tapi klo boil harga 1/2 eM dkasih biosol kasian juga, ga tega
DexLite itu sama aja berarti kaya solar yang terdahulu ya, om?
berarti BioSol tambah jelek lagi donk? klo PertaDex masih layak?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
tapi klo boil harga 1/2 eM dkasih biosol kasian juga, ga tega
Dexlite itu bukannya masi bio om? Harusnya sih sama dg biosolar yg 20% fame nya yah.. hanya saja sulfur nya dexlite lebih rendah..
wah, nice info, om, baru tau saya, berarti mending PertaDex Sekalian, klo sama2 BioSol ternyataefact wrote: ↑Wed Aug 30, 2017 7:05 Saya copy dari sini aja ya https://id.m.wikipedia.org/wiki/Dexlite
Nah jd dexlite itu sebetulnya adalah biosolar yg dikasih tambahan aditif..
Terkait kebijakan bio , stau saya depend on harga minyak bumi om.. kalo lagi murah, fame nya itu ga dipakai krna jatohnya malah jd lebi mahal.. tp saat ini kalopun lagi dipake fame buat blendingnya di pertamina, komposisi nya maksimal hanya 20% saja..
Trus lagi ngomongin bagus mana dibanding solar biasa tanpa fame, sy pribadi lebi prefer yg tanpa fame atau cpo itu.. kenapa? Krn sifat fame yg cenderung mudaglh beku di temperatur rendah..
Just my 2 cents yah.. monggo kalo ad yg mau nambahkan silahken om2...
Intinya makin mahal makin bagus om hahahaha.. tp sbnernya kalopun mau pake biosol jga ga ada masalah sih.. bener kata om diatas.. paling filter aja kudu ganti rutin tiap 10k kmWinz wrote: ↑Wed Aug 30, 2017 9:12wah, nice info, om, baru tau saya, berarti mending PertaDex Sekalian, klo sama2 BioSol ternyataefact wrote: ↑Wed Aug 30, 2017 7:05 Saya copy dari sini aja ya https://id.m.wikipedia.org/wiki/Dexlite
Nah jd dexlite itu sebetulnya adalah biosolar yg dikasih tambahan aditif..
Terkait kebijakan bio , stau saya depend on harga minyak bumi om.. kalo lagi murah, fame nya itu ga dipakai krna jatohnya malah jd lebi mahal.. tp saat ini kalopun lagi dipake fame buat blendingnya di pertamina, komposisi nya maksimal hanya 20% saja..
Trus lagi ngomongin bagus mana dibanding solar biasa tanpa fame, sy pribadi lebi prefer yg tanpa fame atau cpo itu.. kenapa? Krn sifat fame yg cenderung mudaglh beku di temperatur rendah..
Just my 2 cents yah.. monggo kalo ad yg mau nambahkan silahken om2...
sip, kasihnya pertaDEX aja klo gitu, shell ga ada yang juga di tempat saya, di SBY aj tutup ga salah, padahal bagus kualitasnyaefact wrote: ↑Wed Aug 30, 2017 14:15Intinya makin mahal makin bagus om hahahaha.. tp sbnernya kalopun mau pake biosol jga ga ada masalah sih.. bener kata om diatas.. paling filter aja kudu ganti rutin tiap 10k kmWinz wrote: ↑Wed Aug 30, 2017 9:12wah, nice info, om, baru tau saya, berarti mending PertaDex Sekalian, klo sama2 BioSol ternyataefact wrote: ↑Wed Aug 30, 2017 7:05 Saya copy dari sini aja ya https://id.m.wikipedia.org/wiki/Dexlite
Nah jd dexlite itu sebetulnya adalah biosolar yg dikasih tambahan aditif..
Terkait kebijakan bio , stau saya depend on harga minyak bumi om.. kalo lagi murah, fame nya itu ga dipakai krna jatohnya malah jd lebi mahal.. tp saat ini kalopun lagi dipake fame buat blendingnya di pertamina, komposisi nya maksimal hanya 20% saja..
Trus lagi ngomongin bagus mana dibanding solar biasa tanpa fame, sy pribadi lebi prefer yg tanpa fame atau cpo itu.. kenapa? Krn sifat fame yg cenderung mudaglh beku di temperatur rendah..
Just my 2 cents yah.. monggo kalo ad yg mau nambahkan silahken om2...
Iya, cuma d daerah saya DEX jarang yang ngisi
saya curiga itu bukan krn dex basi..Winz wrote:Iya, cuma d daerah saya DEX jarang yang ngisi
Takutnya DEX anginan, soalnya d forum sebelah ada yang bilang ngisi DEX di daerah saya malah bermasalah mobilnya
Ada cara biar DEX anginan jadi agak bagusan ga ya?
Apa sebaiknya ngisi di denpasar aja yg DEX'nya sering keluar?
Klo jalan boil setahun ga sampai 10rb km malah, wkwkwk
Kalau Solar HSD gimana Om Ginting? Ada temen nawarin minimal 5KL dari jatah pemkab Bojonegoro yg di refined sama Patra Niaga.ginting wrote:saya curiga itu bukan krn dex basi..Winz wrote:Iya, cuma d daerah saya DEX jarang yang ngisi
Takutnya DEX anginan, soalnya d forum sebelah ada yang bilang ngisi DEX di daerah saya malah bermasalah mobilnya
Ada cara biar DEX anginan jadi agak bagusan ga ya?
Apa sebaiknya ngisi di denpasar aja yg DEX'nya sering keluar?
Klo jalan boil setahun ga sampai 10rb km malah, wkwkwk
tapi krn sebab lain oom
kalo dex penjualan dikit, pasti spbu itu nyetok dikit juga.
tadi ada yg nanya, apa jeleknya bio ? cenderung mengikat air di udara oom..itu yg saya baca..
bio solar, kelemahannya cetane rendah, impurity banyak, sulfur tinggi..
sulfur = corrosive in nature
sisi positivenya bio solar, banyak di jalanan dan murah
Klo saya belum punya buntut, om, jadi kayanya dakar 4x2 cukup apalagi yang ckd interior black kombinasi panel piano black, klo wood panel ultimate sama kaya dakar 4x2 cbu? Atau lebih baik?kesha wrote: ↑Sat Sep 16, 2017 18:13 Kalau agan mau ambil anps mendingan yg ultimate soalnya headroom nya lebar dan anakku lebih milih ada roof monitor daripada sunroof.
Untuk interior, anps lebih mewah menurut saya, apalagi posisi AC belakang nya sudah modern, sudah disisi2 bukan dari depan.
Untuk eksterior, selera sih, tp saya lebih suka anps, banyak lekuk2 muscle nya.
Suspensi anps empuk dan enak, klo stabil nya bagus kok, tidak limbung kalau sudah terbiasa bawanya.
Anf jedug kemungkinan pada mode power nya, rpm masih tinggi, turbo nya masih hidup, tp gigi nya sudah mesti pindah ke rendah, ini biasa terjadi pd mobil2 yg dimodif turbo, transmisi rawan sekali jebol.
Mungkin Anf harus ganti 8 speed biar ga jedug.
Kalo oom memang ada chanel untuk digunakan di Industri atau Alat berat,..ya monggo aja oom..Ivano wrote: ↑Sun Sep 17, 2017 4:32Kalau Solar HSD gimana Om Ginting? Ada temen nawarin minimal 5KL dari jatah pemkab Bojonegoro yg di refined sama Patra Niaga.ginting wrote:saya curiga itu bukan krn dex basi..Winz wrote:
Iya, cuma d daerah saya DEX jarang yang ngisi
Takutnya DEX anginan, soalnya d forum sebelah ada yang bilang ngisi DEX di daerah saya malah bermasalah mobilnya
Ada cara biar DEX anginan jadi agak bagusan ga ya?
Apa sebaiknya ngisi di denpasar aja yg DEX'nya sering keluar?
Klo jalan boil setahun ga sampai 10rb km malah, wkwkwk
tapi krn sebab lain oom
kalo dex penjualan dikit, pasti spbu itu nyetok dikit juga.
tadi ada yg nanya, apa jeleknya bio ? cenderung mengikat air di udara oom..itu yg saya baca..
bio solar, kelemahannya cetane rendah, impurity banyak, sulfur tinggi..
sulfur = corrosive in nature
sisi positivenya bio solar, banyak di jalanan dan murah
Biasa untuk isi Alat Berat atau genset industri.
Spek nya gimana ya?
Tengkiu.
Siap Om Ginting. Peruntukan memang buat alat berat dan industri.ginting wrote:Kalo oom memang ada chanel untuk digunakan di Industri atau Alat berat,..ya monggo aja oom..Ivano wrote: ↑Sun Sep 17, 2017 4:32Kalau Solar HSD gimana Om Ginting? Ada temen nawarin minimal 5KL dari jatah pemkab Bojonegoro yg di refined sama Patra Niaga.ginting wrote: saya curiga itu bukan krn dex basi..
tapi krn sebab lain oom
kalo dex penjualan dikit, pasti spbu itu nyetok dikit juga.
tadi ada yg nanya, apa jeleknya bio ? cenderung mengikat air di udara oom..itu yg saya baca..
bio solar, kelemahannya cetane rendah, impurity banyak, sulfur tinggi..
sulfur = corrosive in nature
sisi positivenya bio solar, banyak di jalanan dan murah
Biasa untuk isi Alat Berat atau genset industri.
Spek nya gimana ya?
Tengkiu.
Yang penting pastikan itu bukan barang hasil colongan...kudu legal....
Bukan dipakai buat mobil diesel kan oom ?
ini ada tulisan lama, sy copas dari sebelah...
Perbedaan Solar HSD, MFO dan IDO?
Posted on 9 May 2013 by admin
Sebagai orang awam mungkin anda belum paham apa bedanya HSD, MFO, IDO? simak penjelasan singkat berikut ini semoga bisa menambah pengetahuan kita di bidang solar menyolar.
High Speed Diesel (HSD)
merupakan BBM jenis solar yang memiliki angka performa cetane number 45, jenis BBM ini umumnya digunakan untuk mesin transportasi mesin diesel yang umum dipakai dengan sistem injeksi pompa mekanik (injection pump) dan electronic injection, jenis BBM ini diperuntukkan untuk jenis kendaraan bermotor transportasi dan mesin industri.
MFO (Marine Fuel Oil)
Minyak Bakar bukan merupakan produk hasil destilasi tetapi hasil dari jenis residu yang berwarna hitam. Minyak jenis ini memiliki tingkat kekentalan yang tinggi dibandingkan minyak diesel. Pemakaian BBM jenis ini umumnya untuk pembakaran langsung pada industri besar dan digunakan sebagai bahan bakar untuk steam power station dan beberapa penggunaan yang dari segi ekonomi lebih murah dengan penggunaan minyak bakar.
Minyak Bakar
Minyak Bakar tidak jauh berbeda dengan Marine Fuel Oil (MFO)
Biodiesel
Biodiesel Jenis Bahan Bakar ini merupakan alternatif bagi bahan bakar diesel berdasar-petroleum dan terbuat dari sumber terbaharui seperti minyak nabati atau hewan. Secara kimia, ia merupakan bahan bakar yang terdiri dari campuran mono-alkyl ester dari rantai panjang asam lemak. Jenis Produk yang dipasarkan saat ini merupakan produk biodiesel dengan campuran 95 persen diesel petroleum dan mengandung 5 persen CPO (NOTE : Kandungan CPO sekarang sduah bukan 5% lagi...silahkan google...) yang telah dibentuk menjadi Fatty Acid Methyl Ester (FAME)
Pertamina Dex
Pertamina Dex Adalah bahan bakar mesin diesel modern yang telah memenuhi dan mencapai standar emisi gas buang EURO 2, memiliki angka performa tinggi dengan cetane number 53 keatas, memiliki kualitas tinggi dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm, jenis BBM ini direkomendasikan untuk mesin diesel teknologi injeksi terbaru (Diesel Common Rail System), sehingga pemakaian bahan bakarnya lebih irit dan ekonomis serta menghasilkan tenaga yang lebih besar.
Diesel Oil (IDO)
Minyak Diesel adalah hasil penyulingan minyak yang berwarna hitam yang berbentuk cair pada temperatur rendah. Biasanya memiliki kandungan sulfur yang rendah dan dapat diterima oleh Medium Speed Diesel Engine di sektor industri. Oleh karena itulah, diesel oil disebut juga Industrial Diesel Oil (IDO) atau Marine Diesel Fuel (MDF).
===
Kan pengantin muda bakal punya buntut pd akhirnya.Winz wrote: ↑Sun Sep 17, 2017 9:57Klo saya belum punya buntut, om, jadi kayanya dakar 4x2 cukup apalagi yang ckd interior black kombinasi panel piano black, klo wood panel ultimate sama kaya dakar 4x2 cbu? Atau lebih baik?kesha wrote: ↑Sat Sep 16, 2017 18:13 Kalau agan mau ambil anps mendingan yg ultimate soalnya headroom nya lebar dan anakku lebih milih ada roof monitor daripada sunroof.
Untuk interior, anps lebih mewah menurut saya, apalagi posisi AC belakang nya sudah modern, sudah disisi2 bukan dari depan.
Untuk eksterior, selera sih, tp saya lebih suka anps, banyak lekuk2 muscle nya.
Suspensi anps empuk dan enak, klo stabil nya bagus kok, tidak limbung kalau sudah terbiasa bawanya.
Anf jedug kemungkinan pada mode power nya, rpm masih tinggi, turbo nya masih hidup, tp gigi nya sudah mesti pindah ke rendah, ini biasa terjadi pd mobil2 yg dimodif turbo, transmisi rawan sekali jebol.
Mungkin Anf harus ganti 8 speed biar ga jedug.
Video Dakar 4x2 CKD Quartz White Pearl
Cukup beda ya kayanya warna Quartz White Pearl sama White Pearl biasa ini, di sebelahnya kayanya mirage White Pearl, lebih kinclong dan eye catching agak kecoklatan, atau perasaan ane aja?
Dulu pertama rencana ultimate, om, tapi lihat keluar CKD baru akhirnya kepikiran ambil Dakar 4x2 CKD, soalnya fitur2 yg saya butuhkan juga sudah ada, wkwkwk, rencana pemakaian 4-6tahun lah sampai anps atau anf ganti model lagikesha wrote: ↑Sun Sep 17, 2017 14:05Kan pengantin muda bakal punya buntut pd akhirnya.Winz wrote: ↑Sun Sep 17, 2017 9:57Klo saya belum punya buntut, om, jadi kayanya dakar 4x2 cukup apalagi yang ckd interior black kombinasi panel piano black, klo wood panel ultimate sama kaya dakar 4x2 cbu? Atau lebih baik?kesha wrote: ↑Sat Sep 16, 2017 18:13 Kalau agan mau ambil anps mendingan yg ultimate soalnya headroom nya lebar dan anakku lebih milih ada roof monitor daripada sunroof.
Untuk interior, anps lebih mewah menurut saya, apalagi posisi AC belakang nya sudah modern, sudah disisi2 bukan dari depan.
Untuk eksterior, selera sih, tp saya lebih suka anps, banyak lekuk2 muscle nya.
Suspensi anps empuk dan enak, klo stabil nya bagus kok, tidak limbung kalau sudah terbiasa bawanya.
Anf jedug kemungkinan pada mode power nya, rpm masih tinggi, turbo nya masih hidup, tp gigi nya sudah mesti pindah ke rendah, ini biasa terjadi pd mobil2 yg dimodif turbo, transmisi rawan sekali jebol.
Mungkin Anf harus ganti 8 speed biar ga jedug.
Video Dakar 4x2 CKD Quartz White Pearl
Cukup beda ya kayanya warna Quartz White Pearl sama White Pearl biasa ini, di sebelahnya kayanya mirage White Pearl, lebih kinclong dan eye catching agak kecoklatan, atau perasaan ane aja?
Wood panel ultimate beda dgn CBU, dan kulit beige cocok sekali dgn wood panelnya, mirip2 mobil mewah eropa.
Kalau pake ultimate, harus apik sekali, rajin bersihkan kulit joknya.
Tambahan fitur dalam anps yaitu ac nya dual zone, sangat berguna.
Kalau mau pakai anps jangka panjang, sunroof sebaiknya dihindari karena karet2 sunroof suatu hari akan bocor.
Mobil sedan mercy pun sunroof nya bisa rembes ke plafon.
Fix ANPS Dakar 4x2 CKD kaya'nya, om, nunggu moment yang pas, rencana di nopember mau coba nego sadis, ini aja sales2 yang pernah saya hubungi banyak hubungi balik, tapi masih diskon 25-28jt jadi di 515-518jt utk White, klo grey atau silver baru bisa coba dinegoin 500jt kata sales'nya, secara pas ada moment galungan dan kuningan biasa'nya orang2 bali ga mau belanja, kebanyakan buat sembahyang, apalagi diikuti sudah mau akhir tahun, pasti dealer - dealer banyak yang kasih penawaran menarik