Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Rundeer wrote: Wed Dec 20, 2017 1:11
Yep, masyarakat yg sudah berumur gk terlalu mentingin fitur aneh-aneh, malah ada mindset begini "makin banyak elektrikal makin rewel mobilnya, mending milih mobil A yg gk macem-macem isinya". So, bisa ditebak dong mereka milih mobil yg bagaimana. No airbags, no abs, no vsc, no hsa, that's not a problem asal mobilnya lebih durable. Durabilitas lebih penting daripada safety disini
Jujur aja itu memang bukan yang jadi kebutuhan utama om... Coba liat yang ribut fitur tuh kebanyakan anak muda yang gak ada duitnya ya mana digubris ama ATPM, yang bully di medsos kagak ada duitnye. Yang punya duit dateng ke gue lebih banyak
Orang - orang tua sih simpel, yang penting mobilnya nyaman, irit, dan tahan banting.
Di saat sales juga banyakan o'on gak ngerti produknya sendiri cuma ngerti jualan dan banyak konsumen macem gini ya seneng - seneng aja...
Oh ya nambah lagi : PLAT BODI TEBEL jadi geli kemaren liat ada opa opa ngetokin pelat bodi Xpander di pameran... orang lama banget bandingin plat bodi mobil. Cuma di Indonesia kayaknya plat bodi tebel masih jadi alasan orang beli mobil, termasuk dibahas ama tukang review lokal... kayak penting banget plat bodi tebel sampe dibahas
buat saya toyota skrg sih fiturnya udah banyak... tp nggak ada inovasi berarti dari engineeringnya sejak 15 tahun yang lalu... tapi yah gimana lagi, kan emang mesin jadul lebih diminati di Indonesia. Wong pada masih doyan cekokin premium pertalit ama solar jelek...
Rundeer wrote: Wed Dec 20, 2017 1:11
Yep, masyarakat yg sudah berumur gk terlalu mentingin fitur aneh-aneh, malah ada mindset begini "makin banyak elektrikal makin rewel mobilnya, mending milih mobil A yg gk macem-macem isinya". So, bisa ditebak dong mereka milih mobil yg bagaimana. No airbags, no abs, no vsc, no hsa, that's not a problem asal mobilnya lebih durable. Durabilitas lebih penting daripada safety disini
Jujur aja itu memang bukan yang jadi kebutuhan utama om... Coba liat yang ribut fitur tuh kebanyakan anak muda yang gak ada duitnya ya mana digubris ama ATPM, yang bully di medsos kagak ada duitnye. Yang punya duit dateng ke gue lebih banyak
Orang - orang tua sih simpel, yang penting mobilnya nyaman, irit, dan tahan banting.
Di saat sales juga banyakan o'on gak ngerti produknya sendiri cuma ngerti jualan dan banyak konsumen macem gini ya seneng - seneng aja...
Oh ya nambah lagi : PLAT BODI TEBEL jadi geli kemaren liat ada opa opa ngetokin pelat bodi Xpander di pameran... orang lama banget bandingin plat bodi mobil. Cuma di Indonesia kayaknya plat bodi tebel masih jadi alasan orang beli mobil.
mungkin sama seperti jaman dulu.. Rush lebih laku tipe G daripada S nya, dengan beda2 di aksesoris sih dan tentu saja peredam orang bakal lebih milih tipe tengah kalau di Toyota.. DI Kijang dulu juga begitu kan, orang lebih banyak milih LGX dan tipe G di seri Innova dibanding Krista atau V (saat ini Q/Venturer)..
Plat tebel? Rata2 produsen sekarang pakai 0.8mm kok dibilang tipis.. Kalau di hydroform atau cetak strukturnya juga berubah jadi lebih kuat, orang lupa kalau produsen juga suka nyemprot peredam di balik bodi shell makanya kerasa gak kopong =D
Sama kaya jaman Innnova tipe G dan V coba ketok bodinya kerasa yg V lebih mantep dan kalau di buka lebih berat padahal sama cuma ada peredam nya aja..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
NYoman wrote: Wed Dec 20, 2017 4:56
mungkin sama seperti jaman dulu.. Rush lebih laku tipe G daripada S nya, dengan beda2 di aksesoris sih dan tentu saja peredam orang bakal lebih milih tipe tengah kalau di Toyota.. DI Kijang dulu juga begitu kan, orang lebih banyak milih LGX dan tipe G di seri Innova dibanding Krista atau V (saat ini Q/Venturer)..
Plat tebel? Rata2 produsen sekarang pakai 0.8mm kok dibilang tipis.. Kalau di hydroform atau cetak strukturnya juga berubah jadi lebih kuat, orang lupa kalau produsen juga suka nyemprot peredam di balik bodi shell makanya kerasa gak kopong =D
Sama kaya jaman Innnova tipe G dan V coba ketok bodinya kerasa yg V lebih mantep dan kalau di buka lebih berat padahal sama cuma ada peredam nya aja..
Makanya mau aja dikadalin peredam... itu plat beneran tebel apa peredamnya tebel bisa banget kok avanza dibuat "dep dep" bunyi pintunya... modal ratusan rebu doang pasang peredam tempel.
Lucu banget bandingin plat bodi tebel tipis lewat diketok ketok... yang parah beberapa media lokal ngelakuin hal ini pulak... ini 2017 woiii bukan 1987...
ChZ wrote: Wed Dec 20, 2017 8:32
Makanya mau aja dikadalin peredam... itu plat beneran tebel apa peredamnya tebel bisa banget kok avanza dibuat "dep dep" bunyi pintunya... modal ratusan rebu doang pasang peredam tempel.
Lucu banget bandingin plat bodi tebel tipis lewat diketok ketok... yang parah beberapa media lokal ngelakuin hal ini pulak... ini 2017 woiii bukan 1987...
kalau yang media lokal si karena emang buat "jualan" itu media. tapi ane aja masih sengaja kok ketok2 itu plat, karena pengen tahu aja ini pintu berat dimananya karena kaya si xpander itu kan bantingan pintu bagus banget tuh tapi plat ga beda banyak dari avanza, nah berarti engineering-nya niat, ga cuma bikin rangka dikasih kulit besi. lagian biar sah-lah, biarpun ini 2017 tapi premium is a must
kunaskun wrote: Wed Dec 20, 2017 8:50
kalau yang media lokal si karena emang buat "jualan" itu media. tapi ane aja masih sengaja kok ketok2 itu plat, karena pengen tahu aja ini pintu berat dimananya karena kaya si xpander itu kan bantingan pintu bagus banget tuh tapi plat ga beda banyak dari avanza, nah berarti engineering-nya niat, ga cuma bikin rangka dikasih kulit besi. lagian biar sah-lah, biarpun ini 2017 tapi premium is a must
klo tebel tipis masalah insulasi kabin sih setuju banget... klo pabrikan mau kasih value lebih di mobilya dengan insulasi kabin yang lebih bagus. Insulasi kabin kan bagian dari luxury dan kenyamanan Xpander insulasi kabinnya bagus banget dibanding sekelasnya. Walaupun ada issue tipe Ultimate dan tipe bawah - bawahnya ada beda di peredaman kabin.
kunaskun wrote: Wed Dec 20, 2017 8:50
kalau yang media lokal si karena emang buat "jualan" itu media. tapi ane aja masih sengaja kok ketok2 itu plat, karena pengen tahu aja ini pintu berat dimananya karena kaya si xpander itu kan bantingan pintu bagus banget tuh tapi plat ga beda banyak dari avanza, nah berarti engineering-nya niat, ga cuma bikin rangka dikasih kulit besi. lagian biar sah-lah, biarpun ini 2017 tapi premium is a must
klo tebel tipis masalah insulasi kabin sih setuju banget... klo pabrikan mau kasih value lebih di mobilya dengan insulasi kabin yang lebih bagus. Insulasi kabin kan bagian dari luxury dan kenyamanan Xpander insulasi kabinnya bagus banget dibanding sekelasnya. Walaupun ada issue tipe Ultimate dan tipe bawah - bawahnya ada beda di peredaman kabin.
hal yang lumrah nggak sih gan ada perbedaan peredaman antara tipe tertinggi dan terendah, karena xpander adalah mitsu bukan bmw yang bedanya di speaker dan lain hal
klo mau sedikit keluar topik, meski toyota udah mulai tobat gegara diserang ama xpander, tetep yang bikin bingung itu wuling apalagi wuling cortez. Mobil harga masi 200 jutaan tp brani kasi fitur yang cm dipunya mobil yang kelasnya jauh di atas. gak ngerti lagi dah itungan bisnisnya gimana. itu wuling perusahaan otomotif apa yayasan ye?
roymhs31 wrote: Wed Dec 20, 2017 10:22
klo mau sedikit keluar topik, meski toyota udah mulai tobat gegara diserang ama xpander, tetep yang bikin bingung itu wuling apalagi wuling cortez. Mobil harga masi 200 jutaan tp brani kasi fitur yang cm dipunya mobil yang kelasnya jauh di atas. gak ngerti lagi dah itungan bisnisnya gimana. itu wuling perusahaan otomotif apa yayasan ye?
kayak kebanyakan perusahaan cina sih gan, karena mereka nggak harus banyak ngelakuin RnD jadi bisa neken margin buat ngurangin harga jual, kalo yang saya tau wuling ini juga dibantu sama teknologinya gm kalo gasalah, jadi gm rnd wuling bisa ambil karena gm juga punya saham di wuling, kan sebenernya yang mahal itu bukan ongkos produksi tapi ongkos RnD sama marketing, kemungkinan juga ada insentif khusus dari pemerintah. Itu hanya pendapat saya ya, mohon jangan di bully
ChZ wrote: Wed Dec 20, 2017 9:03
klo tebel tipis masalah insulasi kabin sih setuju banget... klo pabrikan mau kasih value lebih di mobilya dengan insulasi kabin yang lebih bagus. Insulasi kabin kan bagian dari luxury dan kenyamanan Xpander insulasi kabinnya bagus banget dibanding sekelasnya. Walaupun ada issue tipe Ultimate dan tipe bawah - bawahnya ada beda di peredaman kabin.
ya kadang kan tanpa insulasi aneh2 tapi bisa tetep bagus makanya diketok2 d. xpander si emang cabin ambience pas naik bener2 ga berasa harga 250 juta, langka banget mobil yang kaya gini, apalagi harga segitu.
ya beda peredaman kabin si ga aneh lah, semua merek saya rasa juga gitu. cut cost di bagian ga kelihatan. kalau daitoyo si dari jaman dulu. avanza E vs xenia R aja berasa beda kata yang pake.
roymhs31 wrote: Wed Dec 20, 2017 10:22
klo mau sedikit keluar topik, meski toyota udah mulai tobat gegara diserang ama xpander, tetep yang bikin bingung itu wuling apalagi wuling cortez. Mobil harga masi 200 jutaan tp brani kasi fitur yang cm dipunya mobil yang kelasnya jauh di atas. gak ngerti lagi dah itungan bisnisnya gimana. itu wuling perusahaan otomotif apa yayasan ye?
jualan zaman now si macem2, tapi buat saya logis kok lihat aja dulu ford, chevy, mazda (sebelum eurokars) harganya ga beda jauh banget kan dari merek jepun tapi kasih fitur yang jauh lebih berlimpah terlepas dari reliability issue dsb, intinya on paper jauh lebih well equipped. dan mereka mostly CBU/CKD nah si wuling punya pabrik sendiri disini ga heran tambah murah.
yang bikin bingung itu karena itungan bisnis dibandingkan merek jepun. merek jepun kan jualan merek (dan konon reliability + Resale value + 3S) yang lebih terjamin ya ga aneh berani jual mahal, apalagi sekarang kondisinya bisa dibilang duopoli daitoyo + ahond, dan merek lain2 itu hanya pelengkap saja...
roymhs31 wrote: Wed Dec 20, 2017 10:22
klo mau sedikit keluar topik, meski toyota udah mulai tobat gegara diserang ama xpander, tetep yang bikin bingung itu wuling apalagi wuling cortez. Mobil harga masi 200 jutaan tp brani kasi fitur yang cm dipunya mobil yang kelasnya jauh di atas. gak ngerti lagi dah itungan bisnisnya gimana. itu wuling perusahaan otomotif apa yayasan ye?
Hal yang sama juga terjadi di industri smartphone kok gan, terutama merk xia*mi... jadi saya ga heran lagi kalau mobil pun lama2 bisa.... kalau saya sih sangat tertarik, ya karena buat saya mobil itu buat dipake bukan buat dipamerkan.
itulah makanya kita semua bingung. hehehe. kalo dibanding merek ford, chevy dan lainnya tetap gk masuk akal lah apa yg dkasi ama wuling ini terutama dilihat dari selisih harga pesaing langsung dengan banjirnya fitur yang dkasi (wuling cortez buat hajar innova?). kemarin di yutub liat media briefingnya aj bahas fitur ampun-ampunan ampe muntah muntah tu mobil dengan spek harga yang selisihnya bisa seharga 1 mobil lcgc kali jika dihadapkan ama venturer (250 juta (?) vs 400an juta).
roymhs31 wrote: Wed Dec 20, 2017 11:26
itulah makanya kita semua bingung. hehehe. kalo dibanding merek ford, chevy dan lainnya tetap gk masuk akal lah apa yg dkasi ama wuling ini terutama dilihat dari selisih harga pesaing langsung dengan banjirnya fitur yang dkasi (wuling cortez buat hajar innova?). kemarin di yutub liat media briefingnya aj bahas fitur ampun-ampunan ampe muntah muntah tu mobil dengan spek harga yang selisihnya bisa seharga 1 mobil lcgc kali jika dihadapkan ama venturer (250 juta (?) vs 400an juta).
sori TS klo jadi OOT.
tapi nggak memungkiri gan kayak xiaomi vs samsung tetep aja ada yang terasa dikurangi dari spesifikasinya, mungkin fitur oke tapi tetep ada yang dikurangi di cost production nya
Nilai pajak udah pasti...
Emang berapa persen sih biaya RnD dibebankan ke satu boil ?????
Kalo selama tahunan boil yang gak ada progress cuma make up aja tapi harga naiknya lebih dari inflasi plus biaya make up ..
Kalo garuk untung ... aku sih yes;
big_laugh:
Now harus move on , kalo ndak kesandung, paling kurang kekejar...
roymhs31 wrote: Wed Dec 20, 2017 10:22
klo mau sedikit keluar topik, meski toyota udah mulai tobat gegara diserang ama xpander, tetep yang bikin bingung itu wuling apalagi wuling cortez. Mobil harga masi 200 jutaan tp brani kasi fitur yang cm dipunya mobil yang kelasnya jauh di atas. gak ngerti lagi dah itungan bisnisnya gimana. itu wuling perusahaan otomotif apa yayasan ye?
Ngambil cuan tipis dulu biar narik konsumen, strategi jualannya agak mirip" ford, cuma bedanya yg ini udh ckd. Lah kalo dia pendatang baru, merk tiongkok, fitur kopong, terus harga dimahalin siapa yang mau beli?
Bayangkan aja kalo Cortez dengan fitur selengkap itu dibranding dengan merk jepun ternama, saya yakin harganya bakal start from 350juta
Saya malah lebih bingung gimana itung"an mobil jepun dengan fitur kopong tapi harga gak main" tingginya
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja
bensinsolar wrote: Wed Dec 20, 2017 14:38
Seperti om NR bilang, byk merk aneh masuk low compliance market. Di negara2 maju, merk2 tsb belum ada apa2nya CMIIW.
haha bener banget ditambah di negara maju pajaknya nggak tinggi, wong di us aja camry harganya kurleb 300 juta
Review singkat minggu kemarin ke salah satu dealer a2k, sdh ada 2 rush TRD di gudang, skilas memang tampilannya mudah membuat org suka, GC nya saya ngrasa kok tinggi skali ya untuk akses kluar masuk agak tinggi.
Akhirnya saya dibolehin salesnya test drive kecil2an di area dealer yang untung nya areanya cukup luas dan sdh sepi dgn unit NIK 2017.
Suara mesin halus khas mesin NR, peredaman nya tryt cukup oke (apa krn ini trim plg mahal ya), stir ringan skali, posisi duduk tinggi brasa nyetir 42ner tp ini versi kecilan mudah melihat sekeliling dan kalau melihat dpn klihatan itu si muscular hood wkwkwkkwwk.
Tarikan biasa aja mnrt saya feelnya mirip bawa veloz 1.5, cuma ketika mundur dan puter arah di area dealer suara denggung gardan khas avanza msh terdengar masuk ke kabin jd sdikit merusak kekedapan kabin nya.
Wiper sdh model hybrid, kaca film nya dpt llumar black , tp dpn blm dpt kc film kl saya perhatiin. Dan ban nya TRD sayangnya 2 unit di dealer kok dptnya dunlop ensave ya beda dgn video review di youtube wkt launching dpt BS
Demikian review singkat saya, kl saya cek kok body sepertinya tebal ya, kap mesin berat ketika diangkat, apa toyodai ud tobat ya skrg
Nah, persoalan ban itu jg yg jadi tanda tanya. Beberapa saya lihat foto yg udh masuk dealer ban standarnya jadi Ecopia Enasave (TRD), yg tipe G pake Dunlop Grantrek kalau tidak salah. Jadi kaya gimana gitu ya, pas launching pake Bridgestone Alenza (trc AA) pas udh nyampe dealer jadi Enasave
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja
Rundeer wrote: Thu Dec 28, 2017 4:00
Nah, persoalan ban itu jg yg jadi tanda tanya. Beberapa saya lihat foto yg udh masuk dealer ban standarnya jadi Ecopia Enasave (TRD), yg tipe G pake Dunlop Grantrek kalau tidak salah. Jadi kaya gimana gitu ya, pas launching pake Bridgestone Alenza (trc AA) pas udh nyampe dealer jadi Enasave
Saya juga bingung gan, ada yang pake bridgestone alenza juga gan ada gt radial savero ada dunlop enasave bingung juga toyota nih
Rundeer wrote: Wed Dec 20, 2017 1:11
Yep, masyarakat yg sudah berumur gk terlalu mentingin fitur aneh-aneh, malah ada mindset begini "makin banyak elektrikal makin rewel mobilnya, mending milih mobil A yg gk macem-macem isinya". So, bisa ditebak dong mereka milih mobil yg bagaimana. No airbags, no abs, no vsc, no hsa, that's not a problem asal mobilnya lebih durable. Durabilitas lebih penting daripada safety disini
Jujur aja itu memang bukan yang jadi kebutuhan utama om... Coba liat yang ribut fitur tuh kebanyakan anak muda yang gak ada duitnya ya mana digubris ama ATPM, yang bully di medsos kagak ada duitnye. Yang punya duit dateng ke gue lebih banyak
Orang - orang tua sih simpel, yang penting mobilnya nyaman, irit, dan tahan banting.
Di saat sales juga banyakan o'on gak ngerti produknya sendiri cuma ngerti jualan dan banyak konsumen macem gini ya seneng - seneng aja...
Oh ya nambah lagi : PLAT BODI TEBEL jadi geli kemaren liat ada opa opa ngetokin pelat bodi Xpander di pameran... orang lama banget bandingin plat bodi mobil. Cuma di Indonesia kayaknya plat bodi tebel masih jadi alasan orang beli mobil, termasuk dibahas ama tukang review lokal... kayak penting banget plat bodi tebel sampe dibahas
buat saya toyota skrg sih fiturnya udah banyak... tp nggak ada inovasi berarti dari engineeringnya sejak 15 tahun yang lalu... tapi yah gimana lagi, kan emang mesin jadul lebih diminati di Indonesia. Wong pada masih doyan cekokin premium pertalit ama solar jelek...
wajarlah ketok2 bodi, simple alasan safety karena orang itu tahu mobil disin safety krg jd focus. Dikasih airbags, ABS dll tp body tipisss
ane masih termasuk yg ketok2 bodi dan terbukti waktu dulu pertama pilih ertiga ane ga salah prediksi tebal bodinya lbh bagus ketimbang kembar2 yg ada. Apalagi scross yg dna india (desain musuh Bajaj wkwkw) teball boo tp lekukan body jg ada.
Kl temen ane yg punya bengkel bodi repair ngajarin kl mau tau ketebalan di tekan pakai jempol aja karena kl diketok ditempat ramai ga jelas.
teman bokap ane yg umur sdh 77 thn waktu kesal dia pukul atap xenia pakai kepalan tanggannya lgs tuh peyok
kl jadi alasan beli yg utama sih kayaknya ngga buktinya si kembar2 yg bodi nya tipisss amit2 jawara 12 thn lebih, kl msh jd pertimbangan spt ane karena pertimbangan kl di tabrak spt spd motor, becak dan sepeda