Kali ini saya kembali mengajak para suhu untuk mengumpulkan Informasi-informasi tersebut di forum ini khususnya di Thread ini mudah-mudahan ada manfaatnya.
Silakan berbagi Informasi tentu saja seputar otomotif baik roda 4, roda 2, bus, truk hingga industri pendukung atau parts. Informasi Bisa bersifat umum, brand tertentu atau menunjuk pada salah satu komponen unik yang terpasang pada sebuah kendaraan.
Formatnya adalah dibagian depan diberi tag berikut
# Informasi Menarik
# Fakta dan Mitos
Diikuti oleh kategori umum, nama brand, parts dll dan silakan ditambahkan yang lain. Informasi bisa ditambahkan link website (tidak wajib). Jika ada informasi dari post yang dirasa keliru silakan mengkoreksi namun bagi yang mengkoreksi wajib untuk attach data sahih atau link web yang berkaitan dengan koreksi tersebut. Oke mari kita mulai
# Informasi menarik, umum seputar tuas di setir
Tidak semua orang tahu bahwa mobil buatan jepang dan korea menggunakan tuas setir sebelah kanan sebagai sein dan lampu dan wiper disebelah kiri namun keadaan tersebut berlaku sebaliknya bagi mobil buatan Amerika dn eropa.
# Fakta dan Mitos, umum seputar Ban
Mitos yang berkembang dikalangan pengguna mobil adalah sebagian pengguna kendaraan yang hanya mengganti 2 buah ban saja berpendapat ban baru lebih baik dipasang didepan.
Faktanya, meski memasang ban baru dibagian depan dan ban lama dibelakang tidaklah dilarang tetapi produsen ban terkemuka seperti bridgestone justru lebih merekomendasikan ban baru untuk dipasang dibelakang. Alasannya tidak lain adalah safety. Penjelasannya, ban baru memberi grip lebih baik dari ban lama, saat ban baru dipasang didepan maka ia akan memiliki lebih banyak traksi dibandingkan ban belakang, kondisi seperti dapat berakibat oversteer saat berbelok sebaliknya jika ban baru dipasang dibelakang, maka ban baru yang memiliki lebih banyak grip dan traksi akan berefek pada gejala understeer. Bagi pengemudi awam, gejala understeer lebih mudah dikendalikan dibandingkan gejala oversteer karena pengemudi hanya perlu mengurangi kecepatan atau melakukan pengereman.
# Informasi menarik, Lexus LFA seputar saluran udara dimesin
Lexus LFA merupakan mobil sport yang dibuat dengan jumlah terbatas sekitar 500 unit. salah satu bagian unik ada pada mesin yaitu saluran intake udara dimana beberapa orang menyebut bentuknya seperti kepala setan. Bukan hanya bentuknya, saluran ini udara ini didesain oleh para Engineer YAMAHA untuk tidak hanya memberikan asupan udara yang baik keruang mesin sehingga menghasilkan tenaga besar tetapi juga mengahasilkan suara mesin merdu yang dijuluki "roar of angel"
# Informasi menarik, Yamaha seputar Cranck Shaft.
Yamaha merupakan salah satu produsen roda dua yang memiliki banyak lineup produk. Produk sport yang unik dari Yamaha adalah penerapan atau aplikasi crossplane cranck shaft pada beberapa Produk R-series dan MT-Series bermesin inline 2 - 4 silinder. Perbedaannya adalah pada timing order dimana umumnya menggunakan timing 180 atau 360 derajat maka pada Crossplane Cranck Shaft menggunakan 90 - 270 derajat. Aplikasi ini akan menghasilkan timing yang mirip dengan mesin konfigurasi V dengan pengapian normal 180 derajat. Keuntungan konfigurasi Crossplane adalah penyaluran tenaga yang linear ke roda, disamping itu suara mesin juga memiliki ciri unik yang bersuara parau dimana justru banyak juga yang menyukai.
Nah itu dari saya, nanti kalau ada yang ingat saya tambah lagi. Sekarang mohon dari para suhu ikut sharing
