Cacat Produksi Livina
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56
Klo menurut gw ttg. masalah si Mr. Black, karena pemasangan sendiri oleh teknisi di luar NMI. Sedangkan si teknisi luar tsb. tidak mengerti alur kabel bodi secara mendalam.
Sudah rahasia umum klo ATPM punya primbon sendiri dalam hal ini & tidak akan dibuka utk. umum, karena akan menjadi nilai jual mereka.
Jadi sebenarnya kapasitas kabel bodi sudah tersedia utk. fog lamp dan sudah dihitung dgn. kapasitas aki serta kapasitas pengisian dari altenator (fungsi aki hanya utk. start engine, setelah engine menyala, fungsi aki akan dibantu oleh altenator).
Klo mau tambah asesoris yang berhubungan dgn. kelistrikan, cek kapasitas altenator (misal kapasitas max altenator 70amp, maka seluruh alat kelistrikan di mobil pada saat menyala semua max harus = 70amp, gak boleh lebih karena akan menyebabkan aki tekor - pemasukan ama pengeluaran gak berimbang). Ujung2nya ECU bermasalah, karena laporan dari sensor2 ke ECU tidak cocok dgn. settingan awal, akhirnya ECU hang alias ngambek.
Inilah kenapa di 1.5 ada tempat utk. foglamp tapi tidak ada utk. electric mirror, mungkin arus yang dibutuhkan electric mirror melebihi kapasitas aki & altenator.
Selain harus merancang ulang kapasitas aki & altenator, kabel bodi, tentu juga harus me-reset ECU, bukan pekerjaan yang mudah.
Jadi sebaiknya klo tidak punya primbon-nya Livina, lebih baik beli dan pasang di dealer resmi. Tapi ya itu... mahal jek. Mahal bukan karena harga barangnya, tapi otak yang dipake buat bikin primbonnya itu.
Tips aki awet:
1. panaskan mesin (dari keadaan dingin). Kira2 2 menit (karena livina tdk. ada indikator suhu mesin c-h, klo boil yg. ada indikator c-h, bisa dilakukan setelah di atas c) , baru boleh menyalakan alat yang berhubungan dgn. kelistrikan (tape, ac, lampu2, dll.). Karena arus yang dibutuhkan utk. menyalakan mesin sangat besar, sehingga aki akan mengalami kekurangan daya. Namun setelah mesin hidup akan langsung diisi altenator.
2. Setelah pemakaian, matikan seluruh alat kelistrikan, tunggu beberapa saat pada saat rpm idle, baru kemudian matikan mesin. Berguna utk. mengisi aki agar mudah pada saat start engine.
3. Cek air aki setiap minggu, klo kurang tambah sesuai batas atas. Klo kurang akan membuat sel2 aki cepat rusak, klo kelebihan akan membuat keluar dari lubang tutup aki & mengakibatkan korosi.
4. Isi air aki dgn. yang kwalitas bagus.
5. Klo mau ganti aki, sesuaikan dgn. kapasitas max altenator. Misal kapasitas altenator 70amp, max penggantian aki dgn. kapasitar 70amp. Klo lebih dari altenator, mempercepat kerusakan altenator karena gak pernah selesai2 ngisinya.
Insya Allah aki anda akan awet (mungkin bisa tiga tahun lebih). karena yg. punya saya sdh. 2 thn, masih ok. Alhamdulillah.
have a nice driving...
Sudah rahasia umum klo ATPM punya primbon sendiri dalam hal ini & tidak akan dibuka utk. umum, karena akan menjadi nilai jual mereka.
Jadi sebenarnya kapasitas kabel bodi sudah tersedia utk. fog lamp dan sudah dihitung dgn. kapasitas aki serta kapasitas pengisian dari altenator (fungsi aki hanya utk. start engine, setelah engine menyala, fungsi aki akan dibantu oleh altenator).
Klo mau tambah asesoris yang berhubungan dgn. kelistrikan, cek kapasitas altenator (misal kapasitas max altenator 70amp, maka seluruh alat kelistrikan di mobil pada saat menyala semua max harus = 70amp, gak boleh lebih karena akan menyebabkan aki tekor - pemasukan ama pengeluaran gak berimbang). Ujung2nya ECU bermasalah, karena laporan dari sensor2 ke ECU tidak cocok dgn. settingan awal, akhirnya ECU hang alias ngambek.
Inilah kenapa di 1.5 ada tempat utk. foglamp tapi tidak ada utk. electric mirror, mungkin arus yang dibutuhkan electric mirror melebihi kapasitas aki & altenator.
Selain harus merancang ulang kapasitas aki & altenator, kabel bodi, tentu juga harus me-reset ECU, bukan pekerjaan yang mudah.
Jadi sebaiknya klo tidak punya primbon-nya Livina, lebih baik beli dan pasang di dealer resmi. Tapi ya itu... mahal jek. Mahal bukan karena harga barangnya, tapi otak yang dipake buat bikin primbonnya itu.
Tips aki awet:
1. panaskan mesin (dari keadaan dingin). Kira2 2 menit (karena livina tdk. ada indikator suhu mesin c-h, klo boil yg. ada indikator c-h, bisa dilakukan setelah di atas c) , baru boleh menyalakan alat yang berhubungan dgn. kelistrikan (tape, ac, lampu2, dll.). Karena arus yang dibutuhkan utk. menyalakan mesin sangat besar, sehingga aki akan mengalami kekurangan daya. Namun setelah mesin hidup akan langsung diisi altenator.
2. Setelah pemakaian, matikan seluruh alat kelistrikan, tunggu beberapa saat pada saat rpm idle, baru kemudian matikan mesin. Berguna utk. mengisi aki agar mudah pada saat start engine.
3. Cek air aki setiap minggu, klo kurang tambah sesuai batas atas. Klo kurang akan membuat sel2 aki cepat rusak, klo kelebihan akan membuat keluar dari lubang tutup aki & mengakibatkan korosi.
4. Isi air aki dgn. yang kwalitas bagus.
5. Klo mau ganti aki, sesuaikan dgn. kapasitas max altenator. Misal kapasitas altenator 70amp, max penggantian aki dgn. kapasitar 70amp. Klo lebih dari altenator, mempercepat kerusakan altenator karena gak pernah selesai2 ngisinya.
Insya Allah aki anda akan awet (mungkin bisa tiga tahun lebih). karena yg. punya saya sdh. 2 thn, masih ok. Alhamdulillah.
have a nice driving...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56
Klo menurut gw ttg. masalah si Mr. Black, karena pemasangan sendiri oleh teknisi di luar NMI. Sedangkan si teknisi luar tsb. tidak mengerti alur kabel bodi secara mendalam.
Sudah rahasia umum klo ATPM punya primbon sendiri dalam hal ini & tidak akan dibuka utk. umum, karena akan menjadi nilai jual mereka.
Jadi sebenarnya kapasitas kabel bodi sudah tersedia utk. fog lamp dan sudah dihitung dgn. kapasitas aki serta kapasitas pengisian dari altenator (fungsi aki hanya utk. start engine, setelah engine menyala, fungsi aki akan dibantu oleh altenator).
Klo mau tambah asesoris yang berhubungan dgn. kelistrikan, cek kapasitas altenator (misal kapasitas max altenator 70amp, maka seluruh alat kelistrikan di mobil pada saat menyala semua max harus = 70amp, gak boleh lebih karena akan menyebabkan aki tekor - pemasukan ama pengeluaran gak berimbang). Ujung2nya ECU bermasalah, karena laporan dari sensor2 ke ECU tidak cocok dgn. settingan awal, akhirnya ECU hang alias ngambek.
Inilah kenapa di 1.5 ada tempat utk. foglamp tapi tidak ada utk. electric mirror, mungkin arus yang dibutuhkan electric mirror melebihi kapasitas aki & altenator.
Selain harus merancang ulang kapasitas aki & altenator, kabel bodi, tentu juga harus me-reset ECU, bukan pekerjaan yang mudah.
Jadi sebaiknya klo tidak punya primbon-nya Livina, lebih baik beli dan pasang di dealer resmi. Tapi ya itu... mahal jek. Mahal bukan karena harga barangnya, tapi otak yang dipake buat bikin primbonnya itu.
Tips aki awet:
1. panaskan mesin (dari keadaan dingin). Kira2 2 menit (karena livina tdk. ada indikator suhu mesin c-h, klo boil yg. ada indikator c-h, bisa dilakukan setelah di atas c) , baru boleh menyalakan alat yang berhubungan dgn. kelistrikan (tape, ac, lampu2, dll.). Karena arus yang dibutuhkan utk. menyalakan mesin sangat besar, sehingga aki akan mengalami kekurangan daya. Namun setelah mesin hidup akan langsung diisi altenator.
2. Setelah pemakaian, matikan seluruh alat kelistrikan, tunggu beberapa saat pada saat rpm idle, baru kemudian matikan mesin. Berguna utk. mengisi aki agar mudah pada saat start engine.
3. Cek air aki setiap minggu, klo kurang tambah sesuai batas atas. Klo kurang akan membuat sel2 aki cepat rusak, klo kelebihan akan membuat keluar dari lubang tutup aki & mengakibatkan korosi.
4. Isi air aki dgn. yang kwalitas bagus.
5. Klo mau ganti aki, sesuaikan dgn. kapasitas max altenator. Misal kapasitas altenator 70amp, max penggantian aki dgn. kapasitar 70amp. Klo lebih dari altenator, mempercepat kerusakan altenator karena gak pernah selesai2 ngisinya.
6. Tambahkan kabel ground bila perlu.
Insya Allah aki anda akan awet (mungkin bisa tiga tahun lebih). karena yg. punya saya sdh. 2 thn, masih ok. Alhamdulillah.
have a nice driving...
Sudah rahasia umum klo ATPM punya primbon sendiri dalam hal ini & tidak akan dibuka utk. umum, karena akan menjadi nilai jual mereka.
Jadi sebenarnya kapasitas kabel bodi sudah tersedia utk. fog lamp dan sudah dihitung dgn. kapasitas aki serta kapasitas pengisian dari altenator (fungsi aki hanya utk. start engine, setelah engine menyala, fungsi aki akan dibantu oleh altenator).
Klo mau tambah asesoris yang berhubungan dgn. kelistrikan, cek kapasitas altenator (misal kapasitas max altenator 70amp, maka seluruh alat kelistrikan di mobil pada saat menyala semua max harus = 70amp, gak boleh lebih karena akan menyebabkan aki tekor - pemasukan ama pengeluaran gak berimbang). Ujung2nya ECU bermasalah, karena laporan dari sensor2 ke ECU tidak cocok dgn. settingan awal, akhirnya ECU hang alias ngambek.
Inilah kenapa di 1.5 ada tempat utk. foglamp tapi tidak ada utk. electric mirror, mungkin arus yang dibutuhkan electric mirror melebihi kapasitas aki & altenator.
Selain harus merancang ulang kapasitas aki & altenator, kabel bodi, tentu juga harus me-reset ECU, bukan pekerjaan yang mudah.
Jadi sebaiknya klo tidak punya primbon-nya Livina, lebih baik beli dan pasang di dealer resmi. Tapi ya itu... mahal jek. Mahal bukan karena harga barangnya, tapi otak yang dipake buat bikin primbonnya itu.
Tips aki awet:
1. panaskan mesin (dari keadaan dingin). Kira2 2 menit (karena livina tdk. ada indikator suhu mesin c-h, klo boil yg. ada indikator c-h, bisa dilakukan setelah di atas c) , baru boleh menyalakan alat yang berhubungan dgn. kelistrikan (tape, ac, lampu2, dll.). Karena arus yang dibutuhkan utk. menyalakan mesin sangat besar, sehingga aki akan mengalami kekurangan daya. Namun setelah mesin hidup akan langsung diisi altenator.
2. Setelah pemakaian, matikan seluruh alat kelistrikan, tunggu beberapa saat pada saat rpm idle, baru kemudian matikan mesin. Berguna utk. mengisi aki agar mudah pada saat start engine.
3. Cek air aki setiap minggu, klo kurang tambah sesuai batas atas. Klo kurang akan membuat sel2 aki cepat rusak, klo kelebihan akan membuat keluar dari lubang tutup aki & mengakibatkan korosi.
4. Isi air aki dgn. yang kwalitas bagus.
5. Klo mau ganti aki, sesuaikan dgn. kapasitas max altenator. Misal kapasitas altenator 70amp, max penggantian aki dgn. kapasitar 70amp. Klo lebih dari altenator, mempercepat kerusakan altenator karena gak pernah selesai2 ngisinya.
6. Tambahkan kabel ground bila perlu.
Insya Allah aki anda akan awet (mungkin bisa tiga tahun lebih). karena yg. punya saya sdh. 2 thn, masih ok. Alhamdulillah.
have a nice driving...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Tue Sep 19, 2006 4:59
- Location: Jakarta/tangerang
(karena livina tdk. ada indikator suhu mesin c-h,
aneh ya.. kog mobil sekarang belum ada indicator suhu..
terus kalo terjadi overheat tau dari mana ?
aneh ya.. kog mobil sekarang belum ada indicator suhu..
terus kalo terjadi overheat tau dari mana ?
Khöedhöe wrote:Klo menurut gw ttg. masalah si Mr. Black, karena pemasangan sendiri oleh teknisi di luar NMI. Sedangkan si teknisi luar tsb. tidak mengerti alur kabel bodi secara mendalam.
Sudah rahasia umum klo ATPM punya primbon sendiri dalam hal ini & tidak akan dibuka utk. umum, karena akan menjadi nilai jual mereka.
Jadi sebenarnya kapasitas kabel bodi sudah tersedia utk. fog lamp dan sudah dihitung dgn. kapasitas aki serta kapasitas pengisian dari altenator (fungsi aki hanya utk. start engine, setelah engine menyala, fungsi aki akan dibantu oleh altenator).
Klo mau tambah asesoris yang berhubungan dgn. kelistrikan, cek kapasitas altenator (misal kapasitas max altenator 70amp, maka seluruh alat kelistrikan di mobil pada saat menyala semua max harus = 70amp, gak boleh lebih karena akan menyebabkan aki tekor - pemasukan ama pengeluaran gak berimbang). Ujung2nya ECU bermasalah, karena laporan dari sensor2 ke ECU tidak cocok dgn. settingan awal, akhirnya ECU hang alias ngambek.
Inilah kenapa di 1.5 ada tempat utk. foglamp tapi tidak ada utk. electric mirror, mungkin arus yang dibutuhkan electric mirror melebihi kapasitas aki & altenator.
Selain harus merancang ulang kapasitas aki & altenator, kabel bodi, tentu juga harus me-reset ECU, bukan pekerjaan yang mudah.
Jadi sebaiknya klo tidak punya primbon-nya Livina, lebih baik beli dan pasang di dealer resmi. Tapi ya itu... mahal jek. Mahal bukan karena harga barangnya, tapi otak yang dipake buat bikin primbonnya itu.
Tips aki awet:
1. panaskan mesin (dari keadaan dingin). Kira2 2 menit (karena livina tdk. ada indikator suhu mesin c-h, klo boil yg. ada indikator c-h, bisa dilakukan setelah di atas c) , baru boleh menyalakan alat yang berhubungan dgn. kelistrikan (tape, ac, lampu2, dll.). Karena arus yang dibutuhkan utk. menyalakan mesin sangat besar, sehingga aki akan mengalami kekurangan daya. Namun setelah mesin hidup akan langsung diisi altenator.
2. Setelah pemakaian, matikan seluruh alat kelistrikan, tunggu beberapa saat pada saat rpm idle, baru kemudian matikan mesin. Berguna utk. mengisi aki agar mudah pada saat start engine.
3. Cek air aki setiap minggu, klo kurang tambah sesuai batas atas. Klo kurang akan membuat sel2 aki cepat rusak, klo kelebihan akan membuat keluar dari lubang tutup aki & mengakibatkan korosi.
4. Isi air aki dgn. yang kwalitas bagus.
5. Klo mau ganti aki, sesuaikan dgn. kapasitas max altenator. Misal kapasitas altenator 70amp, max penggantian aki dgn. kapasitar 70amp. Klo lebih dari altenator, mempercepat kerusakan altenator karena gak pernah selesai2 ngisinya.
Insya Allah aki anda akan awet (mungkin bisa tiga tahun lebih). karena yg. punya saya sdh. 2 thn, masih ok. Alhamdulillah.
have a nice driving...
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Mon Apr 23, 2007 15:49
Ya..Ya..Ya..masuk akal banget tuh..Thanx ya..Khöedhöe wrote:Klo menurut gw ttg. masalah si Mr. Black, karena pemasangan sendiri oleh teknisi di luar NMI. Sedangkan si teknisi luar tsb. tidak mengerti alur kabel bodi secara mendalam.
Sudah rahasia umum klo ATPM punya primbon sendiri dalam hal ini & tidak akan dibuka utk. umum, karena akan menjadi nilai jual mereka.
Jadi sebenarnya kapasitas kabel bodi sudah tersedia utk. fog lamp dan sudah dihitung dgn. kapasitas aki serta kapasitas pengisian dari altenator (fungsi aki hanya utk. start engine, setelah engine menyala, fungsi aki akan dibantu oleh altenator).
Klo mau tambah asesoris yang berhubungan dgn. kelistrikan, cek kapasitas altenator (misal kapasitas max altenator 70amp, maka seluruh alat kelistrikan di mobil pada saat menyala semua max harus = 70amp, gak boleh lebih karena akan menyebabkan aki tekor - pemasukan ama pengeluaran gak berimbang). Ujung2nya ECU bermasalah, karena laporan dari sensor2 ke ECU tidak cocok dgn. settingan awal, akhirnya ECU hang alias ngambek.
Inilah kenapa di 1.5 ada tempat utk. foglamp tapi tidak ada utk. electric mirror, mungkin arus yang dibutuhkan electric mirror melebihi kapasitas aki & altenator.
Selain harus merancang ulang kapasitas aki & altenator, kabel bodi, tentu juga harus me-reset ECU, bukan pekerjaan yang mudah.
Jadi sebaiknya klo tidak punya primbon-nya Livina, lebih baik beli dan pasang di dealer resmi. Tapi ya itu... mahal jek. Mahal bukan karena harga barangnya, tapi otak yang dipake buat bikin primbonnya itu.
Tips aki awet:
1. panaskan mesin (dari keadaan dingin). Kira2 2 menit (karena livina tdk. ada indikator suhu mesin c-h, klo boil yg. ada indikator c-h, bisa dilakukan setelah di atas c) , baru boleh menyalakan alat yang berhubungan dgn. kelistrikan (tape, ac, lampu2, dll.). Karena arus yang dibutuhkan utk. menyalakan mesin sangat besar, sehingga aki akan mengalami kekurangan daya. Namun setelah mesin hidup akan langsung diisi altenator.
2. Setelah pemakaian, matikan seluruh alat kelistrikan, tunggu beberapa saat pada saat rpm idle, baru kemudian matikan mesin. Berguna utk. mengisi aki agar mudah pada saat start engine.
3. Cek air aki setiap minggu, klo kurang tambah sesuai batas atas. Klo kurang akan membuat sel2 aki cepat rusak, klo kelebihan akan membuat keluar dari lubang tutup aki & mengakibatkan korosi.
4. Isi air aki dgn. yang kwalitas bagus.
5. Klo mau ganti aki, sesuaikan dgn. kapasitas max altenator. Misal kapasitas altenator 70amp, max penggantian aki dgn. kapasitar 70amp. Klo lebih dari altenator, mempercepat kerusakan altenator karena gak pernah selesai2 ngisinya.
6. Tambahkan kabel ground bila perlu.
Insya Allah aki anda akan awet (mungkin bisa tiga tahun lebih). karena yg. punya saya sdh. 2 thn, masih ok. Alhamdulillah.
have a nice driving...
Tp kayaknya semakin ribet aja ni mobil..kalau bisa ribet kenapa dibuat simpel,,kali image ginian yg pingin di ciptakan tentang GL...
Kalau semua itu begitu sensitif bagi ECU,,so gimana dong kalau mau mau ganti HU,,masang komponen elektrik yg laen jd engk bisa juga dong..
Soal jalur kabel emang dari awal engk di utak atik..karna itu wewenang NMI..dan sengaja itu di hindari
kalau Fog Lamp belum ada..boleh lah kita bicarakan untuk di pasang di NMI,wong sekarang fog lamp ada aja minta di pasangin bayar jasa aja engk mau..(bukan engk bisa),mereka uda tau masangnya ama solusinya..tp itu dia ..KEMBALI KE BISNIS..engk mau untung dikit..
Ke depan mungkin ada teknisi yg mampu mengatasi masalah ini,,bolehlah di bagi tipsnya..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Wed Apr 11, 2007 9:52
Udah sejak Rabu 3 hari yg ll Si Inah ngendon di garasi. Lom sempat jalan2 karna lom ada STNK-nya. Masih dijemur-jemur dolo soalnya kemaren pas pasang kaca film-nya kondisi mendung jadi biar kering betul. Beberapa hal :
1. Remote cuma dapet satu. Bukankah biasanya 2 buah ?
2. Suara AC. Si Inah ini ibaratnya noise dari luar bisa diredam dengan sangat baik tapi malah AC-nya yang berisik di dalam. Kalo ga diimbangi dengan suara audio jadinya lumayan berisik. Bandingin dengan All New Corolla saya, putaran level AC pertama si Inah noise-nya sama dengan level 3 di All New.
3. Lainnya nyusul...
Thanks
1. Remote cuma dapet satu. Bukankah biasanya 2 buah ?
2. Suara AC. Si Inah ini ibaratnya noise dari luar bisa diredam dengan sangat baik tapi malah AC-nya yang berisik di dalam. Kalo ga diimbangi dengan suara audio jadinya lumayan berisik. Bandingin dengan All New Corolla saya, putaran level AC pertama si Inah noise-nya sama dengan level 3 di All New.
3. Lainnya nyusul...
Thanks
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Fri Mar 23, 2007 4:00
ya tul ...... blower AC kenceng banget, level 1 bagai level 2/3 di mobil lain.testarossa wrote:Udah sejak Rabu 3 hari yg ll Si Inah ngendon di garasi. Lom sempat jalan2 karna lom ada STNK-nya. Masih dijemur-jemur dolo soalnya kemaren pas pasang kaca film-nya kondisi mendung jadi biar kering betul. Beberapa hal :
1. Remote cuma dapet satu. Bukankah biasanya 2 buah ?
2. Suara AC. Si Inah ini ibaratnya noise dari luar bisa diredam dengan sangat baik tapi malah AC-nya yang berisik di dalam. Kalo ga diimbangi dengan suara audio jadinya lumayan berisik. Bandingin dengan All New Corolla saya, putaran level AC pertama si Inah noise-nya sama dengan level 3 di All New.
3. Lainnya nyusul...
Thanks
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Klu sampe terjadi overheat maka lampu "overheat" (warna merah) akan menyala utk memberitahukan pengemudi.Robert89 wrote:(karena livina tdk. ada indikator suhu mesin "c-h",
aneh ya.. kog mobil sekarang belum ada indicator suhu..
terus kalo terjadi overheat tau dari mana ?
Pada mesin-mesin yg dioperasikan "leaner" (kurus/irit bensin) spt di Livina ato Jazz, maka suhu operasi mesin PASTI akan naik/lebih tinggi dibandingkan suhu normal operasi mesin yg normal pemakaian bensinnya shg sudah menjadi rahasia umum klu indikator suhu mesin "C-H" ditiadakan produsennya pada mesin "leaner" tsb.

Last edited by Smatic on Sat May 19, 2007 10:18, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Sun May 06, 2007 9:00
kalo masalah kebisingan kabin, menurut saya salah satu penyebabnya adalah desain body GL yang cukup pipih seperti sebuah sedan. Dengan desain seperti itu maka sewaktu kita duduk di kabin jarak telinga kita dengan ban akan lebih dekat sehingga akan lebih terasa bisingnya roda dibandingkan dengan menggunakan mobil kijang atau sejenisnya, yang memiliki desain body yang cukup tinggi, sehingga jarak antara telinga kita dengan ban lebih jauh. Itu menurut pendapat saya saja lho....^_^
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Apr 23, 2007 9:09
Bung Black Mr, kalau bisa sabtu tanggal 26/5 hadir di Nissan MT Haryono, untuk dipasang kembali accesorries dan klakson yang sudah di beli.Black Mr wrote:Ya..Ya..Ya..masuk akal banget tuh..Thanx ya..
Tp kayaknya semakin ribet aja ni mobil..kalau bisa ribet kenapa dibuat simpel,,kali image ginian yg pingin di ciptakan tentang GL...
Kalau semua itu begitu sensitif bagi ECU,,so gimana dong kalau mau mau ganti HU,,masang komponen elektrik yg laen jd engk bisa juga dong..
Soal jalur kabel emang dari awal engk di utak atik..karna itu wewenang NMI..dan sengaja itu di hindari
kalau Fog Lamp belum ada..boleh lah kita bicarakan untuk di pasang di NMI,wong sekarang fog lamp ada aja minta di pasangin bayar jasa aja engk mau..(bukan engk bisa),mereka uda tau masangnya ama solusinya..tp itu dia ..KEMBALI KE BISNIS..engk mau untung dikit..
Ke depan mungkin ada teknisi yg mampu mengatasi masalah ini,,bolehlah di bagi tipsnya..
Tidak dikenakan biaya dan tidak akan menggugurkan garansi. Kalau berminat, bisa konfirmasi kehadirannya by email ke saya [email protected]. Akan dikerjakan oleh orang yang berkompeten.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Apr 23, 2007 9:09
Boss John, saya juga dulu fanatik honda, tapi karena ada merk yang value for money, mesin powerfull, kenyamanan berkendara yang luar biasa nikmatnya dan resale value yang tinggi, dengan berat hati saya tinggalkan Honda. Adik saya yang lebih fanatik sama honda, kabur juga ke yang lebih nyamanjohnlegend wrote:saya bukan cheerleader sapa2.. tp bokap gw FANATIK luar biasa ama kehandalan nya toyota.. tp sekali lagi.. keluarga saya ramai2 borong livina.. hehehe.. *fanatik bole.. tp mesti itung value for money*

Kebetulan saya pakai familinya Livina sudah 2,5 tahun 33 ribu km, belum ada parts yang diganti kecuali oli filter.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com


Mungkin karena ga pake double blower jadi digunakan blower high speed agar udara dingin bisa sampai ke penumbang baris 3
Double Blower ga dipakai selain untuk menekan cost juga krn bentuk atap mobil yg lebih landai jadi bila ada blower antara jok baris 1 dan 2 akan membuat kabin sangat sempit dan pandangan dari jok baris 2 terhalang .. dan ada kemungkinan bisa kejedot keblower pala kita kalo maju kedepan.
BTW, wish dan stream yg bentuknya landai pakai double blower ga? gw ga pernah perhatikan dan liat tuh.
xboy wrote: ya tul ...... blower AC kenceng banget, level 1 bagai level 2/3 di mobil lain.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Tapi gak sesederhana itu, mobil2 lain kayak Honda juga ada ketentuan, modifikasi tertentu akan menyebabkan hilangnya garansi.Wa3mP wrote: Mungkin aja tu bner.. supaya smua org pasang accesoriesnya di nissan.. tp berarti ni mobil susah dunk buat di kotak-katik ato pasang accesories yg macem2.. ga kaya jazz/avanza yg dipasangin apa juga msuksebetulnya si gpp kl pasang di nissan tp harganya kebangetan masa foglamp aje 4juta??
ga pake otak pasang harganya.. 4 juta mending pasang HID.. msh ada sisa 1,5juta lage..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Fri Apr 14, 2006 9:53
Mike wrote:Terus terang hal ini bikin saya khawatir juga, padahal saya udah niat mo ganti HU + tambah power, tapi ngeri bermasalah.sukasuka_man wrote: ...........
Wah jangan2 ganti HU juga bermasalah, tambah power juga bisa bermasalah.
Mudah2an ga ada masalah kalo upgrade2 gitu terutama audio, maza sih bisa lebih rumit dari BMW

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36
Electrical BMW rumit? mungkin ini sebabnya banyak mobil BMW lampu remnya cuma nyala sebelah ya... dari pengamatan gw dari 3 BMW 1 lampu remnya bermasalah, sampelnya sih dari yg BMWs yg gw temuin didepan gw... mungkin sampelnya kurang banyak kali ya....Merovingian wrote: Mudah2an ga ada masalah kalo upgrade2 gitu terutama audio, maza sih bisa lebih rumit dari BMW
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Tue Apr 03, 2007 6:22
Khöedhöe wrote:Klo menurut gw ttg. masalah si Mr. Black, karena pemasangan sendiri oleh teknisi di luar NMI. Sedangkan si teknisi luar tsb. tidak mengerti alur kabel bodi secara mendalam.
Sudah rahasia umum klo ATPM punya primbon sendiri dalam hal ini & tidak akan dibuka utk. umum, karena akan menjadi nilai jual mereka.
Jadi sebenarnya kapasitas kabel bodi sudah tersedia utk. fog lamp dan sudah dihitung dgn. kapasitas aki serta kapasitas pengisian dari altenator (fungsi aki hanya utk. start engine, setelah engine menyala, fungsi aki akan dibantu oleh altenator).
Klo mau tambah asesoris yang berhubungan dgn. kelistrikan, cek kapasitas altenator (misal kapasitas max altenator 70amp, maka seluruh alat kelistrikan di mobil pada saat menyala semua max harus = 70amp, gak boleh lebih karena akan menyebabkan aki tekor - pemasukan ama pengeluaran gak berimbang). Ujung2nya ECU bermasalah, karena laporan dari sensor2 ke ECU tidak cocok dgn. settingan awal, akhirnya ECU hang alias ngambek.
Inilah kenapa di 1.5 ada tempat utk. foglamp tapi tidak ada utk. electric mirror, mungkin arus yang dibutuhkan electric mirror melebihi kapasitas aki & altenator.
Selain harus merancang ulang kapasitas aki & altenator, kabel bodi, tentu juga harus me-reset ECU, bukan pekerjaan yang mudah.
Jadi sebaiknya klo tidak punya primbon-nya Livina, lebih baik beli dan pasang di dealer resmi. Tapi ya itu... mahal jek. Mahal bukan karena harga barangnya, tapi otak yang dipake buat bikin primbonnya itu.
Tips aki awet:
1. panaskan mesin (dari keadaan dingin). Kira2 2 menit (karena livina tdk. ada indikator suhu mesin c-h, klo boil yg. ada indikator c-h, bisa dilakukan setelah di atas c) , baru boleh menyalakan alat yang berhubungan dgn. kelistrikan (tape, ac, lampu2, dll.). Karena arus yang dibutuhkan utk. menyalakan mesin sangat besar, sehingga aki akan mengalami kekurangan daya. Namun setelah mesin hidup akan langsung diisi altenator.
2. Setelah pemakaian, matikan seluruh alat kelistrikan, tunggu beberapa saat pada saat rpm idle, baru kemudian matikan mesin. Berguna utk. mengisi aki agar mudah pada saat start engine.
3. Cek air aki setiap minggu, klo kurang tambah sesuai batas atas. Klo kurang akan membuat sel2 aki cepat rusak, klo kelebihan akan membuat keluar dari lubang tutup aki & mengakibatkan korosi.
4. Isi air aki dgn. yang kwalitas bagus.
5. Klo mau ganti aki, sesuaikan dgn. kapasitas max altenator. Misal kapasitas altenator 70amp, max penggantian aki dgn. kapasitar 70amp. Klo lebih dari altenator, mempercepat kerusakan altenator karena gak pernah selesai2 ngisinya.
6. Tambahkan kabel ground bila perlu.
Insya Allah aki anda akan awet (mungkin bisa tiga tahun lebih). karena yg. punya saya sdh. 2 thn, masih ok. Alhamdulillah.
have a nice driving...
Belum tentu juga bro,...
Kalau mobil mahal mungkin dia sudah menyiapkan kabel untuk aksesoris yang tidak terpsang. Tapi sekarang modelnya sudah super hemat,.. Jadi gelondongan kabel itu dibuat beda dengan yang full option. sehingga bisa mengurangi biaya produksi bos,..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Thu May 10, 2007 6:32
Memang seharusnya NMI jangan2 main2 harga lah di Aksesori GL,...mereka seharusnya sudah besyukur tuh Unitnya sudah over demand.Mike wrote:Tapi gak sesederhana itu, mobil2 lain kayak Honda juga ada ketentuan, modifikasi tertentu akan menyebabkan hilangnya garansi.Wa3mP wrote: Mungkin aja tu bner.. supaya smua org pasang accesoriesnya di nissan.. tp berarti ni mobil susah dunk buat di kotak-katik ato pasang accesories yg macem2.. ga kaya jazz/avanza yg dipasangin apa juga msuksebetulnya si gpp kl pasang di nissan tp harganya kebangetan masa foglamp aje 4juta??
ga pake otak pasang harganya.. 4 juta mending pasang HID.. msh ada sisa 1,5juta lage..
Soalnya saya sendiri sudah sempat punya katalog/preview Aksesoris GL Asli berikut Price List-nya (saya minta di copy-kan katalognya saat pesan Unit di Nissan Fatmawati). Betapa kagetnya mengetahui harga Fog Lamp menjadi 4,4 Jt dari Price List sebelumya 2,2 jt (meski dalam copy katalog ada "harga sewaktu2 bisa berubah", tapi berubahnya itu loh tdk pakai kira2...

BTW kemarin udah service 1000,...keluhan rem kurang "pakem" (QCnya kurang kali) dan tarikan kurang dikit. Setelah dikotak katik sebentar di Nissan ,,...everything is OK. Ngacir...lagi...
Satu lagi kapan ya electric mirror part u/ 1.5 ada? NMI katanya mau mengusahakan,..tapi kalau ada harganya jangan di up2 kan ya...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31
tidak usah kuatir,karena pabrikan telah melindungi hak konsumen dengan warranty. bila ada yang tidak cocok atau ada masalah bisa menghubungi bengkel resmi terdekat untuk claim. pasti akan diproses dan diberikan solusinya. namanya buatan manusia pasti ada kekurangan.dan yang paliing penting adalah hak konsumen dilindungi dan dijaga.
navajo wrote:seperti di thread lain, gw bilang factory defect itu biasa terjadi hampir di setiap merk mobil, yg penting pihak yg bersangkutan bertanggung jawab asal jangan makan korban.
just my opinion.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Tadi baru dapet email dari ronny perihal spion elektrik pesenan gw.. katanya awal minggu juni mau dikasih kepastian bisa atau tidaknya.. hiiiiiiiiii.. ceyeeemmmmm..... kalo ngga bisa, artinya? bye bye deh yang mau ganti head unit or laen2 seputar listrik
NissanLovers wrote:tidak usah kuatir,karena pabrikan telah melindungi hak konsumen dengan warranty. bila ada yang tidak cocok atau ada masalah bisa menghubungi bengkel resmi terdekat untuk claim. pasti akan diproses dan diberikan solusinya. namanya buatan manusia pasti ada kekurangan.dan yang paliing penting adalah hak konsumen dilindungi dan dijaga.navajo wrote:seperti di thread lain, gw bilang factory defect itu biasa terjadi hampir di setiap merk mobil, yg penting pihak yg bersangkutan bertanggung jawab asal jangan makan korban.
just my opinion.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31
Dengan hormat, kalau saya yakin kok bisa ya.
ichsan_n wrote:Tadi baru dapet email dari ronny perihal spion elektrik pesenan gw.. katanya awal minggu juni mau dikasih kepastian bisa atau tidaknya.. hiiiiiiiiii.. ceyeeemmmmm..... kalo ngga bisa, artinya? bye bye deh yang mau ganti head unit or laen2 seputar listrik
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Fri Apr 27, 2007 7:36
- Location: Yogyakarta
Kalau yakin ... buka saja jasa ganti ... yakin deh banyak yg inden, asal harganya reasonableNissanLovers wrote:Dengan hormat, kalau saya yakin kok bisa ya.ichsan_n wrote:Tadi baru dapet email dari ronny perihal spion elektrik pesenan gw.. katanya awal minggu juni mau dikasih kepastian bisa atau tidaknya.. hiiiiiiiiii.. ceyeeemmmmm..... kalo ngga bisa, artinya? bye bye deh yang mau ganti head unit or laen2 seputar listrik
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Mon Apr 23, 2007 15:49
Wah Nice banget nih..Thanx banget ...xciting wrote:Bung Black Mr, kalau bisa sabtu tanggal 26/5 hadir di Nissan MT Haryono, untuk dipasang kembali accesorries dan klakson yang sudah di beli.Black Mr wrote:Ya..Ya..Ya..masuk akal banget tuh..Thanx ya..
Tp kayaknya semakin ribet aja ni mobil..kalau bisa ribet kenapa dibuat simpel,,kali image ginian yg pingin di ciptakan tentang GL...
Kalau semua itu begitu sensitif bagi ECU,,so gimana dong kalau mau mau ganti HU,,masang komponen elektrik yg laen jd engk bisa juga dong..
Soal jalur kabel emang dari awal engk di utak atik..karna itu wewenang NMI..dan sengaja itu di hindari
kalau Fog Lamp belum ada..boleh lah kita bicarakan untuk di pasang di NMI,wong sekarang fog lamp ada aja minta di pasangin bayar jasa aja engk mau..(bukan engk bisa),mereka uda tau masangnya ama solusinya..tp itu dia ..KEMBALI KE BISNIS..engk mau untung dikit..
Ke depan mungkin ada teknisi yg mampu mengatasi masalah ini,,bolehlah di bagi tipsnya..
Tidak dikenakan biaya dan tidak akan menggugurkan garansi. Kalau berminat, bisa konfirmasi kehadirannya by email ke saya [email protected]. Akan dikerjakan oleh orang yang berkompeten.
BTW serius kan...
Ok boss thanx
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Apr 23, 2007 9:09