Chevrolet Captiva, How Much n When?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 362
- Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
DAEWOO
ini mah produk MAKSAIN DIRI bodi,teknologi,material khas korea selatan tapi namanya embel embel "american muscle" chevrolet gitue loeh
yg gue tau the real chevrolet itu : chevy blazer vortec engine V-6 4300Cc FSI atau chevrolet tahoe V-8 5300Cc ini baru the real chevrolet kalau cuma captiva mahhhhhhh mending gue beli kijang inova pasti bagus pasti berkualitas dan resale value sangat tinggi mending dibuang ke laut aja tuh bodinya sih masih kerenan kia sportage II

yg gue tau the real chevrolet itu : chevy blazer vortec engine V-6 4300Cc FSI atau chevrolet tahoe V-8 5300Cc ini baru the real chevrolet kalau cuma captiva mahhhhhhh mending gue beli kijang inova pasti bagus pasti berkualitas dan resale value sangat tinggi mending dibuang ke laut aja tuh bodinya sih masih kerenan kia sportage II


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Kalo soal mutu produk nya (bukan after sales), itu hanya masalah image dan doktrin yg berhasil ditanamkan marketer di sini.
Faktanya sih (harusnya) sederhana aja. Antara Daewoo dan GMDaewoo itu berbeda. Daewoo perusahaan otomotif yg udah bangkrut. GM Daewoo perusahaan yg memproduksi sekitar 1.5 juta unit lebih setahun dimana lebih dari 50% di ekspor ke Eropa dan USA.
Kalo mo bandingin industry otomotif Korea ama Indo saat ini (saat ini lho, bukan 10 thn yg lalu), liat aja angka produksi nya. Produksi GM Daewoo+Hyundai/Kia hampir 3 jt unit mobil /tahun. Dan hebatnya mereka, sekitar 50% dari produksi GM dann Hyundai/Kia untuk pasar ekspor ke Eropa/USA. Bandingkan dgn jumlah produksi seluruh merek di Indonesia dan jumlah yg di ekspor. Apakah ada 500 ribu unit setahun..? 3 jt unit vs 500 ribu. Dan dari 500 ribu unit, berapa % yg bisa di ekspor ke Eropa dan USA...?? Ehemm..ehemm....
Apa beda nya brand Jepang tapi made in Karawang dgn brand USA made in Korea...? Kecuali ada bukti industriy otomotif Cikarang-Karawang-Cikampek lebih maju dari industry otomotif Korea Selatan.
Masalahnya mungkin cuman soal "Nasionalisme". Kalo banyak yg beli CBU, kapan majunya negara Indonesia Raya tercinta ini... weleeh..weleh....
Faktanya sih (harusnya) sederhana aja. Antara Daewoo dan GMDaewoo itu berbeda. Daewoo perusahaan otomotif yg udah bangkrut. GM Daewoo perusahaan yg memproduksi sekitar 1.5 juta unit lebih setahun dimana lebih dari 50% di ekspor ke Eropa dan USA.
Kalo mo bandingin industry otomotif Korea ama Indo saat ini (saat ini lho, bukan 10 thn yg lalu), liat aja angka produksi nya. Produksi GM Daewoo+Hyundai/Kia hampir 3 jt unit mobil /tahun. Dan hebatnya mereka, sekitar 50% dari produksi GM dann Hyundai/Kia untuk pasar ekspor ke Eropa/USA. Bandingkan dgn jumlah produksi seluruh merek di Indonesia dan jumlah yg di ekspor. Apakah ada 500 ribu unit setahun..? 3 jt unit vs 500 ribu. Dan dari 500 ribu unit, berapa % yg bisa di ekspor ke Eropa dan USA...?? Ehemm..ehemm....
Apa beda nya brand Jepang tapi made in Karawang dgn brand USA made in Korea...? Kecuali ada bukti industriy otomotif Cikarang-Karawang-Cikampek lebih maju dari industry otomotif Korea Selatan.
Masalahnya mungkin cuman soal "Nasionalisme". Kalo banyak yg beli CBU, kapan majunya negara Indonesia Raya tercinta ini... weleeh..weleh....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Kalau dari pengalaman saya ngobrol-2 di bengkel..... mobil Korea itu engineering nya susah .... contoh nya.... untuk komponen-2 yang fast moving... langkah penggantiannya ribet... jadi harus bongkar bagian lain yang memerlukan waktu 2-3 jam kerja... baru bisa ganti komponen tersebut...
tetapi ada juga komponen yang slow moving... masa waktu 3-4 tahun sudah harus ganti, bengkel resmi nya tidak mau mengganti karena lebih ribet lagi...
selain itu persediaan suku cadang juga banyak masalah...
kalau soal kualitas pasti oke lah... karena bisa menembus pasar Amrik, EU... Kebetulan Daewoo ini setelah di pegang GM... juga jadi OEM nya merk lain seperti Suzuki... Forenza, Verona, Reno...
kalau masalah GM Ina... ialah hubungan nya dengan sub-dealer-2 yang katanya sangat tidak baik.....
Jadi untuk GM Ina yang baru ini harus konsentrasi ke pembinaan sub-dealer dan kesiapan after-sales... / pemeliharaan...
Pabrik mobil Korea bisa memproduksi / menjual mobil sebanyak itu karena di negaranya tidak boleh ada mobil Jepang dan daya beli masyarakatnya jauh lebih tinggi....
Kita sebetulnya malu dengan Malaysia, China, India.... atau ya kita relakan saja tetap jadi negara pertanian.... bukan industri....
tetapi ada juga komponen yang slow moving... masa waktu 3-4 tahun sudah harus ganti, bengkel resmi nya tidak mau mengganti karena lebih ribet lagi...
selain itu persediaan suku cadang juga banyak masalah...
kalau soal kualitas pasti oke lah... karena bisa menembus pasar Amrik, EU... Kebetulan Daewoo ini setelah di pegang GM... juga jadi OEM nya merk lain seperti Suzuki... Forenza, Verona, Reno...
kalau masalah GM Ina... ialah hubungan nya dengan sub-dealer-2 yang katanya sangat tidak baik.....
Jadi untuk GM Ina yang baru ini harus konsentrasi ke pembinaan sub-dealer dan kesiapan after-sales... / pemeliharaan...
Pabrik mobil Korea bisa memproduksi / menjual mobil sebanyak itu karena di negaranya tidak boleh ada mobil Jepang dan daya beli masyarakatnya jauh lebih tinggi....
Kita sebetulnya malu dengan Malaysia, China, India.... atau ya kita relakan saja tetap jadi negara pertanian.... bukan industri....
Dari Solo ke Oslo


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
Re: DAEWOO
solar_kerosen wrote:ini mah produk MAKSAIN DIRI bodi,teknologi,material khas korea selatan tapi namanya embel embel "american muscle" chevrolet gitue loeh
yg gue tau the real chevrolet itu : chevy blazer vortec engine V-6 4300Cc FSI atau chevrolet tahoe V-8 5300Cc ini baru the real chevrolet kalau cuma captiva mahhhhhhh mending gue beli kijang inova pasti bagus pasti berkualitas dan resale value sangat tinggi mending dibuang ke laut aja tuh bodinya sih masih kerenan kia sportage II![]()
Wah memang sesuai dengan nama anda pikiran anda juga korosan.
Apa salahnya mobil itu dibuat di korsel tapi engineringnya dari Amerika. Kijang innova no offense ya itu dibuat di toyota sunter bukannya di INdo ya. Biarpun mesin datang dari jepang tetap aja perakitan mesin dan body di sini.
"The all-new Chevrolet Captiva achieved third position in the prestigious Car of the Year 2007 election in Spain", http://www.gmeurope.com
"I think the Captiva should take the prize. Car of the year 2006 should represent safety for the consumers (Good visibility due to ride height, ...", blogs.drive.com.au/2006/10/which_vehicle_should_win_drive.html
"Chevrolet Captiva among Top Three in 2007 Car of the Year Contest", http://www.topspeed.com
Bukti eropa dan australia bisa menerima produk dan kualitas GMDAT. tapi indo hanya dengan stigma korean car aja jadi ilfil. Memang ga bisa maju deh indonesia. Diliat kualitas berdasarkan nama dan merek bukan berdasarkan kualitas sebenarnya.
Memang dulu mobil korean masih cupu dan jelek, tapi kan kualitasnya bisa improvedkan bukan jelek2 terus. Buktinya sekarang GRAND CARNIVAL DAN NEW KIA CARENS BAHKAN KIA RIO aja bisa sangat laku di benua eropa dan amerika.
Saya akui memang kalo segi after sales chevrolet masih kecil dibanding TAM atau HPM. Tapi chevy kan pemain baru tahun 2002. Memang dulu chevy ada sempat tenggelam dan bangkrut dan baru bangkit taon 2002. Ya perlahan2 mereka pasti meningkatkan after sales mereka dong. TOYOTA juga tahap per tahap. Komitmen chevy 3 toon mendatang menjadi 5 besar dealer di INdo.
Kembali ke captiva deh.
sekarang captiva ini teknologi no hoses no cable clean desain. Ehm kalo gitu ini termasuk teknologi yang canggih atau tambah ribet dalam penggantian kompenen????Kalau dari pengalaman saya ngobrol-2 di bengkel..... mobil Korea itu engineering nya susah .... contoh nya.... untuk komponen-2 yang fast moving... langkah penggantiannya ribet... jadi harus bongkar bagian lain yang memerlukan waktu 2-3 jam kerja... baru bisa ganti komponen tersebut...
tetapi ada juga komponen yang slow moving... masa waktu 3-4 tahun sudah harus ganti, bengkel resmi nya tidak mau mengganti karena lebih ribet lagi...
Kalo gw sih teknologi canggih, kalo ada pemikiran ini ribet pemasangan komponennya berarti pikiriannya masih ga bisa berkembang dan ga bisa maju2.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
Lalu suzuki grand vitara xl-7 itu buatan GM sebenarnya satu platform dengan captiva. terbukti diluar masih ada chevy grand vitara. Tapi ntar kalo masuk indo dengan nama suzuki orang indo pasti bilang ini mobil bagus lah buatan jepang lah ini lah itu lah. Padahal satu platform dengan captiva. Tapi captiva orang bilang jelek lah, korean built, bla bla bla. Ini lah mindset orang indo.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Re: DAEWOO
bro winata, fyi, innova dirakit di karawang.......sedangkan untuk mesin 1TR-FE di casting di sunter....trus mesin 1KD-TV D4D di buat di thai........Winata wrote:
Apa salahnya mobil itu dibuat di korsel tapi engineringnya dari Amerika. Kijang innova no offense ya itu dibuat di toyota sunter bukannya di INdo ya. Biarpun mesin datang dari jepang tetap aja perakitan mesin dan body di sini.
bro, maaf, kalau kata2 saya menyinggung......tetapi saya berkata bahwa produk korea belum bisa dipercaya berdasarkan pengalaman saya memakai carnival thn 2000 selama 3 thn......begitu juga dengan KIA visto milik sepupu saya.......memang dari satu tipe/merek tidak bisa untuk meng-generalisasi produk korea secara keseluruhan.........tetapi hal itu tidak cuma saya alami di mobil saja, saya juga pernah pakai mesin cuci sanken yang cuma dipakai 3 bulan udah jebol, karena gigi2 komponennya rontok,karena dari plastik foam semua, sedangkan sebelumnya pakai hitachi dari sejak saya kecil, sampai sekarang masih bandel............
begitu juga dengan pengalaman saya di kantor, alat2 berat korea(hyundai&daewoo) daya tahannya masih kalah jauh di banding dengan buatan/lisensi jepang.....
mungkin produk2 korea yang saya lihat sudah bisa dipercaya, baru HP & tv lcd samsung saja........sedangkan untuk otomotif,alat2 berat dan produk2 elektronik lain masih butuh waktu untuk membuktikan bahwa kualitas mereka sudah sebaik barang jepang/lisensi jepang......
kalau masalah bongkar pasang komponen, itu relatif, produk eropa, terutama BMW juga susah banget buka2 komponennya..........saya pernah mau ambil kompresor ac BMW seri 3 E46, butuh waktu seharian untuk melepasnya karena posisi komponen2nya saling menutupi satu dengan lainnya.........sedangkan kalau lepas kompressor ac mobil jepang, even camry sekalipun, mudah saja tuh......memang,kemudahan bongkar pasang komponen seharusnya dipertimbangkan matang2 oleh designer mobil.......bukan berarti makin canggih suatu mesin, makin sulit di bongkar pasang k?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
ok, back to GM, satuhal yang saya tidak suka dari GM adalah doyan ganti2 identitas antar merek yang dikuasainya.........dalam hal ini saya bicara dalam konteks pasar lokal indonesia.........contohnya blazer yang di rebadge jadi opel, trus tiba2 berubah jadi chevy........begitu juga dengan zafira.........
padahal perlu diketahui, pasar indonesia itu sensitif sama yang namanya merek.......harusnya GM lebih konsisten..........begitu juga di pasar global, GM dikenal paling doyan rebadge macem2 merek yang dikuasainya.........
saya lebih suka Honda yang lebih konsisten terhadap merek.........apakah anda pernah lihat produk honda yang ada kembarannya dengan merek lain?
padahal perlu diketahui, pasar indonesia itu sensitif sama yang namanya merek.......harusnya GM lebih konsisten..........begitu juga di pasar global, GM dikenal paling doyan rebadge macem2 merek yang dikuasainya.........
saya lebih suka Honda yang lebih konsisten terhadap merek.........apakah anda pernah lihat produk honda yang ada kembarannya dengan merek lain?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1023
- Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17
Hmm, anda yakin nih bung Winata kalau new XL7 itu 1 platform dengan Captiva ? Seinget saya XL7 itu 1 platform dengan Chevy Equinox & Pontiac [cencored] yang lebih besar & mesin std V6. Kalau Captiva mungkin 1 platform dengan Saturn Vue ya yang lebih kecil ? CMIMW...
Kalau Captiva sih hrsnya quality sudah ok yah, soalnya ini kan sudah global car.
Kalau Captiva sih hrsnya quality sudah ok yah, soalnya ini kan sudah global car.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Yah jelas lah, Honda selain merek Honda dan Acura ada brand apa lagi?ween wrote:saya lebih suka Honda yang lebih konsisten terhadap merek.........apakah anda pernah lihat produk honda yang ada kembarannya dengan merek lain?
GM itu ada banyak sekali: Chevrolet, GMC, Cadillac, dll sampai Isuzu dan Suzuki dari Jepang.
Ford memang banyak juga divisi dan anak perusahaannya, tapi memang tidak seperti GM jika ingin merebadge, tapi juga mengubah penampilan sedikit
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
mungkin maksudnya, modelnya sama, tp beda merek. kaya APV n Maven. atau Nissan apa dan Suzuki apa ya.. lupa. Trus dulu, Ford Lynx dengan Mazda apa..lupa juga.WP wrote:Yah jelas lah, Honda selain merek Honda dan Acura ada brand apa lagi?ween wrote:saya lebih suka Honda yang lebih konsisten terhadap merek.........apakah anda pernah lihat produk honda yang ada kembarannya dengan merek lain?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
ford lynx dengan mazda familia/lantis......hunter wrote:mungkin maksudnya, modelnya sama, tp beda merek. kaya APV n Maven. atau Nissan apa dan Suzuki apa ya.. lupa. Trus dulu, Ford Lynx dengan Mazda apa..lupa juga.WP wrote:Yah jelas lah, Honda selain merek Honda dan Acura ada brand apa lagi?ween wrote:saya lebih suka Honda yang lebih konsisten terhadap merek.........apakah anda pernah lihat produk honda yang ada kembarannya dengan merek lain?
nissan moco dengan wagon r / karimun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Di dunia perdagangan ada istilah Brand to Brand Complementary... untuk memperluas channeling...
Kalau di states ada aturan CAFE (Corporate Average Fuel Efficiency/ Economy)
Untuk memenuhi aturan tersebut, mereka merebadge merk lain.
http://en.wikipedia.org/wiki/Corporate_ ... el_Economy
Kalau di states ada aturan CAFE (Corporate Average Fuel Efficiency/ Economy)
Untuk memenuhi aturan tersebut, mereka merebadge merk lain.
http://en.wikipedia.org/wiki/Corporate_ ... el_Economy
Dari Solo ke Oslo


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
Re: DAEWOO
Itu kan carnival dan visto dulu. Sekarang sudah improved total. Lalu mengenai GMDAT itu engineringnya dari AMRIK dan pabriknya di korsel. Bearti tidak seutuhnya buatan korea lagi.ween wrote:bro winata, fyi, innova dirakit di karawang.......sedangkan untuk mesin 1TR-FE di casting di sunter....trus mesin 1KD-TV D4D di buat di thai........Winata wrote:
Apa salahnya mobil itu dibuat di korsel tapi engineringnya dari Amerika. Kijang innova no offense ya itu dibuat di toyota sunter bukannya di INdo ya. Biarpun mesin datang dari jepang tetap aja perakitan mesin dan body di sini.
bro, maaf, kalau kata2 saya menyinggung......tetapi saya berkata bahwa produk korea belum bisa dipercaya berdasarkan pengalaman saya memakai carnival thn 2000 selama 3 thn......begitu juga dengan KIA visto milik sepupu saya.......memang dari satu tipe/merek tidak bisa untuk meng-generalisasi produk korea secara keseluruhan.........tetapi hal itu tidak cuma saya alami di mobil saja, saya juga pernah pakai mesin cuci sanken yang cuma dipakai 3 bulan udah jebol, karena gigi2 komponennya rontok,karena dari plastik foam semua, sedangkan sebelumnya pakai hitachi dari sejak saya kecil, sampai sekarang masih bandel............
begitu juga dengan pengalaman saya di kantor, alat2 berat korea(hyundai&daewoo) daya tahannya masih kalah jauh di banding dengan buatan/lisensi jepang.....
mungkin produk2 korea yang saya lihat sudah bisa dipercaya, baru HP & tv lcd samsung saja........sedangkan untuk otomotif,alat2 berat dan produk2 elektronik lain masih butuh waktu untuk membuktikan bahwa kualitas mereka sudah sebaik barang jepang/lisensi jepang......
kalau masalah bongkar pasang komponen, itu relatif, produk eropa, terutama BMW juga susah banget buka2 komponennya..........saya pernah mau ambil kompresor ac BMW seri 3 E46, butuh waktu seharian untuk melepasnya karena posisi komponen2nya saling menutupi satu dengan lainnya.........sedangkan kalau lepas kompressor ac mobil jepang, even camry sekalipun, mudah saja tuh......memang,kemudahan bongkar pasang komponen seharusnya dipertimbangkan matang2 oleh designer mobil.......bukan berarti makin canggih suatu mesin, makin sulit di bongkar pasang k?
Memang tidak ada stigma yang bilang canggih pasti sulit penggantian komponennya. Tapi kalo menurut gw sulit, kita bisa liat contoh canggih itu sulit misalnya TV PLASMA canggihkan kalo perbaiki dan ganti komponen harus hati2 kalo ga bisa rusak total dibanding TV biasa kan mudah kan penggantiannya. HP juga kalo tambah canggih bisa 3G, semi PDA canggih kan tapi kalo ada penggantian sparepart sulit tuh dibanding dengna hp dulu yang tidak berwarna dulu. CMIIW
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
GM itu gede dan banyak anak perusahaannya. Mereka sesuaikan merek mereka berdasarkan negara2 yang sudah mengenal merek mereka. DI indo mengapa kembali pake CHEVY karena CHEVY sudah terkenal dari dulu kaya IMPALA, LUV dan TROPERNYA. Dan GM lagi coba merangkakween wrote:ok, back to GM, satuhal yang saya tidak suka dari GM adalah doyan ganti2 identitas antar merek yang dikuasainya.........dalam hal ini saya bicara dalam konteks pasar lokal indonesia.........contohnya blazer yang di rebadge jadi opel, trus tiba2 berubah jadi chevy........begitu juga dengan zafira.........
padahal perlu diketahui, pasar indonesia itu sensitif sama yang namanya merek.......harusnya GM lebih konsisten..........begitu juga di pasar global, GM dikenal paling doyan rebadge macem2 merek yang dikuasainya.........
saya lebih suka Honda yang lebih konsisten terhadap merek.........apakah anda pernah lihat produk honda yang ada kembarannya dengan merek lain?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
INI LIST PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG MEMILIKI MERK LEBIH DARI SATUWP wrote:Yah jelas lah, Honda selain merek Honda dan Acura ada brand apa lagi?ween wrote:saya lebih suka Honda yang lebih konsisten terhadap merek.........apakah anda pernah lihat produk honda yang ada kembarannya dengan merek lain?
GM itu ada banyak sekali: Chevrolet, GMC, Cadillac, dll sampai Isuzu dan Suzuki dari Jepang.
Ford memang banyak juga divisi dan anak perusahaannya, tapi memang tidak seperti GM jika ingin merebadge, tapi juga mengubah penampilan sedikit
CHRYSLER : CHRYSLER, JEEP, DODGE
FORD : FORD, LINCOLN, MERCURY
GM kenapa banyak anak perusahaan karena mereka selalu mengakuisiisi perusahaan otomotif yang sudah bangkrut. Itu strategi mereka dalam berbisnis : BUICK, CADILAC, GM, GMC, CHEVROLET, HOLDEN, HUMMER, PONTIAC, SATURN, OPEL, SAAB, SAHAM ISUZU, SAHAM SUZUKI,
HONDA : HONDA, ACURA
MERCEDES : MAYBACH, MCLAREN SLR, MERCEDES, SMART
NISSAN : INFINITI, NISSAN
VW : VW, SCODA, SEAT
TOYOTA punya TOYOTA, LEXUS dan SCION
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 479
- Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07
Re: DAEWOO
Bos maaf nih. Sanken itu brand lokal (Indonesia) ,ini linknya :
http://www.sanken.co.id/
Silahkan click bagian corporate info
http://www.sanken.co.id/
Silahkan click bagian corporate info
ween wrote:Winata wrote: tidak cuma saya alami di mobil saja, saya juga pernah pakai mesin cuci sanken yang cuma dipakai 3 bulan udah jebol, karena gigi2 komponennya rontok,karena dari plastik foam semua, sedangkan sebelumnya pakai hitachi dari sejak saya kecil, sampai sekarang masih bandel............
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
Re: DAEWOO
Koreksi bentar bukan saya yang wrote tetapi bung ween.cowcool wrote:Bos maaf nih. Sanken itu brand lokal (Indonesia) ,ini linknya :
http://www.sanken.co.id/
Silahkan click bagian corporate info
ween wrote:
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
Yup ada satu lagi stigma orang INdo. Kalo produk Jepang bermasalah, orang pasti bilang ini pasti ada kesalahan ga disengaja oleh enginner jepang itu. Liat aja HONDA, NISSAN, TOYOTA sekarang banyak yang direcall. Kalo mobil Korea sekarangkan dah improved tetapi jika ada bermasalahn orang indo bilang ya iyalah produk korea gitu loh. Intinya tetap aja korea itu buruk biarpun mereka dan improved.