hmmm aku sering pakai cara pukul palu di knucklenya sih.....Omnibus wrote: Wed May 06, 2020 14:55 ceritanya di youtube master2 mekanik tuh sering pake alat puller utk lepasin tie rod end dr knuckle. sebetulnya bisa sih pake palu dipukul tp kayanya cara yg ini lebih elegan. lg iseng browsing eh ketemu versi generiknya (minjem istilah om Yanuarra) ..... diskonan pula wkwkwk
udah dicobain fitting di jazz sm fortie pas banget. fortie apalagi ball joint banyak di suspensi depannya.
IMG_20200506_204214~2.jpg
IMG_20200506_204403~2.jpg
![]()
ada sih bearing puller bisa dipake ga ya ?

kapan hari pansah ane di auto2000 pecindilan, aku liat setelah diturunkan ada yang bawa TW kencengin semua baut roda.DOHC wrote: Fri May 08, 2020 0:23 Btw beres tuh kencengin roda pake TW ga seh om
Ipah ane kmaren buka baut roda kerasss nya ampun2.. boro2 tak tak tak.. yg ad bunyi krekkkkkkk
Btw lg, kmaren iseng ngetes kekuatan ratchet ane buat buka baut roda, flag sukses bsa buka baut laknat tsb.. tekiro jebol.. stanley jg sukses![]()
wah rachet ane sayang2 dah, ga brani buat ngetes2 daripada rugi bandar kalau rusak......pakai L sok atau sliding T atau breaker bar aja

Terakhir rachet 1/2 ku ntah hilang kemana, akhirnya beli merk sherlock 72 teeth jadi alus bener muternya pendek2..... sepertinya sih lumayan tapi ga mau test juga

ga tau sherlock ini bikinan mana.
aku kalau baut roda ngencenginnya pakai kunci palang atau kunci roda bawaan tanpa dipanjangin...... kalau ngebuka baru tambah panjangin biar enteng....adityabp wrote: Fri May 08, 2020 3:41 Saya kalo ngencengin baut roda pake kunci roda yg bisa diulur. Panjangnya kurleb selengan saya. Beli di Ace Hardware.
Patokannya pas bunyi "krek" saya genjot sekali.
Segini aja udah cukup bikin repot montir bengkel pas mo buka baut roda. Padahal mereka udah pake pipa besi tuh.
![]()
ow ada pemuaian ya...... mirip kayak cek tekanan ban waktu ban dingin.....Omnibus wrote: Fri May 08, 2020 4:02
karena pas dipakai mobilnya itu baut/mur makin duduk krn pemuaian dll. makanya jangan sampai over-torque, apalagi under.
tightening torque spec yg dikasih pabrik tuh bukan gimmick. ya itu harus diikuti.
regards,
singachu