Dari awal tahun 2017, oe sudah berencana ambil 1 LCGC buat kuda perang sehari². Dari segala macam research & riset, oe putuskan untuk SPK karimun GS manual di bulan agustus kemarin ke teman suzuki oe.
Lalu akhir september kemarin, oe iseng² research & riset lagi semua LCGC yg ada di pasaran skrg.
Dan oe cukup terkejut, impressed dengan new agya 1.0L yg skrg sudah mendapatkan berbagai macam improvement.
Banyak sekali improvement yg menurut oe sangat penting :
1. Mesin 1.0L skrg pakai vvti (1KR-VE). Kalau New Ayla masih pakai 1KR-DE.
2. Pake DBW sekarang.
3. Setup untuk EPS ada refinement. Steering rack juga ada penyesuian.
4. Engine mounting di ganti, jadi lebih minim getaran.
5. Gearbox transmisi manual ada refinement, jadi lebih precise & halus.
6. Setup suspensi berubah + ada stabilizer sekarang. Handling improved & better ride quality.
7. Diameter disc di depan naik 1 inch kalo ga salah.
8. Tambahan peredam di beberapa titik.
9. Warna kuningnya lucu
Lalu saat oe kroscek ke market global (ASEAN), ternyata yg di ekspor versi 1.0L, bukan 1.2L yg baru.
Dari sini tergambar bagaimana kualitas mesin 1KR-VE.
Setidaknya dia capable dengan standard market global.
Skrg oe putuskan ambil new agya 1.0L manual warna kuning, OTR tangerang 132 saat tulisan ini dibuat.
Sebagai perbandingan, OTR karimun GS manual 126.5.
Dengan selisih yg hanya segitu, bisa dipertimbangkan new Agya 1.0L.
Apalagi ada versi ATnya juga.
Don't get me wrong, karimun still the best, in terms of built quality.
K series engine dari suzuki juga sudah sangat terkenal dengan reputasinya.
Gearbox manualnya juga precise & smooth.
SPK karimun oe belum batalkan.
Oe masih wait & see, siapa tau suzuki akan improve karimun GS mereka.
Tapi dengan pilihan yg ada sekarang, oe pilih new agya 1.0L
Semoga bermanfaat
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)