Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
NissanLovers wrote:salesperson kalau bertindak dan berlaku sebagai konsultan.tidak ada yang salah bung ifmarch.pasti akan selalu mencari tau needs nya calon pelanggan. kalau sudah tau, baru diarahkan.bukannya menjelek-jelekan tapi tanpa pernah mencoba. itumah sama saja omdo.
ifmarch wrote:Mulai lagi nih .... the war will begin ....
Diam aja ah ... nanti ditembak sebagai sales juga nih ....
Di forum ini memang banyak orang Nissan.. ada fanatik yang mengakunya bukan sales, ada juga sales yang mengakunya bukan fanatik, hahaha..
Biasanya kalau ada kritik terhadap merk atau barang dagangannya, mereka akan bela mati2an sampai melewati batas kewajaran, juga bercampur emosi yang berapi2, sampai sumpah nyawa segala..
Loe emang kompor nomer 1..
Kena dua.. loe mau bilang gitu kan???
Di forum ini memang banyak orang Nissan.. ada fanatik yang mengakunya bukan sales, ada juga sales yang mengakunya bukan fanatik, hahaha..
Biasanya kalau ada kritik terhadap merk atau barang dagangannya, mereka akan bela mati2an sampai melewati batas kewajaran, juga bercampur emosi yang berapi2, sampai sumpah nyawa segala..
Loe emang kompor nomer 1..
Kena dua.. loe mau bilang gitu kan???
Maklumlah .... namanya juga CONAN ... THE BARBARIAN....
kalau ngga ribut... pegel-pegel ...
Waduh para nissan lover jangan kepancing ya. Cuek bebek aja. Mau dibilang sales atau bos nmi cuek aja. Direply malah dibalas. Dia omong apa kita tetap ngomongin yg topic kita aja.
Saya juga dapat balasan email dari pak ronny spt ini:
Dengan hormat,
Berdasarkan data yang kami peroleh dari computer inden sbb:
Tipe : Nissan Grand Livina 1.5 XV M/T
Warna : Grey Metallic
STNK a/n : Bp. ..........
SPK AN : Bp. ..........
Dealer : Nissan Cibubur
SPK Tanggal : 14 April 2007
DP 5 juta Tanggal : 17 April 2007
Rencana selesai produksi: belum teralokasi dan masih menunggu jadwal produksi berikut karena hingga kini jadwal produksi yang kami terima baru hingga bulan Agustus 2007.
Terima kasih.
Hormat kami,
B. Ronny Tjahjadi
Berarti pesanan GL saya akan diproduksi diatas bulan Agustus, padahal di spk saya, tertulis est. delivery bulan Juli.
Saya belum cek lagi ke salesnya. Cuman waktu spk salesnya bilang kalau seandainya lewat bulan Juli, akan ditawarkan lagi ke saya apakah mau tetap lanjut atau batal (dp 5 jt dibalikin). Gak tau, bener gak nih.
Tanggal dp juga beda 3 hari dengan tanggal spk, padahal udah setor 5 jt pas spk. Ada apakah ini ??
Kalo saya sih walo SPK april, estimate penyerahan ditulis bln November 2007.
Berhubung saya bersedia nunggu, ya udah, saya tunggu aja sampe November, kalo meleset, apapun alasannya saya udah bilang ama Sales-nya akan saya kirim surat di Koran Nasional.........
masih belum pada tidur rupanya, kayaknya banyakan mahasiswa nih he..he...he
bro stameh, sudah banyak yg jadi korban GL. pilihannya tinggal SABAR, SEBAR atau KABUR.
kalo emang gakbisa pindah kelain mobil ya mesTi SABAR, kalo sebel sama ulah NMI dan mau kasih pelajaran buat ATPM ya SEBARkan saja keluhan ke sebanyak2nya media. atau kalo masih sempet berpikir sehat, GL bukan segala2nya KABUR saja, masih ada alternatif mobil lain kok.
Tadi sore kembali saya menelpon sales dealer batu ceper (tempat sy inden GL 1,8A/T ) namun jawabannya masih tetap klise ....akan dikabari jika barang sudah ada. Jawaban sediplomatis apapun juga tetap tidak bisa memuaskan saya karena itu bukan "JAWABAN" tetapi saya anggap hanya silat lidah berkelat kelit saja. Secara marketing juga sangat salah...justru harus ada usaha meminimize complain dengan memberikan service yang optimal , dengan mengadakan pendekatan/approach yang hangat dan kekluargaan untuk meminta maaf secara terbuka karena ketidakmampuan NMI menghandle quantity order yang sudah masuk (over load). Saya bingung...apa susahnya sih MINTA MAAF dan menjelaskan permasalahannya secara transparan bahwa dikarenakan meledaknya permintaan pasar jauh melampaui target dan kapasitas produksi yang ada , dan juga mengakui bahwa SDM NMI kewalahan menangani QUANTITY yang ada karena memang belum pernah menghandle sedemikian besar....tapi karena harus jaga mutu maka tetap tidak bisa dipaksakan produksinya ,,,,,,,,,,,,,,,,.......
Setelah beberapa kali kontak sejak inden , maka kesimpulan saya terhadap managemen "DISTRIBUSI" dan "PRODUKSI" NMI adalah TIDAK TRANSPARAN ...atau bahkan TIDAK PROFESIONAL sama sekali...
Opini :
1. Kita semua mengetahu bahwa produk GL ada 7 varian dengan 2 tipe kapasitas mesin . Terlihat sekali bahwa perencanaan produksi untuk masing masing tipe itu sejak awal tidak ada kejelasan atau estimasi , sehingga sama sekali tidak dapat memberikan estimasi jadwal delivery yang akurat (dalam hal ini mengakibatkan service levelnya menjadi sangat rendah sekali).
Begini , menurut saya yang namanya telat / terlambat itu jika saya janji makan siang dengan pak Ronny jam 1 akan tetapi saya datang jam 1.30 , dan sy hanya terlambat saat janji dengan Pak Ronny saja ...janji saya dengan Pak Teddy dan yang lain-lainnya ontime...Nah itu namanya saya terlambat !!!
Akan tetapi jika sy janji dengan 5000 orang dan janji saya terhadap 3000-4000 orang terlambat ( bukan dalam hitungan jam atau hari lagi akan tetapi beberapa minggu dan bahkan bulan....apakah ini bisa dikatakan saya "terlambat" atau saya "TIDAK BISA NGATUR WAKTU/JADWAL ??? atau bahkan saya buta waktu ( gak bisa baca jam/hari ??? ) . Sedangkan ada sebagian (mungkin) 500 orang yang janjinya saya majukan/dipercepat juga bukan dalam hitungan jam/hari tetapi minggu....
Menurut saya jika memang demikian halnya dengan kemampuan manajemen NMI mencoba mengatur waktu (yang nota bene akhirnya jadi tidak teratur ) mending sejak awal tidak perlu diatur atur saja...biar berjalan terserah / suka - suka saja....saling sodok saling rebut ...biar rame sekalian.
Terserah apapun kendala yang ada di pabrik maupun dimanajemen NMI ( yang tidak terlihat ada action antisipasi kilat meredam customer UNSATISFACTION ) menurut saya pribadi jika memang sudah sejak dari awal dilakukan pengurutan SPK berdasarkan PENOMORAN...maka sudah selayaknya delivery dilakukan secara URUT juga ....coba rekan2 bayangkan jika kita mengantri di loket pembayaran dengan mengambil nomor , akan tetapi kemudian yang dipanggil adalah bukan berdasar urutan NOMOR akan tetapi berdasarkan urutan ABJAD nama.....nah inilah lelucon terkonyol yang bahkan tidak pernah dilakukan oleh Mr.Bean...hehehehehe .
INTINYA : jika memang Nissan sudah berani keluarin 7varian produk , ya sudah resiko jika "pasar" memilih dan produsen harus bisa ikuti arah permintaan pasar yang ada . Harusnya sejak awal sudah ada altrernatif alternatif problem solving kilat utk hadapi pasar ...sebab jika tidak bisa memuaskan customer maka akhirnya produk yang unggulpun akan tersungkur . Saran saya kepada NMI cepatlah ambil tindakan untuk meredam kekecewaan customer supaya tidak menjadi bumerang....jujur saja, saya sendiri secara pribadi akan merasakan impresi yang sangat berbeda "saat mengendarai mobil yang dibeli dengan perasaan kecewa atau puas ".
2. NMI secara besar-besaran mengiklankan bahwa telah meningkatkan kapasitas produksinya dengan tujuan memberikan pelayanan . Hal ini saya lihat cukup bagus ( sedikit menenangkan hati customer yang menanti nantikan GL dambaannya ) , akan tetapi kalo diamati ...apakah ini bukan sekedar tindakan JAIM aja...yang kembali justru bisa mempertajam bumerang yang ada....mengiklankan bahwa NMI akan/telah menambah kapasitas produksi justru akan "MEMPERTINGGI HARAPAN" para customer untuk memdapatkan unitnya lebih cepat selain juga memancing pasar , padahal jika misalnya kapasitas produksi awalnya 1000unit perbulan...kemudian ditambah jadi 1001 unit perbulan ...toh juga sudah merupakan peningkatan kapasitas . Disini permasalahannya saya melihat pihak NMI sama sekali tidak berani terbuka/jujur untuk membeberkan angka/prosentase peningkatan kapasitas produksinya itu sebenarnya berapa ? Terus apakah angka produksi tersebut sudah memadai untuk quantity permintaan perbulan ...jika masih defisit ...berapa persenkah kekurangannya yang tentu akan diakomodir ke produksi bulan berikutnya.
Rasanya kita semua (yang sedang menantikan GL dambaannya) tentu setuju jika ada tranparansi dari pihak NMI untuk membuka angka permintaan yang telah masuk sudah berapa ( terperinci dengan tipe variannya ) dan kapasitas produksi yang terpasang ada berapa ....ditambah stok unit awal pervarian , sehingga customer bisa melihat secara jelas dimana unit yang dipesannya. Bagi saya jauh lebih menyenangkan bila saya tahu secara jelas dan pasti bahwa unit saya itu memang harus datang pada bulan kesekian ...dari pada hanya diberikan janji rentang waktu ( misalnya JUNI - JULI ) ...ini sama saja NMI menyiksa setiap customernya untuk deg-degan bermimpi naik GL selama kurun waktu 60 hari ...semoga saja tidak ada yang jantungan dan shock karena surprise atau karena terlalu kesal.
Saran saya cobalah pihak NMI lebih profesional menajamkan akurasi delivery timenya jangan dalam rentang waktu yang terlalu panjang....mungkin rentang waktu 1minggu yang penuh lepastian akan jauh lebih menyenangkan customer. Cobalah berempathy ke perasaan customer yang sedang menantikan mobil idamannya , mungkin ada yang sudah berangan rencana piknik keluarga, mungkin sudah ada yg berencana mau ke bali pakai GL saat liburan , mungkin sudah ada yg ngebet mau kebut di tol dll dll....apakah NMI sebagai produsen sudah pernah memcoba membayangkan apakah mimpi yang ada dibenak para customernya ? Jika setelah membaca ini kemudian baru kepikir ya belom telat juga...tinggal seberapa mampu manajemen NMI mewujudkan mimpi-mimpi yang ada dibenak orang-orang yang akan duduk dibelakang kemudi / mengendarai GL ?
3. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menhargai pahlwannya , perusahaan yang besar juga adalah perusahaan yang bisa menghargai pahlawannya ....pahlawannya tentu adalah customer , tanpa ada customer , sebagus apapun produk Nissan yang ada ...akhirnya cuma bisa jadi bintang pameran/showroom saja bukan bintang jalanan....
Nah kalo sudah tahu begitu , tentunya customer harus dihargai melebihi unitnya....jika unit produknya sudah diyakini unggul ....itu sudah satu point , tetapi jika perusahaan memiliki customer yang unggul dan loyal...maka ini melebihi semua point yang ada. Jika NMI sadar akan hal ini maka sudah selayaknya ada sikap nyata berupa perhatian ....
semoga ada pihak NMI yang membaca..dan tergugah pikirannya dan bisa secepatnya bergerak
Pak.. trust me deh.. NMI baca ini mah cuman ketawa ketiwi doank, sambil bilang.. sapaa suruhhh mau indend.. kaya anak kecil aja bisa dikibulin pake permen (iklan dikoran) langsung berenti nangis sesaat.
Saya juga termasuk yang indend ini mobil.. rencananya memang saya dan teman2 mau komplain lewat surat kabar nantinya. Ini sudah tidak bener caranya. Janji july, masa produksi sampe agustus saja belum ada? dan yang lebih ngeselinnya... ternyata banyak showrom2 mobil non ATPM yang sudah ready stock dengan upping price.. jadi curiga saya NMI memang mendahulukan para dealer atau perusahaan agar resale value mereka nantinya bisa terjaga. jadi harga livina akan membumbung tinggi setelah melihat booming permintaan ini dengan lebih banyaknya readt stock di dealer non ATPM. but yah mana mau lah NMI ngaku, pasti dibilang management distribusinya sudah professional dan transparan kok.. mana mau mereka ngaku kalau memang mendahulukan perusahaan atau dealer.. heheheh.. gw tau karena ada orang dalem juga... Klasikk tau NMI cara lo!!
ada survery pembaca, nilai service NMI bakalan gw kasih BAD!!!!! sorry nih, reputasi dari X-trail jadi rusak gara2 indend livina... trust me pak.. mereka baca ini forum, but mereka cuman ketawa-ketiwi kok dikantor ngeliat keluhan konsumen di ini forum.. ngga sithlord, conan dll.. percaya deh.. (ngga usah sumbernya dari mana lagi yee)... iya ngga NMI?
drallink wrote:
3. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menhargai pahlwannya , perusahaan yang besar juga adalah perusahaan yang bisa menghargai pahlawannya ....pahlawannya tentu adalah customer , tanpa ada customer , sebagus apapun produk Nissan yang ada ...akhirnya cuma bisa jadi bintang pameran/showroom saja bukan bintang jalanan....
Nah kalo sudah tahu begitu , tentunya customer harus dihargai melebihi unitnya....jika unit produknya sudah diyakini unggul ....itu sudah satu point , tetapi jika perusahaan memiliki customer yang unggul dan loyal...maka ini melebihi semua point yang ada. Jika NMI sadar akan hal ini maka sudah selayaknya ada sikap nyata berupa perhatian ....
semoga ada pihak NMI yang membaca..dan tergugah pikirannya dan bisa secepatnya bergerak
YEEEEE! itu mah omongan perusahaan kadut bos! yah kalo emang ngaku tidak sanggup pasang iklan donk bahwa DP bisa balik!! jangan DP ditelen kalo udah kaga tau kaga sanggup!! sampean orang NMI kan? Ronny bukan nih? katanya nama versi jalannya ronny chaser yah? hayoo ngaku
Chaser wrote:Saya rasa mao ngomong apapun juga kalo memang angka orang yang sudah inden terlampau banyak, NMI juga udah ngak bisa apa2 lagi...
kok jawaban Mr. Ronny Tjahjadi ke bro Stameh gitu ya? beliau kan org senior ya di NMI, mustinya jawaban2 ngambang and ngeselin gitu gak layak keluar in written dr senior staff like him.sorry gue bukan mau manas2in, tp aneh aja ya.
buat bro Dralink, gue setuju bgt sama uneg2 anda bro. cuma ya itulah Indonesia... budaya transparansi and gentleman style (minta maap) bukan ciri khas kita
bro2, biar gak saling menebak2 bagusnya para senior2 serayamotor.com contact langsung minta NMI untuk sharing session. saya optimis NMI mau blak2an open infonya. karena saat ini pun club GL belum ada, jadi ada peluang untuk maju bareng sm komunitas yg lain.
satu lagi, yg sdh bosan komplain ke sales krn delivery date nya meleset, ada cara lain yg bs dilakukan ; konsultasi/lapor ke YLKI hopefully mereka akan lakukan pendampingan / buat surat ke NMI, biasanya ini efektif.
Hanya waktu dan pembuktian komitmen NMI untuk deliver GL yg di-indent sesuai jadwal waktu yg dijanjikan akan menjawab semua pertanyaan.... ya kita liat saja nanti gimana.. pasti nanti semua akan terjawab.
Soal bung ichsan_n yg dijanjiin july sama sales dealer, mungkin si sales kurang koordinasi dengan NMI pusat... Kejar terus aja si Sales .. ancam aja batal indentnya dan minta kembali uang DP kalo July ga ada barang sesuai yg dijanjikan si Sales.
-----------
Luis Anthony <[email protected]> Wed, May 9, 2007 at 9:32 AM
Tadi baru saja terima sms dari Sales Coordinator Nissan Bintaro bahwa semua delivery akan tertunda karena ada masalah di manufacturing Nissan. Beliau memohon ma'af atas hal ini. Mobil saya yang mestinya serah terima Mei, menurut beliau tidak mungkin dilaksanakan...
Done that but it wont work, karena DP sudah disetor ke NMI sehingga yang bisa me return yah NMI.. kata mereka loh.
maxx wrote:Hanya waktu dan pembuktian komitmen NMI untuk deliver GL yg di-indent sesuai jadwal waktu yg dijanjikan akan menjawab semua pertanyaan.... ya kita liat saja nanti gimana.. pasti nanti semua akan terjawab.
Soal bung ichsan_n yg dijanjiin july sama sales dealer, mungkin si sales kurang koordinasi dengan NMI pusat... Kejar terus aja si Sales .. ancam aja batal indentnya dan minta kembali uang DP kalo July ga ada barang sesuai yg dijanjikan si Sales.
Last edited by ichsan_n on Wed May 09, 2007 4:55, edited 1 time in total.