Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Biar seru ahh.... Pasti rame ini....
http://www.superstreetonline.com/how-to ... -cleaners/
Nunggu comment suhu2 dimari...
[emoji16][emoji16][emoji16]
http://www.superstreetonline.com/how-to ... -cleaners/
Nunggu comment suhu2 dimari...
[emoji16][emoji16][emoji16]
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Tue Feb 21, 2017 3:56
- Location: Jakarta
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
ChZ wrote: Wed Mar 07, 2018 4:42Nope.adityabp wrote:Kalo RWD, make sense.Pugman wrote: Tue Mar 06, 2018 17:01 ..cut..
# Fakta dan Mitos, umum seputar Ban
Mitos yang berkembang dikalangan pengguna mobil adalah sebagian pengguna kendaraan yang hanya mengganti 2 buah ban saja berpendapat ban baru lebih baik dipasang didepan.
Faktanya, meski memasang ban baru dibagian depan dan ban lama dibelakang tidaklah dilarang tetapi produsen ban terkemuka seperti bridgestone justru lebih merekomendasikan ban baru untuk dipasang dibelakang. Alasannya tidak lain adalah safety. Penjelasannya, ban baru memberi grip lebih baik dari ban lama, saat ban baru dipasang didepan maka ia akan memiliki lebih banyak traksi dibandingkan ban belakang, kondisi seperti dapat berakibat oversteer saat berbelok sebaliknya jika ban baru dipasang dibelakang, maka ban baru yang memiliki lebih banyak grip dan traksi akan berefek pada gejala understeer. Bagi pengemudi awam, gejala understeer lebih mudah dikendalikan dibandingkan gejala oversteer karena pengemudi hanya perlu mengurangi kecepatan atau melakukan pengereman.
..cut..
Kalo FWD, bukannya ban depan nantinya malah selip mulu krn kurang traksi?
Kalo mobil 2wd better ban yang bagus kasih belakang.
Krn ban depan ilang traksi bisa dikontrol pake steering.
Ban blakang ilang traksi wassalam... jd hrs kita pastikan ban blakang gak kehilangan traksi supaya se amsiong2nya bokong ndak liar.
Plus, di mobil FF ban depan masih dapet extra traction klo mobil mesin depan... Krn pembagian beban mayoritas di depan.
Mau FWD juga punya tendency oversteer tergantung setting suspensi.
Om Fitra pernah bahas juga di salah 1 videonya klo ndak salah...
Pernah ngalamin ini om.. ngelibas aquaplanning,mobil melayang... Pas pulang cek, ban kiri belakang benangnya ud keliatan...
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae
Colin McRae
-
- SM Specialist
- Posts: 16673
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Menurut saya, lebih bahaya kalo roda belakang yang aquaplanning, om. Krn di mobil FF bokong mobil tu cuma ngikut aja.adityabp wrote: Bagaimana jika kena aquaplanning?
Selama ini saya pake RWD, kalo kena aquaplanning (stir tiba2x belok tapi mobil tetap lurus), saya cukup lepas gas.
Saya gak kebayang kalo FWD kena aquaplanning. Yg pasti salah satu roda depan pasti slip. Kalo ditambah stir yg tiba2x belok, waduh kayaknya ngeri nih.
Klo roda depan aquaplanning dan setir liar, masih bisa dikontrol pake gas dan rem kok... Hehehe... Saya kan tiap hari pake mobil FF dan jujur gak susah detect aquaplanning, sama triknya gas juga saya lepas. No big deal.
Di FF control waktu aquaplanning justru lebih mudah krn respon gas lebih direct. Coba cari di yutub jeremy clarkson wktu masih di TG nguji drag race M135i dan Golf GTI... M135i nya yang RWD malah aquaplanning melintir di tengah.
Tp tetep saya nda terlalu rekomen ganti ban 2 biji aja... Hehehe... Ganti 4 langsung klo saya.
Cm ya just in case klo cuma sanggup afford 2 biji biar bini nda ngomel di rumah, ya mending yang bagus kasih ke blakang.
Saya juga baru tau ini krn om Fitra, selama ini anggapan saya sama : kasih ke roda penggerak. Dan om Fitra racer jadi saya yakin infonya akurat.
IMHO yaa... Based on own experience.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Yg lagi kepikiran.. mitos: exhaust brake truck yg di on off on off berulang waktu downhill dengan alasan supaya mesinnya bisa napas lega..
Fakta: exhaust brake hanya akan aktif saat engine brake, no load, dan kenyataannya gas buang ttp diloloskan sebagian.. malah + nya lebi aman mobil ga geloyoran
Fakta: exhaust brake hanya akan aktif saat engine brake, no load, dan kenyataannya gas buang ttp diloloskan sebagian.. malah + nya lebi aman mobil ga geloyoran
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Selama ini aquaplanning yg saya alami kalo saya sengaja/tdk sengaja nerabas genangan air.ChZ wrote: Wed Mar 07, 2018 6:17Menurut saya, lebih bahaya kalo roda belakang yang aquaplanning, om. Krn di mobil FF bokong mobil tu cuma ngikut aja.adityabp wrote: Bagaimana jika kena aquaplanning?
Selama ini saya pake RWD, kalo kena aquaplanning (stir tiba2x belok tapi mobil tetap lurus), saya cukup lepas gas.
Saya gak kebayang kalo FWD kena aquaplanning. Yg pasti salah satu roda depan pasti slip. Kalo ditambah stir yg tiba2x belok, waduh kayaknya ngeri nih.
Klo roda depan aquaplanning dan setir liar, masih bisa dikontrol pake gas dan rem kok... Hehehe... Saya kan tiap hari pake mobil FF dan jujur gak susah detect aquaplanning, sama triknya gas juga saya lepas. No big deal.
Di FF control waktu aquaplanning justru lebih mudah krn respon gas lebih direct. Coba cari di yutub jeremy clarkson wktu masih di TG nguji drag race M135i dan Golf GTI... M135i nya yang RWD malah aquaplanning melintir di tengah.
Tp tetep saya nda terlalu rekomen ganti ban 2 biji aja... Hehehe... Ganti 4 langsung klo saya.
Cm ya just in case klo cuma sanggup afford 2 biji biar bini nda ngomel di rumah, ya mending yang bagus kasih ke blakang.
Saya juga baru tau ini krn om Fitra, selama ini anggapan saya sama : kasih ke roda penggerak. Dan om Fitra racer jadi saya yakin infonya akurat.
IMHO yaa... Based on own experience.
Blm pernah ngalamin aquaplanning ketika lagi cruising.
Well, berhubung RWD-nya sdh saya jual dan skrg gantinya FWD, mungkin saya mesti tes aquaplanning dulu nih.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Udah sering ogut coba om, kalo ngga digoyang2in ya solar posisi penuh di leher tangki itu ngga mau turun, digoyangin baru turun.ginting wrote: Wed Mar 07, 2018 3:13Kalau soal busa memang pasti ada...tapi itu akan turun seiring berubahnya buih jadi cairan....evanbngdor wrote: Wed Mar 07, 2018 1:45
IMHO sih bukan mitos om,
D4D saya kalo lg isi solar mau dipenuhin, harus digoyang2in biar turun, busa nya banyak.
Misal nozzle nya udah "cetek" di 20 liter, tp kalo ogut goyang2in dulu, kedengeran itu suara solar nya turun karena banyak angin di dalem, bisa masuk 5-8 liter lg.
soal nozzel yang "cetek" itu sebenarnya peringatan sama petugas bahwa sudah mau penuh...
coba aja isi lagi solarnya, gak usah diguncang2, entar juga turun...
atau dibalik. coba aja kosongin tanki, lalu isi solar dgn cara diguncang guncang...isi terus sampe full 100%...
lalu coba lagi isi dengan metode tidak diguncang2, lalu lihat muat berapa liter....
Nanti kalo isi solar lg ogut videoin deh.
BTW, busa solar ngga secepet bensin turunnya.
Memang ada mobil yang lubang hawa di saluran tangki bensinnya bagus, jd angin bisa keluar lebih cepet, tp di kasus saya solar itu ngga bisa turun karena terhalang udara, waktu di goyang2 ya seperti wastafel mampet yg tiba2 lancar, ada suara udara yg keluar.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Saya paling anti (gak suka) aqua planning...karena merasa ada moment kita tak bisa kendalikan hidup kita.adityabp wrote: Wed Mar 07, 2018 6:42Selama ini aquaplanning yg saya alami kalo saya sengaja/tdk sengaja nerabas genangan air.ChZ wrote: Wed Mar 07, 2018 6:17Menurut saya, lebih bahaya kalo roda belakang yang aquaplanning, om. Krn di mobil FF bokong mobil tu cuma ngikut aja.adityabp wrote: Bagaimana jika kena aquaplanning?
Selama ini saya pake RWD, kalo kena aquaplanning (stir tiba2x belok tapi mobil tetap lurus), saya cukup lepas gas.
Saya gak kebayang kalo FWD kena aquaplanning. Yg pasti salah satu roda depan pasti slip. Kalo ditambah stir yg tiba2x belok, waduh kayaknya ngeri nih.
Klo roda depan aquaplanning dan setir liar, masih bisa dikontrol pake gas dan rem kok... Hehehe... Saya kan tiap hari pake mobil FF dan jujur gak susah detect aquaplanning, sama triknya gas juga saya lepas. No big deal.
Di FF control waktu aquaplanning justru lebih mudah krn respon gas lebih direct. Coba cari di yutub jeremy clarkson wktu masih di TG nguji drag race M135i dan Golf GTI... M135i nya yang RWD malah aquaplanning melintir di tengah.
Tp tetep saya nda terlalu rekomen ganti ban 2 biji aja... Hehehe... Ganti 4 langsung klo saya.
Cm ya just in case klo cuma sanggup afford 2 biji biar bini nda ngomel di rumah, ya mending yang bagus kasih ke blakang.
Saya juga baru tau ini krn om Fitra, selama ini anggapan saya sama : kasih ke roda penggerak. Dan om Fitra racer jadi saya yakin infonya akurat.
IMHO yaa... Based on own experience.
Blm pernah ngalamin aquaplanning ketika lagi cruising.
Well, berhubung RWD-nya sdh saya jual dan skrg gantinya FWD, mungkin saya mesti tes aquaplanning dulu nih.
![]()
jangan ditest ulang oom,....kita gak tahu melintirnya nanti ke kiri atau ke kanan...banyak atau dikit...
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Banyak amat om isi solar 20 liter..?evanbngdor wrote: Wed Mar 07, 2018 1:45IMHO sih bukan mitos om,ginting wrote: Wed Mar 07, 2018 1:02 Mitos.
Kalau isi fuel, mobil diguncang2 biar muat lebih banyak di tanki kita.
Fakta
Fuel adalah cairan yg tak bisa dikompresi.
fuel itu bukan kedelai dalam karung yg bisa disodok2 pk gagang sapu supaya padat.
tanki bbm gak ada tembolok rahasia. jadi kalo isi fuel gak usah digoncang2.
alasan supaya fuel cepat turun juga gak make sense.. ini cairan bukan tepung terigu yg perlu diguncang2 supaya turun cepet.
D4D saya kalo lg isi solar mau dipenuhin, harus digoyang2in biar turun, busa nya banyak.
Misal nozzle nya udah "cetek" di 20 liter, tp kalo ogut goyang2in dulu, kedengeran itu suara solar nya turun karena banyak angin di dalem, bisa masuk 5-8 liter lg.
Lha saya isi 5 liter Pertabo udah mau luber...
di goyang2 malah tumpah..wkwkwk
#Vario



-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Ada versi translate nya ga om ..?paidjho wrote: Wed Mar 07, 2018 5:04 Biar seru ahh.... Pasti rame ini....
http://www.superstreetonline.com/how-to ... -cleaners/
Nunggu comment suhu2 dimari...
[emoji16][emoji16][emoji16]
Bahasa Sunda gitu.............

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: NCP93
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
mau tny suhu2 sm disini. utk kita stater mobil apa baiknya nunggu indikator2 spti abs , airbag , engine check , dll sampe ilang? kt orang bengkel ada baiknya nunggu sampe ilang dulu agar sensor2 nya awet. itu mitos apa fakta?
terimakasih
terimakasih

F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
kalau saya si ya: buat apa isi solar sampe tumpah2 gitu, tapi ini saya ya. perlu digoyang2 ya karena theoritically speaking: overfilled. jadi tangki sudah penuh, diisi terus mau ga mau itu pipa pengisian jadi penuh, dan seperti halnya udara, cairan akan mengisi celah yang tersisa sampe ke breather valve di pipa/tangki bbm. karena breather valve itu mestinya ga keisi cairan jadilah pas digoyang2 ada berasa udara keluar. --> ini kata kabeng a2k dulu ya. karena secara design tangki bbm mobil modern itu di sekat2 dan diatur agar isi bisa tetap maksimal di segala situasi.evanbngdor wrote: Wed Mar 07, 2018 7:28
Udah sering ogut coba om, kalo ngga digoyang2in ya solar posisi penuh di leher tangki itu ngga mau turun, digoyangin baru turun.
Nanti kalo isi solar lg ogut videoin deh.
BTW, busa solar ngga secepet bensin turunnya.
Memang ada mobil yang lubang hawa di saluran tangki bensinnya bagus, jd angin bisa keluar lebih cepet, tp di kasus saya solar itu ngga bisa turun karena terhalang udara, waktu di goyang2 ya seperti wastafel mampet yg tiba2 lancar, ada suara udara yg keluar.
trik saya si dulu biar ga perlu goyang2: isinya pelan2 banget, mau dari kosong juga, minta satu klik saja, lama si tapi daripada goyang2in. dan kalau itu spbu solarnya berbusa biasa si saya ga mau isi disitu lagi kalau bisa karena pengalaman biasanya itu kualitas solarnya jelek.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
yang tepat si biar ECU dikasih waktu untuk "mikir" dulu berdasarkan input dari sensor, bukan sensornya awet. kalau sampe tunggu lampu airbag OFF si lama ya bisa belasan detik. saya si palingan itungan detik saja.kramatbatu wrote: Wed Mar 07, 2018 9:38 mau tny suhu2 sm disini. utk kita stater mobil apa baiknya nunggu indikator2 spti abs , airbag , engine check , dll sampe ilang? kt orang bengkel ada baiknya nunggu sampe ilang dulu agar sensor2 nya awet. itu mitos apa fakta?
terimakasih![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Nih translate nya Oom;F 272 wrote: Wed Mar 07, 2018 8:41Ada versi translate nya ga om ..?paidjho wrote: Wed Mar 07, 2018 5:04 Biar seru ahh.... Pasti rame ini....
http://www.superstreetonline.com/how-to ... -cleaners/
Nunggu comment suhu2 dimari...
[emoji16][emoji16][emoji16]
Bahasa Sunda gitu.............![]()
"panjang teuing, hoream maca na.. "
a.k.a TL/DR



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Just want to share too
Fact or Fiction? 8 Myths About Your Car.
I read from this
https://www.dealnews.com/features/Fact- ... 53535.html
Ngacir..
Fact or Fiction? 8 Myths About Your Car.
I read from this
https://www.dealnews.com/features/Fact- ... 53535.html
Ngacir..

HR15DE 2014
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
- Location: kolong langit
- Daily Vehicle: supra fit
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
kalo bajaj akan belokIGedeAmat wrote: Wed Mar 07, 2018 4:53 #Mitos;
Hanya Tuhan dan sopir yang tahu kapan angkot akan belok
#Fakta;
Bahkan Tuhan pun tak tahu...
hanya setan dan supir yg tahu
bahkan penumpang tak tahu jalan pulang

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
kalo parkir lama dibawah terik matahari, wiper diangkat biar awet. Fakta atau mitos Om



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Fakta, tapi masalahnya karet wiper awet per wiper yg buat lipet bisa cepet lemah. Jd mending dibiarin aja, krn lbh gampang ganti karet wiper dibanding per lipet wipersupriyadi wrote:kalo parkir lama dibawah terik matahari, wiper diangkat biar awet. Fakta atau mitos Om![]()
Rocky R ADS CVT 2021
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Punya saya waktu ngekos 3 tahun mobil kejemur gak pernah ta angkat wipernyasupriyadi wrote: Wed Mar 07, 2018 12:10 kalo parkir lama dibawah terik matahari, wiper diangkat biar awet. Fakta atau mitos Om![]()
![]()
Sampe saat itu fine fine aja om

Meski akhirnya ta ganti aja krn umur wiper sudah 4 tahunan.
Dan mobil sekarang sudah balik garasi lagi

'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Sebaiknya tunggu sampai semua indikator mati, kalau langsung dinyalakan bukan akibat langsung ke sensor tapi ke ECU atau modul elektroniknya, karena saat pertama On, ECU sedang self scanning anggota komponen atau sensor yang terhubung dengan kendaraan. Kalau langsung di On takutnya ECU/modulnya Hang, meskipun kemungkinan sangat kecil.kramatbatu wrote: Wed Mar 07, 2018 9:38 mau tny suhu2 sm disini. utk kita stater mobil apa baiknya nunggu indikator2 spti abs , airbag , engine check , dll sampe ilang? kt orang bengkel ada baiknya nunggu sampe ilang dulu agar sensor2 nya awet. itu mitos apa fakta?
terimakasih![]()
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1645
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
IGedeAmat wrote: Wed Mar 07, 2018 4:53 #Mitos;
Hanya Tuhan dan sopir yang tahu kapan angkot akan belok
#Fakta;
Bahkan Tuhan pun tak tahu...


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
# Informasi menarik, Honda NSX
Honda membeli beberapa supercar saat mereka memutuskan untuk merancang Supercar mereka NSX, salah satunya adalah Ferrari 458 yang mereka pelajari untuk diaplikasi segala kelebihan kedalam produk mereka, dan Ferrari tersebut berakhir di mesin penghancur saat NSX berhasil dibuat.
#Informasi menarik, kebangkitan Hatchback (HB)
Era 2000 awal merupakan era dimana mobil jenis HB kembali diminati di Indonesia setelah di era 90-an model ini tidak terlalu banyak, era ini ditandai dengan larisnya model HB dari Peugeot yaitu 206 kemudian dilanjutkan Honda Jazz sekitar 2003. Yang berbeda adalah nasib kedua mobil tersebut, dimana Peugeot sudah tidak lagi memasarkan penerusnya dan hanya beberapa tipe limited, sementara Jazz sampai hari ini boleh kiranya kita sebut sebagai Raja HB yang bertahan hingga hari ini.
#Informasi menarik, Dump Truck untuk Tambang.
Dari cerita para senior saya yang sudah bekerja ditambang, ternyata aplikasi automatic transmition sudah diaplikasi ke mobil Dump truck seperti komatsu atau catterpilar sejak tahun 1970-an. Kenyataan menarik lainnya adalah, ternyata kendaraan ini memiliki suspensi yang lembut dan nyaman seperti tidak berada dijalan pertambangan. Kecepatan juga dibatasi sekitar 40kpj saja.
#Informasi menarik, Warna Asap knalpot
Saat mesin mobil atau motor bensin menyala, jika dalam kondisi normal maka tidak akan ada asap pekat yang keluar, berikut beberapa kondisi yang menyebabkan knalpot mobil atau motor mengeluarkan asap
1. Asap putih tidak pekat dipagi hari. Ini bisa berasal dari uap air yang terkondensasi karena knalpot yang dingin atau pembuangan air AC yang terjebak masuk kedalam knalpot. Asap ini terjadi karena air yang menguap karena suhu knalpot yang makin panas, asap akan hilang jika air yang terjebak di dalam knalpot habis dan ini adalah kondisi normal. Kondisi ini tidak terjadi pada motor
2. Asap putih pekat dan terjadi selama mesin menyala,
Kalau untuk mesin 2 tak, hal ini adalah normal. Namun untuk mesin mobil atau motor 4 tak maka ini adalah tanda bahwa ring piston telah aus atau dinding silinder tergores meski hanya sebesar 1 helai rambut. Asap ini terjadi karena ada oli yang tertinggal pada dinding silinder dan akhirnya terbakar saat terjadi ledakan pembakaran dalam ruang mesin. Ini menyebabkan oli mesin cepat berkurang dari kondisi normal.
3. Asap hitam saat gas dibuka lebar, ini adalah tanda bahwa terjadi pembakaran tidak sempurna dimana jumlah bahan bakar yang masuk keruang bakar lebih banyak dari yang dibutuhkan. Bagian kepala busi juga akan tampak hitam karena banyak jelaga, dimana normalnya adalah berwarna coklat. Untuk mesin injeksi melakukan setting ulang CO/AFR adalah yang salah satu cara yang bisa dilakukan sedang mesin dengan karburator melakukan perubahan pada pilot dan main jet.
Honda membeli beberapa supercar saat mereka memutuskan untuk merancang Supercar mereka NSX, salah satunya adalah Ferrari 458 yang mereka pelajari untuk diaplikasi segala kelebihan kedalam produk mereka, dan Ferrari tersebut berakhir di mesin penghancur saat NSX berhasil dibuat.
#Informasi menarik, kebangkitan Hatchback (HB)
Era 2000 awal merupakan era dimana mobil jenis HB kembali diminati di Indonesia setelah di era 90-an model ini tidak terlalu banyak, era ini ditandai dengan larisnya model HB dari Peugeot yaitu 206 kemudian dilanjutkan Honda Jazz sekitar 2003. Yang berbeda adalah nasib kedua mobil tersebut, dimana Peugeot sudah tidak lagi memasarkan penerusnya dan hanya beberapa tipe limited, sementara Jazz sampai hari ini boleh kiranya kita sebut sebagai Raja HB yang bertahan hingga hari ini.
#Informasi menarik, Dump Truck untuk Tambang.
Dari cerita para senior saya yang sudah bekerja ditambang, ternyata aplikasi automatic transmition sudah diaplikasi ke mobil Dump truck seperti komatsu atau catterpilar sejak tahun 1970-an. Kenyataan menarik lainnya adalah, ternyata kendaraan ini memiliki suspensi yang lembut dan nyaman seperti tidak berada dijalan pertambangan. Kecepatan juga dibatasi sekitar 40kpj saja.
#Informasi menarik, Warna Asap knalpot
Saat mesin mobil atau motor bensin menyala, jika dalam kondisi normal maka tidak akan ada asap pekat yang keluar, berikut beberapa kondisi yang menyebabkan knalpot mobil atau motor mengeluarkan asap
1. Asap putih tidak pekat dipagi hari. Ini bisa berasal dari uap air yang terkondensasi karena knalpot yang dingin atau pembuangan air AC yang terjebak masuk kedalam knalpot. Asap ini terjadi karena air yang menguap karena suhu knalpot yang makin panas, asap akan hilang jika air yang terjebak di dalam knalpot habis dan ini adalah kondisi normal. Kondisi ini tidak terjadi pada motor
2. Asap putih pekat dan terjadi selama mesin menyala,
Kalau untuk mesin 2 tak, hal ini adalah normal. Namun untuk mesin mobil atau motor 4 tak maka ini adalah tanda bahwa ring piston telah aus atau dinding silinder tergores meski hanya sebesar 1 helai rambut. Asap ini terjadi karena ada oli yang tertinggal pada dinding silinder dan akhirnya terbakar saat terjadi ledakan pembakaran dalam ruang mesin. Ini menyebabkan oli mesin cepat berkurang dari kondisi normal.
3. Asap hitam saat gas dibuka lebar, ini adalah tanda bahwa terjadi pembakaran tidak sempurna dimana jumlah bahan bakar yang masuk keruang bakar lebih banyak dari yang dibutuhkan. Bagian kepala busi juga akan tampak hitam karena banyak jelaga, dimana normalnya adalah berwarna coklat. Untuk mesin injeksi melakukan setting ulang CO/AFR adalah yang salah satu cara yang bisa dilakukan sedang mesin dengan karburator melakukan perubahan pada pilot dan main jet.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Ogut sih ngga sampe tumpah2, cuma sampe full aja di leher. Itu jg kalo lg pas full tank in aja.kunaskun wrote:kalau saya si ya: buat apa isi solar sampe tumpah2 gitu, tapi ini saya ya. perlu digoyang2 ya karena theoritically speaking: overfilled. jadi tangki sudah penuh, diisi terus mau ga mau itu pipa pengisian jadi penuh, dan seperti halnya udara, cairan akan mengisi celah yang tersisa sampe ke breather valve di pipa/tangki bbm. karena breather valve itu mestinya ga keisi cairan jadilah pas digoyang2 ada berasa udara keluar. --> ini kata kabeng a2k dulu ya. karena secara design tangki bbm mobil modern itu di sekat2 dan diatur agar isi bisa tetap maksimal di segala situasi.evanbngdor wrote: Wed Mar 07, 2018 7:28
Udah sering ogut coba om, kalo ngga digoyang2in ya solar posisi penuh di leher tangki itu ngga mau turun, digoyangin baru turun.
Nanti kalo isi solar lg ogut videoin deh.
BTW, busa solar ngga secepet bensin turunnya.
Memang ada mobil yang lubang hawa di saluran tangki bensinnya bagus, jd angin bisa keluar lebih cepet, tp di kasus saya solar itu ngga bisa turun karena terhalang udara, waktu di goyang2 ya seperti wastafel mampet yg tiba2 lancar, ada suara udara yg keluar.
trik saya si dulu biar ga perlu goyang2: isinya pelan2 banget, mau dari kosong juga, minta satu klik saja, lama si tapi daripada goyang2in. dan kalau itu spbu solarnya berbusa biasa si saya ga mau isi disitu lagi kalau bisa karena pengalaman biasanya itu kualitas solarnya jelek.
Kalo dibilang solar berbuih yg ogut isi itu kualitasnya jelek sih ngga juga. Rutin kuras tangki dan selalu bersih ngga ada endapan di tangki nya.
Kalo isi solar jg lebih sering pas malam hari dan speed nya 1 klik. Kalo speed nozzle nya full sih harusnya bs masuk 20 liter, tp itu 15 liter udah 'cetek'
So far sih 5 tahun, 120rb km ngga pernah ada masalah yg berhubungan dengan tangki&filter solar
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kalo pengalaman saya, jika kondis mobil "dingin" baru berangkat, bisa aja isi bensin sampe penuh banget, pas di bibir lubang pengisian. Tp jangan melakukan itu jika mobil baru selesai perjalanan jauh, krn biasanya sesudah selesai isi bensin keluar banyak gelembung2 udara, sampe bensinnya keliatan kyk bergolak mendidih. Jika dipaksakan ngisi sampe bibir lubang, dijamin itu bensin banyak yg langsung luber keluar lg sampe membasahi bodi & karet mud guard
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Mitos yg saya tau
-gas rpm tinggi sebelum kontak mesin off
-kasih knalpot(motor) oli biar awet
-lampu burem kasih odol
-manual lebih murah perawatan dll. ketimbang matic(kata yg ga punya mobil matic)
-kasih kapur barus di tanki biar oktan naik
-gas rpm tinggi sebelum kontak mesin off
-kasih knalpot(motor) oli biar awet
-lampu burem kasih odol
-manual lebih murah perawatan dll. ketimbang matic(kata yg ga punya mobil matic)
-kasih kapur barus di tanki biar oktan naik
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kalau membiarkan mesin idle setelah hard driving itu fakta atau mitos om?
Saya kalau abis luar kota biasa ac saya matikan lalu mesin ta biarkan cooldown sekitar 1-2 menit sembari memasukkan mobil ke garasi. Terutama mesin galant yang lebih tua dan besar dan panas...
Saya kalau abis luar kota biasa ac saya matikan lalu mesin ta biarkan cooldown sekitar 1-2 menit sembari memasukkan mobil ke garasi. Terutama mesin galant yang lebih tua dan besar dan panas...
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt