Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
PRBS wrote: Fri Sep 20, 2019 4:04
Bener, saya sampe sekarang ga habis pikir dengan kaum lanehogger blocking fastlane under 100kmh.. apa susahnya kasih jalan mobil dibelakang.. hahaha
Dan udah kebayang sih.. Nanti pas peraturan diberlakukan, bakal banyak driver yg midlane 80kmh dan fastlane juga stay 80kmh (anteng).. dah mantap itu blocking jalurnya.. kita klakson malah di brakechecking..
Disini yg kontra dengan lanehogger aja malah dicap pembalap. Lah gimana..
dan kalo ndilalah pas sial 2 2nya truck trailer panjang, udah rasanya bener-bener menguji kesabaran...
hanya 2 topik bahasan di forum ini yang bisa panas sampe kemana - mana : aturan solar busuk dan lanehogger.
adityabp wrote: Fri Sep 20, 2019 4:07
Pertama kali lewat tol trans jawa ruas pejagan-semarang dlm kondisi setengah ngantuk, kaget liat lampu2x kecil posisi agak tinggi tiba2x nongol. Saya pikir truk besar, langsung rem mendadak. Karena kaget, ngantuk tiba2x hilang, dan langsung sadar kalo ternyata bukan lampu2x truk, tapi lampu2x nun jauh di bukit di depan sana. Depan mobil sih kosong melompong.
ini lho, penerangan di beberapa ruas tol kita itu bener bener sucks blom kalo di depan ada roadblock perbaikan jalan.
Tampanman wrote: Fri Sep 20, 2019 4:08
Kalau gak sekalian aja om dibikin peraturan 60-100 kph hanya untuk jalur kiri dan tengah, jalur paling kanan diatas 100 kph
Setuju aja sih saya.. cuma yaa praktiknya di lapangan pasti akan beda. Kadang mereka ga ngeh akan peraturan sih.. jadi peraturan mau diganti2 kayak gimana juga kalau drivernya ga baca / mematuhi ya sama2 percuma.
Ini buat para lanehoggers dan speedgoers ya, mereka berdua sama2 salah (kalau mengacu ke rambu).. tapi sejauh saya perhatikan, untuk rute toll dalkot (JORR dkk) rata2 yg kelihatan melanggar itu lanehoggers.. under 90kmh cruising di fastlane.. efeknya ya blocking jalur dan bikin jalan toll padat merayap (ga ada lajur buat mendahului).. CMIIW
wong aturan bahu jalan tidak untuk mendahului aja masih buanyak banget yang nyalip dari bahu jalan
jujur berdasarkan pengalaman, lebih jarang ketemu orang speeding zigzag (ya ada 1-2 aja tapi gak selalu) ketimbang lanehoggers di jalan tol dalem kota.
PRBS wrote: Fri Sep 20, 2019 4:16
Ini buat para lanehoggers dan speedgoers ya, mereka berdua sama2 salah (kalau mengacu ke rambu).. tapi sejauh saya perhatikan, untuk rute toll dalkot (JORR dkk) rata2 yg kelihatan melanggar itu lanehoggers.. under 90kmh cruising di fastlane.. efeknya ya blocking jalur dan bikin jalan toll padat merayap (ga ada lajur buat mendahului).. CMIIW
karena lanehoggers itu sangat malas ngerem atau manuver di jalan toll dan takut dari sisi dan kanan mereka tiba2 belok ke jalurnya.
karena lanehoggers itu cenderung egois wkwk
karena lanehoggers itu ga ngerti aturan dan hidup suka-suka
mungkin mereka emg terlalu santuy jalan pikirannya
evanbngdor wrote: Fri Sep 20, 2019 3:18
Bener nih, malah lumayan banyak yg headlamp nya mati terus pasang lampu kabut yg bulet2 itu banyak banget dan sorotannya ngga jelas kemana2.
Lampu belakang juga ada yg rem nya diganti lampu sorot putih karena aslinya udah tewas
dan kalo nyetir malem-malem di tol baru itu yg bikin serem beginian, agak ngecoh juga karena keliatannya dari jauh kendaraan kecil, begitu udah deket truk gede. ngerem mendadak sukur-sukur blakang gak ada yang mepet
yang bagus itu bbrp mobil kantor pos di box nya dikasih scotchlite besar, jd lumayan lah kalo di dim keliatan itu barang gede.
Nah itu yg belom mematuhi peraturan berarti, setau saya untuk kendaraan dengan dimensi tertentu wajib memiliki batas dimensi yg biasanya ditaroh di sudut-sudut kendaraan. Selain itu pada dasarnya jg kendaraan harus punya mata kucing yang emang udah pasti mantulin cahaya lampu dr kendaraan belakangnya.
Kalau peraturan itu udah dilengkapi semua rasanya sih ngga perlu ada penambahan2 aksesoris gt.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Lanehogger dari kediri sampe sampe surabaya lumayan banyak, jalan maks 100 tetap di kanan. Ane aja lari 140 ya tetap di kiri kalau kosong. Di jerman pun lari 200 tetap di lajur kedua kalau sepi ( lajur 1 rata2 truk )
Numpang tanya juga,,,, berapa sih selisih kecepatan di spedo meter mobil dgn kec sebenarnya /speed Gun nya pak polisi,,,,klo kita lari 120 kan sebenarnya ngga lari segitu......
Soal penerangan tol, khususnya tol antar kota macam cipali, transj, cipularang, seingat saya memang hanya diwajibkan di junction/intersection aja.
CMIIW.
Nah itu yg belom mematuhi peraturan berarti, setau saya untuk kendaraan dengan dimensi tertentu wajib memiliki batas dimensi yg biasanya ditaroh di sudut-sudut kendaraan. Selain itu pada dasarnya jg kendaraan harus punya mata kucing yang emang udah pasti mantulin cahaya lampu dr kendaraan belakangnya.
Kalau peraturan itu udah dilengkapi semua rasanya sih ngga perlu ada penambahan2 aksesoris gt.
Kalo lampu mata kucing sih pasti ada om.
Masalahnya nyala atau gak? Kalo nyala, mikanya masih bening atau dah kotor berselimut kerak?
Trus utk bak truk, tidak ada (tidak diwajibkan?) lampu mata kucing di sudut atas bak. Ini yg vital sebenarnya.
QnetiC wrote: Fri Sep 20, 2019 5:56
Numpang tanya, bisa ngga kena tilang beberapa kali dalam sehari?
Misal : sehari 2x pp lewat tol yg sama ngebut melulu.
bisa.
tindakan 1 : tilang tahan SIM.
tindakan 2 : tilang tahan STNK (karena SIM sudah ditahan).
tindakan 3 : karena tidak ada SIM dan STNK, mobil ditahan dan silahkan anda jalan kaki.
QnetiC wrote: Fri Sep 20, 2019 5:56
Numpang tanya, bisa ngga kena tilang beberapa kali dalam sehari?
Misal : sehari 2x pp lewat tol yg sama ngebut melulu.
bisa.
tindakan 1 : tilang tahan SIM.
tindakan 2 : tilang tahan STNK (karena SIM sudah ditahan).
tindakan 3 : karena tidak ada SIM dan STNK, mobil ditahan dan silahkan anda jalan kaki.
Nah itu yg belom mematuhi peraturan berarti, setau saya untuk kendaraan dengan dimensi tertentu wajib memiliki batas dimensi yg biasanya ditaroh di sudut-sudut kendaraan. Selain itu pada dasarnya jg kendaraan harus punya mata kucing yang emang udah pasti mantulin cahaya lampu dr kendaraan belakangnya.
Kalau peraturan itu udah dilengkapi semua rasanya sih ngga perlu ada penambahan2 aksesoris gt.
Kalo lampu mata kucing sih pasti ada om.
Masalahnya nyala atau gak? Kalo nyala, mikanya masih bening atau dah kotor berselimut kerak?
Trus utk bak truk, tidak ada (tidak diwajibkan?) lampu mata kucing di sudut atas bak. Ini yg vital sebenarnya.
tahun ini sudah diberlakukan pemberian reflective sticker om (di belakang, samping, dan kabin) dari dishub, tapi ini lebih berpengaruh ke perusahaan besar yg menyewa ekspedisi trucking supaya sesuai dengan standar mereka.
untuk owner langsung ekspedisi trucking blm ada tindakan yang aktif dari dishub untuk menilang. ODOL aja masih gajelas.
QnetiC wrote: Fri Sep 20, 2019 5:56
Numpang tanya, bisa ngga kena tilang beberapa kali dalam sehari?
Misal : sehari 2x pp lewat tol yg sama ngebut melulu.
bisa.
tindakan 1 : tilang tahan SIM.
tindakan 2 : tilang tahan STNK (karena SIM sudah ditahan).
tindakan 3 : karena tidak ada SIM dan STNK, mobil ditahan dan silahkan anda jalan kaki.
Pengen tau pendapatnya teman2 di sini : jalan konstan 100kmh di jalur kanan salah ato nggak? Terus kalo ada mobil di belakangnya jalan 150kmh minta jalan, yang salah yang 100kmh atau 150kmh?
Biar tambah panas thread ini kena para netizen yang merasa netizen lainnya adalah netizen maha benar tanpa nyadar kalo dirinya sendiri mungkin adalah netizen yang paling maha benar, termasuk saya
Nah itu yg belom mematuhi peraturan berarti, setau saya untuk kendaraan dengan dimensi tertentu wajib memiliki batas dimensi yg biasanya ditaroh di sudut-sudut kendaraan. Selain itu pada dasarnya jg kendaraan harus punya mata kucing yang emang udah pasti mantulin cahaya lampu dr kendaraan belakangnya.
Kalau peraturan itu udah dilengkapi semua rasanya sih ngga perlu ada penambahan2 aksesoris gt.
Kalo lampu mata kucing sih pasti ada om.
Masalahnya nyala atau gak? Kalo nyala, mikanya masih bening atau dah kotor berselimut kerak?
Trus utk bak truk, tidak ada (tidak diwajibkan?) lampu mata kucing di sudut atas bak. Ini yg vital sebenarnya.
Nah itu, maksud saya belom tentu ada dan berfungsi itu mata kucing, terutama di truk2 yang udah sepuh. Kalo standar dari pabriknya sih ada.
Kalau lampu batas dimensi itu sih hukumnya wajib bagi kendaraan dengan dimensi tertentu kayaknya deh, cuma saya ngga hafal berapa dimensinya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
pengendiesel wrote: Fri Sep 20, 2019 7:34
Biar tambah panas thread ini kena para netizen yang merasa netizen lainnya adalah netizen maha benar tanpa nyadar kalo dirinya sendiri mungkin adalah netizen yang paling maha benar, termasuk saya
Pusing saya baca ini
Bantu jawab.. dua2nya salaah.. yg satu stay 100kmh on fastlane (kalau depannya kosong), dan yg satu overspeed.. nah makanya ini balik lg ke pertanyaan om adty di awal thread.. rambu “lajur kanan hanya untuk mendahului” masih perlu ga sih? Kalau masih perlu yaa both driver salah (yg manteng 100kmh di fastlane, sama yg overspeeding)..
Paling bener ya speed 100kmh di fastlane buat nyalip aja, habis nyalip ya balik lg ke midlane.. jadi biar yg salah cukup yg overspeeding aja (kayak saya).
pengendiesel wrote: Fri Sep 20, 2019 7:34
Pengen tau pendapatnya teman2 di sini : jalan konstan 100kmh di jalur kanan salah ato nggak? Terus kalo ada mobil di belakangnya jalan 150kmh minta jalan, yang salah yang 100kmh atau 150kmh?
Biar tambah panas thread ini kena para netizen yang merasa netizen lainnya adalah netizen maha benar tanpa nyadar kalo dirinya sendiri mungkin adalah netizen yang paling maha benar, termasuk saya
kalo saya yang jalan 100kmh itu, ya minggir aja sebentar kalo memang memungkinkan.
perkara yg jalan 150kmh itu ntar nyangsang di pager, urusan dia....
bener salah itu hakim punya hak memutuskan di pengadilan nanti.
nah, bagi yang otak kambing, pasti ga akan mau minggir dengan segala macam alasan.
pengendiesel wrote: Fri Sep 20, 2019 7:34
Pengen tau pendapatnya teman2 di sini : jalan konstan 100kmh di jalur kanan salah ato nggak? Terus kalo ada mobil di belakangnya jalan 150kmh minta jalan, yang salah yang 100kmh atau 150kmh?
Biar tambah panas thread ini kena para netizen yang merasa netizen lainnya adalah netizen maha benar tanpa nyadar kalo dirinya sendiri mungkin adalah netizen yang paling maha benar, termasuk saya
Klo menurut ane sih salah, karena udah abis nyalip ya harusnya balik lagi ke jalur tengah. Anggep aja yg disalip itu kecepatan 80-90 kpj. Nah klo yg mobil di jalur kanan is overspeeding sampai 150 kpj jg salah karena melanggar batas.
Jalur kanan akan tetep diperlukan buat nyalip, karena ga semua yg di jalur tengah jg speed nya 100kpj, bs jadi ada yg 80 kpj tadi. Karena aturannya ada batas bawan (80 kpj) n ada batas atas (100kpj). Kecuali jika semua mobil harus konstan disuruh di kecepatan 100 kpj, jadi mgkn lajur kanan ga berfungsi lagi karena sama aja. Cmiiw
...
Kalo lampu mata kucing sih pasti ada om.
Masalahnya nyala atau gak? Kalo nyala, mikanya masih bening atau dah kotor berselimut kerak?
Trus utk bak truk, tidak ada (tidak diwajibkan?) lampu mata kucing di sudut atas bak. Ini yg vital sebenarnya.
Nah itu, maksud saya belom tentu ada dan berfungsi itu mata kucing, terutama di truk2 yang udah sepuh. Kalo standar dari pabriknya sih ada.
Kalau lampu batas dimensi itu sih hukumnya wajib bagi kendaraan dengan dimensi tertentu kayaknya deh, cuma saya ngga hafal berapa dimensinya.
Maksud saya yg bak kayu om.
Truk bak kayu, mau yg kecil apalagi yg besar super panjang gak ada lampu mata kucing di sudut atas baknya.
Pengalaman saya di cipularang, walaupun lampu senja yg di belakang nyala, tetap bikin kaget ketika kita mendekat krn dimensi pantat si truk bener2x gak keliatan dari jauh.
pengendiesel wrote:Pengen tau pendapatnya teman2 di sini : jalan konstan 100kmh di jalur kanan salah ato nggak? Terus kalo ada mobil di belakangnya jalan 150kmh minta jalan, yang salah yang 100kmh atau 150kmh?
Biar tambah panas thread ini kena para netizen yang merasa netizen lainnya adalah netizen maha benar tanpa nyadar kalo dirinya sendiri mungkin adalah netizen yang paling maha benar, termasuk saya
Salah.... Karena kalau di kiri kosong, seharusnya segera pindah ke lajur kiri, sebab lajur kanan hanya untuk mendahului.
Kecuali jalan lanehogger karena di kirinya ada setan yang sedang didahului sepanjang perjalanan [emoji23][emoji23][emoji23]
evanbngdor wrote: Fri Sep 20, 2019 7:46
Nah itu, maksud saya belom tentu ada dan berfungsi itu mata kucing, terutama di truk2 yang udah sepuh. Kalo standar dari pabriknya sih ada.
Kalau lampu batas dimensi itu sih hukumnya wajib bagi kendaraan dengan dimensi tertentu kayaknya deh, cuma saya ngga hafal berapa dimensinya.
Maksud saya yg bak kayu om.
Truk bak kayu, mau yg kecil apalagi yg besar super panjang gak ada lampu mata kucing di sudut atas baknya.
Pengalaman saya di cipularang, walaupun lampu senja yg di belakang nyala, tetap bikin kaget ketika kita mendekat krn dimensi pantat si truk bener2x gak keliatan dari jauh.
Nah harusnya sih ada karena penggunaan lampu tanda batas dimensi itu diwajibkan untuk di seluruh kendaraan yang punya dimensi tertentu. Entah mungkin 2 meter atau berapa standarnya menurut UU skg ya. Truk box engkel sih saya liat hampir semua punya lampu itu, kalau bak memang ngga perhatiin saya, tp rasanya ada.
Kalo diwajibkan di UU sih harusnya semua produsen pasang lampu tanda batas dimensi itu di produk-produk nya, kalau ngga ada berarti emang ngga termasuk dalam kewajiban di UU.
CMIIW
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
yang g bingung itu klo speed limit 80 gile gregetan gue...di france aja 130Km/h itu juga di lajur kirinya krn setir kiri yang harusnya fast lane kosong banget emang sesekali ada yang speeding dan disana mana ada lanehogger bisa langsung ditabrak dari belakang mereka bakal klakson panjang kalo kita masi di fastlane...dan menurut g juga disini driver ga well educated ga kaya di luar..ntar truk berenti lah..di luar mana ada mobil minggir parkir di pinggiran didatengin police langsung....disini aj macet lwt intersection aja asal lampu ijo bodo amat biar malang mobil laen...ntah lah...pernah juga di german speeding di autobahn cuman berani sampe 150 si krn bawa keluarga itu juga di jalur tengah..ketemu bugatti di fastlane lagi ngebut dan ga ada lanehog depan die kalopun ada dari jauh uda ngedim2 suru minggir kalo ga minggir biasa langsung call police...disana mah fasum sama pendukung dilayani banget ga kek disini klo ada komplain terima aja...klo ada lanehogger ya terima aja...di jkt yang mayoritas jalan di indo lebih banyak ketemu manusia yang ga ngerti aturan dan ngerasa bener mungkin kurang keluar negeri kali ya...biasa kalo uda taat peraturan mah nyetir di luar ga ada masalah butuh adaptasi sebentar, klo emang biasa ngelanggar emang susah nyetir di luar ga bakal bisa
pengendiesel wrote:Pengen tau pendapatnya teman2 di sini : jalan konstan 100kmh di jalur kanan salah ato nggak? Terus kalo ada mobil di belakangnya jalan 150kmh minta jalan, yang salah yang 100kmh atau 150kmh?
Biar tambah panas thread ini kena para netizen yang merasa netizen lainnya adalah netizen maha benar tanpa nyadar kalo dirinya sendiri mungkin adalah netizen yang paling maha benar, termasuk saya
Klo pola.pikirnya melewati speed limit auto salah ya repot... Itu dia di jalanan dinamis tidak sesimpel teorinya. Makanya perdebatan ini ada.
Yg adil ya dua duanya kena ticket. Wkwkwkwkw. Klo ada pasalnya. Buat nyalip mobil jalan 100 si lari 110 - 120 cukup, klo diatas 150 itu emang niatnya speeding.
Shonen wrote:yang g bingung itu klo speed limit 80 gile gregetan gue...di france aja 130Km/h itu juga di lajur kirinya krn setir kiri yang harusnya fast lane kosong banget emang sesekali ada yang speeding dan disana mana ada lanehogger bisa langsung ditabrak dari belakang mereka bakal klakson panjang kalo kita masi di fastlane...dan menurut g juga disini driver ga well educated ga kaya di luar..ntar truk berenti lah..di luar mana ada mobil minggir parkir di pinggiran didatengin police langsung....disini aj macet lwt intersection aja asal lampu ijo bodo amat biar malang mobil laen...ntah lah...pernah juga di german speeding di autobahn cuman berani sampe 150 si krn bawa keluarga itu juga di jalur tengah..ketemu bugatti di fastlane lagi ngebut dan ga ada lanehog depan die kalopun ada dari jauh uda ngedim2 suru minggir kalo ga minggir biasa langsung call police...disana mah fasum sama pendukung dilayani banget ga kek disini klo ada komplain terima aja...klo ada lanehogger ya terima aja...di jkt yang mayoritas jalan di indo lebih banyak ketemu manusia yang ga ngerti aturan dan ngerasa bener mungkin kurang keluar negeri kali ya...biasa kalo uda taat peraturan mah nyetir di luar ga ada masalah butuh adaptasi sebentar, klo emang biasa ngelanggar emang susah nyetir di luar ga bakal bisa
Setau ane aturan speed limit di negara luar pun dinamis (cmiiw) . Dibilang jepang tertib pun ane waktu ke jepang mergokin beberapa mobil jalan kenceng di dalkot yg pasti kagak 40 km/h. Nggak 1-2, buanyak.
Kayak kata om turbo, yg ideal ya ngikutin flow lalu lintasnya. Jalan pelan pas flownya kenceng bahaya, begitu pula sebaliknya.
Yg bikin di negara maju tertib walau macet ya ini, mau ikut flow. Gak macem driver / biker blangsak uda tau macet main serobot2 motong jalur malah menghambat flow berujung makin macet.
PRBS wrote: Fri Sep 20, 2019 4:16
Ini buat para lanehoggers dan speedgoers ya, mereka berdua sama2 salah (kalau mengacu ke rambu).. tapi sejauh saya perhatikan, untuk rute toll dalkot (JORR dkk) rata2 yg kelihatan melanggar itu lanehoggers.. under 90kmh cruising di fastlane.. efeknya ya blocking jalur dan bikin jalan toll padat merayap (ga ada lajur buat mendahului).. CMIIW
karena lanehoggers itu sangat malas ngerem atau manuver di jalan toll dan takut dari sisi dan kanan mereka tiba2 belok ke jalurnya.
karena lanehoggers itu cenderung egois wkwk
karena lanehoggers itu ga ngerti aturan dan hidup suka-suka
mungkin mereka emg terlalu santuy jalan pikirannya
Tambah lagi nasehat suami kebanyakan buat istri2nya kebanyakan kalau di tol disuruh kanan terus aja biar aman, ga ada yang mendahului ga ada mobil gede juga...