Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
abud1985 wrote: Thu Jul 27, 2017 4:23
atoyot dah merasa terancam biasanya klo isu fwd mewabah XD
dan soal nanjak2... jaman skrg dah ga relevan bahasnya rwd fwd buat ngitung kuat apa ga nya nanjak, dibilang memble tp dia bs nanjak curam tp merayap asal ga ampe ngeden masih ok, kaya livina sempet bawa pas nanjak emang ga gesit, merayap tp feelnya ga kekurangan power, emang karakternya aja
mau mobil apapun yg namanya nanjak pasti ada caranya
wah gak mesti juga om. saudara ada yang punya ford ecosport matic, gak kuat nanjak di daerah jambu (banyuwangi pasti tau nih). entah karena transmisi atau fwd nya. tapi belum dicoba jalan mundur sih
abud1985 wrote: Thu Jul 27, 2017 4:23
atoyot dah merasa terancam biasanya klo isu fwd mewabah XD
dan soal nanjak2... jaman skrg dah ga relevan bahasnya rwd fwd buat ngitung kuat apa ga nya nanjak, dibilang memble tp dia bs nanjak curam tp merayap asal ga ampe ngeden masih ok, kaya livina sempet bawa pas nanjak emang ga gesit, merayap tp feelnya ga kekurangan power, emang karakternya aja
mau mobil apapun yg namanya nanjak pasti ada caranya
Kalau menurut saya yg sudah coba ANGL dgn 6 penumpang dewasa dan 2 anak2 di tanjakan Ciwidey, Dago pakar-bandung . . . memang lemot.
Karena saya rasa gear ratio dan ECU komputer mobil yang kurang pas responnya buat tanjakan berat . . .apalagi ini kan drive by wire pedal gas nya.
Bukan karena soal FWD or RWD. Malah FWD tenaga lebih direct/efisien.
FWD lebih murah dibanding RWD makanya makin banyak produsen mbl pindah ke FWD & FWD juga rawan torque steer.
FWD pasti kuat nanjak kalau dikasi ban, mesin n transmisi yg menunjang tapi sensasinya mungkin ada beda
bensinsolar wrote: Thu Jul 27, 2017 4:47
FWD lebih murah dibanding RWD makanya makin banyak produsen mbl pindah ke FWD & FWD juga rawan torque steer.
FWD pasti kuat nanjak kalau dikasi ban, mesin n transmisi yg menunjang tapi sensasinya mungkin ada beda
Menurut saya, placement FWD di xm bertujuan agar kabin belakang lebih lapang.. biar posisi dudukny lebih ergonomis.
Tapi itu mungkin ya.. soalnya belum liat secara real. Haha
abud1985 wrote: Thu Jul 27, 2017 4:23
atoyot dah merasa terancam biasanya klo isu fwd mewabah XD
dan soal nanjak2... jaman skrg dah ga relevan bahasnya rwd fwd buat ngitung kuat apa ga nya nanjak, dibilang memble tp dia bs nanjak curam tp merayap asal ga ampe ngeden masih ok, kaya livina sempet bawa pas nanjak emang ga gesit, merayap tp feelnya ga kekurangan power, emang karakternya aja
mau mobil apapun yg namanya nanjak pasti ada caranya
Kalau menurut saya yg sudah coba ANGL dgn 6 penumpang dewasa dan 2 anak2 di tanjakan Ciwidey, Dago pakar-bandung . . . memang lemot.
Karena saya rasa gear ratio dan ECU komputer mobil yang kurang pas responnya buat tanjakan berat . . .apalagi ini kan drive by wire pedal gas nya.
Bukan karena soal FWD or RWD. Malah FWD tenaga lebih direct/efisien.
Bener om pengalaman juga ane pernah punya livi manual tapi dan beberapa kali nyetir livi matic (4at bkn cvt)..
Sebenrnya bukan masalah kuat menanjak klo buat saya..selama saya nyetir mobil fwd (manual/matic) ga pernah ga kuat nanjak selama jalanan masih aspal, sudut tanjakan wajar dan ban masih grip, pasti kuat nanjak..masalahnya adalah "peace of mind" klo pake mobil yang "powernya" pas2an ditanjakan itu bkin ga tenang (dagdigdugder) apalagi klo sdh full loaded belum lagi klo buat overtake mobil2 lambat didepannya yang mungkin membahayakan kita klo kita dibelakangnya.. menurut ane ini yang lebih krusial daripada isu2 ga kuat nanjak
IMHO,
Dari pengalaman saya ngelibas tanjakan ekstrim dari posisi diam (rem tangan), mesin harus digeber sampai 4000rpm sblm rem tangan dan kopling dilepas bersamaan. Saya pakai SUV RWD.
Yg saya khawatirkan dari FWD ketika harus ngelibas tanjakan justru yg MT, krn efek torque steer yg muncul krn mesin digeber rpm tinggi, yg bisa bikin mobil bablas tak terkendali terutama kalo tanjakannya belok patah.
Kalo yg AT, krn ada efek 'slip kopling' di TC, maka torsi yg disalurkan ke roda tidak terlalu menghentak, shg masih aman dari efek torque steer.
Utk kasus ecosport yg gak kuat nanjak, saya curiga matic-nya gak bisa main setengah kopling krn ecosport pake DCT. Alias masih pake kopling, bukan TC.
abud1985 wrote: Thu Jul 27, 2017 4:23
atoyot dah merasa terancam biasanya klo isu fwd mewabah XD
dan soal nanjak2... jaman skrg dah ga relevan bahasnya rwd fwd buat ngitung kuat apa ga nya nanjak, dibilang memble tp dia bs nanjak curam tp merayap asal ga ampe ngeden masih ok, kaya livina sempet bawa pas nanjak emang ga gesit, merayap tp feelnya ga kekurangan power, emang karakternya aja
mau mobil apapun yg namanya nanjak pasti ada caranya
wah gak mesti juga om. saudara ada yang punya ford ecosport matic, gak kuat nanjak di daerah jambu (banyuwangi pasti tau nih). entah karena transmisi atau fwd nya. tapi belum dicoba jalan mundur sih
balik lagi sih ke setup dr pabrikan, bs jadi krn mesin ga mau diajak meraung jd begitu rpm dah tinggi dia upshift jdnya ga kuat, tp namanya nanjak emang harus ngerti karakter mesin kaya apa
ya paling ga tanjakan parkiran kuat dl, klo ampe tanjakan parkiran memble itu yg gawat
captenmea wrote: Thu Jul 27, 2017 5:48
Ah.. .paling yg masalah in RWD sales ato fanboy atoy*t aja, mereka lupa apa NAV1,NOAH,ama Sienta dan Jojo jg pake rwd...
Eh.. Sienta dan Voxy
kalo RWD itu lebih baik,
tolong bikin petisi berjamaah ke PT KAI biar semua kereta luar kota lokomotifnya ditaruh di belakang.
Jiakakakaka...best comment ini
Sekedar share aja, dulu waktu make Freed (matic, lemot, boyot...FWD) pernah karena kejebak di puncak pass nekat ambil jalur alternatif masuk ke gunung-gunung. Well, dari istilahnya gunung-gunung, jalannya ya pasti naek turun dan curam, plus banyak kerikilnya. Hingga pas last uphill, ada satu tanjakan bukit yang lumayan curam plus banyak kerikil, pas percobaan pertama emang gagal...nah pas percobaan kedua (pas dikasih liat contoh colt buntung ) BERHASIL!!! Kondisi full load, dua didepan tiga dibelakang, supir 85 kilo
So...masalah tanjakan...it is more to the man behind the wheel sih
captenmea wrote: Thu Jul 27, 2017 5:48
Ah.. .paling yg masalah in RWD sales ato fanboy atoy*t aja, mereka lupa apa NAV1,NOAH,ama Sienta dan Jojo jg pake rwd...
Eh.. Sienta dan Voxy
Eh.. Maaf salah keti,maksud nya FWD
Duo kembar yg terakhir mereka keluarkan jga FWD
Menerima Pemesanan Kendaraan MITSUBISHI dan Merk Lain nya
kalo RWD itu lebih baik,
tolong bikin petisi berjamaah ke PT KAI biar semua kereta luar kota lokomotifnya ditaruh di belakang.
Jiakakakaka...best comment ini
Sekedar share aja, dulu waktu make Freed (matic, lemot, boyot...FWD) pernah karena kejebak di puncak pass nekat ambil jalur alternatif masuk ke gunung-gunung. Well, dari istilahnya gunung-gunung, jalannya ya pasti naek turun dan curam, plus banyak kerikilnya. Hingga pas last uphill, ada satu tanjakan bukit yang lumayan curam plus banyak kerikil, pas percobaan pertama emang gagal...nah pas percobaan kedua (pas dikasih liat contoh colt buntung ) BERHASIL!!! Kondisi full load, dua didepan tiga dibelakang, supir 85 kilo
So...masalah tanjakan...it is more to the man behind the wheel sih
sepakat ini, lebih ke orang yang bawa, ketimbang mobilnya.
engineer yang design, sudah mempertibangkan semua nya lah.
PRBS wrote: Thu Jul 27, 2017 4:17
Sudut kemiringan tanjakannya juga seberapa dulu.. kalo semacam ramp parkiran aja memble, ya ngeri2 sedap
Mitsubishisale wrote: Thu Jul 27, 2017 3:54
Hintsnya nnti coba ue test kebenarannya nih om, soalnya belun prnh test drive
Agak payah saat tanyakan dengan full load / single driver nih om
Hehehe.. full load.. full throttle om.. kalo nyetir normal sih fine fine aja.. ga ada masalah sama sekali utk nanjak seperti yg ditakutin rekan rekan disini.... jd jgn khawatir kalo xm itu ga kuat nanjak yah..jd malah keliatan banget ada oknum black campaign terselubung disini hahaha.. belom tentu merk sebelah yg rwd itu lebih superior dari fwd soal nanjak menanjak..
By the way..
ertiga itu total gear rationya lumayan gede lho..emang asik banget nih mobil kalo ketemu jalan pegunungan gtu..
Cuma ya memble di normal city /intercity usage nya...
makanya imho pemakaiann normal xm ini much better..
bensinsolar wrote: Thu Jul 27, 2017 4:47
FWD lebih murah dibanding RWD makanya makin banyak produsen mbl pindah ke FWD & FWD juga rawan torque steer.
FWD pasti kuat nanjak kalau dikasi ban, mesin n transmisi yg menunjang tapi sensasinya mungkin ada beda
Menurut saya, placement FWD di xm bertujuan agar kabin belakang lebih lapang.. biar posisi dudukny lebih ergonomis.
Tapi itu mungkin ya.. soalnya belum liat secara real. Haha
Bener Om, kalau utk MPV pasti ngejar space n perlu FWD karena RWD ada tunnel. Saya yakin Xpander ini bisa lebih lega drpd Innova lama karena FWDnya (jika semua dimensi luar sama).
Untuk mengatasi FWD torque steer tergantung injekan pedal aja, istri saya ngalamin sendiri pas ke area Jonggol dgn tmn2nya. Naik harrier, pas tanjakan curam n banyak kerikil berenti. Pas start lagi, ban depan muter2 aja & mobil makin mundur karena panik diulang2 akhirnya temennya bantuin dorong (+/- 20m dibelakang jurang) . Trus pas saya denger, bilang mestinya select Snow mode biar naiknya pelan2 walaupun injek gaspol.