Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Jadi dengan kata lain, sampean lepas lagi itu foglam dan klakson tambahan dan kembali ke spec standart awal? ini yang saya takutkan, buat apa ditawarin aksesoris kalo itu sebenarnya tidak dapat diaplikasikan (foglam ini sudah ada di semua tipe 1.8 kan, jadi asumsi saya ini ditawarkan untuk tipe 1.5 yang ingin pasang foglam). Ini jg katagori defect desain, kenapa ngedesain mobil yang tidak flexible seperti ini dan tidak diinformasikan diawal. bung black.. dari april - mei sudah 1000 km? welehh...
bung black apakah ada keluhan lain di transmisi atau kaki2 atau body seperti mas boy? share donk pengalaman "berlivinanya". lumayan kalo bagus sebagai penghibur para penginden disini heheheheh
Black Mr wrote:Ini pertama kali buat gw untuk post mengenai GL di SM..Secara umum mobil ini nyaman banget,,harga nya pas,mobil nya oke..tp buat pencinta GL yg entar lagi terima mobilnya,,jangan coba coba de masang acesoris di luar(yg berhubungan dng elektrik system)..Gw ada cerita nih..Akhir April kan mobil uda gw dapat 1,5xv/AT 2 hari kemudian STNKnya keluar..ya biasalah mobil baru pinginnya dilengkapin gitu seperti di 1.8,,,sekitar tgl 5 mei pasang de fog lamp ama klakson yg model keong..waktu pemasangan gw telliti banget pokoknya arusnya harus langsung dari aki dilewatin keralaydulu..maksudnya biar enggak ganggu ECU atau system kelistrikan mobil.jadi total di bebanin ke aki...seminggu kemudian muncul de masalah..extra Fan nyala terus(walaupun kondisi mesin dingin dan kecepatan fan yg tinggi)..dibawalah ke nissan halim sekalian service 1000...ornag nissannya bilang ini akibat pemasangan fog lamp dan bel keong..tp emang setelah di buat standard keluhannya hilang. aneh aja padahal arus enggak di bebanin sama sekali ke instrumen yg laen : ..mungkin rekan di SM ada yg jago kelistrikan mobil..plesae sarannya dong.kan sayang banget fog lamp uda ada tp engk ke pake...
Seharusnya kalau benar Livina tidak gampang di tambah accessories, waktu penjualan salesnya memberitahukan hal ini. Jadi konsumen tahu persis apa yang harus dia beli.
Jangan sampai dia beli varian yang 'kosong' tanpa kelengkapan accessories dengan harapan bisa melengkapinya dengan accessories after market tapi setelah dipasang, mobilnya bermasalah...
ichsan_n wrote:Jadi dengan kata lain, sampean lepas lagi itu foglam dan klakson tambahan dan kembali ke spec standart awal? ini yang saya takutkan, buat apa ditawarin aksesoris kalo itu sebenarnya tidak dapat diaplikasikan (foglam ini sudah ada di semua tipe 1.8 kan, jadi asumsi saya ini ditawarkan untuk tipe 1.5 yang ingin pasang foglam).
kalo saya baca ceritanya sih. kayaknya dia itu pasang aksesoris non original. yg pasti dr ceritanya, dia pasang sendiri. betul ga nih?
w1ndut wrote:Seharusnya kalau benar Livina tidak gampang di tambah accessories, waktu penjualan salesnya memberitahukan hal ini. Jadi konsumen tahu persis apa yang harus dia beli.
Jangan sampai dia beli varian yang 'kosong' tanpa kelengkapan accessories dengan harapan bisa melengkapinya dengan accessories after market tapi setelah dipasang, mobilnya bermasalah...
masalahnya apakah aksesoris yg dipasang adl aksesoris dr produsen ?
saya rasa kalo aksesoris bukan keluaran dr merek mobil itu sendiri, dimana2 juga begitu. gak direkomendasi oleh pabrikan mobil. mana ada pabrikan mobil bilang 'saya jual mobil, tapi kamu gak boleh pasang aksesoris non resmi'. semuanya juga diam2 aja. paling bilang 'direkomendasikan untuk memasang aksesoris orisinil/resmi'.
untuk kasus Mr Black, kayaknya dia memasang aksesoris sendiri deh, bukan dr Nissan... CMIIW.
Kalo ACnya apakah emang bener berisik? Berisik karena anginnya kenceng atau karena ada hambatan angin?
Kalo soal AC yg relatif berisik karena kenceng anginnya. Untuk yg ngerti soal AC, yg ginian bisa ga sih kalo diganti stelan fan-speed nya?? Apanya yg musti dirobah atau diganti supaya fan-speednya lebih pelan dari seharusnya??
Soalnya pengalaman gua sih, kadang2 perlu setelan fan posisi setengah (kalo ada). Dikasih posisi satu (paling kecil) masih suka kegedean anginnya. Maklum, ga tahan kena angin, cepet masuk angin. Tapi pengen adem dan cepet ngerasa sumpek kalo AC mati.
foomy wrote:Kalo ACnya apakah emang bener berisik? Berisik karena anginnya kenceng atau karena ada hambatan angin?
Kalo soal AC yg relatif berisik karena kenceng anginnya. Untuk yg ngerti soal AC, yg ginian bisa ga sih kalo diganti stelan fan-speed nya?? Apanya yg musti dirobah atau diganti supaya fan-speednya lebih pelan dari seharusnya??
Soalnya pengalaman gua sih, kadang2 perlu setelan fan posisi setengah (kalo ada). Dikasih posisi satu (paling kecil) masih suka kegedean anginnya. Maklum, ga tahan kena angin, cepet masuk angin. Tapi pengen adem dan cepet ngerasa sumpek kalo AC mati.
Wah susah tuh keliatannya, itu kan gara2 design baling2nya, sama kayak kipas angin murah ma mahal bro..... Angin sama kenceng tapi suara beda,..
Ya jangan bandingin livini / avanza / terios dengan crv, inova, ma stream lah, kalah harga bro,..
Kalo gue lihat sih ya (gue bukan mekanik/teknisi/listrikisi) mungkin sepertinya sistem ECU-nya ngambil tenaga listrik dari aki - mungkin untuk menghindari kejadian kehilangan tenaga karena mati mesin atau sejenisnya. Karena mungkin tenaganya jadi kurang stabil makanya ECU-nya jadi agak ngaco.
Bisa dicoba untuk pasang dengan cara alternatif biar gak langsung ke aki? atau pasang aki lagi 1 dibagasi biar seperti bmw/mercy? hehe
saya rasa kalo aksesoris bukan keluaran dr merek mobil itu sendiri, dimana2 juga begitu. gak direkomendasi oleh pabrikan mobil. mana ada pabrikan mobil bilang 'saya jual mobil, tapi kamu gak boleh pasang aksesoris non resmi'. semuanya juga diam2 aja. paling bilang 'direkomendasikan untuk memasang aksesoris orisinil/resmi'.
untuk kasus Mr Black, kayaknya dia memasang aksesoris sendiri deh, bukan dr Nissan... CMIIW.
Jadi sekarang produsen mobil harus kasih kode dong.
Assecories after market compatible ato gak.... Kayak komputer aja.
Wah jangan2 ganti HU juga bermasalah, tambah power juga bisa bermasalah.
Maksud nya engk di lepas total..cuman sumber arusnya aja yg di copot..
ya siapa tau entar2 kalau ada jalan keluar tinggal di sambung aja lagi kan..
km pastinya belom sampe 1000 baru 912 aja tapi karna ada masalah ini makanya gw service aja yang 1000 aja..lagian normal engk sih kalau uda mencapai 1000??abisnya di bengkel kemaren gw di ceritain ada yg baru dapat 5 hari tp uda service 1000..lebih para lagi kan
mobil ini secara umum engk ada masalah..seperti yg bro boy ceritakan..soal tranmisi emang enak banget perpindahannya halus..
kalau untuk kaki2nya yg bunyi gloduuk waktu lewatin polisi tidur gw rasa bro boy pasti kecepatannya sedikit lebi cepat jadi pas naek polisi tidurnya dan waktu turunnya jd kebanting..kalau gini ma x-trail ama inova juga problemnya sama...
atau kayanya ini ciri khas pemakaian ban dunlop ya?
soalnya X-Trail & Grand Livina kan sama2 pake ban merk Dunlop dan X-Trail pun ada bunyi glodok tapi lembut...
w1ndut wrote:Seharusnya kalau benar Livina tidak gampang di tambah accessories, waktu penjualan salesnya memberitahukan hal ini. Jadi konsumen tahu persis apa yang harus dia beli.
Jangan sampai dia beli varian yang 'kosong' tanpa kelengkapan accessories dengan harapan bisa melengkapinya dengan accessories after market tapi setelah dipasang, mobilnya bermasalah...
masalahnya apakah aksesoris yg dipasang adl aksesoris dr produsen ?
saya rasa kalo aksesoris bukan keluaran dr merek mobil itu sendiri, dimana2 juga begitu. gak direkomendasi oleh pabrikan mobil. mana ada pabrikan mobil bilang 'saya jual mobil, tapi kamu gak boleh pasang aksesoris non resmi'. semuanya juga diam2 aja. paling bilang 'direkomendasikan untuk memasang aksesoris orisinil/resmi'.
untuk kasus Mr Black, kayaknya dia memasang aksesoris sendiri deh, bukan dr Nissan... CMIIW.
Emang Fog lampnya pasang sendiri..bukan ama nissan..tp bro waktu masang tu gw awasin penuh d..jng sampe ada arus yg di ambil dari komponen laen..
masalh original apa engk..gw engk berani kasih komentar..kalau waktu beli emang ada 2 tipe untk GL yg original katanya merk Valeo..ya gw ambil yg itu..jd bisa di bilang original(versi penjual ya)..waktu gw neelp ke nissan emang benar kalau fog lamp originl merknya valeo..
terus kalau menurut gw walaupun bukan barang original harusnya engk mempengaruhi kerja fan radiator kan,,toh engk ada hubungan..paling2 hubunagnnya di accu doang
tukang sapu wrote:Kalo gue lihat sih ya (gue bukan mekanik/teknisi/listrikisi) mungkin sepertinya sistem ECU-nya ngambil tenaga listrik dari aki - mungkin untuk menghindari kejadian kehilangan tenaga karena mati mesin atau sejenisnya. Karena mungkin tenaganya jadi kurang stabil makanya ECU-nya jadi agak ngaco.
Bisa dicoba untuk pasang dengan cara alternatif biar gak langsung ke aki? atau pasang aki lagi 1 dibagasi biar seperti bmw/mercy? hehe
Gw sependapat dengan ente nih,,,pake extra accu..gw uda pernah nanyain ke bengkel nissan tp tau jawabannya teetap engk bisa..Lucu kan..
so kesimpulan gw sepertinya ini masalah ...KEMBALI KE BISNIS...
Biar semua GL owner pada masang acesoris cuman di bengkel resmi..kan lumayan diluar 1,5 jt uda dapat tuasnya di nissan 4,3jt..selisin yg menarikkan
conan wrote:Mungkin karenanya akinya terlalu kecil, bukan karena elektroniknya canggih (kalau canggih, masa tidak bisa meng-handle electric mirror??). Pertama kali melihat mesin Livina aku terkejut melihat akinya yang begitu kecil.
Kalaau cuman ukuran aki sih kayaknya engk mungkin de..abisnya di bengkel pun gw tanyain kalau ganti accu dng kapasitas lebi besar,,jawabannya sama aja belum tentu bisa..
bukannya accu inova jg kecil?tp pasang apa ja masih fine2 aja tu..asal jng audio yg aneh2 de..pasti accu jg enggak kuat
Kl gara2 cuma dipasangi fog lamp pengisiannya jadi tekor, dipasangin accu truck juga lama2 habis.
Btw, kl gw, gw akan lakukan:
1. Cek sambungan2 relay utk fog lamp tsb. (Untuk memastikan aja bcoz kadang montir suka salah cara nyambungnya).
2. Ukur tegangan aki pake digital dc volt meter waktu mesin hidup, tanpa menyalakan head lamp & fog lamp.
3. Ukur lagi waktu head lamp nyala
4. Ukur lagi waktu head lamp & fog lamp nyala.
Yg paling sip, ukur arus ke accu pakai tang amper. langsung kliatan tekor ato nggak nya.
tukang sapu wrote:Kalo gue lihat sih ya (gue bukan mekanik/teknisi/listrikisi) mungkin sepertinya sistem ECU-nya ngambil tenaga listrik dari aki - mungkin untuk menghindari kejadian kehilangan tenaga karena mati mesin atau sejenisnya. Karena mungkin tenaganya jadi kurang stabil makanya ECU-nya jadi agak ngaco.
Bisa dicoba untuk pasang dengan cara alternatif biar gak langsung ke aki? atau pasang aki lagi 1 dibagasi biar seperti bmw/mercy? hehe
Gw sependapat dengan ente nih,,,pake extra accu..gw uda pernah nanyain ke bengkel nissan tp tau jawabannya teetap engk bisa..Lucu kan..
so kesimpulan gw sepertinya ini masalah ...KEMBALI KE BISNIS...
Biar semua GL owner pada masang acesoris cuman di bengkel resmi..kan lumayan diluar 1,5 jt uda dapat tuasnya di nissan 4,3jt..selisin yg menarikkan
Mungkin aja tu bner.. supaya smua org pasang accesoriesnya di nissan.. tp berarti ni mobil susah dunk buat di kotak-katik ato pasang accesories yg macem2.. ga kaya jazz/avanza yg dipasangin apa juga msuk sebetulnya si gpp kl pasang di nissan tp harganya kebangetan masa foglamp aje 4juta?? ga pake otak pasang harganya.. 4 juta mending pasang HID.. msh ada sisa 1,5juta lage..
tul2.. add-on nya nissan emang mahal.. mo pasang lampu rem di bumper belakang x-trail aja.. bayar ampir 1jt.. weleh2.. gelenk2 saya..
tp saya beli livina bukan untuk ditambah ini itu si.. buat kerja.. bisa buat neken biaya.. dapet mobil baru.. iriiiiit.. perawatan moga2 kaga perlu banyak2 *mobil baru gress* comfortable.. *uda coba punya sepupu.. nyaman.. hening.. empuk.. ga rugi banget kuar uang segitu*
kl mo buat tambah ini itu honda paling sip.. heheheh.. toyota paling gampang perawatan n harga jual ga bikin rugi.. tahan lama pula.. (kapsul uda jalan 200rb km dari taon 2001.. masi kuat.. kaga perna rewel blasss)
johnlegend wrote:
toyota paling gampang perawatan n harga jual ga bikin rugi.. tahan lama pula.. (kapsul uda jalan 200rb km dari taon 2001.. masi kuat.. kaga perna rewel blasss)
coba anda hitung sekali lagi semua dana yang anda keluarkan untuk kapsul.........
harga jual memang tinggi, relatif tidak rewel, tetapi berapa biaya BBM yang anda keluarkan untuk 200rb km? apakah "nutup" dengan harga jual yang tinggi?
masalah s.part mahal itu relatif, setahu saya s.part toyota juga ga murah koq........kalau untuk kijang, murahnya karena banyak onderdil KW 2,3,4 dll sedangkan merk lain mungkin hanya tersedia yg original, tidak ada onderdil KW-nya.......kalau mau bandingkan harga s.part, harus apple to apple dunk
coz dulu gue pernah punya kijang LGX1.8 warisan dari nyokap......
tadinya gue berpikir sama.....pake kijang bandel, ga rewel, trus setelah sampe 80.000km, gue jual (waktu itu laku 75jt), & beli baleno 2001 A/T......baru gue sadar, baleno memang lebih mahal s.partnya.....tapi bbmnya jauh lebih irit (1:6 vs 1:10).......setelah mbal masuk 40.000km, gue itung2 lagi......ternyata memang terbukti,miara kijang itu rugi...........selisih biaya untuk bbm ternyata jauh lebih besar daripada harga jualnya.....
Kl gara2 cuma dipasangi fog lamp pengisiannya jadi tekor, dipasangin accu truck juga lama2 habis.
Btw, kl gw, gw akan lakukan:
1. Cek sambungan2 relay utk fog lamp tsb. (Untuk memastikan aja bcoz kadang montir suka salah cara nyambungnya).
2. Ukur tegangan aki pake digital dc volt meter waktu mesin hidup, tanpa menyalakan head lamp & fog lamp.
3. Ukur lagi waktu head lamp nyala
4. Ukur lagi waktu head lamp & fog lamp nyala.
Yg paling sip, ukur arus ke accu pakai tang amper. langsung kliatan tekor ato nggak nya.
thanx ya Bro buat sarannya..gw coba de..entar kalau ada perbaikan gw laporin kembali di SM
hehehe.. bos ween, saya uda itung2 kok.. kapsul diesel saya bebas masalah, servis nya gampang, kaga perna servis mesin yg sampe gimana.. emang kl dibandingin ama livina kenyamanan nya jauh.. *makanya saya beli livina.. hehehe*
saya bukan cheerleader sapa2.. tp bokap gw FANATIK luar biasa ama kehandalan nya toyota.. tp sekali lagi.. keluarga saya ramai2 borong livina.. hehehe.. *fanatik bole.. tp mesti itung value for money*
saya setuju kok ama pemikiran anda.. tp dulu kaga ada livina.. jadi ya kapsul buat kerja, angkat2 barang ya sangat lebih dari cukup.. malahan sangat memuaskan karena saya tidak pernah mengalami kerusakan ini itu.. mulai dari power window, central lock dll semua sampe skrg awet2 aja.. berfungsi seperti baru..
sedangkan mobil CRV yg saya pake buat santai2.. power window nya mesti ganti.. satu pintu bayar 2.5jt.. *saya ngomong jujur apa ada nya lho.. so orang honda saya minta maap.. tapi tetep aja adik saya cinta mati ama honda*
skrg saya sedang menunggu livina.. seharusnya akhir mei kemarin uda dateng.. tp gpp lah.. sabar subur.. hehehe.. saya uda naek punya sepupu.. comfortable, hening, IRIT.. *buat angkut barang oke*