun.
Pugman wrote: Sun Jun 01, 2025 11:19
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.
Memang jadi skeptis relying safety ke perusahaan yang sedang tidak safe alias on risk.
saya dapet spill
bener kok, realitanya pabrikan china sendiri di sini juga udah mulai taraf saling bunuh.
isu lain juga mengenai unfair regulation di sini, itu hyundai sama wuling paling terdampak udah invest gede gedean belum berkembang udah dihajar BYD dkk.
jepang selain toyota ya udah stagnan cenderung turun.
automotive industry winter
saya lihat mereka jualannya mirib startup semua, sayangnya barang yang dijual itu mobil yang mana harganya bukan kayak hp atau barang dibawahnya
Pugman wrote: Sun Jun 01, 2025 11:19
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.
Memang jadi skeptis relying safety ke perusahaan yang sedang tidak safe alias on risk.
saya dapet spill
bener kok, realitanya pabrikan china sendiri di sini juga udah mulai taraf saling bunuh.
isu lain juga mengenai unfair regulation di sini, itu hyundai sama wuling paling terdampak udah invest gede gedean belum berkembang udah dihajar BYD dkk.
jepang selain toyota ya udah stagnan cenderung turun.
Pugman wrote: Sun Jun 01, 2025 11:19
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.
Memang jadi skeptis relying safety ke perusahaan yang sedang tidak safe alias on risk.
saya dapet spill
bener kok, realitanya pabrikan china sendiri di sini juga udah mulai taraf saling bunuh.
isu lain juga mengenai unfair regulation di sini, itu hyundai sama wuling paling terdampak udah invest gede gedean belum berkembang udah dihajar BYD dkk.
jepang selain toyota ya udah stagnan cenderung turun.
automotive industry winter
saya lihat mereka jualannya mirib startup semua, sayangnya barang yang dijual itu mobil yang mana harganya bukan kayak hp atau barang dibawahnya
karena psikologis beli mobil =/ beli elktronik. elektronik 5-10 nahkan 20-30 juta rusak bisa cepet. mobil? dont think so belum lagi masalah aftersales ma issue2 lain macem recall. perlu masuk perhatian juga itu.
plus sudah kutulis berulang kali. mau sampe kapan bakar duit?
Pugman wrote: Sun Jun 01, 2025 11:19
Ternyata aspek safety EV bukan hanya soal mobil, tapi kondisi "safety" perusahaan-perusahaan dalam industri ini juga jadi perdebatan, bahkan dikalangan mereka sendiri.
Memang jadi skeptis relying safety ke perusahaan yang sedang tidak safe alias on risk.
saya dapet spill
bener kok, realitanya pabrikan china sendiri di sini juga udah mulai taraf saling bunuh.
isu lain juga mengenai unfair regulation di sini, itu hyundai sama wuling paling terdampak udah invest gede gedean belum berkembang udah dihajar BYD dkk.
jepang selain toyota ya udah stagnan cenderung turun.
bener kok, realitanya pabrikan china sendiri di sini juga udah mulai taraf saling bunuh.
isu lain juga mengenai unfair regulation di sini, itu hyundai sama wuling paling terdampak udah invest gede gedean belum berkembang udah dihajar BYD dkk.
jepang selain toyota ya udah stagnan cenderung turun.
automotive industry winter
saya lihat mereka jualannya mirib startup semua, sayangnya barang yang dijual itu mobil yang mana harganya bukan kayak hp atau barang dibawahnya
karena psikologis beli mobil =/ beli elktronik. elektronik 5-10 nahkan 20-30 juta rusak bisa cepet. mobil? dont think so belum lagi masalah aftersales ma issue2 lain macem recall. perlu masuk perhatian juga itu.
plus sudah kutulis berulang kali. mau sampe kapan bakar duit?
Masalah mobil kalau sering fail dan after sales-nya banyak ngeles, bikin ga mau balik lagi juga, pasti pindah brand lain.
Dulu saya sempat berfikir bahwa ICE terutama Japs car itu sangat reliable dan umurnya sangat panjang bisa 30-40 tahun, kemudian market otomotif mulai stagnan.
Maka dibuatlah kampanye EV, yang sebenarnya supaya orang tidak lagi berfikir untuk memperbaiki melainkan mengganti karena biaya repair main komponen yang tidak masuk akal.
x 30 mbah (combine pararel dan serial connection)
wkwkwkwk
spy dapat 48v dan 11.5 KwH (dgn power factor 80%)
sesuaikan voltase dgn modul battery managementnya aja
.
Screenshot 2025-06-03 095034.png
.
- Pararel = Tegangan konstan & arus amper nambah sesuai jumlah yg dipararel
- Serial = Tegangan nambah & arus amper konstan sesuai jumlah yg diseri *Daya (W) = tegangan (V) x arus (A)
.
Jadi memang harus kombinasi serial dan pararel spy dapat tegangan yg diinginkan dan kapasitas sesuai
.
complicated, salah-salah bisa Dhuarrr
wkwkwkwk.
klo ICE, salah, turun mesin (selama aki 12V gak korslet)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Tue Jun 03, 2025 2:18
x 30 mbah (combine pararel dan serial connection)
wkwkwkwk
spy dapat 48v dan 11.5 KwH (dgn power factor 80%)
sesuaikan voltase dgn modul battery managementnya aja
.
Screenshot 2025-06-03 095034.png
.
- Pararel = Tegangan konstan & arus amper nambah sesuai jumlah yg dipararel
- Serial = Tegangan nambah & arus amper konstan sesuai jumlah yg diseri *Daya (W) = tegangan (V) x arus (A)
.
Jadi memang harus kombinasi serial dan pararel spy dapat tegangan yg diinginkan dan kapasitas sesuai
.
complicated, salah-salah bisa Dhuarrr
wkwkwkwk.
klo ICE, salah, turun mesin (selama aki 12V gak korslet)
Bisa buat bikin AirEV turbo nih, Bikin 36S2P, 3.2V x 36 seri x 2 pararel, dapet 115V nominal, kapasitas dapet 34.5 kWh. Ukuran kotaknya butuh panjang batere 96 cm, lebar 13.5mm x 2 x 36 = 97 cm, kurleb battery box modif-an 1x1 meter lah, tebel kan 10cm-an. Harga batere doang 90 juta-an. Kalo BMS taruh diluar battery box, mayan tu bikin lomba drag race kelas AirEV, bikin battery box 4-6 pcs, gantian pake-nya. Batere standar sponsor, tinggal pinter2an tuning BMS ama motor controller
Buat ongkos, cariin tu sales Wuling yang sering posting disini sapa tau mau jadi sponsor
Suryaputra wrote: Tue Jun 03, 2025 2:18
x 30 mbah (combine pararel dan serial connection)
wkwkwkwk
spy dapat 48v dan 11.5 KwH (dgn power factor 80%)
sesuaikan voltase dgn modul battery managementnya aja
.
Screenshot 2025-06-03 095034.png
.
- Pararel = Tegangan konstan & arus amper nambah sesuai jumlah yg dipararel
- Serial = Tegangan nambah & arus amper konstan sesuai jumlah yg diseri *Daya (W) = tegangan (V) x arus (A)
.
Jadi memang harus kombinasi serial dan pararel spy dapat tegangan yg diinginkan dan kapasitas sesuai
.
complicated, salah-salah bisa Dhuarrr
wkwkwkwk.
klo ICE, salah, turun mesin (selama aki 12V gak korslet)
Bisa buat bikin AirEV turbo nih, Bikin 36S2P, 3.2V x 36 seri x 2 pararel, dapet 115V nominal, kapasitas dapet 34.5 kWh. Ukuran kotaknya butuh panjang batere 96 cm, lebar 13.5mm x 2 x 36 = 97 cm, kurleb battery box modif-an 1x1 meter lah, tebel kan 10cm-an. Harga batere doang 90 juta-an. Kalo BMS taruh diluar battery box, mayan tu bikin lomba drag race kelas AirEV, bikin battery box 4-6 pcs, gantian pake-nya. Batere standar sponsor, tinggal pinter2an tuning BMS ama motor controller
Buat ongkos, cariin tu sales Wuling yang sering posting disini sapa tau mau jadi sponsor
remember bikin jalur AC buat dingin batre nya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
madundongol1 wrote: Mon Jun 02, 2025 6:45
saya lihat mereka jualannya mirib startup semua, sayangnya barang yang dijual itu mobil yang mana harganya bukan kayak hp atau barang dibawahnya
henpon rusak itu gampang. bawa ke teknisi, solder solder tungguin aja sejam dua jam kelar. mentok mentok ganti LCD.
mobil modern, algoritmanya rumit, modulnya banyak, satu failure belom tentu bisa dideteksi dengan mudah bisa berhari-hari atau bulan diagnose nya.
apalagi EV atau apapun yang berbatre algoritmanya rumit. tetep aja peace of mind buat mobil pertama / mobil harian itu penting.
x 30 mbah (combine pararel dan serial connection)
wkwkwkwk
spy dapat 48v dan 11.5 KwH (dgn power factor 80%)
sesuaikan voltase dgn modul battery managementnya aja
.
Screenshot 2025-06-03 095034.png
.
- Pararel = Tegangan konstan & arus amper nambah sesuai jumlah yg dipararel
- Serial = Tegangan nambah & arus amper konstan sesuai jumlah yg diseri *Daya (W) = tegangan (V) x arus (A)
.
Jadi memang harus kombinasi serial dan pararel spy dapat tegangan yg diinginkan dan kapasitas sesuai
.
complicated, salah-salah bisa Dhuarrr
wkwkwkwk.
klo ICE, salah, turun mesin (selama aki 12V gak korslet)
oh wow baru tau module si BYD 30 cell pack wiw banyak juga yah.
tapi ga mahal juga yah 1.5x30 = 45 juta.......
x 30 mbah (combine pararel dan serial connection)
wkwkwkwk
spy dapat 48v dan 11.5 KwH (dgn power factor 80%)
sesuaikan voltase dgn modul battery managementnya aja
.
Screenshot 2025-06-03 095034.png
.
- Pararel = Tegangan konstan & arus amper nambah sesuai jumlah yg dipararel
- Serial = Tegangan nambah & arus amper konstan sesuai jumlah yg diseri *Daya (W) = tegangan (V) x arus (A)
.
Jadi memang harus kombinasi serial dan pararel spy dapat tegangan yg diinginkan dan kapasitas sesuai
.
complicated, salah-salah bisa Dhuarrr
wkwkwkwk.
klo ICE, salah, turun mesin (selama aki 12V gak korslet)
oh wow baru tau module si BYD 30 cell pack wiw banyak juga yah.
tapi ga mahal juga yah 1.5x30 = 45 juta.......
errr.. maksudnya,
klo mau rakit molis sendiri pk batre byd
mau dpt spec 48v dan 11kwh
spt itu kurleb
klo 400 volt atau 800 volt
ya pasti lbh banyak lagi batt-pack nya
wkwkwkwk
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
x 30 mbah (combine pararel dan serial connection)
wkwkwkwk
spy dapat 48v dan 11.5 KwH (dgn power factor 80%)
sesuaikan voltase dgn modul battery managementnya aja
.
Screenshot 2025-06-03 095034.png
.
- Pararel = Tegangan konstan & arus amper nambah sesuai jumlah yg dipararel
- Serial = Tegangan nambah & arus amper konstan sesuai jumlah yg diseri *Daya (W) = tegangan (V) x arus (A)
.
Jadi memang harus kombinasi serial dan pararel spy dapat tegangan yg diinginkan dan kapasitas sesuai
.
complicated, salah-salah bisa Dhuarrr
wkwkwkwk.
klo ICE, salah, turun mesin (selama aki 12V gak korslet)
oh wow baru tau module si BYD 30 cell pack wiw banyak juga yah.
tapi ga mahal juga yah 1.5x30 = 45 juta.......
errr.. maksudnya,
klo mau rakit molis sendiri pk batre byd
mau dpt spec 48v dan 11kwh
spt itu kurleb
klo 400 volt atau 800 volt
ya pasti lbh banyak lagi batt-pack nya
wkwkwkwk
oh iya baru nyadar wkwkwkwk *kok gwa lagi bego yah
taruhlah 400v 150 juta berarti hoho......belum biaya lain2 sih
Zaxis wrote: Tue Jun 03, 2025 10:42
Macam atto gitu batre 400 v
400 v : 3.2v = 125 baterai
Ganti baterai sekitar 150 jtan
Ga sampe setengah harga mobil
Itu jg kalo ganti semua barengan
pasti barengan sih om kalo ganti itu. yah ga sampe setengah harga mobil tapi belum biaya lain2 karena kan EV kan musti masang baternya bongkar semua tuh satu mobil hoho
Zaxis wrote: Tue Jun 03, 2025 10:42
Macam atto gitu batre 400 v
400 v : 3.2v = 125 baterai
Ganti baterai sekitar 150 jtan
Ga sampe setengah harga mobil
Itu jg kalo ganti semua barengan
Gak cukup mbah
400v tp kapasitas dayanya kurang
Ya idealnya 300jt lahh
Biar dpt kombinasi 400 volt dan kapasitas daya cukup (pas2an).
Anggap ada diskon buat rakit masal krn fulfill MoQ, jd let say 35%,
300jt --> 190jt an
Blm lg butuh biaya produksi satu mobil keseluruhan, dan biaya support diler, margin diler, biaya marketing buat bayar KOL, dan biaya lain
Maka dr itu bener, setelah diitung kt temen saya ex akunting betmen,
Hpp batre itu = lebih dr setengah harga mobil
Gak akan bs survive klo subsidi dr pusat dicabut
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Zaxis wrote: Tue Jun 03, 2025 10:42
Macam atto gitu batre 400 v
400 v : 3.2v = 125 baterai
Ganti baterai sekitar 150 jtan
Ga sampe setengah harga mobil
Itu jg kalo ganti semua barengan
Gak cukup mbah
400v tp kapasitas dayanya kurang
Ya idealnya 300jt lahh
Biar dpt kombinasi 400 volt dan kapasitas daya cukup (pas2an).
Anggap ada diskon buat rakit masal krn fulfill MoQ, jd let say 35%,
300jt --> 190jt an
Blm lg butuh biaya produksi satu mobil keseluruhan, dan biaya support diler, margin diler, biaya marketing buat bayar KOL, dan biaya lain
Maka dr itu bener, setelah diitung kt temen saya ex akunting betmen,
Hpp batre itu = lebih dr setengah harga mobil
Gak akan bs survive klo subsidi dr pusat dicabut
400v X 150ah = 60.000 vah = 60 kwh
Baterai atto kan segituan
Kita bahas ganti baterai om bukan hpp mobil
Kemarin2 kan netijen kampanye harga batre 250 jt
Zaxis wrote: Tue Jun 03, 2025 10:42
Macam atto gitu batre 400 v
400 v : 3.2v = 125 baterai
Ganti baterai sekitar 150 jtan
Ga sampe setengah harga mobil
Itu jg kalo ganti semua barengan
Gak cukup mbah
400v tp kapasitas dayanya kurang
Ya idealnya 300jt lahh
Biar dpt kombinasi 400 volt dan kapasitas daya cukup (pas2an).
Anggap ada diskon buat rakit masal krn fulfill MoQ, jd let say 35%,
300jt --> 190jt an
Blm lg butuh biaya produksi satu mobil keseluruhan, dan biaya support diler, margin diler, biaya marketing buat bayar KOL, dan biaya lain
Maka dr itu bener, setelah diitung kt temen saya ex akunting betmen,
Hpp batre itu = lebih dr setengah harga mobil
Gak akan bs survive klo subsidi dr pusat dicabut
400v X 150ah = 60.000 vah = 60 kwh
Baterai atto kan segituan
Kita bahas ganti baterai om bukan hpp mobil
Kemarin2 kan netijen kampanye harga batre 250 jt
iya ganti batre segitu harganya
kecuali ada klausul promo, atau gratis ganti batre dgn TnC tertentu selama masa garansi atau hal lain.
pertanyaannya:
1. bbrp byd-car batrenya digabung semua bat-pack nya jd satu kah? atau modular-pack, spt hyundai punya?
2. klo gabung satu kesatuan bat-packnya, itu klo sebagian batre ada rusak, ya ganti semua.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri