Tentang Innova di jalan pegunungan - Tehnik Mengemudi Yang Baik Di Luar Kota

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 764
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by silentIm2 »

b0ku wrote:kalo mau bawa mobil enak di gunung jalan aspal bawa honda lah...... :ngacir:

innova kalo jalannya keriting baru enak
honda ga ada torsi mau jogging di gunung gimana? [emoji1]
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by adityabp »

Thx atas jawabannya.
Ternyata yg sdh saya lalukan sdh benar.
Kuncinya adl memperbesar radius putar. Rem saya usahakan seminimal mungkin, lebih mengandalkan engine brake.
Tapi kalo jalurnya sempit, ya mau gak mau deh cuma bisa hajar bleh.
:mky_01:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by adityabp »

pernahmiskin wrote: Sat Feb 24, 2018 20:59 Mumpung bahas cara nyetir...

Cara/antisipasi yg biasa di lakukan biar ga ke triger ikutan ngebut pengendara yg seruntulan d jalanan luar kota gimana om2 ?



Kalau sy pribadi, cenderung ingat keluarga d rumah, mana anak msh pada sekolah...kalau misalkan sy ada masalah d jalan, mereka gimana....
Kalo saya inget udah 2 kali ganti kompresor AC.
:mky_07:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by adityabp »

Vermilion wrote: Sun Feb 25, 2018 2:17 Wah ada trit cara nyetir di pegunungan, numpang tanya dong suhu2 SM. Jadi ane baru sekitar 1 tahun belajar nyetir nah ane paling ngga berani kalo suruh nyetirin di jalan pegunungan takut kagak kuat nanjak hehe, yg ane mau tanya gimana ya hu cara nyetir di jalan pegunungan yg sepanjang jalan banyak nanjaknya, kebetulan boil dirumah ada xenia sama r3, tuh mobil kan tenaga biasa banget apalagi yg r3 fwd. Gmana ya hu?
Sbg permulaan, coba jaga rpm di dekat torsi maksimum.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by adityabp »

coklatMetalik wrote: Sun Feb 25, 2018 4:14 Sedikit cerita sy ttg eco driving...

Bulan Agustus 2017, krn suatu urusan sy perlu pergi dr Bandung ke Majalengka (buat yg blm tau dimana tempat ini silakan googling), sy pilih pake tol cipularang & cipali krn males lewar jalur Sumedang yg banyak truk lelet. Saat itu penasaran dgn salah satu teori eco driving yg menyatakan mobil akan hemat ketika RPM dijaga tdk lebih dr torsi maksimum. Hal ini akhirnya jd lucu krn RPM torsi maksimum mesin 7K-E di mobil saya cuma 2800. Akhirnya sy praktekkan cara itu, RPM sy jaga di 2800-3000 sepanjang perjalanan, dgn RPM segitu mobil cuma jalan 80-100 kmpj. Memang perjalanan terasa membosankan tapi hasilnya memang membanggakan. Sy itung full to full, isi full pertalite di SPBU 500 meter dari tempat berangkat & isi lg di SPBU 200 meter dr tujuan. Hasilnya 14.075. Ini bikin saya sangat bangga saat itu, bayangkan betapa hematnya 1:14,075 untuk mesin K series yg terkenal boros......


Januari 2018, saya kembali melakukan perjalanan yg sama dgn mobil yg sama. Sblm berangkat, sy pikir2 apakah akan eco driving lagi spt sebelumnya? Setelah dipikir2, perjalanan sebelumnya terlalu membosankan. Perjalanan skrg sy rencanakan akan mengemudi lebih liar saja, bensin boros gapapa, paling jd 1:11an ya sudahlah. Kali ini lbh ngebut, ikut lari2 dgn bis2 mevvah SHD dgn 110-120 kmpj (itu pun kadang tdk terkejar krn bbrp bis napasnya lbh panjang dr napas mobil sy). RPM mesin jd lbh tinggi, 3200-3600 RPM. Sy itung full to full lg dgn isi pertalite di SPBU yg sama spt dulu, penasaran jd seboros apa. Dan hasilnya.....
1:14,021...

Kok kesel ya....
Hehehe, faktor aerodinamika om. Ngintilin bus AKAP = mengurangi hambatan udara.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by adityabp »

silentIm2 wrote: Sun Feb 25, 2018 9:18
b0ku wrote:kalo mau bawa mobil enak di gunung jalan aspal bawa honda lah...... :ngacir:

innova kalo jalannya keriting baru enak
honda ga ada torsi mau jogging di gunung gimana? [emoji1]
Hahaha, bener om. Saya 2 kali disusul CRV yg sama di cipularang arah bandung, 2 kali pula itu CRV keteteran pas saya susul di 2 tanjakan panjang.
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by paidjho »

Nyubie ikut memantau dan ikut belajar ya Om....

[emoji120][emoji120][emoji120]
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by Rundeer »

g4ndalf wrote: Sun Feb 25, 2018 9:03
silentIm2 wrote: Sat Feb 24, 2018 17:04
tapi kalo pas lagi emosi ya bablas saja, apalagi pas kejar2an sama bus sumber rahayu/slamet ato eka/mira jurusan surabaya yogya. bus sampe miring 25 derajat di tikungan ga guling, masa mobil saya ngguling. gas pol ae wes.
Bus nya itu tiap malem jumat dimandiin air kembang... keramat... 😂
Iya juga ya... Bus manuver sampe geal geol, miring sana sini, tapi gak terbalik :big_biglaugh:

Padahal center of gravitynya bus kan tinggi, apalagi yg SHD/SDD :ngacir:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1280
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by pendoli »

Vermilion wrote: Sun Feb 25, 2018 2:17 Wah ada trit cara nyetir di pegunungan, numpang tanya dong suhu2 SM. Jadi ane baru sekitar 1 tahun belajar nyetir nah ane paling ngga berani kalo suruh nyetirin di jalan pegunungan takut kagak kuat nanjak hehe, yg ane mau tanya gimana ya hu cara nyetir di jalan pegunungan yg sepanjang jalan banyak nanjaknya, kebetulan boil dirumah ada xenia sama r3, tuh mobil kan tenaga biasa banget apalagi yg r3 fwd. Gmana ya hu?
Jaga momentum, jangan takut/malu rpm tinggi, jaga gear tetep rendah, pastiin ban dan rem optimal... ane kalo lagi turunan dan liat depannya tanjakan tinggi malah klo bisa rem nya minimal banget asal mobil terkontrol
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by b0ku »

silentIm2 wrote: Sun Feb 25, 2018 9:18
b0ku wrote:kalo mau bawa mobil enak di gunung jalan aspal bawa honda lah...... :ngacir:

innova kalo jalannya keriting baru enak
honda ga ada torsi mau jogging di gunung gimana? [emoji1]
gak ada torsi tapi kan tiap belokan handlingnya memungkinkan full trootle makannya enakan pake honda kalo gw bilang gunung mah bukan banyak tanjakan tapi banyak tikungan yg ngeri, lagian matic kalo cvt ud 7speed rationya dapet buat nanjak apalagi sekarang ud ada yg pake turbo torsinya ud pasti dapet
User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Jul 11, 2017 8:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by erdinkurniawan »

b0ku wrote:
silentIm2 wrote: Sun Feb 25, 2018 9:18
b0ku wrote:kalo mau bawa mobil enak di gunung jalan aspal bawa honda lah...... :ngacir:

innova kalo jalannya keriting baru enak
honda ga ada torsi mau jogging di gunung gimana? [emoji1]
gak ada torsi tapi kan tiap belokan handlingnya memungkinkan full trootle makannya enakan pake honda kalo gw bilang gunung mah bukan banyak tanjakan tapi banyak tikungan yg ngeri, lagian matic kalo cvt ud 7speed rationya dapet buat nanjak apalagi sekarang ud ada yg pake turbo torsinya ud pasti dapet
kmrn di tanjakan ngerong daerah sarangan keteteran itu all new crv non turbo. merayap sedap.
ya terpaksa sy libasss dehh.. secara kita mah lcgc poreperrr. dan
DeLapan
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Aug 15, 2015 2:52

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by DeLapan »

Wah, jarang2 yang bahas teknik mengemudi nih. Bener banget, gara2 saya keranjingan main simulator macem GT, sedikit banyak saya jadi paham cara ngelibas tikungan. Soal nyetir di pegunungan, entah kenapa saya malah lebih excited kalo nyetir di trek pegunungan kayak dieng, bandungan (kab. Semarang), ponorogo via purwantoro. Banyak mainin setir jadi gak ngantuk.
Trik nyetir di pegunungan menurut saya, kita harus paham karakter mobil. Kalo perlu baca spek mesin & rpm berapa torsi puncaknya keluar (krn nanjak-menanjak berhubungan dgn torsi). Selebihnya, learning by doing.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by PRBS »

erdinkurniawan wrote: Sun Feb 25, 2018 12:40
b0ku wrote:
silentIm2 wrote: Sun Feb 25, 2018 9:18 honda ga ada torsi mau jogging di gunung gimana? [emoji1]
gak ada torsi tapi kan tiap belokan handlingnya memungkinkan full trootle makannya enakan pake honda kalo gw bilang gunung mah bukan banyak tanjakan tapi banyak tikungan yg ngeri, lagian matic kalo cvt ud 7speed rationya dapet buat nanjak apalagi sekarang ud ada yg pake turbo torsinya ud pasti dapet
kmrn di tanjakan ngerong daerah sarangan keteteran itu all new crv non turbo. merayap sedap.
ya terpaksa sy libasss dehh.. secara kita mah lcgc poreperrr. dan
Apa karena tipikal cvt ya? Kalau cvt di batumakam sih gitu, suka merayap kalo momentum awalnya salah ngambil..

Cuma crv turbo torsinya jambak sih.. mungkin drivernya memang lg santai
User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Jul 11, 2017 8:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by erdinkurniawan »

PRBS wrote:
erdinkurniawan wrote: Sun Feb 25, 2018 12:40
b0ku wrote: gak ada torsi tapi kan tiap belokan handlingnya memungkinkan full trootle makannya enakan pake honda kalo gw bilang gunung mah bukan banyak tanjakan tapi banyak tikungan yg ngeri, lagian matic kalo cvt ud 7speed rationya dapet buat nanjak apalagi sekarang ud ada yg pake turbo torsinya ud pasti dapet
kmrn di tanjakan ngerong daerah sarangan keteteran itu all new crv non turbo. merayap sedap.
ya terpaksa sy libasss dehh.. secara kita mah lcgc poreperrr. dan
Apa karena tipikal cvt ya? Kalau cvt di batumakam sih gitu, suka merayap kalo momentum awalnya salah ngambil..

Cuma crv turbo torsinya jambak sih.. mungkin drivernya memang lg santai
gak kok om klo cvt.
sy pake cvt juga. lancar2 saja.
mungkin driver nya kali ya yg blom tau sela nya cvt dan kickdown.
kalao cvt mah tinggal kick aja mentok turun gear paling low.
sy kalau turun ya sering kejar2 sama inova.
kalau tau track matesih-ngerong kan liku2 san nanjak turun.
kita mah hajar aja. innava panter. sikat.
asal tau mobil enak kok om...

jalan track lurus pernah sama ANKI+avanza+yarisold kejar2. karena mungkin sy mobil kecil. pada gak kliatan semua itu.
jalan datar 100-110an larinya.. jalan 2 mobil press.

tp ay seringan tobatny.
asal dr awal niat sy nyetir jok sy mundur agak jauh. itu sy bakal santai sstiap perjalanan. gak perduli ada yg manasin.

kalai jok ay sudah maju. ala2 akap nyopir saya..
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by PRBS »

erdinkurniawan wrote: Sun Feb 25, 2018 13:52
PRBS wrote:
erdinkurniawan wrote: Sun Feb 25, 2018 12:40 kmrn di tanjakan ngerong daerah sarangan keteteran itu all new crv non turbo. merayap sedap.
ya terpaksa sy libasss dehh.. secara kita mah lcgc poreperrr. dan
Apa karena tipikal cvt ya? Kalau cvt di batumakam sih gitu, suka merayap kalo momentum awalnya salah ngambil..

Cuma crv turbo torsinya jambak sih.. mungkin drivernya memang lg santai
gak kok om klo cvt.
sy pake cvt juga. lancar2 saja.
mungkin driver nya kali ya yg blom tau sela nya cvt dan kickdown.
kalao cvt mah tinggal kick aja mentok turun gear paling low.
sy kalau turun ya sering kejar2 sama inova.
kalau tau track matesih-ngerong kan liku2 san nanjak turun.
kita mah hajar aja. innava panter. sikat.
asal tau mobil enak kok om...

jalan track lurus pernah sama ANKI+avanza+yarisold kejar2. karena mungkin sy mobil kecil. pada gak kliatan semua itu.
jalan datar 100-110an larinya.. jalan 2 mobil press.

tp ay seringan tobatny.
asal dr awal niat sy nyetir jok sy mundur agak jauh. itu sy bakal santai sstiap perjalanan. gak perduli ada yg manasin.

kalai jok ay sudah maju. ala2 akap nyopir saya..
Hmm gitu.. cvt di mobil apa om kalo boleh tau?

Kalau saya orangnya ga tegaan denger suara “nggeruungg” nya cvt hehe.. pengalaman pernah kagok ambil momentum pas macet di gn bromo pake cvt serena, alhasil jdinya pelan merayap sampai titik atas.. di kickdown bisa sih tapi ya itu, ga tega denger suaranya yg highrev.. alhasil merayap deh :big_cry:
User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Jul 11, 2017 8:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by erdinkurniawan »

PRBS wrote:
erdinkurniawan wrote: Sun Feb 25, 2018 13:52
PRBS wrote: Apa karena tipikal cvt ya? Kalau cvt di batumakam sih gitu, suka merayap kalo momentum awalnya salah ngambil..

Cuma crv turbo torsinya jambak sih.. mungkin drivernya memang lg santai
gak kok om klo cvt.
sy pake cvt juga. lancar2 saja.
mungkin driver nya kali ya yg blom tau sela nya cvt dan kickdown.
kalao cvt mah tinggal kick aja mentok turun gear paling low.
sy kalau turun ya sering kejar2 sama inova.
kalau tau track matesih-ngerong kan liku2 san nanjak turun.
kita mah hajar aja. innava panter. sikat.
asal tau mobil enak kok om...

jalan track lurus pernah sama ANKI+avanza+yarisold kejar2. karena mungkin sy mobil kecil. pada gak kliatan semua itu.
jalan datar 100-110an larinya.. jalan 2 mobil press.

tp ay seringan tobatny.
asal dr awal niat sy nyetir jok sy mundur agak jauh. itu sy bakal santai sstiap perjalanan. gak perduli ada yg manasin.

kalai jok ay sudah maju. ala2 akap nyopir saya..
Hmm gitu.. cvt di mobil apa om kalo boleh tau?

Kalau saya orangnya ga tegaan denger suara “nggeruungg” nya cvt hehe.. pengalaman pernah kagok ambil momentum pas macet di gn bromo pake cvt serena, alhasil jdinya pelan merayap sampai titik atas.. di kickdown bisa sih tapi ya itu, ga tega denger suaranya yg highrev.. alhasil merayap deh :big_cry:
lcgc om. mobil rakyat.
sy mah org nya tegaan om tapi masih batas wajar.
klo ngeraung menurut sy. itu mobil di panteng di rpm torsi maksimal sm ecu. habis itu ecu nya maenin di pulley cvt nya....
maaf om penjelasan ala2 srampangan. pokkm jya gtu.
dia teriak di rpm torsi maksimalnya dia. habis itu dia huting rasio di cvt nya.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by PRBS »

erdinkurniawan wrote: Sun Feb 25, 2018 14:14
PRBS wrote:
erdinkurniawan wrote: Sun Feb 25, 2018 13:52 gak kok om klo cvt.
sy pake cvt juga. lancar2 saja.
mungkin driver nya kali ya yg blom tau sela nya cvt dan kickdown.
kalao cvt mah tinggal kick aja mentok turun gear paling low.
sy kalau turun ya sering kejar2 sama inova.
kalau tau track matesih-ngerong kan liku2 san nanjak turun.
kita mah hajar aja. innava panter. sikat.
asal tau mobil enak kok om...

jalan track lurus pernah sama ANKI+avanza+yarisold kejar2. karena mungkin sy mobil kecil. pada gak kliatan semua itu.
jalan datar 100-110an larinya.. jalan 2 mobil press.

tp ay seringan tobatny.
asal dr awal niat sy nyetir jok sy mundur agak jauh. itu sy bakal santai sstiap perjalanan. gak perduli ada yg manasin.

kalai jok ay sudah maju. ala2 akap nyopir saya..
Hmm gitu.. cvt di mobil apa om kalo boleh tau?

Kalau saya orangnya ga tegaan denger suara “nggeruungg” nya cvt hehe.. pengalaman pernah kagok ambil momentum pas macet di gn bromo pake cvt serena, alhasil jdinya pelan merayap sampai titik atas.. di kickdown bisa sih tapi ya itu, ga tega denger suaranya yg highrev.. alhasil merayap deh :big_cry:
lcgc om. mobil rakyat.
sy mah org nya tegaan om tapi masih batas wajar.
klo ngeraung menurut sy. itu mobil di panteng di rpm torsi maksimal sm ecu. habis itu ecu nya maenin di pulley cvt nya....
maaf om penjelasan ala2 srampangan. pokkm jya gtu.
dia teriak di rpm torsi maksimalnya dia. habis itu dia huting rasio di cvt nya.
Honda brio ya? Maaf kalau salah.. kalau iya brio, itu sih mobil yg fun to drive bgt, dipakai di trek pegunungan juga enak selap selipnya

:big_exellent:
User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Jul 11, 2017 8:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by erdinkurniawan »

PRBS wrote:
erdinkurniawan wrote: Sun Feb 25, 2018 14:14
PRBS wrote: Hmm gitu.. cvt di mobil apa om kalo boleh tau?

Kalau saya orangnya ga tegaan denger suara “nggeruungg” nya cvt hehe.. pengalaman pernah kagok ambil momentum pas macet di gn bromo pake cvt serena, alhasil jdinya pelan merayap sampai titik atas.. di kickdown bisa sih tapi ya itu, ga tega denger suaranya yg highrev.. alhasil merayap deh :big_cry:
lcgc om. mobil rakyat.
sy mah org nya tegaan om tapi masih batas wajar.
klo ngeraung menurut sy. itu mobil di panteng di rpm torsi maksimal sm ecu. habis itu ecu nya maenin di pulley cvt nya....
maaf om penjelasan ala2 srampangan. pokkm jya gtu.
dia teriak di rpm torsi maksimalnya dia. habis itu dia huting rasio di cvt nya.
Honda brio ya? Maaf kalau salah.. kalau iya brio, itu sih mobil yg fun to drive bgt, dipakai di trek pegunungan juga enak selap selipnya

:big_exellent:
bukan om.
si kutu mirage om.
semua kembali pada driver nya om.
User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by bero89 »

Rundeer wrote:
g4ndalf wrote: Sun Feb 25, 2018 9:03
silentIm2 wrote: Sat Feb 24, 2018 17:04
tapi kalo pas lagi emosi ya bablas saja, apalagi pas kejar2an sama bus sumber rahayu/slamet ato eka/mira jurusan surabaya yogya. bus sampe miring 25 derajat di tikungan ga guling, masa mobil saya ngguling. gas pol ae wes.
Bus nya itu tiap malem jumat dimandiin air kembang... keramat... [emoji23]
Iya juga ya... Bus manuver sampe geal geol, miring sana sini, tapi gak terbalik :big_biglaugh:

Padahal center of gravitynya bus kan tinggi, apalagi yg SHD/SDD :ngacir:
Kayaknya krn airsus nya deh om bikin dia stabil. Sama bobot kepusat dibawah, bagasi penumpang & paket2 yg sekalian bawa jg lumayan nyumbang bobot kebawah. (Diluruskan yak om klo salah)

Berkaitan ama topik (soal keamanan & toel rem), saya waktu itu naik GH Bogor-Malang, unit scania K410 tronton. Selepas cipali, sekitar brebes-pekalongan (19.00 kurleb), supir asik "jogging" dg unit GH jurusan lainnya yg sama2 unit tronton, tp MB OH500, disaat asik jogging si jagoan pantura lainnya merusak iring2an, siapa lagi klo bukan kopral Haryanto, entah kalah jam terbang supir+oprekan handal mekanik mereka sang kopral dg MB1626 (260hp) mengungguli rombongan GH yg secara spek 400hp an lebih, melesat didepan. Iring2an/acara ngblong pun terjadi.

Suatu moment disaat ngeblong masih terjadi, haryanto manuver dr posisi kiri (lajur 1) ke kanan (lajur 2), krn ada truk di lajur 1, posisi bis saya di lajur 2 dibelakang menjaga jarak dg OH500 yg menguntit kopral di lajur 1, ketika OH500 turut pindah ke lajur 2 (bis kami memberikan jalan utk OH500) terlihat kopral bermanuver mendadak kembali ke lajur 1 yg ternyata ada truk pasir berputar arah (saya ketahui waktu truk tsb selesai berputar ke arah jkt). OH500 berhenti mendadak begitu melihat objek truk yg berputar arah, jarak bis saya begitu dekat dengan OH500 sedari dia selesai pindah lajur, dan berhenti dg sempurna hanya menyisakan jarak spion saja.

Jujur saja ketika manuver2 terakhir saya sudah ada firasat jelek, karena supir benar2 larut dg blong2an yg terjadi. Namun yg saya kagum disini teknologi retarder yg dimiliki scania, krn ketika sebelum terjadi rem mendadak ada seorang penumpang yg berdiri utk mengambil tempat sampah yg terguling disamping kursi 1 (org tsb kursi 2), ketika menunduk (posisi ruku') terjadilah situasi rem mendadak itu sampai berhenti total. Bayangkan saja benda sebesar itu g menghasilkan bodyroll bahkan dalam kondisi ekstrem (subjektif saya saat itu), dan sipenumpang tsb tidak terjungkal. Saat rem mendadak itu terjadi hanya terasa beberapa x terjadi rem-release2 yg begitu cepat & akurat. Jadi saya saat kejadian itu seperti merasakan 2 hal sekaligus takut & kagum yg luar biasa,,haha

*maaf kepanjangan

Retarder http://afatbenz.blogspot.co.id/2014/06/ ... n.html?m=1
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1566
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by pengendiesel »

IMHO, pada dasarnya untuk menyetir halus adalah perpaduan antara kaki dan tangan. Menurut newbie faktor kaki lebih dominan daripada faktor tangan, banyaaak driver di Indo yang kakinya astafirullah.
Dan kedua organ ini dikendalikan oleh otak. Jadi intinya ada di otak kita.

Rekan2 SM yang masih kesulitan menyetir halus (terutama bagian kaki),mungkin bisa dicoba metode driving without brakes. Di metode ini kita bawa mobil SEAKAN2 tidak ada rem yang berfungsi. Otomatis kita akan selalu jaga jarak aman dengan kendaraan/penghalang apapun di depan, ngegas juga nggak sembarangan, nekan gas akan seefektif mungkin. TAPI pada metode ini otak harus selalu dijaga dalam kondisi waspada untuk selalu siap menekan rem sewaktu2. Jadi praktekkan dengan SANGAT HATI2, ntar keasyikan malah beneran nggak direm sama sekali :mky_04:

Nyetir cepat, ini kerjaan gampang.
Tapi nyetir cepat, aman, nyaman, konsumsi BBM irit, ini seni :big_peace:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by ginting »

iwidiyanto wrote:kalo jalan lukot gtu intinya kita nyetir sesuai ritme kita saja, jangan pernah terpengaruh gaya nyetir org lain...biasanya yg ngotot2 itu ejakulasi dini, dr jkt, sampai cirebon aja udah letoy...
ha ha ha...
ini bener sekali..

saat saya pulang mudik dari Ciputat ke Aceh di Lebaran 2017, dan mudik lagi Natal Desember 2017 dari Ciputat ke Medan sy menemukan banyak yg type ini..

kebut dan sruntulan sehingga bikin orang lain musti ngalah dan kasih jalan
biasanya tuh sesidah 400 km ke depan udah capek dia....
sayasih nyetir wooles woles aja sambil putar lagi Trio Ambisi. yg penting anak istri tidur nyenyak dan gak gampang sakit selama roadtrip.

soal nyetir, sy selalu duduk tegak kalo nyetir.
tangan megang stir agak turun, tangan bukan lurus ke depan, sebab sy rasa cepet pegel.

kalo ada org ngebut2 anggap aja dia kebelet. kasih aja.

tehnik out -in - out... itu agak susah (bukan gak bisa) kalau jalan rame.

soal RPM sih sy selalu jaga di 1200 - 2200 saja, kecuali akselerasi.
kalo nyalib truk jangan lupa klakson (sein gak cukup) biar dia aware kita mau lewat.

monggo dishare teknik2 nya oom..spy saling belajar

Summon
@F272
@Q
@Nainggolan21
dan mastah2 lain yg kemare lewat bengkulu, spaya share pengalamannya.




pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by pernahmiskin »

Saya masih nunggu pakar road trip n kawan2 SM share cara nyetirnya...
Sambil mempelajari teknik nyetir yg lebih baik lg....

Om ginting sdh, ayo yg lain monggo!!
Biar kita saling berbagi teknik nyetir yg aman tentu'nya...
Jg tips seputar perjalanan, biar kondisi ga ngedrop...

Kalau sy pas lg ngedrop kondisi badan n ngantuk, paling susah cenderung ga bisa tidur dlm mobil....

Jd sebisa mungkin cr spbu yg ada atm, mobil parkir di area yg terpantau cctv, ambil tikar, sarung n bantal d bagasi(selalu ada), gelar tikar di emperan n mbatang /tidur kisaran 1 jam...ini kalau kondisi malam..

Kalau siang yg agak tricky, sebab masih belum ada mental kalau gelar tikar d tempat umum...
Jd paling mampir ke rumah makan/ warung makan yg ada saungnya, pesen makan, kelar makan kenyang numpang tidur 1 jam, numpang mandi lanjut perjalanan lg...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
964
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by 964 »

pernahmiskin wrote: Sun Feb 25, 2018 18:31 Saya masih nunggu pakar road trip n kawan2 SM share cara nyetirnya...
Sambil mempelajari teknik nyetir yg lebih baik lg....

Om ginting sdh, ayo yg lain monggo!!
Biar kita saling berbagi teknik nyetir yg aman tentu'nya...
Jg tips seputar perjalanan, biar kondisi ga ngedrop...

Kalau sy pas lg ngedrop kondisi badan n ngantuk, paling susah cenderung ga bisa tidur dlm mobil....

Jd sebisa mungkin cr spbu yg ada atm, mobil parkir di area yg terpantau cctv, ambil tikar, sarung n bantal d bagasi(selalu ada), gelar tikar di emperan n mbatang /tidur kisaran 1 jam...ini kalau kondisi malam..

Kalau siang yg agak tricky, sebab masih belum ada mental kalau gelar tikar d tempat umum...
Jd paling mampir ke rumah makan/ warung makan yg ada saungnya, pesen makan, kelar makan kenyang numpang tidur 1 jam, numpang mandi lanjut perjalanan lg...
Saya share pengalaman saya nyetir dari Kerinci ke Kota Jambi.

Saya nyetir dari Kerinci pukul 11 malam dari penginapan di Kayu Aro, setelah beberapa jam sebelumnya turun dari pendakian Gunung Kerinci. Kurang lebih timelinenya seperti ini. Di shelter 3 (tempat tertinggi untuk bisa mendirikan tenda) saya tidur dan bangun sekitar Subuh. Pukul 11 saya turun dari pendakian, saya jalan lebih dulu dari teman-teman yang lainnya, pukul 16.30 saya tiba di gerbang masuk pendaki. Karena saya lebih dulu dr yg lain, saya ke penginapan mengambil mobil, 17.30 saya jemput teman-teman ke penginapan. Selanjutnya saya packing barang, mandi, makan, dll. Pukul 23 saya berangkat ke kota Sungai Penuh untuk isi bbm. Pukul 00 dari Sungai penuh kami berangkat menuju Kota Jambi. Saya nyetir dan beberapa teman saya tidur secara bergiliran setelah capek dari pendakian. Hampir selalu ada teman yang menemani saya nyetir. Beberapa kali berhenti sebentar untuk istirahat namun masih saya yg nyetir. Sampai menjelang Subuh saya berhenti di Masjid untuk solat subuh. Selanjutnya saya dan teman-teman tidur di mobil di parkiran Masjid sampai pukul 7 pagi. Selanjutnya gantian teman saya yang nyetir, dan saya tidur tidak sampai 2 jam. Menjelang siang, saya kembali nyetir. Kurang lebih Zhuhur kami sampai ke tujuan di Kota Jambi dengan selamat tanpa kejadian yang tidak diinginkan.

Setiap orang punya caranya sendiri agar tetap konsentrasi dalam berkendara. Rokok, kopi, dan musik adalah teman saya nyetir, teman ngobrol itu bonus.
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by jar-jit-no »

Ane pake cvt malah bisa menikmati nyetir di pegunungan. Walaupun mobilnya limbung bgt dan steering nya very slow, yg penting udah kenal batasnya mobil dan karakternya.
Minggu lalu jg baru libas rute jogja - tulungagung lwt ponorogo jam 10 malem fun aja. Kadang iseng ane cari "lawan" buat ngekor atau ane asepin sampe ga keliatan. Buat unsur fun dan ga boring nyetir..hehe

Kalo rule jalan pegunungan menurut ane sih :
1. Kenali karakter mobil dan batas maksimal kemampuan mobil kita
2. Tidak terlalu bernafsu buat overtaking,
3. Jangan memaksakan diri

Selama ini pakai mirage cvt aman aja sih, dan fun memang rute pegunungan..apalagi kalo dpt "lawan" yang enak..hehe
4A91 4at - Slow Driver
mio
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Tue Feb 20, 2018 13:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Tentang Innova di jalan pegunungan

Post by mio »

Ah, makasih TS atas sharingnya
indikator sy kl nyetir, kl yg blakang bisa tidur nyenyak n ga ada yg mabok