mobil baru budget max 250jt

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

themo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Tue Jan 24, 2017 12:04

mobil baru budget max 250jt

Post by themo »

Permisi suhu, mau minta saran buat mobil pertama. mobil ini nantinya dipakai lebih buat mobil weekend (bisa luar kota maupun dalam kota). kriteria yg diminta :
1. enak dipakai baik sebagai driver/ penumpang
2. bandel/ gak gampang minta jajan karena bakal dipakai dalam jangka waktu lama
3. harus 3 baris
4. jaringan bengkelnya berlimpah di sekitar jabodetabek
saya sama istri sudah ada pilihan sebetulnya, yaitu honda brv. apakah brv memenuhi kriteria saya yg diatas? mohon masukannya suhu-suhu SM
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by adrevolution »

br-v good choice sih buat budget segitu, after discount bisa dapet yang prestige, fiturnya lengkap.
kalau mau ngirit lagi mobilio RS facelift, fitur setara harga lebih murah, br-v menang di GC+headlamp projector mobilio menang di auto climate control.
mau lebih ngirit lagi ertiga diesel, tapi cuman ada manual dan wajib dex/dexlite (ya actually mobilio/br-v juga minimal pertalite sih)
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16684
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by ChZ »

saya sama istri sudah ada pilihan sebetulnya, yaitu honda brv. apakah brv memenuhi kriteria saya yg diatas? mohon masukannya suhu-suhu SM
Memenuhi kok.

Udah itu aja jawaban saya... :mky_01: go for it kalo serumah udah sreg.

Nanya disini tar tambah bingung disuruh beli Avanza lah, disuruh beli Ertiga lah, disuruh beli Mobilio lah, ditakut-takutin mobilnya rusak lah, disuruh beli mobil bekas lah...

Enjoy aja... Rusak tinggal garansi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
themo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Tue Jan 24, 2017 12:04

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by themo »

sekarang bingungnya antara mt atau cvt. soalnya belum pernah nyetir matic. dari review yg pernah saya baca malah lebih enak dan lebih irit cvt ya? untuk pemakaian jangka panjang cukup tangguhkah cvt itu? kalau yg mt apakah di gigi 6 nanti rpmnya bisa serendah cvt pas cruising di tol?
tulalit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: Wed Feb 26, 2014 4:32

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by tulalit »

ambil matic aja om . asal di maintain dengan baik pasti kuat jangka panjang.
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by vulvy8858 »

go for it. take the highest trim. take the A/T (CVT).
ganti oli matic aja agak seringan kalok emang mao dipakek lama.
overall, platform Hondul yg ini cukup tahan banting, sampe 30-40rb km belom banyak penggantian parts.
kalopun mao agak ngirit, parts bierpi mirip2 sama Brio, Jazz dan City.
kalok cari bingkil umum / spesialis Hondul bisa lebi murah maintenance cost nya.
pajak mirip2 pelos / rusuh.
maintenance cost di BeRes nya aja yang agak2 gimana gitu.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by adrevolution »

themo wrote: Wed Apr 05, 2017 4:51 sekarang bingungnya antara mt atau cvt. soalnya belum pernah nyetir matic. dari review yg pernah saya baca malah lebih enak dan lebih irit cvt ya? untuk pemakaian jangka panjang cukup tangguhkah cvt itu? kalau yg mt apakah di gigi 6 nanti rpmnya bisa serendah cvt pas cruising di tol?
Ambil cvtnya... selain karena kebiasaan honda taro fitur terlengkap di tipe cvt, bensinnya memang lebih irit dari manual. Br-v prestige cuman ada cvt btw, dan yg itu paling worth to buy. Tapi kalau lebih enak atau nggak disetirnya, itu harus test drive karena nggak semua orang suka karakter cvt.

Transmisi manual biar giginya ada 6 tetep cruising di 100 km/jam lebih tinggi rpmnya dari cvt. That's why cvt irit banget kalo di tol, tapi itu juga alesannya kenapa manual lebih berasa tenaganya. Cvt harus kickdown utk mengimbangi powernya manual.

Pemakaian jangka panjang asal rajin ganti olinya sesuai spesifikasi bakal awet kok. Biasanya yg bikin gak awet karena olinya gak diganti2 atau salah pake oli (kayak kasus di jazz gd3 jaman dulu).
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16684
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by ChZ »

themo wrote: Wed Apr 05, 2017 4:51 sekarang bingungnya antara mt atau cvt. soalnya belum pernah nyetir matic. dari review yg pernah saya baca malah lebih enak dan lebih irit cvt ya? untuk pemakaian jangka panjang cukup tangguhkah cvt itu? kalau yg mt apakah di gigi 6 nanti rpmnya bisa serendah cvt pas cruising di tol?
CVT aja...

Jangka panjang, rajin-rajin ganti CVTF aja... asal dirawat sie aman... 10.000 ganti biasa. 40.000 kuras.

RPM nya MT ga akan lebih rendah dari CVT oom.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
themo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Tue Jan 24, 2017 12:04

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by themo »

ChZ wrote: Wed Apr 05, 2017 6:41
themo wrote: Wed Apr 05, 2017 4:51 sekarang bingungnya antara mt atau cvt. soalnya belum pernah nyetir matic. dari review yg pernah saya baca malah lebih enak dan lebih irit cvt ya? untuk pemakaian jangka panjang cukup tangguhkah cvt itu? kalau yg mt apakah di gigi 6 nanti rpmnya bisa serendah cvt pas cruising di tol?
CVT aja...

Jangka panjang, rajin-rajin ganti CVTF aja... asal dirawat sie aman... 10.000 ganti biasa. 40.000 kuras.

RPM nya MT ga akan lebih rendah dari CVT oom.
gak akan mundur di tanjakan kan?misal di puncak. atau harus tarik rem tangan juga pas ditanjakan gitu?
Brozki
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Tue Feb 28, 2017 9:31
Location: Bontang

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by Brozki »

themo wrote: Wed Apr 05, 2017 6:44
ChZ wrote: Wed Apr 05, 2017 6:41
themo wrote: Wed Apr 05, 2017 4:51 sekarang bingungnya antara mt atau cvt. soalnya belum pernah nyetir matic. dari review yg pernah saya baca malah lebih enak dan lebih irit cvt ya? untuk pemakaian jangka panjang cukup tangguhkah cvt itu? kalau yg mt apakah di gigi 6 nanti rpmnya bisa serendah cvt pas cruising di tol?
CVT aja...

Jangka panjang, rajin-rajin ganti CVTF aja... asal dirawat sie aman... 10.000 ganti biasa. 40.000 kuras.

RPM nya MT ga akan lebih rendah dari CVT oom.
gak akan mundur di tanjakan kan?misal di puncak. atau harus tarik rem tangan juga pas ditanjakan gitu?
Kalo BRV Prestige bukannya udah ada VSA & HSA yah?
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by armann »

themo wrote: Wed Apr 05, 2017 6:44
ChZ wrote: Wed Apr 05, 2017 6:41
themo wrote: Wed Apr 05, 2017 4:51 sekarang bingungnya antara mt atau cvt. soalnya belum pernah nyetir matic. dari review yg pernah saya baca malah lebih enak dan lebih irit cvt ya? untuk pemakaian jangka panjang cukup tangguhkah cvt itu? kalau yg mt apakah di gigi 6 nanti rpmnya bisa serendah cvt pas cruising di tol?
CVT aja...

Jangka panjang, rajin-rajin ganti CVTF aja... asal dirawat sie aman... 10.000 ganti biasa. 40.000 kuras.

RPM nya MT ga akan lebih rendah dari CVT oom.
gak akan mundur di tanjakan kan?misal di puncak. atau harus tarik rem tangan juga pas ditanjakan gitu?
kan kalo top trim brv atau mobilio rs ada hill start, rem mah biasa aja, fwd kuat nanjak kok hahaha
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by FMEAKD »

Ertiga diesel entah kenapa itu yg terlintas
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16684
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by ChZ »

themo wrote: Wed Apr 05, 2017 6:44
gak akan mundur di tanjakan kan?misal di puncak. atau harus tarik rem tangan juga pas ditanjakan gitu?
Ada hill-start assist di type Prestige.

Tetep harus pake rem tangan sie kalo lama, HSA cuma nahan 3 detik.

Kalo tahan rem kaki ngeri nya transmisi jadi korban dan rem cepet fatigue krn panas...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
themo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Tue Jan 24, 2017 12:04

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by themo »

bukan mau ambil yg prestige, mau ambil yg e cvt.
lalu untuk anti karat yg sering jadi perbincangan di forum brv, apa seperlu itu nambah antikarat sendiri?
User avatar
udangrebus
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Mar 06, 2015 15:18

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by udangrebus »

wah daripada BRV E CVT mending ambil mobilio RS CVT lumayan harga beda jauh tapi udah ac auto,HSA sama VSA :mky_01:
kembaliannya bisa buat ganti ban sama velg kalau takut gasruk :mky_01: tapi g tau ini FL moncong depannya masih kerendahan atau nggak :mky_01: :snipersmile: :ngacir:
User avatar
ardhrizk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
Location: Bandung
Daily Vehicle: March HR15

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by ardhrizk »

themo wrote: Wed Apr 05, 2017 4:51 sekarang bingungnya antara mt atau cvt. soalnya belum pernah nyetir matic. dari review yg pernah saya baca malah lebih enak dan lebih irit cvt ya? untuk pemakaian jangka panjang cukup tangguhkah cvt itu? kalau yg mt apakah di gigi 6 nanti rpmnya bisa serendah cvt pas cruising di tol?
Kalau emang pengen dipake lama, bagus ambil CVT om. Lebih future proof kalo misalnya tambah macet dimana-mana, which sepertinya emang bakal iya.

Kalo ketahanan yakin sih saya asal dirawat dengan bener bakal aman aman aja. Jangan malas ganti fluida aja.

Honda fiturnya yg lengkap juga di CVT. Ambil aja BRV CVT prestige nya om. Udah ada stability control juga kan, yg bahkan Fortie vrz 4x2 aja belum dapet.
:ngacir:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by ricz »

themo wrote: Wed Apr 05, 2017 10:04 bukan mau ambil yg prestige, mau ambil yg e cvt.
lalu untuk anti karat yg sering jadi perbincangan di forum brv, apa seperlu itu nambah antikarat sendiri?
Kalo rumah ato tempat kerja dekat ama laut sih mending pasang aja buat antisipasi...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4913
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by Pboyz97 »

Memenuhi kok BRV ini untuk kriterianya om TS, tapi Lio RS CVT FL bisa jadi pertimbangan alternatif, karena udah ada VSC & HSA dimana BRV E CVT belum punya fitur tersebut/ kalo budget mencukupi bisa ambil BRV Prestige CVT sekalian
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
diodio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Dec 11, 2014 10:20

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by diodio »

Mending mobilio rs cvt ganteng poll, fitur lengkap untuk kelas lmpv.

Paksain belajar pake matik, paling adaptasi seminggu kurang..
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by ween »

Mobilio rs (kalo mau matic) & ertiga diesel (kalo mau manual)
Dah, itu aja, udah the best price to spec/feature, gak usah mikirin yg laen
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by ipat »

Go for Brv,apalagi kluaraga udh setuju, ni mobil udh banyak dijalanan, blm pernah dgr ada masalah serius sama ni mobil
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by andyez86 »

Vote BRV..tinggal pasang peredam aja mnrt saya PR nya..
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: Sat May 02, 2015 18:58

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by syafimsa »

sudah go for brv saja om. paling worth to buy menurut saya dgn range harga segitu. kalo om TS emang gamau ambil prestige juga sebenernya ok2 saja kok. semundur2nya matic / cvt ditanjakan gaakan separah manual sih yg keliatan banget movementnya itu body. (pengalaman + liat mobil dijalan).

Sent from my SM-N910H using Seraya Motor mobile app

[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
maxbilly
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Tue Dec 06, 2016 14:11

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by maxbilly »

R3 disel mungkin paling pas bisa hemat berberapa juta
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: mobil baru budget max 250jt

Post by qushay20019 »

themo wrote: Wed Apr 05, 2017 10:04 bukan mau ambil yg prestige, mau ambil yg e cvt.
lalu untuk anti karat yg sering jadi perbincangan di forum brv, apa seperlu itu nambah antikarat sendiri?
Saya juga baru awal taun ini ambil BRv tapi yg E manual om. Kalo kriteria om udah terpenuhi semua sih. Ambil yang E CVT aja meskipun HSA dan VSC nggak ada (cuma ada di Prestige). Prestige menurut saya overpriced dan (sedikit) overchromed. HSA dan VSC mungkin membantu kalau sering nyetir pada kondisi high risk, kayak sering lewat tol/ lukot, suka males ngerem pas tikungan panjang ato pas hujan2, sering naik turun bukit/ parkiran mal yg superterjal, dsb. Kalo buat nyetir biasa, apalagi kayak saya yg buat dipake rumah-kantor doang & lewat non-tol, lebih value for money kalo ambil E CVT (saya ambil E MT krn lbh murah & nyonya merasa lebih familiar dgn MT daripada AT/CVT). Fuel cons juga pas saya TD pake CVT dapet 1:15. Eh, pas make MT udah segala cara ngirit dipake mentok 1:12. Ya udahlah... :shrug:

E MT saya udah dapat antikarat valugard dari dealer, seharusnya om dapat juga sih. Menurut saya, kalo om nggak tiap hari nyetir di pinggir pantai, belum perlu ngasih antikarat lagi kalo udah dapat dari dealernya. Mungkin kalo umur mobil udah 4-5 taun boleh dipertimbangkan tambahin anti karat.

Upgrade terpenting yg saya rasa itu tambah karet balon untuk peredaman suara luar karena karet balon BRV cuma ada di pintu (di bodi frame tidak ada). Googling aja "karet balon BRV" pasti banyak deh kayak di tokped gitu2. Terserah mau beli meteran pasang sendiri ato beli paketan trus ke variasi suruh pasangin (kemarin saya lakukan pilihan kedua).
Kalo dirasa masih berisik, coba ganti ban ke michelin krn dunlop bawaannya memang tipe eco, bukan tipe silent. Saya sih nggak ganti ban krn pasang karet balon aja udah acceptable road noise nya. Selain itu, ukuran ban BRV rada susah nyarinya apalagi di luar Jawa.

Upgrade kedua yg saya lakukan nambah tinggi jok sopir. Saya nggak nyaman dengan joknya yg rendah dan tidak bisa diatur. Jadi saya ke variasi suruh tambah busa buat jok sopir doang sekalian pasang jok kulit asli biar gak panas. Jok2 lain cuma saya sarungin aja pake m*t*ch (soalnya pasang jok kulit asli buat 3 baris full muaahaallllllll). Alternatif lain, sekalian ganti jok depan dgn yg ada seat height adjusternya, kayak punya SX4 ato Innova. Cuma kalo ganti jok perlu liat lagi dudukan baut joknya pas ato gak. Pussyying om... :2gunfire: :snipersmile: :frm_shock: :frm_snipper: :frm_bang_head:

Anyway, kalo belum TD, MUTLAK TD. Kalo ada dana lebih, boleh juga pertimbangin ambil paket Cermat (paket ganti oli rutin 3 taun dibayar di awal atau 6 taun dibayar di awal). Saya ambil yg 3 taun.

Good luck with your new ride, om, moga awet :big_grin: