Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
semesta wrote: Tue Sep 26, 2017 14:18
1. Berapa lama rekan-rekan manasin mobil?
2. Untuk mobil transmisi otomatis, posisi transmisi di P atau N?
3. Untuk mobil tanpa indikator, ciri apa yang dipakai kalau mobil udah siap jalan?
4. Untuk mobil yang jarang dipakai, kira-kira Berapa hari sekali harus dipanasin?
5. Penting gak sih manasin mobil sebelum beraktifitas?
1. 2 -5 Menit, sambil ngelap kaca
2. N
3. RPM dibawah 1000
4. 2-3 hari dan bukan cuma dipanasin tp dibawa jalan supaya mesin selalu tercover oleh pelumas dan karet2 berfungsi semana mestinya.
5. Menurut saya penting
semesta wrote: Tue Sep 26, 2017 14:18
1. Berapa lama rekan-rekan manasin mobil?
2. Untuk mobil transmisi otomatis, posisi transmisi di P atau N?
3. Untuk mobil tanpa indikator, ciri apa yang dipakai kalau mobil udah siap jalan?
4. Untuk mobil yang jarang dipakai, kira-kira Berapa hari sekali harus dipanasin?
5. Penting gak sih manasin mobil sebelum beraktifitas?
1. Buka gerbang, start mobil, merayap keluar garasi, tutup gerbang, langsung cus pelan sampe keluar perumahan.
2. N
3. Rpm idle <1000
4. Seminggu 1x dibawa keliling <10km biar aki ngisi
5. Gak penting, cmn buang* bensin
Saya ikutan...
1. 1-2 menit
2. P
3. Biasanya suara mesin sedikit lebih halus kalau ready
4. 3-4 hari sekali
5. Untuk mobil modern, infonya sudah tidak perlu
Our other services SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
1. Berapa lama rekan-rekan manasin mobil?
-ga lebih dari 3menit
2. Untuk mobil transmisi otomatis, posisi transmisi di P atau N?
-bebas, seringnya di P
3. Untuk mobil tanpa indikator, ciri apa yang dipakai kalau mobil udah siap jalan?
-saat RPM udh stabil (biasanya kalau baru dinyalain agak tinggi RPM nya, tunggu turun sampe stabil)
4. Untuk mobil yang jarang dipakai, kira-kira Berapa hari sekali harus dipanasin?
-mobil saya dipake paling seminggu sekali atau dua kali, dipanasin pas mau dipake aja
5. Penting gak sih manasin mobil sebelum beraktifitas?
-penting, biar nyawanya kumpul hahahaha
"The important thing in Life is not the Triumph but the Struggle"
1. Berapa lama rekan-rekan manasin mobil?
- sampai rpm idle di normal 700 sd 800 rpm
2. Untuk mobil transmisi otomatis, posisi transmisi di P atau N?
-bebas, seringnya di P
3. Untuk mobil tanpa indikator, ciri apa yang dipakai kalau mobil udah siap jalan?
-saat RPM udh stabil (biasanya kalau baru dinyalain agak tinggi RPM nya, tunggu turun sampe stabil)
4. Untuk mobil yang jarang dipakai, kira-kira Berapa hari sekali harus dipanasin?
- 3 hari sekali. Tapi menurut saya kalo sudah beli mobil pasti udah ada peruntukannya. Jadi sayang banget ngeluarin biaya mtc, pajak, dll kalo beli mobil gak dipake
5. Penting gak sih manasin mobil sebelum beraktifitas?
-menurut saya penting. Semenit dua menit sekalian cek kondisi mobil dan instrumen2 di dasboard kali aja ada malfugsi. Toh mobil baru juga belum tentu sempurna
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
Kalo saya tergantung mobil.
Kalo mobil baru atau ECU manipulasi pengapian dan pasokan bbm+udara ke mesin, ga dipanasin. Saya hanya stater, buka pagar, keluar rumah. Dua piaraan terakhir sebelum mobil sekarang itu BMW jadul, dipanasin ga dipanasin idle segitu aja, dia manipulasi bbm+udara masuk. Digas pun ngga brebet, stater langsung bawa jalan. Panduannya juga begitu, panasin sambil jalan.
Kalo mobil yang brebet, dipanasin 1 menit atau lebih tergantung karakter.
Genio misalnya, kalo belum anget rpm manteng aja di atas. Mau masuk D pun susah, jadi nunggu sampe stasioner normal. Kalo udah normal baru masuk D cuma didorong biasa. Beda lagi kalo mobil yang ada cuknya seperti Katana, jalan sambil dicuk sampe stasioner normal.
Ane mau tanya soal cara atau gaya rekan-rekan dalam manasin mobil pagi hari..?
1. Berapa lama rekan-rekan manasin mobil?
Kira kira selama proses nutup gerbang. Biasanya saya buka gerbang, starter..mundurin mobil..tutup gerbang, hembok..maju....
2. Untuk mobil transmisi otomatis, posisi transmisi di P atau N?
Di Posisi P, karena kalo di N takut kesenggol bocah di mobil..
3. Untuk mobil tanpa indikator, ciri apa yang dipakai kalau mobil udah siap jalan?
Asal tanda teko oli sudah hilang,..kalao gak ada tanda itu, feeling saja..yg penting semenit pertama jalan gak usah bejek dulu.
Saya biasanya untuk keluar komplek, dari rumah sampe gerbang komplek, cuma pakai idle saja atau gas sampe 1200 RPM.
4. Untuk mobil yang jarang dipakai, kira-kira Berapa hari sekali harus dipanasin?
Saya sih tiap sabtu pakai mobil. itu saja. Dan itu sdh saya lakukan di 3 mobil saya : Xenia, IPah GNKI, iMuX.
5. Penting gak sih manasin mobil sebelum beraktifitas?
Tidak penting lagi, karena sisa oli kemaren sdh jadi lapisan film disana...dan mytos itu sebenarnya karena mesin jadul itu harus mencapai suhu optimum baru bisa jalan normal. Mesin modern sudah bukan kewajiban lagi.
Malah jelaga di ruang bakar nanti bakal banyak, kalau lama lama manasiin mobil..
1. Paling 2 - 3 menit, nunggu rpm yg tdnya menggerung 1200rpm turun jd 800rpm stasioner
2. P
Lagian tuasnya ga bisa dipindah ke N kl blm nyala mesinnya
3. 700-800rpm lah. Trs udah stabil rpmnya
4. Kl sy seminggu sekali 30 menit. Skalian biar ga tekor aki walaupun keliatannya mubazir seh ngabisin bensin
5. Kl mnurut ane penting seh, soalnya mesin kan butuh suhu optimal buat pembakarannya. Paling 2 menit rpm turun lsg jalan. Pernah ga pake pemanasan, stater lsg jalan, eh ndut2an ngeden.
semesta wrote: Tue Sep 26, 2017 14:18
1. Berapa lama rekan-rekan manasin mobil?
2. Untuk mobil transmisi otomatis, posisi transmisi di P atau N?
3. Untuk mobil tanpa indikator, ciri apa yang dipakai kalau mobil udah siap jalan?
4. Untuk mobil yang jarang dipakai, kira-kira Berapa hari sekali harus dipanasin?
5. Penting gak sih manasin mobil sebelum beraktifitas?
1. Gaada patokan waktu pastinya. Yang penting rpm udh turun dari sekitar 1700-1800 ke sekitar 1100-1200. Biasanya mobil kalo udh ditinggal beberapa hari prosesnya lbh lama tp kalo cuma semalem biasanya sambil keluar garasi trus tutup pager juga udh turun.
2. Biasanya di P tp akhir2 ini setelah baca artikel di autobild kalau di P atf engga bersirkulasi semua jadi hampir selalu pindah ke N dulu (Kenapa hampir? Karena kadang suka lupa heheheh)
3. Tanpa indikator temperatur ya? Karena sepertinya hampir semua mobil minimal ada indikator yang warna biru atau merah. Yang penting sih rpm udah turun..
4. Namanya engga dipake ya jadi seingetnya aja ya, tp biasanya dalam seminggu pasti dipanasin sih..
5. Penting sih tp sekali-kali kalo lagi kepepet gapapa kali ya langsung gaspol aja. Yang penting kondisi oli harus selalu sip...
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
ginting wrote: Thu Sep 28, 2017 10:50
Ane mau tanya soal cara atau gaya rekan-rekan dalam manasin mobil pagi hari..?
1. Berapa lama rekan-rekan manasin mobil?
Kira kira selama proses nutup gerbang. Biasanya saya buka gerbang, starter..mundurin mobil..tutup gerbang, hembok..maju....
2. Untuk mobil transmisi otomatis, posisi transmisi di P atau N?
Di Posisi P, karena kalo di N takut kesenggol bocah di mobil..
3. Untuk mobil tanpa indikator, ciri apa yang dipakai kalau mobil udah siap jalan?
Asal tanda teko oli sudah hilang,..kalao gak ada tanda itu, feeling saja..yg penting semenit pertama jalan gak usah bejek dulu.
Saya biasanya untuk keluar komplek, dari rumah sampe gerbang komplek, cuma pakai idle saja atau gas sampe 1200 RPM.
4. Untuk mobil yang jarang dipakai, kira-kira Berapa hari sekali harus dipanasin?
Saya sih tiap sabtu pakai mobil. itu saja. Dan itu sdh saya lakukan di 3 mobil saya : Xenia, IPah GNKI, iMuX.
5. Penting gak sih manasin mobil sebelum beraktifitas?
Tidak penting lagi, karena sisa oli kemaren sdh jadi lapisan film disana...dan mytos itu sebenarnya karena mesin jadul itu harus mencapai suhu optimum baru bisa jalan normal. Mesin modern sudah bukan kewajiban lagi.
Malah jelaga di ruang bakar nanti bakal banyak, kalau lama lama manasiin mobil..
1. Berapa lama rekan-rekan manasin mobil?
buat saya 1-3 menit cukup.
2. Untuk mobil transmisi otomatis, posisi transmisi di P atau N?
hanya ada manual, skip.
3. Untuk mobil tanpa indikator, ciri apa yang dipakai kalau mobil udah siap jalan?
semuanya ada indikatornya, tapi 1-3 menit sudah cukup.
4. Untuk mobil yang jarang dipakai, kira-kira Berapa hari sekali harus dipanasin?
1-2 minggu sekali.
5. Penting gak sih manasin mobil sebelum beraktifitas?
penting, kalo langsung jalan sangat bergetar mesinnya (dalam kasus saya di mesin 4d56).
"no one's first choice, everyone's daily driver" - atoyot
semesta wrote: Tue Sep 26, 2017 14:18
1. Berapa lama rekan-rekan manasin mobil?
2. Untuk mobil transmisi otomatis, posisi transmisi di P atau N?
3. Untuk mobil tanpa indikator, ciri apa yang dipakai kalau mobil udah siap jalan?
4. Untuk mobil yang jarang dipakai, kira-kira Berapa hari sekali harus dipanasin?
5. Penting gak sih manasin mobil sebelum beraktifitas?
Nubie ikutan ahhh...
1. Rata-rata 2-3 menit. Sampe indikator temperatur biru/ijo mati, atau jarum bergerak ke 1/4nya. Tapi kalo overcold alias mesin ada trobel, bisa sampai 10 menit.
2. P, plus handbrake.
3. Indikator apa ya? Temperatur ijo/biru itu ya? Ato rpm meter? Pake feeling aja, sekitar 2-3 menit. Kalo ga ada rpm meter nya macam grenmek, ya sama.. sekitar 2-3 menit.
4. Kalo mobil std dan 'sehat', kadang 5 hari sekali. Kalo mobil yang umurnya > 5 tahun, 2 hari sekali, manasinnya sampe extra fan kerja. Yang matik, kebetulan pernah piara Accord SV4at '96 saya ajak jalan 20-30 menit, sambil ngecengin mahmud, janmud, dedek gemes...seadanya dech!
5. Buat saya, penting. Wong semuanya beli kondisi bekas, ga percaya 100% oli mesin yang dicemplungin itu merk apa, kualitas n fitur nya gimana, juga aki dan alternatornya...
Ga pake panas2in, plg bbrp detik lgs jln tp jln pelan/gelinding sambil keluar perumahan tanpa ac. Alesannya polusi, apalagi diesel bau nyengat n brisik
1. tergantung kucing. kalo di kolong mobil ga ada kucing bobok ya langsung ngerayap.
2. di D sambil ngerayap keluar gang (matic, ga pake digas). sayang bensin kalo buat manasin doang tanpa gerakan.
3. jarum indikator suhu antara 1/3 s.d. 1/2
4. tergantung jenis oli yg dipake. kalo pake oli bagus, kaga usah dipanasin 2 bulan juga gpp.
5. nggak.
daftar wrote: Tue Sep 26, 2017 15:39
Kenapa habis starter rpm naik dulu? Pasti ada maksudnya kan.
Kalo saya sih nunggu rpm turun dulu.
iya betul. RPM naik dulu itu namanya mode "open-loop".
sensor O2 blom bisa bekerja karena blom panas, jadi bensin dibikin 'rich' oleh ECU biar mesin nggak stall.
begitu O2 sensor aktif, RPM diturunin biar efisien dan ramah lingkungan.
The Government wants Power! They rob it from our engines.
- panasin, biasanya 2-3 menit. sampe indikator naik ke batas minimum. atau rpm mesin idle.
- posisi di N, karena dulu pernah dikasi tau waktu mobil yg lama trannynya rusak, sama bengkel matic disuruh taruh di N pas panasin. karena menurut mereka kalo di P oli maticnya gak bersirkulasi, kalo di N dia bersirkulasi. mungkin supaya melumasi seluruh bagian sebelum tranny kena beban jalanan.
1. 30-60 detik karena ga perlu lama2 untuk mesin modern mah. Asal olinya sirkulasi dan tekanannya udah di working pressure.
2. Di P, plus handbrake. Kadang di N kalo posisi parkir ngga pas di tanjakan.
3. Sampe rpm turun aja atau patokan waktu 30-45 detik
4. Seminggu sekali...tapi saya sering tinggal mobil sebulan ga dipanasin masih okeoce sampe dijual.
5. Penting tapi ngga lama2 cuma untuk olinya sirkulasi aja. Working temperature dan suhu awal starter ga selisih jauh kok jadi ga ngrusak mesin.
Miara mobil keluaran 2004 sampai dilego tahun 2016 ga pernah manasin mobil. Dipake seminggu juga paling 3x.
Engine sehat sentosa.
Menurut ane manasin mobil sudah tidak penting. Kecuali kita memerlukan tambahan performa 0,...sekian detik.
Lagipula, siapa sih yg keluar garasi mobil langsung gas pol hehehe