Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Mitsubishisale
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 593
Joined: Tue Sep 23, 2014 11:46
Location: Jl.Danau Sunter Utara Blok B No 14

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by Mitsubishisale »

maskopat wrote: Thu Jul 27, 2017 4:09
Mitsubishisale wrote: Thu Jul 27, 2017 3:54
efact wrote: Wed Jul 26, 2017 13:43 Setuju.. salah satunya itu emang kudunya.. cuma keburu panik liat motor nyemplung waktu itu ahahhaha...

*sedikit hints biar ga over expectation ; xm ini sedikit agak memble di tanjakan compare to ertiga.. tp di pemakaian normall.. muchoo better*

Hintsnya nnti coba ue test kebenarannya nih om, soalnya belun prnh test drive

Agak payah saat tanyakan dengan full load / single driver nih om :mky_06:
yang nyetir berbobot 2 kwintal? :big_think:
Kaya si itu yah :mky_03:


PRBS wrote: Thu Jul 27, 2017 4:17
Mitsubishisale wrote: Thu Jul 27, 2017 3:54
efact wrote: Wed Jul 26, 2017 13:43 Setuju.. salah satunya itu emang kudunya.. cuma keburu panik liat motor nyemplung waktu itu ahahhaha...

*sedikit hints biar ga over expectation ; xm ini sedikit agak memble di tanjakan compare to ertiga.. tp di pemakaian normall.. muchoo better*

Hintsnya nnti coba ue test kebenarannya nih om, soalnya belun prnh test drive

Agak payah saat tanyakan dengan full load / single driver nih om :mky_06:
Sudut kemiringan tanjakannya juga seberapa dulu.. kalo semacam ramp parkiran aja memble, ya ngeri2 sedap
Yg bikin hints hanya tulis tanjakan om, kurang detail jga tanjakannya seperti apa dan perbandingannya type xm type apa dgn ertiga type apa :mky_06:
Last edited by Mitsubishisale on Thu Jul 27, 2017 4:28, edited 1 time in total.
Menerima Pemesanan Kendaraan MITSUBISHI dan Merk Lain nya :big_deal:

More Info :

Xl : 0877-7778-1377 ( WA + Tlp )


:big_cat:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by iwing »

abud1985 wrote: Thu Jul 27, 2017 4:23 atoyot dah merasa terancam biasanya klo isu fwd mewabah XD

dan soal nanjak2... jaman skrg dah ga relevan bahasnya rwd fwd buat ngitung kuat apa ga nya nanjak, dibilang memble tp dia bs nanjak curam tp merayap asal ga ampe ngeden masih ok, kaya livina sempet bawa pas nanjak emang ga gesit, merayap tp feelnya ga kekurangan power, emang karakternya aja

mau mobil apapun yg namanya nanjak pasti ada caranya
wah gak mesti juga om. saudara ada yang punya ford ecosport matic, gak kuat nanjak di daerah jambu (banyuwangi pasti tau nih). entah karena transmisi atau fwd nya. tapi belum dicoba jalan mundur sih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by Turboman »

kalo ada isu FWD meluas pukul balik aja :

itu MPV besar 1 M juga FWD........sedan kebanggaan 2500 cc yg laris juga FWD.......SUV nya yg 2700 cc juga FWD.......yg 2000 cc juga FWD

samimawon doonkk

* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by Hanggar »

KIA Grand Sedona, 3300cc V6 juga FWD . . .bobot 2,2 ton

Kalo RWD tenaga di roda kena sunat berapa tuh 20-30% yaaa . . .
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by Hanggar »

abud1985 wrote: Thu Jul 27, 2017 4:23 atoyot dah merasa terancam biasanya klo isu fwd mewabah XD

dan soal nanjak2... jaman skrg dah ga relevan bahasnya rwd fwd buat ngitung kuat apa ga nya nanjak, dibilang memble tp dia bs nanjak curam tp merayap asal ga ampe ngeden masih ok, kaya livina sempet bawa pas nanjak emang ga gesit, merayap tp feelnya ga kekurangan power, emang karakternya aja

mau mobil apapun yg namanya nanjak pasti ada caranya
Kalau menurut saya yg sudah coba ANGL dgn 6 penumpang dewasa dan 2 anak2 di tanjakan Ciwidey, Dago pakar-bandung . . . memang lemot.

Karena saya rasa gear ratio dan ECU komputer mobil yang kurang pas responnya buat tanjakan berat . . .apalagi ini kan drive by wire pedal gas nya.

Bukan karena soal FWD or RWD. Malah FWD tenaga lebih direct/efisien.
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by bensinsolar »

FWD lebih murah dibanding RWD makanya makin banyak produsen mbl pindah ke FWD & FWD juga rawan torque steer.
FWD pasti kuat nanjak kalau dikasi ban, mesin n transmisi yg menunjang tapi sensasinya mungkin ada beda [emo-yesno]
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by PRBS »

bensinsolar wrote: Thu Jul 27, 2017 4:47 FWD lebih murah dibanding RWD makanya makin banyak produsen mbl pindah ke FWD & FWD juga rawan torque steer.
FWD pasti kuat nanjak kalau dikasi ban, mesin n transmisi yg menunjang tapi sensasinya mungkin ada beda [emo-yesno]
Menurut saya, placement FWD di xm bertujuan agar kabin belakang lebih lapang.. biar posisi dudukny lebih ergonomis.

Tapi itu mungkin ya.. soalnya belum liat secara real. Haha
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by aldy »

Hanggar wrote: Thu Jul 27, 2017 4:46
abud1985 wrote: Thu Jul 27, 2017 4:23 atoyot dah merasa terancam biasanya klo isu fwd mewabah XD

dan soal nanjak2... jaman skrg dah ga relevan bahasnya rwd fwd buat ngitung kuat apa ga nya nanjak, dibilang memble tp dia bs nanjak curam tp merayap asal ga ampe ngeden masih ok, kaya livina sempet bawa pas nanjak emang ga gesit, merayap tp feelnya ga kekurangan power, emang karakternya aja

mau mobil apapun yg namanya nanjak pasti ada caranya
Kalau menurut saya yg sudah coba ANGL dgn 6 penumpang dewasa dan 2 anak2 di tanjakan Ciwidey, Dago pakar-bandung . . . memang lemot.

Karena saya rasa gear ratio dan ECU komputer mobil yang kurang pas responnya buat tanjakan berat . . .apalagi ini kan drive by wire pedal gas nya.

Bukan karena soal FWD or RWD. Malah FWD tenaga lebih direct/efisien.
Bener om pengalaman juga ane pernah punya livi manual tapi dan beberapa kali nyetir livi matic (4at bkn cvt)..
Sebenrnya bukan masalah kuat menanjak klo buat saya..selama saya nyetir mobil fwd (manual/matic) ga pernah ga kuat nanjak selama jalanan masih aspal, sudut tanjakan wajar dan ban masih grip, pasti kuat nanjak..masalahnya adalah "peace of mind" klo pake mobil yang "powernya" pas2an ditanjakan itu bkin ga tenang (dagdigdugder) apalagi klo sdh full loaded belum lagi klo buat overtake mobil2 lambat didepannya yang mungkin membahayakan kita klo kita dibelakangnya.. :big_dunno: menurut ane ini yang lebih krusial daripada isu2 ga kuat nanjak :big_bored:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by adityabp »

IMHO,
Dari pengalaman saya ngelibas tanjakan ekstrim dari posisi diam (rem tangan), mesin harus digeber sampai 4000rpm sblm rem tangan dan kopling dilepas bersamaan. Saya pakai SUV RWD.
Yg saya khawatirkan dari FWD ketika harus ngelibas tanjakan justru yg MT, krn efek torque steer yg muncul krn mesin digeber rpm tinggi, yg bisa bikin mobil bablas tak terkendali terutama kalo tanjakannya belok patah.
Kalo yg AT, krn ada efek 'slip kopling' di TC, maka torsi yg disalurkan ke roda tidak terlalu menghentak, shg masih aman dari efek torque steer.
Utk kasus ecosport yg gak kuat nanjak, saya curiga matic-nya gak bisa main setengah kopling krn ecosport pake DCT. Alias masih pake kopling, bukan TC.
abud1985
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Jan 15, 2016 16:40

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by abud1985 »

iwing wrote: Thu Jul 27, 2017 4:27
abud1985 wrote: Thu Jul 27, 2017 4:23 atoyot dah merasa terancam biasanya klo isu fwd mewabah XD

dan soal nanjak2... jaman skrg dah ga relevan bahasnya rwd fwd buat ngitung kuat apa ga nya nanjak, dibilang memble tp dia bs nanjak curam tp merayap asal ga ampe ngeden masih ok, kaya livina sempet bawa pas nanjak emang ga gesit, merayap tp feelnya ga kekurangan power, emang karakternya aja

mau mobil apapun yg namanya nanjak pasti ada caranya
wah gak mesti juga om. saudara ada yang punya ford ecosport matic, gak kuat nanjak di daerah jambu (banyuwangi pasti tau nih). entah karena transmisi atau fwd nya. tapi belum dicoba jalan mundur sih
balik lagi sih ke setup dr pabrikan, bs jadi krn mesin ga mau diajak meraung jd begitu rpm dah tinggi dia upshift jdnya ga kuat, tp namanya nanjak emang harus ngerti karakter mesin kaya apa

ya paling ga tanjakan parkiran kuat dl, klo ampe tanjakan parkiran memble itu yg gawat :big_chicken:
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by racho »

ahh.... ribut2 RWD-FWD lagi....

kalo RWD itu lebih baik,
tolong bikin petisi berjamaah ke PT KAI biar semua kereta luar kota lokomotifnya ditaruh di belakang.
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
ayahtira
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Tue Mar 29, 2016 5:50

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by ayahtira »

racho wrote: Thu Jul 27, 2017 5:30 ahh.... ribut2 RWD-FWD lagi....

kalo RWD itu lebih baik,
tolong bikin petisi berjamaah ke PT KAI biar semua kereta luar kota lokomotifnya ditaruh di belakang.
hahahahah,,keren nih komennya

jangan lupa tanya jg sama mamang tukang bangunan yg suka narik gerobak, pasti narik (depan) bukan dorong (belakang) :wkkk:
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by abrof »

racho wrote: Thu Jul 27, 2017 5:30 ahh.... ribut2 RWD-FWD lagi....

kalo RWD itu lebih baik,
tolong bikin petisi berjamaah ke PT KAI biar semua kereta luar kota lokomotifnya ditaruh di belakang.
:wkkk: :wkkk:

ya begitulah ribut FWD sama RWD lagi, klo susah move on...trus ada penyusupan sales
captenmea
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Mon Jul 13, 2015 16:05

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by captenmea »

Ah.. .paling yg masalah in RWD sales ato fanboy atoy*t aja, mereka lupa apa NAV1,NOAH,ama Sienta dan Jojo jg pake rwd... :big_dunno:
Eh.. Sienta dan Voxy
captenmea
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Mon Jul 13, 2015 16:05

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by captenmea »

captenmea wrote: Thu Jul 27, 2017 5:48 Ah.. .paling yg masalah in RWD sales ato fanboy atoy*t aja, mereka lupa apa NAV1,NOAH,ama Sienta dan Jojo jg pake rwd... :big_dunno:
Eh.. Sienta dan Voxy
Eh.. Maaf salah keti,maksud nya FWD
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by rechtmasta »

racho wrote: Thu Jul 27, 2017 5:30 ahh.... ribut2 RWD-FWD lagi....

kalo RWD itu lebih baik,
tolong bikin petisi berjamaah ke PT KAI biar semua kereta luar kota lokomotifnya ditaruh di belakang.
Jiakakakaka...best comment ini :mky_02:

Sekedar share aja, dulu waktu make Freed (matic, lemot, boyot...FWD) pernah karena kejebak di puncak pass nekat ambil jalur alternatif masuk ke gunung-gunung. Well, dari istilahnya gunung-gunung, jalannya ya pasti naek turun dan curam, plus banyak kerikilnya. Hingga pas last uphill, ada satu tanjakan bukit yang lumayan curam plus banyak kerikil, pas percobaan pertama emang gagal...nah pas percobaan kedua (pas dikasih liat contoh colt buntung :mky_04: ) BERHASIL!!! Kondisi full load, dua didepan tiga dibelakang, supir 85 kilo :mky_04:

So...masalah tanjakan...it is more to the man behind the wheel sih :big_smoking:
User avatar
Mitsubishisale
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 593
Joined: Tue Sep 23, 2014 11:46
Location: Jl.Danau Sunter Utara Blok B No 14

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by Mitsubishisale »

captenmea wrote: Thu Jul 27, 2017 5:52
captenmea wrote: Thu Jul 27, 2017 5:48 Ah.. .paling yg masalah in RWD sales ato fanboy atoy*t aja, mereka lupa apa NAV1,NOAH,ama Sienta dan Jojo jg pake rwd... :big_dunno:
Eh.. Sienta dan Voxy
Eh.. Maaf salah keti,maksud nya FWD

Duo kembar yg terakhir mereka keluarkan jga FWD :mky_03:
Menerima Pemesanan Kendaraan MITSUBISHI dan Merk Lain nya :big_deal:

More Info :

Xl : 0877-7778-1377 ( WA + Tlp )


:big_cat:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by adityabp »

racho wrote: Thu Jul 27, 2017 5:30 ahh.... ribut2 RWD-FWD lagi....

kalo RWD itu lebih baik,
tolong bikin petisi berjamaah ke PT KAI biar semua kereta luar kota lokomotifnya ditaruh di belakang.
Utk yg pake rel bergigi, emang lokomotifnya dibelakang om. :mky_08:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by Turboman »

FWD mau traksi bagus

tekanan angin ban depan jangan tinggi2, ikutin petunjuk di pintu aja
* Bukan ajakan Beli *
piw
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Thu Feb 23, 2017 3:08

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by piw »

rechtmasta wrote: Thu Jul 27, 2017 6:03
racho wrote: Thu Jul 27, 2017 5:30 ahh.... ribut2 RWD-FWD lagi....

kalo RWD itu lebih baik,
tolong bikin petisi berjamaah ke PT KAI biar semua kereta luar kota lokomotifnya ditaruh di belakang.
Jiakakakaka...best comment ini :mky_02:

Sekedar share aja, dulu waktu make Freed (matic, lemot, boyot...FWD) pernah karena kejebak di puncak pass nekat ambil jalur alternatif masuk ke gunung-gunung. Well, dari istilahnya gunung-gunung, jalannya ya pasti naek turun dan curam, plus banyak kerikilnya. Hingga pas last uphill, ada satu tanjakan bukit yang lumayan curam plus banyak kerikil, pas percobaan pertama emang gagal...nah pas percobaan kedua (pas dikasih liat contoh colt buntung :mky_04: ) BERHASIL!!! Kondisi full load, dua didepan tiga dibelakang, supir 85 kilo :mky_04:

So...masalah tanjakan...it is more to the man behind the wheel sih :big_smoking:
sepakat ini, lebih ke orang yang bawa, ketimbang mobilnya.

engineer yang design, sudah mempertibangkan semua nya lah.
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by efact »

racho wrote: Thu Jul 27, 2017 1:16 wow...

sepertinya om efact kemarin udah TD di Jepang ya?
:mky_02:

jadi, pake mesinnya apa? bener pake 4A91?
PRBS wrote: Thu Jul 27, 2017 4:17
Sudut kemiringan tanjakannya juga seberapa dulu.. kalo semacam ramp parkiran aja memble, ya ngeri2 sedap
Mitsubishisale wrote: Thu Jul 27, 2017 3:54
Hintsnya nnti coba ue test kebenarannya nih om, soalnya belun prnh test drive

Agak payah saat tanyakan dengan full load / single driver nih om :mky_06:
Hehehe.. full load.. full throttle om.. kalo nyetir normal sih fine fine aja.. ga ada masalah sama sekali utk nanjak seperti yg ditakutin rekan rekan disini.... jd jgn khawatir kalo xm itu ga kuat nanjak yah..jd malah keliatan banget ada oknum black campaign terselubung disini hahaha.. belom tentu merk sebelah yg rwd itu lebih superior dari fwd soal nanjak menanjak..
By the way..
ertiga itu total gear rationya lumayan gede lho..emang asik banget nih mobil kalo ketemu jalan pegunungan gtu..
Cuma ya memble di normal city /intercity usage nya...
makanya imho pemakaiann normal xm ini much better..


:wkkk:
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by armann »

Turboman wrote: Thu Jul 27, 2017 4:35 kalo ada isu FWD meluas pukul balik aja :

itu MPV besar 1 M juga FWD........sedan kebanggaan 2500 cc yg laris juga FWD.......SUV nya yg 2700 cc juga FWD.......yg 2000 cc juga FWD

samimawon doonkk
suv 2700cc fwd apa ya emg? *beneran gatau*
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
SPH
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Apr 02, 2017 8:35
Location: Bandung

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by SPH »

armann wrote: Thu Jul 27, 2017 6:48
Turboman wrote: Thu Jul 27, 2017 4:35 kalo ada isu FWD meluas pukul balik aja :

itu MPV besar 1 M juga FWD........sedan kebanggaan 2500 cc yg laris juga FWD.......SUV nya yg 2700 cc juga FWD.......yg 2000 cc juga FWD

samimawon doonkk
suv 2700cc fwd apa ya emg? *beneran gatau*
RX 270 bukan om ?
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by efact »

armann wrote: Thu Jul 27, 2017 6:48
Turboman wrote: Thu Jul 27, 2017 4:35 kalo ada isu FWD meluas pukul balik aja :

itu MPV besar 1 M juga FWD........sedan kebanggaan 2500 cc yg laris juga FWD.......SUV nya yg 2700 cc juga FWD.......yg 2000 cc juga FWD

samimawon doonkk
suv 2700cc fwd apa ya emg? *beneran gatau*
Hyundai santa fe? Lexus rx270?
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Mitsubishi XM Concept spyshots (akan hadir di GIIAS 2017)

Post by bensinsolar »

PRBS wrote: Thu Jul 27, 2017 5:04
bensinsolar wrote: Thu Jul 27, 2017 4:47 FWD lebih murah dibanding RWD makanya makin banyak produsen mbl pindah ke FWD & FWD juga rawan torque steer.
FWD pasti kuat nanjak kalau dikasi ban, mesin n transmisi yg menunjang tapi sensasinya mungkin ada beda [emo-yesno]
Menurut saya, placement FWD di xm bertujuan agar kabin belakang lebih lapang.. biar posisi dudukny lebih ergonomis.

Tapi itu mungkin ya.. soalnya belum liat secara real. Haha
Bener Om, kalau utk MPV pasti ngejar space n perlu FWD karena RWD ada tunnel. Saya yakin Xpander ini bisa lebih lega drpd Innova lama karena FWDnya (jika semua dimensi luar sama).
Untuk mengatasi FWD torque steer tergantung injekan pedal aja, istri saya ngalamin sendiri pas ke area Jonggol dgn tmn2nya. Naik harrier, pas tanjakan curam n banyak kerikil berenti. Pas start lagi, ban depan muter2 aja & mobil makin mundur karena panik diulang2 akhirnya temennya bantuin dorong (+/- 20m dibelakang jurang) :mky_07: . Trus pas saya denger, bilang mestinya select Snow mode biar naiknya pelan2 walaupun injek gaspol. :mky_01: