Kijang Innova D-4D - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

FortunerMan wrote:Sadis lo Turboman...apa sih yg lo kaga tau? Heran... kaya ensiklopedi :p
walah oom Fortuner, Thx sebelumnya, saya mah cuman tahu kulit2 nya aja oom.....hihihihihi.......para mahaguru di sini :

1. Prof Penyuturbo (btw pak Propessor ini kemana yah skg. ?)
2. Mr. Conan (itu baru walking Encyclopedia)
3. oom Smatic (diam2 ilmunya sedalam lautan tuh)

dan seluruh rekan2 yg open minded, senang utk. sharing sehat
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Down Pipe Ipah D4 D

Post by Turboman »

Perbandingan Down Pipe Standard dan Down Pipe SAKI
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Instalasi Max. 2B, Turbo Lag reducer

Sesudah di-install Max. 2B response mesin antara 2000 - 3000 RPM cepat sekali, antara 1000 - 2000 RPM yg asalnya lag berat sesudahnya bisa terasa ada sedikit "tendangan" ketika mobil jalan pelan lalu pedal gas diinjak mendadak.

Kombinasi 2B dengan pemanjangan selang wastegate membuat "tendangan" di RPM rendah lebih terasa lagi. :e-dance:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
chaos_loki
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sun Apr 08, 2007 0:57

Post by chaos_loki »

gile om turboman tau semuanya lo :) sadis bnerrr
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

no offense for all innova D4D user, tapi gue pernah lihat salah satu ulasan majalan mobilmotor yg membandingkan antara innova vs panther ternyata tidak berbeda jauh baik dalam hal konsumsi bensin, getaran mesin, dan akselerasi.
walau gue blom pernah naek D4d, tapi gue rasa panther itu pilihan yg bagus (bahkan lebih worth klo beli mobil 2nd nya, harganya udah jatoh tp dapet mobil bagus pula). suspensinya juga empuk koq IMHO.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

the-mantal wrote:no offense for all innova D4D user, tapi gue pernah lihat salah satu ulasan majalan mobilmotor yg membandingkan antara innova vs panther ternyata tidak berbeda jauh baik dalam hal konsumsi bensin, getaran mesin, dan akselerasi.
walau gue blom pernah naek D4d, tapi gue rasa panther itu pilihan yg bagus (bahkan lebih worth klo beli mobil 2nd nya, harganya udah jatoh tp dapet mobil bagus pula). suspensinya juga empuk koq IMHO.
Panther juga sebetulnya termasuk mobil OK pak, saya sebelum pakai Ipah D4 D juga sempat 2X punya Panthy, TBR 52 dr 94 - 00, TBR541 LS AT dr 01 - 06

Meminjam istilah audio "trust your own ear" maka lebih baik anda test sendiri LS AT vs. D4 D A/T, saya bukan bela pihak TAM, jujur sebelum saya ambil Ipah D4 D juga penuh tanda tanya thd IMV D4 D ini.

Kalau suspensi asli sama2 standard TBR541 lebih empuk, per Ipah aslinya memang kaku, tapi kalau Ipah dah ganti per Tiger.....ueleh uelehh.......cobain deh :D

Utk setir juga krn Ipah dah Rack & pinion, lebih mantap & confident, nggak tahu knp ya seirnya TBR 541 agak "nggeleyer" sedikit, honestly TB52 masih lebih mantap lho steeringnya dibanding 541.

Kalau anda punya TBR52 / 54 / 541 mau upgrade / dibikin enak silahkan PV / japri saya, welcome for discussion, dulu TBR541 saya mesin Full Rizor, air filter S&P, shock Bilstein & KONI, semi free flow muffler, full peredam.........mobil kenceng & nyamannn..........kenyang deh experiment ama TBR541......heheheheheh
Danny1205
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Dec 13, 2006 3:52
Location: Jakarta

Post by Danny1205 »

Ulasan2-nya Dr. Turboman kalo dikumpulin en dibundel sebentar lagi bisa "mejeng" di etalase Gramedia sebagai Handbook untuk standard modifikasi "Ipah D4D" :e-clap: :wink:

Jadi penasaran ngoprek "Strodo" biar ngga terlalu tewas sama Ranger 2.5 TDCi :twisted: Enak-nya mulai darimana dulu step2-nya ??

Racun ACB anjuran Dr. Turboman efek-nya significant. FC (fuel consumption) lebih irit (skrg rata-rata 1:10.2), tenaga lebih penuh di setiap putaran (terutama dari putaran bawah 1300 RPM sampai putaran tengah 2700 RPM), dan suara serta getaran mesin lebih halus.

Kalo soal Re-grounding sih setuju buanget, buat audio juga efek-nya lebih bagus.
diesel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Mar 27, 2007 4:21
Location: Jakarta City

Post by diesel »

Utk GC di D4 D kalau fokus utk mesin & A/T pasang di :

1. Throttle Body (bag atasnya)
2. ECU
3. Transmisi
4. Cyl head dekat coolant temp sensor
5. Bracket Injector drive (yg di firewall sebelah kanan dilihat dr arah ruang mesin)
6. Kanan bawah mesin dekat crank angle sensor / pompa injeksi

7. Alternator (tambahan)
GC di tujuh titik + per W123 dan stabilizer , kemarin udah pasang di DTMF.
Tarikan mesin dan bantingan udah enak banget.
Thanks atas inputnya. :wink:
Untuk down pipe SAKI, kemarin nelepon kesana katanya stock masih kosong. Akhir Mei baru ada barang.
:cry:
Utk oli A/T ya pakai oli yg comply dgn JWS 3309 atau Toyota Type IV, kalau saya lagi mau test Amsoil Universal ATF, nanti saya akan report.
Pak Turboman , kalau untuk oli transmisi matic D4D rekomendasinya diganti tiap berapa kilo ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

diesel wrote: Pak Turboman , kalau untuk oli transmisi matic D4D rekomendasinya diganti tiap berapa kilo ?
Kalau berdasarkan manual Toyota sih bisa jauh banget ya, tapi kalau sih patokannya bila warna ATF sudah merah tua pekat spt. darah & ganti gigi mulai menghentak (nggak smooth) maka saya akan ganti dengan ATF changer.
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Post by Good_boy86 »

mau tanya nih..
untuk purging, selain dengan liqui moly apa ada merk yang laen?
soalnya gw pernah liat merk wynns kalo ga salah..istilah nya diesel injector purge.
apa ada yang pernah coba? terus hasilnya bagus mana?
thanks be4
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Good_boy86 wrote:mau tanya nih..
untuk purging, selain dengan liqui moly apa ada merk yang laen?
soalnya gw pernah liat merk wynns kalo ga salah..istilah nya diesel injector purge.
apa ada yang pernah coba? terus hasilnya bagus mana?
thanks be4
Itu boleh pakai juga, hasil sih mirip2, hanya saja LMDP harganya lebih murah :D
User avatar
Masterpiece
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Tue Oct 18, 2005 4:05

Post by Masterpiece »

Bung Turboman,

Minta pencerahan nih,sesuai dengan dana yang tersedia ( 90 jt-an) piliham yang ada untuk space yang lega ,irit,suspensi tidak keras kayaknya cuma panther 2001,cuma yang saya gak tahan itu bunyi dan getarannya pertanyaan saya :
1. Dari pengalaman anda, apakah pemasangan peredam dapat secara signifikan meredam suara mesin. Jika dibandingkan dg Inova yg sdh commonrail bgmn suara mesin panther yang sdh memakai peredam?
2. Masalah getaran mesin, apakah secara signifikan berkurang stlh mengaplikasikan RIZOR.Jika dibandingkan dg Inova yg standard bgmn?
3. Untuk memperbaiki sistem suspensi agar lebih soft yang belakang apakah anda menyarankan mengaplikasikan sistem ALLS ( ganti per keong) atau ada pengalaman yang lebih baik?
4. Apakah ada perbedaan tingkat peredaman suara antara LS,LV Hi-grade & Touring?
5. Apalagi yang harus di upgrade supaya lebih mendekati Inovanya bung Turbo ( Panther rasa Inova he he he)
6. Perbedaan apa yang anda rasakan panther anda yg sdh full modifikasi dg Inova anda yg baru ini ( kelebihan dan kekurangannya gitu ) soalnya harganya jauuuuuuuuuuuuh bangged!!
7. Konsumsi BBMnya antara panther standart,panther stlh dimodifikasi,Inova & Inova yg sudah di modifikasi bagaimana?
8. Menurut Bung Turboman variant apa yang paling worthed dari produk panther 2001-2002
9. Untuk panther thn 2001-2002 apa yang paling harus di cek supaya gak kejeblos biaya tinggi untuk rekondisinya ( soalny dana mefet nih )
Hoppely bung turbo mau sharing experince & kowhownya

Thanx a lot Bro.
MASTERPIECE
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Masterpiece wrote:Bung Turboman,

Minta pencerahan nih,sesuai dengan dana yang tersedia ( 90 jt-an) piliham yang ada untuk space yang lega ,irit,suspensi tidak keras kayaknya cuma panther 2001,cuma yang saya gak tahan itu bunyi dan getarannya pertanyaan saya :
1. Dari pengalaman anda, apakah pemasangan peredam dapat secara signifikan meredam suara mesin. Jika dibandingkan dg Inova yg sdh commonrail bgmn suara mesin panther yang sdh memakai peredam?
2. Masalah getaran mesin, apakah secara signifikan berkurang stlh mengaplikasikan RIZOR.Jika dibandingkan dg Inova yg standard bgmn?
3. Untuk memperbaiki sistem suspensi agar lebih soft yang belakang apakah anda menyarankan mengaplikasikan sistem ALLS ( ganti per keong) atau ada pengalaman yang lebih baik?
4. Apakah ada perbedaan tingkat peredaman suara antara LS,LV Hi-grade & Touring?
5. Apalagi yang harus di upgrade supaya lebih mendekati Inovanya bung Turbo ( Panther rasa Inova he he he)
6. Perbedaan apa yang anda rasakan panther anda yg sdh full modifikasi dg Inova anda yg baru ini ( kelebihan dan kekurangannya gitu ) soalnya harganya jauuuuuuuuuuuuh bangged!!
7. Konsumsi BBMnya antara panther standart,panther stlh dimodifikasi,Inova & Inova yg sudah di modifikasi bagaimana?
8. Menurut Bung Turboman variant apa yang paling worthed dari produk panther 2001-2002
9. Untuk panther thn 2001-2002 apa yang paling harus di cek supaya gak kejeblos biaya tinggi untuk rekondisinya ( soalny dana mefet nih )
Hoppely bung turbo mau sharing experince & kowhownya

Thanx a lot Bro.
1. First & foremost : pasang karet balon di frame body yg menghadap pintu, pokoknya celah2 kudu disumbat dulu.

2. Yg paling penting ganti engine mounting, trans. mounting & purging dgn LMDP, nanti kalau udah en masih belom puas baru didiskusikan lagi.

3. Cari shock belakang double action yg nggak begitu keras, either oil / gas.

5. Modifikasi sesuai kebutuhan aja, yg jelas kalau bisa air filter ganti dgn yg type free flow.

7. LS AT saya dulu dgn full peredam, audio, ban 215/60 R 16 Jkt - Bdg. PP di tahun ke 5 masih bisa dapat 1:13,5 - 1:14, kalau yg manual tentu bisa lebih irit.

8. Kalau bisa cari yg mesinnya Turbo, efisiensinya lebih baik dr yg N/A

9. Silahkan join [email protected]
diesel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Mar 27, 2007 4:21
Location: Jakarta City

Post by diesel »

Turboman wrote:
diesel wrote: Pak Turboman , kalau untuk oli transmisi matic D4D rekomendasinya diganti tiap berapa kilo ?
Kalau berdasarkan manual Toyota sih bisa jauh banget ya, tapi kalau sih patokannya bila warna ATF sudah merah tua pekat spt. darah & ganti gigi mulai menghentak (nggak smooth) maka saya akan ganti dengan ATF changer.
Pak Turboman,

Saya udah baca mengenai penggantian ATF di km 20ribu di D4D anda di milis tetangga.
Kayaknya serem juga yach kalau berdasarkan manual book , katanya bisa sampa 80ribu.
Berhubung punya saya udah 40ribu km rasanya udah segera harus diganti.

Boleh minta saran beberapa merek apa yang bagus ? Mahal ngak apa2 yang penting sesuai kwalitas. Lagian ATF kan umurnya bisa 4 kali dibandingkan umur oli mesin. :lol: :lol: :lol:

Mohon di balas segera.
Karena saya juga takut kalau entar mesti ganti ama transmisinya juga. :(
Thanks. :e-clap:
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1093
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Post by liat2aja »

Bung turboman dan rekan2 sekalian, sebenarnya Innova D4D ini perlu pakai turbo timer ga? Gw lagi naksir berat ama Innova D4D gara2 baca review2 bung turboman
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

diesel wrote:
Turboman wrote:
Pak Turboman,

Saya udah baca mengenai penggantian ATF di km 20ribu di D4D anda di milis tetangga.
Kayaknya serem juga yach kalau berdasarkan manual book , katanya bisa sampa 80ribu.
Berhubung punya saya udah 40ribu km rasanya udah segera harus diganti.

Boleh minta saran beberapa merek apa yang bagus ? Mahal ngak apa2 yang penting sesuai kwalitas. Lagian ATF kan umurnya bisa 4 kali dibandingkan umur oli mesin. :lol: :lol: :lol:
:
A/T Innova membutuhkan oli ATF yg comply dgn JWS 3309, nggak bisa sembarang isi oli ATF, jadi pilihan yg ada di pasar hanya :

1. Mobil 3309
2. Toyota T-IV
3. Amsoil Universal ATF
4. Konon Eneos / Nippon Oil juga bikin


Jangan diisi ATF yg standardnya hanya DEXRON / MERCON saja.
diesel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Mar 27, 2007 4:21
Location: Jakarta City

Post by diesel »

A/T Innova membutuhkan oli ATF yg comply dgn JWS 3309, nggak bisa sembarang isi oli ATF, jadi pilihan yg ada di pasar hanya :

1. Mobil 3309
2. Toyota T-IV
3. Amsoil Universal ATF
4. Konon Eneos / Nippon Oil juga bikin


Jangan diisi ATF yg standardnya hanya DEXRON / MERCON saja.
[/quote]

Pak, kemarin mampir ke bengkel mau ganti oli ATF.

Mampir nanya2 oli untuk ATF. Eh....kebetulan ada D4D mau ganti ATF jadi sekalian liat proses gantinya.

Oli bekasnya ditampung di ember ditunggu kira-kira 5 menit sampai kering dan setelah itu diukur berapa liter yang keluar, ternyata 4 liter aja. Kemudian dimasukin oli baru ATF sebanyak 4 liter lagi.

Setelah itu mekanik cek level di deepstick, terlihat ada cold temp dan hot temp di deepstick. Kenapa setelah di cek tuch oli melebihi garis cold temp sampai 10 cm lebih. Padahal oli ATF yang dimasukan sama banyaknya dengan yang di keluarin/kuras . Jadi tambah bingung dech ? Akhirnya di biar saja sama owner mobilnya.

Yang jadi pertanyaan saya adalah , saya baca di milis tetangga kok bapak gantinya sampai 8 liter. Mana yang bener ?

Maksud hati ke bengkel buat ganti ATF, jadi ngak jadi dech !
Mendingan pulang ke rumah, buka net dan tanya ahlinya dulu . :lol: :lol:

Tanya kenapa ?? :roll: :roll:
Thanks.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

diesel wrote:
Pak, kemarin mampir ke bengkel mau ganti oli ATF.

Mampir nanya2 oli untuk ATF. Eh....kebetulan ada D4D mau ganti ATF jadi sekalian liat proses gantinya.

Oli bekasnya ditampung di ember ditunggu kira-kira 5 menit sampai kering dan setelah itu diukur berapa liter yang keluar, ternyata 4 liter aja. Kemudian dimasukin oli baru ATF sebanyak 4 liter lagi.

Yang jadi pertanyaan saya adalah , saya baca di milis tetangga kok bapak gantinya sampai 8 liter. Mana yang bener ?

Maksud hati ke bengkel buat ganti ATF, jadi ngak jadi dech !
Mendingan pulang ke rumah, buka net dan tanya ahlinya dulu . :lol: :lol:

Tanya kenapa ?? :roll: :roll:
Thanks.

Itu berarti gantinya secara manual pak.

kalau saya gantinya pakai ATF changer Wynn's, jadi habis 8 liter.

Kalau mau ganti secara total & bersih memang harus pakai ATF changer, jadi oli ATF yg lama terbilas semua dr rumah A/T, kalau gantinya hanya 4 liter saja berarti sebagian oli yg lama masih bersarang di bagian2 dalam transmisi.
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Post by Good_boy86 »

liat2aja wrote:Bung turboman dan rekan2 sekalian, sebenarnya Innova D4D ini perlu pakai turbo timer ga? Gw lagi naksir berat ama Innova D4D gara2 baca review2 bung turboman
menurut gw seh perlu...
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Post by Good_boy86 »

@turboman
mau tanya nih, proses purging itu berlangsung berapa lama ya??
bisa tolong dijelasin ga cara pakai liquimoly ?
thanks.
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Post by Good_boy86 »

up..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Good_boy86 wrote:@turboman
mau tanya nih, proses purging itu berlangsung berapa lama ya??
bisa tolong dijelasin ga cara pakai liquimoly ?
thanks.
30 - 45 menitan deh
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Post by Good_boy86 »

@turboman
berarti solarnya masuk ke liqui moly dulu ya?? baru sesudah itu masuk ke fuel filter??
thanks ya..maap banyak nanya...
masi "cupu" masalah mesin. :lol:
User avatar
dhejay
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08

Post by dhejay »

Turboman wrote: Ada baiknya walaupun kita isi biosolar / solar biasa tambahkan DEX sebanyak 20% dr total volume solar jika memungkinkan, atau alternative lain solar Petronas (Indonesian Shell Diesel is not recommended)
memangnya shell diesel knapa bos? :?
tonsud
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Apr 05, 2007 13:45

Post by tonsud »

@turboman
Ada rencana mau ganti ke D4D nich dari VVT-i....
Soalnya udah cape banget dech pake VVT-i, pengen yang lebih irit lagi.
Mau tanya sedikit tentang D4D ini supaya lebih mantap :
1. Adakah perbedaan yg signifikan antara D4D baru yg nanti akan direlease dengan D4D yg lama?
2. Apakah ada pengaruh terhadap konsumsi bahan bakar antara manual dan automatic transmisi?
3. Untuk semua modifikasi yang dijelaskan pada posting2 diatas, apakah sebaiknya dilakukan menunggu garansi dari TAM habis atau bisa langsung dilakukan ketika mobil sudah diterima (km<1000)?