Shonen wrote:yang g bingung itu klo speed limit 80 gile gregetan gue...di france aja 130Km/h itu juga di lajur kirinya krn setir kiri yang harusnya fast lane kosong banget emang sesekali ada yang speeding dan disana mana ada lanehogger bisa langsung ditabrak dari belakang mereka bakal klakson panjang kalo kita masi di fastlane...dan menurut g juga disini driver ga well educated ga kaya di luar..ntar truk berenti lah..di luar mana ada mobil minggir parkir di pinggiran didatengin police langsung....disini aj macet lwt intersection aja asal lampu ijo bodo amat biar malang mobil laen...ntah lah...pernah juga di german speeding di autobahn cuman berani sampe 150 si krn bawa keluarga itu juga di jalur tengah..ketemu bugatti di fastlane lagi ngebut dan ga ada lanehog depan die kalopun ada dari jauh uda ngedim2 suru minggir kalo ga minggir biasa langsung call police...disana mah fasum sama pendukung dilayani banget ga kek disini klo ada komplain terima aja...klo ada lanehogger ya terima aja...di jkt yang mayoritas jalan di indo lebih banyak ketemu manusia yang ga ngerti aturan dan ngerasa bener mungkin kurang keluar negeri kali ya...biasa kalo uda taat peraturan mah nyetir di luar ga ada masalah butuh adaptasi sebentar, klo emang biasa ngelanggar emang susah nyetir di luar ga bakal bisa
Di Indonesia sini, prinsipnya alon² asal kelakon. Banyak pengemudi yang tidak tahu bahayanya berjalan terlalu pelan dan tidak mengikuti arus lalulintas. Bagi kebanyakan orang, jalan 60 atau 80 di jalan tol dengan mengambil lajur kanan itu merasa diri paling benar, walaupun misal depannya kosong dan sampingnya kosong, karena yang dipikirkannya ngebut itu yang salah. Dan sepertinya di Indonesia kurang mengenal kata penyebab kecelakaan akibat speed yang terlalu lambat. Padahal underspeed dan berjalan tidak di lajurnya ini juga salah satu penyebab utama kecelakaan yang terjadi.
Maklum aja, selama proses pembuatan SIM bisa nembak, semua ga akan tahu aturan yang benar. Simulator ujian SIM aja malah mirip game, yang ga jelas dan ga real di kehidupan nyata. Coba aja ke negara Eropa/USA, ga akan nemu ujian simulator ala Indonesia. Ujian praktek juga real di jalanan, ga cuma lewat patok² ala kita.
Intinya..... Pola berpikir pengemudi itu yang seharusnya ditata ulang dahulu.
Lanehogger itu salah kalau di lajur cepat (paling kanan)
Underspeed itu berbahaya karena bisa menyebabkan kecelakaan.
Bus dan Truk harus dan mau tidak mau berjalan terus di lajur paling kiri, kecuali hanya saat mendahului. Bus/Truck yang tidak mampu menanjak diatas kecepatan minimal 60km/h, ditilang karena membahayakan lalu lintas sebab berpotensi menjadi penyebab kecelakaan.
Dan... Yang paling penting, kebiasaan di Indonesia, perbaikan jalan itu tandanya terlalu mepet. Seharusnya minimal 500m sebelumnya sudah diatur cone dan rambu penyempitannya, bukan 100m dari titik proyek.
Pengalaman pribadi, yang ngeselin di tol itu adalah bus & truk, yang kebanyakan pindah jalur seenaknya, kadang ga pake sein main pindah lajur, atau kadang pake sein 1 detik lalu langsung belok tanpa lihat spion. Bahkan bus non pariwisata bisa tiba² dari lajur kanan ke bahu jalan secara mendadak, untuk naikin/turunin penumpang. Lalu balik lagi ke jalurnya tanpa sein dan tanpa cek lalu lintas.
Coba kalau dikeluarkan data yang ada, berapa persen kecelakaan yang terjadi di tol melibatkan truk/bus? Feeling diatas 80% sih.