walah...malah br tau gw ada tret ginian....
nambahin baleno ahh....cmiiw yah
1st gen, mesin g16b kapasitas 1600 m/t, lampu depan panjang
2nd gen, di sebut jg dg panggilan baleno milenium mesin g15b kapasitas 1500 m/t-a/t, lampu depan lbh kecil membulat, design body msh sama dg gen 1, sedikit perubahan di interior(dasbor tengah tempat ac, dial gauge warnanya putih klo g salah)
3rd gen, banyak yg bilang klo ini sebenernya udah bukan "baleno" lagi, krn di luar nya pun menggunakan nama liana a.k.a aerio sedan, masuk ke indo menjadi baleno next g, body n interior berubah total, menggunakan mesin m15a m/t-a/t dan sdh menggunakan teknologi vvt, abs, ebd. Generasi awal2 menggunakan speedo digital dan sedikit bermasalah di posisi "corong" AF yg rendah(rentan kecipratan air), generasi berikutnya mengalami pembenahan dan speedo di ganti menjadi type "konvensional" (entah knapa?)
4th gen, imho bsa d bilang design body nya mengalami lompatan yg jauh di banding generasi sebelumnya, lbh rounded......menggunakan mesin m15a m/t-a/t, vvt, abs, ebd.
sayangnya karena kurang "berhasil" di pasaran domestik, maka generasi terakhir ini di putuskan utk di discontinued. Di luar negri lbh di kenal dengan nama sx4 sedan, karena memang berasal dr satu basic
dari beberapa gen yg d sebut di atas, sempet juga melihat "penampakan2" baleno 1st dan 2nd gen type body stationwagon..........yg mana memang "aslinya" dua generasi ini hadir dalam 3 type body: hatchback, sedan dan station wagon, serta hadir dalam banyak pilihan kapasitas mesin: 1300,1600,1800 serta 1900 diesel stationwagon.......
naahhhhh....kembali ke soal "penampakan" baleno SW tadi, pastinya masuk ke indo secara CBU......tapi entah melalui atpm ato bukan

dan entah juga jenis mesin yg beredar, berdasarkan kabar burung......para baleno SW yg wara-wiri ini umumnya memakai mesin yg 1800cc alias j18a
daripada kepanjangan, sekian dulu mengenai si baenol ini.......cmiiw yah

dan tolong d tambahin klo ada yg kurang