ChZ wrote:
cm sekedar survey kecil - kecilan aja oom

dari berbagai rekan yang kenapa masih pick yang mainstream ketimbang CX-5 yang katanya paling kumplit...
dan alesannya kebanyakan bukan aftersales atau resale value, lebih ke gak suka jok baris keduanya krn untuk family... keep in mind bahwa yang komentar juga bukan orang buta mobil...
Indra97 wrote: Sun Jul 16, 2017 10:35
Itulah kenapa SUV 7 seater terutama ANF dan PJS laku banyak dibanding CR-V, X-trail, dan CX-5. Lebih memenuhi kebutuhan keluarga sepertinya, walau bodinya lebih gambot dibanding 3 SUV medium lain. Itulah kenapa CR-V dan X-trail sampai pasang baris ketiga walau ga selega ANF dan PJS.
Betul om... yang dulu pake Innova upgrade ke SUV macem Fortuner atau Pajero... krn bisa menampung anggota keluarga.
Makanya saya gak sukanya forum-forum begini, terkadang pendapatnya terlalu subjektif... nganggep yang beli SUV merek mainstream itu bodoh gampang kemakan merek... yang bener aja orang punya duit 500juta dibilang bodoh kemakan merek beli mobil overprice...
Ya kalo nggak sesuai kebutuhan ya kagak dibeli lah... Kenyataan memang yang sesuai kebutuhan yang "overprice"... kebutuhan orang kita simpel kok bukan sensor-sensoran geje yang gak tentu kepake (liat CX-5 lakuan yang Touring krn pada merasa gak butuh fitur di GT),yang umum ajaaa... baris ketiga yang nyaman, kursi yang empuk, perawatan mudah, dan kabin yang luas buat keluarga... makanya kijang jedug laku walaupun banyak masalah
SUV Ladder menang faktor tampang juga om... biasa yang pake SUV ladder identik ma pejabat atau protokoler... sedangkan CR-V, CX-5, X-Trail identik mamak-mamak yang pake
Jangan disalahpahami saya anggep CX-5 mobil jelek, sama sekali enggak... sy bahkan suka sekali dengan CX-5 untuk driving di kota ketimbang CR-V. Tapi marketnya memang sulit di sini.
Cara pikir orang di daerah beda dengan di Jakarta/Surabaya. Sebelum beli mobil, nomor satu yang dipikir resale value, lalu ASS, baru mikir fitur dan comfortability.
Merk selain T dan H tegak di daerah agak sulit untuk jadi first choice kok.
Contoh yang jelas, jujur aja, kalau diberi pilihan SUV ladder frame, yang kepikir kan ANF dan ANPS. MUX dan TB mana masuk first choice.
Untuk monocoque suv, first choice nya CRV dan XTrail. CX5, Santa Fe, Sorento .... gak akan dilirik duluan, karena resale value nya hancur
Untuk si ANKI, sorry to say, ga ada lawan sepadan di kelasnya selama ini, dan juga image Kijang yang membuat orang beli, whatever happened. Kecuali kata Kijang dilepas dari si jedug, dan TAM luncurin kembali Kijang Kapsul pake KD Engine, baru si jedug putu mungkin melorot jauh penjualannya, karena kehilangan existensi Kijang nya.
Untuk kelas Papanza, Mobilio, Ertiga .... baru tuh rame.... tapi tau sendiri, orang daerah tutup mata pilihan pertama kemana, dilihat dari angka penjualan dah tau..... Wuling Confero S si new contender aja pasti orang mau beli mikir resale value nya dan ASS nya dulu, bukan mikir fitur.....
Ciri khas pemikiran orang Indo lah.... yang udah setengah di brain wash, mobil Korea jelek, mobil Cina jelek, mobil Eropa rewel, mobil Jepang kuat. Padahal realitanya harusnya cek aja merk mobil top 5 di dunia sekarang apa aja.... mobil Korea not as bad as it though in here