mobil baru budget max 250jt

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: RE: Re: mobil baru budget max 250jt

Post by Bulgogi »

themo wrote:bukan mau ambil yg prestige, mau ambil yg e cvt.
lalu untuk anti karat yg sering jadi perbincangan di forum brv, apa seperlu itu nambah antikarat sendiri?
LMPV skrng rata2 mudah karat om, ga cm brv.. pernah liat ke dealer unit ertiga & GL yg ga laku laku udah muncul karat di sela2 sambungan shock..

Karat kalo dibiarin efeknya kropos, kaya pager rumah aja kalo dibiarin karatan pasti lama2 pada kropos.. jadi anti karat perlu sih utk jaga2..
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by adrevolution »

themo wrote: Wed Apr 05, 2017 10:04 bukan mau ambil yg prestige, mau ambil yg e cvt.
lalu untuk anti karat yg sering jadi perbincangan di forum brv, apa seperlu itu nambah antikarat sendiri?
Kalo mau cvt mah tanggung euy ambil tipe e, mendingan prestige. Cukup kok budgetnya, masi ada kembalian malah kalau diitung net setelah diskon (beli mobil baru kebanyakan skrg harga OTR yg di brosur cuman pajangan, actualnya gak sampe segitu kecuali baru banget rilis).

Kalau gak suka krom2 di bagasi bisa dicopot, tapi VSA gak bisa pasang sendiri lho. Berguna ketika saat2 krusial.

Kecuali kalau mau spare agak banyak buat keperluan lain, okelah kalau itu haha

Antikarat nego bonus ama salesnya ajah biar gratis :mky_03:
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
ardhrizk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
Location: Bandung
Daily Vehicle: March HR15

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by ardhrizk »

qushay20019 wrote: Wed Apr 05, 2017 17:39
themo wrote: Wed Apr 05, 2017 10:04 bukan mau ambil yg prestige, mau ambil yg e cvt.
lalu untuk anti karat yg sering jadi perbincangan di forum brv, apa seperlu itu nambah antikarat sendiri?
...
HSA dan VSC mungkin membantu kalau sering nyetir pada kondisi high risk, kayak sering lewat tol/ lukot, suka males ngerem pas tikungan panjang ato pas hujan2, sering naik turun bukit/ parkiran mal yg superterjal, dsb. Kalo buat nyetir biasa, apalagi kayak saya yg buat dipake rumah-kantor doang & lewat non-tol, lebih value for money kalo ambil E CVT (saya ambil E MT krn lbh murah & nyonya merasa lebih familiar dgn MT daripada AT/CVT).
...
Bukan mau menyanggah om, hanya opini.

Kalo menurut saya, asal memang bisa ngambil mobil yg ada VSCnya kenapa egk?

Walau dipikirin egk bakal perlu, tapi alangkah baiknya kalo ada.
VSC itu bisa dibilang kaya airbag, kita berharap sama sekali egk bakal pernah dipake, tapi seandainya bakal "kejadian", kita siap.

VSC kan fungsinya utk membantu menghindari kecelakaan kalau seandainya mobil bakal slip. Di Tol juga walaupun kita lagi santai 80km/h (sama sekali egk hard driving), ternyata ada oli tumpah egk kelihatan, seandainya kepeleset ada fitur mobil yg membantu supaya egk terbalik dan semoga bisa balik lurus lagi jalannya.
Aqua planning juga bisa aja terjadi dimana mana, egk mesti di tol. Banyak kan cerita mobil terbalik. Apalagi ini mau ambil BRV yg GCnya lebih gede.

Mobil saya pake VSC om, (di nissan sih namanya VDC), emang nyari yg ada karena pernah baca fungsinya. Di awal juga mikir ahhh egk bakal dipake juga ini, sekedar buat bragging rights aja dibanding mobil lain seharga ini.
Tapi pernah waktu jalan keluar kota malam jadi egk ngelihat ada pasir ditikungan, mobil terpeleset. Egk tau deh saya bakal gimana kalau egk ada VDC.

Ada alasan kenapa fitur ini diharuskan di negara maju.

Kalo memang bisa, kenapa egk? Siapa tau sekian juta lebih yg dikeluarin di awal bisa jadi pembeda antara rumah sakit atau sekedar ganti celana dalem doang. Hehehe.

Just my 2 cents om. Sekedar opini. Hehehe
:big_peace:
:ngacir:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by qushay20019 »

ardhrizk wrote: Thu Apr 06, 2017 9:19
Kalo memang bisa, kenapa egk? Siapa tau sekian juta lebih yg dikeluarin di awal bisa jadi pembeda antara rumah sakit atau sekedar ganti celana dalem doang. Hehehe.

Just my 2 cents om. Sekedar opini. Hehehe
:big_peace:
:wkkk: :wkkk: baru denger komparasi kayak gini om. Anyway, sepakat sih sama sudut pandang om :frm_tumbright: . Kalo sy ingat2 lagi, kayaknya di post sy sebelumnya saya cuma berusaha ngehibur diri krn cuma sanggup ngambil yg non VSC non HSA :oops: :upss:
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 794
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by silentIm2 »

Vsc mah selama drivernya tau what to do on understeer condition mah aman.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app

Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
ardhrizk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
Location: Bandung
Daily Vehicle: March HR15

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by ardhrizk »

qushay20019 wrote: Thu Apr 06, 2017 13:01
ardhrizk wrote: Thu Apr 06, 2017 9:19
Kalo memang bisa, kenapa egk? Siapa tau sekian juta lebih yg dikeluarin di awal bisa jadi pembeda antara rumah sakit atau sekedar ganti celana dalem doang. Hehehe.

Just my 2 cents om. Sekedar opini. Hehehe
:big_peace:
:wkkk: :wkkk: baru denger komparasi kayak gini om. Anyway, sepakat sih sama sudut pandang om :frm_tumbright: . Kalo sy ingat2 lagi, kayaknya di post sy sebelumnya saya cuma berusaha ngehibur diri krn cuma sanggup ngambil yg non VSC non HSA :oops: :upss:
Semoga rezeki kita diperbanyak tuhan yaaa om. Makin sukses. Biar entar beli mobil gantinya yg lebih canggih lagi. Aamiin. :big_peace: :mky_02:
silentIm2 wrote: Thu Apr 06, 2017 13:33 Vsc mah selama drivernya tau what to do on understeer condition mah aman.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app
ntaps :big_okay:

Ada tips egk om waktu understeer mesti ngapain? Saya pernah bawa brio (full 5 orang) kekencengan masuk tikungan, kirain tikungan biasa, eh ternyata hampir 90%, understeer panjang beberapa meter mobilnya. Full lepas gas doang. Untung jalannya lagi kosong. Jadi egk nabrak apa apa. :big_childish:

Sharing sharing om, ngontrol understeer + oversteer caranya gimana, karena egk selamanya nyetir mobil VSC. Kadang bawa mobil avanza rental kalo butuh yg 7 orang.
:ngacir:
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 794
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by silentIm2 »

ardhrizk wrote: Thu Apr 06, 2017 13:44
ntaps :big_okay:

Ada tips egk om waktu understeer mesti ngapain? Saya pernah bawa brio (full 5 orang) kekencengan masuk tikungan, kirain tikungan biasa, eh ternyata hampir 90%, understeer panjang beberapa meter mobilnya. Full lepas gas doang. Untung jalannya lagi kosong. Jadi egk nabrak apa apa. :big_childish:

Sharing sharing om, ngontrol understeer + oversteer caranya gimana, karena egk selamanya nyetir mobil VSC. Kadang bawa mobil avanza rental kalo butuh yg 7 orang.
Understeer kalo FWD bisa pake tehnik left foot braking om. Ngerem pakai kaki kiri, kaki kanan tetep di gas. Tap Rem dengan cepat(tekan dengan power medium trus lepas kembali rem). Berat akan berpindah ke roda depan. Segera balas dengan gas seiring dengan melepas rem sekaligus menambah dalam putaran setir. Mobil bakal terasa ketarik. Kalau radius tikungan besar, bisa gas dipompa pompa secara halus. Brio mah pasti nurut banget manuver begini.

kalo pake manual, mungkin susahnya pas sudah terlanjur gigi tinggi trus ngerem kaget. Ini bisa latian mempivot kaki kiri sehingga tumit di pedal kopling, telapak kaki depan kiri masih kontrol pedal rem. gas dibleyer sedikit sebelum kopling dilepas.

Yang terpenting selalu liat ke arah ujung tikungan, bukan ke arah mobil understeer.

Latihannya, kalo yang biasa nyetir kaki kanan supaya kaki kiri dapet feel ngeremnya: pas di jalan kalo kaki kanan ngerem kaki kiri juga ikut di pedal rem. Trus biarkan kaki kiri yang angkat remnya. Nanti lama2 latian kaki kiri ngerem tanpa kaki kanan, kalo pas ragu feelnya bisa dibantu kaki kanan lagi. Begitu seterusnya hingga kaki kiri terbiasa mengerem.

Kalo oversteer saya ga pernah ngalamin om, jarang saya nyetir RWD. Ga pernah ngesot2 juga. Mungkin panduan ini berguna buat om.
http://www.drivingfast.net/oversteer/
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
ardhrizk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
Location: Bandung
Daily Vehicle: March HR15

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by ardhrizk »

silentIm2 wrote: Thu Apr 06, 2017 14:46
Understeer kalo FWD bisa pake tehnik left foot braking om. Ngerem pakai kaki kiri, kaki kanan tetep di gas. Tap Rem dengan cepat(tekan dengan power medium trus lepas kembali rem). Berat akan berpindah ke roda depan. Segera balas dengan gas seiring dengan melepas rem sekaligus menambah dalam putaran setir. Mobil bakal terasa ketarik. Kalau radius tikungan besar, bisa gas dipompa pompa secara halus. Brio mah pasti nurut banget manuver begini.

kalo pake manual, mungkin susahnya pas sudah terlanjur gigi tinggi trus ngerem kaget. Ini bisa latian mempivot kaki kiri sehingga tumit di pedal kopling, telapak kaki depan kiri masih kontrol pedal rem. gas dibleyer sedikit sebelum kopling dilepas.

Kalo oversteer saya ga pernah ngalamin om, jarang saya nyetir RWD. Ga pernah ngesot2 juga. Mungkin panduan ini berguna buat om.
http://www.drivingfast.net/oversteer/
:big_exellent:
Wooo. Intinya berarti kalo fwd transfer body weight ke depannya ya supaya ban depan lebih ketekan.

Skill yg harus dipelajari ini. Thank you om infonya.
Kalau ada waktu dan lapangan bakal nyoba dipraktekin. Beguna banget sih skill gini. [emo-mark-A]
:ngacir:
User avatar
Volk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat Dec 19, 2015 16:14

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by Volk »

Pernah nyoba ertiga sih nyaman..cuma model gak suka.tp dibanding avz sama mobilio sih mending ertiga kayanya ya
themo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Tue Jan 24, 2017 12:04

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by themo »

setelah berunding lagi dengan keluarga, muncul kandidat baru yg sudah disarankan disini juga. new mobilio rs cvt hehehe
dengan beda harga 10juta lebih mahal apakah tetep lebih pilih brv daripada mobilio?gaya nyetir yg kadang main hajar lubang, ngebut dijalan keriting sampai istri ngomel. oh iya, selama ini pakai grand vitara inventaris ortu. kalau pakai itu menurut saya sih keras sampai dikocok rasanya kalau hajar lubang sama lewat jalan keriting. tapi kalau ditol mantap sih cuma gak kuat bensinnya :big_childish:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by qushay20019 »

Sepertinya lebih masuk akal buat om themo kalo ngambil lio rs cvt dgn gaya nyetir kayak gitu.
Saya yg skrang make brv stlh sebelumnya sx4 & sebelumnya lg escudo 1.6 ngerasa BRV itu paling keras di antara ketiganya, tapi memang body roll plg teredam pas nikung. Nah pas saya ngobrol dgn kepala bengkel honda, dia mengiyakan bhw suspensi lio mmg lbh empuk sedikit drpd brv. Di trit review brv k**k*s malah ada yg ganti per brv nya dgn per mobilio. Katanya sih tinggal plug n play. Pas saya mau pasang kyk gitu di punya saya, gak direkomen sm kepala bengkel (& kondisi dompet jg, behehe)
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by adrevolution »

themo wrote: Fri Apr 07, 2017 11:55 setelah berunding lagi dengan keluarga, muncul kandidat baru yg sudah disarankan disini juga. new mobilio rs cvt hehehe
dengan beda harga 10juta lebih mahal apakah tetep lebih pilih brv daripada mobilio?gaya nyetir yg kadang main hajar lubang, ngebut dijalan keriting sampai istri ngomel. oh iya, selama ini pakai grand vitara inventaris ortu. kalau pakai itu menurut saya sih keras sampai dikocok rasanya kalau hajar lubang sama lewat jalan keriting. tapi kalau ditol mantap sih cuma gak kuat bensinnya :big_childish:
Setau saya BR-V lebih keras suspensinya dari mobilio yang sebenernya juga paling keras di kelasnya, jadi kalau pake GV aja diomelin bini mungkin dgn gaya nyetir yang sama pake BR-V atau mobilio akan sama2 diomelin juga... mending test drive aja dulu deh.

Kalo bantingan paling nyaman di kelas ini sebenernya grand livina, tapi kaki2 nggak sebadak BR-V/mobilio. Ertiga juga nyaman dan awet sih kaki2nya. Bisa diconsider juga kalau ternyata BR-V/mobilio kurang nyaman.

Oh iya, baru inget, nggak consider mitsu XM om? Bulan ini launching, kayaknya juga cocok dgn gaya nyetirnya.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
themo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Tue Jan 24, 2017 12:04

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by themo »

adrevolution wrote: Sat Apr 08, 2017 23:02 Setau saya BR-V lebih keras suspensinya dari mobilio yang sebenernya juga paling keras di kelasnya, jadi kalau pake GV aja diomelin bini mungkin dgn gaya nyetir yang sama pake BR-V atau mobilio akan sama2 diomelin juga... mending test drive aja dulu deh.

Kalo bantingan paling nyaman di kelas ini sebenernya grand livina, tapi kaki2 nggak sebadak BR-V/mobilio. Ertiga juga nyaman dan awet sih kaki2nya. Bisa diconsider juga kalau ternyata BR-V/mobilio kurang nyaman.

Oh iya, baru inget, nggak consider mitsu XM om? Bulan ini launching, kayaknya juga cocok dgn gaya nyetirnya.
mitsu XM di range harga berapa ya?soalnya kembali lagi ke budget om. hehehe
kalau GL udah pasti dicoret om, di kantor ada GL 1.8 minta jajannya ampun dah. kalau ertiga, istri jg kurang minat. katanya sempit dalemnya
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by adrevolution »

themo wrote: Sun Apr 09, 2017 3:20
adrevolution wrote: Sat Apr 08, 2017 23:02 Setau saya BR-V lebih keras suspensinya dari mobilio yang sebenernya juga paling keras di kelasnya, jadi kalau pake GV aja diomelin bini mungkin dgn gaya nyetir yang sama pake BR-V atau mobilio akan sama2 diomelin juga... mending test drive aja dulu deh.

Kalo bantingan paling nyaman di kelas ini sebenernya grand livina, tapi kaki2 nggak sebadak BR-V/mobilio. Ertiga juga nyaman dan awet sih kaki2nya. Bisa diconsider juga kalau ternyata BR-V/mobilio kurang nyaman.

Oh iya, baru inget, nggak consider mitsu XM om? Bulan ini launching, kayaknya juga cocok dgn gaya nyetirnya.
mitsu XM di range harga berapa ya?soalnya kembali lagi ke budget om. hehehe
kalau GL udah pasti dicoret om, di kantor ada GL 1.8 minta jajannya ampun dah. kalau ertiga, istri jg kurang minat. katanya sempit dalemnya
Mitsu XM di range 200-250an sih kabarnya, soalnya emang positioningnya sepertinya bakal head to head sama BR-V.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE