150 juta? banyak.... asalkan sehat, semua mobil dengan nilai segitu ya enak.Harchi wrote: Thu Nov 16, 2017 0:31 Nah berubung ngomongin manual, kira2 fgn duit max 150jt mobkas manual apa yg paling enak yg bisa dibeli? Klo ane sih kebayang accord cm
Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Kalo ane kok nyaranin Civic FD ya om. Haha.Harchi wrote: Thu Nov 16, 2017 0:31 Nah berubung ngomongin manual, kira2 fgn duit max 150jt mobkas manual apa yg paling enak yg bisa dibeli? Klo ane sih kebayang accord cm
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 474
- Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
- Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Nyetir manual itu menyenangkan.
Baru aja angkat A3 - 8p yg 1.6 m/t.
Koplingnya enteng, ntah standar atau karena flywheelnya masih bermasalah.
Heppy make ini di jkt.
Kena macet ya resiko.
Tapi pengalaman minggu lalu make ni mobil di kemacetan, saat ini justru kaki kanan yg kemeng. Kaki kiri malah bugar.
Sama halnya tadi lewat bypass tj priok (jl basuki rahmat) sampe depan kokas macet lumayan seru.
Baru aja angkat A3 - 8p yg 1.6 m/t.
Koplingnya enteng, ntah standar atau karena flywheelnya masih bermasalah.
Heppy make ini di jkt.
Kena macet ya resiko.
Tapi pengalaman minggu lalu make ni mobil di kemacetan, saat ini justru kaki kanan yg kemeng. Kaki kiri malah bugar.
Sama halnya tadi lewat bypass tj priok (jl basuki rahmat) sampe depan kokas macet lumayan seru.
Daily : 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ+Comuterline
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Wowgadjahalphien wrote: Fri Nov 24, 2017 15:00 Nyetir manual itu menyenangkan.
Baru aja angkat A3 - 8p yg 1.6 m/t.
Koplingnya enteng, ntah standar atau karena flywheelnya masih bermasalah.
Heppy make ini di jkt.
Kena macet ya resiko.
Tapi pengalaman minggu lalu make ni mobil di kemacetan, saat ini justru kaki kanan yg kemeng. Kaki kiri malah bugar.
Sama halnya tadi lewat bypass tj priok (jl basuki rahmat) sampe depan kokas macet lumayan seru.
Dapat yg tahun brp om??
Saya baru tau Audi A3 manual masuk sini
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 474
- Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
- Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
2004 om.
Di tokobagus masih ada 2 unit tuh,, 1.6 (M/t) dan 2.0 (at)
Di tokobagus masih ada 2 unit tuh,, 1.6 (M/t) dan 2.0 (at)
Daily : 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ+Comuterline
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1646
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Sudah beberapa tahun ini full pake matic, dan setiap kali ada kesempatan bawa mobil manual...rasanya seperti hidup kembali
Dan entah kenapa, kalau macet pake maticpun juga pegel nih kaki kanan

Dan entah kenapa, kalau macet pake maticpun juga pegel nih kaki kanan

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
masih miara innova gen 1 mt dan pikajew 1.0 mt...fine fine aja diajak keliling jeketi

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Hail manual!! Hari-hari pake innova d4d mt pp ckrg-jkt [emoji41][emoji41]
2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Manual ke Matic.. Hampir semua orang yang bisa pakai mobil manual bilang sesuatu yang tidak memberikan kesenangan dari sebuah kendaraan
Besok mesin konvensional akan mulai terganti dengan mesin listrik yang tidak ada suara, minim getaran juga mungkin tidak perlu transmisi karena diganti oleh inverter..
Besok mesin konvensional akan mulai terganti dengan mesin listrik yang tidak ada suara, minim getaran juga mungkin tidak perlu transmisi karena diganti oleh inverter..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
sehari hari bawa agya manual, macet macetan, selagi masih kuat manual selalu mengusahakan nyari mobil yang ada manualnya.. entar udah tua baru nyoba matic... 

It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
- Daily Vehicle: transjakarta
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
kalo saya kebetulan agak takut bawa mobil matic. jadinya pake mobil manual terus, dan gak terlalu bisa metik..
gara2 kejadian tahun 2000an, mobil terjun dari gedung parkir gara2 gak biasa pake metik.. fenomenal banget kasusnya dulu, sampe2 Auto Bild bikin artikel kelayakan gedung parkir...
kayak kejadian jazz yang terjun dari salah satu itc, gara2 ibu2 gak terbiasa pake metik..
gara2 kejadian tahun 2000an, mobil terjun dari gedung parkir gara2 gak biasa pake metik.. fenomenal banget kasusnya dulu, sampe2 Auto Bild bikin artikel kelayakan gedung parkir...
kayak kejadian jazz yang terjun dari salah satu itc, gara2 ibu2 gak terbiasa pake metik..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Pas bahas transmisi, mau nanya juga. Kemaren iseng liat Ignis yang dipajang di mal.
Transmisinya hanya ada R N D, tidak ada P. Pertanyaannya itu kalo parkir berarti hanya mengandalkan rem parkir gitu?
Maklum saya masih menganut gaya jadul, kalau matic saat parkir kan pasti di P plus rem parkir. Nah kalo manual, saya selalu rem parkir plus masuk gigi 1 atau R (tergantung mobil posisi menanjak atau menurun).
Nah gimana dengan si Ignis ini?
Transmisinya hanya ada R N D, tidak ada P. Pertanyaannya itu kalo parkir berarti hanya mengandalkan rem parkir gitu?
Maklum saya masih menganut gaya jadul, kalau matic saat parkir kan pasti di P plus rem parkir. Nah kalo manual, saya selalu rem parkir plus masuk gigi 1 atau R (tergantung mobil posisi menanjak atau menurun).
Nah gimana dengan si Ignis ini?
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Ignis AMT basically manual yang koplingnya otomatis. Jadi parking pawl juga gak ada, kalo mau parkir jd spt manual ngandelin rem parkir. Tapi waktu pameran pernah saya coba2, dlm kondisi mesin mati shifter bisa digeser2 dari N ke R atau ke D (matic biasa at least harus dikontak kuncinya posisi ACC/ON dan injak rem baru bisa geser shifter) , jadi sepertinya bisa ditaro di R atau D plus rem tangan kalau untuk parkir nanjak.classicrock wrote: Sun Nov 26, 2017 5:36 Pas bahas transmisi, mau nanya juga. Kemaren iseng liat Ignis yang dipajang di mal.
Transmisinya hanya ada R N D, tidak ada P. Pertanyaannya itu kalo parkir berarti hanya mengandalkan rem parkir gitu?
Maklum saya masih menganut gaya jadul, kalau matic saat parkir kan pasti di P plus rem parkir. Nah kalo manual, saya selalu rem parkir plus masuk gigi 1 atau R (tergantung mobil posisi menanjak atau menurun).
Nah gimana dengan si Ignis ini?
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
O gitu tho om...hehehe makasih pencerahannya. Baru sekali soalnya liat yang model begitu.adrevolution wrote:Ignis AMT basically manual yang koplingnya otomatis. Jadi parking pawl juga gak ada, kalo mau parkir jd spt manual ngandelin rem parkir. Tapi waktu pameran pernah saya coba2, dlm kondisi mesin mati shifter bisa digeser2 dari N ke R atau ke D (matic biasa at least harus dikontak kuncinya posisi ACC/ON dan injak rem baru bisa geser shifter) , jadi sepertinya bisa ditaro di R atau D plus rem tangan kalau untuk parkir nanjak.classicrock wrote: Sun Nov 26, 2017 5:36 Pas bahas transmisi, mau nanya juga. Kemaren iseng liat Ignis yang dipajang di mal.
Transmisinya hanya ada R N D, tidak ada P. Pertanyaannya itu kalo parkir berarti hanya mengandalkan rem parkir gitu?
Maklum saya masih menganut gaya jadul, kalau matic saat parkir kan pasti di P plus rem parkir. Nah kalo manual, saya selalu rem parkir plus masuk gigi 1 atau R (tergantung mobil posisi menanjak atau menurun).
Nah gimana dengan si Ignis ini?
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
sama nih om, saya juga pakai manual dan entah kenapa kaki kanan yang lebih sering merasa pegal. kaki kiri sih gak masalah. mungkin karena sering pindah pedal gas dan rempengendiesel wrote: Sat Nov 25, 2017 2:45 Sudah beberapa tahun ini full pake matic, dan setiap kali ada kesempatan bawa mobil manual...rasanya seperti hidup kembali![]()
Dan entah kenapa, kalau macet pake maticpun juga pegel nih kaki kanan![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Gak usah takut om.carl wrote: Sat Nov 25, 2017 11:32 kalo saya kebetulan agak takut bawa mobil matic. jadinya pake mobil manual terus, dan gak terlalu bisa metik..
gara2 kejadian tahun 2000an, mobil terjun dari gedung parkir gara2 gak biasa pake metik.. fenomenal banget kasusnya dulu, sampe2 Auto Bild bikin artikel kelayakan gedung parkir...
kayak kejadian jazz yang terjun dari salah satu itc, gara2 ibu2 gak terbiasa pake metik..
Kalo misalnya suatu saat dapat kesempatan nyetir matik, cukup ingat 2 hal :
1. Mobil matik bisa merayap tanpa perlu injak gas. Cukup lepas rem. Jadi kalo baru mo jalan, mending lepas rem dulu dan biarkan mobil nggelinding beberapa saat.
2. Kaki kiri sebisa mungkin ditekuk trus masukin ke kolong kursi. Ini serius loh. Tujuannya biar kaki kiri gak spontan nginjek rem krn sdh terbiasa injek kopling.

Utk poin 1, yg agak susah kalo mo mundur. Krn kalo cuma lepas rem, mundurnya pelan banget. Towel gas dikit, mobil langsung narik. Bikin kaget.

Saya 5 hari nyetir matik, sampai hari terakhir masih agak kagok kalo mundur.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Sepinter2 otak komputer, masih lebih pinter otak manusia...
Manual FTW

Manual FTW


Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Ane sih masih setia sama manual, urusan pegel sih relatif ya. Ane ngga pernah ngerasain kaki pegel sih, yg lebih kerasa justru bokong aja yg panas kalo kelamaan duduk.
Sehari-hari pake ipah D4D manual. Konsumsi BBM nya bisa bikin senyum sesaat lah



Sehari-hari pake ipah D4D manual. Konsumsi BBM nya bisa bikin senyum sesaat lah


1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Wah wah mantap sesama pengguna ipah d4d manual hahahahahaevanbngdor wrote:Ane sih masih setia sama manual, urusan pegel sih relatif ya. Ane ngga pernah ngerasain kaki pegel sih, yg lebih kerasa justru bokong aja yg panas kalo kelamaan duduk.
![]()
![]()
Sehari-hari pake ipah D4D manual. Konsumsi BBM nya bisa bikin senyum sesaat lah
![]()
Bokong sama pinggang kalo saya om, mungkin di kantor juga banyakan duduknya
2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Ke inget teriakan si tiff needell/fifth geared saat slh satu hot hatchbak AT di test speeding n slalom...... beresponse lelet n masuk ke gigi yg salah.
"give me a geared what i want! "
"give me a geared what i want! "

4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Hahaha. tp memang iritnya lumayan sih D4D manual, dibandingin D4D matic bedanya lumayan sih, sekitar 1-2km/liter bedanya.dieselman228 wrote: Mon Nov 27, 2017 4:45Wah wah mantap sesama pengguna ipah d4d manual hahahahahaevanbngdor wrote:Ane sih masih setia sama manual, urusan pegel sih relatif ya. Ane ngga pernah ngerasain kaki pegel sih, yg lebih kerasa justru bokong aja yg panas kalo kelamaan duduk.
![]()
![]()
Sehari-hari pake ipah D4D manual. Konsumsi BBM nya bisa bikin senyum sesaat lah
![]()
Bokong sama pinggang kalo saya om, mungkin di kantor juga banyakan duduknya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Kalau bbm ga terlalu sy perhatiin sih om sejauh ini biaya bbm ga bengkak gitu...evanbngdor wrote:Hahaha. tp memang iritnya lumayan sih D4D manual, dibandingin D4D matic bedanya lumayan sih, sekitar 1-2km/liter bedanya.dieselman228 wrote: Mon Nov 27, 2017 4:45Wah wah mantap sesama pengguna ipah d4d manual hahahahahaevanbngdor wrote:Ane sih masih setia sama manual, urusan pegel sih relatif ya. Ane ngga pernah ngerasain kaki pegel sih, yg lebih kerasa justru bokong aja yg panas kalo kelamaan duduk.
![]()
![]()
Sehari-hari pake ipah D4D manual. Konsumsi BBM nya bisa bikin senyum sesaat lah
![]()
Bokong sama pinggang kalo saya om, mungkin di kantor juga banyakan duduknya
Cuma masalah pegel ajah tp biasa macet horor yg literally diem, kalau sambil jalan okeh sih..
2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence
Dulu waktu baru bisa nyetir saya suka sekali m/t
Tapi sekarang jadi lebih suka a/t
Mungkin gara2 macetnya udah lumayan bikin males
Sekali2 aja nyetir manual itu pun untuk sekedar hiburan malam bagi saya
Tapi sekarang jadi lebih suka a/t
Mungkin gara2 macetnya udah lumayan bikin males
Sekali2 aja nyetir manual itu pun untuk sekedar hiburan malam bagi saya