Remap ECU tanpa pigyback

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Nainggolan21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
Location: Bekasi, Jawa Barat
Daily Vehicle: Satria FU

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Nainggolan21 »

Nainggolan21 wrote: Tue May 09, 2017 10:10 Short time Review setelah remap...
VNT at 2012 remap di Bulan Februari 2017 by Bebonk Garage odo saat itu 76.[cencored] km
Odo saat ini 96.[cencored] km dengan pemakaian :
1. Pakai harian kurleb 50 km
2. Jakarta - Bandung PP (urusan kerjaan minimal 2x sebulan)
3. Rodtrip dengan teman2 SM ke Dieng lewat Batang turun ke Salatiga, Ambarawa dan balik ke Jakarta lewat Pantura
4. Rodtrip dengan teman2 SM ke Bromo pergi lewat jalur utara, pulang lewat jalur tengah masuk Semarang dan Pantura..

Saya memang tidak naik Dyno tapi dari feeling berkendara, akselerasi dan top speed meningkat jauh dari saat pakai standart dan sampai saat ini tidak ada kendala terkait durability. Beberapa kali ketemu Bus dan truk dijalan sangat enteng untuk mendahului dan sering juga terpancing dengan OPJS maupun VNT bahkan dengan mobil sekelas BMW X3 tapi masih bisa jabani. tanpa merasa ngos2an...
Napasnya sangat terasa panjang dan torsi ngisi terus saat turbo sudah spooling di rpm 1200 :emo-big_love: :big_comfort:

Thanks to Bebonk Garage.....
Malah saya keluar banyak biaya untuk up grade di sektor pengereman, yaitu ganti cakram depan 2 set (cakram lama udah geter), ganti slang rem, kuras ganti minyak rem pakai dot 4, dan ganti brake pad standrat... :big_blushing:
Sudah 6 bulan sejak di remap, odo saat ini 103.[cencored] km
Sempat ganti map dengan yg lebih advance bulan Juni Kemarin sebelum Roadtrip ke Palembang, Jambi, Lahat, Pagar Alam.
Tapi feelnya malah gak dapat. Akhirnya balik ke map awal.
Mesin tetap halus dan tanpa kendala, saat ini hanya di tambahin ATF cooler, shifting lebih halus dan efek transmisi bengong bisa dibilang hilang. Transmisi lebih sigap dan tau kebutuhan kaki kanan saya.
Oli Mesin saat Pakai Oli PTT 15W/40 gak usah sebut harga, tapi saya yakin itu adalah oli paling murah yang pernah saya pakai....
Asyik, ada lebihan dana buat ngacir roadtrip :emo-big_love: :big_grin:
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4726
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by F272 »

ngalih wrote:
F 272 wrote: Mon Aug 21, 2017 14:15
ngalih wrote: Tambah irit bbm nya om?

Klo fortuner gen 1 saya diremap simbah jadi 9.5km/l sebelumnya 8km/l. Emang tarikan jadi enteng banget walau biosolar + racun
Soal irit atau boros bbm, saya engga pernah perhatikan sama sekali om...karena saya sibuk liatin peta Google maps [emoji38][emoji38][emoji38]

Sent from my SM-A910F
Hehehe klo saya liat google mapnya pake note 10 om... puas2in liat peta gede ditempel nutupin HU. Liburan lebaran kmaren ke bali itung manual tembus 14.7 km/l. Khusus turing jauh pake shell lanjut dex. Sayang di bali hanya bisa nemu dexlite.
Canggih banget itu mah om.. [emoji4][emoji4]
Entah kapan saya sampai kesana... [emoji58][emoji58]

Sent from my SM-A910F

User avatar
SiulTurbo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Wed Sep 28, 2016 4:20
Location: Jakarta Pusat
Daily Vehicle: Fortuner 2KD

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by SiulTurbo »

Pada cangih2 ya mobil nya bisa di remap, mobil saya sampai sekarang ngak bisa diremap sama bebonk,

Tolong bebonk mempertanggung jawabkan perbuatan nya, sampai mobil saya ngak bisa diremap

Sent from my ASUS_X00ID

User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by r12qiSonH4ji »

SiulTurbo wrote: Tue Aug 22, 2017 7:42 Pada cangih2 ya mobil nya bisa di remap, mobil saya sampai sekarang ngak bisa diremap sama bebonk,

Tolong bebonk mempertanggung jawabkan perbuatan nya, sampai mobil saya ngak bisa diremap

Sent from my ASUS_X00ID
Sabar om, memang om merupakan orang yg terpilih a.k.a The Choosen one
:big_grin:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ginting »

SiulTurbo wrote: Tue Aug 22, 2017 7:42 Pada cangih2 ya mobil nya bisa di remap, mobil saya sampai sekarang ngak bisa diremap sama bebonk,

Tolong bebonk mempertanggung jawabkan perbuatan nya, sampai mobil saya ngak bisa diremap

Sent from my ASUS_X00ID
Justri kita sangat sangat takut kalao ANKI Putih EBY dikobel..wong sekarang belum dikobel saja namanya doang jadi "Sweeper"..tapi lokasinya di depan "RC"...

Gimana lagi kalau dikobel,...Yang Lain...Makin Jauh Ketinggalan .....#bukan iklan motor
:mky_07: :mky_07: :mky_07:
Herdy999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Fri May 19, 2017 14:39
Location: jakarta utara
Daily Vehicle: Avanza

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Herdy999 »

SiulTurbo wrote:Pada cangih2 ya mobil nya bisa di remap, mobil saya sampai sekarang ngak bisa diremap sama bebonk,

Tolong bebonk mempertanggung jawabkan perbuatan nya, sampai mobil saya ngak bisa diremap

Sent from my ASUS_X00ID
saya takut om kudeta RC nya, atau nanti sweeper sundul2 mbl2 slower , jadi agak merinding

Sent from my SM-G610F

Mid69
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Jul 26, 2012 14:21

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Mid69 »

Untuk Captiva diesel FL apa bisa remap di bebonk ?
Whort it gak ya kalau di remap ?
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by apoge »

Om ane lage ngelirik racechip pro dan ultimate pertanyaan ane :
1.apa racechip ini benar2 terasa hasilnya?
2.sebenarnya apa yg di manipulasi oleh racechip hingga hp dan torsi bisa naik.
3.apakah aman untuk ecu.
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ngalih »

b8099ok wrote: Tue Aug 22, 2017 6:07
yozhuaa wrote: Mon Aug 21, 2017 12:36 halo malam nubi mau tanya dong..

kalo remap gitu bisa d setel map ny ga ya ? contoh : super ngebut, ngebut, sedang eco, dll

semacam pigiback dast*k kn ada 5 map tuh yang bisa di pilih2.
Ngga.
Skr pertanyaannya, klo emang bisa max, knp hrs pake eco? :ngacir:
Nah... bner mbah
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by r12qiSonH4ji »

Ikutan Review Remap jg ahh

ANPS Dakar 4x4
Sebelum Remap itu tarikan awalnya lemot, sama motor aja bisa kalah :wkkk:
karena ane udh terbiasa dengan Fortie VNT dan Hilux yg tarikan bawahnya enak,

langsung dateng ke Bebonk pas 3 hari mobil dianter, baru 120 km, langsung remap.
Dan hasilnya tarikan bawah jadi Garang.

Tar klo ada yg nanya brp HP dan Torsinya, ane gak tau. ane cuman make doang, gak berminat buat Dyno. mending duitnya buat nabung beli shock Bilstein. karena ini bodyroll ANPS udh kyk perahu klo lg di toll diatas kecepatan 140 kpj, ane kebiasaan bawa sedan mungkin. jadi klo nikung gak ngerem.
:big_biglaugh:

Tp ane cocok sama pengerjaan di Bebonk, dan ini bukan Remap an pertama kali ane loh, bukan di mobil pertama jg. Kesimpulannya ane puas dgn hasil remap beliau, jd mau balik lg
:big_smoking:
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
aldilee18
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Sun Dec 22, 2013 1:10
Location: Jakarta utara
Daily Vehicle: Fortuner d4d 2012

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by aldilee18 »

serem nih anggota sm roadtrip mobilnya remap an semua
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ginting »

r12qiSonH4ji wrote: Tue Aug 22, 2017 9:41 Ikutan Review Remap jg ahh

ANPS Dakar 4x4
Sebelum Remap itu tarikan awalnya lemot, sama motor aja bisa kalah :wkkk:
karena ane udh terbiasa dengan Fortie VNT dan Hilux yg tarikan bawahnya enak,

langsung dateng ke Bebonk pas 3 hari mobil dianter, baru 120 km, langsung remap.
Dan hasilnya tarikan bawah jadi Garang.

Tar klo ada yg nanya brp HP dan Torsinya, ane gak tau. ane cuman make doang, gak berminat buat Dyno. mending duitnya buat nabung beli shock Bilstein. karena ini bodyroll ANPS udh kyk perahu klo lg di toll diatas kecepatan 140 kpj, ane kebiasaan bawa sedan mungkin. jadi klo nikung gak ngerem.
:big_biglaugh:

Tp ane cocok sama pengerjaan di Bebonk, dan ini bukan Remap an pertama kali ane loh, bukan di mobil pertama jg. Kesimpulannya ane puas dgn hasil remap beliau, jd mau balik lg
:big_smoking:
cie cie...mobil baru 3 hari sudah dikobel....

tapi ANPS kobel lawan Golf Merah menang mana oom ??
User avatar
Nainggolan21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
Location: Bekasi, Jawa Barat
Daily Vehicle: Satria FU

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Nainggolan21 »

ginting wrote:
r12qiSonH4ji wrote: Tue Aug 22, 2017 9:41 Ikutan Review Remap jg ahh

ANPS Dakar 4x4
Sebelum Remap itu tarikan awalnya lemot, sama motor aja bisa kalah :wkkk:
karena ane udh terbiasa dengan Fortie VNT dan Hilux yg tarikan bawahnya enak,

langsung dateng ke Bebonk pas 3 hari mobil dianter, baru 120 km, langsung remap.
Dan hasilnya tarikan bawah jadi Garang.

Tar klo ada yg nanya brp HP dan Torsinya, ane gak tau. ane cuman make doang, gak berminat buat Dyno. mending duitnya buat nabung beli shock Bilstein. karena ini bodyroll ANPS udh kyk perahu klo lg di toll diatas kecepatan 140 kpj, ane kebiasaan bawa sedan mungkin. jadi klo nikung gak ngerem.
:big_biglaugh:

Tp ane cocok sama pengerjaan di Bebonk, dan ini bukan Remap an pertama kali ane loh, bukan di mobil pertama jg. Kesimpulannya ane puas dgn hasil remap beliau, jd mau balik lg
:big_smoking:
cie cie...mobil baru 3 hari sudah dikobel....

tapi ANPS kobel lawan Golf Merah menang mana oom ??
Gak bisa dibandingin om... Golf mah udah pasti menang....
Menang di torqu to wight ratio, handling dan rasa percaya diri.

Hail to golep merah[emoji120] [emoji144] [emoji144] [emoji144]

send from my house

"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
ahmad88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Sat Aug 01, 2009 19:38

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ahmad88 »

Permisi gan mau tanya,

Saya baru ambil PJS dakar 4x4, mau tanya kalo diantara 2 options ini:
1. Piggyback pakai racechip ultimate, jadi 233PS / 540 NM.
2. Pakai remap, blm tau % naiknya berapa?

Kira2 mana yang lebih recommend?

Thanks-
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok »

ahmad88 wrote: Tue Aug 22, 2017 13:17 Permisi gan mau tanya,

Saya baru ambil PJS dakar 4x4, mau tanya kalo diantara 2 options ini:
1. Piggyback pakai racechip ultimate, jadi 233PS / 540 NM.
2. Pakai remap, blm tau % naiknya berapa?

Kira2 mana yang lebih recommend?

Thanks-
Klo cm rescip, liwat lah,... Klo FRDchip, serem coy,...
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
Herdy999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Fri May 19, 2017 14:39
Location: jakarta utara
Daily Vehicle: Avanza

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Herdy999 »

ahmad88 wrote:Permisi gan mau tanya,

Saya baru ambil PJS dakar 4x4, mau tanya kalo diantara 2 options ini:
1. Piggyback pakai racechip ultimate, jadi 233PS / 540 NM.
2. Pakai remap, blm tau % naiknya berapa?

Kira2 mana yang lebih recommend?

Thanks-
yg pp nya fort ekonde pakai kobel om. anpas 4x2 di kilik sampe 235 kmh.p

Sent from my SM-G610F

yozhuaa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: Sun Apr 19, 2015 8:38

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by yozhuaa »

Turboman wrote: Tue Aug 22, 2017 4:04
yozhuaa wrote:halo malam nubi mau tanya dong..

kalo remap gitu bisa d setel map ny ga ya ? contoh : super ngebut, ngebut, sedang eco, dll

semacam pigiback dast*k kn ada 5 map tuh yang bisa di pilih2.
setahu ane harus pake ECM Titanium

tapi itu pun pas loading MAP proses bbrp menit, kayak restart BB gitu

kalo mau yg pindah2 MAP scr instant ya mmg Dastek dah
barusan abis google kyk usb ya bentuknya, kalau bedasarkan penjelasan om turbo kykny usb ny berfungsi masukin map baru ya jadi kyk copy paste dan kurang praktis kalau butuh waktu bbrapa menit

btw thanks infonya om turbo hehe 🙌👌
:big_peace:
yozhuaa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: Sun Apr 19, 2015 8:38

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by yozhuaa »

ngalih wrote: Tue Aug 22, 2017 9:26
b8099ok wrote: Tue Aug 22, 2017 6:07
yozhuaa wrote: Mon Aug 21, 2017 12:36 halo malam nubi mau tanya dong..

kalo remap gitu bisa d setel map ny ga ya ? contoh : super ngebut, ngebut, sedang eco, dll

semacam pigiback dast*k kn ada 5 map tuh yang bisa di pilih2.
Ngga.
Skr pertanyaannya, klo emang bisa max, knp hrs pake eco? :ngacir:
Nah... bner mbah
hahahaha

bukan ny kalau maksimal membahayakan mesin ya ? karen bekerja lebih keras dri normal ny
#cmiiw

dan saya pernah liat d instagr*m map nya kalau dast*k bisa d setting mesin diesel supaya ga pekat kalau d gaspol
:big_peace:
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4726
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by F272 »

yozhuaa wrote:
ngalih wrote: Tue Aug 22, 2017 9:26
b8099ok wrote: Tue Aug 22, 2017 6:07 Ngga.
Skr pertanyaannya, klo emang bisa max, knp hrs pake eco? :ngacir:
Nah... bner mbah
hahahaha

bukan ny kalau maksimal membahayakan mesin ya ? karen bekerja lebih keras dri normal ny
#cmiiw

dan saya pernah liat d instagr*m map nya kalau dast*k bisa d setting mesin diesel supaya ga pekat kalau d gaspol
Kalo disini malah di inginkan tuh pekat nya om...

Jadi pas di gas keluar cumi2 nya [emoji28][emoji28][emoji28]
Colek Bang Nainggolan...[emoji9][emoji9]

Sent from my SM-A910F

ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ngalih »

aldilee18 wrote: Tue Aug 22, 2017 10:15 serem nih anggota sm roadtrip mobilnya remap an semua
Saya dah remap mobil, bisa jadi anggota roadtrip? :big_grin:
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4726
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by F272 »

ngalih wrote:
aldilee18 wrote: Tue Aug 22, 2017 10:15 serem nih anggota sm roadtrip mobilnya remap an semua
Saya dah remap mobil, bisa jadi anggota roadtrip? :big_grin:
Semua warga SM bisa jadi anggota SM Road Trip... bahkan teman2 yg belum bergabung jadi member SM pun banyak yg ikut gabung di SM Road Trip..

Jika berminat cukup japri wa saya : 082211111464 nanti akan di invite di grup WaSem Road Trip..

[emoji4][emoji4]

Sent from my SM-A910F

User avatar
B3M0
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 331
Joined: Wed Oct 14, 2015 8:16
Location: Bogor Kota
Daily Vehicle: Yaris Off-road

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by B3M0 »

Rame nih trit nya, asikk...halo om2 semua apa kabar?


sent from ladies room

sent from ladies room :e-whistle:
User avatar
B064RT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
Location: Bandung
Daily Vehicle: Escape

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by B064RT »

r12qiSonH4ji wrote: Tue Aug 22, 2017 9:41 Ikutan Review Remap jg ahh

ANPS Dakar 4x4
Sebelum Remap itu tarikan awalnya lemot, sama motor aja bisa kalah :wkkk:
karena ane udh terbiasa dengan Fortie VNT dan Hilux yg tarikan bawahnya enak,

langsung dateng ke Bebonk pas 3 hari mobil dianter, baru 120 km, langsung remap.
Dan hasilnya tarikan bawah jadi Garang.

Tar klo ada yg nanya brp HP dan Torsinya, ane gak tau. ane cuman make doang, gak berminat buat Dyno. mending duitnya buat nabung beli shock Bilstein. karena ini bodyroll ANPS udh kyk perahu klo lg di toll diatas kecepatan 140 kpj, ane kebiasaan bawa sedan mungkin. jadi klo nikung gak ngerem.
:big_biglaugh:

Tp ane cocok sama pengerjaan di Bebonk, dan ini bukan Remap an pertama kali ane loh, bukan di mobil pertama jg. Kesimpulannya ane puas dgn hasil remap beliau, jd mau balik lg
:big_smoking:
salah satu antek nya nih...
emang shock ANPS empuk bgt ya? kemaren liat di depan ANPS jalan pelan trus rem mendadak.. ngayun banget...
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ginting »

yozhuaa wrote: Tue Aug 22, 2017 14:12
ngalih wrote: Tue Aug 22, 2017 9:26
b8099ok wrote: Tue Aug 22, 2017 6:07

Ngga.
Skr pertanyaannya, klo emang bisa max, knp hrs pake eco? :ngacir:
Nah... bner mbah
hahahaha

bukan ny kalau maksimal membahayakan mesin ya ? karen bekerja lebih keras dri normal ny
#cmiiw

dan saya pernah liat d instagr*m map nya kalau dast*k bisa d setting mesin diesel supaya ga pekat kalau d gaspol
ngebul atau gak ngebul itu kan hanya perkara AFR saja...kalau dibuat "rich banget" maka ngebul...kalau "lean" maka gak ngebul...
Tinggal gimana tuner cari settingan yg pas saja sesuai aspirasi user.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Turboman »

ginting wrote:
yozhuaa wrote: Tue Aug 22, 2017 14:12
ngalih wrote: Tue Aug 22, 2017 9:26 Nah... bner mbah
hahahaha

bukan ny kalau maksimal membahayakan mesin ya ? karen bekerja lebih keras dri normal ny
#cmiiw

dan saya pernah liat d instagr*m map nya kalau dast*k bisa d setting mesin diesel supaya ga pekat kalau d gaspol
ngebul atau gak ngebul itu kan hanya perkara AFR saja...kalau dibuat "rich banget" maka ngebul...kalau "lean" maka gak ngebul...
Tinggal gimana tuner cari settingan yg pas saja sesuai aspirasi user.
kalo mau aman AFR jangan di bawah 1:18

lalu setting-nya

Low RPM enrich (supaya tarikan awal enak)
Medium RPM kasi rich dikit
Above 3000 RPM default aja (spt bawaan pabrik)

jadi pas high speed EGT aman



* Bukan ajakan Beli *