Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Mon Oct 23, 2017 9:19
- Location: Medan
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Mitos: Menyalakan motor di pagi hari hendaknya dengan kick starter/engkol, bukan dengan electric starter.
Fakta: Mohon pencerahannya
*)Curhat pengguna mio
Fakta: Mohon pencerahannya
*)Curhat pengguna mio
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
untuk motor jaman dulu dengan pompa oli tipe percik mungkin benar....

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kalo kasus saya bener, motor dipanasin cuma seminggu sekali dan ga dipake jalan. Sementara pengisian kembali aki lebih optimal kalo dipake jalan.pujarizqy wrote: Mon Mar 12, 2018 1:42 Mitos: Menyalakan motor di pagi hari hendaknya dengan kick starter/engkol, bukan dengan electric starter.
Fakta: Mohon pencerahannya
*)Curhat pengguna mio
Kecuali motor yang setiap pagi dipakai jalan, seharusnya tidak begitu pengaruh karena kalo aki dan sistem pengisian aki masih bagus akan di recharge ulang sepanjang motor berjalan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
pujarizqy wrote: Mon Mar 12, 2018 1:42 Mitos: Menyalakan motor di pagi hari hendaknya dengan kick starter/engkol, bukan dengan electric starter.
Fakta: Mohon pencerahannya
*)Curhat pengguna mio
lha terus ngapain panjenengan mahal2 beli motor yang ada elektrik starternya kalo msih diengkol? pake yamaha L2G aja kalo gitu......
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Memang ada beberapa kasus pake driver lepasan, tp waktu itu ogut liat mereka konvoi 2 mobil, dan memakai seragam dari dealer merek tersebut. Jd bisa dipastikan kalo itu memang utusan dealer.kunaskun wrote: Sat Mar 10, 2018 9:23sampe ke smg apa ga rugi itu dealer? karena factory marking di ban sudah pada hilang, ban itu jalan 100 km saja udah pudar markingnya, apalagi sampai smg. mungkin memang beli dari jkt bawa ke smg pake driver lepasan dengan plat pinjaman = kadang saya lihat di pantura.evanbngdor wrote: Fri Mar 09, 2018 10:33
kadang malah ada dealer yg nakal, dari gudang ke dealer dibawa jalan, sampe di dealer di 0 in lg.
pernah ketemu karyawan dealer ******** itu mobil pake plat profit dibawa dr jakarta sampe semarang, ketemu sepanjang jalan pas mudik. bawanya jg ngawur banget. kasian itu konsumen yg dapet mobil itu.
soal mundurin odometer si memang beres/dealer pasti bisa karena modal colok doang ke scanner, tapi setahu saya prosedurnya rumit musti acc sana sini dulu, sama kaya beli kunci set atau speedometer assy.
Soal marking ban, banyak konsumen yang ngga peduli dan ngeliatin marking ban nya sih, jd ya si dealer sih santai2 aja. Mobil dibawa manual dari pabrik ke dealer jg udah hal yg biasa, sampai di dealer ya direset lg odometernya kalo mau sedikit licik.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kalo berlaku yang sama terhadap mobil, harusnya mobil pake engkol juga.marmut wrote: Mon Mar 12, 2018 2:31 lha terus ngapain panjenengan mahal2 beli motor yang ada elektrik starternya kalo msih diengkol? pake yamaha L2G aja kalo gitu......
Grill depan ada bolongannya untuk masang hand crank start.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Ini maksudnya yg orang suka bilang "salah inreyen" ya Om.. ?iwidiyanto wrote: Mon Mar 12, 2018 0:57 kalau pemikiran bahwa mobil ato motor jika pemakaian awal udah ngga bener, mau diapain jg tetep g bisa bener... itu mitos ato fakta?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
1 kata : resale value.... banyak juga pengguna motor baru yang langsung copot speedometer biar odo kagak nambahmarmut wrote: Mon Mar 12, 2018 2:31pujarizqy wrote: Mon Mar 12, 2018 1:42 Mitos: Menyalakan motor di pagi hari hendaknya dengan kick starter/engkol, bukan dengan electric starter.
Fakta: Mohon pencerahannya
*)Curhat pengguna mio
lha terus ngapain panjenengan mahal2 beli motor yang ada elektrik starternya kalo msih diengkol? pake yamaha L2G aja kalo gitu......


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kalau motor karburator sih cukup pake choke aja biar ngga berat nyala nya, pake electric starter sih gpp. kecuali aki udah mulai soak, ya biasanya berat buat starter pagi hari.pujarizqy wrote: Mon Mar 12, 2018 1:42 Mitos: Menyalakan motor di pagi hari hendaknya dengan kick starter/engkol, bukan dengan electric starter.
Fakta: Mohon pencerahannya
*)Curhat pengguna mio
Semua motor ogut sampe skg sih nyalain selalu pake electric. kalau lama ngga dipake motornya ya choke nya dinyalain dulu. Aman, ngga pernah ada masalah.
Kick Starter kadang dipake aja biar ada kerjanya itu tuas.


1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
iwidiyanto wrote: Mon Mar 12, 2018 0:57 kalau pemikiran bahwa mobil ato motor jika pemakaian awal udah ngga bener, mau diapain jg tetep g bisa bener... itu mitos ato fakta?
"ngga bener" nya itu seperti apa? bisa lebih spesifik?
kalau masalah perawatan yang ngga bener semisal jarang ganti oli, atau hobi hantam kromo masuk lubang sehingga jadi banyak rusak, kan bisa dibikin perkiraan biaya perbaikan.
misal perkiraan biaya perbaikan masih bisa ditoleransi kantong ya silahkan saja.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
iya sekarang. Truk tangki pertamina speknya bener kan sejak ada Shell masuk wkwkwk. Dulu mah boro2. Kalo sekarang emang keren2Pugman wrote: Mon Mar 12, 2018 0:13
Contoh terbaik dari aplikasi perisai kolong yang ada di Indonesia adalah truk tangki Pertamina.
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Ide dari kick starter di pagi hari ini adalah untuk penghematan aki, tapi sebenarnya tidak signifikan untuk motor injeksi, karena pada motor injeksi kondisi aki harus dalam kondisi bagus karena harus bisa menyalakan fuel pump dan ECU. Ini juga lebih untuk motor kecil single silinderpujarizqy wrote: Mon Mar 12, 2018 1:42 Mitos: Menyalakan motor di pagi hari hendaknya dengan kick starter/engkol, bukan dengan electric starter.
Fakta: Mohon pencerahannya
*)Curhat pengguna mio
Bayangkan aja kalau mau engkol motor 4 silinder 1000cc
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Wed Feb 01, 2017 2:24
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kalo motor saya sih tiap nyalain pertama kali (pagi hari) pake kick starter, saran mekaniknya sih gitu. Soalnya agak susah ngidupinnya. Jadinya kalo langsung pake electric susah dan harus berkali2, yg nanti efeknya ke aki yg bisa lemah lbh cepet. Imho sih.
Mohon koreksinya..
Mohon koreksinya..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Galaxy14 wrote: Mon Mar 12, 2018 5:37 Kalo motor saya sih tiap nyalain pertama kali (pagi hari) pake kick starter, saran mekaniknya sih gitu. Soalnya agak susah ngidupinnya. Jadinya kalo langsung pake electric susah dan harus berkali2, yg nanti efeknya ke aki yg bisa lemah lbh cepet. Imho sih.
Mohon koreksinya..
kalo susah start pagi hari / saat mesin dingin, berarti setelan mesin nggak bener. mending diperbaiki biar start pagi jadi tokcer dan menghemat tenaga.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Wed Feb 01, 2017 2:24
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kira2 yg bermasalah apanya om? Udah berkali2 dibenahin di beres tapi kumat2 lagimarmut wrote: Mon Mar 12, 2018 7:36Galaxy14 wrote: Mon Mar 12, 2018 5:37 Kalo motor saya sih tiap nyalain pertama kali (pagi hari) pake kick starter, saran mekaniknya sih gitu. Soalnya agak susah ngidupinnya. Jadinya kalo langsung pake electric susah dan harus berkali2, yg nanti efeknya ke aki yg bisa lemah lbh cepet. Imho sih.
Mohon koreksinya..
kalo susah start pagi hari / saat mesin dingin, berarti setelan mesin nggak bener. mending diperbaiki biar start pagi jadi tokcer dan menghemat tenaga.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kalo starter susah nyala/ngga bs langsung langsam berarti supply bensinnya. Kalo motor karburator biasakan aktifin choke nya aja kalau mau starter, kalo motor injeksi, cek sistem injeksinya.Galaxy14 wrote: Mon Mar 12, 2018 10:05Kira2 yg bermasalah apanya om? Udah berkali2 dibenahin di beres tapi kumat2 lagimarmut wrote: Mon Mar 12, 2018 7:36Galaxy14 wrote: Mon Mar 12, 2018 5:37 Kalo motor saya sih tiap nyalain pertama kali (pagi hari) pake kick starter, saran mekaniknya sih gitu. Soalnya agak susah ngidupinnya. Jadinya kalo langsung pake electric susah dan harus berkali2, yg nanti efeknya ke aki yg bisa lemah lbh cepet. Imho sih.
Mohon koreksinya..
kalo susah start pagi hari / saat mesin dingin, berarti setelan mesin nggak bener. mending diperbaiki biar start pagi jadi tokcer dan menghemat tenaga.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
mitos : motor pake knalpot modifan biar dibilang ghaulll tapi lubang knalpot menghadap ke atas, jadi kena 'helm/muka' pengendara di belakang
fakta : yang punya pikiran kayak gitu berarti perlu psikiater
fakta : yang punya pikiran kayak gitu berarti perlu psikiater
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Knalpot yg menghadap atas itu kalo kehujanan apa gk kemasukan air ya?iwing wrote: Mon Mar 12, 2018 11:42 mitos : motor pake knalpot modifan biar dibilang ghaulll tapi lubang knalpot menghadap ke atas, jadi kena 'helm/muka' pengendara di belakang
fakta : yang punya pikiran kayak gitu berarti perlu psikiater
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
100% mekanik BeRes yang bermasalah.coba cari mekanik yang beneran mekanik, bukan orang sok tau pake seragam.Galaxy14 wrote: Mon Mar 12, 2018 10:05
-
Kira2 yg bermasalah apanya om? Udah berkali2 dibenahin di beres tapi kumat2 lagi
konsultasi dulu, diskusi, ceritain keluhannya apa dan tanya solusinya bagaimana.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
oh kalo gini biasanya kadang ini unit hasil pengadaan/proyek/borongan. udah lama si ga liat ginian di pantura, dulu sempat lihat. biasanya avanza E/G warna silver/putih. ini juga saya tahu pas dikasih tau sales yoyota dimari, kenapa ada avanza plat putih B konvoi ke arah smg.evanbngdor wrote: Mon Mar 12, 2018 2:35
Memang ada beberapa kasus pake driver lepasan, tp waktu itu ogut liat mereka konvoi 2 mobil, dan memakai seragam dari dealer merek tersebut. Jd bisa dipastikan kalo itu memang utusan dealer.
kalau yoyota/nissan si dari gudang pabrik ke master/main dealer wajib naik truk, dan sudah lama. kurang paham sekarang. dealer setahu saya ya itu kalau mau reset odo agak rumit, entah d kalau ada dealer nakal. maklum cuma sekali seumur2 beli mobil di non master/main dealer habis itu kapok kaerna odo udah hampir 100km, berdebu ada bekas rokok, dan mobil well kotor, menang diskon si tapi tetep aja ngeselin.Soal marking ban, banyak konsumen yang ngga peduli dan ngeliatin marking ban nya sih, jd ya si dealer sih santai2 aja. Mobil dibawa manual dari pabrik ke dealer jg udah hal yg biasa, sampai di dealer ya direset lg odometernya kalo mau sedikit licik.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Wed Feb 01, 2017 2:24
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Iya nih om, saya juga pake choke terus. Kadang malah keluar asap putih juga kalo pagi.evanbngdor wrote: Mon Mar 12, 2018 10:18Kalo starter susah nyala/ngga bs langsung langsam berarti supply bensinnya. Kalo motor karburator biasakan aktifin choke nya aja kalau mau starter, kalo motor injeksi, cek sistem injeksinya.Galaxy14 wrote: Mon Mar 12, 2018 10:05Kira2 yg bermasalah apanya om? Udah berkali2 dibenahin di beres tapi kumat2 lagimarmut wrote: Mon Mar 12, 2018 7:36
kalo susah start pagi hari / saat mesin dingin, berarti setelan mesin nggak bener. mending diperbaiki biar start pagi jadi tokcer dan menghemat tenaga.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Soal stater motor, saya selalu manasin motor pake electric stater, kadang gak pake choke kalau masih karbu
Akinya umurnya panjang2 kok om
Diatas 4 tahun semua
Jadi kalau untuk motor jaman sekarang sudah mitos itu
Akinya umurnya panjang2 kok om
Diatas 4 tahun semua
Jadi kalau untuk motor jaman sekarang sudah mitos itu
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
motor ane terbitan 2011, odo blm sampe 8000. gak pernah dg sengaja manasin, kalo nyalain ya mmg mau dipake, dan selalu dg electric starter. ganti aki baru sekali...
|ertelu gx 13||miras glx 14|
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Sangat menyebalkan yang model begitu, udah kencang juga ga, berisik sama negeracunin orang.iwing wrote: Mon Mar 12, 2018 11:42 mitos : motor pake knalpot modifan biar dibilang ghaulll tapi lubang knalpot menghadap ke atas, jadi kena 'helm/muka' pengendara di belakang
fakta : yang punya pikiran kayak gitu berarti perlu psikiater

Jelas kemasukkan, tapi ga banyak juga karena air juga susah masuk karena terdorong angin dari mesin. Dibagian bawah knalpot yang paling rendah biasanya ada lubang kecil diameter 2-3mm, nah itu buat buang air yang tidak sengaja masuk.coklatMetalik wrote: Mon Mar 12, 2018 12:52Knalpot yg menghadap atas itu kalo kehujanan apa gk kemasukan air ya?iwing wrote: Mon Mar 12, 2018 11:42 mitos : motor pake knalpot modifan biar dibilang ghaulll tapi lubang knalpot menghadap ke atas, jadi kena 'helm/muka' pengendara di belakang
fakta : yang punya pikiran kayak gitu berarti perlu psikiater
michaelgiri93 wrote: Mon Mar 12, 2018 17:07 Soal stater motor, saya selalu manasin motor pake electric stater, kadang gak pake choke kalau masih karbu
Akinya umurnya panjang2 kok om
Diatas 4 tahun semua
Jadi kalau untuk motor jaman sekarang sudah mitos itu
Benar Om, sebenarnya memang tidak masalah. Jangankan motor 2 silinder atau lebih, beberapa motor sport 150cc injeksi contohnya Vixion, ada tipe yang sudah tidak dibekali kick starter.saridin wrote: Tue Mar 13, 2018 0:12 motor ane terbitan 2011, odo blm sampe 8000. gak pernah dg sengaja manasin, kalo nyalain ya mmg mau dipake, dan selalu dg electric starter. ganti aki baru sekali...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Waktu itu yg ogut liat sih Small hatchback ya, jd entah deh itu gimana.kunaskun wrote: Mon Mar 12, 2018 15:36
oh kalo gini biasanya kadang ini unit hasil pengadaan/proyek/borongan. udah lama si ga liat ginian di pantura, dulu sempat lihat. biasanya avanza E/G warna silver/putih. ini juga saya tahu pas dikasih tau sales yoyota dimari, kenapa ada avanza plat putih B konvoi ke arah smg.
kalau yoyota/nissan si dari gudang pabrik ke master/main dealer wajib naik truk, dan sudah lama. kurang paham sekarang. dealer setahu saya ya itu kalau mau reset odo agak rumit, entah d kalau ada dealer nakal. maklum cuma sekali seumur2 beli mobil di non master/main dealer habis itu kapok kaerna odo udah hampir 100km, berdebu ada bekas rokok, dan mobil well kotor, menang diskon si tapi tetep aja ngeselin.
Reset odo malah sangat mudah om, cost nya lebih kecil dibandingkan ngirim mobil pake truk ke luar kota.


1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T