Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Ini saya mau kuras air radiator buat mesin volvo 6cyl B6304S.. di manualbook bawaan ga jelas requirement butuh coolant dgn spek kyk gmn.. hasil baca2 di forum luar, bawaannya pake coolant Type C yg warnanya biru..
Ini saya mau kuras air radiator buat mesin volvo 6cyl B6304S.. di manualbook bawaan ga jelas requirement butuh coolant dgn spek kyk gmn.. hasil baca2 di forum luar, bawaannya pake coolant Type C yg warnanya biru..
Setelah saya baca2 di forum volvo luar bisa pake yg ekuivalen sama coolant mercy pake...
1568278001798.jpg
Ada yg punya rekomendasi lain yg lebih bagus buat coolant biru gini yg dijual disini? Ini sebotol 1,5L @175rb
OAT coolant = Silicate free Coolant
berarti hajar Toyota LLC aja aman ya om,
apa semua yg glycol based itu mengandung silicate??
Glycol (ethylene glycol, diethylene glycol, or propylene glycol) itu adalah antifreeze agent.
Silicates, phosphates, OAT, & HOAT adalah corrosion/rust inhibitors.
Gak ada hubungannya apakah coolant dengan bahan dasar ethylene glycol pasti silicate free atau tidak, karena 2 substansi yang berbeda.
Bisa saja merk A itu mengandung ethylene glycol + silicate, merk B mengandung ethylene glycol + phospates, dll.
Jadi kalau mau nyari silicate free bukan lihat kandungan antifreeze agent nya tapi lihat pds produknya.
apa semua yg glycol based itu mengandung silicate??
Glycol (ethylene glycol, diethylene glycol, or propylene glycol) itu adalah antifreeze agent.
Silicates, phosphates, OAT, & HOAT adalah corrosion/rust inhibitors.
Gak ada hubungannya apakah coolant dengan bahan dasar ethylene glycol pasti silicate free atau tidak, karena 2 substansi yang berbeda.
Bisa saja merk A itu mengandung ethylene glycol + silicate, merk B mengandung ethylene glycol + phospates, dll.
Jadi kalau mau nyari silicate free bukan lihat kandungan antifreeze agent nya tapi lihat pds produknya.
Wah mantap dapet ilmu lagi... Thanks om..
Mau tanya lagi..
Kalo mesin yg di design pada jaman msh propylene glycol trus kita ganti pake OAT apa ada faktor2 yg perlu diperhatikan?
touchme wrote: Thu Dec 06, 2018 1:54
nambain sharing, ane kalo nguras radiator urutannya:
1. buka tap buangan air radiator dan setelah habis tutup lagi.
2. buka selang atas yang balik ke radiator, lalu tutup lubang selang yang diradiator pakai plastik dan dikaretin. isi penuh radiator pake coolant. tutup radiator biarin terbuka..
3. minta bantuan orang laen buat idupin mesin dan rev ke 1500-2000 rpm. tujuannya biar suhu mesin naik dan termostat ngebuka (ane ga suka bebongkaran termostat kalo ga perlu) supaya coolant baru dari radiator tersirkulasi dan mendorong keluar sisa coolant yang ada di water jacket
4. begitu air mulai mengalir keluar (hati-hati air dari waterjacket panas) ikuti dengan tuang coolant keradiator lalu perhatiin air yang keluar... kalo warnanya uda bening seperti coolant baru dan air bisa ngalir lancar tanpa ada udara lagi, minta asisten matiin mesin.
5. pasang kembali selang, tambah coolant sampai penuh dan tutup capnya. kuras juga reservoirnya.
6. rev mesin lagi 5-10menit sampai suhu mesin normal sambil perhatikan apa ada kebocoran. tambah air di reservoir kalo berkurang. selesai. total coolant yang kepake sekitar 1 3/4 galon mobil innova bensin. biasa sisa coolantnya ane bawa dimobil buat jaga-jaga.
ane nguras 1-1,5 taun sekali tanpa liat kilometer. 13 taon mobil dipiara blom pernah nemu masalah radiator.. dan tiap kali nguras coolant yang keluar selalu bening tanpa ada tanda karat. coolant yang dipake gado gado sedapetnya aja dari toyota, prestone ijo ampe prestone long life coolant concentrate yang dioplos dulu pake aquades..
kalo untuk nambain ane usahain slalu pake coolant. ogah pake air lain karna diluted dong coolantnya
2. buka selang atas yang balik ke radiator, lalu tutup lubang selang yang diradiator pakai plastik dan dikaretin. isi penuh radiator pake coolant. tutup radiator biarin terbuka..
Maksudnya selang yang dari radiator ke mesin yah? yang posisinya di mesin bagian atas bukan bagian bawah mesin.
Betul itu yang dimaksud yah ?
touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 2:59
yup bener selang yang diatas.. langsung keliatan begitu buka kap mesin.
Sip om.
Kijang Innova diesel 2012 tidak ada tutup radiatornya. Lubang pengisian radiator cuma dari tangki penampungan radiator.
Kalau mesin nyala keluar air dari selang radiator atas yang gede itu apa nutut dengan saya isi dari penampungan.
Ada lubang hawa di atas radiatornya yg bs dibuka waktu kuras air radiator.
Dan meskipun skg misal udah full, harus rajin dipantau, biasanya abis dipake beberapa jam mesti isi lg sekitar 0,5 liter sampe bener2 full.
Iya ada lobang hawa yang bisa dibuka pakai kebalikan dari kunci shock yah.
Yang saya ingin bagaimana cuci radiator sampai air yang masih di water pump juga ikut keluar?
disebutkan diatas bisa pakai hose/selang gede yang posisi dibagian atas mesin yang menghubungkan mesin dan radiator.
selang gede itu dilepas dan mobil dinyalakan supaya air dalam hose itu keluar, air dalam radiator akan turun mengambil air dari tangki penampungan
touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 2:59
yup bener selang yang diatas.. langsung keliatan begitu buka kap mesin.
Sip om.
Kijang Innova diesel 2012 tidak ada tutup radiatornya. Lubang pengisian radiator cuma dari tangki penampungan radiator.
Kalau mesin nyala keluar air dari selang radiator atas yang gede itu apa nutut dengan saya isi dari penampungan.
nah ane belum pernah pengalaman kuras radiator yang ga ada tutup macam 2kd..
yang jelas perlu dipastikan apakah debit air yang disedot dari tangki cukup untuk mengimbangi air yang keluar.
kalau di 1tr, ketika termostat mulai buka air yang keluar gak deras.. ane belum pernah ngukur debit L/min, tapi kira kira ya kaya nuang air dari botol minum yg dimiringin
touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 2:59
yup bener selang yang diatas.. langsung keliatan begitu buka kap mesin.
Sip om.
Kijang Innova diesel 2012 tidak ada tutup radiatornya. Lubang pengisian radiator cuma dari tangki penampungan radiator.
Kalau mesin nyala keluar air dari selang radiator atas yang gede itu apa nutut dengan saya isi dari penampungan.
nah ane belum pernah pengalaman kuras radiator yang ga ada tutup macam 2kd..
yang jelas perlu dipastikan apakah debit air yang disedot dari tangki cukup untuk mengimbangi air yang keluar.
kalau di 1tr, ketika termostat mulai buka air yang keluar gak deras.. ane belum pernah ngukur debit L/min, tapi kira kira ya kaya nuang air dari botol minum yg dimiringin
Menurut perkiraan apakah worth it harus ngeluarin yg di dalam water pump.
Harusnya selama keluar dari bawah masih warna merah bening tidak perlu keluarin air dari water pump yah?
harusnya warnanya sama yang di radiator sama waterpump yaitu merah bening. Kecuali kalau merah agak butek, baru yang di water pump juga dikuras
BTW kira kira berapa liter yang di water pump yah 1-2 liter?
Kijang Innova diesel 2012 tidak ada tutup radiatornya. Lubang pengisian radiator cuma dari tangki penampungan radiator.
Kalau mesin nyala keluar air dari selang radiator atas yang gede itu apa nutut dengan saya isi dari penampungan.
nah ane belum pernah pengalaman kuras radiator yang ga ada tutup macam 2kd..
yang jelas perlu dipastikan apakah debit air yang disedot dari tangki cukup untuk mengimbangi air yang keluar.
kalau di 1tr, ketika termostat mulai buka air yang keluar gak deras.. ane belum pernah ngukur debit L/min, tapi kira kira ya kaya nuang air dari botol minum yg dimiringin
Menurut perkiraan apakah worth it harus ngeluarin yg di dalam water pump.
Harusnya selama keluar dari bawah masih warna merah bening tidak perlu keluarin air dari water pump yah?
harusnya warnanya sama yang di radiator sama waterpump yaitu merah bening. Kecuali kalau merah agak butek, baru yang di water pump juga dikuras
BTW kira kira berapa liter yang di water pump yah 1-2 liter?
segituan om..
worth atau tidaknya mungkin bisa kembali ke om sendiri..
kalo ane ya murni ngikutin kata hati biar lebih puas dan tenang.. wkwk.. soalnya kalau tap di radiator doang, air yang keluar sangat sedikit dari jumlah coolant yang dianjurin di bukman..
Kijang Innova diesel 2012 tidak ada tutup radiatornya. Lubang pengisian radiator cuma dari tangki penampungan radiator.
Kalau mesin nyala keluar air dari selang radiator atas yang gede itu apa nutut dengan saya isi dari penampungan.
Ada lubang hawa di atas radiatornya yg bs dibuka waktu kuras air radiator.
Dan meskipun skg misal udah full, harus rajin dipantau, biasanya abis dipake beberapa jam mesti isi lg sekitar 0,5 liter sampe bener2 full.
Iya ada lobang hawa yang bisa dibuka pakai kebalikan dari kunci shock yah.
Yang saya ingin bagaimana cuci radiator sampai air yang masih di water pump juga ikut keluar?
disebutkan diatas bisa pakai hose/selang gede yang posisi dibagian atas mesin yang menghubungkan mesin dan radiator.
selang gede itu dilepas dan mobil dinyalakan supaya air dalam hose itu keluar, air dalam radiator akan turun mengambil air dari tangki penampungan
Saya sih ngga pernah sampe ngeluarin air yg ada di water pump. Cuma buka keran bawah aja tunggu sampe abis baru isi lg. Toh nanti jg akan bersirkulasi lg. Selama ngga sampe kotor/berubah warna ya cincai aja lah
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
nah ane belum pernah pengalaman kuras radiator yang ga ada tutup macam 2kd..
yang jelas perlu dipastikan apakah debit air yang disedot dari tangki cukup untuk mengimbangi air yang keluar.
kalau di 1tr, ketika termostat mulai buka air yang keluar gak deras.. ane belum pernah ngukur debit L/min, tapi kira kira ya kaya nuang air dari botol minum yg dimiringin
Menurut perkiraan apakah worth it harus ngeluarin yg di dalam water pump.
Harusnya selama keluar dari bawah masih warna merah bening tidak perlu keluarin air dari water pump yah?
harusnya warnanya sama yang di radiator sama waterpump yaitu merah bening. Kecuali kalau merah agak butek, baru yang di water pump juga dikuras
BTW kira kira berapa liter yang di water pump yah 1-2 liter?
segituan om..
worth atau tidaknya mungkin bisa kembali ke om sendiri..
kalo ane ya murni ngikutin kata hati biar lebih puas dan tenang.. wkwk.. soalnya kalau tap di radiator doang, air yang keluar sangat sedikit dari jumlah coolant yang dianjurin di bukman..
Dulu kuras mobil apa? dan total berapa liter sambil lepas hose/selang atas?
evanbngdor wrote: Tue Mar 24, 2020 5:07
Ada lubang hawa di atas radiatornya yg bs dibuka waktu kuras air radiator.
Dan meskipun skg misal udah full, harus rajin dipantau, biasanya abis dipake beberapa jam mesti isi lg sekitar 0,5 liter sampe bener2 full.
Iya ada lobang hawa yang bisa dibuka pakai kebalikan dari kunci shock yah.
Yang saya ingin bagaimana cuci radiator sampai air yang masih di water pump juga ikut keluar?
disebutkan diatas bisa pakai hose/selang gede yang posisi dibagian atas mesin yang menghubungkan mesin dan radiator.
selang gede itu dilepas dan mobil dinyalakan supaya air dalam hose itu keluar, air dalam radiator akan turun mengambil air dari tangki penampungan
Saya sih ngga pernah sampe ngeluarin air yg ada di water pump. Cuma buka keran bawah aja tunggu sampe abis baru isi lg. Toh nanti jg akan bersirkulasi lg. Selama ngga sampe kotor/berubah warna ya cincai aja lah
Saya juga pingin kayak gini aja, ya kecampur coolant baru ama yg masih ada di jalur coolant mesin. Kalau om Touchme lakukan itu yg palinh ideal, bener2 dikuras abis.
Menurut perkiraan apakah worth it harus ngeluarin yg di dalam water pump.
Harusnya selama keluar dari bawah masih warna merah bening tidak perlu keluarin air dari water pump yah?
harusnya warnanya sama yang di radiator sama waterpump yaitu merah bening. Kecuali kalau merah agak butek, baru yang di water pump juga dikuras
BTW kira kira berapa liter yang di water pump yah 1-2 liter?
segituan om..
worth atau tidaknya mungkin bisa kembali ke om sendiri..
kalo ane ya murni ngikutin kata hati biar lebih puas dan tenang.. wkwk.. soalnya kalau tap di radiator doang, air yang keluar sangat sedikit dari jumlah coolant yang dianjurin di bukman..
Dulu kuras mobil apa? dan total berapa liter sambil lepas hose/selang atas?
innova bensin om. habisnya 1 3/4 galon prestone ijo
touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 8:56
segituan om..
worth atau tidaknya mungkin bisa kembali ke om sendiri..
kalo ane ya murni ngikutin kata hati biar lebih puas dan tenang.. wkwk.. soalnya kalau tap di radiator doang, air yang keluar sangat sedikit dari jumlah coolant yang dianjurin di bukman..
Dulu kuras mobil apa? dan total berapa liter sambil lepas hose/selang atas?
innova bensin om. habisnya 1 3/4 galon prestone ijo
OK, thank you om.
Berarti Innova bensin isi air radiator bisa dari radiator atau dari penampungan?
Kalau Di Innova diesel isi air radiator harus dari penampungan
Dulu kuras mobil apa? dan total berapa liter sambil lepas hose/selang atas?
innova bensin om. habisnya 1 3/4 galon prestone ijo
OK, thank you om.
Berarti Innova bensin isi air radiator bisa dari radiator atau dari penampungan?
Kalau Di Innova diesel isi air radiator harus dari penampungan
Om cara keluarin air radiator di tabung reservoir honda hrv gimana ya?
Soalnya abis dari beres kayaknya ditambahin dikit pake air biasa
Kalo di radiator sih masih aman warnanya belum kecampur
Carbro wrote: Sat Apr 11, 2020 0:36
Om cara keluarin air radiator di tabung reservoir honda hrv gimana ya?
Soalnya abis dari beres kayaknya ditambahin dikit pake air biasa
Kalo di radiator sih masih aman warnanya belum kecampur
Dicopot aja om ntuh tabung putih, ada bautnya 1 biji seinget ane kalau di mobilio (assuming peletakannya sama ama ha er pih)...
Kalau saya terakhir kuras radiator sih, pake alat pompa elektrik buat aqua galon aja, ndak perlu bongkar2 jadinya pasti ada sisa sih, tp sedikit banget
Carbro wrote: Sat Apr 11, 2020 0:36
Om cara keluarin air radiator di tabung reservoir honda hrv gimana ya?
Soalnya abis dari beres kayaknya ditambahin dikit pake air biasa
Kalo di radiator sih masih aman warnanya belum kecampur
Ane pake coolant toyota kemaren waterpump sempet bocor, jalur bekas airnya ninggalin semacam kerak2 putih.. sama abis top up coolant yg netes ke lantai juga banyak ninggalin bercak2 putih, apa ini tanda adanya kalsium ya? Atau ada pengaruh lain? Apa ini normal?
rendr wrote: Mon May 11, 2020 5:33
Suhu2 semua mau tanya..
Ane pake coolant toyota kemaren waterpump sempet bocor, jalur bekas airnya ninggalin semacam kerak2 putih.. sama abis top up coolant yg netes ke lantai juga banyak ninggalin bercak2 putih, apa ini tanda adanya kalsium ya? Atau ada pengaruh lain? Apa ini normal?
Note : beli coolant di beres lgsg
Normal om. Itu "garam" anti karat yg memang ditambahkan di coolant.
rendr wrote: Mon May 11, 2020 5:33
Suhu2 semua mau tanya..
Ane pake coolant toyota kemaren waterpump sempet bocor, jalur bekas airnya ninggalin semacam kerak2 putih.. sama abis top up coolant yg netes ke lantai juga banyak ninggalin bercak2 putih, apa ini tanda adanya kalsium ya? Atau ada pengaruh lain? Apa ini normal?
Note : beli coolant di beres lgsg
Normal om. Itu "garam" anti karat yg memang ditambahkan di coolant.