Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
itu dari PTT ke Total trs ke Q8 flushing nya pake shell buntut 40 ya om?
cukup 1 liter dan tuang aja setelah oli lama selesai ditap?
yup betul omm.
cukup 1 liter klo mesin kondisi ok.
jgn pakai engine flush dan aditif aneh2.
Kl saya sebelumnya pake 10W-40 mau ganti ke 10W-30 jadi mesti tuang 1 liter oli buntut 50 dulu ya om u flushnya.
Karena mesti dgn yg lbh kental u flush oli lama kl ganti oli dgn kekentalan berbeda
blloewy wrote: Tue May 19, 2020 5:25
Oli Idemitsu ma NGO yg dipake sama SAE nya om?
Khan based NGO 5W-30 ama 10W-30 itu sama dengan Idemitsu.
Lirik2 saya mau coba 10W-30 yg Semi Synth ada ENEOS, PTT ama 1 tadi lupa.
Perbandingan nya gmn ya u merk PTT ama ENEOS di 10W-30 Semi Synth...mungkin para suhu disini ada yg tau?
Idemitsu sama NGO nya pake 10W-40. Idemitsu di bengkel spesialis. NGO di nissan yasmin bogor.
DOHC wrote: Tue May 19, 2020 5:34
@kudokun
Abis tap tunggu bentar baru isi oli baru jg gapapA, ga usa takut, lipindut bukan buggati veyron koq yg ganti oli aj perlu scan komputer, ga bakal knapa2
Bottom line nya, mesin hr15de mau pake oli apapun, saran ane tetep musti rajin cek oli tiap minggu, nasib pliara mobil resing.
Kl nguap pun jg tinggal diisi lg, gapapa.. ane dl pliara lipindut dr 0 ampe 140 rebu km aj gonta ganti oli 5-30 ga perna ad masalah, pas buka cover head buat ganti seal aj, klep2 masi kinclong banget, panjul klep ama kepala bucket shim nya jg ga ad baret heboh dalem, dan mantep nya lg, ga ad tuh kerak2 stain kuning..
Yg musti diperhatiin justru kl pas start pagi ad asep putih dan bau nya pedes banget, atau paling parah ampe mesin panas aj tetep berasap, nahh ini bukan artinya musti ganti oli kentel, tp musti dbawa ke bengkel
Asep putih aman. Dr mulai start sampe mati mesin. Knalpot juga bersih.
. Habis tap bisa langsung isi atau harus nunggu semaleman dulu?
sebelum ngetap / ngebuang oli mesin, jalankan dulu kendaraan sampai suhu kerja tercapai. tujuannya supaya oli jadi lebih encer dan mudah mengalir.
setelah itu tunggu sekitar 5-10 menit supaya tidak terlalu panas, baru buang oli yang di pan.
kalau sudah tidak ada tetesan yang terbuang, boleh langsung pasang drain bolt dan isi oli baru.
Walau ganti buntut dari 40 ke 30, cukup seperti ini aja ya?
itu dari PTT ke Total trs ke Q8 flushing nya pake shell buntut 40 ya om?
cukup 1 liter dan tuang aja setelah oli lama selesai ditap?
yup betul omm.
cukup 1 liter klo mesin kondisi ok.
jgn pakai engine flush dan aditif aneh2.
Kl saya sebelumnya pake 10W-40 mau ganti ke 10W-30 jadi mesti tuang 1 liter oli buntut 50 dulu ya om u flushnya.
Karena mesti dgn yg lbh kental u flush oli lama kl ganti oli dgn kekentalan berbeda
gak mslh om, cuman buat flush sisa oli lama di oil pan,
bisa pakai oli mesin buntut brp pun dgn harga terbaik
jgn tuang minyak goreng yg penting
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
saya mau tanya lagi dong.. saya baru pakai RM1 2.0, kilometer udah 100rb, pakai oli kemarin coba motul 5w40, dan niat diganti ke 5w30 (nanti)
apakah harus ganti ke 30 atau tetap di 40 ya Om?
terima kasih atas saran nya ya Om..
salam,
Kenapa harus pake buntut 40 Om?
CRV RM saya nyaris 100rb juga odo nya selalu pake 0w-20. Pake buntut 40 apa gak berat&boros jdnya?
Oom, stl di bbrp page sebelum ini kita diskusi kl kekentalan lihat dari buntutnya, terus 0W/5W/10W artinya apa ya berarti? Memang, stl saya lihat di pdsnya ptt 5-30 sama ptt 0-30 itu V100-nya mirip banget
saya mau tanya lagi dong.. saya baru pakai RM1 2.0, kilometer udah 100rb, pakai oli kemarin coba motul 5w40, dan niat diganti ke 5w30 (nanti)
apakah harus ganti ke 30 atau tetap di 40 ya Om?
terima kasih atas saran nya ya Om..
salam,
Kenapa harus pake buntut 40 Om?
CRV RM saya nyaris 100rb juga odo nya selalu pake 0w-20. Pake buntut 40 apa gak berat&boros jdnya?
Oom, stl di bbrp page sebelum ini kita diskusi kl kekentalan lihat dari buntutnya, terus 0W/5W/10W artinya apa ya berarti? Memang, stl saya lihat di pdsnya ptt 5-30 sama ptt 0-30 itu V100-nya mirip banget
Owalah baru tau ACDC itu oli ASPAL.
Kl angka di depan W lbh ke kekentalan pada saat suhu dingin Om kl saya ngga salah baca.
Semakin kecil angka di depan artinya pada suhu dingin dia semakin encer dan ngga mudah beku begitu pemahaman saya yg nubie ttg oli ini.
Btw ada yg pernah ganti oli di Mubeng?
dia jual TOTAL, GULF, Mobil 1 juga.
PSBB begini mau ganti oli di S&D banyak yg tutup.
Mau ganti sendiri kayanya blm berani kl mobil, kl di motor sich sdh sering
evanbngdor wrote: Tue May 19, 2020 10:55
Kenapa harus pake buntut 40 Om?
CRV RM saya nyaris 100rb juga odo nya selalu pake 0w-20. Pake buntut 40 apa gak berat&boros jdnya?
Oom, stl di bbrp page sebelum ini kita diskusi kl kekentalan lihat dari buntutnya, terus 0W/5W/10W artinya apa ya berarti? Memang, stl saya lihat di pdsnya ptt 5-30 sama ptt 0-30 itu V100-nya mirip banget
Owalah baru tau ACDC itu oli ASPAL.
Kl angka di depan W lbh ke kekentalan pada saat suhu dingin Om kl saya ngga salah baca.
Semakin kecil angka di depan artinya pada suhu dingin dia semakin encer dan ngga mudah beku begitu pemahaman saya yg nubie ttg oli ini.
Btw ada yg pernah ganti oli di Mubeng?
dia jual TOTAL, GULF, Mobil 1 juga.
PSBB begini mau ganti oli di S&D banyak yg tutup.
Mau ganti sendiri kayanya blm berani kl mobil, kl di motor sich sdh sering
Kalau sudah biasa ganti oli motor ya mestinya gampang om ganti oli mobil, tinggal tambah buka filter oli om. Jgn ragu2...
saya mau tanya lagi dong.. saya baru pakai RM1 2.0, kilometer udah 100rb, pakai oli kemarin coba motul 5w40, dan niat diganti ke 5w30 (nanti)
apakah harus ganti ke 30 atau tetap di 40 ya Om?
terima kasih atas saran nya ya Om..
salam,
Kenapa harus pake buntut 40 Om?
CRV RM saya nyaris 100rb juga odo nya selalu pake 0w-20. Pake buntut 40 apa gak berat&boros jdnya?
Oom, stl di bbrp page sebelum ini kita diskusi kl kekentalan lihat dari buntutnya, terus 0W/5W/10W artinya apa ya berarti? Memang, stl saya lihat di pdsnya ptt 5-30 sama ptt 0-30 itu V100-nya mirip banget
angka didepan W (0W/5w/10W dst) itu kekentalan yg diukur di suhu 40 deg celcius
angka dibelakang W (xW-20. xW-30 dst) itu kekentalan yg diukur di suhu 100 deg celcius
untuk case PTT 5w30 vs 0w30 itu betul mereka sama persis untuk di suhu @100 deg celcius, berarti saat di tempratur 100 deg celcius mereka punya viskositas yg sama...
CRV RM saya nyaris 100rb juga odo nya selalu pake 0w-20. Pake buntut 40 apa gak berat&boros jdnya?
Oom, stl di bbrp page sebelum ini kita diskusi kl kekentalan lihat dari buntutnya, terus 0W/5W/10W artinya apa ya berarti? Memang, stl saya lihat di pdsnya ptt 5-30 sama ptt 0-30 itu V100-nya mirip banget
angka didepan W (0W/5w/10W dst) itu kekentalan yg diukur di suhu 40 deg celcius
angka dibelakang W (xW-20. xW-30 dst) itu kekentalan yg diukur di suhu 100 deg celcius
untuk case PTT 5w30 vs 0w30 itu betul mereka sama persis untuk di suhu @100 deg celcius, berarti saat di tempratur 100 deg celcius mereka punya viskositas yg sama...
CMIIW
Cuman kok disini lbh ngacu ke buntutnya ya om kl V100nya beti2? Soalnya juga di umum beda sekian W aja beda harga juga. Mestinya V40 juga jd patokan penting
Oom, stl di bbrp page sebelum ini kita diskusi kl kekentalan lihat dari buntutnya, terus 0W/5W/10W artinya apa ya berarti? Memang, stl saya lihat di pdsnya ptt 5-30 sama ptt 0-30 itu V100-nya mirip banget
angka didepan W (0W/5w/10W dst) itu kekentalan yg diukur di suhu 40 deg celcius
angka dibelakang W (xW-20. xW-30 dst) itu kekentalan yg diukur di suhu 100 deg celcius
untuk case PTT 5w30 vs 0w30 itu betul mereka sama persis untuk di suhu @100 deg celcius, berarti saat di tempratur 100 deg celcius mereka punya viskositas yg sama...
CMIIW
Cuman kok disini lbh ngacu ke buntutnya ya om kl V100nya beti2? Soalnya juga di umum beda sekian W aja beda harga juga. Mestinya V40 juga jd patokan penting
pertimbangannya ya suhu kerja mesin kurang lebih di 100 deg celcius kan... jadi mudahnya kita ambil V100 karena oli akan lebih banyak bekerja di suhu segitu...
kalo V40 sendiri ya boleh juga masuk jadi bahan pertimbangan untuk pengaruhnya saat cold start hingga masuk operating temp. aja...