Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
saya nggak tau kronologinya, tapi saya sering lihat motor roda tiga yang disetirnya gak ngerti haluan, dianggepnya masih nyetir roda dua kali. bahkan pernah nabrak saya gara2 salah satu rodanya nyenggol trotoar. Harusnya pengemudi roda 3 pakai SIM A atau minimal pernah nyetir mobil.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Mungkin ada yang sedikit miss interpretasi, seperti yang sering saya bilang bahwa tebal tipis pelat lebih condong ke fungsi estetika,ChZ wrote: Tue Jul 18, 2017 1:03Nah ada kejadian gini mulai deh komentarnya begini...slapnuts wrote: Jadi teringat ucapan salah satu member SM yang mengatakan bahwa plat body tebal ga penting, yang penting rangka chasis bla bla bla, makan tuh ghongghuan [emoji23]
Selain rangka yang kuat, bagaimanapun juga ketebalan plat body juga penting(heran masih ada yg membela plat body tipis gpp, yang penting ada crumple zone lah, dan lain-lain). Oke ada crumple zone, tapi ga gitu juga kali semua di area crumple zone jadi dibikin setipis kaleng sarden.. ckckck
Salah satu member SM? Yak itu saya yang bilang.
Begini, kayaknya anda ngga nangkep maksud saya. Ketebalan pelat bodi memang gak punya andil besar dalam crash test, i can confirm you that. Coba liat crash test video deh. Sampe sekelas Mercedes pun bempernya tetep dari plastik, kok.
Safety itu berhubungan sama structure rangka bukan plat bodi tebal/tipis (yang mostly kita ngetes cuma diketuk pake tangan, which kalo peredamnya tebel ya pasti asal ngomong platnya tebel pdhl cuma peredam). Mobil LCGC, FYI, di ASEAN NCAP dapet 3-stars kok.
Struktur rangka itu apa sih? Bukan tebal pelat bodi bagian luar, tapi bergantung pada material yang digunakan untuk RANGKA nya (makanya skrg pada gembor gembor pake High tensile steel atw G-CON+ACE, GOA Body, dll dst), teknik pengelasan, teknik pengolahan, dll... Buktinya, mobil skrg jauh lebih safe dari mobil dulu yg bodinya dari besi semua.
Memang ada mobil yang udah bodinya tipis, rangkanya lemah... Nah ini contohnya mobil Cina... Kalo si habanjah dan lcgc si kayaknya masih mendingan walau tetep aja ngeri... Bukan berarti mobil sekarang lebih gak aman kan? Kalo yang diambil contoh mobil murah semua ya susah.
Nah skrg kasusnya plat pintu lepas kan masalah assembly, bukan masalah plat tipis atw tebel... jd tolong dikondisikan. Toh kita ga tau kejadian di TKP seperti apa, apakah fukuda nya ngebut sampe ketarik plat Calya nya karna terlalu kuat... Ya bisa jadi.
Sebelum bashing, googling dulu ya...
Sent from my Redmi 4X
maksudnya adalah kemampuan mempertahankan bentuk body saat terjadi tabrakan ringan, senggolan atau kejatuhan benda ringan
seperti kejatuhan buah mangga waktu parkir dibawah pohonnya.
Maksud saya adalah, kalaupun secara safety bisa saja baik tapi jangan sampai melupakan aspek asembli yang membentuk estetika
mobilnya, kalau di Mobil medium atau high class seh iya, sebagian mengganti plat besi tebal dengan plastik/bahkan carbon fiber
yang lentur untuk safety. tapi kalau LCGC menipiskan plat body jelas yang dikejar adalah skala keekonomiannya. Bahkan saya berfikir
dari pada pakai pelat body tipis begitu kayanya lebih masuk akal body mobil dibuat dari plastik ABS seperti body Motor. Entah jadi lebih
murah atau tambah mahal? cuma kalau sudah pada kendor mountingnya nanti rattling dimana-mana. hihihi....
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Betul oom, sebenernya plat bodi tipis/tebal lebih ke low speed collision kya senggolan ma becak atau trotoar... Lebih ke fungsi estetika (dan keamanan dompet).Pugman wrote: Mungkin ada yang sedikit miss interpretasi, seperti yang sering saya bilang bahwa tebal tipis pelat lebih condong ke fungsi estetika,
maksudnya adalah kemampuan mempertahankan bentuk body saat terjadi tabrakan ringan, senggolan atau kejatuhan benda ringan
seperti kejatuhan buah mangga waktu parkir dibawah pohonnya.
Maksud saya adalah, kalaupun secara safety bisa saja baik tapi jangan sampai melupakan aspek asembli yang membentuk estetika
mobilnya, kalau di Mobil medium atau high class seh iya, sebagian mengganti plat besi tebal dengan plastik/bahkan carbon fiber
yang lentur untuk safety. tapi kalau LCGC menipiskan plat body jelas yang dikejar adalah skala keekonomiannya. Bahkan saya berfikir
dari pada pakai pelat body tipis begitu kayanya lebih masuk akal body mobil dibuat dari plastik ABS seperti body Motor. Entah jadi lebih
murah atau tambah mahal? cuma kalau sudah pada kendor mountingnya nanti rattling dimana-mana. hihihi....
Klw buat safety sih cabin shell nya.
LCGC pake plastic abs kya motor bagus sih... Rattle jg pengguna lcgc gak pusing... Tp rasanya biaya nyetak plastik lebih mahal drpd plat.
Sent from my Redmi 4X
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Apr 06, 2017 8:57
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Plat tebal atau tipis pasti pengaruh dan akan lebih pede bila bawa mobil plat tebal, pengalaman saya bawa mobil ecosport n senggolan dengan b*io, ecos yg platnya lebih tebal tidak ada lecet n hanya bekas cat brio yg menempel dan bisa saya hilangkan sendiri dgn kompon, b*ionya kondisi penyok n harus body repair, di sini mobil lcgc smpe yg harga 500jt pun platnya tipis karena "disesuaikan dengan selera lokal", saya juga dulu pernah punya atoyot agay n emng plat tipis n gampang penyok kalo tertimpa buah, dan jadi harus sering2 di body repair
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Jangan" emang di desain begitu , jadi kalo penyok atau lepas tinggal beli panelnya aja dan bisa request warna 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
slapnuts wrote: Tue Jul 18, 2017 0:53
Jadi teringat ucapan salah satu member SM yang mengatakan bahwa plat body tebal ga penting, yang penting rangka chasis bla bla bla, makan tuh ghongghuan
Selain rangka yang kuat, bagaimanapun juga ketebalan plat body juga penting(heran masih ada yg membela plat body tipis gpp, yang penting ada crumple zone lah, dan lain-lain). Oke ada crumple zone, tapi ga gitu juga kali semua di area crumple zone jadi dibikin setipis kaleng sarden.. ckckck
kalo plaat dibuat tebel saat ini, apa anda sanggup bayar LCGC seharga 500 juta? nggak akan mampu kan?
btw kalo anda plaat tebel lover, beli anoa saja. masih kurang tebel juga?
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Saya bawa SUV yang platnya "kuat" ma sedan yang "kaleng" lebih pede bawa sedan sih om...Zordon wrote:Plat tebal atau tipis pasti pengaruh dan akan lebih pede bila bawa mobil plat tebal, pengalaman saya bawa mobil ecosport n senggolan dengan b*io, ecos yg platnya lebih tebal tidak ada lecet n hanya bekas cat brio yg menempel dan bisa saya hilangkan sendiri dgn kompon, b*ionya kondisi penyok n harus body repair, di sini mobil lcgc smpe yg harga 500jt pun platnya tipis karena "disesuaikan dengan selera lokal", saya juga dulu pernah punya atoyot agay n emng plat tipis n gampang penyok kalo tertimpa buah, dan jadi harus sering2 di body repair
Bawa Isuzu panther yang bodinya tebel ma bawa CR-V jg lebih pede bawa CR-V....
Problemnya bkn di plat bodi tebel yang bikin terasa mantep... Tp engineering chasis, suspensi, dan rigiditas rangka... Bandinginnya lcgc sama ecosport ya jauh om...
Sent from my Redmi 4X
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
marmut wrote: Tue Jul 18, 2017 8:27slapnuts wrote: Tue Jul 18, 2017 0:53
Jadi teringat ucapan salah satu member SM yang mengatakan bahwa plat body tebal ga penting, yang penting rangka chasis bla bla bla, makan tuh ghongghuan
Selain rangka yang kuat, bagaimanapun juga ketebalan plat body juga penting(heran masih ada yg membela plat body tipis gpp, yang penting ada crumple zone lah, dan lain-lain). Oke ada crumple zone, tapi ga gitu juga kali semua di area crumple zone jadi dibikin setipis kaleng sarden.. ckckck
kalo plaat dibuat tebel saat ini, apa anda sanggup bayar LCGC seharga 500 juta? nggak akan mampu kan?
btw kalo anda plaat tebel lover, beli anoa saja. masih kurang tebel juga?
kwkwkwkwkw
Betul itu
Plat body tebel -> body lebih berat -> power mesin harus ditingkatkan -> safety lebih ditingkatkan (mekanis rem, vsc, etc.. karena power lebih tinggi) -> harga ga mungkin LCGC hehe
Company sekarang menerapkan gimana buat mobil lebih lightweight tapi strukturny lebih dinamis alias fleksibel menahan benturan. Both for penumpang dan makhluk hidup sekeliling kendaraan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
ChZ wrote: Tue Jul 18, 2017 2:40Nah itu pe er nya pabrikan mobil... Gimana bikin plat yang ringan, aman, skaligus gak mudah penyok ... Ples murah.coklatMetalik wrote:Kalo kesimpulan ane sih
Plat bodi penting utk kecelakaan "ringan". Kalo plat tipis senggolan dikit aja penyok. Bahkan copot kyk kasus diatas...
Kalo kecelakaan berat baru kekuatan rangka yg berpengaruh....
Untuk saat ini plastik masih pilihan terbaik ... masalahnya kita gak bisa dapet all in one... Dapet all in one minimal kelas 300 juta up..
Tapi Ayla temen saya senggolan ma sesama mobil justru gak pernah penyok. Malah sama motor banyak penyoknya.
Kemaren Harrier ditabrak blakang di Jogja sama Mobilio yang katanya kaleng... Juga Mobilionya gakpapa. Padahal mayan kenceng bunyinya.
Sent from my Redmi 4X
Sedikit analisa berdasarkan pengalaman buruk saya saat kecelakaan :
Di tahun 2011 saya kecelakaan, tempurung lutut pecah karena saat jatuh tempurung lutut tertumpuh pada kerikil kecil
Seandainya lutut saya saat jatuh tertumpuh langsung dengan lantai mungkin tempurung lutut tidak akan pecah
Ini terkait dengan titik pertemuan tabrakan ... Semakin kecil/sempit titik tabrakan semakin besar resiko penyok & semakin besar/lebar titik tabrakan semakin kecil resiko penyok.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Fri Apr 24, 2009 6:20
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
DEJAVU....
viewtopic.php?t=11599&start=25
He3x ternyata tebel-tipis dah diomongin dari 8 thn yg lalu :p.
viewtopic.php?t=11599&start=25
He3x ternyata tebel-tipis dah diomongin dari 8 thn yg lalu :p.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Sorry sy gasetuju klo plat tipis gpp.. anda keluar wang ratusan juta to dpt barang ga berkualitas itu gpp? Hebat
Mobil sekarang wow menurt sy.. walo smp harga 500 juta aja gampang sekali penyok / seengga2 ny lesung pipit padahal gajelas kena apa ..
Jangan kan body..cat mobil sekeg aja empuk nya bukan main..kena bird doping aja dah amblas tu cat....
Mobil sekrg gada 1 thn mirip2 swirll ny kyk mobil 5thn dulu
Mobil sekarang wow menurt sy.. walo smp harga 500 juta aja gampang sekali penyok / seengga2 ny lesung pipit padahal gajelas kena apa ..
Jangan kan body..cat mobil sekeg aja empuk nya bukan main..kena bird doping aja dah amblas tu cat....
Mobil sekrg gada 1 thn mirip2 swirll ny kyk mobil 5thn dulu
engine roaring!
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Ya kalau begitu proteslah ma Mercedes... BMW sekalian...walid_007 wrote:Sorry sy gasetuju klo plat tipis gpp.. anda keluar wang ratusan juta to dpt barang ga berkualitas itu gpp? Hebat
Mobil sekarang wow menurt sy.. walo smp harga 500 juta aja gampang sekali penyok / seengga2 ny lesung pipit padahal gajelas kena apa ..
Jangan kan body..cat mobil sekeg aja empuk nya bukan main..kena bird doping aja dah amblas tu cat....
Mobil sekrg gada 1 thn mirip2 swirll ny kyk mobil 5thn dulu
BMW ma Mercedes skrg juga gak "keras" luarnya kayak dulu. Cb bandingin E36 ma F30...
Tp hasil crash testnya? Liat sndiri ah... Dah ada google yutub.
Body lbh tipis tp dapet rangka kuat... Sy sih ga protes. Yg penting isi, bukan luarnya. Lamborghini juga luarnya plastikan semua. Tp rangkanya dari Carbon fiber yg super rigid & kuat.
Sya blom ngomong LCGC ya... Tp anda bilang mobil 500juta... Cb liat hasil crash test CRV generasi 1/2 ma generasi 4...
Sent from my Redmi 4X
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Hemm...rame bener ini trit..
Yahh, cuma kebagian pej 3...
Yahh, cuma kebagian pej 3...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
buahhahahhaaaa... tinggal diedukasi ajaaaaaa.. beres dheeeee
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 267
- Joined: Wed Apr 22, 2015 1:54
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Wah... bisa2 atpm cari peluang buat jual aksesoris kayak cover casing hp nih... 
Mungkin plat tebal itu berpengaruh pada faktor keekonomian, bobot berat (tonase) dan efisiensi bbm. Makanya semakin kemari, baik LCGC maupun non, memakai/mencari alternatif2 lain untuk memenuhi target 3faktor ini, dengan catatan harusnya dengan kualitas yg tidak lebih buruk... Cuma pilihan, prioritas dan keberhasilan masing2 merek kan berbeda2. CMIIW.

Mungkin plat tebal itu berpengaruh pada faktor keekonomian, bobot berat (tonase) dan efisiensi bbm. Makanya semakin kemari, baik LCGC maupun non, memakai/mencari alternatif2 lain untuk memenuhi target 3faktor ini, dengan catatan harusnya dengan kualitas yg tidak lebih buruk... Cuma pilihan, prioritas dan keberhasilan masing2 merek kan berbeda2. CMIIW.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
sorry to hear that om... skrg kondisi tempurungnya gmna ? katanya tempurung lutut itu sangat sulit kembali normal kalau uda cedera yaOr4cle wrote: Tue Jul 18, 2017 10:13ChZ wrote: Tue Jul 18, 2017 2:40Nah itu pe er nya pabrikan mobil... Gimana bikin plat yang ringan, aman, skaligus gak mudah penyok ... Ples murah.coklatMetalik wrote:Kalo kesimpulan ane sih
Plat bodi penting utk kecelakaan "ringan". Kalo plat tipis senggolan dikit aja penyok. Bahkan copot kyk kasus diatas...
Kalo kecelakaan berat baru kekuatan rangka yg berpengaruh....
Untuk saat ini plastik masih pilihan terbaik ... masalahnya kita gak bisa dapet all in one... Dapet all in one minimal kelas 300 juta up..
Tapi Ayla temen saya senggolan ma sesama mobil justru gak pernah penyok. Malah sama motor banyak penyoknya.
Kemaren Harrier ditabrak blakang di Jogja sama Mobilio yang katanya kaleng... Juga Mobilionya gakpapa. Padahal mayan kenceng bunyinya.
Sent from my Redmi 4X
Sedikit analisa berdasarkan pengalaman buruk saya saat kecelakaan :
Di tahun 2011 saya kecelakaan, tempurung lutut pecah karena saat jatuh tempurung lutut tertumpuh pada kerikil kecil
Seandainya lutut saya saat jatuh tertumpuh langsung dengan lantai mungkin tempurung lutut tidak akan pecah
Ini terkait dengan titik pertemuan tabrakan ... Semakin kecil/sempit titik tabrakan semakin besar resiko penyok & semakin besar/lebar titik tabrakan semakin kecil resiko penyok.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 474
- Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
- Location: Bekasi
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Di Indonesia lebih ke peace of mind kalo bawa mobil plat tebel.
Pengalaman waktu dulu bawa starlet pernah nyenggol rush. Dia penyok lesung pipit dan catnya langsung kelupas. Sedangkan starlet saya cuma di poles dikit langsung aman.
Tapi emang saya kira mobil jaman dulu platnya tebel karena belum ada teknologi yang bikin struktur rangka yang baik. Dan kebayang kan udah struktur rangka buruk + plat bodi tipis?
Plat bodi tebel rata rata produksi india. Karena kondisi dijalanan seperti itu. Kebayang bodi tipis dengan kondisi jalan gitu harus bolak balik body repair.
Pengalaman waktu dulu bawa starlet pernah nyenggol rush. Dia penyok lesung pipit dan catnya langsung kelupas. Sedangkan starlet saya cuma di poles dikit langsung aman.
Tapi emang saya kira mobil jaman dulu platnya tebel karena belum ada teknologi yang bikin struktur rangka yang baik. Dan kebayang kan udah struktur rangka buruk + plat bodi tipis?
Plat bodi tebel rata rata produksi india. Karena kondisi dijalanan seperti itu. Kebayang bodi tipis dengan kondisi jalan gitu harus bolak balik body repair.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Apr 06, 2017 8:57
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Selain handling yang bikin pede bawa mobil di jalanan jakarta ya salah satunya ketebalan plat apabila terjadi amit-amit senggolan atau accident ringan, capek kalo plat tipis senggolan sedikit dgn motor atau bajay langsung penyok n harus bolak balik body repair, weekend kemarin saya mampir ke dealer chevy n bandingin ketebalan plat chevy trax n chevy TB, dimana plat trax lebih tebal dibanding plat TB padahal harga TBlebih mahal drpd trax, mungkin produksi TB disesuaikan dengan "standar" kembarannya si mux
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4359
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
sebenernya si itu kalau pernah perhatiin itu bak roda tiga itu bahannya dari plat besi yang kayanya setara atau bisa jadi lebih tebel dari rangka ladder frame, kenapa? karena percaya atau ga di daerah itu roda tiga bisa buat angkut semen puluhan sak... kalau cuma dinaikin hasil bumi + orang si udah biasa, hitungan kasar saya si minimal setengah ton. nah kalau pake material plat biasa aja jelas ga kuat = jelek = barang busuk = ga sesuai maunya market indo yang ajaib.
ya ga heran plat body mobil yang cuma di las dan di-rivet/baut bisa sobek ketarik lepas, apalagi plat body itu kan emang sifatnya hanya skin/kulit/cover untuk nutupin rangka pintu tsb. yang penting kan struktur rangka tsb bukan kulitnya. walau jelas kulit lebih tebal lebih bagus dari segi kekedapan dsb. tapi well ini indo, ketok body itu wajib biar sah ini mobil bagus atau ngga.
ya ga heran plat body mobil yang cuma di las dan di-rivet/baut bisa sobek ketarik lepas, apalagi plat body itu kan emang sifatnya hanya skin/kulit/cover untuk nutupin rangka pintu tsb. yang penting kan struktur rangka tsb bukan kulitnya. walau jelas kulit lebih tebal lebih bagus dari segi kekedapan dsb. tapi well ini indo, ketok body itu wajib biar sah ini mobil bagus atau ngga.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Terima kasih atas empati dari bro Martinnnmartinnn wrote: Wed Jul 19, 2017 2:11sorry to hear that om... skrg kondisi tempurungnya gmna ? katanya tempurung lutut itu sangat sulit kembali normal kalau uda cedera yaOr4cle wrote: Tue Jul 18, 2017 10:13ChZ wrote: Tue Jul 18, 2017 2:40
Nah itu pe er nya pabrikan mobil... Gimana bikin plat yang ringan, aman, skaligus gak mudah penyok ... Ples murah.
Untuk saat ini plastik masih pilihan terbaik ... masalahnya kita gak bisa dapet all in one... Dapet all in one minimal kelas 300 juta up..
Tapi Ayla temen saya senggolan ma sesama mobil justru gak pernah penyok. Malah sama motor banyak penyoknya.
Kemaren Harrier ditabrak blakang di Jogja sama Mobilio yang katanya kaleng... Juga Mobilionya gakpapa. Padahal mayan kenceng bunyinya.
Sent from my Redmi 4X
Sedikit analisa berdasarkan pengalaman buruk saya saat kecelakaan :
Di tahun 2011 saya kecelakaan, tempurung lutut pecah karena saat jatuh tempurung lutut tertumpuh pada kerikil kecil
Seandainya lutut saya saat jatuh tertumpuh langsung dengan lantai mungkin tempurung lutut tidak akan pecah
Ini terkait dengan titik pertemuan tabrakan ... Semakin kecil/sempit titik tabrakan semakin besar resiko penyok & semakin besar/lebar titik tabrakan semakin kecil resiko penyok.
Memang cukup parah, fracture sampai 4 bagian dan dokter butuh 4 jam untuk operasi pemasangan pen
Pasang pen tahun 2011 dan 2012 operasi pelepasan pen
Puji Tuhan saat ini kondisi sudah sehat tanpa cacat .
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Paling enak itu mitsu kuda, bemper depan belakang & plat pintu super kuat.. besi semua.. senggol2an mah aman ga perlu khawatir sering masuk ketok magic.. cuma kalo hard crash ya wassalam, chasis langsung ga beraturan & benerinnya susah sekali.. ga jamin rangka bisa lurus lagi pasti rada2 speleng..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sat May 09, 2015 8:55
- Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
- Daily Vehicle: Potato Car
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Nah, buat yang masih ragu plat tebal/tipis, nih ada contoh nyatanya.. contoh nyatanya disini agya/ayla, yang sering dihina2 akan kekalengannya..
Kejadiannya di ungaran, truk gandeng rem blong (ada videonya) yang akhirnya 'menabrakkan diri' ke mobil2 yang sedang mengantri lampu merah. Kebetulan si ayla ini posisinya paling belakang, jadinya ayla tsb terkena langsung impact-nya.. yah mobil mana yang gak hancur kalo diseruduk truk 30ton..
Nah disini terlihat sekaligus terbukti, bahwa plat tipis tetapi rangka bagus aman utk kecelakaan yang relatif berat, TERGANTUNG tabrakannya seperti apa dulu.. di kondisi mobil ayla ini terlihat pilar a bentuknya relatif utuh walaupun bagian depan mobilnya hancur tak berbentuk, dan dashboard tetap pada posisinya.. bagian belakang sudah jelas hancur.. supir ayla luka2, tak ada korban jiwa
[ klik linknya utk melihat gambar ]
https://www.rancahpost.co.id/wp-content ... ngaran.jpg
~
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/imag ... 020W-hWBpV
~
https://i2.wp.com/macantua.com/wp-conte ... .jpg?w=576
Kejadiannya di ungaran, truk gandeng rem blong (ada videonya) yang akhirnya 'menabrakkan diri' ke mobil2 yang sedang mengantri lampu merah. Kebetulan si ayla ini posisinya paling belakang, jadinya ayla tsb terkena langsung impact-nya.. yah mobil mana yang gak hancur kalo diseruduk truk 30ton..
Nah disini terlihat sekaligus terbukti, bahwa plat tipis tetapi rangka bagus aman utk kecelakaan yang relatif berat, TERGANTUNG tabrakannya seperti apa dulu.. di kondisi mobil ayla ini terlihat pilar a bentuknya relatif utuh walaupun bagian depan mobilnya hancur tak berbentuk, dan dashboard tetap pada posisinya.. bagian belakang sudah jelas hancur.. supir ayla luka2, tak ada korban jiwa
[ klik linknya utk melihat gambar ]
https://www.rancahpost.co.id/wp-content ... ngaran.jpg
~
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/imag ... 020W-hWBpV
~
https://i2.wp.com/macantua.com/wp-conte ... .jpg?w=576
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11779
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
dr jaman kijang kapsul jg plat bodi udah gampang deformasi ... apalagi ini
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Disisi lain yg ribet klo senggolan sama mobil kayak gini, pelat tipis bikin repot klo diperbaiki biasanya vonis ganti pintu, yg nabrak tekor. Klo mobil lbh tebal pelatnya cukup ketok magic lbh murah
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3281
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Pintu LCGC VS Motor Tiga Roda
Ngebayangin mau benerin pintunya
Di edukasi dulu sebelum bayar harga 1 pintu...
Di edukasi dulu sebelum bayar harga 1 pintu...