Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Pugman wrote: Tue Jan 02, 2018 5:40
Saya juga punya mobil pertama Eropa, kebetulan dapat yang mulus tapi juga usia ga bohong tetap saja banyak part yang sudah perlu diganti. Semudah-mudahnya dapat part, tetap saja kadang mobil perlu nginap dibengkel bahkan sampai 1-2minggu. Tapi karena suka, jadi buat saya ga masalah.
Kalau mau eropa, saran saya cari yang tipe SW dari versi sedan. Contohnya Peugeot 407 SW,
Kebetulan om Jivos baru ambil yang versi sedan, mungkin bisa tanya beliau.
Tipe sedan pakai mesin 2000cc EW10, sedang yang SW 2200cc EW12.
Mesin EW10 dipakai mulai 406 edisi akhir, 307SW dan masih dipakai sampai sekarang di 408 dan termasuk ga banyak problem dimesin, dan kalau mau tahun agak muda, ya 408 bisa jadi pilihan cuma memang harga dikisaran 120-160. Sama seperti C dan E Class, 408 dipakai taksi jadi soal ketahanan akan mirip dan sekali lagi, jangan dibandingkan dengan sedan Jepang ya.. Kalau masih mau bandingkan ya jangan beli mobil eropa.
ane baru liat peugeot 408 2.0 2013, anggun juga ya, nambah gocap dapet yg mint kali ya. handling dan comfortnya gmn om, enak ga?
Nambah gocap sangat mungkin Om,
Untuk 408, kalau dapat tahun 2013, akan masih dapat sisa garansi perawatan di 2018 ini. Masalah impresi berkendara ya tetap khas eropa, lebih nyaman dari Altis tapi handling bisa mendekati Civic, mungkin lebih baik baca review Om CHZ berikut ini.
Pugman wrote: Tue Jan 02, 2018 5:40
Saya juga punya mobil pertama Eropa, kebetulan dapat yang mulus tapi juga usia ga bohong tetap saja banyak part yang sudah perlu diganti. Semudah-mudahnya dapat part, tetap saja kadang mobil perlu nginap dibengkel bahkan sampai 1-2minggu. Tapi karena suka, jadi buat saya ga masalah.
Kalau mau eropa, saran saya cari yang tipe SW dari versi sedan. Contohnya Peugeot 407 SW,
Kebetulan om Jivos baru ambil yang versi sedan, mungkin bisa tanya beliau.
Tipe sedan pakai mesin 2000cc EW10, sedang yang SW 2200cc EW12.
Mesin EW10 dipakai mulai 406 edisi akhir, 307SW dan masih dipakai sampai sekarang di 408 dan termasuk ga banyak problem dimesin, dan kalau mau tahun agak muda, ya 408 bisa jadi pilihan cuma memang harga dikisaran 120-160. Sama seperti C dan E Class, 408 dipakai taksi jadi soal ketahanan akan mirip dan sekali lagi, jangan dibandingkan dengan sedan Jepang ya.. Kalau masih mau bandingkan ya jangan beli mobil eropa.
ane baru liat peugeot 408 2.0 2013, anggun juga ya, nambah gocap dapet yg mint kali ya. handling dan comfortnya gmn om, enak ga?
Pernah naik taxi nya, punya borobudur atau gading saya karena penasaran dan sy dulu mblnya pug. Duduk depan, mobil ini enak juga, interior cantik dan bahan2 nya lumayan bagus. Exterior ya mbl ini feminim bgt penih sika 407 nya.
Tp dashboard, laci2 kursi enakan ini. Coba cek itu murah karena emg murah apa bekas taxi.
Kl emg bukan bekas taxi lumayan kok. Tp tiati sama pug elektrikal jgn jumper2. Tp karena unit ini paling muda harusnya problem juga dikit.
Dan untuk mbl pertama mau ambil pug ya baiknya cari bengkel spesialis dulu, seperti refi, otoklinik, atau le beres juga gapapa. Beberapa kali lebih murah drpd ke spesialis
Ya benar Om, saya rasa bukan hanya Pug tapi memang untuk semua mobil eropa lebih baik kita tahu bengkel spesialis, hanya untuk Biem/Merc jelas akan lebih banyak bengkelnya dibandingkan Pug, VW, Volvo.
Kebayang 2 mobil doank klo kriteria ini:
1. Benz W123 300E (atau cari E320 klo mau yg baruan). Dpn rumah ane ada bakul aqua galon, punya 300E manual udah butut n reot tapi masih ngacir n ga ngebul. Tiap hati dipake buat kmn2, odo ntah udah brp ratus ribu. Bahkan kadang klo pesenan galonnya banyak n motor 3 roda nya abis buat anter2 galon, tuh mobil dipake buat angkut galon jg.
2. Volvo S90 2.9, ada punya sepupu dititipin di ane karena doi lagi beasiswa lpdp ke luar negri. Nih mobil odo udah 180rb-an, jok n setir udah pecah2, plafon jorok, cat kusem n baret2 plus penyok. Sepupu ane beli 40jt n rencana mau direstorasi cuman blm mulai keburu berangkat. Ajaib nih mobil masih enak banget bawanya. Mesin, transmisi, elektrik ga ada masalah. Kaki2 empuk n ac dingin tp ane yakin 2 item ini pasti udah pernah diganti.
Kalau budget segitu dan tinggal di jabodetabek ambil volvo s60 juga sdh bagus, unit 85-90an jt dan sisanya untuk beberes sdh cukup seharusnya, elektrik masih konvensional, ride sgt stabil dan jauh lbh kencang dr 3series tahun sama
Ambil 318i E46 yg mesin M43 (2000-2002) juga bisa, memenuhi kriteria reliable, bengkel spesialis agak berlimpah tp powernya tidak kencang betul
Lebih klasik lagi ambil w124 kalau reliable pasti, cuma kalau mau sportine harus nambah 20jutaan lagi
bedanya apa om ? W202 C230 sama W124 E320. nah kalau mau ambil yg terawat carinya dimana ya um?
beda kelas
W202 itu kode body C klasse produksi 1993-2000. variannya ada C180, C200, C230, C230K, ada juga C220, C240, C280, C36 dan C43
W124 kode untuk E klasse produksi 1984-1995, variannya 230E, 300E untuk generasi prefacelift, E220 dan E320 untuk facelift.
posisi E klasse lebih tinggi daripada C klasse
cari unit yang bagus bisa di forum jual beli, di FB, coba join grup klub Merc, biasanya ada beberapa yang melepas koleksinya, sabar aja cek 1 1 unit yang diincer
Sekedar gambaran, tetangga ane punya w124 E220 th 94 avantgard blue beli dari baru masih jadi daily use car.. Tampangnya seperti w124 pada umumnya, jok masih kulit aslinya, belum hancur. Plafon baru ganti 1x. Kilometernya sekarang mungkin udah lebih dari 450.000, karena hampir setiap hari dipakai kerja sejauh 30km.
Jarang ke bengkel juga itu mobil. Dan sampe sekarang pemiliknya no komplen, belum ada tanda2 mau ganti mobil.
Mnurut sy ga make sense untuk pakai european old car utk mobil pertama & apalagi utk operasional.
Kecuali sudah siap dengan resiko perbaikan & tentunya dana yg cukup (mungkin perbaikan seharga beli mobil bekasnya).
Silakan cek mengenai consumer reability report tahunan dari dulu, apa merek2 german ada di posisi atas..
Memang dari sisi engineering memang bagus sekali mobil2 german.., tapi utk realibility sy kira masih tetap japan.
Dan mungkin org europe biasanya pakai mobil ga lebih dari 5 tahun, abis itu throw it away...hehe
aie wrote: Mon Jan 01, 2018 14:08
Bang salam kenal, ane Aie,
izin bergabung mastah2.. saya bener2 nubie di dunia permobilan, mohon bimbingannya ya kaka mastah..
jadi ceritanya ane cari mobil pertama, tapi maunya eropah. . ga maksud maksain, tapi ini mubil buat dipake sendiri ga niat di jual lagi,
ane lebih suka kualitas, biarin second juga gpp.
kalo ada budget 100jt, minta saran dari mastah-mastah disini yang udah melalang buana di dunia persilatan mobil eropah.
Spec yang dipengenin:
1. mesinnya awet bin bandel (first think first)
2. komunitas ada
3. matic
4. harga jajanan ga masalah asal gampang didapet dan ga sering
5. nyaman
Pemakaian, buat anter jemput bocah sekolah sehari-hari, paling kalo libur sekali2 maen2 ke luar kota.
udah 2 minggu ini jalan2 di forum2, malah bingung jadinya, udah srek volvo baca2 lagi, lebih ke merce, eh baca2 lagi srek ke bmw, pusing jadi ane ka
akhirnya baru berani tanya disini.
Minta tulung master2 buat kasih merek dan typenya,
sebelumnya ane ucapin terima kasih banyak, yang reply moga dapet pahala berlimbah ya ka..
Cek realibility report dll ga jadi beli, atau ga dibaca.
Lha wong mau beli aja nanya buat pertimbangan, setelah mumet brosing volvo, bmw, merc dan pusing sendiri.
Kalo mau coba murah, beli saja E46 M43B19. Ini 318i 2000-2002.
Itu harga pasarnya udah jatuh mulai dari kepala 6 besar. Powernya beti sama Altis, mestinya ya ngga jadi isu power segitu. Ini kalo dari kriteria yang diminta mesin awet, basisnya mesin M43 dari tahun 1996-2002 lifespannya. Komunitas banyak, tinggal pilih. Transmisi matic semua, 4speed. Jajanan semua gampang, yang mahal salah kaki depan karena control armnya nyatu sama bushing. Nyaman ya nyaman kalo diukur dengan pantat normal, bukan pantat yang hanya doyan seri 5 ke atas ha ha ha. Merem saja lah selama sensor dasbor ga aneh aneh.