koleksi hand tools........

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1290
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: koleksi hand tools........

Post by singachu »

Omnibus wrote: Wed May 06, 2020 14:55 ceritanya di youtube master2 mekanik tuh sering pake alat puller utk lepasin tie rod end dr knuckle. sebetulnya bisa sih pake palu dipukul tp kayanya cara yg ini lebih elegan. lg iseng browsing eh ketemu versi generiknya (minjem istilah om Yanuarra) ..... diskonan pula wkwkwk

udah dicobain fitting di jazz sm fortie pas banget. fortie apalagi ball joint banyak di suspensi depannya.


IMG_20200506_204214~2.jpg


IMG_20200506_204403~2.jpg

:weekk:
hmmm aku sering pakai cara pukul palu di knucklenya sih.....
ada sih bearing puller bisa dipake ga ya ? :big_think: kalau tracker kaki 3 ama kaki 2 pernah aku coba ga bisa nyantol....
DOHC wrote: Fri May 08, 2020 0:23 Btw beres tuh kencengin roda pake TW ga seh om

Ipah ane kmaren buka baut roda kerasss nya ampun2.. boro2 tak tak tak.. yg ad bunyi krekkkkkkk

Btw lg, kmaren iseng ngetes kekuatan ratchet ane buat buka baut roda, flag sukses bsa buka baut laknat tsb.. tekiro jebol.. stanley jg sukses :upss:
kapan hari pansah ane di auto2000 pecindilan, aku liat setelah diturunkan ada yang bawa TW kencengin semua baut roda.

wah rachet ane sayang2 dah, ga brani buat ngetes2 daripada rugi bandar kalau rusak......pakai L sok atau sliding T atau breaker bar aja :big_peace:
Terakhir rachet 1/2 ku ntah hilang kemana, akhirnya beli merk sherlock 72 teeth jadi alus bener muternya pendek2..... sepertinya sih lumayan tapi ga mau test juga :big_peace:
ga tau sherlock ini bikinan mana.
adityabp wrote: Fri May 08, 2020 3:41 Saya kalo ngencengin baut roda pake kunci roda yg bisa diulur. Panjangnya kurleb selengan saya. Beli di Ace Hardware.
Patokannya pas bunyi "krek" saya genjot sekali.
Segini aja udah cukup bikin repot montir bengkel pas mo buka baut roda. Padahal mereka udah pake pipa besi tuh.

:mky_02:
aku kalau baut roda ngencenginnya pakai kunci palang atau kunci roda bawaan tanpa dipanjangin...... kalau ngebuka baru tambah panjangin biar enteng....
Omnibus wrote: Fri May 08, 2020 4:02
karena pas dipakai mobilnya itu baut/mur makin duduk krn pemuaian dll. makanya jangan sampai over-torque, apalagi under.

tightening torque spec yg dikasih pabrik tuh bukan gimmick. ya itu harus diikuti.
ow ada pemuaian ya...... mirip kayak cek tekanan ban waktu ban dingin.....

regards,
singachu
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1290
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: koleksi hand tools........

Post by singachu »

DOHC wrote: Fri May 08, 2020 6:30 Yg wipro 80an rebu jg ad :mky_03:

Tp kl ane sehh lg ngincer yg tjap mata, d toko daring sejutaan.. nanti mau hunting d glodok pas psbb kelar..
TW ini ada banyak range2nya, beli mahal2 takutnya pas ada yang ga masuk range...... yang sering kepake itu yang range brp ya ?
Omnibus wrote: Fri May 08, 2020 14:33 enak ya om pake power tools ...... HAIL POWER TOOLS!

kl sy semuanya yg pake angin (pneumatic) om .... lbh awet umurnya apalagi ga tiap hari dipake.
yang batere kuatir kalah di baterenya kalau jarang pakai ya...... :big_childish:
kalau pneumatic perawatannya gmn om ? misal impact wrench....
marmut wrote: Fri May 08, 2020 15:23sebisa mungkin mata sok bahan cr-v jangan kena impact tool, berapapun besaran torsinya. langsung melar om...
noted
Omnibus wrote: Sun May 10, 2020 11:55 pernah dulu pengalaman pake teknik kocok tahan malah rusak master cylinder krn piston gerak sampe mentok, yg seharusnya jangan.

ganti gk5 om, 0.6L tp saya beli 4 btl @300mL = 1.2L mudah2an cukup. harusnya jg pake scantool nih utk activate fungsi abs bleed cycle nya, tp ga punya hi-end scantool ya usahain jgn sampai kosong aja reservoirnya spy ga ada trapped air.
pakai sedikit teknik gravity juga bisa. Aku kuras minyak rem sendirian ga ada yang bantuin injak. Syaratnya jangan sekali2 di tabung minyak rem di bawah min, jadi harus sering2 cek isi tabung minyak remnya.
Trus urutan kuras aku mulai dari rem yang terjauh dari tabung minyak rem, terus menyilang ke depan, abis itu sisi ban belakang satunya dan menyilang lagi ke ban depan.

Cepet ga banyak riwa riwi injak rem.

Pernah dulu sekali sampe kehabisan di tabung minyak rem, abis itu susah sudah, mana ga punya alat buat operate modul ABS. Udah coba kuras lagi tetep ga bisa. Terakhir lepasin master rem dulu dan kocok pakai tangan baru pasang. Syukur bisa sembuh

regards,
singachu
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4616
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

singachu wrote: Mon May 11, 2020 5:23

pakai sedikit teknik gravity juga bisa. Aku kuras minyak rem sendirian ga ada yang bantuin injak. Syaratnya jangan sekali2 di tabung minyak rem di bawah min, jadi harus sering2 cek isi tabung minyak remnya.
Trus urutan kuras aku mulai dari rem yang terjauh dari tabung minyak rem, terus menyilang ke depan, abis itu sisi ban belakang satunya dan menyilang lagi ke ban depan.

Cepet ga banyak riwa riwi injak rem.

Pernah dulu sekali sampe kehabisan di tabung minyak rem, abis itu susah sudah, mana ga punya alat buat operate modul ABS. Udah coba kuras lagi tetep ga bisa. Terakhir lepasin master rem dulu dan kocok pakai tangan baru pasang. Syukur bisa sembuh

regards,
singachu
Supaya gak capek. Ajak istri bagian injak rem saja. Sambil kita buka tutup minyak rem dan siap isi.
Selang keluar agak panjang supaya terlihat minyak rem yang keluar.
Selangnya sebaiknya dinaikkan ke atas dulu dari nipple baru diturunkan kuatir masuk angin saja kalau langsung turun.
Kalau selang naik ke atas, kalau ada angin di jalur selang harusnya naik dulu anginnya, tidak bisa masuk balik ke nipple karena kita tekan. Sekali keluar dan tertutup minyak harusnya angin tidak ada yang masuk
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1546
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: koleksi hand tools........

Post by MSU »

hmmm...kalo saya pake gravity lama tunggu-nya sih om...
jadi biasa sy pasang selang bening di nepel, buka dikit, abis itu pompa pedal rem-nya beberapa kali
sebelumnya yg di botol udh sy kurangi dulu minyaknya sampe ampir abis & diisi lg ama yang baru
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: koleksi hand tools........

Post by adityabp »

singachu wrote: Mon May 11, 2020 4:51
adityabp wrote: Fri May 08, 2020 3:41 Saya kalo ngencengin baut roda pake kunci roda yg bisa diulur. Panjangnya kurleb selengan saya. Beli di Ace Hardware.
Patokannya pas bunyi "krek" saya genjot sekali.
Segini aja udah cukup bikin repot montir bengkel pas mo buka baut roda. Padahal mereka udah pake pipa besi tuh.

:mky_02:
aku kalau baut roda ngencenginnya pakai kunci palang atau kunci roda bawaan tanpa dipanjangin...... kalau ngebuka baru tambah panjangin biar enteng....
Yaa.. namanya juga TM om. Torque by Muscle.
:mky_01:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: koleksi hand tools........

Post by adityabp »

DOHC wrote: Mon May 11, 2020 3:47
adityabp wrote: Mon May 11, 2020 1:34
DOHC wrote: Sun May 10, 2020 11:42

Ane malah baru kuras rem pake dot 3, ganti ke dot 4 jg ga yah :big_think:

Btw buat kuras si GK5 atau vrz om ? Kl GK5 plg sedikit 3 botol loh
DOT 4 bukannya gak kompatibel ama DOT 3 ya?
Yg compatible ama DOT 3 adl DOT 5.1.
CMIIW.
DOT 3 justru gapapa om kl mau naek kelas ke 4
My Bad. Malah DOT 5 yg gak kompatibel.
:big_slap:
BTW, brake line-nya sendiri aman tuh om buat nahan suhu didih DOT 4 yg lebih tinggi?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11403
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

singachu wrote: Mon May 11, 2020 5:23
yang batere kuatir kalah di baterenya kalau jarang pakai ya...... :big_childish:
kalau pneumatic perawatannya gmn om ? misal impact wrench....

iya battere mah umurnya singkat atau degrade jd ga max power lagi .... alatnya msh bagus batt nya udah koit. apalagi kl lupa dicabut dr alatnya, bisa ikutan rusak alatnya.

pneumatic cuma tetesin oli dr lubang masuk angin .... harusnya sih oli khusus tp sy pake oli mesin aja. before and after use. tapi yg after sering kelupaan udah capek pdhl yg after itu penting krn compressed air ada kandungan airnya even pakai water trap/filter. tp masih awet aja tuh sampe skrg. ga enaknya pneumatic ada selang angin malang melintang :mky_03:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26986
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Asekkk... tret tools akhirnya rame lg

Kayanya ud musti buat tret baru nehh

" Small notes from SM DIYers, feat : kebon binatang"
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1290
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: koleksi hand tools........

Post by singachu »

Profith83 wrote: Mon May 11, 2020 5:59
Supaya gak capek. Ajak istri bagian injak rem saja. Sambil kita buka tutup minyak rem dan siap isi.
Selang keluar agak panjang supaya terlihat minyak rem yang keluar.
Selangnya sebaiknya dinaikkan ke atas dulu dari nipple baru diturunkan kuatir masuk angin saja kalau langsung turun.
Kalau selang naik ke atas, kalau ada angin di jalur selang harusnya naik dulu anginnya, tidak bisa masuk balik ke nipple karena kita tekan. Sekali keluar dan tertutup minyak harusnya angin tidak ada yang masuk
yang cara sendirian itu ga capek kok om. Ga perlu injak2 banyak2 juga, tinggal terakhir waktu mastikan rem padat.
Iya bener harus pakai selang dan naik ke atas. baru ujung satunya masuk botol kalau bisa kerendem juga di minyak rem bekas.
biasanya selipkan ke kupingan stabilizer bisa atau kaitan kabel ABS / selang minyak rem.
Injak pedal rem tanpa perlu buka tutup nepel.
MSU wrote: Mon May 11, 2020 6:40 hmmm...kalo saya pake gravity lama tunggu-nya sih om...
jadi biasa sy pasang selang bening di nepel, buka dikit, abis itu pompa pedal rem-nya beberapa kali
sebelumnya yg di botol udh sy kurangi dulu minyaknya sampe ampir abis & diisi lg ama yang baru
dibantu injek pedal rem kok om..... tapi nepel dalam kondisi terbuka, jadi ga perlu injek tahan, trus buka nepel, tutup, ijek2 lagi.
Omnibus wrote: Mon May 11, 2020 7:20 iya battere mah umurnya singkat atau degrade jd ga max power lagi .... alatnya msh bagus batt nya udah koit. apalagi kl lupa dicabut dr alatnya, bisa ikutan rusak alatnya.

pneumatic cuma tetesin oli dr lubang masuk angin .... harusnya sih oli khusus tp sy pake oli mesin aja. before and after use. tapi yg after sering kelupaan udah capek pdhl yg after itu penting krn compressed air ada kandungan airnya even pakai water trap/filter. tp masih awet aja tuh sampe skrg. ga enaknya pneumatic ada selang angin malang melintang :mky_03:
aku pakai gear oli..... bisa dipakai juga ga om ?

Iya om ama tabung ku kecil jadi sering nyala dan nunggu :big_childish:

Yang di fotonya om pasang pelindung bumper, itu inner diameter selang pneumatic-nya brp om ?

regards,
singachu
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4616
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

singachu wrote: Tue May 12, 2020 3:39
Profith83 wrote: Mon May 11, 2020 5:59
Supaya gak capek. Ajak istri bagian injak rem saja. Sambil kita buka tutup minyak rem dan siap isi.
Selang keluar agak panjang supaya terlihat minyak rem yang keluar.
Selangnya sebaiknya dinaikkan ke atas dulu dari nipple baru diturunkan kuatir masuk angin saja kalau langsung turun.
Kalau selang naik ke atas, kalau ada angin di jalur selang harusnya naik dulu anginnya, tidak bisa masuk balik ke nipple karena kita tekan. Sekali keluar dan tertutup minyak harusnya angin tidak ada yang masuk
yang cara sendirian itu ga capek kok om. Ga perlu injak2 banyak2 juga, tinggal terakhir waktu mastikan rem padat.
Iya bener harus pakai selang dan naik ke atas. baru ujung satunya masuk botol kalau bisa kerendem juga di minyak rem bekas.
biasanya selipkan ke kupingan stabilizer bisa atau kaitan kabel ABS / selang minyak rem.
Injak pedal rem tanpa perlu buka tutup nepel.

regards,
singachu
maksudnya injak pedal rem tanpa perlu buka tutup nepel om?
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1290
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: koleksi hand tools........

Post by singachu »

Profith83 wrote: Tue May 12, 2020 3:51
maksudnya injak pedal rem tanpa perlu buka tutup nepel om?
iya.
Buka nepel dikit, dengan selang yang ngarah ke atas tentunya spt yang om bilang.
Tabung diisi penuh (ya jaga jangan sampe di bawah low).
Kita injek2 beberapa kali. (engine off aja). ini kondisi neple terbuka.
Cek isi tabung, tambahin.
Cek warna minyak rem yang di selang keluar.
Ulangi terus sampe yang keluar adalah minyak rem baru.
Tutup nepel. abis itu injek2 hanya untuk memastikan aja kalau masih padat ga ada angin masuk.

Biar cepet keluar minyak rem baru, ya pertama yang ditabung disedot dulu sampe di low, isi penuh, sedot lagi, isi lagi. ya sebisanya udah banyak barunya.
Biasanya yang lama untuk nepple yang pertama aja, 3 nepple di roda lainnya lebih cepat untuk jadi bersih.

regards,
singachu
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11403
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

singachu wrote: Tue May 12, 2020 3:39
aku pakai gear oli..... bisa dipakai juga ga om ?

Iya om ama tabung ku kecil jadi sering nyala dan nunggu :big_childish:

Yang di fotonya om pasang pelindung bumper, itu inner diameter selang pneumatic-nya brp om ?

regards,
singachu
mungkin gear oil malah better .....

kecil itu diameter selang paling 1/2cm. tp sy puas tekanan bagus non-kusut, buatan taiwan lengkap dgn reel nya jd praktis
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1290
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: koleksi hand tools........

Post by singachu »

Omnibus wrote: Tue May 12, 2020 4:09
mungkin gear oil malah better .....

kecil itu diameter selang paling 1/2cm. tp sy puas tekanan bagus non-kusut, buatan taiwan lengkap dgn reel nya jd praktis
1/2 cm maksudnya 5 mm ? wah bisa maksimal ya kekuatan impactnya dengan ID segitu ?

Baca2 di yutub kalau ga kuat ternyata salah satu faktornya dari diameter dalam selangnya.

Aku udah ada yang inner 8 mm sih, yang meteran. ama yang spiral kayaknya kecil ga tau ID brp.
Mau cari yang id 10mm di online ga nemu, nemunya yang id 13 mm, tapi kuatir kegedean OD nya

regards,
singachu
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11403
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

singachu wrote: Tue May 12, 2020 4:17
1/2 cm maksudnya 5 mm ? wah bisa maksimal ya kekuatan impactnya dengan ID segitu ?

Baca2 di yutub kalau ga kuat ternyata salah satu faktornya dari diameter dalam selangnya.

Aku udah ada yang inner 8 mm sih, yang meteran. ama yang spiral kayaknya kecil ga tau ID brp.
Mau cari yang id 10mm di online ga nemu, nemunya yang id 13 mm, tapi kuatir kegedean OD nya

regards,
singachu
ga ada masalah sih ini ..... hrsnya memang brp diameter yg betul? kan alat2 itu perlunya 6 bar bukan perlu cfm besar. yg penting bisa steady 6 bar, idealnya termasuk dlm keadaan dipakai tp kan ga mungkin, pasti drop. justru kl besar selangnya lalu cfm nya jd besar malahan pressure nya drop.

jujur ga tau jg sih hitungannya gmn yg jelas pakai ini bisa crack open baut roda sm towing hook sasis ya cukup lah :big_grin:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4616
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Sun May 10, 2020 3:21
Profith83 wrote: Sun May 10, 2020 1:51
DOHC wrote: Sat May 09, 2020 16:37

ud lewat garansi, mobil ud 3.5 taon

cuman konci roda, ratchet ama sok 14 doank, kcuali si ipah tuwir, kaliper rem pake sok 14 ama 16
Pakai grease apa yg bagus? Untuk lumasin bagian rem. Lempengan kampas rem dan baut rem.
BTW apakah perlu punya kunci ring om? Saya punya kunci ring pas merel gak jelas prohex... pernah buka apa lupa... kunci 14 nya penyot wakakaka.. memang beli kunci harus ada standard nya misal Flag atau Sands atau stanley atau KTC sekalian.
Kalau memang perlu mau cicil beli om
Grease merk bebas yg penting sesuai peruntukan nya aj

Pasak pin kaliper wajib rubber grease, ane pake merk kyodoyushi
Anting kampas rem ama baut kaliper pake grease topwan

Konci ring pas bsa dipake, cuman ane lebi demen pake konci soket ama ratchet, krn posisi baut membelakangi rem, rada ga enak kl pake ring pas

Stanley itu ati2, skrg ud bnyak yg buatan cungkwo, harga kadang d atas tekiro walaupun kualitas sama. Stanley cari yg masi buatan eropa sana, build quality jauhhhhh dbanding stanley cungkwo
om yang diberi rubber grease pin kaliper itu ada 2 yah? di menit 1:15-1:45 yah ?
https://www.youtube.com/watch?v=AVMu9YW9KQM

Kalau yang diberi grease topwan itu :
anting rem (ujung kecil brake pad)
plat tipis yang nempel ke piston rem
kalau baut kaliper itu yang di awal menit 0:35 yah?
Last edited by Profith83 on Tue May 12, 2020 7:45, edited 1 time in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26986
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4616
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Tue May 12, 2020 7:29 @profith
viewtopic.php?f=52&t=19204
Mantap .... terima kasih yah ....
Ada Tool harus dibuat DIY nih :D

kayanya jadi mau beli kunci ring ring yang long wrench 45derajat atau ring pas yah om?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26986
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Tue May 12, 2020 7:52
DOHC wrote: Tue May 12, 2020 7:29 @profith
viewtopic.php?f=52&t=19204
Mantap .... terima kasih yah ....
Ada Tool harus dibuat DIY nih :D

kayanya jadi mau beli kunci ring ring yang long wrench 45derajat atau ring pas yah om?
Bebas seh om, ring pas buat buka baut2 jg enak, ga takut resiko rusak sperti ratchet, murah jg kl ampe rusak

Cuman kl beli konci ring pas, bagus nya yg rada panjang, jd pas d getok buka lebi enak momentum nya

Btw utk link yg ane kasi d atas, itu utk pasak kaliper rem tuk ipah lama.. anki ud beda, lebi bagus
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4616
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

kunci ring/pass nomer yang sering dipakai berapa saja yah?
10-12-14 yah?
nomer ganjil 11 dan 13 jarang dipakai.

Kalau diatas 14 kebanyakan pakai kunci shok bisa yah? maksudnya tidak perlu sampai punya kunci ring/pass (posisi tidak sulit)
mau beli ngecer soalnya :) lebih murah drpd set. cuma ruginya gak dapat tempat penyimpnan.

Lumayan tuh kunci ring ring dengan ukuran sama yang set KTC 6 biji dengan satuan beda 280 rb an
@Omnibus kunci ring ring atau ring pas KTC apakah beda kualitas antara beli satuan dengan paketan?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11403
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Tue May 12, 2020 12:42 ..............

Lumayan tuh kunci ring ring dengan ukuran sama yang set KTC 6 biji dengan satuan beda 280 rb an
@Omnibus kunci ring ring atau ring pas KTC apakah beda kualitas antara beli satuan dengan paketan?
selama product code nya sama kualitasnya sama antara set dan ketengan. ketengan itu justru dibeli kl ada anggota set yg rusak/hilang.

jgn lupa kadang ada satu nomor yg perlunya 2 buah, contoh kl mau buka baut shock absorber bawah kan model baut dan mur dmn hrs pakai 2 kunci yg sama ukurannya.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4616
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Tue May 12, 2020 13:06
Profith83 wrote: Tue May 12, 2020 12:42 ..............

Lumayan tuh kunci ring ring dengan ukuran sama yang set KTC 6 biji dengan satuan beda 280 rb an
@Omnibus kunci ring ring atau ring pas KTC apakah beda kualitas antara beli satuan dengan paketan?
selama product code nya sama kualitasnya sama antara set dan ketengan. ketengan itu justru dibeli kl ada anggota set yg rusak/hilang.

jgn lupa kadang ada satu nomor yg perlunya 2 buah, contoh kl mau buka baut shock absorber bawah kan model baut dan mur dmn hrs pakai 2 kunci yg sama ukurannya.
Saya mau bongkar sampai rem saja om(sementara).
Iya rencana beli dobel dobel :
ring pas 10
ring pas 12
ring pas 14
ring ring 10-12
ring ring 14-17

kalau untuk bongkar rem kunci berapa saja ya? mobil Toyota Innova dan Honda Mobilio/HRV
atau kunci shock dan ring pas satu set dirumah ada tapi merek Prohex ... gak jelas ... takut tambah sleg karena untuk ngencangin rem kan juga perlu kunci yg bagus
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26986
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

kl hrv ama ipah, ane sering pake yg ukuran 10, 14, 12 , 8 kl utk urusan balik kap mesin, utk rem, anki ama hrv 14 utk baut kaliper, 16 utk baut pegangan kaliper (tp ini lupakan, jarang dibuka koq), 12 dan 13 (ini ane modif sendiri, asli nya 12) utk ipah lama

kl baut pembuangan oli gardan ama transmisi, 24 kl ga salah, kl utk baut drain oli cvt hrv, pake konci sok yg 3/8

kl utk shockbreaker, biasa 14 utk atas, tp either 16 atau 18 utk bawah

konci ring pas utk pemakaian rumahan sekelas tekiro prohex jg ud ckup koq.. ring pas jarang ampe bkin baut sleg

kcuali utk hobbyist sperti om omnibus yahh minimal wajip snap on, atau bahco..

btw, kl tool set ane utk oprek mobil, biasa pake konci ratchet + soket, bahkan ampe rem aj ane pake kombinasi ini.. tp kl ampe macet baut nya, baru pake kombinasi konci ratchet + soket dgn konci ring pas
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: koleksi hand tools........

Post by kunaskun »

Omnibus wrote: Mon May 11, 2020 7:20
iya battere mah umurnya singkat atau degrade jd ga max power lagi .... alatnya msh bagus batt nya udah koit. apalagi kl lupa dicabut dr alatnya, bisa ikutan rusak alatnya.
saya punya hammer drill cordless 13mm merek maktec, keluaran makita. sudah 6 tahun, baterai pakai lithium ion, dapet 2 biji, sudah loyo, cuma tahan belasan menit terus2an untuk bor kalau dulu si satu jam juga kuat, chargernya bagus modelnya terpisah jadi lebih aman, ringan dan bisa rotasi batere kalau terus2an dipakai. satu biji baterai coba dibongkar, isinya si normal baterai lithium 18650 2000 mAh 6 biji di paralel, bisa diganti tapi ya karena ini tools heavy duty semua terminal disolder dengan spot welder = memang tukang reparasi yang punya, iseng cek di monotaro harga satu biji batere 600 ribuan, sedangkan batere lithium 18650 branded yang biasa buat senter sebiji 100 ribuan dengan kapasitas mirip. nanti saja belinya karena meamng barang ini jarang dipakai hanya untuk bor tembok saja atau buka2 baut yg butuh power extra atau ukuran besar = ga bisa pakai cordless screwdriver.

kalau googling memang penyakitnya cordless drill ya begini, karena heavy load tapi sebentar2 jadi batere lithium umurnya pendek.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4616
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Tue May 12, 2020 14:31 kl hrv ama ipah, ane sering pake yg ukuran 10, 14, 12 , 8 kl utk urusan balik kap mesin, utk rem, anki ama hrv 14 utk baut kaliper, 16 utk baut pegangan kaliper (tp ini lupakan, jarang dibuka koq), 12 dan 13 (ini ane modif sendiri, asli nya 12) utk ipah lama

kl baut pembuangan oli gardan ama transmisi, 24 kl ga salah, kl utk baut drain oli cvt hrv, pake konci sok yg 3/8

kl utk shockbreaker, biasa 14 utk atas, tp either 16 atau 18 utk bawah

konci ring pas utk pemakaian rumahan sekelas tekiro prohex jg ud ckup koq.. ring pas jarang ampe bkin baut sleg

kcuali utk hobbyist sperti om omnibus yahh minimal wajip snap on, atau bahco..

btw, kl tool set ane utk oprek mobil, biasa pake konci ratchet + soket, bahkan ampe rem aj ane pake kombinasi ini.. tp kl ampe macet baut nya, baru pake kombinasi konci ratchet + soket dgn konci ring pas
Saya gak 100% yakin om kalau prohex. Harganya saja beda jauh misal ring pas ukuran sama 14 mm prohex 16 rb tekiro 28.8 rb(blibli off store) KTC 63 rb
Tekiro banyak yg memalsukan karena barang laku. Tapi kalau official store katanya produksi taiwan.

Rencana beli KTC karena takut sleg untuk mobil. Kalau motor saya berani pakai Tekiro
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11403
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

sebaiknya belilah merk tools yg memang punya metal works factory ..... bukan cuma marketing/branding company yg sourcing tools dari subcontractor. mendingan beli sekalian yg brand nya ga jelas tp actual product nya bagus drpd beli merknya marketing/branding company, kualitasnya mirip2 malah kena extra charge branding cost. kecuali kl memang actual productnya pas bagus dan misalnya lg promo. milih dan beli tools memang ada seninya sih .....

sy pernah kecele beli merk jerman KS-Tools, kirain merk itu produksi in-house. ga taunya ada tool serupa yg pakai merk lain, harganya setengahnya pula. meskipun bendanya ga jelek tp kena mahalnya doang.

betul, memang merk established yg punya factory pun tidak semua line-up products nya diproduksi in-house tp biasanya kualitasnya overall lbh bagus krn mereka punya know how nya. contohnya jack stand bahco, saya yakin dia itu outsource tp pasti bagus dan harganya pun diatas 2 jt.

skrg saya lg mau meremajakan dongkrak dan jack stand yg kira2 umurnya udah 20 tahun. jack stand udah ketemu yg value nya bagus dr merk american tools. sy punya dudukan karet utk jack stand spy ga kena underbody mobil langsung, itu pas banget ga goyang2 spt kl dipasang di jack stand yg lama. harganya bervariasi tergantung margin toko. kebetulan dpt di bdg yg jual paling murah, 350 rb 2 pcs ukuran 3 ton. yg baru ini ada double security nya jd ada pin yg dimasukan spy tuasnya terkunci. saking puasnya barusan beli 1 set lagi krn mau nguras minyak rem semua roda musti diangkat.

tinggal dongkrak buaya, yg skrg kayanya udah kibarin bendera putih ga sanggup angkat ANF :mky_03: ..... barangkali ada yg bisa kasih saran bagusan merk Masada atau Nagasaki utk dongkrak panjang?