sadar nggak sadar Honda sekarang jika dilihat dari desainnya lebih mengarah ke eropa - eropaan dan Amerika... Soal rancang bangun dan mesin, juga ngikut Eropa dan Amerika... sepertinya mereka secara teknologi lebih senang bersaing dengan Ford.liemivan86 wrote: Sat Sep 30, 2017 3:51 Pantas aja nda pernah liat di Jepang. Tapi CRV yang lama juga tidak laku koq di sana. Kalah jauh dengan CX-5 dan T32.
Tidak bisa om, mesti pakai remote / pakai tombol di bagasinya.undertaker2011 wrote: Sat Sep 30, 2017 2:57 hmnm, jadi buat electric bagasi-na ngga bisa pake tendangan tanpa bayangan ya suhu? buka pake remote?
dream_theater wrote: Sat Sep 30, 2017 5:17 Om Chz, BBM direkomendasi pake apa? Oktan 98?
Saat ngetes pake BBM apa?
Kalo dalam penggunaannnya mesin turbo gini (misalkan di pelosok) cuma pake oktan 90, apa dampaknya (jangka pendek & jangka panjang)?
Thx
speedy208 wrote: Sat Sep 30, 2017 5:30 https://www.google.co.id/amp/s/www.oto. ... m-21164573
Rekomendasi tetep min Pertamax tapi katanya sempet ditest pake BBM RON 83 aja masih ok jadi pake Premium RON 88 mestinya ok dan ngga menggugurkan garansi
Padahal mesin turbo merk lain kebanyakan mensyaratkan RON minimal 95 yah
Mobil tes pakai RON98...
Nah mengenai bisa / tdk bisa pakai premium... saya sih beranggapan bisa karena mobil turbo di era modern sekarang yang sudah dikontrol oleh ECU... parameternya banyak... jadi ECU seperti sudah ada "fail-safe mechanism" , saya nggak tau seperti apa di ECU Honda, mungkin sudah diantisipasi dengan mapping RON88 sehingga aman pakai RON88...
Meskipun ya pasti konsekuensi tenaga pasti drop... nggak jadi 190 mungkin hanya 170 - 180 saja. Bisa jadi caranya retard timing injeksi dan nurunin boost pressure... sistem Direct Injection justru lebih minim resiko ngelitik.
Tapi untuk performa optimal sih sangat disarankan oktan 98.
Contoh lain di mesin N/A Mazda SKYACTIV yang keperluan oktannya tinggi tapi tetap bisa meminum minimal RON 90 di Indonesia, dengan konsekuensi tenaga drop.