Tanya : Ganti oli transmisi matic

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 19188
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman » 14 Apr 2017, 09:50

Wongsuroboyo wrote:
Turboman wrote:
13 Apr 2017, 20:29
Wongsuroboyo wrote:Mohon info, saya mau flush oli matik innova 14, pake oli ori atf toyota T IV, sdh jalan 21rb, apakah sdh cukup bagus? Atau ada recomendasi oli yang setara? Di tunggu infonya suhu, nuwun......
cari ATF yg harga berapaan ?

pow steer bisa pake T-4
Yang value for money aja om, kalo T IV sdh cukup bagus buat di pake 20 rb terus flush, akan sy pake terus, bgm om? Mbl setahun jalan 10rb an, mohon saran om, nuwun
T-4 segallon 4 L harga 330 rb aka 83 rb / L

kalo mesin std pake itu ya oke aja

mau bagusan dikit bisa pake Aisin AFW harga beda tipis di Toda

pake T-4 tiap 15 - 20 rb km buang 4 L yg di pan, masukkin 4 L baru, jadi fresh terus

Wongsuroboyo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: 10 May 2016, 13:45

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Wongsuroboyo » 14 Apr 2017, 13:20

Ok, terima kasih infonya, jadi skrg posisi mesin std km 21 rb, dari baru, belum pernah ganti atf dan power steering , cukup ganti yg di pan saja 1 galon, ga usah di flush, begitu seterusnya tiap 20 rb km beserta oli power steering nya pake atf T IV? Saya di surabaya om, jauh dari toda hehehe.....

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 19188
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman » 14 Apr 2017, 17:06

Wongsuroboyo wrote:Ok, terima kasih infonya, jadi skrg posisi mesin std km 21 rb, dari baru, belum pernah ganti atf dan power steering , cukup ganti yg di pan saja 1 galon, ga usah di flush, begitu seterusnya tiap 20 rb km beserta oli power steering nya pake atf T IV? Saya di surabaya om, jauh dari toda hehehe.....
Bisa om

tiap 20 rb km ganti yg di pan

nanti 60 rb km baru kuras total

Utk di Sby, mau yg lebih bagus dr T-4 ya Q8 Auto JK, bentar lagi kayaknya masuk ke toko2 oli

User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2239
Joined: 25 Aug 2006, 20:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: BMW_Touring

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by POS VETT » 14 Apr 2017, 17:46

Kalau tiap 20k km ganti yang 4l, ya gak perlu kuras total, sudah cukup fresh olinya.

Mahal juga T-IV harganya, di sini sekitar Rp. 50k/liter.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"QUINN A W"
"HPJ 6584"

Wongsuroboyo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: 10 May 2016, 13:45

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Wongsuroboyo » 14 Apr 2017, 19:39

Turboman wrote:
14 Apr 2017, 17:06
Wongsuroboyo wrote:Ok, terima kasih infonya, jadi skrg posisi mesin std km 21 rb, dari baru, belum pernah ganti atf dan power steering , cukup ganti yg di pan saja 1 galon, ga usah di flush, begitu seterusnya tiap 20 rb km beserta oli power steering nya pake atf T IV? Saya di surabaya om, jauh dari toda hehehe.....
Bisa om

tiap 20 rb km ganti yg di pan

nanti 60 rb km baru kuras total

Utk di Sby, mau yg lebih bagus dr T-4 ya Q8 Auto JK, bentar lagi kayaknya masuk ke toko2 oli
Saya ada kenalan dealer q8, pake q8 unitrans jk T IV lebih bagus yah om?

Wongsuroboyo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: 10 May 2016, 13:45

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Wongsuroboyo » 14 Apr 2017, 19:40

Turboman wrote:
14 Apr 2017, 17:06
Wongsuroboyo wrote:Ok, terima kasih infonya, jadi skrg posisi mesin std km 21 rb, dari baru, belum pernah ganti atf dan power steering , cukup ganti yg di pan saja 1 galon, ga usah di flush, begitu seterusnya tiap 20 rb km beserta oli power steering nya pake atf T IV? Saya di surabaya om, jauh dari toda hehehe.....
Bisa om

tiap 20 rb km ganti yg di pan

nanti 60 rb km baru kuras total

Utk di Sby, mau yg lebih bagus dr T-4 ya Q8 Auto JK, bentar lagi kayaknya masuk ke toko2 oli
Saya ada kenalan dealer q8, pake q8 unitrans jk T IV lebih bagus yah om? Bisa flush berapa km/lama kalo q8?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 19188
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman » 14 Apr 2017, 20:27

POS VETT wrote:Kalau tiap 20k km ganti yang 4l, ya gak perlu kuras total, sudah cukup fresh olinya.

Mahal juga T-IV harganya, di sini sekitar Rp. 50k/liter.
T-IV cuman 330 rb gallon / 4 L di toko oli

T-WS juga sama harganya

kalo ane sih tetep yah di suatu titik akan kuras total, sebab konon filter ATF pun sebaiknya diganti jika sudah mnempuh jarak tertentu kata si TTK (Toledo Trans kit)

User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2239
Joined: 25 Aug 2006, 20:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: BMW_Touring

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by POS VETT » 14 Apr 2017, 23:50

Kalau lepas oil pan untuk ganti filter memang hanya yang 4 liter itu yang keluar; penggantian secara dikuras total butuh alat.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"QUINN A W"
"HPJ 6584"

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 19188
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman » 15 Apr 2017, 00:12

Image

anggap tulisan tsb ada unsur peningkatan omzet

berarti idealnya filter ATF tetap perlu ada diganti, entah di 100 / 150 rb km misalnya

erwinign
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1097
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by erwinign » 17 Apr 2017, 08:58

Om turbo, kl mobil saya sekarang km 50rb, tapi kondisi ATF yang 3-4 liter telat ganti (baru ganti 40rb kemarin) apa harus flush ATFnya ya Om?
Don't Judge The Book By It's Cover

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 19188
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman » 17 Apr 2017, 09:21

erwinign wrote:Om turbo, kl mobil saya sekarang km 50rb, tapi kondisi ATF yang 3-4 liter telat ganti (baru ganti 40rb kemarin) apa harus flush ATFnya ya Om?
kalo baru ganti ya ga usah

next ganti yg 4 L per 20 rb km aja

BrianK3
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: 28 Sep 2015, 23:10

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by BrianK3 » 17 Apr 2017, 17:21

Guys, minta second opinion donk. Kalau buat T-IV kondisi olinya seperti ini masih bagus tidak? Terakhir flush sekitar 30rb km yg lalu. Thanks in advance.

Image

Image

kurniakerten
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 29 Dec 2013, 08:27

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by kurniakerten » 17 Apr 2017, 17:38

BrianK3 wrote:
17 Apr 2017, 17:21
Guys, minta second opinion donk. Kalau buat T-IV kondisi olinya seperti ini masih bagus tidak? Terakhir flush sekitar 30rb km yg lalu. Thanks in advance.

Image

Image
sekedar gambaran aja, kemarin habis ganti oli CVT J4 Mitsubishi... warna oli aslinya jernih agak kebiruan.. sementara yg dikeluarkan dari mobil gw udah jadi merah gelap... nah berarti emang oli itu udah harus diganti... km udah 46 ribu...

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 19188
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman » 17 Apr 2017, 18:04

BrianK3 wrote:Guys, minta second opinion donk. Kalau buat T-IV kondisi olinya seperti ini masih bagus tidak? Terakhir flush sekitar 30rb km yg lalu. Thanks in advance.

Image

Image
buang yg di pan per 20 rb km


BrianK3
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: 28 Sep 2015, 23:10

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by BrianK3 » 17 Apr 2017, 20:00

Nah itu dia. Saya ada bawa ke Toda, mekanik bilang masih lumayan olinya jadi dia saranin flush sekalian di km 40rb. Cuma saya ngerasa ganti gigi 3 ke 4 lebih pelan dari biasanya dan tuas transmisi agak seret kalau pindah dari P ke R atau sebaliknya. Thanks om @Turboman dan @kurniakerten for the advice.

User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 934
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ecco » 17 Apr 2017, 20:19

Turboman wrote:
15 Apr 2017, 00:12
Image

anggap tulisan tsb ada unsur peningkatan omzet

berarti idealnya filter ATF tetap perlu ada diganti, entah di 100 / 150 rb km misalnya
apakah semua transmisi metik ada filternya Om Turbo?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1600
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Profith83 » 17 Apr 2017, 20:26

Om Turbo,

Innova diesel saya thn 2012. Waktu itu ganti olie transmisi di thn 2015 KM 30,000 dengan pakai alat di Auto 2000 Surabaya Kertajaya.
Alatnya dipasang 2 selang ditancapkan ke mobil.
Dari Mobil bagian bawah ada 2 selang yang ditancapkan ke 2 selang alat tersebut, sambil mengisi olie transmisi.. Sampai akhirnya olie yang lewat selang merah muda alias bersih, asalnya merah pekat.

Cara diatas apakah artinya dikuras total Om?

kurniakerten
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: 29 Dec 2013, 08:27

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by kurniakerten » 17 Apr 2017, 20:30

Profith83 wrote:
17 Apr 2017, 20:26
Om Turbo,

Innova diesel saya thn 2012. Waktu itu ganti olie transmisi di thn 2015 KM 30,000 dengan pakai alat di Auto 2000 Surabaya Kertajaya.
Alatnya dipasang 2 selang ditancapkan ke mobil.
Dari Mobil bagian bawah ada 2 selang yang ditancapkan ke 2 selang alat tersebut, sambil mengisi olie transmisi.. Sampai akhirnya olie yang lewat selang merah muda alias bersih, asalnya merah pekat.

Cara diatas apakah artinya dikuras total Om?
Yak betul... biasanya habis sekitar 8 liter atau bahkan lebih...

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 19188
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman » 17 Apr 2017, 22:46

ecco wrote:
Turboman wrote:
15 Apr 2017, 00:12
Image

anggap tulisan tsb ada unsur peningkatan omzet

berarti idealnya filter ATF tetap perlu ada diganti, entah di 100 / 150 rb km misalnya
apakah semua transmisi metik ada filternya Om Turbo?
biasanya ada

User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 934
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ecco » 18 Apr 2017, 11:25

Oms, ada yg pernah pake cvt fluid non OEM?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi

User avatar
memphisraines
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 05 Jan 2016, 16:33

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by memphisraines » 18 Apr 2017, 11:34

baleno 2002 saya di buku petunjuk disuruh ganti atf tiap 100rb km.. dan pemilik dahulu pernah ganti atf di 100rb lebih sedikit.. ada nota.. sekarang km 177rb.. baiknya diganti di km berapa ya? thanks for advice

Sent from my MI MAX using Tapatalk

whatever your flag..we share the same road..

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 19188
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman » 18 Apr 2017, 12:10

memphisraines wrote:baleno 2002 saya di buku petunjuk disuruh ganti atf tiap 100rb km.. dan pemilik dahulu pernah ganti atf di 100rb lebih sedikit.. ada nota.. sekarang km 177rb.. baiknya diganti di km berapa ya? thanks for advice

Sent from my MI MAX using Tapatalk
kalo ATF OEM bagusnya per 20 rb km ganti yg di pan

60 rb km kuras total

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1600
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Profith83 » 18 Apr 2017, 15:41

Turboman wrote:
18 Apr 2017, 12:10
memphisraines wrote:baleno 2002 saya di buku petunjuk disuruh ganti atf tiap 100rb km.. dan pemilik dahulu pernah ganti atf di 100rb lebih sedikit.. ada nota.. sekarang km 177rb.. baiknya diganti di km berapa ya? thanks for advice

Sent from my MI MAX using Tapatalk
kalo ATF OEM bagusnya per 20 rb km ganti yg di pan

60 rb km kuras total
Om Turbo,
Kuras Total itu yang pakai mesin yah? dan dari mesin tersebut ada 2 selang yang dsconnect ke Mobil?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 19188
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: RE: Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Turboman » 18 Apr 2017, 16:29

Profith83 wrote:
Turboman wrote:
18 Apr 2017, 12:10
memphisraines wrote:baleno 2002 saya di buku petunjuk disuruh ganti atf tiap 100rb km.. dan pemilik dahulu pernah ganti atf di 100rb lebih sedikit.. ada nota.. sekarang km 177rb.. baiknya diganti di km berapa ya? thanks for advice

Sent from my MI MAX using Tapatalk
kalo ATF OEM bagusnya per 20 rb km ganti yg di pan

60 rb km kuras total
Om Turbo,
Kuras Total itu yang pakai mesin yah? dan dari mesin tersebut ada 2 selang yang dsconnect ke Mobil?
pake mesin boleh

ala Gerlong juga boleh

User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 24 Jan 2014, 12:06

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by loadeddiapers » 18 Apr 2017, 17:07

Turboman wrote:
15 Apr 2017, 00:12
[IMG]//uploads.tapatalk-cdn.com/201704 ... 9b.jpg[IMG]

anggap tulisan tsb ada unsur peningkatan omzet

berarti idealnya filter ATF tetap perlu ada diganti, entah di 100 / 150 rb km misalnya
Kalo dari rekomendasi om turbo idealnya diganti di brp km ya om filternya???
Thanks :mky_08:
Image

Post Reply